• 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sekarang ini terdapat banyak produk softener atau pelembut pakaian di pasaran, seperti Downy, Molto, Cussons, dan sebagainya, yang hadir dengan kelebihan masing-masing. Banyaknya pilihan merek yang tersedia barangkali membuat Anda bingung untuk memilih pelembut pakaian terbaik.

Karena itu, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih pelembut pakaian dan memberikan rekomendasi produk pelembut pakaian yang pas untuk Anda. Kami akan mengulas produk-produk tersebut dari sisi kandungan, fungsi, dan aromanya. Yuk, simak paparan lengkapnya berikut ini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.548 Views
Daftar isi

Fungsi utama pelembut pakaian

Fungsi utama pelembut pakaian
Pada dasarnya, fungsi utama dari pelembut pakaian adalah untuk melindungi pakaian selama proses pencucian dan melembutkan pakaian itu sendiri. Dengan menggunakan softener, serat-serat kain akan tetap lembut dan tidak terasa kasar meski dicuci berulang kali.
Pakaian yang dicuci menggunakan pelembut juga akan terasa segar dan wangi lebih lama. Selain mengharumkan, sebagian produk pun mampu menyerap bau tidak sedap yang menempel di baju, seperti bau keringat maupun asap rokok. Apabila Anda memilih softener yang tepat, masalah sehari-hari tentang aroma tak sedap pada pakaian akan terpecahkan.

Cara memilih pelembut pakaian

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pelembut pakaian. Agar tidak salah pilih, jadikan ulasan ini sebagai referensi sebelum Anda membeli pelembut pakaian, ya!

Pilihlah aroma yang sesuai dengan situasi dan selera Anda

Terdapat banyak aroma yang ditawarkan oleh produk-produk pelembut pakaian di pasaran yang dapat dipilih sesuai selera, mulai dari wangi bunga, wangi buah, dan wangi sabun. Selain selera, situasi penggunaan juga sebaiknya menjadi tolok ukur dalam pemilihan aroma. Selengkapnya, bacalah uraian berikut!

Aroma bunga, buah, dan sabun mandi yang banyak diminati

Aroma bunga, buah, dan sabun mandi yang banyak diminati
Aroma pelembut pakaian yang sedang populer di pasaran adalah aroma bunga dan aroma buah. Ada juga aroma dari minyak esensial dan aroma daun-daunan yang segar. Selain itu, pelembut pakaian dengan aroma sabun juga tengah naik daun.
Dalam memilih pelembut pakaian, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan untuk seluruh anggota keluarga. Meski aroma bunga adalah yang paling populer, tak ada salahnya juga memilih aroma sabun mandi yang wanginya juga dapat diterima oleh para pria. Anda juga dapat memilih pelembut dengan teknologi encapsulated fragrance untuk keharuman yang lebih tahan lama.

Pelembut tanpa aroma untuk situasi tertentu

Pelembut tanpa aroma untuk situasi tertentu
Selera setiap orang terhadap wewangian berbeda-beda sehingga aroma favorit Anda belum tentu disukai juga oleh orang lain. Menyediakan dua produk pelembut pakaian dengan wangi yang berbeda untuk digunakan secara bergantian dapat menjadi solusinya.
Bila pakaian Anda malah beraroma menyengat setelah penggunaan pelembut pakaian, bisa jadi hal itu karena Anda menggunakannya melebihi takaran yang dianjurkan. Pada sebagian orang, aroma yang menyengat dapat menyebabkan alergi, sakit kepala, dan berbagai keluhan kesehatan lainnya. Jika salah satu anggota keluarga Anda termasuk sensitif terhadap wewangian, berhati-hatilah dalam memilih aroma pelembut pakaian atau gunakanlah pelembut pakaian tanpa aroma.

Pilihlah yang memiliki kandungan antibakteri dan antibau

Aroma pakaian yang tidak sedap akan terasa sangat mengganggu. Biasanya, hal tersebut dikarenakan proses pengeringan yang kurang sempurna. Namun, tak perlu khawatir karena pemilihan pelembut pakaian yang tepat akan mengatasi permasalahan tersebut. Berikut informasinya!

Antibakteri, untuk mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau

Antibakteri, untuk mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau
Selain dapat mengeringkan pakaian lebih cepat, sinar matahari juga membantu menghentikan pertumbuhan bakteri di serat kain. Namun, saat musim hujan, Anda akan lebih sering menjemur pakaian di dalam ruangan di mana tidak ada sinar matahari yang dapat membunuh bakteri. Akibatnya, bakteri berkembang biak dengan bebas pada serat kain dan mengakibatkan bau tak sedap.
Solusinya, Anda dapat memilih pelembut pakaian dengan kandungan antibakteri. Selain dapat menghambat perkembangan bakteri, pelembut pakaian tersebut juga akan menjaga aroma pakaian tetap harum. Bahkan ada pula produk pelembut pakaian yang sekaligus dapat menyebarkan keharuman di ruangan tempat Anda menjemur pakaian.

Antibau, untuk menetralisir bau tak sedap yang menempel pada pakaian

Antibau, untuk menetralisir bau tak sedap yang menempel pada pakaian
Terkadang Anda akan dibuat sebal oleh bau-bau yang menempel pada pakaian, seperti aroma makanan, asap rokok, dan bau keringat. Namun, bau-bau membandel tersebut dapat dinetralisir dengan memilih pelembut yang memiliki kandungan antibau. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, jenis pelembut tersebut dapat menjadi pilihan.
Baru-baru ini ada pula produsen pelembut pakaian yang meluncurkan produk dengan antibau dan antibakteri sekaligus. Perlu diperhatikan, jika Anda menggunakan beberapa produk sekaligus dalam satu waktu dengan maksud menggabungkan keunggulan masing-masing produk, bukan berarti efek yang dihasilkan akan optimal. Gunakanlah sesuai anjuran pemakaian yang ditentukan agar hasilnya lebih efektif.

Pilih yang tidak menghasilkan efek listrik statis jika Anda memiliki alergi

Pilih yang tidak menghasilkan efek listrik statis jika Anda memiliki alergi
Pelembut pakaian seringkali menyebabkan efek listrik statis pada serat kain sehingga partikel-partikel debu atau serbuk sari akan menempel pada pakaian. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus, terutama jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki alergi rhinitis (hay fever).
Pilihlah pelembut yang tidak akan memberikan efek listrik statis pada pakaian Anda. Selain melindungi serat kain dari debu dan partikel halus lain, pelembut yang tak memicu efek listrik statis juga dapat membuat pakaian menjadi lebih awet.
Di samping digunakan pada saat mencuci, pelembut pakaian juga dapat digunakan dengan cara diencerkan dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Anda bisa menyemprotkannya pada tirai, sofa, dan perabot lain di rumah untuk mencegah menempelnya debu atau serbuk sari. Gunakan cara ini untuk melindungi keluarga Anda di rumah, ya.

Pilihlah pelembut yang tidak memiliki aroma kuat untuk mencuci pakaian bayi

Pilihlah pelembut yang tidak memiliki aroma kuat untuk mencuci pakaian bayi
Sebaiknya, jangan gunakan sembarang pelembut untuk pakaian bayi Anda. Kulit bayi sangat sensitif sehingga pelembut dengan wangi yang kuat mungkin bisa menyebabkan iritasi pada kulitnya. Usahakan membeli pelembut pakaian khusus bayi dan jangan lupa perhatikan kandungannya agar kulit bayi Anda tetap sehat.
Kandungan bahan kimia seperti surfaktan sering digunakan dalam produk pelembut pakaian. Meski dikatakan tidak memiliki efek yang buruk pada kulit, ada baiknya dihindari terutama bila pelembut pakaian tersebut hendak digunakan untuk pakaian bayi.
Pelembut pakaian juga tidak sepenuhnya hilang saat dibilas, tetapi akan tetap menempel pada serat kain. Hal inilah yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang masih sangat rentan. Alternatif lainnya, pilihlah pakaian bayi berbahan katun 100% yang lembut agar Anda tidak perlu lagi menggunakan pelembut pakaian.

10 Rekomendasi pelembut pakaian terbaik

Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk pelembut pakaian berdasarkan aroma dan manfaatnya. Gunakan juga poin-poin cara memilih sebagai referensi dan temukan pelembut pakaian favorit Anda.
AromaTidak disebutkan
Kelebihan lainHigh concetrate dan double power aroma
AromaTidak disebutkan
Kelebihan lainHypoallergenic
AromaOrganic essential oils
Kelebihan lainPlant-derived ingredients dan essential oils

7. Seventh Generation Liquid Fabric Softener – Free & Clear

Rp 145.000,00

AromaFragance free
Kelebihan lainPlant-based ingredients dan USDA certified biobased product
AromaCherry blossoms
Kelebihan lainBiodegradeable and dermatologically tested
AromaBunga mawar, melati, dan muguet
Kelebihan lainTidak disebutkan
AromaTidak disebutkan
Kelebihan lainTeknologi double boost
AromaFloral
Kelebihan lainAntibacterial agent, biodegradable formulation, dan brightening agent
AromaDedaunan dan bunga lilac
Kelebihan lainTeknologi active shield
AromaPepohonan dan bunga
Kelebihan lainMicro-perfume, freshness bubbles, dan quaternary ammonium compounds 7.5 persen

Cara menggunakan pelembut pakaian dengan benar

Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda perlu menggunakan pelembut pakaian dengan benar. Berikut ini akan kami ulas cara menggunakan pelembut pakaian dengan tepat untuk Anda praktikan di rumah!

Tips untuk mendapatkan pakaian halus dan lembut

Pelembut pakaian akan memberikan efek optimal jika digunakan dengan benar. Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting, mulai dari takaran hingga cara pengeringan yang tepat.

Selalu gunakan takaran yang tepat untuk hasil optimal

Selalu gunakan takaran yang tepat untuk hasil optimal
Gunakan takaran yang tepat agar hasil yang didapat optimal. Takaran ini tidak hanya untuk menentukan kuantitas pelembut pakaian, tetapi juga kuantitas pakaian yang ingin Anda cuci. Ikutilah saran takaran penggunaan produk yang biasanya tertulis di bagian belakang kemasan.
Sebagian orang menggunakan takaran pelembut pakaian dua kali lebih banyak dibandingkan pemakaian yang disarankan. Padahal, hal tersebut dapat mengakibatkan pelembut menumpuk dan mengotori pakaian. Kesimpulannya, semakin banyak pelembut pakaian yang digunakan bukan berarti hasilnya akan semakin maksimal.
Bila Anda pengguna mesin cuci, sebaiknya jangan mencuci pakaian dengan kuantitas melebihi kapasitas mesin cuci. Jika pakaian melebihi kapasitas mesin cuci, jumlah air yang tertampung di dalamnya tidak akan cukup untuk membersihkan pakaian secara menyeluruh. Akibatnya, kotoran tidak dapat terangkat seluruhnya. Sebagian dari Anda barangkali berusaha mengakalinya dengan menambahkan pelembut pada pakaian yang tidak bersih sempurna tersebut. Sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena malah akan menghasilkan bau tak sedap atau noda hitam pada pakaian.

Masukkan detergen dan pelembut secara terpisah

Masukkan detergen dan pelembut secara terpisah
Pisahkan detergen dan pelembut jika Anda menggunakan mesin cuci otomatis yang dilengkapi dengan wadah untuk keduanya. Sedangkan pada mesin cuci dengan dua tabung, umumnya Anda perlu membuka tutup mesin cuci ketika proses membilas sedang berlangsung untuk memasukkan pelembut pakaian. Menggunakan detergen dan pelembut secara bersamaan tidak akan memberikan efek yang signifikan. Pastikan untuk selalu menuangkan detergen dan pelembut secara terpisah, ya.
Bila Anda menerapkan cara yang salah, tak hanya memberikan hasil yang kurang optimal, tetapi pakaian juga malah menjadi kotor. Karena itu, selalu memerhatikan takaran penggunaan pelembut pakaian adalah hal yang sebaiknya tidak diabaikan.

Keringkan pakaian secara alami untuk wangi tahan lama

Keringkan pakaian secara alami untuk wangi tahan lama
Seringkali aroma wangi pelembut pakaian sama sekali tidak tercium saat Anda mengeringkan pakaian menggunakan pengering mesin cuci. Sebenarnya, karena aroma adalah partikel halus, bau harum yang menempel pada serat pakaian hanya akan terasa saat Anda mendekatkannya pada hidung.
Akan tetapi, proses pengeringan dengan mesin cuci juga merontokkan partikel wewangian dari pelembut yang seharusnya menempel pada pakaian Anda. Agar wanginya menempel lebih lama, cobalah untuk mengeringkan pakaian Anda secara alami.
Meski begitu, mengeringkan pakaian secara alami akan memakan banyak waktu, terutama bila Anda mencuci handuk atau pakaian berbahan tebal lainnya. Anda dapat menyiasati dengan mengeringkannya hingga setengah kering saja menggunakan pengering mesin cuci, kemudian keringkanlah secara alami.

Gunakan juga pelembut pakaian sebagai pengharum ruangan

Gunakan juga pelembut pakaian sebagai pengharum ruangan
Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk membuat pengharum ruangan dari pelembut pakaian yang diencerkan dengan air? Caranya cukup sederhana, campurkan sebanyak 5-10% pelembut pakaian favorit Anda ke dalam 100% air bersih, tempatkan di dalam botol semprot, kemudian kocok merata. Anda dapat menyemprotkan larutan tersebut ke ruangan Anda untuk mendapatkan aroma segar yang cukup tahan lama. Menggunakannya sebagai pengganti parfum juga ide bagus.
Pastikan untuk membuat larutan tersebut secukupnya saja karena jika disimpan terlalu lama, larutan ini akan menggumpal. Akhir-akhir ini sudah banyak pelembut pakaian yang dirancang untuk mencegah perkembangbiakan bakteri dan jamur. Namun, perlu diingat bahwa dalam keadaan encer bercampur air, efeknya sebagai antibau dan antibakteri juga akan hilang jika disimpan terlalu lama.

Baca juga rekomendasi deterjen pakaian terbaik di sini!

Beberapa merek pelembut terkadang hanya dapat memberikan efek optimal ketika dipasangkan dengan detergen merek tertentu. Jika Anda telah memiliki merek detergen favorit, pastikan untuk memilih pelembut yang sesuai dengan detergen pilihan Anda atau sebaliknya. Berikut artikel mengenai detergen pakaian terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Kesimpulan

Menemukan pelembut pakaian dengan aroma favorit tidak hanya akan membuat pakaian lebih wangi, tetapi juga membuat kegiatan mencuci menjadi lebih menyenangkan. Untuk itu, pilihlah pelembut pakaian dengan aroma yang sesuai selera dan gunakanlah takaran yang disarankan.
Bila Anda tinggal bersama anggota keluarga lain, pertimbangkanlah pula pemilihan aroma berdasarkan selera mereka. Memilih pelembut pakaian yang tak beraroma juga menjadi salah satu alternatif yang aman. Dari ulasan dan rekomendasi kami, sudahkah Anda menemukan pelembut pakaian favorit Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    71.157 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    82.504 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    47.693 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    66.758 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    67.145 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    55.528 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hair oil adalah produk perawatan rambut yang digunakan setelah keramas. Selain memberikan aroma yang harum pada rambut, hair oil bisa membuat rambut yang kasar dan berantakan menjadi halus. Namun, begitu banyaknya produk hair oil di pasaran seperti Ellips, Lucido-L, hingga Kérastase membuat Anda bingung saat memilih.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi hair oil terbaik supaya Anda tidak lagi bimbang dalam memilih. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih produk yang tepat beserta tips pemakaian hair oil yang tepat supaya Anda mendapatkan rambut yang cantik. Simak artikel ini sampai habis!
    Kosmetik & kesehatan
    3.905 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori