• 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Essence Terbaik untuk Perawatan Anti-Aging - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami masalah penuaan. Untuk mengatasinya, gantilah essence yang Anda gunakan dengan produk khusus anti-aging. Berbagai merk ternama, seperti SK-II, Laneige, dan Missha telah mengeluarkan produk yang bagus untuk melawan dampak penuaan. Namun, mana yang paling tepat bagi kulit Anda?

Kami akan menjelaskan cara memilih essence perawatan anti-aging untuk berbagai masalah kulit. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk pilihan yang bisa Anda beli secara online. Ada komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga, lho. Ayo, temukan essence yang cocok bagi Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih essence untuk perawatan anti-aging

Sebelum menuju rekomendasi, ada empat poin yang wajib Anda periksa saat memilih essence untuk perawatan anti-aging. Mari cek bersama-sama penjelasan di bawah ini!

Cek adanya kandungan yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda

Cek adanya kandungan yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda

Oksigen aktif yang dihasilkan oleh kulit dapat memicu kulit kering dan kendur. Untuk pencegahan, gunakanlah essence anti-aging yang mengandung antioksidan secara rutin. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menekan kerja oksigen aktif. Namun, biasanya suatu produk hanya berlabelkan "antioksidan" pada kemasannya. Anda perlu melihat tabel komposisinya untuk mengenali bahan antioksidan yang dikandungnya. 


Nah, berikut ini bahan antioksidan yang disarankan.
  • Komponen vitamin C
  • Fullerene
  • Astaxanthin
  • Coenzyme Q10
  • α-Tocopherol phosphate (TocP)


Untuk Anda khawatir akan munculnya tanda-tanda penuaan, pertimbangkan juga bahan-bahan yang tergolong quasi-drug atau semiobat. Namun, produk kecantikan berkategori quasi-drug masih sulit ditemukan di Indonesia. 


Berikut beberapa contoh bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan anti-aging.
  • Bahan untuk mengurangi kerutan: retinol, NEI-L1niacinamide
  • Bahan untuk memperbaiki tekstur kulit: tocopheryl retinoate
  • Bahan yang kaya akan peptida: galactomyces, human stem cell culture mediumsaccharomyces, ekstrak plasenta
  • Berbagai jenis peptida: acetyl hexapeptide-3, pentapeptide-18acetyl hexapeptide-30
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Untuk menentukan jenis skincare, kita harus mengetahui jenis kulit kita. Ketahui terlebih dahulu apakah kita termasuk jenis kulit normal, berminyak, kering, sensitif atau kombinasi. Selanjutnya baru kita tentukan jenis essence-nya.


Misalnya, Anda yang berkulit normal bisa memilih essence jenis alpha hydroxy acid (AHA). Sementara itu, Anda bisa memilih polyhydroxy acid (PHA) jika kulit Anda sensitif dan beta hydroxy acid (BHA) jika kulit Anda berminyak. 

Hidrasi kulit kering dengan kandungan yang akan kaya pelembap

Hidrasi kulit kering dengan kandungan yang akan kaya pelembap

Kelembapan adalah syarat minimum dari perawatan anti-aging. Berikan banyak kelembapan pada kulit untuk mencegah terjadinya kerutan halus karena kulit kering. Saat memilih essence untuk perawatan anti-aging, pastikan terdapat bahan-bahan pelembap dalam daftar komposisi produk.


Terdapat butylene glycol yang dapat memperbaiki tekstur kulit dan glycerin untuk menghidrasi kulit. Bahan-bahan pelembap dapat memengaruhi tekstur kulit. Karena itu, cobalah tester-nya terlebih dahulu bila memungkinkan agar kelembapan yang didapat sesuai dengan kebutuhan.


Berikut beberapa bahan pelembap yang umum digunakan dalam essence beserta teksturnya:
  • Butylene glycol: lembap dan segar 
  • Glycerin: lembap hingga ke tekstur kulit
  • Hydrolyzed hyaluronic acid/hydrolized collagen: kental cenderung lengket
  • Carbomer, xanthan gum: merupakan bahan pengental, semakin besar persentase kandungannya, maka semakin kental teksturnya

Selain bahan-bahan di atas, terdapat juga bahan dengan kandungan natural moisturizing factor (NMF) dan ceramide yang juga merupakan bahan pelembap.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Untuk mengatasi kulit kering, Anda memerlukan essence yang mengandung bahan-bahan yang bersifat melembapkan. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih produk perawatan anti-aging adalah mengetahui jenis kulit Anda. 


Sehubungan dengan penuaan, kulit menjadi rentan mengalami kekeringan karena hilangnya kemampuan mempertahankan cairan. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, sebaiknya Anda mencari formulasi perawatan yang mengandung moisturizer tinggi. Beberapa contoh kandungan yang mengandung moisturizer tinggi adalah ceramide, hyaluronic acid, glycerin, dan lain-lain.

Periksa kandungan bahan tambahan lainnya

Periksa kandungan bahan tambahan lainnya

Karena essence langsung diaplikasikan pada kulit, pilihlah essence yang tidak mengandung bahan iritan. Penting untuk mencoba tester produk terlebih dahulu untuk melihat reaksinya di kulit Anda. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkannya dengan mengamati daftar komposisi.


Pengawet merupakan salah satu contoh bahan penyebab iritasi. Phenoxyethanol dan paraben merupakan bahan yang aman digunakan, asal dipadukan dengan bahan pengawet yang tepat. Kedua bahan tersebut telah lama digunakan dan dapat diandalkan sebagai komposisi skincare.


Selain pengawet, periksa juga ekstrak tanaman yang terkandung dalam essence. Ekstrak tanaman dapat memberikan efek melembapkan sehingga banyak digunakan sebagai bahan utama essence anti-aging.


Akan tetapi, ekstrak tanaman juga berpotensi tinggi memicu alergi apabila tidak cocok dengan kulit. Karena itu, perhatikanlah bahan-bahan yang terkandung dalam essence pilihan Anda. Bila ragu, lebih baik pilihlah essence berbahan ekstrak tanaman yang kombinasinya tidak terlalu kompleks.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini
Selain bahan aktif, vehikulum atau bahan pembawa zat aktif yang bersangkutan juga perlu dipertimbangkan saat memilih produk skincare. Terkadang seseorang cocok dengan bahan aktifnya, tetapi tidak cocok dengan vehikulum-nya.

Contohnya adalah bedak yang merupakan vehikulum solid atau padat yang memiliki efek mendinginkan. Bedak juga bisa menyerap cairan serta mengurangi gesekan pada daerah aplikasi. Namun, pemakaian bedak pada kulit yang iritasi justru dapat menghambat proses penyembuhan.

Pilih yang nyaman digunakan setiap hari

Pilih yang nyaman digunakan setiap hari

Penting untuk menggunakan anti-aging essence secara konsisten setiap hari sehingga Anda perlu memilih produk yang nyaman digunakan. Terdapat tiga faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan penggunaan, yaitu tekstur, aroma, dan kemasan.


Secara umum, terdapat tiga tipe tekstur, yaitu menyegarkan, melembapkan, dan kental. Kebanyakan anti-aging essence memiliki tekstur yang kental. Namun, jika Anda menyukai tekstur menyegarkan, pilihlah produk berkandungan butylene glycol seperti yang telah kami paparkan sebelumnya.


Kemudian, pastikan produk pilihan Anda memiliki aroma yang menyenangkan untuk digunakan baik di pagi maupun malam hari. Pilihlah produk yang aromanya tidak bertubrukan dengan aroma skincare Anda yang lain. Selanjutnya, pertimbangkan ukuran dan kemudahan kemasan untuk dibuka. Kuantitas essence yang dapat dikeluarkannya melalui mulut botol pun perlu diperhatikan.


Selain ketiga faktor di atas, pertimbangkanlah juga faktor harga. Bahan-bahan kaya manfaat yang digunakan dalam anti-aging essence membuat harga produk menjadi mahal. Meski begitu, kini telah banyak tersedia anti-aging essence berharga miring, tetapi mampu mengurangi kerutan.


Penting untuk menggunakan essence secara kontinu dalam jangka waktu yang lama agar efek bahan kandungannya terlihat. Beberapa bahan kandungan dapat terlihat hasilnya secara efektif dalam tiga bulan pemakaian kontinu. Tidak heran, harga produk juga termasuk dalam poin pertimbangan penting.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Untuk merawat kulit, sebaiknya pilih yang bersifat tidak mengiritasi dan sesuai dengan tipe kulit Anda. Ketahui apakah jenis kulit Anda termasuk kulit berminyak, normal, kering, kombinasi, atau sensitif. Selain itu, penggunaan yang rutin dapat memberikan efek yang optimal.


Pastikan Anda tidak menggunakan skincare secara berlebihan. Gunakan secara rutin sekitar dua hingga tiga kali sehari, misalnya setelah mandi pagi dan sebelum tidur malam hari.

10 Rekomendasi essence terbaik untuk perawatan anti-aging

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essence terbaik untuk perawatan anti-aging yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Firda N. Kusdwiharto.

10

L'Oreal ParisRevitalift Classic Micronized Centella Essence Water

Mulai dari Rp 239.000,00

KemasanTube
Bahan aktifCentella asiatica
Agen pelembap utamaGlycerin, butylene glycol, bis-PEG-18 methyl ether dimethyl silane, methyl gluceth-10, pentylene glycol, sodium hyaluronate, yeast extract, Madecassoside, Centella asiatica extract
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kusam, kulit kering
KeunggulanBebas paraben, sulfat, alkohol, silikon
Isi130 ml
9

OlayRegenerist Miracle Boost Youth Pre-Essence

Mulai dari Rp 220.000,00

KemasanAmpoule
Bahan aktifNiacinamide (vitamin B3), amino peptides (pro-collagen molecules), olive extract
Agen pelembap utamaNiacinamide, glycerin, butylene glycol, PEG-32, isopropyl isostearate, tocopheryl acetate, glyceryl acrylate/acrylic acid copolymer, Lilium candidum flower extract, palmitoyl pentapeptide-4, Lonicera japonica flower extract
Permasalahan kulitPenuaan
KeunggulanKemasan kecil, terdapat banyak ekstrak tumbuhan
Isi40 ml
8

RohtoHada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Mulai dari Rp 127.000,00

KemasanPump
Bahan aktifRetinol derivative, collagen, improved hyaluronic acid
Agen pelembap utamaGlycerin, butylene glycol, squalane, sodium hyaluronate, Helianthus annuus seed oil, tocopheryl acetate, hydrolyzed collagen, Zea mays oil, sodium acetylated hyaluronate
Permasalahan kulitPenuaan
KeunggulanBebas pewangi, pewarna, mineral oil, ethanol
Isi100 ml
7

COSRXAdvanced Snail 96 Mucin Power Essence

Mulai dari Rp 265.000,00

KemasanPump
Bahan aktifSnail Mucin
Agen pelembap utamaSnail secretion filtrate, betaine, butylene glycol, sodium hyaluronate, panthenol
Permasalahan kulitPenuaan, kulit sensitif, kulit kemerahan, kulit berjerawat
KeunggulanHipoalergenik, teruji dermatologi, cruelty free, dan bebas paraben, sulfat, phthalates, serta alkohol
Isi100 ml
6
KemasanPump
Bahan aktifEkstrak anggrek Jeju, hyaluronic acid
Agen pelembap utamaGlycerin, butylene glycol, betaine, glycereth-26, niacinamide, cyclohexasiloxane, Avena sativa kernel extract, ethylhexyglycerin, hyaluronic acid, Theobroba cacao extract, glucose
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kering, pori-pori besar
KeunggulanMengandung ekstrak tumbuhan
Isi50 ml
5

MisshaTime Revolution The First Treatment Essence RX (4th gen)

Mulai dari Rp 859.000,00

KemasanTube
Bahan aktifFermented cicaenzyme, pearl reef extract, rice extract
Agen pelembap utamaNiacinamide, propanediol, sodium PCA, polyquaternium-51, xanthan gum, ceramide, butylene glycol, glycerin
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kering
KeunggulanFormulasi baru dan bebas alkohol, pewangi, essential oil, serta paraben
Isi150 ml
4
KemasanPump
Bahan aktifDynamic CollagenTM, hyaluronic acid
Agen pelembap utamaSodium hyaluronate, dextrin, Saccharide hydrolysate
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kering
KeunggulanBebas alkohol, tidak mudah tumpah, mengandung ekstrak tumbuhan
Isi40 ml
3
KemasanTube
Bahan aktifPITERA
Agen pelembap utamaGalactomyces ferment filtrate, butylene glycol, pentylene glycol
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kusam
KeunggulanBebas alkohol, pewangi, essential oil
Isi75 ml
2

Kiehl'sIris Extract Activating Treatment Essence

Mulai dari Rp 545.000,00

KemasanTube
Bahan aktifIris florentina root extract, lipo hydroxy acid, sodium hyaluronate
Agen pelembap utamaButylene glycol, glycerin, methyl gluceth-10, sodium hyaluronate
Permasalahan kulitPenuaan, kulit kering, kulit sensitif
KeunggulanMengandung ekstrak tumbuhan
Isi200 ml
1

SK-IIR.N.A Power Radical New Age Essence

Mulai dari Rp 1.590.000,00

KemasanAmpule
Bahan aktifPITERA, protein kedelai, ragi terhidrolisis, ekstrak carob, palmitoyl pentapeptide-4
Agen pelembap utamaButylene glycol, glycerin, galactomyces ferment filtrate, niacinamide, pentylene glycol, xylitol, panthenol, hydrolyzed soy protein
Permasalahan kulitPenuaan
KeunggulanBebas alkohol
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk essence terbaik untuk perawatan anti-aging

Gambar produk
1
SK-II R.N.A Power Radical New Age Essence 1

SK-II

2
Kiehl's Iris Extract Activating Treatment Essence 1

Kiehl's

3
SK-II Facial Treatment Essence 1

SK-II

4
Laneige Time Freeze Essence EX 1

Laneige

5
Missha Time Revolution The First Treatment Essence RX (4th gen) 1

Missha

6
Innisfree Jeju Orchid Enriched Essence 1

Innisfree

7
COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1

COSRX

8
Rohto Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence 1

Rohto

9
Olay Regenerist Miracle Boost Youth Pre-Essence 1

Olay

10
L'Oreal Paris Revitalift Classic Micronized Centella Essence Water 1

L'Oreal Paris

Nama produk

R.N.A Power Radical New Age Essence

Iris Extract Activating Treatment Essence

Facial Treatment Essence

Time Freeze Essence EX

Time Revolution The First Treatment Essence RX (4th gen)

Jeju Orchid Enriched Essence

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Essence

Regenerist Miracle Boost Youth Pre-Essence

Revitalift Classic Micronized Centella Essence Water

Keunggulan

Kulit lebih halus dan segar dalam satu hari pemakaian!

Tekstur kulit jadi lebih halus berkat exfoliator-nya yang lembut

Komposisi legendaris yang tidak berubah selama lebih dari 35 tahun

Kemasannya travel friendly dan tidak mudah tumpah

Dapatkan kulit lebih lembap dan bersih!

Ekstrak anggrek untuk meremajakan kulit wajah

Menenangkan kulit wajah sekaligus memperbaiki teksturnya

Formulanya sesuai dengan pH kulit sehingga rendah risiko iritasi

Dapatkan kulit yang tampak 10 tahun lebih muda hanya dalam 4 minggu!

Kulit sehat dan tampak awet muda dengan kandungan 92% ekstrak Centella Asiatica

Harga mulai dariRp 1.590.000,00Rp 545.000,00Rp 1.020.000,00Rp 900.000,00Rp 859.000,00Rp 420.000,00Rp 265.000,00Rp 127.000,00Rp 220.000,00Rp 239.000,00
KemasanAmpuleTubeTubePumpTubePumpPumpPumpAmpouleTube
Bahan aktifPITERA, protein kedelai, ragi terhidrolisis, ekstrak carob, palmitoyl pentapeptide-4Iris florentina root extract, lipo hydroxy acid, sodium hyaluronatePITERADynamic CollagenTM, hyaluronic acidFermented cicaenzyme, pearl reef extract, rice extractEkstrak anggrek Jeju, hyaluronic acidSnail MucinRetinol derivative, collagen, improved hyaluronic acidNiacinamide (vitamin B3), amino peptides (pro-collagen molecules), olive extractCentella asiatica
Agen pelembap utamaButylene glycol, glycerin, galactomyces ferment filtrate, niacinamide, pentylene glycol, xylitol, panthenol, hydrolyzed soy proteinButylene glycol, glycerin, methyl gluceth-10, sodium hyaluronateGalactomyces ferment filtrate, butylene glycol, pentylene glycolSodium hyaluronate, dextrin, Saccharide hydrolysateNiacinamide, propanediol, sodium PCA, polyquaternium-51, xanthan gum, ceramide, butylene glycol, glycerinGlycerin, butylene glycol, betaine, glycereth-26, niacinamide, cyclohexasiloxane, Avena sativa kernel extract, ethylhexyglycerin, hyaluronic acid, Theobroba cacao extract, glucoseSnail secretion filtrate, betaine, butylene glycol, sodium hyaluronate, panthenolGlycerin, butylene glycol, squalane, sodium hyaluronate, Helianthus annuus seed oil, tocopheryl acetate, hydrolyzed collagen, Zea mays oil, sodium acetylated hyaluronateNiacinamide, glycerin, butylene glycol, PEG-32, isopropyl isostearate, tocopheryl acetate, glyceryl acrylate/acrylic acid copolymer, Lilium candidum flower extract, palmitoyl pentapeptide-4, Lonicera japonica flower extractGlycerin, butylene glycol, bis-PEG-18 methyl ether dimethyl silane, methyl gluceth-10, pentylene glycol, sodium hyaluronate, yeast extract, Madecassoside, Centella asiatica extract
Permasalahan kulitPenuaanPenuaan, kulit kering, kulit sensitifPenuaan, kulit kusamPenuaan, kulit keringPenuaan, kulit keringPenuaan, kulit kering, pori-pori besarPenuaan, kulit sensitif, kulit kemerahan, kulit berjerawatPenuaanPenuaanPenuaan, kulit kusam, kulit kering
KeunggulanBebas alkoholMengandung ekstrak tumbuhanBebas alkohol, pewangi, essential oilBebas alkohol, tidak mudah tumpah, mengandung ekstrak tumbuhanFormulasi baru dan bebas alkohol, pewangi, essential oil, serta parabenMengandung ekstrak tumbuhanHipoalergenik, teruji dermatologi, cruelty free, dan bebas paraben, sulfat, phthalates, serta alkoholBebas pewangi, pewarna, mineral oil, ethanolKemasan kecil, terdapat banyak ekstrak tumbuhanBebas paraben, sulfat, alkohol, silikon
Isi30 ml200 ml75 ml40 ml150 ml50 ml100 ml100 ml40 ml130 ml
Tautan produk

Di usia berapakah sebaiknya mulai menggunakan perawatan anti-aging?

Di usia berapakah sebaiknya mulai menggunakan perawatan anti-aging?

Barangkali Anda bertanya-tanya, kapan sebaiknya memulai perawatan anti-aging. Padahal, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan merupakan perawatan anti-aging yang paling efektif. Lebih disarankan menggunakan essence yang mengandung antioksidan secara rutin sebelum kulit kendur dan berubah tekstur. 


Kebanyakan orang merasa elastisitas kulit terus menurun sejak usia 30 tahun. Karena itu, alangkah baiknya bila kita mulai menggunakan produk dengan antioksidan di pertengahan usia 20-an. Jika sudah menggunakan skincare secara teratur, penurunan fungsi fisiologis kulit dapat tertunda. Jadi, tidak masalah mulai menggunakan skincare dengan kandungan antioksidan di segala usia. 


Akan tetapi, berbeda halnya dengan perawatan anti-aging berkandungan bahan tertentu yang memiliki khasiat khusus. Jika kulit belum terlihat berkurang kekencangannya atau muncul kerutan, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakannya. Penting untuk memilih skincare dengan komposisi yang sesuai dengan usia dan permasalahan kulit Anda.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Perawatan anti-aging dapat dimulai sejak usia 20-an hingga awal usia 30-an untuk memberikan hasil yang optimal. Memulai perawatan sebelum timbulnya kerutan halus di kulit dapat memperlambat munculnya kerutan tersebut.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Tidak ada kata terlambat untuk memulai perawatan anti-aging. Kuncinya hanya satu, yaitu jenis produk apa pun yang kita pilih, pastikan sesuai dengan jenis kulit kita. Kemudian, lakukan perawatan secara teratur dan berkelanjutan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk anti-aging di sini

Agar Anda mendapatkan hasil perawatan anti-aging yang lebih maksimal, gunakan juga produk anti-aging lainnya. Kami telah menyiapkan beragam artikel produk perawatan anti-aging. Mulai dari skincare Korea, produk dari Wardah, krim, serum, dan lainnya yang dapat Anda lihat pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai pembahasan kami kali ini? Semoga pengetahuan Anda tentang anti-aging skincare bertambah setelah membaca artikel ini. Anda menjadi lebih tahu produk essence yang tepat untuk melengkapi rangkaian perawatan kulit Anda.

Tanda-tanda penuaan yang mulai muncul di kulit wajah bisa sangat mengganggu penampilan. Perawatan dengan skincare biasa tidaklah cukup. Anda harus melawannya dengan menggunakan essence khusus untuk perawatan anti-aging secara rutin. Temukan yang tepat dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Awal 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    Menginjak usia awal 20-an, masalah kulit yang dialami tentunya berbeda dengan saat remaja. Essence yang selama ini Anda gunakan mungkin sudah tidak mencukupi untuk perawatan kulit. Namun, dari sekian banyak essence yang tersedia dengan berbagai manfaat untuk kulit, tahukah Anda fungsi mana yang paling Anda butuhkan?Jadi, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih essence yang tepat untuk usia awal 20-an, memperkenalkan produk terbaik, sekaligus menjelaskan efek yang diberikan masing-masing produk tersebut. Temukanlah produk yang tepat untuk mempertahankan keremajaan kulit sejak dini!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Krim Lidah Buaya / Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Lidah Buaya / Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lidah buaya dikenal juga sebagai Aloe vera dalam bahasa latin. Sejak dahulu lidah buaya dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam produk kecantikan, ekstrak lidah buaya banyak ditemukan dalam produk krim wajah, gel, atau quasi-drug lainnya.Kali ini kami akan membahas mengenai krim lidah buaya, mulai dari cara memilihnya hingga rekomendasi produk-produk dari beragam merek krim lidah buaya terkenal, seperti Nature Republic, Wardah, dan The Body Shop. Perhatikan juga bagian cara memilihnya agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kulit Anda!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik dari Korea (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik dari Korea (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit putih dan flawless ala bintang Korea tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan glass skin tersebut, produk kecantikan asal Korea menawarkan berbagai skincare, salah satunya masker wajah. Anda bisa memilih merek Innisfree, Laneige, Ariul, Skinfood, sampai Mediheal dengan sheet mask-nya.Mungkin Anda bingung memilih masker merek mana yang bagus untuk kulit wajah Anda. Dalam artikel kali ini kami akan berbagi tips memilih masker yang bagus dari Korea. Lalu, simak juga rekomendasi kami untuk masker Korea terbaik yang harganya pas di kantong Anda. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Clay Mask Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Clay Mask Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Clay mask adalah salah satu jenis masker yang banyak digemari oleh para wanita masa kini. Masker berbahan dasar abu vulkanik atau sedimen kaya mineral ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk wajah. Ada clay mask untuk kulit kombinasi, komedo, berjerawat, dan lain-lain yang populer di pasaran.Kali ini kami akan mengulas tips memilih clay mask yang bagus untuk Anda. Selanjutnya, tersedia pula sepuluh rekomendasi clay mask dari berbagai merk, seperti Innisfree, Emina, dan L'Oréal Paris. Temukan juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering merupakan jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan masker wajah. Berbagai jenis masker, seperti sheet mask, gel mask, dan clay mask dapat Anda gunakan untuk melembapkan wajah.Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih masker yang cocok untuk kulit kering. Berbagai merek masker wajah untuk kulit kering yang bagus, seperti COSRX, Innisfree, Freeman, dan Garnier ada dalam rekomendasi kami. Tak ketinggalan, baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, serum dengan kandungan niacinamide memiliki daya pikat tersendiri. Niacinamide dianggap sebagai super ingredients yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah produksi minyak berlebih, kulit berjerawat, hiperpigmentasi, dan flek hitam. Tidak hanya itu, niacinamide juga dikenal bagus dan cocok untuk berbagai jenis kulit. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih serum niacinamide dan merekomendasikan beberapa produk serum dengan kandungan niacinamide. Beberapa merk di antaranya mungkin sudah familier untuk Anda, seperti The Ordinary, Avoskin, COSRX, dan masih banyak lagi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit sensitif lebih mudah iritasi dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Karena itu, Anda yang memiliki kulit sensitif harus teliti dalam memilih skincare agar kondisi kulit tidak makin memburuk. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan membahas produk facial wash yang baik untuk kulit sensitif.Tips memilih dan ulasan rekomendasi produk terbaik akan kami bahas secara mendetail. Facial wash dari Garnier, Safi, dan Cetaphil adalah sebagian produk yang akan Anda temukan dalam poin rekomendasi produk. Namun, sebelum itu, mari kita bahas dahulu tips memilih facial wash untuk kulit sensitif!
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang wajib digunakan setiap hari. Terdapat beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya adalah physical sunscreen. Produk yang ditawarkan sangat variatif dan memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa merek physical sunscreen yang bagus adalah JOYLAB, Neogen, dan Innisfree.Kami akan memberikan paparan lengkap mengenai physical sunscreen. Ada tips memilih physical sunscreen serta rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menemukan physical sunscreen lokal dan produk terbaik lainnya. Ada komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan juga, lho! Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Innisfree Green Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Innisfree Green Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Merawat kesehatan kulit harus dilakukan secara rutin agar kulit Anda senantiasa terjaga. Anda dapat mencoba perawatan kulit dan wajah dari Innisfree, salah satunya varian Innisfree Green Tea. Belum pernah mencoba skincare dari merek Innisfree? Kini saatnya Anda mencobanya. Innisfree Green Tea memiliki varian produk yang lengkap, mulai dari serum, cream, foam cleanser, eye cream, dan sleeping mask. Dibuat dari bahan utama teh hijau terbaik Pulau Jeju, kualitas yang ditawarkan Innisfree tidak main-main. Bingung memilihnya? Tenang, kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi produk-produk yang bagus dari Innisfree. Simak selengkapnya, ya!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Freeman merupakan merek produk perawatan tubuh yang cukup terkenal dan banyak dicari oleh pencinta masker. Freeman memiliki banyak jenis masker yang bagus, seperti clay mask, mud mask, gel mask, dan sheet mask. Tiap varian masker mempunyai fungsi yang berbeda-beda, mulai dari merawat kulit kering, mengatasi jerawat, hingga mencerahkan.Di artikel ini kami akan menjelaskan tips saat memilih masker Freeman. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi masker Freeman terbaik beserta review-nya untuk Anda. Simak sampai akhir dan temukan masker Freeman favorit Anda!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori