• 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.


Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 12 Februari 2020
  • 78.937 Views
Daftar isi

Cara memilih bantal tidur

Bantal dapat membuat kita tidur nyenyak dengan mempertahankan posisi tidur yang benar. Apa yang harus kita perhatikan ketika memilih bantal? Berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih bantal.

Pertama, pilihlah tinggi bantal yang pas

Agar dapat mempertahankan posisi tidur yang benar, Anda perlu memilih tinggi bantal yang pas. Tinggi bantal yang ideal adalah ketika kita tidur telentang, kepala dapat membentuk sudut kemiringan sebesar lima derajat. Akan tetapi, Anda pasti kesulitan untuk memastikan sudut kemiringan kepala Anda ketika tidur, kan? Berikut ini kami jelaskan cara memilih tinggi bantal yang ideal.

Jika ingin memastikannya di toko, pastikan pandangan Anda ketika telentang

Jika ingin memastikannya di toko, pastikan pandangan Anda ketika telentang

Jika bisa mencoba bantalnya di toko, pilihlah bantal yang membuat pandangan Anda mengarah ke kaki ketika telentang. Dapat dikatakan posisi tersebut membentuk sudut kemiringan kepala lima derajat. Kemudian, jika tulang leher sejajar dengan kasur ketika tidur menyamping, dapat dikatakan tinggi tersebut ideal berdasar lekukan leher. Karena lekukan leher setiap orang berbeda, tinggi ideal bantal tidak dapat dikatakan secara pasti. Namun, pria biasanya memilih bantal dengan tinggi sekitar 2-5 cm. Sedangkan, wanita cenderung memilih bantal dengan tinggi sekitar 1-3 cm.

Jika tidak bisa dicoba, bandingkan dengan bantal yang sedang digunakan sekarang

Jika tidak bisa dicoba, bandingkan dengan bantal yang sedang digunakan sekarang

Ketika Anda membeli bantal melalui toko online, pastinya Anda tidak dapat mencoba dengan cara berbaring. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih bantal berdasarkan bantal yang sedang Anda gunakan sekarang. Jika Anda memiliki masalah dengan bahu kaku dan sakit kepala, kemungkinan bantal yang Anda gunakan terlalu tinggi. Kemudian, jika Anda mengalami pembengkakan wajah ketika bangun tidur, kemungkinan bantal yang Anda gunakan terlalu rendah.


Bagi Anda yang sering mendengkur, cobalah gunakan bantal yang lebih rendah. Dengan begitu, dengkuran dapat dikurangi karena jalan nafas tidak terlalu tertekan ketika tidur. Kami juga menjelaskan cara memilih bantal yang ideal pada bagian bawah artikel. Pastikan untuk membacanya juga.

Pilihlah bahan favorit Anda berdasarkan tekstur dan kepadatan

Pemilihan bahan bantal merupakan poin yang penting dalam menentukan kenyamanan ketika tidur. Kami akan menjelaskan beberapa bahan yang umum digunakan. Mari memilih bahan favorit Anda bersama-sama dengan memperhatikan karakteristik masing-masing bahan.

Memory foam, memiliki kemampuan penyesuaian bentuk yang luar biasa

Memory foam, memiliki kemampuan penyesuaian bentuk yang luar biasa

Bahan memory foam atau busa uretan sangat direkomendasikan bagi Anda yang mengutamakan penyesuaian bentuk bantal. Bahan ini dapat berubah bentuk menyesuaikan bentuk kepala dan posisi tidur Anda. Dengan menggunakan bahan bantal ini, Anda dapat membentuk posisi sempurna ketika tidur. Butiran memory foam yang dihancurkan dan diselimuti dengan lapisan uretan, menghasilkan kelembutan dan permeabilitas udara yang baik.

Poliester, dapat menopang kepala dengan lembut

Poliester, dapat menopang kepala dengan lembut

Bantal poliester dapat menopang kepala Anda dengan kepadatan yang pas. Bahan ini cocok bagi Anda yang tidak nyaman tidur menggunakan bantal yang terlalu padat. Selain itu, bahan ini terasa ringan dan harganya juga terjangkau. Kepadatannya tidak akan mudah berubah karena terpengaruh suhu.


Akan tetapi, kelemahan dari bahan ini adalah makin lama dipakai, bantal akan makin kehilangan volume dan menipis. Namun, bahan ini kebanyakan mudah dicuci di rumah sehingga perawatannya mudah. Meski kualitas bantal menurun, Anda dapat membelinya dengan mudah karena harganya terjangkau.

Bantal pipa, sangat baik dalam permeabilitas udara dan tidak mudah rusak

Bantal pipa, sangat baik dalam permeabilitas udara dan tidak mudah rusak

Bagi Anda yang mencari bantal yang awet dan tidak mudah menipis, bantal pipa merupakan pilihan terbaik. Bahannya seperti sedotan yang dipotong pendek sehingga memiliki kepadatan yang cukup. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bantal akan menipis. Permeabilitas udaranya juga baik dan dapat dicuci dengan air sehingga perawatannya lebih mudah.


Ketika Anda membalikkan badan sewaktu tidur, bahan-bahan di dalamnya akan saling bertabrakan sehingga menghasilkan suara. Bahan ini tidak cocok bagi Anda yang mengutamakan kelembutan pada bantal. Akan tetapi, Anda dapat tidur dengan kepadatan yang sama dan dapat bertahan selama 3-5 tahun. Di Indonesia, bantal pipa tidak terlalu populer dibandingkan dengan bahan lainnya.

Lateks, elastis dan baik untuk bahu serta leher kaku

Lateks, elastis dan baik untuk bahu serta leher kaku
Bahan lateks sangat direkomendasikan bagi Anda yang menderita bahu kaku. Lateks berasal dari getah karet dan telah melewati proses penyulingan dan pengolahan. Lateks memiliki tekstur elastis dan sangat baik untuk leher dan bahu Anda. Bahan lateks juga memiliki keunggulan antitungau dan antibakteri sehingga mampu menjamin kesehatan pernapasan Anda dengan lebih baik.

Lateks bisa dicuci menggunakan air hangat suam-suam kuku, tetapi tidak boleh dijemur langsung di bawah sinar matahari. Bahan lateks juga lebih tahan lama dan awet. Alhasil, bantal yang terbuat dari 100% bahan lateks biasanya bisa tahan sampai sekitar lima tahun atau bahkan lebih. Selain itu, lateks akan tetap berada dalam suhu yang sama karena terbuat dari karet yang bersifat isolator.

Lebar bantal yang standar adalah 50-60 cm

Lebar bantal yang standar adalah 50-60 cm

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting juga untuk membuat kepala Anda tidak jatuh dari bantal ketika berguling. Pilihlah yang memiliki lebar sekitar 50-60 cm agar tidak terlalu kecil.


Bagi Anda yang tidak banyak membalikkan badan ketika tidur, lebar dengan 50 cm sudah cukup. Namun, jika Anda sering membalikkan badan ketika tidur, pilihlah bantal yang lebarnya lebih dari 60 cm. Dengan begitu, kepala Anda tidak mudah jatuh dari bantal saat berguling dan posisi tidur Anda dapat dipertahankan.

Pilih bentuk bantal berdasarkan cara Anda tidur

Terdapat berbagai bentuk bantal tidur. Anda akan tidur lebih nyenyak jika memakai bantal yang sesuai dengan cara dan posisi tidur Anda. Jadi, pilih bentuk bantal dengan saksama, ya.

Tipe standar, bagi Anda yang dapat tidur dengan posisi stabil

Tipe standar, bagi Anda yang dapat tidur dengan posisi stabil

Bantal tipe standar ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidur dengan posisi stabil. Bagian tengahnya dibuat tinggi sehingga Anda dapat menstabilkan posisi tidur dengan meletakkan kepala di tengah bantal. Kepala Anda memang akan mudah bergeser dari posisi tengah jika Anda membalikkan badan. Namun, itu tidak jadi masalah bagi Anda yang dapat tidur dengan posisi stabil. Jika ketinggian bantalnya tidak pas, Anda dapat menyesuaikan ketinggian dengan meletakkan handuk yang dilipat di bawahnya.

Tipe cekung, bagi Anda yang kepalanya mudah jatuh dari bantal

Tipe cekung, bagi Anda yang kepalanya mudah jatuh dari bantal

Pilihlah bantal yang cekung pada bagian tengah jika Anda sering bergerak saat tidur. Cekungan ini akan menyangga bagian kepala belakang ketika tidur sehingga posisi tidur Anda lebih stabil. Kepala pun akan sulit jatuh dari bantal.


Posisi kepala Anda akan tetap terjaga saat tidur sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Jika Anda sering mengubah posisi saat tidur, pilihlah bantal tipe cekung ini.

Tipe gelombang, bagi Anda yang sering tidur dengan posisi tidur menyamping

Tipe gelombang, bagi Anda yang sering tidur dengan posisi tidur menyamping

Bantal tipe gelombang akan mengikuti bentuk tulang leher. Tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering tidur dengan posisi menyamping. Dengan menggunakan tipe ini, Anda dapat menjaga bentuk tulang ketika tidur. Bagian leher akan tertopang sehingga Anda juga dapat mendekati posisi tidur yang benar. Tipe ini juga sangat cocok bagi Anda yang mengalami bahu kaku dan sakit pinggang saat bangun tidur.


Dalam memilih bahan, kami anjurkan untuk pilih yang memiliki kekuatan rebound yang rendah. Jika Anda memilih bantal yang padat, leher Anda justru akan menjadi tegang saat tidur. Jika sulit menemukan yang cocok, pilihlah bentuk yang terdapat cekungan pada posisi leher untuk menopang leher Anda.

10 Rekomendasi bantal tidur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan bantal tidur terbaik berdasarkan urutan peringkat! Pilihlah bantal favorit Anda dengan memperhatikan poin-poin yang kami sebutkan di atas.

10
Ukuran65 cm x 45 cm
BahanSilicone fiber
TinggiSedang
BentukStandar
Cara mencuciCuci dengan air
9
Ukuran42 cm x 26 cm
BahanVinyl
Tinggi10 cm
BentukCekung
Cara mencuciTidak disebutkan
8
Ukuran65 cm x 45 cm
BahanPoliester
TinggiSedang
BentukStandar
Cara mencuciMenggunakan mesin cuci
7
Ukuran76 cm x 51 cm
BahanBulu angsa
TinggiNormal
BentukStandar
Cara mencuciDry clean dengan suhu 40° C
6
Ukuran70 cm x 50 cm
BahanPoliester
Tinggi21-22 cm
BentukStandar
Cara mencuciDapat dicuci
5
Ukuran76 cm x 51 cm
BahanNano fiber
TinggiTidak disebutkan
BentukStandar
Cara mencuciDry clean pada suhu 40° C
4
Ukuran60 cm x 40 cm
BahanMemory foam
Tinggi11,5 cm
BentukGelombang
Cara mencuciVacuum cleaner
3
Ukuran66 cm x 40 cm
BahanMemory foam
Tinggi10 cm
BentukGelombang
Cara mencuciTidak disebutkan
2
Ukuran60 cm x 40 cm
BahanLateks
Tinggi8 cm - 12 cm
BentukGelombang
Cara mencuciDicelupkan ke air
1
Ukuran65 cm x 45 cm
BahanHollow conjugated siliconized fiberfill
TinggiTidak disebutkan
BentukStandar
Cara mencuciCuci dengan tangan

Tabel perbandingan produk bantal tidur terbaik

Gambar produk
1
RESTKING Bantal Tidur Silikon 1

RESTKING

2
Willow Pillow Ergonomic Latex Knitting 1

Willow Pillow

3
THERAPEDIC Anatomic™ Gel 1

THERAPEDIC

4
Willow Pillow Classic Memory Foam 1

Willow Pillow

5
KING KOIL Pillow Nano Fiber Soft 1

KING KOIL

6
PillowPeople Bantal Si Mantap 1

PillowPeople

7
KING KOIL Signature Goose Down Pillow 1

KING KOIL

8
OLIVIA Smart Choices 1

OLIVIA

9
Bestway Flocked Air Pillow 1

Bestway

10
Jesselyn Silicone Fiber Premium Pillow 1

Jesselyn

Nama produk

Bantal Tidur Silikon

Ergonomic Latex Knitting

Anatomic™ Gel

Classic Memory Foam

Pillow Nano Fiber Soft

Bantal Si Mantap

Signature Goose Down Pillow

Smart Choices

Flocked Air Pillow

Silicone Fiber Premium Pillow

Keunggulan

Selamat tinggal bau tak sedap dan tungau yang membuat gatal!

Pilih posisi ternyaman dengan dua ketinggian yang berbeda

Nyaman dan sejuk dengan Kool Gel Technology

Dapat mengikuti lekuk kepala dan leher, baik untuk tulang punggung

Hilangkan bau tak sedap dalam sekali tekan

Lebih nyaman dan tidak sakit leher saat tidur posisi menyamping

Terbuat dari material mewah dan lembut

Dapatkan satu set bantal dan guling dengan harga terjangkau

Tetap nyaman di perjalanan dengan bantal tidur portable

Empuk dan antialergi, aman bagi penderita alergi debu

HargaRp 95.000,00Rp 700.000,00Rp 1.650.000,00Rp 325.000,00Rp 485.000,00Rp 150.000,00Rp 6.000.000,00Rp 38.000,00Rp 31.500,00Rp 65.000,00
Ukuran65 cm x 45 cm60 cm x 40 cm66 cm x 40 cm60 cm x 40 cm76 cm x 51 cm70 cm x 50 cm76 cm x 51 cm65 cm x 45 cm42 cm x 26 cm65 cm x 45 cm
BahanHollow conjugated siliconized fiberfillLateksMemory foamMemory foamNano fiberPoliesterBulu angsaPoliesterVinyl Silicone fiber
TinggiTidak disebutkan8 cm - 12 cm10 cm11,5 cmTidak disebutkan21-22 cmNormalSedang10 cmSedang
BentukStandarGelombangGelombangGelombangStandarStandarStandarStandarCekungStandar
Cara mencuciCuci dengan tanganDicelupkan ke airTidak disebutkanVacuum cleanerDry clean pada suhu 40° CDapat dicuci Dry clean dengan suhu 40° CMenggunakan mesin cuciTidak disebutkanCuci dengan air
Tautan produk

Cara memastikan tinggi dan kepadatan bantal yang ideal

Dari sini, kami akan menjelaskan cara memastikan tinggi dan kepadatan bantal yang ideal. Simak sampai selesai, ya!

Cari tahu ketinggian bantal yang ideal untuk Anda menggunakan dinding

Cari tahu ketinggian bantal yang ideal untuk Anda menggunakan dinding

Sekarang, kami akan menjelaskan cara mengukur ketinggian bantal yang cocok untuk Anda. Pertama, berdiri dalam keadaan relaks dan tempelkan punggung dan pinggul di dinding. Dalam keadaan ini, letakkan tangan Anda di celah antara dinding dengan kepala belakang.


Jika celah tidak dapat dimasuki tangan atau hanya dapat dimasuki satu tangan saja, pilihlah bantal yang rendah. Jika kedua telapak tangan dapat diletakkan pada celahnya, pilihlah bantal dengan ketinggian biasa. Selanjutnya, jika dapat meletakkan telapak tangan lebih dari itu, pilihlah bantal yang tinggi. Bagi Anda yang bingung untuk menentukan tinggi bantal yang ideal, cobalah untuk menggunakan metode ini.

Tentukan kepadatan bantal berdasarkan berat badan Anda

Tentukan kepadatan bantal berdasarkan berat badan Anda

Anda juga dapat menentukan tinggi dan kepadatan bantal yang ideal berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Tinggi bantal yang ideal berbanding lurus dengan tinggi badan Anda. Dengan kata lain, jika Anda cukup tinggi, pilihlah bantal yang tinggi juga. Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu tinggi, maka pilihlah bantal yang rendah. 


Kepadatan bantal yang ideal juga berbanding lurus dengan berat badan Anda. Jika Anda memiliki berat badan normal atau di bawah rata-rata, pilihlah bantal yang lembut atau tidak terlalu padat. Sebaliknya, jika Anda memiliki berat badan di atas rata-rata, sebaiknya Anda memilih bantal yang cukup padat.

Baca juga rekomendasi jenis bantal lainnya di sini

Selain bantal tidur, kami juga merekomendasikan berbagai jenis bantal lainnya, seperti nursing pillow, bantal bayi, dan lain-lain. Anda dapat memeriksa artikel-artikel berikut untuk jenis bantal lainnya.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bantal tidur terbaik. Bagaimana dengan rekomendasi bantal di atas? Apakah ada yang cocok?


Kenyamanan bantal dapat berubah tergantung bahan, kepadatan, dan ketinggian bantal. Jika Anda dapat menemukan bantal yang cocok, Anda pasti dapat merasakan kualitas tidur Anda berubah. Temukan bantal tidur terbaik untuk Anda dengan merujuk pada tips-tips yang telah kami sarankan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    255.955 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    246.667 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, polyethylene, dan plastik. Contoh merek-merek lem plastik yang sering ditemui adalah Alteco, General Power Glue, dan Dextone. Setiap merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.Anda mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lem plastik mana yang sebaiknya Anda beli. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    12.295 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan semakin banyaknya pilihan, Anda bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain merek UHU dan Fox, apakah Anda tertarik untuk mencoba merek lain? Temukan keunggulan dari masing-masing produk dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas terbaik dari kami.
    Kebutuhan rumah tangga
    32.602 Views
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya busa yang digunakan, tetapi juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Keberadaan bed cover yang lembut dan nyaman akan membuat tidur makin nyenyak sehingga Anda bisa bangun dengan tubuh yang lebih segar.Saat ini, ada banyak bed cover yang dijual di marketplace, mulai dari merek Lady Rose, Kintakun, hingga My Love. Setiap produk tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih bed cover, serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari kita mulai!
    Kebutuhan rumah tangga
    27.570 Views
  • 10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Mematikan lampu saat hendak tidur mampu meningkatkan kadar melatonin di dalam tubuh. Namun, beberapa anak tidak bisa tidur dalam keadaan gelap. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menyalakan lampu tidur. Cahaya dari benda ini bisa membantu si kecil tidur dengan nyaman di kamarnya.Lampu tidur untuk anak yang dijual di e-commerce sangat beragam. Ada lampu tidur berdesain sederhana dari IKEA. Ada pula lampu tidur lucu dengan fitur canggih dari The Gro Company. Di artikel ini, kami akan memberitahu cara memilih lampu tidur untuk anak dan merekomendasikan beberapa produk. Disimak, ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    71 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori