• 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Wireless router adalah perangkat nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar terkoneksi dengan internet. Jika Anda ingin memelihara jaringan Wi-Fi untuk browsing dan melakukan remote working dari rumah, gunakanlah wireless router.

Ketika memilih router, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, seperti jumlah pengguna, standar komunikasi, dan pita frekuensinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan bagaimana memilih router Wi-Fi terbaik, tercepat, dan paling stabil sesuai kebutuhan Anda. Produk merek TP-LiNK, Asus, TOTOLINK, dan Tenda pun akan kami rekomendasikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tony Firman
  • Pembaharuan terakhir: 15 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wireless router

Ada tiga poin penting yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan wireless router yang tepat. Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan penjelasan singkat terkait poin-poin tersebut. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sesuaikan dengan jumlah pengguna dan tata letaknya

Koneksi Wi-Fi bisa melambat atau gagal karena banyaknya orang dan perangkat yang digunakan secara bersamaan. Selain itu, tata letak rumah atau bangunan, seperti dinding yang tebal, juga bisa menjadi hambatan. Untuk itu, pilihlah wireless router dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut.

Untuk banyak orang, pilih router yang memiliki banyak aliran

Wireless router umumnya memiliki label yang menunjukkan jumlah aliran atau antena yang dimilikinya. Sebagai contoh, label "2 x 2" berarti produk tersebut memiliki dua antena untuk mode pemancar (transmitter) dan penerima (receiver). Makin besar jumlah aliran pada router, makin stabil pula koneksi internetnya. Jadi, untuk penggunaan banyak orang, pilihlah wireless router yang memiliki banyak aliran.

Pilih bentuk antena sesuai dengan tata letaknya

Pilih bentuk antena sesuai dengan tata letaknya

Ada dua jenis antena wireless router, yaitu tipe eksternal dan tipe built-in. Berikut penjelasannya agar Anda lebih mengetahui antena wireless router.


  • Tipe eksternal cocok untuk rumah yang luas atau lantai bertingkat. Keuntungan dari antena eksternal adalah Anda dapat mengatur posisinya untuk mengirimkan gelombang radio ke arah yang diinginkan. Tiap antena memancarkan gelombang radio dalam bentuk spiral. 
  • Tipe built-in cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah satu lantai. Wireless router dengan antena built-in umumnya berukuran kecil karena tidak memiliki fisik antena eksternal. Karena dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal, lokasi pemasangannya pun jadi lebih mudah.

Periksa standar komunikasi dan pita frekuensinya

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih wireless router adalah standar komunikasi dan pita frekuensi yang digunakan. Kedua spesifikasi ini sering kali sebanding dengan harga wireless router. Makin tinggi harganya, makin bagus dan terbaru pula spesifikasinya. Berikut standar komunikasi dan pita frekuensi wireless router yang bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Standar komunikasi Wi-Fi 5 (11ac) dan yang terbaru lebih direkomendasikan

Standar komunikasi Wi-Fi 5 (11ac) dan yang terbaru lebih direkomendasikan

Wi-Fi memiliki standar komunikasi yang menentukan kecepatan koneksinya. Adapun standar yang paling banyak digunakan saat ini yaitu Wi-Fi 5 yang ditandai dengan label 11ac.


Yang terbaru adalah Wi-Fi 6 (11ax) yang diklaim memiliki kecepatan koneksi 1,4 kali lipat dari Wi-Fi 5. Wi-Fi 6 ini diklaim mampu menghasilkan koneksi berkecepatan super. Namun, pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Wi-Fi juga menggunakan Wi-Fi 6 agar kompatibel.


Sementara itu, Wi-Fi 5 sudah kompatibel dengan sebagian besar terminal dan kecepatan komunikasinya pun cukup baik. Anda bisa menonton video dan bermain game online tanpa masalah. Jika memungkinkan, periksa standar komunikasi dan kecepatan koneksi maksimum router pada kemasan produk.

Untuk kecepatan maksimal, pertimbangkan router tri-band

Untuk kecepatan maksimal, pertimbangkan router tri-band

Kebanyakan router saat ini menggunakan teknologi dual-band yang dapat menyiarkan sinyal 5 GHz dan sinyal 2,4 GHz. Pita 2,4 GHz cenderung kuat melawan gangguan dan tidak mengganggu gelombang radio. Ia bahkan bisa melalui dinding. Di sisi lain, pita 5 GHz memiliki kecepatan komunikasi tinggi, tetapi lemah terhadap gangguan.


Kini mulai bermunculan produk yang mendukung tri-band yang dapat menggunakan pita 2,4 GHz dan dua pita 5 GHz. Produk yang mendukung tri-band cukup menarik karena dapat menggunakan tiga pita frekuensi untuk mencegah kemacetan koneksi. Bahkan, meski beberapa handset terhubung pada saat yang sama, kecepatan koneksi dapat dibuat agar tidak menurun.

Untuk kenyamanan lebih, perhatikan fungsi tambahan yang tersedia

Jika Anda mencari kenyamanan dalam penggunaan, seperti kecepatan dan stabilitas komunikasi, lihat juga fitur tambahannya. Namun, pastikan perangkat yang Anda gunakan kompatibel dengan fitur-fitur tersebut. Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan yang umum ditemukan pada wireless router.

Mesh Wi-Fi: Bisa tersambung dengan Wi-Fi di seluruh bagian rumah

Mesh Wi-Fi: Bisa tersambung dengan Wi-Fi di seluruh bagian rumah

Mesh Wi-Fi dapat mengurangi titik buta dengan menggabungkan beberapa router yang kompatibel dan memperluas area jangkauan Wi-Fi. Koneksi ini diibaratkan seperti sebuah jaring atau jala yang terbentang di seluruh bagian rumah. Karena menggabungkan beberapa perangkat, biaya pemasangannya tidaklah murah. Namun, mesh Wi-Fi disarankan apabila Anda menginginkan koneksi yang nyaman di seluruh sudut rumah.


Selain itu, ada juga perangkat yang disebut Wi-Fi repeater yang mampu memperluas area Wi-Fi. Fungsinya mirip seperti mesh Wi-Fi, tetapi peningkatan koneksinya tidak terlalu besar. Wi-Fi repeater ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan koneksi Wi-Fi dengan biaya yang lebih ekonomis.

Beamforming: Memungkinkan rentang jangkauan yang lebih jauh

Beamforming: Memungkinkan rentang jangkauan yang lebih jauh

Beamforming adalah teknologi pada wireless router yang mampu memfokuskan sinyal Wi-Fi ke perangkat penerima. Dengan begitu, teknologi cerdas ini mampu memprioritaskan dan menguatkan sinyal Wi-Fi hanya ke perangkat yang sedang terhubung. Namun, fitur ini tidak bisa bekerja di semua tempat. Jadi, jika Anda tidak melihat tampilan efeknya, Anda dapat menonaktifkan fungsi tersebut tanpa masalah. 


Selain itu, jika perangkat yang menerima gelombang radio tidak mendukung fungsi beamforming, fungsi ini tidak dapat bekerja. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa perangkat yang kompatibel dengan fungsi beamforming.

MU-MIMO: Kompatibel dengan kecepatan tinggi dan dapat dihubungkan dengan banyak perangkat

MU-MIMO: Kompatibel dengan kecepatan tinggi dan dapat dihubungkan dengan banyak perangkat

MU-MIMO adalah teknologi yang memungkinkan jaringan Wi-Fi terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan. Umumnya, komunikasi dengan beberapa perangkat secara berurutan dapat menyebabkan penurunan kecepatan internet.


Dengan fungsi MU-MIMO, kecepatan internet pada saat koneksi simultan (bersamaan) tidak akan menurun. Namun, agar MU-MIMO dapat berfungsi secara optimal, Anda juga memerlukan handset yang kompatibel dengan fungsi tersebut.

10 Rekomendasi wireless router terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless router terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Update 9 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router Archer AX10 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Tenda Wireless N300 Easy Setup Router N301 memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
Tenda Wireless N300 Easy Setup Router 1

Tenda

2
TP-LINK 300 Mbps Wireless N 4G LTE Router 1

TP-LINK

3
Xiaomi Mi Router 4A Gigabit Edition 1

Xiaomi

4
TOTOLINK Wireless Dual Band Router 1

TOTOLINK

5
TP-Link AX1500 Wi-Fi 6 Router 1

TP-Link

6
TOTOLINK AC1200 Wireless Dual Band Router 1

TOTOLINK

7
D-Link AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router 1

D-Link

8
ASUS Router Wi-Fi Dual-Band AC1200 1

ASUS

9
Tenda AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router 1

Tenda

10
Linksys Max-Stream Tri-Band AC2200 WiFi 5 Router 1

Linksys

Nama produk

Wireless N300 Easy Setup Router

300 Mbps Wireless N 4G LTE Router

Mi Router 4A Gigabit Edition

Wireless Dual Band Router

AX1500 Wi-Fi 6 Router

AC1200 Wireless Dual Band Router

AC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router

Router Wi-Fi Dual-Band AC1200

AC1200 Smart Dual-Band WiFi Router

Max-Stream Tri-Band AC2200 WiFi 5 Router

Keunggulan

Bentuknya ringkas dengan kemampuan serbaguna

Bisa untuk router dari internet 4G LTE

Dengan dual core CPU dan RAM besar hingga 128 MB

Awasi penggunaan internet anak dengan fitur Parental Control

Bekerja lebih menyenangkan dengan router Wi-Fi tembus tembok yang minim lag

Bisa diatur menjadi empat mode sesuai kebutuhan Anda

Internet cepat dengan router 5G yang cocok untuk small office home office

Kontrol jaringan Anda dari mana saja menggunakan aplikasi ASUS Router

Sinyal kuat, jangkauan jauh, dan hemat daya

Router Wi-Fi untuk banyak user dengan kecepatan maksimum berkat frekuensi tri-band!

Harga mulai dariRp 135.000,00Rp 800.000,00Rp 299.000,00Rp 221.000,00Rp 700.000,00Rp 268.000,00Rp 388.000,00Rp 488.999,00Rp 397.100,00Rp 2.650.000,00
Jumlah aliran1 x 11 x 14 x 42 x 24 x 44 x 44 x 42 x 24 x 44 x 4
Tipe antenaEksternalEksternalEksternaEksternalEksternalBuilt-inEksternalEksternalEksternalEksternal
Standar komunikasi11n (Wi-Fi 4)IEEE 802.11b, 802.11g, 802.11n11ac (Wi-Fi 5)11ac (Wi-Fi 5)11ax (Wi-Fi 6)11ac (Wi-Fi 5)11ac (Wi-Fi 5)802.11ac (Wi-Fi 5)11ac (Wi-Fi 5)11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandSingle bandSingle bandDual-bandDual-bandDual-bandDual-bandDual-bandDual bandDual-bandTri-band
Kecepatan internetUp to 300 Mbps300 Mbps1167 Mbps1.167 MbpsUp to 1000 Mbps1167 MbpsUp to 1200 MbpsUp to 867 MbpsUp to 1167 Mbps866 Mbps dan 300 Mbps
Mesh Wi-FiXXXXXXXX
Beamforming functionXXXXXX
MU-MIMOXXX
Tautan produk
10

LinksysMax-Stream Tri-Band AC2200 WiFi 5 Router

EA8300

Mulai dari Rp 2.650.000,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandTri-band
Kecepatan internet866 Mbps dan 300 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming function
MU-MIMO
9

TendaAC1200 Smart Dual-Band WiFi Router

AC6

Mulai dari Rp 397.100,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internetUp to 1167 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming function
MU-MIMO
8

ASUSRouter Wi-Fi Dual-Band AC1200

RT-AC1200 V2

Mulai dari Rp 488.999,00

Jumlah aliran2 x 2
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi802.11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual band
Kecepatan internetUp to 867 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming functionX
MU-MIMO
7

D-LinkAC1200 MU-MIMO Wi-Fi Mesh Gigabit Router

DIR-1253

Mulai dari Rp 388.000,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internetUp to 1200 Mbps
Mesh Wi-Fi
Beamforming functionX
MU-MIMO
6

TOTOLINKAC1200 Wireless Dual Band Router

A830R

Mulai dari Rp 268.000,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaBuilt-in
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internet1167 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming function
MU-MIMOX
5

TP-LinkAX1500 Wi-Fi 6 Router

Archer AX10

Mulai dari Rp 700.000,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11ax (Wi-Fi 6)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internetUp to 1000 Mbps
Mesh Wi-Fi
Beamforming function
MU-MIMO
4

TOTOLINKWireless Dual Band Router

A720R

Mulai dari Rp 221.000,00

Jumlah aliran2 x 2
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internet1.167 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming functionX
MU-MIMO
3

XiaomiMi Router 4A Gigabit Edition

Mulai dari Rp 299.000,00

Jumlah aliran4 x 4
Tipe antenaEksterna
Standar komunikasi11ac (Wi-Fi 5)
Jumlah bandDual-band
Kecepatan internet1167 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming functionX
MU-MIMO
2

TP-LINK300 Mbps Wireless N 4G LTE Router

TL-MR6400

Mulai dari Rp 800.000,00

Jumlah aliran1 x 1
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasiIEEE 802.11b, 802.11g, 802.11n
Jumlah bandSingle band
Kecepatan internet300 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming functionX
MU-MIMOX
1

TendaWireless N300 Easy Setup Router

N301

Mulai dari Rp 135.000,00

Jumlah aliran1 x 1
Tipe antenaEksternal
Standar komunikasi11n (Wi-Fi 4)
Jumlah bandSingle band
Kecepatan internetUp to 300 Mbps
Mesh Wi-FiX
Beamforming functionX
MU-MIMOX

Pertanyaan umum seputar wireless router

Pertanyaan umum seputar wireless router

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar wireless router. Mungkin Anda mengalami beberapa kesulitan ketika menggunakan wireless router. Simak jawabannya di bawah ini!

Mengapa koneksi internet via sebuah Wi-Fi router sering mengalami putus nyambung?

Masalah koneksi internet tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  1. Adanya bug di sistem Wi-Fi router.
  2. Masalah komponen dari Wi-Fi router.
  3. Kesalahan pengaturan Wi-Fi router, seperti pengaturan energy saving router.
  4. Kesalahan pengaturan smartphone Anda, seperti sleep mode, yang akan secara otomatis memutuskan koneksi Wi-Fi untuk menghemat daya.
  5. Sinyal Wi-Fi yang lemah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh jarak perangkat dengan Wi-Fi router ataupun ada halangan seperti tembok yang cukup tebal.

Apa Perbedaan wireless Access Point dan Wireless Router?

Wireless router adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat, seperti smartphone, laptop, dan komputer ke layanan internet. Wireless router juga memiliki port ethernet untuk menyalurkan internet lewat kabel Local Area Network (LAN). Setiap perangkat yang tersambung ke router memiliki IP address. Sumber internet router berasal dari modem yang terkoneksi ke ISP atau penyedia jasa internet.


Di sisi lain, wireless Access Point (AP) memiliki fungsi yang lebih sederhana dari router. Access Point bertugas memancarkan sinyal internet secara wireless ke banyak perangkat. Access Point tidak bisa melakukan fungsi DHCP, bandwith control, parental control, dan fungsi lainnya seperti pada wireless router. Sumber internet Access Point berasal dari router.

Apa perbedaan modem dan router?

Modem adalah alat yang berfungsi menyajikan sinyal internet dari internet service point (ISP). Biasanya tiap modem hanya kompatibel dengan ISP tertentu sebagai penyedia layanan internetnya. Sementara itu, router berfungsi meneruskan sinyal dari modem agar dapat digunakan oleh lebih banyak perangkat. Kini, banyak modem dari ISP yang sudah dilengkapi router sehingga Anda tidak perlu membeli secara terpisah.

Router tidak bisa berfungsi sebagai penyalur dan membagi koneksi internet apabila tidak tersambung ke modem. Router yang tidak tersambung ke koneksi internet hanya akan memancarkan gelombang saja. Jadi, router tidak bisa bekerja sesuai fungsinya apabila tidak disambungkan ke modem. 

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan networking lainnya di sini

Selain wireless router, kami juga memiliki artikel rekomendasi perlengkapan networking lainnya, seperti wireless LAN adapter dan penguat sinyal Wi-Fi. Jika Anda juga sedang mencari produk-produk tersebut guna melancarkan pekerjaan Anda, silakan baca artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah memperkenalkan cara memilih wireless router terbaik. Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan, adakah router yang menarik perhatian Anda?

Menemukan wireless router yang tepat memang tidak mudah. Selain itu, makin baik performa yang ditawarkan, makin tinggi pula harganya. Jadi, pilihlah router dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi tempat tinggal Anda untuk mendapatkan produk yang tepat. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa koneksi yang stabil, banyak aktivitas dan pekerjaan terganggu. Anda membutuhkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater. Wi-Fi repeater berfungsi menangkap sinyal dari router utama dan menyebarkannya ke area yang sulit dijangkau router induk. Ada berbagai produk penguat sinyal Wi-Fi yang dapat Anda temukan. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih penguat sinyal Wi-Fi. Tersedia juga rekomendasi produk yang bagus, seperti merek ASUS, PROLiNK, Xiaomi, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Networking
  • 10 Kabel LAN Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel LAN Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Internet sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian orang. Untuk mendapatkan jaringan internet yang bagus, Anda sebaiknya memilih kabel LAN terbaik. Ada banyak merek kabel LAN yang bagus di pasaran, mulai dari Zimm Link, Spectra, Vention, hingga Belden.Memilih kabel LAN sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, Anda tetap harus jeli ketika memilihnya. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih kabel LAN di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek kabel LAN terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak sampai akhir, ya!
    Networking
  • 10 Wi-Fi Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wi-Fi Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Wi-Fi adapter adalah alat yang menghubungkan perangkat elektronik dengan koneksi internet. Alat ini berguna untuk membantu Anda saat menggunakan komputer tanpa fungsi wireless atau saat fungsi tersebut rusak. Adaptor ini juga ideal untuk meningkatkan standar komunikasi perangkat Anda.Ada banyak merek Wi-Fi adapter PC dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti TP-Link, D-Link, Prolink, dan ASUS. Anda mungkin bertanya-tanya mana yang harus dipilih. Karena itu, kami akan memberikan tips memilih USB Wi-Fi adapter yang bagus untuk memudahkan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Networking
  • 10 MiFi Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 MiFi Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    MiFi adalah modem portabel yang penggunaannya cukup populer. Istilah MiFi berasal dari kata modem wifi, mobile wifi, atau my wifi. Kami akan membahas perangkat yang membantu Anda terhubung ke internet dan bisa digunakan untuk beberapa device sekaligus ini.Ada banyak merek MiFi yang bagus, misalnya HUAWEI, TP-Link, dan PROLiNK. Terdapat pula MiFi yang dijual bundling bersama paket internet dari operator seluler, seperti Smartfren, Telkomsel, atau XL. Harga MiFi juga beragam, dari ratusan ribu hingga satu jutaan. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Simak sampai akhir, ya!
    Networking
  • 10 Router Tenda Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Router Tenda Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Router adalah alat yang berfungsi menghubungkan jaringan internet kepada berbagai perangkat ataupun jaringan lain. Salah satu merek router ternama yang berkualias bagus adalah Tenda. Router Tenda yang berasal dari Tiongkok ini tersedia dalam banyak model dan jenis sehingga Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Di bawah, kami telah menyiapkan tips memilih router Tenda, baik yang memiliki antena internal, eksternal, maupun jenis outdoor. Anda juga akan mendapatkan rekomendasi router Tenda yang bagus, seperti N301, AC6, O3, F3, dan F6. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Networking
  • 10 Modem Huawei Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Modem Huawei Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan akan internet sudah sangat tinggi. Berbagai aktivitas, seperti pekerjaan, berbelanja, bahkan bertegur sapa kini jadi lebih mudah berkat internet. Modem sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut. Huawei sebagai produsen yang sangat serius menggarap produk modem mempunyai berbagai jenis modem yang bagus.Jika kesulitan mencari modem merek Huawei terbaik, Anda sebaiknya menyimak artikel ini. Kami akan menunjukkan cara memilih modem Huawei yang pas untuk Anda. Ada juga rekomendasi produk modem Huawei terbaik, seperti model E5577, E3373, dan HG8245H. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Networking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori