10 Rekomendasi USB Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi USB Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

USB charger sangat diperlukan untuk mengisi daya baterai smartphone dan tablet. Akan tetapi, USB charger bisa memiliki nilai ampere yang berbeda. Selain itu, beberapa USB charger memiliki jumlah port yang tidak sama. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.

Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang akan mengulas cara memilih USB charger. Kami juga akan memberikan rekomendasi USB charger populer, seperti Anker, LDNIO, Allocacoc, Zola, dan Tronsmart. Oleh karena itu, silakan baca artikel berikut ini sampai tuntas ya!

Daftar isi

Cara memilih USB charger

Kami akan mengulas terlebih dahulu cara memilih USB charger. Saat ini jumlah gadget yang dimiliki setiap orang semakin bertambah banyak. Hal ini menyebabkan charger memerlukan port lebih dari satu. Namun, saat ini sudah tersedia banyak charger yang dilengkapi dengan beberapa port. Karena itu, silakan pilih USB charger sesuai dengan tempat penggunaan serta jenis pemakaiannya.

Pilih berdasarkan perangkat yang dipakai

Pertama, periksalah kesesuaian antara USB charger dengan perangkat yang Anda miliki. Anda perlu memeriksa dengan saksama karena waktu pengisian akan berubah sesuai dengan perbedaan ampere.

Untuk efisiensi pengisian daya, pilih USB charger dengan output arus listrik sesuai gadget

Untuk efisiensi pengisian daya, pilih USB charger dengan output arus listrik sesuai gadget

Nilai ampere saat memilih USB charger perlu Anda perhatikan. Ampere adalah unit yang mewakili jumlah arus yang mengalir. Besaran ampere ini ditentukan oleh peralatan elektronik. Contohnya, iPhone 6 memiliki besaran 1,5 ampere, sedangkan iPad Air memiliki besaran 2,4 ampere. Jika charger dengan output maksimum 1 ampere digunakan, pengisian daya hingga penuh akan lama untuk kedua perangkat tersebut.

Kami merekomendasikan charger dengan arus listrik yang sama atau lebih tinggi saat Anda mengisi daya peralatan elektronik. Pengisian daya akan berlangsung efisien untuk perangkat dengan output ampere tinggi seperti 2 ampere dan 2,4 ampere. Hal tersebut berlaku juga untuk perangkat lain semacam tablet.

Jika terdapat beberapa port, periksalah tampilan ampere secara hati-hati. Charger dengan output maksimum 2 ampere yang memiliki dua port bisa mengeluarkan output 1 ampere pada setiap port-nya. Hal ini dapat terjadi jika dua baterai diisi secara bersamaan. Periksalah total output charger 2 ampere walaupun tampilan output pada charger menunjukkan nilai yang sama sebesar 2 ampere. Selanjutnya, Anda perlu memeriksa juga kompatibilitas output sebesar 2 ampere untuk setiap port sebelum memilih USB charger.

Jika Anda memiliki perangkat dengan USB  tipe C, pilih USB charger dengan konektor yang kompatibel

Jika Anda memiliki perangkat dengan USB tipe C, pilih USB charger dengan konektor yang kompatibel

Anda perlu memperhatikan standar konektor terutama jika Anda memiliki gadget terbaru. Jenis kabel yang paling umum untuk pengisian daya adalah konektor dengan jenis USB tipe A. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir ini penggunaan konektor USB tipe C semakin banyak. Konektor ini bercirikan smart shape yang dapat disambungkan tanpa harus memperhatikan posisi atas, bawah, kanan, dan kiri. USB tipe C saat ini cukup populer karena memiliki tingkat kecepatan data yang tinggi dengan kompatibilitas yang bagus.

Kini perangkat yang mendukung USB tipe C juga semakin meningkat. Apple Macbook, game consoles untuk Nintendo Switch, smartphone, serta PC terbaru sudah mendukung USB tipe C. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa standar konektor USB tipe C yang memenuhi kebutuhan di perangkat terbaru.

Jumlah perangkat dengan konektor USB tipe C memang belum sebanyak perangkat yang memakai USB tipe A yang konvensional. Jadi, pilihlah USB charger yang bisa terhubung dengan USB tipe A dan USB tipe C secara bersamaan. Jika Anda sudah memiliki atau ingin membeli perangkat dengan konektor USB tipe C, pilihlah USB charger yang kompatibel.

Untuk pengisian ulang daya secara bersamaan, pilih yang dilengkapi dengan banyak port

Untuk pengisian ulang daya secara bersamaan, pilih yang dilengkapi dengan banyak port

Periksalah jumlah port pengisian daya jika terdapat banyak perangkat yang diisi dayanya dengan menggunakan USB charger. Saat ini ada banyak perangkat yang dapat diisi dayanya dengan USB, seperti smartphone, tablet, game console, dan kamera. Apabila Anda memiliki banyak anggota keluarga, pengisian daya gadget bisa mengalami peristiwa tumpang tindih. Hal ini dapat terjadi jika charger atau jumlah port yang tersedia tidak mencukupi.

USB charger banyak yang memiliki beberapa port pengisian daya dan beberapa produk bisa memiliki hingga delapan port. Oleh karena itu, Anda bisa memilih USB charger dengan jumlah port yang banyak apabila diperlukan. Tentunya, USB charger yang dilengkapi dudukan dan dapat mengisi smartphone dengan posisi berdiri akan memudahkan Anda. Dengan demikian, Anda akan mudah mengatur ulang posisi pengisian daya jika ada beberapa unit gadget yang di-charge.

Pilih yang aman dan nyaman digunakan saat bepergian

Anda bisa mendapat masalah saat di perjalanan jika kehabisan baterai untuk perangkat smartphone, tablet, PC, dan kamera. Perhatikanlah dengan saksama poin penting berikut ini untuk Anda yang sering menggunakan dan membawa gadget di perjalanan. Anda akan merasakan kenyamanan saat menggunakan perangkat secara on the go.

Agar nyaman dibawa, pilih dengan steker yang dapat dilipat serta ringan

Agar nyaman dibawa, pilih dengan steker yang dapat dilipat serta ringan

Anda bisa memeriksa berat USB charger terlebih dahulu jika perlu dibawa. Pilihlah USB charger seringan mungkin jika Anda membawanya di dalam tas atau saku. Beberapa produsen membuat USB charger dengan berat sekitar 50 gram dengan bentuk yang padu. Untuk itu, Anda bisa mengacu pada poin ini.

Anda perlu memperhatikan juga bagian steker yang akan dihubungkan ke outlet listrik. Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu kemampuan stekernya untuk dilipat. Jika Anda menyimpannya ke dalam tas dengan kondisi yang tak dapat dilipat, Anda memerlukan ruang tambahan di tas. Tambahan pula, steker yang tidak dapat dilipat bisa merusak barang lain yang Anda bawa di dalam tas. Pilihlah USB charger yang padu serta tidak menghabiskan ruang di tas sehingga bisa Anda bawa dengan nyaman.

Pilih yang memiliki fungsi powerbank sehingga bisa mengisi daya tanpa stopkontak

Pilih yang memiliki fungsi powerbank sehingga bisa mengisi daya tanpa stopkontak

USB charger yang berfungsi sebagai powerbank dapat dipakai oleh Anda yang tidak ingin berlama-lama melakukan pengisian daya. Di samping itu, USB charger tipe ini cocok dipakai oleh Anda yang terlalu sibuk. Anda bisa menyimpan USB charger tipe ini ke dalam tas untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Anda cukup menyambungkan USB charger tipe ini, kemudian pengisian daya akan berjalan otomatis.

Jika Anda memilih tipe USB charger dua arah, Anda bisa melakukan pengisian daya tanpa perlu melalui outlet listrik. Hal ini akan memberikan kemudahan saat Anda lupa mengisi daya atau saat gadget tidak terisi penuh. Namun, Anda harus memperhatikan kapasitas jika memilih USB charger tipe ini. Anda bisa mengisi baterai sebanyak sekali atau dua kali dengan kapasitas 5.000 mAh. Apabila Anda perlu mengisi daya berulang kali, pilihlah USB charger dengan kapasitas 10.000 mAh. Jangan lupakan pula untuk melakukan pengecekan terhadap kapasitas baterai gadget Anda, ya!

Pilih yang disertai konverter colokan jika sering pergi keluar negeri

Pilih yang disertai konverter colokan jika sering pergi keluar negeri

Kami menyarankan USB charger yang dilengkapi konverter apabila Anda sering melakukan perjalanan bisnis keluar negeri. Outlet listrik di Indonesia bisa berbeda dengan outlet listrik di negara lain. USB charger dengan konverter dapat menyesuaikan USB charger dengan berbagai bentuk outlet listrik di seluruh dunia. Hal ini tentu berguna jika Anda sering melakukan perjalanan keluar negeri.

Bentuk outlet listrik bisa berbeda-beda, seperti tipe A, tipe O, tipe C, tipe BF, atau tipe SE. Bentuk ini bisa berbeda-beda tergantung negara, namun beberapa negara ada yang tidak menggunakan bentuk outlet ini sama sekali. Oleh karena itu, periksalah tipe outlet listrik di negara tujuan Anda terlebih dahulu. Selain itu, banyak USB charger yang menggunakan tegangan listrik 100 volt hingga 240 volt. Jika produk yang dipilih kompatibel dengan tegangan 100-240 volt, Anda akan mendapat kemudahan. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan USB charger ini di Indonesia dan di luar negeri.

10 Rekomendasi USB charger terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh USB charger terbaik. Kami mengulas berbagai produk dengan bermacam-macam keunggulan seperti yang memiliki fungsi powerbank atau yang dilengkapi banyak port. Silakan pilih produk yang sesuai dengan keperluan dan selera Anda.

10. Allocacoc PowerCube Extended USB

10. Allocacoc PowerCube Extended USB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 239.000

Dilengkapi docking unik yang mudah diatur di meja kerja

USB charger ini terdiri dari dua port USB dan empat soket yang bisa beroperasi bersamaan. Desain baloknya membuat Anda dapat mengisi daya tanpa perlu terhalangi oleh setiap perangkat selama pengisian daya. Jadi, Anda bisa mengisi daya berbagai perangkat dengan rapi. Jadikanlah USB charger ini pilihan jika Anda ingin mengisi daya gadget secara bersamaan tanpa saling menghalangi.

Allocacoc PowerCube Extended USB memiliki sistem docking yang unik sehingga bisa ditempatkan di bawah meja. Hal ini akan mempermudah pengisian daya untuk Anda yang terbiasa bekerja di belakang meja. Penggunaannya pun cukup mudah dengan cara menempelkan sticky tape ke bagian permukaan meja kerja Anda. Berbagai pilihan warna juga bisa dipilih sesuai dengan selera.

9. TOPK C305 3-Port LED Auto-ID USB Wall Charger

9. TOPK C305 3-Port LED Auto-ID USB Wall Charger

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Lampu LED dan USB charger dalam satu paket

Output maksimal 4 ampere akan dikeluarkan oleh USB charger ini. Anda bisa menikmati kemudahan untuk mengisi daya hingga tiga perangkat. Artinya, Anda bisa mengisi daya untuk satu tablet dan dua smartphone atau dua tablet secara simultan. Bagian plug-nya bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Selain itu, konverter tipe US dan EU membuat produk ini cocok dibawa keluar negeri.

Anda juga mendapatkan benefit lain berupa kehadiran lampu LED. Fitur lampu LED ini bisa diaktifkan dengan mudah melalui sentuhan. Intensitas LED-nya juga bisa diatur dengan mudah melalui penyesuaian sentuhan jari. Tambahan lagi, penerangan lampu LED ini aman buat bayi. Anda membutuhkan lampu dan USB charger dalam satu paket? Miliki saja produk ini!

8. IKEA JYSSEN Wireless Charger

8. IKEA JYSSEN Wireless Charger

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 149.000

Dapat mengisi daya melalui USB port dan secara wireless

IKEA JYSSEN Wireless Charger terdiri dari sebuah port USB serta memiliki fitur wireless charging. Oleh karena itu, Anda dapat memakai produk ini jika memiliki smartphone yang kompatibel dengan wireless charging. Sementara itu, USB port-nya berguna untuk mengisi ulang daya pada smartphone yang belum mendukung wireless charging. Kedua fitur ini bisa Anda manfaatkan secara bersamaan.

Desain produk yang unik membuat Anda bisa menempatkannya di atas permukaan meja dengan bagian wireless charger menghadap ke atas. Hal ini menjadikan JYSSEN Wireless Charging memiliki fungsi lain untuk memperindah tampilan ruangan. Pilihlah produk ini jika Anda membutuhkan charger yang bisa berfungsi sebagai aksesori interior ruangan.

7. LDNIO A6702 Humanized Groove Style Six USB Port White And Green Color Home Charger Adapter

7. LDNIO A6702 Humanized Groove Style Six USB Port White And Green Color Home Charger Adapter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 103.500

Lebih rapi saat pengisian daya dengan posisi gadget yang berdiri

Produk ini terdiri dari enam port USB yang bisa Anda atur secara berdiri saat pengisian daya. Kehadiran desain Nique Ring berperan besar sehingga smartphone bisa disimpan dengan posisi horizontal. Kemudahan ini akan berguna bagi Anda yang senang menonton video sambil melakukan pengisian ulang daya pada smartphone. Di pihak lain, posisi berdiri membuat smartphone terlihat rapi.

Tidak perlu khawatir lagi saat Anda melakukan pengisian daya! USB charger ini memiliki berbagai perlindungan terhadap arus berlebih dan proteksi gadget dari tegangan output. Proteksi lain yang Anda dapatkan berupa proteksi arus output dan proteksi terhadap korsleting. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu memilih produk ini jika Anda mementingkan aspek keamanan saat pengisian daya.

6. Zola Thunder 2 10W Smart Charger

6. Zola Thunder 2 10W Smart Charger

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.000

Ukuran kecil yang nyaman dibawa-bawa

USB charger ini memiliki berat hanya 37,2 gram saja. Selain itu, ukurannya yang 82 mm x 38 mm x 46 mm cukup kecil sehingga mampu digenggam di kepalan tangan. Dengan demikian, Anda mudah menyimpannya di saku atau di tas saat bepergian. Zola Thunder 2 berharga relatif murah sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan USB charger yang ekonomis.

Kehadiran dua port pada USB charger ini sudah mencukupi bagi Anda yang terbiasa memakai dua smartphone. Selanjutnya, dukungan terhadap tegangan 100-240 volt membuatnya kompatibel ketika dibawa untuk perjalanan keluar negeri. Di samping itu, terdapat lima jenis perlindungan memberi ketenangan saat mengisi daya. Namun, Anda harus berhati-hati karena produk ini tidak dilengkapi dengan konverter.

5. Anker PowerCore Fusion 5000mAh

5. Anker PowerCore Fusion 5000mAh

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 388.700

Multifungsi sebagai USB charger dan charger portabel dalam satu paket!

Anker PowerCore Fusion 5000mAh dapat berfungsi sebagai USB charger dan charger portabel. Jika tidak dihubungkan ke outlet listrik, output maksimum 3 ampere akan dikeluarkan untuk setiap port. Di samping itu, output maksimum  2,1 ampere akan dikeluarkan untuk setiap port saat dihubungkan ke outlet listrik. Bagian stekernya dapat dilipat sehingga nyaman untuk dibawa-bawa.

Jadikan produk ini pilihan jika Anda ingin praktis menggunakan USB charger dan charger portabel dalam satu paket. Anda dapat mengisi daya iPhone 7 sebanyak dua kali serta smartphone lain setidaknya satu kali. Hal ini berlaku jika Anda menggunakan Anker PowerCore Fusion 5000mAh sebagai charger portabel. Tambahan pula, USB charger ini kompatibel dengan berbagai perangkat.

4. Tronsmart U5TF 5 Ports Quick Charge 3.0 USB Wall Charger

4. Tronsmart U5TF 5 Ports Quick Charge 3.0 USB Wall Charger

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 555.400

Terdiri dari lima port USB quick charge 3.0!

Anda bisa mengisi daya hingga lima gadget secara bersamaan jika menggunakan produk ini. Jadi, jangan lupakan produk ini jika Anda sedang berlibur bersama keluarga kecil Anda. Semua port-nya sudah mendukung quick charge 3.0. Anda bisa memakai USB charger ini untuk semua gadget yang sudah kompatibel dengan pengisian cepat.

Teknologi VoltiQ dari USB charger ini mampu mendeteksi perangkat yang terhubung secara otomatis. Oleh sebab itu, Anda bisa memakai produk ini demi menjaga perangkat Anda agar tidak rusak selama pengisian daya. Produk dari Tronsmart ini juga telah terintegrasi dengan pengamanan berlapis. Fitur tersebut berfungsi menjaga kestabilan serta keamanan pengoperasian.

3. LDNIO A6802

3. LDNIO A6802

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Lebih leluasa mengisi daya dengan kabel sepanjang 1,5 meter!

Produk ini memiliki kabel yang kuat serta fleksibel sehingga bisa Anda lekukan sesuai keinginan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut kabel akan terputus selama pemakaian produk ini. Anda juga bisa bebas mengatur jarak pengisian daya dengan outlet listrik melalui kabel sepanjang 1,5 meter. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki USB charger tanpa kabel tambahan.

LDNIO A6802 dilengkapi dengan powerbank portabel yang bisa Anda pakai secara terpisah. Kapasitas powerbank yang sebesar 2600 mAh bisa dipakai jika Anda perlu mengisi daya smartphone saat keadaan darurat. Material produk yang tahan panas menjadi keunggulan lain produk ini. Sementara itu, fitur Antiskid Pad juga menarik karena dapat mencegah selip saat digunakan.

2. ORICO 34W 4 Port USB Smart Wall Charger with UK, AU, EU Add-on AC Plug (DSP-4U)

2. ORICO 34W 4 Port USB Smart Wall Charger with UK, AU, EU Add-on AC Plug (DSP-4U)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 275.000

Dilengkapi konverter colokan CN, US, EU, UK dan AUS!

Pilihlah USB charger ini jika Anda sering kali menyimpan berbagai barang ke dalam tas travel Anda. Produk ini terdiri dari empat port USB dengan steker utama yang dapat dilipat. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko gesekan dengan barang lain saat menyimpannya di tas. Di pihak lain, dimensi ukuran 65 mm x 60 mm x 29 mm membuat produk ini cukup padu saat dibawa-bawa.

USB charger ini dilengkapi juga dengan tiga konverter colokan. Konverter CN bisa dipakai di negara Tiongkok atau Jepang. Berikutnya, konverter US bisa dipakai di Taiwan, Australia, Filipina atau Thailand. Konverter EU-nya kompatibel dengan outlet di beberapa negara Eropa. Selain itu, konverter UK dan AUS membuat Anda tak perlu khawatir lagi saat bepergian keluar negeri.

1. Anker PowerPort+ 5 Ports USB-C

1. Anker PowerPort+ 5 Ports USB-C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 729.300

USB charger dengan port USB tipe C yang berteknologi PowerIQ

Anker PowerPort+ 5 Ports USB-C dilengkapi dengan port USB tipe C yang menggunakan teknologi Power Delivery. Artinya, pengisian daya pada MacBook berlangsung lebih cepat dua kali lipat dibandingkan USB tipe C yang standar. Milikilah produk ini jika Anda tidak ingin membuang-buang waktu saat mengisi daya Macbook. Anda juga bisa mengisi ulang daya melalui empat port USB tipe A.

Setiap port produk ini dibalut dengan lempengan aluminium. Hal ini memberikan kesan USB charger dengan tampilan premium. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin tampil elegan. Teknologi PowerIQ merupakan keunggulan lain produk ini. Teknologi ini akan menyediakan pengisian daya tercepat untuk setiap smartphone dan tablet hingga 2,4 ampere setiap port.

Kesimpulan

Kami telah memaparkan dan merekomendasikan sepuluh USB charger dengan dengan berbagai keunggulan yang berbeda. Produk mana yang akan Anda pilih?

USB charger akan memudahkan pengisian daya pada gawai sesuai penggunaan. Anda bisa memilih USB charger lebih dari satu jika membutuhkan fitur yang ditawarkan masing-masing produk. Selain itu, jika memilih USB charger dengan tepat, Anda bisa memperindah tampilan interior. Jadi, pastikan Anda memilih USB charger dengan tepat ya!