10 Rekomendasi Mainan Kereta Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Kereta Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu fungsi dari kereta mainan ialah menambah daya imajinasi anak dengan belajar merakit rel atau bermain peran sebagai masinis. Saat ini, mainan kereta yang tersedia di pasaran sudah semakin beragam dan mungkin bisa membuat Anda bingung memilih yang cocok untuk anak Anda.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan kereta sekaligus merekomendasikan produk-produk terbaik dengan material yang sesuai dengan usia anak Anda. Produk ternama dari Rail King dan produk dengan karakter populer, seperti Thomas juga tak luput kami ulas. Jadi, simak terus artikel dari kami, ya!

Daftar isi

Apa yang menjadi daya tarik dari mainan kereta?

Apa yang menjadi daya tarik dari mainan kereta?

Banyak anak-anak yang tertarik dengan mainan kereta karena bentuknya yang keren dan dibalut beragam warna. Hal yang paling menarik dari mainan kereta adalah dapat meningkatkan daya imajinasi anak Anda, yakni saat ia melihat kereta berjalan di atas rel yang terlihat nyata. Anak-anak juga seringkali bermain peran sebagai masinis yang mengemudikan kereta.

Selain itu, saat-saat merakit rel kereta tidak hanya membawa kegembiraan bagi anak, tetapi juga melatih kemampuan motoriknya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih mainan kereta yang sesuai serta dapat mengembangkan imajinasi dan kegembiraan anak Anda saat bermain.

Cara memilih mainan kereta

Berikut ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan kereta. Mari simak dan temukan mainan kereta yang sesuai untuk si kecil.

Pilihlah berdasarkan usia anak

Meskipun mainan tersebut berasal dari merek terkenal dengan kualitas yang baik, mainan tersebut akan kurang berguna bila tidak sesuai dengan usia anak Anda. Lalu, anak Anda bisa saja merasa tertekan dan kebingungan dengan mainan tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, periksa dan pilihlah dengan teliti mainan kereta yang sesuai dengan usia si kecil.

Mainan yang aman dan sederhana untuk anak usia sekitar 0 tahun

Mainan yang aman dan sederhana untuk anak usia sekitar 0 tahun

Untuk kategori usia sekitar 0 tahun, penting bagi Anda untuk memilih mainan yang aman dan sederhana. Hindari mainan kereta dengan bagian-bagian kecil yang dapat dimasukkan ke dalam mulut anak. Selain itu, mainan dengan warna-warna cerah yang mudah terlihat dapat membantu anak mengenal warna. Jadi, pilihlah bentuk paling sederhana dan aman bagi buah hati Anda, seperti mainan kereta dengan sudut-sudut yang tumpul.

Mainan yang menarik dan berukuran tidak terlalu besar bagi anak usia 1-3 tahun

Mainan yang menarik dan berukuran tidak terlalu besar bagi anak usia 1-3 tahun

Pada usia 1-3 tahun, anak-anak mulai tertarik dengan mainan lokomotif, seperti kereta kayu yang berwarna-warni dengan roda hitamnya. Sudah waktunya Anda mengajari si kecil untuk merakit mainannya sendiri sedikit demi sedikit, dimulai dengan memasang rel kereta yang sederhana. Anak Anda akan merasa tertarik dan menyukainya sehingga ingin selalu memainkannya di setiap waktu. Pastikan mainan kereta yang Anda pilih seukuran dengan genggaman tangan si kecil karena bisa saja mainan ini akan selalu ingin ia bawa ke mana pun pergi.

Mainan yang bernuansa edukasi untuk anak usia 3-5 tahun

Mainan yang bernuansa edukasi untuk anak usia 3-5 tahun

Pada usia 3-5 tahun, anak mulai tertarik dengan gambaran kereta api yang sebenarnya, seperti kereta mainan yang dapat melaju otomatis di atas jalur relnya. Karenanya, mainan yang menyerupai miniatur kereta sungguhan direkomendasikan untuk anak dengan rentang usia ini. Pada fase ini, anak mulai mampu merakit rel 3D yang lebih rumit sehingga daya imajinasi juga akan semakin berkembang.

Mainan miniatur kereta sangat direkomendasikan bagi anak Anda karena sembari bermain ia pun dapat melatih kemampuan berkonsentrasi, kreativitas, serta daya ingatnya.

Mainan yang bisa meningkatkan daya imajinasi dan berpikir untuk anak usia 6 tahun ke atas

Mainan yang bisa meningkatkan daya imajinasi dan berpikir untuk anak usia 6 tahun ke atas

Ketika anak Anda berusia 6 tahun atau lebih, ia akan merasa cepat bosan dan tidak puas dengan mainan miniatur kereta biasa. Karena itu, cobalah memilih mainan kereta yang tidak hanya dapat meningkatkan daya imajinasi, tetapi juga daya berpikirnya. Mainan kereta yang disertai dengan miniatur lanskap kota dapat menjadi pilihan. Anda juga bisa memberikannya mainan kereta dengan track yang memiliki putaran 360° agar lebih menantang dan bisa memacunya lebih bersemangat saat bermain. Mainan seperti ini juga bisa dimainkan bersama ayah dan ibu sehingga menciptakan waktu yang berkualitas untuk komunikasi efektif antara orang tua dengan anak.

Pilihlah berdasarkan bahan pembuat mainan

Pada umumnya, mainan kereta terbuat dari bahan plastik atau kayu. Untuk itu, pahamilah karakteristik dan kelebihan dari masing-masing bahan mainan agar Anda dapat memilih bahan yang paling sesuai dengan anak Anda.

Bahan plastik yang terjangkau dan mudah dimainkan

Bahan plastik yang terjangkau dan mudah dimainkan

Biasanya, mainan kereta yang terbuat dari bahan plastik identik dengan jenis mainan yang bisa bergerak menggunakan tenaga baterai. Produk ini biasanya dilengkapi dengan lintasan rel kereta sehingga menjadikannya tampak menarik bagi anak-anak penyuka kereta. Mainan kereta yang terbuat dari plastik ini didesain sedemikian rupa sehingga bagian-bagian dari mainan, seperti rel dan gerbong kereta, dapat lebih mudah dibersihkan. Selain itu, biasanya harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan mainan yang terbuat dari kayu.

Bahan kayu yang klasik dan lebih awet

Bahan kayu yang klasik dan lebih awet

Hal yang menjadi pesona dari kereta mainan kayu adalah desainnya yang klasik. Meskipun kereta ini tidak dapat bergerak sendiri, tetapi anak Anda bisa merasakan keasyikan tersendiri saat menggerakkannya dengan tangannya. Karena itu, biasanya jenis ini direkomendaskan untuk anak yang berusia 1-3 tahun. Selain itu, mainan ini juga cukup awet sehingga bisa Anda jadikan sebagai tambahan interior lucu di kamarnya ketika ia sudah beranjak dewasa.

Selain bahan plastik dan kayu, ada juga mainan kereta berbahan besi yang tidak mudah rusak dan bisa memberi kesan retro pada mainan anak Anda.

Pilihlah berdasarkan karakter dan tipe kereta kesukaan anak Anda

Pilihlah berdasarkan karakter dan tipe kereta kesukaan anak Anda

Kami juga merekomendasikan untuk memilih mainan kereta berdasarkan karakter kartun favorit anak Anda. Misalnya, Chuggington dan Thomas yang populer saat ini. Anak-anak umumnya tidak akan mudah bosan bila bersanding dengan karakter kartun favoritnya. Selain itu, Anda juga bisa memilih mainan kereta dengan model konvensional atau kereta ekspres, bahkan bullet train yang terkesan keren dan modern. Bermain kereta dengan desain dan karakter favoritnya tentu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi anak Anda.

10 Rekomendasi mainan kereta terbaik

Sekarang, tiba saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi mainan kereta terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah mainan kereta favorit anak Anda.

10. Retro Clockwork Train Toys

10. Retro Clockwork Train Toys

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.000

Bodinya terbuat dari bahan besi yang awet dan tahan lama!

Bila anak Anda termasuk aktif bergerak dan bermain, produk berikut layak Anda berikan untuknya. Mainan kereta dengan desain klasik ini terbuat dari bahan besi yang berkualitas sehingga tidak mudah rusak meski sering dimainkan oleh anak Anda. Mainan ini digerakkan dengan sistem clockwork, jadi tidak memerlukan batu baterai, ya!

Mainan kereta yang berdimensi 28 x 5,5 x 5,5 cm ini pun cocok dimainkan oleh anak Anda yang berusia 3 tahun ke atas. Perpaduan warna hitam, merah, kuning, dan hijaunya yang cerah juga menambah daya tarik produk ini. Bagi Anda yang mencari mainan dengan harga terjangkau, produk berikut tentunya layak Anda pilih.

9. Anpanman Wooden Cartoon Animal Train Puzzle

9. Anpanman Wooden Cartoon Animal Train Puzzle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 127.900

Menyusun rangkaian kereta menjadi lebih mudah dengan penghubung magnetik

Ingin memberikan mainan kereta dengan karakter kartun yang menggemaskan untuk anak Anda? Pilih saja produk berikut ini. Selain berdesain tokoh kartun Anpanman yang lucu, kereta ini juga memiliki penghubung antar kereta yang cukup praktis, yakni menggunakan sistem magnetik untuk membentuk rangkaian keretanya.

Produk berbahan kayu yang memiliki dimensi 35 x 9 x 4,5 cm ini pun cocok sebagai teman bermain anak Anda yang berusia 1 tahun ke atas. Anak Anda juga bisa bermain sekaligus melatih motorik halus dan imajinasinya dengan membongkar serta memasangkan aneka figur karakter yang lucu pada setiap gerbongnya. Sungguh menarik, ya!

8. WinFun Animal Sounds Train

8. WinFun Animal Sounds Train

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 230.000

Mari mulai kenalkan suara-suara binatang pada si kecil dengan mainan ini!

Produk berikut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari mainan kereta yang bisa merangsang daya pendengaran si kecil. Hal itu karena mainan ini bisa mengeluarkan suara binatang serta melodi yang memberi suasana ceria saat anak Anda bermain. Desain colorful dan bahan plastiknya yang aman ini juga pas bagi anak Anda yang berusia 6 bulan ke atas.

Produk berdimensi 22,1 x 12,2 x 17,1 cm ini juga dilengkapi dengan lampu serta tombol-tombol yang bisa menghasilkan suara berbeda. Mainan kereta ini juga sudah disediakan tali agar anak Anda lebih mudah menggerakkannya sambil berjalan. Mari bermain sambil belajar mengenal suara-suara baru bersama mainan kereta dari WinFun!

7. Toy House Chuggington Track Roller Coaster

7. Toy House Chuggington Track Roller Coaster

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 146.200

Track menantangnya bikin anak Anda tidak mudah bosan

Apakah Anda pernah naik wahana roller coaster? Meski terasa seru, tetapi wahana ini belum bisa dinaiki oleh anak kecil. Jika Anda ingin mengajak si kecil turut merasakan keseruan bermain roller coaster dengan aman, mainan berdesain karakter kartun Chuggington berbahan plastik ini bisa menjadi alternatif pilihan baginya.

Selain itu, mainan ini juga memiliki lintasan rel yang cukup panjang dengan salah satu bagiannya berbentuk putaran 360° yang terasa menantang bagi anak Anda. Produk berbahan plastik ini juga sudah bisa dimainkan oleh anak Anda yang berusia 6 tahun ke atas. Nikmati serunya bermain wahana kereta bersama mainan ini.

6. Fisher Price Thomas & Friends™ Adventures Ashima

6. Fisher Price Thomas & Friends™ Adventures Ashima

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 72.000

Mencari kereta dengan desain menawan? Produk inilah jawabannya

Thomas & Friends kembali bersama sahabat barunya, Ashima. Karakter kereta ini terinspirasi dari budaya India yang penuh warna dengan desainnya yang cantik. Mainan kereta berbahan besi dan plastik ini juga dilengkapi dengan konektor plastik yang membuatnya bisa disambungkan dengan mainan kereta lain dari produsen yang sama.

Produk yang digerakkan secara manual ini cocok untuk anak yang berusia 3 tahun ke atas. Kereta dengan desain yang khas ini pun bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar serta daya imajinasi anak Anda. Bila Anda ingin memberikan mainan kereta berdesain menawan pada anak Anda, produk ini pas untuk Anda.

5. Thomas Train Go Go

5. Thomas Train Go Go

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.800

Antibosan, jadi kereta bisa, jadi robot pun bisa!

Apakah anak Anda mudah bosan dengan mainannya? Jika iya, produk berikut bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak Anda. Selain menjadi kereta, mainan ini pun bisa bertransformasi secara otomatis menjadi sebuah robot yang keren. Dengan begitu, anak Anda bisa memilih hendak memainkan bentuk mana yang ia sukai.

Tidak hanya itu, mainan berbahan plastik ini juga memiliki lampu yang membuatnya semakin terlihat menarik ketika dimainkan. Kereta berkarakter Thomas dengan panjang 20 cm ini juga bisa dimainkan oleh anak Anda yang berusia 3 tahun ke atas. Jadikan waktu bermain anak Anda semakin menyenangkan dengan variasi bentuk dari mainan ini.

4. Rail King Intelligent Clasical Train Set 19051-3

4. Rail King Intelligent Clasical Train Set 19051-3

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Desainnya begitu nyata, bagai kereta sungguhan!

Bila Anda ingin memberikan mainan yang menyerupai miniatur kereta asli pada anak Anda, produk berikut layak Anda pilih. Mainan kereta berbahan plastik dengan desain klasik ini memiliki detail yang menyerupai kereta sungguhan. Dengan begitu, anak Anda pun bisa mengetahui rupa kereta konvensional dengan cara yang menyenangkan.

Mainan kereta dengan dimensi kemasan 35 x 25 x 4 cm ini juga terdiri dari 1 buah lokomotif dan 3 buah gerbong tambahan serta dilengkapi lampu yang membuatnya kian asyik dimainkan. Mainan ini bisa dimainkan oleh anak Anda yang berusia di atas 4 tahun. Bantu juga anak Anda menyusun relnya agar momen yang tercipta semakin menyenangkan.

3. Mainan Kereta Bentuk Geometri

3. Mainan Kereta Bentuk Geometri

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 146.000

Bermain sambil belajar? Bisa dengan produk ini

Kereta mainan berikut bisa menjadi pilihan tepat bila Anda ingin memberi mainan sekaligus mengedukasi anak Anda. Hal itu karena mainan kereta ini dilengkapi dengan potongan-potongan geometri yang bisa menjadi sarana bagi anak Anda dalam belajar bentuk dan mencocokkan tempatnya yang sesuai.

Kereta ini juga berbahan kayu asli yang diamplas halus serta menggunakan cat yang aman sehingga tidak membahayakan kesehatan anak Anda. Produk berdimensi 8 x 5 x 31 cm ini pun mampu melatih koordinasi mata dan tangan anak Anda yang berusia 2 tahun ke atas, serta membantunya belajar bentuk dengan cara yang lebih menyenangkan.

2. Thomas and Friends Motorized Railway E5002

2. Thomas and Friends Motorized Railway E5002

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 152.000

Unik, tiap perhentian bisa mengeluarkan dialog yang berbeda-beda

Kali ini, Thomas & Friend kembali melintas dengan petualangannya yang kian mengasyikkan. Kereta ini memiliki sensor otomatis yang membuatnya bisa mengeluarkan dialog berbeda pada tiap pemberhentian. Karena bisa mengeluarkan dialog, produk ini cocok bagi anak Anda yang ingin berimajinasi seolah berada di dalam kereta sungguhan.

Tidak hanya itu saja, kereta yang berdimensi sekitar 9,5 x 3 x 6 cm ini juga dilengkapi lampu serta musik yang membuat anak Anda akan semakin ceria saat memainkannya. Set mainan kereta yang terbuat dari bahan plastik ini pun bisa digunakan oleh anak Anda dengan usia 3 tahun ke atas. Sungguh produk yang mengasyikkan, ya!

1. Wooden Railway Set

1. Wooden Railway Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 699.000

Kembangkan kreativitas dan imajinasi anak Anda dengan set mainan ini

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berpikir anak Anda, produk berikut dijadikan sebagai pilihan tepat bagi Anda. Dengan set kereta yang berisikan 69 pieces mainan berbahan kayu ini, anak Anda bisa berkhayal seolah sedang berkeliling melintasi kota yang ramai dengan kereta pribadinya.

Anak Anda pun bisa menempatkan bagian-bagian mainannya seperti yang ia inginkan. Dengan set mainan kereta yang bertemakan lanskap kota ini, kemampuan motorik, kreativitas, dan imajinasi anak Anda pun akan semakin berkembang. Produk ini pun cocok bagi anak Anda yang berusia 4 tahun ke atas.

Kesimpulan

Apakah produk-produk yang kami perkenalkan membuat Anda penasaran untuk mencobanya? Mainan kereta memiliki bahan, kategori umur, serta karakter kartun yang beragam sehingga ada banyak pilihan untuk menambah mainan anak Anda, koleksi pribadi, atau pelengkap interior ruangan Anda.

Silakan jadikan artikel kami sebagai acuan serta pilihlah mainan kereta sesuai dengan kategori umur dan bahan yang cocok untuk anak Anda. Tidak lupa, pastikan terlebih dahulu karakter kereta yang menjadi favorit anak Anda. Selamat memilih!