10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2018)

Mainan kayu memiliki kesan yang hangat dan sederhana. Selain itu, mainan ini cenderung tahan lama dan aman dimainkan, bahkan oleh batita. Berbagai jenis mainan kayu yang ada, mulai dari set puzzle, balok susun, hingga mainan alat musik, mungkin akan membuat Anda bingung saat hendak membelinya untuk anak Anda.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan yang terbuat dari kayu, sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda berikan pada anak Anda. Pastikan Anda memilih mainan yang sekiranya akan dimainkan olehnya dengan gembira, ya!

Daftar isi

Cara memilih mainan yang terbuat dari kayu

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih mainan yang terbuat dari kayu kepada Anda. Silakan jadikan poin-poin memilih berikut sebagai referensi agar Anda tidak bingung saat memilih.

Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia anak Anda

Mainan yang cocok untuk anak tentu berbeda-beda tergantung pada usia sang anak. Meskipun begitu, ada juga mainan yang memiliki berbagai cara untuk dimainkan sehingga bisa tetap dinikmati ketika anak sudah tumbuh agak besar. Misalnya, mainan edukatif yang bisa melatih daya intelektual sang anak. Untuk itu, kami sarankan agar Anda memilih mainan yang sesuai dengan usia anak Anda.

Untuk anak usia 0 tahun, pilih mainan yang aman

Jika anak Anda berusia 0 tahun, pilih mainan yang aman

Untuk anak berusia beberapa bulan yang seringkali memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya, kami yakin Anda tentu ingin memilih mainan yang aman dimainkan olehnya. Bila Anda hendak memberikan mainan bagi anak yang belum genap berusia 1 tahun, Anda bisa memilih mainan dengan bahan yang halus serta dilapisi menggunakan cat yang aman.

Usia di bawah 1 tahun ini juga merupakan saat yang tepat untuk menstimulasi kelima panca indera yang dimiliki anak Anda. Itulah sebabnya kami menyarankan Anda untuk memperhatikan keamanan sang anak. Selain itu, anak-anak biasanya menyukai mainan yang dapat bergerak perlahan, bisa menghasilkan suara-suara, dan memiliki motif wajah senyum. Karenanya, Anda bisa memilih mainan marakas yang akan kami ulas juga pada bagian rekomendasi produk.

Untuk anak usia 1 tahun, pilih mainan yang bisa menemaninya belajar berjalan

Untuk anak usia 1 tahun, pilih mainan yang bisa menemaninya belajar berjalan

Memasuki usia 1 tahun, anak sudah mulai dapat berjalan dan sudut pandangnya pun semakin luas. Inilah saatnya anak Anda akan senang bergerak mengikuti iringan musik. Karena itu,  kami merekomendasikan mainan instrumen musik, seperti kulintang atau marakas untuk diberikan pada anak Anda.

Usia sekitar 1 tahun juga merupakan waktu dimana anak sudah dapat bermain sendiri. Maka dari itu, Anda dapat memberinya mainan bongkar-pasang sederhana. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan yang dapat ditarik dengan tali untuk menemani anak Anda berlajar berjalan atau mainan yang bisa didorong manual dengan tangan.

Untuk usia 2 tahun, pilih mainan yang mengasah kemampuannya dalam mengenali bentuk dan warna

Untuk usia 2 tahun, pilih mainan yang mengasah kemampuannya dalam mengenali bentuk dan warna

Memasuki usia 2 tahun, anak sudah dapat memahami bentuk dan warna serta sudah dapat mengingat beberapa nama-nama hewan. Pada umur ini, mainan berdesain hewan yang mudah dipahami oleh anak serta mainan puzzle bergambar, ideal dimainkan olehnya.

Pada usia ini, mereka juga mulai bermain dengan menirukan hal-hal yang dilakukan oleh orang tuanya. Mereka pun mulai ingin mencoba sendiri hal-hal tersebut. Untuk itu, Anda dapat memberikan mainan yang dapat memuaskan rasa keingintahuan mereka.

Untuk anak usia 3 tahun, pilih mainan yang bisa dimainkan bersama teman sebaya

Untuk anak usia 3 tahun, pilih mainan yang bisa dimainkan bersama teman sebaya

Memasuki usia 3 tahun, biasanya anak akan mulai bermain dengan teman sebayanya. Kosakata dan imajinasi sang anak akan berkembang dengan pesat. Pada saat itu, kami menyarankan agar Anda memilih mainan set yang dapat dimainkan bersama teman-temannya, seperti balok susun atau set mainan rumah-rumahan.

Mainan balok susun sangat sesuai untuk anak pada usia sekitar 1 tahun. Namun, ketika usianya menginjak 3 tahun, anak-anak tidak hanya menyusunnya, tetapi juga membentuknya menjadi suatu bentuk tertentu, seperti rumah. Cara bermain rumah-rumahan mereka di usia ini juga akan berkembang. Mereka mulai memainkan roleplay sederhana bersama teman-temannya atau menggunakan boneka. Bisa saja mereka membuat cara bermain yang bahkan tak terbayangkan oleh orang dewasa.

Untuk itu, mainan yang dapat dimainkan dengan beragam cara sangat ideal untuk anak yang telah berusia 3 tahun. Anda juga bisa memilih mainan set masak-masakan atau set alat pertukangan yang akan kami ulas pada bagian rekomendasi produk.

Pilihlah berdasarkan jenis mainannya

Ada berbagai jenis mainan kayu sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kesukaan anak Anda sebelum membelinya. Sekarang, kami akan memperkenalkan kepada Anda macam-macam perbedaan mainan kayu menurut jenisnya.

Mainan instrumen alat musik, bisa belajar mengenal nada

Mainan instrumen alat musik, bisa belajar mengenal nada

Banyak yang mengatakan bahwa musik mampu membawa berbagai pengaruh pada anak, hal ini juga sudah dibuktikan di banyak penelitian. Terdapat mainan instrumen musik yang juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa serta kemampuan bersosial anak. Mainan alat musik juga bisa memberi pengaruh pada anak dalam berbagai aspek yang bahkan tidak berkaitan langsung dengan musik. Karena itulah, mainan yang mengeluarkan bunyi sangat disarankan untuk anak di berbagai tingkatan usia.

Baru-baru ini, jenis mainan kayu berjenis instrumen musik pun kian beragam. Suaranya juga lebih baik dibandingkan dengan mainan instrumen musik dari bahan lain sehingga anak-anak pasti menyukainya. Anda bisa memilih berbagai mainan instrumen musik seperti kulintang, marakas, drum, dan sebagainya.

Mainan edukasi, bisa bermain sambil belajar

Mainan edukasi, bisa bermain sambil belajar

Terdapat berbagai produk dari bahan kayu dengan fungsi intelektual, seperti mainan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir, mainan yang bertuliskan angka dan huruf, mainan yang dapat mengembangkan dan melatih motorik halus, serta masih banyak lagi. Tidak hanya bermain, secara tidak sadar anak pun akan belajar cara mengenali warna-warna dan mengingat angka-angka.

Ada juga yang mengatakan bahwa merakit rel-rel kereta atau bermain rumah-rumahan yang diisikan berbagai perabotan serta orang-orangan juga merupakan mainan yang bisa mengedukasi anak. Selain itu, mainan edukasi pun kerap dijadikan sebagai hadiah bagi anak. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan mainan edukasi sebagai opsi hadiah mainan untuk anak.

Mainan multiplayer, bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga

Mainan multiplayer, bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga

Apa pun yang dilakukan anak, ia tentu akan merasa lebih senang bila dapat melakukannya bersama dengan ayah dan ibunya. Mungkin Anda merupakan orang tua yang sibuk sehingga merasa kesulitan meluangkan waktu untuk bermain dengan anak Anda. Namun, tidak ada salahnya menyisihkan waktu barang sebentar untuk bermain bersama anak Anda, agar terjalin komunikasi yang lebih efektif dan anak Anda pun bisa lebih bergembira.

Saat memilih mainan multiplayer, pilihlah produk yang mudah dipahami aturan mainnya. Agar dapat juga dimainkan bersama seluruh keluarga besar Anda, kami menyarankan agar Anda memilih mainan yang tidak memiliki batasan jumlah pemain.

Pilihlah mainan yang bisa dimainkan untuk jangka waktu lama

Pilihlah mainan yang bisa dimainkan untuk jangka waktu lama

Terdapat banyak mainan kayu yang tidak memiliki batasan cara bermain. Semakin lama digunakan, bahan kayu akan semakin terasa akrab dan tak tergantikan. Tidak peduli berjenis mainan instrumen atau intelektual, tentu akan lebih menyenangkan bila Anda memilih mainan yang bisa tetap asyik dimainkan untuk jangka waktu yang lama. Misalnya, jika Anda memilih mainan balok susun. Awalnya, mungkin anak Anda hanya akan menggenggam atau memasukkannya ke dalam mulutnya, tetapi seiring bertambahnya usia, kemampuannya akan berkembang sehingga anak Anda bisa menyusunnya menjadi bentuk yang lebih kompleks.

Ada banyak hal yang menarik perhatian anak. Sebagai orang tua yang setiap hari berinteraksi secara langsung dengan anak, tentu tidak akan kesulitan mengetahui apa yang paling disukai olehnya. Karenanya, pastikan Anda memilih mainan yang dapat dimainkan untuk jangka waktu yang lama seiring pertumbuhan anak Anda.

10 Rekomendasi mainan terbaik yang terbuat dari kayu

Setelah Anda mengetahui bermacam jenis mainan kayu, sekarang kami akan mengulas sepuluh  rekomendasi mainan kayu terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda. Silakan pilih mainan yang paling sesuai dengan anak Anda!

10. Baby Rattle Stick Maracas

10. Baby Rattle Stick Maracas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 47.000

Latih perkembangan daya pendengaran anak Anda sejak bayi

Sekilas mainan ini terlihat simpel, tetapi ternyata memiliki beberapa manfaat penting bagi perkembangan bayi Anda. Mainan dengan bentuk marakas ini berisikan pasir yang bisa berbunyi ketika digoyangkan sehingga dapat merangsang dan melatih perkembangan auditory bayi Anda.

Selain itu, perpaduan berbagai warna cerahnya yang menarik juga bisa meningkatkan kecerdasan visual bayi. Dengan pegangan halusnya, mainan ini tidak akan menggores kulit bayi yang lembut. Produk ini merupakan pilihan tepat bila Anda mencari mainan kayu sederhana yang aman bagi bayi Anda.

 Target usia Sekitar 3 bulan
 Jenis Mainan instrumen musik
 Cara bermain Digoyangkan, merangsang pendengaran dan kecerdasan visual

9. City Block MDF C48

9. City Block MDF C48

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 63.000

Kembangkan daya nalar anak Anda dengan mainan balok susun ini!

Produk berikut bisa menjadi pilihan bila Anda ingin mengajak anak mengenali bentuk bangun ruang. Mainan ini berisikan 48 balok dengan berbagai bentuk yang bisa anak Anda kreasikan susunannya menjadi bentuk yang ia inginkan. Anda juga bisa membantu anak Anda dengan memberikan ide bangunan yang menarik.

Dengan mainan ini, daya kreativitas dan imajinasi anak akan semakin berkembang. Seiring bertambahnya usia anak, ia juga bisa membuat bangunan yang lebih kompleks dari sebelumnya. Menyerupai puzzle ketika ditata di dalam kotaknya, mainan tanpa aturan main ini pun akan mengembangkan daya nalarnya.

Target usia 2,5 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Disusun, belajar bentuk-bentuk balok, melatih imajinasi, puzzle

8. Pull Along Toys Monkey

8. Pull Along Toys Monkey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Belajar berjalan semakin menyenangkan bersama monyet imut

Terkadang, anak bisa terlambat berlajar berjalan karena berbagai faktor, di antaranya ialah terlalu sering duduk. Bila Anda ingin menghindari hal tersebut terjadi pada anak Anda, produk inilah solusinya. Mainan ini dilengkapi roda dan tali sehingga bisa menemani anak Anda bergerak saat ia belajar berjalan.

Berdesain monyet yang imut, anak Anda bisa merasa lebih bersemangat untuk belajar berjalan sambil menarik produk ini seolah perliharaannya. Mainan ini juga dilengkapi dengan manik-manik geser pada bagian atasnya yang berguna untuk melatih kesabaran sekaligus motorik halus anak Anda.

Target usia 1,5 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Ditarik menggunakan tali, belajar berjalan

7. WiSS Toy Wooden Stacko

7. WiSS Toy Wooden Stacko

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.700

Jadikan waktu bersantai bersama keluarga menjadi kian hangat dan menyenangkan!

Bermain bersama seluruh anggota keluarga memang sangat menyenangkan. Karena itu, produk berikut bisa Anda berikan pada anak untuk dimainkan bersama-sama di kala bersantai. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih meningkatkan hubungan komunikasi yang efektif dengan anak Anda.

Mainan yang berisi 54 pieces potongan balok dengan 4 dadu ini juga sudah cocok untuk dimainkan oleh anak Anda yang berusia 5 tahun. Bahkan, bisa tetap terasa asyik dimainkan hingga ia dewasa sekalipun. Tidak hanya itu, mainan ini juga tidak memiliki batasan pemain sehingga bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga.

Target usia Semua usia, 5 tahun ke atas
Jenis Mainan multiplayer
Cara bermain Menyusun balok dan mengambilnya sesuai angka dadu, kemampuan berstrategi

6. Mainan Kulintang Warna-Warni

6. Mainan Kulintang Warna-Warni

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Belajar nada-nada baru semakin asyik dengan kulintang mini berwarna-warni

Bagi Anda yang ingin melatih bakat seni musik anak Anda sejak dini, produk berikut bisa menjadi alternatif pilihan. Mainan kulintang ini terdiri dari 5 bilah yang bisa mengeluarkan 5 nada berbeda saat dipukul. Dengan begitu, anak Anda pun bisa belajar mengenal nada serta mengkreasikan nada-nada yang ia suka.

Produk ini juga dicat berwarna-warni menggunakan cat non-toxic sehingga aman bila anak Anda iseng menggigitnya. Dilengkapi dua batang pemukul, koordinasi motoriknya pun ikut terasah saat memainkannya dengan kedua tangan. Meski begitu, memainkannya dengan 1 tangan pun tak kalah asyik!

Target usia 3 tahun ke atas
Jenis Mainan instrumen musik
Cara bermain Dipukul dengan pemukulnya, belajar mengenal nada, koordinasi motorik

5. Woody Puddy Vegetable Toy

5. Woody Puddy Vegetable Toy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Bagai memotong sayur sungguhan dengan cara yang menyenangkan!

Anak-anak umumnya gemar bermain peran atau mengimitasi orang dewasa di sekitarnya. Salah satunya adalah kegiatan memasak di dapur, seperti yang dilakukan ibunya. Mainan berikut cocok bila Anda ingin menyediakan sarana bermain yang bisa sekaligus meningkatkan daya imajinasi dan motorik halus anak Anda.

Anda bisa mengajari anak Anda cara memotong menggunakan pisau dengan benar sekaligus mengenalkannya pada beberapa rupa sayur-sayuran. Dengan mainan ini, anak Anda juga bisa berkhayal sedang memotong sayuran sungguhan. Anak Anda juga bisa memainkannya bersama dengan teman-teman seusianya.

Target usia 1,5 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Memotong sayuran, meningkatkan imajinasi, bermain peran

4. 3D Animal Block Puzzle

4. 3D Animal Block Puzzle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 165.000

Belajar mengenal berbagai jenis binatang sekaligus melatih kreativitas

Jika Anda hendak mulai mengenalkan beberapa rupa binatang sekaligus mengasah daya pikir anak Anda, cobalah produk ini. Mainan ini berisikan 12 jenis binatang yang bisa disusun membentuk sebuah puzzle. Anda pun dapat membantunya saat menyusun puzzle agar waktu bermain bersama semakin menyenangkan.

Tidak hanya itu, warna dan pola mainan ini pun bervariasi sehingga bisa memacu dan mengembangkan daya visual anak Anda. Dengan produk ini, kreativitas dan kemampuan berpikir anak Anda pun kian terasah ketika ia berusaha mencocokkan bentuk puzzle yang sesuai. Menarik, bukan?

Target usia 2 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Mencocokkan bentuk, belajar nama-nama binatang

3. Muwanzi City Block Wooden Toys

3. Muwanzi City Block Wooden Toys

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 330.000

Susun balok-baloknya menjadi sebuah kota yang indah!

Anak-anak cenderung gemar berimajinasi dengan membentuk sesuatu. Tentu semakin asyik bila mainan yang telah disusun dapat digunakan juga untuk bermain peran. Untuk itu, mainan berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat bila Anda ingin mengembangkan kemampuan berimajinasi anak Anda.

Produk yang terdiri dari 62 pieces ini memiliki pola yang berbeda-beda dan hadir dengan warna colorful. Anak pun akan semakin tertarik bereksplorasi dan membuat bangunan yang ia inginkan dengan produk ini. Alas baloknya yang berupa puzzle juga bisa meningkatkan daya berpikirnya.

Target usia 3 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Menyusun balok, merangkai bangunan, bermain peran

2. Mainan Kayu Alat Pertukangan

2. Mainan Kayu Alat Pertukangan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Anak Anda penasaran dengan pekerjaan sang ayah? Coba saja mainan ini

Anak-anak tidak hanya gemar mengimitasi sang ibu dengan bermain masak-masakan, tetapi juga gemar menirukan sang ayah saat sedang memperbaiki sesuatu. Karena itu, produk ini hadir untuk menjadi pilihan bagi anak Anda yang untuk berimajinasi menirukan berbagai kegiatan pertukangan.

Dengan set mainan pertukangan ini, anak Anda bisa bermain seolah dirinya sedang memperbaiki, membangun, atau membuat sesuatu. Dengan begitu, kreativitas dan imajinasinya pun akan semakin berkembang dengan pesat. Anak Anda juga bisa menggunakan mainan ini untuk bermain bersama teman-temannya.

Target usia 3 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Bervariasi tergantung parts yang digunakan, mengasah imajinasi, bermain peran

1. Wooden Toy House

1. Wooden Toy House

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Bagai rumah sungguhan, bermain roleplay sendirian pun tetap mengasyikkan

Umumnya, anak-anak kerap berbicara sendiri sambil memainkan peran karakter-karakter mainan yang dimilikinya. Namun, mungkin anak Anda akan merasa bosan bila tidak ada latar tempat yang sesuai dengan peran karakter mainannya tersebut. Dengan produk ini, anak Anda tidak akan cepat bosan saat bermain.

Hal itu karena mainan yang berbentuk rumah-rumahan ini memiliki 4 karakter mainan plus lengkap dengan berbagai ruangan serta perabotannya. Dengan begitu, anak Anda bisa berimajinasi dengan memainkan karakternya di ruangan-ruangannya, sesuai cerita yang sedang ia buat. Kreativitas meningkat, anak pun senang!

Target usia 3 tahun ke atas
Jenis Mainan edukasi
Cara bermain Disusun, melatih kreativitas dan imajinasi, bermain peran

Baca juga rekomendasi mainan edukasi dengan kategori berdasarkan usia anak di sini!

Pada artikel ini, kami fokus membahas cara memilih mainan kayu serta merekomendasikan jajaran produk-produk terbaik kepada Anda. Selanjutnya, bila Anda ingin lebih memahami mainan edukasi yang sesuai dengan usia anak, silakan baca juga artikel rekomendasi di bawah ini! Dengan jajaran rekomendasi yang lebih spesifik, tentu Anda akan lebih mudah dalam memilih mainan yang tepat untuk si kecil.

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan berbagai produk mainan terbaik yang terbuat dari kayu. Sudahkah Anda menemukan mainan yang sekiranya sesuai untuk anak Anda? Anak-anak mampu menyerap dan mengembangkan begitu banyak hal mulai sejak usia beberapa bulan hingga masa kanak-kanak.

Karena itu, maksimalkanlah tumbuh kembang anak dengan memberikan mainan kayu yang aman dan cocok baginya. Pastikan Anda mengetahui jenis mainan yang paling diminati oleh anak Anda sebelum membeli, agar dia bisa bermain dengan gembira. Selamat memilih!