• 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bantal tidur yang nyaman dan empuk akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Ada beragam model bantal yang bisa Anda pilih untuk tidur sehari-hari serta memiliki manfaat untuk kesehatan.


Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kami juga akan merekomendasikan merek bantal tidur yang bagus, seperti King Koil, Restking, Willow Pillow, dan Therapedic. Simak terus artikelnya untuk menemukan bantal tidur yang bagus dan empuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih bantal tidur

Bantal dapat membuat kita tidur nyenyak dengan mempertahankan posisi tidur yang benar. Apa yang harus kita perhatikan ketika memilih bantal? Berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih bantal.

Pilih bantal sesuai dengan permasalahan Anda ketika tidur

Banyak orang mencari bantal tidur yang dapat mengurangi permasalahan saat tidur, seperti mendengkur atau nyeri di tubuh. Kami akan memperkenalkan jenis bantal yang sesuai dengan permasalahan Anda ketika tidur. Mari cek di bawah ini.

Bantal yang mendukung postur: Menghindari tekanan pada pundak dan leher

Bantal yang mendukung postur: Menghindari tekanan pada pundak dan leher

Penyebab leher dan bahu terasa kaku ketika tidur berbeda-beda pada setiap orang. Salah satu kemungkinannya adalah tekanan pada area leher dan bahu selama tidur. Oleh karena itu, pilihlah bantal tidur yang dapat mendukung postur tidur yang benar sehingga tubuh Anda menjadi relaks.


Jenis bantal tidur yang dapat mendukung postur tubuh Anda adalah bantal lateks dan memory foam yang tidak mudah kempis. Kedua bahan bantal ini memang tergolong padat. Namun, bentuknya dapat menyesuaikan dengan kepala, leher, dan bahu Anda. Dengan begitu, tekanan pada leher dan bahu dapat dikurangi.

Bantal yang memudahkan berganti posisi tidur: Mengatasi tubuh yang lelah

Bantal yang memudahkan berganti posisi tidur: Mengatasi tubuh yang lelah

Ketika tidur, manusia berganti posisi sebanyak kurang lebih dua puluh kali. Berguling saat tidur juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi beban pada tubuh. Jika tidak mengganti posisi tidur, Anda bisa merasa lelah dan kurang nyaman. Jadi, pilihlah bantal yang membal dan memudahkan Anda mengubah posisi. Bantal lateks adalah salah satu tipe bantal yang bisa dipertimbangkan.

Bantal memory foam: Mengatasi tubuh yang terasa nyeri

Bantal memory foam: Mengatasi tubuh yang terasa nyeri

Tekanan pada tubuh bisa jadi tidak merata jika bentuk dan kepadatan bantal Anda tidak sesuai. Alhasil, badan Anda mungkin akan masih terasa capek dan sakit ketika bangun tidur. Bahan yang lembut, seperti low resilience urethane, akan mengikuti bentuk tubuh Anda. Jadi, bantal tipe memory foam direkomendasikan untuk memberi tekanan secara merata pada tubuh.

Bantal dengan tonjolan di area leher: Mencegah tidur mendengkur

Bantal dengan tonjolan di area leher: Mencegah tidur mendengkur

Mendengkur atau ngorok menyebabkan oksigen tidak dapat menjangkau otak dengan baik. Hal ini dapat berujung pada kelelahan saat bangun pada pagi hari. Mendengkur disebabkan oleh lidah yang jatuh ke arah kerongkongan sehingga mempersempit jalur lewatnya udara. Jadi, pilihlah bantal yang mampu membantu terbukanya jalur tersebut. 


Bantal yang mengangkat bagian leher ke atas bisa Anda coba. Pilihlah bantal yang memiliki tonjolan dari punggung atas hingga ke belakang kepala membentuk huruf S. Selain itu, tidur menyamping juga bisa Anda praktikkan untuk mencegah dengkuran. Tidur dengan posisi seperti ini lebih baik bagi jalur oksigen dibandingkan telentang.

Sesuaikan bantal dengan postur tidur Anda

Di bagian berikutnya kami akan membahas tipe bantal yang cocok dengan postur tidur Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan selera, ya!

Posisi tidur telentang, pilih kepadatan bantal yang sesuai dengan preferensi

Posisi tidur telentang, pilih kepadatan bantal yang sesuai dengan preferensi

Area kepala yang bersentuhan dengan bantal cukup besar ketika Anda tidur telentang. Tidur dengan postur ini juga membuat tekanan pada tubuh tersebar merata. Untuk posisi tidur ini, pilihlah bantal dengan bahan yang lembut, misalnya low resilience urethane atau bantal memory foam.


Selain itu, bantal lateks yang lembut dan memiliki elastisitas sedang juga dapat membuat badan terangkat. Hal ini dapat mengurangi beban pada tubuh Anda.

Posisi tidur menyamping, gunakan bantal yang sejuk dan breathable

Posisi tidur menyamping, gunakan bantal yang sejuk dan breathable

Jika dibandingkan tidur telentang, tidur menyamping membuat posisi tubuh Anda menjadi kurang stabil. Akibat tertekan ke bantal, Anda pun lebih mudah merasa panas dan pengap di sisi wajah yang bersentuhan dengan bantal.


Apabila Anda kerap tidur menyamping, pilih bantal yang dapat menopang tubuh dari belakang sehingga postur tubuh menjadi lebih seimbang. Namun, menggunakan bantal seperti ini, misalnya yang berbentuk "U", mungkin menyulitkan Anda untuk berguling ke sisi sebaliknya.


Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bantal yang baik sirkulasi udaranya, misalnya bantal pipa. Dengan demikian, Anda pun jadi tidak mudah merasa gerah dan tetap nyaman.

Posisi tidur tengkurap, pastikan bantal cukup lembut

Posisi tidur tengkurap, pastikan bantal cukup lembut

Saat tidur tengkurap, dada akan tertekan sehingga dapat menyebabkan sulit bernapas. Kami merekomendasikan bantal berbahan lembut, misalnya bantal dari bulu angsa. Bahan bulu angsa yang lembut dapat mengurangi tekanan pada dada dan tubuh bagian atas.

Pastikan ketinggian bantal yang nyaman di gunakan

Pastikan ketinggian bantal yang nyaman di gunakan

Setelah memilih jenis bantal, pastikan juga ukuran ketinggiannya pas untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui ketinggiannya, Anda bisa meletakkan kepala di atas bantal dan ukurlah ketinggiannya. Kemudian, pilihlah bantal yang tingginya antara 5–8 cm


  • Bantal dengan ketinggian 5 cm sangat cocok untuk orang yang lemah secara fisik, misalnya lansia dan orang sakit
  • Bantal dengan ketinggian 6 cm adalah bantal dengan ketinggian standar
  • Bantal dengan ketinggian 8 cm atau lebih pas untuk Anda yang bertubuh fit dan lebih kuat

Ketinggian bantal juga dapat disesuaikan dengan bentuk kepala Anda. Sementara itu, tinggi bantal yang nyaman juga bergantung pada posisi tidur tertentu. Untuk itu, Anda bisa mengacu pada panduan di foto di atas:


  • Tidur telentang, pandangan mata sedikit ke bawah (foto atas)
  • Tidur menyamping, tulang leher paralel dengan lantai (foto bawah)

Di sisi lain, pemilihan tinggi bantal juga dipengaruhi oleh tingkat keempukan kasur yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan kasur yang lebih empuk, pilih bantal yang 1–2 cm lebih rendah dari ukuran yang kami sarankan. Sebaliknya, pilihlah bantal yang 1–2 cm lebih tinggi jika kasur Anda terasa lebih keras.

Pastikan juga ukuran lebar bantal tidur

Pastikan juga ukuran lebar bantal tidur

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting juga untuk membuat kepala Anda tidak jatuh dari bantal ketika berguling. Pilihlah bantal tidur yang memiliki lebar sekitar 50–60 cm agar tidak terlalu kecil.


Bagi Anda yang tidak banyak membalikkan badan ketika tidur, lebar dengan 50 cm sudah cukup. Sebaliknya, jika Anda sering membalikkan badan ketika tidur, pilihlah bantal yang lebarnya lebih dari 60 cm. Dengan demikian, posisi tidur Anda dapat dipertahankan. Selain itu, gunakanlah bantal yang tidak mudah bergeser ketika Anda membalikkan badan.

Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Masih ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan lagi saat memilih bantal. Berikut ini beberapa poin tambahan yang juga patut Anda pikirkan.


  • Perhatikan cara perawatan bantal tidur. Beberapa bahan bantal dapat dicuci dengan menggunakan air. Meski begitu, bantal dengan bahan memory foam sebaiknya tidak dicuci dengan air. Gunakan vacuum cleaner ataupun dry cleaning untuk membersihkan bantal memory foam. 

  • Pilihlah bantal yang breathable jika Anda sering merasa pengap dan gerah ketika tidur.

  • Hindarilah bantal dengan isian yang dapat menimbulkan bunyi apabila Anda termasuk light sleeper. Bantal pipa adalah salah satu contohnya.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengganti sarung bantal secara rutin. Sarung bantal juga turut berperan dalam menjaga kualitas tidur Anda. Sarung bantal yang kotor dapat menimbulkan alergi dan membuat tidur kurang berkualitas.

10 Rekomendasi bantal tidur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal tidur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 7 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, IKEA RUMSMALVA menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Clarissa Restking Hollow Fiber Pillow memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Ukuran66 cm x 40 cm
Berat2 kg
Tinggi10 cm
Bahan isianMemory foam
Bahan coverTidak disebutkan
Tingkat keempukanExtra firm
9
Ukuran60 cm x 63 cm
Berat2 kg
Tinggi63 cm
Bahan isianMemory foam
Bahan coverWool kniting premium
Tingkat keempukanFirm
8
Ukuran60 cm x 40 cm
Berat1,365 kg
Tinggi11,5 cm
Bahan isianMemory foam cotton
Bahan coverVelour
Tingkat keempukanFirm
7
Ukuran50 cm x 70 cm
Berat1 kg
TinggiTidak disebutkan
Bahan isian100% microfiber
Bahan coverMicrotex
Tingkat keempukanTidak disebutkan
6
Ukuran51 cm x 76 cm
Berat1,2 kg
TinggiTidak disebutkan
Bahan isianSiliconized hollowfill polyester fiber
Bahan cover100% cotton 200 TC
Tingkat keempukanMedium to firm
5
Ukuran50 cm x 70 cm
Berat1,6 kg
TinggiTidak disebutkan
Bahan isianMicrofiber goose down
Bahan cover100% cotton dobby 300 TC
Tingkat keempukanMedium to firm
4
Ukuran60 cm x 40 cm
BeratTidak disebutkan
Tinggi10 cm
Bahan isianLatex
Bahan coverLatex
Tingkat keempukanSoft
3
Ukuran45 cm x 65 cm
Berat0,65 kg
TinggiTidak disebutkan
Bahan isian100% premium dacron
Bahan coverMicrotex
Tingkat keempukanTidak disebutkan
2

DomibedKorean Microfiber Pillow

Mulai dari Rp 330.000,00

Ukuran50 cm x 70 cm
Berat1,3 kg
Tinggi5 cm
Bahan isianPremium Korean microfiber
Bahan coverMicrotex
Tingkat keempukanFirm
1
Ukuran45 cm x 65 cm
Berat0,6 kg
Tinggi14–17 cm
Bahan isian100% hollow conjugated siliconized fiberfill
Bahan cover100% microtex
Tingkat keempukanSoft

Tabel perbandingan produk bantal tidur terbaik

Gambar produk
1
Clarissa Restking Hollow Fiber Pillow 1

Clarissa

2
Domibed Korean Microfiber Pillow 1

Domibed

3
SleepMax Living Pillow 1

SleepMax

4
Dunlopillo SnoreLess Latex Pillow 1

Dunlopillo

5
Lazy Sunday Super Comfy Pillow Premium 1

Lazy Sunday

6
King Koil Royale Pillow 1

King Koil

7
PillowPeople Healthy Pillow Microfiber 1

PillowPeople

8
Willow Pillow Classic Memory Foam 1

Willow Pillow

9
Vablo Beside Wedge Pillow Memory Foam 1

Vablo

10
Therapedic Anatomic-X Gel 1

Therapedic

Nama produk

Restking Hollow Fiber Pillow

Korean Microfiber Pillow

Living Pillow

SnoreLess Latex Pillow

Super Comfy Pillow Premium

Royale Pillow

Healthy Pillow Microfiber

Classic Memory Foam

Beside Wedge Pillow Memory Foam

Anatomic-X Gel

Keunggulan

Bantal Restking yang harganya sangat ekonomis

Isian bantal tidur premium dari Korea

Bantal dakron yang tidak terlalu tinggi

Dapatkan tidur berkualitas dengan intensitas ngorok yang berkurang

Bantal seempuk bantal bulu angsa tanpa menyebabkan alergi

Bantal kepala premium ala hotel bintang 5

Jaga kesehatan postur tubuh dengan bantal berkontur

Bantal memory foam dengan teknologi dari NASA

Menjaga agar asam lambung tidak naik saat tidur

Nyaman dan sejuk dengan Kool Gel Technology

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 330.000,00Rp 125.000,00Rp 229.000,00Rp 300.000,00Rp 750.000,00Rp 180.000,00Rp 375.000,00Rp 725.000,00Rp 2.990.000,00
Ukuran45 cm x 65 cm50 cm x 70 cm45 cm x 65 cm60 cm x 40 cm50 cm x 70 cm51 cm x 76 cm50 cm x 70 cm60 cm x 40 cm60 cm x 63 cm66 cm x 40 cm
Berat0,6 kg1,3 kg0,65 kgTidak disebutkan1,6 kg1,2 kg1 kg1,365 kg2 kg2 kg
Tinggi14–17 cm5 cmTidak disebutkan10 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan11,5 cm63 cm10 cm
Bahan isian100% hollow conjugated siliconized fiberfillPremium Korean microfiber100% premium dacronLatexMicrofiber goose downSiliconized hollowfill polyester fiber100% microfiberMemory foam cottonMemory foamMemory foam
Bahan cover100% microtexMicrotexMicrotex Latex100% cotton dobby 300 TC100% cotton 200 TCMicrotexVelour Wool kniting premiumTidak disebutkan
Tingkat keempukanSoftFirmTidak disebutkanSoftMedium to firmMedium to firmTidak disebutkanFirmFirmExtra firm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk bantal lainnya di sini

Bantal yang empuk memang membuat tidur Anda lebih berkualitas. Selain bantal untuk tidur, masih banyak jenis bantal lainnya yang mendukung kenyamanan Anda. Bantal guling, nursing pillow, sampai bantal leher adalah jenis bantal lainnya yang bisa dipilih. Langsung saja klik tautan berikut ini dan temukan bantal terbaik yang bisa Anda gunakan.

Kesimpulan

Kenyamanan bantal tidur dapat berubah tergantung pada bahan, kepadatan, dan ketinggian bantal. Jika Anda dapat menemukan bantal yang cocok, Anda pasti dapat merasakan kualitas tidur lebih baik. Ikuti tips kami agar Anda bisa menemukan bantal tidur yang empuk dan nyaman!


Perlu Anda perhatikan bahwa bantal tidur memiliki jangka pakai. Gantilah jika bantal tidur Anda sudah tidak empuk, berubah bentuk, dan kotor. Selamat memilih bantal tidur yang nyaman!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya tidur Anda nyaman serta terhindar dari sakit punggung, Anda bisa menggunakan kasur spring bed. Sesuai namanya, kasur spring bed adalah kasur yang menggunakan lapisan per atau spring. Kini, kasur spring bed di pasaran makin inovatif dengan harga bervariasi, mulai 1 jutaan, 2 jutaan, hingga puluhan juta.Karena itu, agar Anda bisa menemukan produk yang bagus, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Daftar rekomendasi berisi kasur spring bed terbaik juga akan Anda temukan. Ada kasur spring bed merek Central, Bigland, In The Box, Airland, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merek, seperti Quantum, INTHEBOX, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda merasa pegal dan lelah ketika bangun tidur? Beralihlah menggunakan kasur yang nyaman, salah satunya kasur busa. Kasur busa bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai spring bed karena alasan berharga mahal dan berukuran besar.Masalahnya, di pasaran tersedia kasur busa lipat dan matras sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti tips memilih kasur busa yang bagus dari kami di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi kasur busa terbaik, seperti merek Inoac, Royal Foam, Domi Bed, dan Olympic. Yuk, disimak!
    Kamar tidur
  • 10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sprei Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan sprei yang bahannya lembut serta motifnya serasi dengan interior kamar, kualitas tidur pun tentu meningkat. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.Ada banyak merek sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, hingga California. Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi dan review sprei terbaik, dari yang adem sampai yang waterproof. Sprei rekomendasi kami hadir dengan berbagai pilihan harga dari banyak merek lokal. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya berikut ini!
    Kamar tidur
  • 10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bantal Guling yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan bantal dan guling yang tepat tentu akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Bantal dan guling memiliki efek mengurangi tekanan pada tubuh saat tidur. Karena itu, Anda memerlukan bantal dan guling yang mampu menyangga kepala dan tubuh dengan baik.Ada begitu banyak produk yang berbeda ukuran, harga, tekstur, dan sebagainya di pasaran. Terdapat juga berbagai merek, seperti Cozylila, Dunlopillo, dan Domi Bed. Hal ini tentu membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan Anda rekomendasi bantal guling terbaik. Ayo memilih bantal guling yang bagus untuk Anda!
    Kamar tidur
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya kasur yang digunakan. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Bahan bed cover yang bagus bisa menentukan kualitas tidur sehingga tubuh jadi lebih segar saat Anda bangun. Saat ini kami akan mengulas beberapa merek bed cover yang nyaman beserta harganya. Anda akan menemukan bed cover recommended dari merek Kintakun, My Love, Fata, dan lainnya. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi bahan maupun motif. Jadi, sebelum Anda membeli, ketahui dahulu panduan memilihnya berikut ini.
    Kamar tidur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori