• 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Bantal tidur yang nyaman akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Sekarang ini, bantal tidur memiliki beragam ukuran dan harga. Berbagai motif bantal, mulai dari yang lucu sampai polos juga banyak tersedia.


Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kemudian, kami juga akan merekomendasikan merk bantal tidur yang bagus, seperti KING KOIL, PillowPeople, IKEA, dan lainnya. Simak terus artikel ini untuk menemukan bantal tidur terbaik!

  • Pembaharuan terakhir: 08 Maret 2021
  • 132.481 Views
Daftar isi

Cara memilih bantal tidur

Bantal dapat membuat kita tidur nyenyak dengan mempertahankan posisi tidur yang benar. Apa yang harus kita perhatikan ketika memilih bantal? Berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih bantal.

Pilih sesuai permasalahan Anda ketika tidur

Banyak orang mencari bantal tidur yang dapat mengurangi permasalahan saat tidur, misalnya mendengkur atau nyeri di tubuh. Kami akan memperkenalkan jenis bantal yang sesuai dengan permasalahan Anda ketika tidur. Mari cek di bawah ini.

Bila leher dan pundak terasa kaku, pilih bantal yang mendukung postur tidur yang baik

Bila leher dan pundak terasa kaku, pilih bantal yang mendukung postur tidur yang baik

Penyebab leher dan bahu terasa kaku ketika tidur berbeda-beda pada setiap orang. Salah satu kemungkinannya adalah leher dan bahu Anda tertekan atau terbebani selama tidur. Karena itu, pilihlah bantal tidur yang dapat mendukung postur tidur yang benar sehingga tubuh Anda menjadi relaks.

Untuk tubuh yang lelah, pilih bantal yang memudahkan Anda berganti posisi tidur

Untuk tubuh yang lelah, pilih bantal yang memudahkan Anda berganti posisi tidur

Ketika tidur, manusia berganti posisi sebanyak kurang lebih dua puluh kali. Berguling saat tidur juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi beban pada tubuh. Itulah sebabnya, bila Anda tidak mengganti posisi tidur, Anda bisa merasa lelah dan tidak nyaman.


Bagi Anda yang memiliki permasalahan tersebut, pilihlah bantal yang membal dan memudahkan Anda mengubah posisi. Bantal berbahan lateks adalah salah satu tipe bantal yang bisa Anda pertimbangkan.

Bila tubuh terasa nyeri, pilih bantal memory foam

Bila tubuh terasa nyeri, pilih bantal memory foam

Tekanan pada tubuh bisa jadi tidak merata bila bentuk dan kepadatan bantal Anda tidak sesuai. Kalau sudah begini, badan Anda mungkin akan masih terasa capek dan sakit ketika bangun tidur. Bahan yang lembut seperti low resilience uretan akan mengikuti bentuk tubuh Anda. Karena itu, bantal tipe memory foam seperti demikian direkomendasikan untuk memberi tekanan secara merata pada tubuh.

Untuk mencegah dengkuran, pilih bantal yang menonjol di bagian leher

Untuk mencegah dengkuran, pilih bantal yang menonjol di bagian leher

Mendengkur atau ngorok menyebabkan oksigen tidak dapat menjangkau otak dengan baik. Hal ini dapat berujung pada kelelahan saat bangun di pagi hari.


Mendengkur disebabkan oleh lidah yang jatuh ke arah kerongkongan sehingga mempersempit jalur lewatnya udara. Jadi, pilihlah bantal yang mampu membantu terbukanya jalur tersebut. Secara khusus, bantal yang mengangkat bagian leher ke atas bisa Anda coba. Ceklah apakah bantal pilihan memiliki tonjolan dari punggung atas hingga ke belakang kepala membentuk huruf S.


Selain itu, tidur menyamping juga bisa Anda praktekkan untuk mencegah dengkuran. Tidur dengan posisi seperti ini lebih baik bagi jalur oksigen dibanding tidur telentang.

Sesuaikan dengan postur tidur Anda

Di bagian ini, kami akan membahas tipe bantal yang cocok dengan postur tidur Anda. Pilihlah sesuai selera, ya!

Pilih yang kepadatan bantal yang sesuai preferensi bila sering tidur telentang

Pilih yang kepadatan bantal yang sesuai preferensi bila sering tidur telentang

Area kepala yang bersentuhan dengan bantal cukup besar ketika Anda tidur telentang. Tidur dengan postur ini juga membuat tekanan pada tubuh tersebar merata. Untuk posisi tidur ini, pilihlah bantal dengan bahan yang lembut, misalnya low resilience urethane.


Lalu, dengan bahan seperti lateks yang lembut dan memiliki elastisitas sedang, badan bisa terasa terangkat. Hal ini dapat mengurangi beban pada tubuh Anda.

Pilih bahan yang breathable dan sejuk bila sering tidur menyamping

Pilih bahan yang breathable dan sejuk bila sering tidur menyamping

Jika dibandingkan tidur telentang, tidur menyamping membuat posisi tubuh Anda menjadi kurang stabil. Karena tertekan ke bantal, Anda pun lebih mudah merasa panas dan pengap di sisi wajah yang bersentuhan dengan bantal.


Bagi Anda yang kerap tidur menyamping, pilihlah bantal yang dapat men-support tubuh Anda dari belakang sehingga postur tubuh menjadi lebih seimbang. Namun, menggunakan bantal seperti ini, misalnya yang berbentuk "U", menyulitkan Anda untuk berguling ke sisi sebaliknya.


Sebagai alternatif, Anda juga bisa mempertimbangkan bantal yang baik sirkulasi udaranya, misalnya bantal pipa. Dengan demikian, Anda pun jadi tidak mudah merasa gerah dan tetap nyaman.

pilih bahan yang lembut bila sering tidur tengkurap

pilih bahan yang lembut bila sering tidur tengkurap

Saat tidur tengkurap, dada akan tertekan sehingga dapat menyebabkan sulit bernapas. Karena itu, kami merekomendasikan bantal berbahan lembut, misalnya katun dan bulu angsa. Kedua bahan tersebut dapat mengurangi tekanan pada dada dan tubuh bagian atas.

Periksa tinggi dan lebar bantal

Saat memilih bantal tidur, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa tinggi dan lebar bantal yang sesuai. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda praktekkan untuk menemukan bantal idaman.

Tinggi bantal 5–8 cm saat dipakai

Tinggi bantal 5–8 cm saat dipakai

Jika Anda ingin mengetahui dengan cara yang paling mudah, Anda bisa meletakkan kepala di atas bantal, lalu mengukur ketinggiannya. kemudian, pilihlah yang tingginya antara 5 sampai 8 cm. 


Pilihlah bantal dengan ketinggian 5 cm untuk orang yang lemah secara fisik, misalnya lansia atau orang sakit. Bantal dengan tinggi 6 cm adalah ukuran standar. Sedangkan apabila Anda bertubuh fit dan kuat, bantal bertinggi lebih dari 8 cm juga bisa dipilih. Namun, ukuran tinggi ini juga bergantung pada bentuk kepala setiap orang.


Sementara itu, tinggi bantal yang nyaman juga bergantung pada posisi tidur tertentu. Sebagai contoh bagaimana menentukan bantal yang pas, Anda bisa mengacu pada panduan di foto:


  • Tidur telentang: pandangan mata sedikit ke bawah (foto atas)
  • Tidur menyamping: tulang leher paralel dengan lantai (foto bawah)

Selain itu, tinggi bantal juga dipengaruhi oleh keempukan kasur yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan kasur yang lebih empuk, pilih bantal yang 1–2 cm lebih rendah dari ukuran yang kami sarankan. Sementara itu, bila kasur Anda lebih keras, pilih bantal yang 1–2 cm lebih tinggi.

Lebar bantal kira-kira 60 cm

Lebar bantal kira-kira 60 cm

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting juga untuk membuat kepala Anda tidak jatuh dari bantal ketika berguling. Pilihlah yang memiliki lebar sekitar 50-60 cm agar tidak terlalu kecil.


Bagi Anda yang tidak banyak membalikkan badan ketika tidur, lebar dengan 50 cm sudah cukup. Namun, jika Anda sering membalikkan badan ketika tidur, pilihlah bantal yang lebarnya lebih dari 60 cm. Dengan begitu, posisi tidur Anda dapat dipertahankan. Selain itu, pilihlah juga bantal yang tidak mudah bergeser ketika Anda membalikkan badan.

Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Cek poin lain yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Bagi Anda yang mengutamakan bantal higienis, kami merekomendasikan bantal yang bisa dicuci dengan air. Lalu, pilihlah bantal yang breathable jika Anda sering merasa pengap dan gerah ketika tidur.


Selain itu, sebaiknya hindarilah bantal dengan isian yang dapat menimbulkan bunyi apabila Anda termasuk light sleeper. Bantal pipa adalah salah satu contohnya.


Terakhir, sesuaikan juga dengan lifestyle dan kesibukan Anda. Jangan memilih bantal yang memerlukan perawatan lebih bila Anda sibuk. Lalu, cucilah bantal dan sarung bantal Anda secara berkala, ya!

10 Rekomendasi bantal tidur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan bantal tidur terbaik. Dapatkan bantal tidur rekomendasi ini di e-commerce pilihan, seperti Shopee, Lazada, ataupun Bukalapak. Jangan lupa, pilihlah bantal favorit Anda dengan memperhatikan poin-poin yang kami sebutkan di atas.

10
Ukuran42 cm x 26 cm
BahanVinyl
Tinggi10 cm
BentukCekung
Cara mencuciTidak disebutkan
9
Ukuran65 cm x 45 cm (bantal)・20cm x 80 cm (guling)
Bahan100% silicone fiber
TinggiTidak tercantum
BentukStandar
Cara mencuciHand wash
8

RestkingPaket Bantal Guling Junior

Mulai dari Rp 146.000,00

UkuranBantal: 38 cm x 58 cm・Guling: D 18 cm x 65 cm
BahanHollow conjugated siliconized fiberfill
TinggiTidak tercantum
BentukStandar
Cara mencuciHand wash
7
Ukuran76 cm x 51 cm
BahanBulu angsa (isian)・100% cotton down proof (cover)
TinggiNormal
BentukStandar
Cara mencuciTidak tercantum
6
Ukuran70 cm x 50 cm
BahanMicrotex (cover)・Dacron (isi)
Tinggi21–22 cm
BentukStandar
Cara mencuciTidak tercantum
5
Ukuran48 cm x 73 cm
BahanNano fiber
TinggiTidak disebutkan
BentukStandar
Cara mencuciDry clean pada suhu 40° C
4
Ukuran60 cm x 40 cm
BahanMemory foam cotton
Tinggi11,5 cm
BentukGelombang
Cara mencuciVacuum cleaner
3
Ukuran66 cm x 40 cm
BahanMemory foam
Tinggi10 cm
BentukGelombang
Cara mencuciCover dapat dilepas dan dicuci
2
Ukuran60 cm x 40 cm
BahanLateks
Tinggi8 cm–12 cm
BentukGelombang
Cara mencuciDicelupkan ke air, ditekan-tekan, lalu diangin-anginkan
1
Ukuran50 cm x 80 cm
BahanBusa memori parut
TinggiTidak disebutkan
BentukStandar
Cara mencuciCuci dengan air hangat 60° C

Tabel perbandingan produk bantal tidur terbaik

Gambar produk
1
IKEA RUMSMALVA 1

IKEA

2
Willow Pillow Ergonomic Latex Knitting 1

Willow Pillow

3
THERAPEDIC Anatomic™ Gel 1

THERAPEDIC

4
Willow Pillow Classic Memory Foam 1

Willow Pillow

5
KING KOIL Pillow Nano Fiber Soft 1

KING KOIL

6
PillowPeople Bantal Si Mantap 1

PillowPeople

7
KING KOIL Signature Goose Down Pillow 1

KING KOIL

8
Restking Paket Bantal Guling Junior 1

Restking

9
OLIVIA Smart Choices 1

OLIVIA

10
Bestway Flocked Air Pillow 1

Bestway

Nama produk

RUMSMALVA

Ergonomic Latex Knitting

Anatomic™ Gel

Classic Memory Foam

Pillow Nano Fiber Soft

Bantal Si Mantap

Signature Goose Down Pillow

Paket Bantal Guling Junior

Smart Choices

Flocked Air Pillow

Keunggulan

Bantal dengan busa memori parut, membuat tidur terlentang maupun menyamping tetap nyaman!

Pilih posisi ternyaman dengan dua ketinggian yang berbeda

Nyaman dan sejuk dengan Kool Gel Technology

Dapat mengikuti lekuk kepala dan leher, baik untuk tulang punggung

Hilangkan bau tak sedap dalam sekali tekan

Lebih nyaman dan tidak sakit leher saat tidur posisi menyamping

Terbuat dari material mewah dan lembut, ramah tulang leher!

Bantal dan guling set bermotif lucu untuk anak-anak

Dapatkan satu set bantal dan guling dengan harga terjangkau

Tetap nyaman di perjalanan dengan bantal tidur portable

Harga mulai dariRp 299.000,00Rp 700.000,00Rp 1.650.000,00Rp 325.000,00Rp 485.000,00Rp 150.000,00Rp 2.350.000,00Rp 146.000,00Rp 38.000,00Rp 31.500,00
Ukuran50 cm x 80 cm60 cm x 40 cm66 cm x 40 cm60 cm x 40 cm48 cm x 73 cm70 cm x 50 cm76 cm x 51 cmBantal: 38 cm x 58 cm・Guling: D 18 cm x 65 cm65 cm x 45 cm (bantal)・20cm x 80 cm (guling)42 cm x 26 cm
BahanBusa memori parutLateksMemory foamMemory foam cottonNano fiberMicrotex (cover)・Dacron (isi)Bulu angsa (isian)・100% cotton down proof (cover)Hollow conjugated siliconized fiberfill100% silicone fiberVinyl
TinggiTidak disebutkan8 cm–12 cm10 cm11,5 cmTidak disebutkan21–22 cmNormalTidak tercantumTidak tercantum10 cm
BentukStandarGelombangGelombangGelombangStandarStandarStandarStandarStandarCekung
Cara mencuciCuci dengan air hangat 60° CDicelupkan ke air, ditekan-tekan, lalu diangin-anginkanCover dapat dilepas dan dicuciVacuum cleanerDry clean pada suhu 40° CTidak tercantumTidak tercantumHand washHand washTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk bantal lainnya di sini

Selain bantal tidur, kami juga merekomendasikan berbagai jenis bantal lainnya, seperti nursing pillow, bantal bayi, bantal untuk ibu hamil, dan lain-lain. Anda dapat memeriksa artikel-artikel berikut untuk jenis bantal lainnya.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bantal tidur terbaik. Bagaimana dengan rekomendasi bantal di atas? Apakah ada yang cocok?


Kenyamanan bantal dapat berubah tergantung bahan, kepadatan, dan ketinggian bantal. Jika Anda dapat menemukan bantal yang cocok, Anda pasti dapat merasakan kualitas tidur Anda berubah. Temukan bantal tidur terbaik untuk Anda dengan merujuk pada tips-tips yang telah kami sarankan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kasur yang Anda gunakan setiap hari sangatlah mempengaruhi kualitas tidur. Jika Anda malah merasa lelah dan pegal ketika bangun, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras yang diproduksi oleh berbagai produsen seperti Uniland, Elite, IKEA, dan sebagainya. Kasur dengan kriteria seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kasur matras yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kasur yang mudah Anda dapatkan secara online. Nah, mari simak informasi selengkapnya dan tentukan pilihan Anda!
    Kamar tidur
    108.133 Views
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya busa yang digunakan, tetapi juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Keberadaan bed cover yang lembut dan nyaman akan membuat tidur makin nyenyak sehingga Anda bisa bangun dengan tubuh yang lebih segar.Saat ini, ada banyak bed cover yang dijual di marketplace, mulai dari merek Lady Rose, Kintakun, hingga My Love. Setiap produk tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih bed cover, serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari kita mulai!
    Kamar tidur
    54.805 Views
  • 10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2021)
    Kasur yang dilapisi seprai yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Bahan yang lembut, serta motif yang indah dan sesuai dengan interior kamar diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda sudah siap beraktivitas dengan lebih semangat.Terdapat beberapa merek seprai yang ada di pasaran, seperti My Love, Kintakun, California, dan lain-lain. Setiap merek menawarkan kelebihannya masing-masing. Di artikel ini, kami akan memberi rekomendasi seprai terbaik yang bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya. Mari kita mulai!
    Kamar tidur
    21.270 Views
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan meja belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa brand yang varian meja belajarnya terjamin kualitasnya, seperti dari Ikea, Funika, dan Infinity.Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Yuk, dibaca!
    Kamar tidur
    43.975 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin membuat suasana kamar terlihat lebih luas, tempat tidur model tingkat layak dicoba. Berbeda dengan ranjang susun, tempat tidur tingkat memiliki ruang leluasa di bagian bawah. Di antara beberapa bahan pilihan, tempat tidur tingkat dari kayu paling mampu memberikan kesan natural untuk kamar Anda.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tempat tidur tingkat terbaik yang terbuat dari kayu. Kami juga merekomendasikan beberapa tempat tidur yang tidak hanya bisa dipakai oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Dari merek IKEA hingga produk buatan lokal dapat Anda temukan di sini!
    Kamar tidur
    25.283 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Mematikan lampu saat hendak tidur mampu meningkatkan kadar melatonin di dalam tubuh. Namun, beberapa anak tidak bisa tidur dalam keadaan gelap. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menyalakan lampu tidur. Cahaya dari benda ini bisa membantu si kecil tidur dengan nyaman di kamarnya.Lampu tidur untuk anak yang dijual di e-commerce sangat beragam. Ada lampu tidur berdesain sederhana dari merk IKEA. Ada pula lampu tidur lucu dengan fitur canggih dari The Gro Company. Di artikel ini, kami akan memberitahu cara memilih lampu tidur untuk anak dan merekomendasikan beberapa produk. Disimak, ya!
    Kamar tidur
    646 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori