1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Kamar tidur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bantal tidur yang nyaman dan empuk akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Ada beragam model bantal yang bisa Anda pilih untuk tidur sehari-hari serta memiliki manfaat untuk kesehatan.


Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kami juga akan merekomendasikan merek bantal tidur yang bagus, seperti King Koil, Restking, Willow Pillow, dan Therapedic. Simak terus artikelnya untuk menemukan bantal tidur yang bagus dan empuk!

Diperbaharui 10-27-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bantal tidur

Bantal dapat membuat kita tidur nyenyak dengan mempertahankan posisi tidur yang benar. Apa yang harus kita perhatikan ketika memilih bantal? Berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih bantal.

① Pilih bantal sesuai dengan permasalahan Anda ketika tidur

Banyak orang mencari bantal tidur yang dapat mengurangi permasalahan saat tidur, seperti mendengkur atau nyeri di tubuh. Kami akan memperkenalkan jenis bantal yang sesuai dengan permasalahan Anda ketika tidur. Mari cek di bawah ini.

Bantal yang mendukung postur: Menghindari tekanan pada pundak dan leher

Bantal yang mendukung postur: Menghindari tekanan pada pundak dan leher

Penyebab leher dan bahu terasa kaku ketika tidur berbeda-beda pada setiap orang. Salah satu kemungkinannya adalah tekanan pada area leher dan bahu selama tidur. Oleh karena itu, pilihlah bantal tidur yang dapat mendukung postur tidur yang benar sehingga tubuh Anda menjadi relaks.


Jenis bantal tidur yang dapat mendukung postur tubuh Anda adalah bantal lateks dan memory foam yang tidak mudah kempis. Kedua bahan bantal ini memang tergolong padat. Namun, bentuknya dapat menyesuaikan dengan kepala, leher, dan bahu Anda. Dengan begitu, tekanan pada leher dan bahu dapat dikurangi.

Bantal yang memudahkan berganti posisi tidur: Mengatasi tubuh yang lelah

Bantal yang memudahkan berganti posisi tidur: Mengatasi tubuh yang lelah

Ketika tidur, manusia berganti posisi sebanyak kurang lebih dua puluh kali. Berguling saat tidur juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi beban pada tubuh. Jika tidak mengganti posisi tidur, Anda bisa merasa lelah dan kurang nyaman. Jadi, pilihlah bantal yang membal dan memudahkan Anda mengubah posisi. Bantal lateks adalah salah satu tipe bantal yang bisa dipertimbangkan.

Bantal memory foam: Mengatasi tubuh yang terasa nyeri

Bantal memory foam: Mengatasi tubuh yang terasa nyeri

Tekanan pada tubuh bisa jadi tidak merata jika bentuk dan kepadatan bantal Anda tidak sesuai. Alhasil, badan Anda mungkin akan masih terasa capek dan sakit ketika bangun tidur. Bahan yang lembut, seperti low resilience urethane, akan mengikuti bentuk tubuh Anda. Jadi, bantal tipe memory foam direkomendasikan untuk memberi tekanan secara merata pada tubuh.

Bantal dengan tonjolan di area leher: Mencegah tidur mendengkur

Bantal dengan tonjolan di area leher: Mencegah tidur mendengkur

Mendengkur atau ngorok menyebabkan oksigen tidak dapat menjangkau otak dengan baik. Hal ini dapat berujung pada kelelahan saat bangun pada pagi hari. Mendengkur disebabkan oleh lidah yang jatuh ke arah kerongkongan sehingga mempersempit jalur lewatnya udara. Jadi, pilihlah bantal yang mampu membantu terbukanya jalur tersebut. 


Bantal yang mengangkat bagian leher ke atas bisa Anda coba. Pilihlah bantal yang memiliki tonjolan dari punggung atas hingga ke belakang kepala membentuk huruf S. Selain itu, tidur menyamping juga bisa Anda praktikkan untuk mencegah dengkuran. Tidur dengan posisi seperti ini lebih baik bagi jalur oksigen dibandingkan telentang.

② Sesuaikan bantal dengan postur tidur Anda

Di bagian berikutnya kami akan membahas tipe bantal yang cocok dengan postur tidur Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan selera, ya!

Posisi tidur telentang, pilih kepadatan bantal yang sesuai dengan preferensi

Posisi tidur telentang, pilih kepadatan bantal yang sesuai dengan preferensi

Area kepala yang bersentuhan dengan bantal cukup besar ketika Anda tidur telentang. Tidur dengan postur ini juga membuat tekanan pada tubuh tersebar merata. Untuk posisi tidur ini, pilihlah bantal dengan bahan yang lembut, misalnya low resilience urethane atau bantal memory foam.


Selain itu, bantal lateks yang lembut dan memiliki elastisitas sedang juga dapat membuat badan terangkat. Hal ini dapat mengurangi beban pada tubuh Anda.

Posisi tidur menyamping, gunakan bantal yang sejuk dan breathable

Posisi tidur menyamping, gunakan bantal yang sejuk dan breathable

Jika dibandingkan tidur telentang, tidur menyamping membuat posisi tubuh Anda menjadi kurang stabil. Akibat tertekan ke bantal, Anda pun lebih mudah merasa panas dan pengap di sisi wajah yang bersentuhan dengan bantal.


Apabila Anda kerap tidur menyamping, pilih bantal yang dapat menopang tubuh dari belakang sehingga postur tubuh menjadi lebih seimbang. Namun, menggunakan bantal seperti ini, misalnya yang berbentuk "U", mungkin menyulitkan Anda untuk berguling ke sisi sebaliknya.


Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bantal yang baik sirkulasi udaranya, misalnya bantal pipa. Dengan demikian, Anda pun jadi tidak mudah merasa gerah dan tetap nyaman.

Posisi tidur tengkurap, pastikan bantal cukup lembut

Posisi tidur tengkurap, pastikan bantal cukup lembut

Saat tidur tengkurap, dada akan tertekan sehingga dapat menyebabkan sulit bernapas. Kami merekomendasikan bantal berbahan lembut, misalnya bantal dari bulu angsa. Bahan bulu angsa yang lembut dapat mengurangi tekanan pada dada dan tubuh bagian atas.

③ Pastikan ketinggian bantal yang nyaman di gunakan

Pastikan ketinggian bantal yang nyaman di gunakan

Setelah memilih jenis bantal, pastikan juga ukuran ketinggiannya pas untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui ketinggiannya, Anda bisa meletakkan kepala di atas bantal dan ukurlah ketinggiannya. Kemudian, pilihlah bantal yang tingginya antara 5–8 cm


  • Bantal dengan ketinggian 5 cm sangat cocok untuk orang yang lemah secara fisik, misalnya lansia dan orang sakit
  • Bantal dengan ketinggian 6 cm adalah bantal dengan ketinggian standar
  • Bantal dengan ketinggian 8 cm atau lebih pas untuk Anda yang bertubuh fit dan lebih kuat

Ketinggian bantal juga dapat disesuaikan dengan bentuk kepala Anda. Sementara itu, tinggi bantal yang nyaman juga bergantung pada posisi tidur tertentu. Untuk itu, Anda bisa mengacu pada panduan di foto di atas:


  • Tidur telentang, pandangan mata sedikit ke bawah (foto atas)
  • Tidur menyamping, tulang leher paralel dengan lantai (foto bawah)

Di sisi lain, pemilihan tinggi bantal juga dipengaruhi oleh tingkat keempukan kasur yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan kasur yang lebih empuk, pilih bantal yang 1–2 cm lebih rendah dari ukuran yang kami sarankan. Sebaliknya, pilihlah bantal yang 1–2 cm lebih tinggi jika kasur Anda terasa lebih keras.

④ Pastikan juga ukuran lebar bantal tidur

Pastikan juga ukuran lebar bantal tidur

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting juga untuk membuat kepala Anda tidak jatuh dari bantal ketika berguling. Pilihlah bantal tidur yang memiliki lebar sekitar 50–60 cm agar tidak terlalu kecil.


Bagi Anda yang tidak banyak membalikkan badan ketika tidur, lebar dengan 50 cm sudah cukup. Sebaliknya, jika Anda sering membalikkan badan ketika tidur, pilihlah bantal yang lebarnya lebih dari 60 cm. Dengan demikian, posisi tidur Anda dapat dipertahankan. Selain itu, gunakanlah bantal yang tidak mudah bergeser ketika Anda membalikkan badan.

⑤ Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Masih ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan lagi saat memilih bantal. Berikut ini beberapa poin tambahan yang juga patut Anda pikirkan.


  • Perhatikan cara perawatan bantal tidur. Beberapa bahan bantal dapat dicuci dengan menggunakan air. Meski begitu, bantal dengan bahan memory foam sebaiknya tidak dicuci dengan air. Gunakan vacuum cleaner ataupun dry cleaning untuk membersihkan bantal memory foam. 

  • Pilihlah bantal yang breathable jika Anda sering merasa pengap dan gerah ketika tidur.

  • Hindarilah bantal dengan isian yang dapat menimbulkan bunyi apabila Anda termasuk light sleeper. Bantal pipa adalah salah satu contohnya.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengganti sarung bantal secara rutin. Sarung bantal juga turut berperan dalam menjaga kualitas tidur Anda. Sarung bantal yang kotor dapat menimbulkan alergi dan membuat tidur kurang berkualitas.

10 Rekomendasi bantal tidur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal tidur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Clarissa

Restking Hollow Fiber Pillow

Clarissa Restking Hollow Fiber Pillow 1枚目

Bantal Restking yang harganya sangat ekonomis

2

Domibed

Korean Microfiber Pillow

Domibed Korean Microfiber Pillow 1枚目

Isian bantal tidur premium dari Korea

3

SleepMax

Living Pillow

SleepMax Living Pillow 1枚目

Bantal dakron yang tidak terlalu tinggi

4

Dunlopillo

SnoreLess Latex Pillow

Dunlopillo SnoreLess Latex Pillow 1枚目

Dapatkan tidur berkualitas dengan intensitas ngorok yang berkurang

5

Lazy Sunday

Super Comfy Pillow Premium

Lazy Sunday Super Comfy Pillow Premium 1枚目

Bantal seempuk bantal bulu angsa tanpa menyebabkan alergi

6

King Koil

Royale Pillow

King Koil Royale Pillow 1枚目

Bantal kepala premium ala hotel bintang 5

7

PillowPeople

Healthy Pillow Microfiber

PillowPeople Healthy Pillow Microfiber 1枚目

Jaga kesehatan postur tubuh dengan bantal berkontur

8

Willow Pillow

Classic Memory Foam

Willow Pillow Classic Memory Foam 1枚目

Bantal memory foam dengan teknologi dari NASA

9

Vablo

Beside Wedge Pillow Memory Foam

Vablo Beside Wedge Pillow Memory Foam 1枚目

Menjaga agar asam lambung tidak naik saat tidur

10

Therapedic

Anatomic-X Gel

Therapedic Anatomic-X Gel 1枚目

Nyaman dan sejuk dengan Kool Gel Technology

Perincian produk
Close
No.1

ClarissaRestking Hollow Fiber Pillow

Mulai dari Rp85.000,00

Bantal Restking yang harganya sangat ekonomis

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis dibandingkan bantal tidur sejenis lainnya di pasaran
  • Kualitas bantal yang empuk

Kekurangan:

  • Isinya dirasa kurang padat

Apabila Anda mencari bantal yang ekonomis dengan kualitas yang bagus, bantal Restking ini patut dipertimbangkan. Bantal ini merupakan bantal standar yang empuk dan lembut. Bantal yang satu ini pun dapat Anda cuci dengan tangan. Bagi para anak kost, tentu saja bantal tidur Restking ini bisa digunakan tanpa membuat kantong jebol.

No.2

DomibedKorean Microfiber Pillow

Mulai dari Rp330.000,00

Isian bantal tidur premium dari Korea

Kelebihan:

  • Bantal dibuat dengan sistem gusset
  • Tidak mudah kotor
  • Nyaman digunakan sehari-hari menurut banyak konsumen


Kekurangan:

  • Bantal tidak terlalu firm menurut beberapa konsumen

Domibed memiliki bantal microfiber yang dijahit dengan sistem gusset atau dua kali penjahitan. Hasilnya, bantal ini lebih tebal dan lebih berisi. Bantal akan terasa lebih firm saat pertama kali digunakan dan akan lebih empuk setelahnya. 


Kain yang digunakan adalah kain microtex yang tidak mudah kotor. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, bantal ini cocok untuk Anda gunakan karena tetap bersih. Sudah banyak konsumen yang merasa bantal ini sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.

No.3

SleepMaxLiving Pillow

Mulai dari Rp125.000,00

Bantal dakron yang tidak terlalu tinggi

Kelebihan:

  • Harganya tergolong murah sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak

Kekurangan:

  • Ketebalan bantalnya dirasa tipis menurut sebagian pengguna

Jika Anda lebih menyukai bantal dakron yang lembut, bantal dari SleepMax ini tak boleh Anda lewatkan. Bahan ini menggunakan 100% dakron premium yang membuat kepala Anda merasa lebih nyaman. Bantal ini sangat cocok untuk Anda yang lebih menyukai bantal yang tidak terlalu tebal. Meski begitu, bantal ini masih tergolong empuk untuk ditiduri. 

No.4

DunlopilloSnoreLess Latex Pillow

Mulai dari Rp229.000,00

Dapatkan tidur berkualitas dengan intensitas ngorok yang berkurang

Kelebihan:

  • Bantal berkontur untuk membantu mengurangi mengorok
  • Bahannya hypoallergenic, antitungau, dan antikutu

Kekurangan:

  • Tidak dapat sepenuhnya menghilangkan kebiasaan mengorok untuk sebagian orang
  • Ketinggian bantal dirasa kurang oleh beberapa pengguna

Mengorok memang kurang baik untuk kualitas tidur Anda ataupun pasangan. Anda bisa mengurangi peluang mengorok dengan bantuan bantal dari Dunlopillo. Bantal tidur ini memiliki kontur yang sesuai dengan anatomi leher manusia. Kontur tersebut dapat membantu memperbaiki postur Anda agar tidak terlalu sering mengorok saat tidur.

No.5

Lazy SundaySuper Comfy Pillow Premium

Mulai dari Rp300.000,00

Bantal seempuk bantal bulu angsa tanpa menyebabkan alergi

Kelebihan:

  • Empuk seperti bantal bulu angsa
  • Bahannya hypoallergenic, bebas kutu, dan antibakteri

Kekurangan:

  • Kualitas isiannya kurang merata

Bantal dengan isian bulu angsa memang tergolong sangat nyaman dan premium. Meski begitu, bulu angsa bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih bantal Super Comfy Premium dari Lazy Sunday.


Bantal ini menggunakan isian microfiber goose down atau bulu angsa sintetis. Tingkat keempukannya hampir setara dengan bantal bulu angsa asli tanpa menyebabkan alergi. Jika ingin merasakan keempukan bantal bulu angsa, pertimbangkan produk ini, ya.

No.6

King KoilRoyale Pillow

Mulai dari Rp750.000,00

Bantal kepala premium ala hotel bintang 5

Kelebihan:

  • Ukurannya cukup lebar
  • Mengikuti lekuk kepala sampai bahu

Kekurangan:

  • Beberapa orang merasa bantal ini terlalu amblas

Apakah Anda penasaran rasanya bantal di hotel berbintang? Nah, Anda wajib mempertimbangkan bantal King Koil ini. Bantalnya menggunakan bahan 7-holes fiberfill  yang sangat empuk dan tidak terlalu kempis. Bantal King Koil Royale akan mengikuti lekuk kepala, leher, dan bahu Anda. Terlebih lagi, bantal yang satu ini punya ukuran yang lebih lebar.

No.7

PillowPeopleHealthy Pillow Microfiber

Mulai dari Rp180.000,00

Jaga kesehatan postur tubuh dengan bantal berkontur

Kelebihan:

  • Memiliki pola dua garis untuk menopang kepala sampai bahu
  • Dapat dicuci

Kekurangan:

  • Bantal dirasa terlalu tipis

Bantal dari PillowPeople dibuat dengan teknologi Korea. Bantal ini memiliki pola dua garis yang memberikan kenyamanan dari kepala sampai bahu saat tidur. Apabila Anda mengutamakan topangan yang tepat saat tidur, pertimbangkan bantal yang satu ini. Kelebihan lainnya adalah bantal ini dapat dicuci agar tetap higienis.

No.8

Willow PillowClassic Memory Foam

Mulai dari Rp375.000,00

Bantal memory foam dengan teknologi dari NASA

Kelebihan:

  • Bantal mengikuti kontur kepala dan leher
  • Permukaan berlubang agar lebih breathable

Kekurangan:

  • Bantal tidak dapat dicuci

Beberapa orang memiliki permasalahan tulang leher dan tulang belakang, saraf terjepit, hingga sakit pada telinga karena tekanan yang berlebih. Jika Anda adalah salah satunya, Anda tidak boleh memilih sembarang bantal. Kami merekomendasikan bantal memory foam ini untuk Anda.


Willow Pillow Classic Memory Foam terbuat dari visco elastic foam yang dirancang khusus dan dikembangkan oleh NASA. Bahan tersebut mampu mencetak bentuk leher dan kepala Anda untuk mengurangi tensi berlebihan. Di samping itu, permukaan bantal yang berlubang menjadikannya lebih breathable.

No.9

VabloBeside Wedge Pillow Memory Foam

Mulai dari Rp725.000,00

Menjaga agar asam lambung tidak naik saat tidur

Kelebihan:

  • Berbentuk segitiga yang membantu mencegah asam lambung naik
  • Bahan cover-nya sangat lembut di kulit

Kekurangan:

  • Bobot bantal cukup berat

Bentuk bantal yang satu ini memang unik karena berbentuk segitiga. Modelnya bukan sembarang dibuat, tetapi memiliki fungsi tersendiri. Bagi Anda yang memiliki permasalahan asam lambung berlebih, bantal ini dapat menjadi pilihan yang tepat.


Bentuk segitiga dari bantal ini membantu mencegah asam lambung Anda tidak naik ke tenggorokan saat tidur. Selain itu, bantal dari Vablo ini juga dapat Anda jadikan sandaran ataupun ganjalan kaki. Lalu, bahan cover-nya pun sangat halus di kulit.

No.10

TherapedicAnatomic-X GelAG-0

Mulai dari Rp2.990.000,00

Nyaman dan sejuk dengan Kool Gel Technology

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan gel yang mendinginkan
  • Bahan memory foam sangat lembut dan lentur

Kekurangan:

  • Bobot bantal cukup berat
  • Harga lebih mahal dibandingkan bantal tidur biasa

Bantal dari Therapedic ini memang sangat unik. Produk ini dilengkapi dengan Kool Gel Technology yang membuat Anda merasa sejuk saat tidur. Anda pun akan merasa nyaman semalaman. Selain itu, bantal ini dibentuk khusus sesuai dengan anatomi tubuh. Jika Anda sering mengalami sakit leher karena salah bantal, produk ini sangat tepat untuk Anda pertimbangkan.

Baca juga rekomendasi produk bantal lainnya di sini

Bantal yang empuk memang membuat tidur Anda lebih berkualitas. Selain bantal untuk tidur, masih banyak jenis bantal lainnya yang mendukung kenyamanan Anda. Bantal guling, nursing pillow, sampai bantal leher adalah jenis bantal lainnya yang bisa dipilih. Langsung saja klik tautan berikut ini dan temukan bantal terbaik yang bisa Anda gunakan.

Kesimpulan

Kenyamanan bantal tidur dapat berubah tergantung pada bahan, kepadatan, dan ketinggian bantal. Jika Anda dapat menemukan bantal yang cocok, Anda pasti dapat merasakan kualitas tidur lebih baik. Ikuti tips kami agar Anda bisa menemukan bantal tidur yang empuk dan nyaman!


Perlu Anda perhatikan bahwa bantal tidur memiliki jangka pakai. Gantilah jika bantal tidur Anda sudah tidak empuk, berubah bentuk, dan kotor. Selamat memilih bantal tidur yang nyaman!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer