1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pelembut Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pelembut pakaian berfungsi menjaga pakaian tetap lembut serta melindunginya dari bau tidak sedap. Kini telah banyak dipasarkan merek pelembut pakaian serta pewangi pakaian terbaik. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?

Di sini, kami akan membahas berbagai hal tentang pelembut kain dan pakaian yang bagus, serta merekomendasikan pelembut pakaian terbaik. Ada merek Cussons Baby sebagai pelembut pakaian bayi, Molto, dan Downy. Pelembut pakaian untuk laundry? Ada! Pelembut pakaian paling wangi atau softener paling wangi? Ada juga! Yuk, disimak untuk mengetahui produk yang tepat untuk Anda!
Diperbaharui 07-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Fungsi pelembut pakaian

Fungsi pelembut pakaian
Fungsi utama dari softener atau pelembut pakaian adalah untuk melindungi pakaian selama proses pencucian serta melembutkan pakaian itu sendiri. Dengan menggunakan softener, serat-serat kain akan tetap lembut dan tidak terasa kasar meski dicuci berulang kali.

Pakaian yang dicuci menggunakan pelembut juga akan terasa segar dan wangi lebih lama. Selain mengharumkan, beberapa produk mampu menyerap bau tidak sedap yang menempel di baju, seperti bau keringat dan asap rokok. Apabila Anda memilih softener yang tepat, masalah sehari-hari tentang aroma tak sedap pada pakaian akan terpecahkan.

Cara memilih pelembut pakaian

Berikut ini adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pelembut pakaian. Agar tidak salah pilih, jadikan ulasan ini sebagai referensi sebelum Anda membeli pelembut pakaian, ya!

① Sesuaikan aroma pelembut pakaian dengan selera dan kebutuhan Anda

Banyak aroma yang ditawarkan oleh produk-produk pelembut pakaian di pasaran. Ada pelembut pakaian dengan wangi bunga, wangi buah, hingga wangi sabun. Selain selera, kebutuhan penggunaan juga sebaiknya menjadi tolok ukur dalam pemilihan aroma.

Pelembut dengan aroma, membuat pakaian Anda lembut dan wangi

Pelembut dengan aroma, membuat pakaian Anda lembut dan wangi

Pelembut pakaian dengan aroma, selain dapat melembutkan pakaian, juga dapat membuat pakaian Anda wangi. Dalam memilih pelembut pakaian, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan untuk seluruh anggota keluarga. Anda akan menemukan berbagai aroma yang bisa Anda pilih, seperti:

  • Bunga
  • Buah-buahan
  • Daun-daunan
  • Minyak esensial

Selain aroma, Anda juga bisa memilih pelembut pakaian dengan teknologi encapsulated fragrance untuk keharuman yang lebih tahan lama. Dengan begitu, pakaian akan terhindar dari bau apak, serta tetap harum saat Anda beraktivitas. 

Pelembut tanpa aroma, cocok untuk yang menghindari parfum

Pelembut tanpa aroma, cocok untuk yang menghindari parfum

Bagi sebagian orang, aroma pewangi dapat menyebabkan alergi, sakit kepala, dan berbagai keluhan kesehatan lainnya. Jika salah satu anggota keluarga Anda termasuk sensitif terhadap wewangian, berhati-hatilah dalam memilih aroma pelembut pakaian. Solusinya, Anda bisa memilih pelembut pakaian tanpa aroma atau non perfume.

② Cek kandungan di dalam produk pelembut pakaian

Cek kandungan di dalam produk pelembut pakaian
Agar kesehatan kulit Anda sekeluarga tetap terjaga, jangan lupa untuk mengecek kandungan dalam pelembut pakaian yang akan dipilih. Berikut ini beberapa kandungan softener yang sebaiknya Anda hindari:

  • Bahan penyebab iritasi dan kulit kasar. Beberapa kandungan pelembut pakaian tidak ramah bagi kulit dan menyebabkan iritasi atau kulit kasar. Salah satu kandungan tersebut adalah Quaternary Ammonium Compounds (QUATS) yang dapat menimbulkan rasa lembut pada pakaian.

  • Bahan penyebab alergi. Pelembut pakaian juga dapat menyebabkan kulit kemerahan dan gatal-gatal, terutama jika Anda memiliki alergi rinitis (hay fever). Beberapa kandungan yang dapat menyebabkan alergi adalah formaldehida yang membuat kain tidak kusut dan pewarna buatan.


Di sisi lain, Anda juga perlu cermat memilih softener yang praktis untuk mencuci. Berikut ini beberapa fitur softener yang perlu Anda pertimbangkan.


  • Pelembut sekali bilas. Untuk menyingkat waktu dalam mencuci pakaian, gunakanlah pelembut pakaian berteknologi sekali bilas. Kandungan konsentrat khusus dalam pelembut ini mampu menghilangkan busa dalam sekali bilas.

  • Bahan yang alami dan ramah lingkungan. Untuk menghindari alergi, iritasi, dan kulit kasar, gunakanlah pelembut pakaian yang mengandung bahan alami. Anda bisa memilih pelembut pakaian yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan. Bahan alami juga aman untuk bayi dan anak-anak.

③ Periksa teknologi yang ada pada pelembut pakaian

Aroma pakaian yang tidak sedap akan terasa sangat mengganggu. Hal tersebut biasanya dikarenakan proses pengeringan yang kurang sempurna. Namun, tak perlu khawatir karena pelembut pakaian yang tepat akan mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Antibakteri, untuk mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau

Antibakteri, untuk mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau

Sinar matahari memang bisa membantu menghentikan pertumbuhan bakteri pada serat kain. Namun, jika musim hujan, Anda akan lebih sering menjemur pakaian di dalam ruangan. Oleh karena itu, pilihlah pelembut pakaian dengan kandungan antibakteri. Selain dapat menghambat perkembangan bakteri, aroma pakaian akan tetap harum.

Antibau, untuk menetralisir bau tak sedap yang menempel pada pakaian

Antibau, untuk menetralisir bau tak sedap yang menempel pada pakaian

Anda mungkin dibuat sebal oleh bau-bau yang menempel pada pakaian, seperti aroma makanan, asap rokok, dan bau keringat. Nah, bau membandel tersebut dapat dinetralkan dengan memilih pelembut yang memiliki kandungan antibau. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, pakailah pelembut seperti ini.

10 Rekomendasi pelembut pakaian terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembut pakaian terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

United Cleaning Enterprise

PROKLEEN Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian

United Cleaning Enterprise PROKLEEN Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian 1枚目

Tidak membuat kulit iritasi dan aman untuk pakaian bayi dan anak-anak

2

Wings Group

SoKlin Softener Love in Paris

Wings Group SoKlin Softener Love in Paris 1枚目

Pelembut pakaian dengan harum bunga Paris yang khas

3

Unilever

Molto Pelembut Dan Pewangi Pakaian Ultra Pure

Unilever Molto Pelembut Dan Pewangi Pakaian Ultra Pure 1枚目

Pakaian jadi tiga kali lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif

4

Wings Group

ROYALE Parfum Series by SoKlin Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian Hot Summer

Wings Group ROYALE Parfum Series by SoKlin Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian Hot Summer 1枚目

Hadirkan wangi mewah dan berkelas yang terinspirasi dari fine fragrance

5

P&G

Adorable TinyTAN | Downy Pelembut dan Pewangi Pakaian

P&G Adorable TinyTAN | Downy Pelembut dan Pewangi Pakaian 1枚目

ARMY, segera pakai produk pelembut pakaian yang digunakan Jungkook BTS!

6

Cussons Baby

Soft Floral Softener

Cussons Baby  Soft Floral Softener 1枚目

Produk beraroma soft yang aman untuk kulit sensitif

7

Olaif

Lavender Scented Fabric Softener Pewangi Pelembut Pakaian

Olaif Lavender Scented Fabric Softener Pewangi Pelembut Pakaian 1枚目

Formula antiwringkle-nya mencegah pakaian jadi kusut

8

Unilever

Sahaja Pelembut dan Pewangi Konsentrat

Unilever Sahaja Pelembut dan Pewangi Konsentrat  1枚目

Diproduksi secara halal, lembut untuk kulit sensitif

9

Precious Bee

Gentle Fresh Softener

Precious Bee Gentle Fresh Softener 1枚目

Tidak memicu iritasi, aman dan lembut untuk kulit bayi

10

OT

PRIMA Fabric Softener (Cairan Pelembut Pakaian)

OT PRIMA Fabric Softener (Cairan Pelembut Pakaian) 1枚目

Pelembut tanpa pewangi untuk Anda yang alergi

Perincian produk
Close
No.1

United Cleaning EnterprisePROKLEEN Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian

Mulai dari Rp25.000,00

Tidak membuat kulit iritasi dan aman untuk pakaian bayi dan anak-anak

Kelebihan:

  • Ramah lingkungan, aman untuk pakaian bayi dan anak-anak
  • Wangi tahan lama
  • Tersedia dalam kemasan 5 liter untuk kebutuhan industri

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Anda sedang mencari pelembut pakaian yang tidak membuat kulit iritasi? PROKLEEN adalah jawabannya. Pelembut pakaian ini diklaim aman untuk kulit anak-anak dan bayi. Selain ramah untuk kulit, pelembut pakaian ini juga ramah lingkungan.


Formula pelembut dan pewangi pakaian ini juga sudah antibakteri dan antiapak sehingga wanginya dijamin tahan lama. Produk ini juga tersedia dalam kemasan yang beragam untuk kebutuhan rumah tangga atau industri.

No.2

Wings GroupSoKlin Softener Love in Paris

Mulai dari Rp13.700,00

Pelembut pakaian dengan harum bunga Paris yang khas

Kelebihan:

  • Wangi bunga-bunga khas Paris, Prancis
  • Cocok untuk semua jenis pakaian

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Bagi Anda yang menginginkan pelembut yang cocok untuk semua jenis pakaian, segera coba produk yang satu ini. Pasalnya, pelembut dan pewangi pakaian ini diformulasikan untuk semua jenis kain.


Tentunya, pelembut ini bisa dipakai untuk seluruh keluarga. Wangi khas parfum Paris-nya menempel seharian di pakaian Anda. Selain itu, pelembut ini juga membuat pakaian mudah disetrika dan tidak akan meninggalkan bau apak.

No.3

UnileverMolto Pelembut Dan Pewangi Pakaian Ultra Pure

Mulai dari Rp39.400,00

Pakaian jadi tiga kali lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit sensitif
  • Wangi tahan lama
  • Mengandung bahan aktif alami dan surfaktan ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Kulit Anda sensitif dan butuh pelembut pakaian yang cocok untuk kulit sensitif? Anda sebaiknya mencoba produk yang satu ini. Pelembut dan pewangi pakaian Molto Pure diciptakan khusus untuk memberikan kelembutan hingga tiga kali lebih lembut dibanding produk lainnya.


Pelembut pakaian ini telah teruji secara dermatologis dan diklaim cocok untuk kulit sensitif, bahkan bayi. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, pelembut pakaian Molto ini harus masuk keranjang belanjaan Anda.

No.4

Wings GroupROYALE Parfum Series by SoKlin Softener Pelembut dan Pewangi Pakaian Hot Summer

Mulai dari Rp35.000,00

Hadirkan wangi mewah dan berkelas yang terinspirasi dari fine fragrance

Kelebihan:

  • Wangi fine fragrance
  • Pelembut dengan konsentrat dengan Royale Activ Touch
  • Teknologi sekali bilas

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan pouch

Jika Anda ingin wangi ala parfum mewah untuk pakaian, segera tambahkan pelembut pakaian So Klin ini ke cucian Anda. Pelembut dan pewangi pakaian ini menghadirkan wangi mewah yang terinspirasi dari fine fragrance. Hal tersebut akan membuat pakaian Anda memiliki harum yang berkelas.


Wanginya dijamin lama pergi karena produk ini menggunakan teknologi Royal Activ Touch. Teknologi tersebut mampu menebar wangi tiap kali Anda bergerak. Menariknya lagi, pelembut pakaian ini juga sekali bilas. Kegiatan mencuci jadi makin cepat dan hemat waktu, ya!

No.5

P&GAdorable TinyTAN | Downy Pelembut dan Pewangi Pakaian

Mulai dari Rp33.900,00

ARMY, segera pakai produk pelembut pakaian yang digunakan Jungkook BTS!

Kelebihan:

  • Pelembut dengan konsentrat, membuat wangi tahan lama
  • Melindungi dan menetralkan bau tak sedap

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Para ARMY (sebutan untuk penggemar boyband BTS) pasti tak akan melewatkan produk yang dipakai Jungkook ini. Pelembut pakaian ini langsung sold out begitu anggota BTS tersebut menjawab Downy Adorable sebagai pelembut pakaian yang dipakai.


Kini, P&G merilis Downy edisi spesial Adorable TinyTAN yang khusus memenuhi permintaan ARMY. Pelembut ini mengandung kapsul mikro-parfum yang akan membuat pakaian harum tahan lama. Tak hanya itu, pakaian pun akan mudah disetrika karena hasilnya begitu lembut.

No.6

Cussons Baby Soft Floral Softener

Mulai dari Rp16.000,00

Produk beraroma soft yang aman untuk kulit sensitif

Kelebihan:
  • Wangi soft dengan bahan alami yang tidak menyengat
  • Biodegradeable
  • Dermatologically tested, sehingga aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Wangi khas bayi sehingga mungkin kurang disukai sebagian orang

Produk pelembut pakaian bayi berikut ini hadir untuk Anda yang menyukai wewangian yang lembut. Kandungan rose oil dan cherry blossoms-nya memberikan wangi yang tidak menyengat.

Selain harum, tekstur kain pun akan terasa lebih halus dan lembut sehingga bayi Anda terhindar dari risiko iritasi. Rasakan tekstur terbaik dari pakaian, serta perlindungan lengkap untuk seluruh anggota keluarga dengan softener Cussons Baby ini.

No.7

OlaifLavender Scented Fabric Softener Pewangi Pelembut Pakaian

Mulai dari Rp31.000,00

Formula antiwringkle-nya mencegah pakaian jadi kusut

Kelebihan:

  • Mengandung formula antiwringkle dan antibakteri
  • Teknologi sekali bilas

Kekurangan:

  • Tidak dianjurkan untuk bayi

Butuh pelembut untuk katun, serat, bulu, bahan organik, atau sintetis? Serahkan saja semuanya pada pelembut pakaian yang satu ini. Pelembut pakaian ini diformulasi khusus untuk melembutkan berbagai jenis kain.


Teknologi antiwrinkle-nya mencegah pakaian lecek setelah proses pencucian. Selain itu, formula pelembut pakaian ini juga dilengkapi antibakteri. Pelembut pakaian ini juga menawarkan harum bunga lavender yang memberikan kesegaran yang tahan lama.

No.8

UnileverSahaja Pelembut dan Pewangi Konsentrat

Mulai dari Rp12.000,00

Diproduksi secara halal, lembut untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Sesuai untuk kulit sensitif karena tidak mengandung paraben dan pewarna
  • Dibuat dengan bahan-bahan yang diklaim halal
  • Mengandung surfaktan yang diklaim ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Bila Anda menginginkan pelembut pakaian halal yang aman untuk kulit sensitif, produk dari Unilever ini dapat menjadi pilihan tepat. Pelembut ini diproduksi secara halal dengan menggunakan bahan-bahan yang lembut untuk kulit sensitif.


Selain itu, kandungan surfaktan di dalamnya juga diklaim ramah lingkungan. Wangi bunga yasmin dalam pelembut ini juga menenangkan. Setiap 2,5% dari penjualan produknya pun akan disalurkan menjadi amal untuk kemanusiaan.

No.9

Precious BeeGentle Fresh Softener

Mulai dari Rp80.000,00

Tidak memicu iritasi, aman dan lembut untuk kulit bayi

Kelebihan:
  • Wangi tahan lama
  • Terbuat dari bahan hypoallegenic, aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Tidak sekali bilas

Jika Anda mencari pelembut pakaian yang aman untuk bayi dan kulit sensitif, kami rekomendasikan produk berikut. Selain memiliki wangi yang menyegarkan dan tahan lama, softener ini juga akan membuat pakaian Anda lebih mudah disetrika.


Selain tak memicu iritasi, pelembut pakaian ini turut menjaga lingkungan berkat bahannya yang ramah lingkungan. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan buah hati, produk ini layak dicoba.

No.10

OTPRIMA Fabric Softener (Cairan Pelembut Pakaian)

Mulai dari Rp15.300,00

Pelembut tanpa pewangi untuk Anda yang alergi

Kelebihan:

  • Tidak mengandung pewangi

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk kulit sensitif
  • Tidak sekali bilas

Bagi Anda yang menghindari parfum dan membutuhkan pelembut tanpa pewangi, produk ini adalah jawabannya. Produk ini cocok untuk Anda yang sensitif terhadap parfum, seperti ibu hamil dan pemilik alergi tertentu.


Produk ini mengandung bahan aktif cationic surfactant yang dapat melembutkan pakaian Anda setelah dicuci. Pelembut ini dapat digunakan pada bilasan terakhir sebelum pakaian dijemur.

Tips menggunakan pelembut pakaian dengan benar

Tips menggunakan pelembut pakaian dengan benar

Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda perlu menggunakan pelembut pakaian dengan benar. Berikut ini akan kami ulas cara menggunakan pelembut pakaian dengan tepat.


  • Selalu gunakan takaran yang tepat untuk hasil optimal

Takaran yang tidak tepat dapat mengotori pakaian dan menghasilkan bau tidak sedap. Jadi, ikutilah saran penggunaan produk yang biasanya tertulis di bagian belakang kemasan, ya.


  • Masukkan detergen dan pelembut pakaian secara terpisah

Jika Anda menggunakan mesin cuci otomatis dengan wadah detergen, jangan lupa untuk memisahkan detergen dan pelembutnya. Sementara itu, jika Anda menggunakan mesin cuci dua tabung, softener bisa dimasukkan langsung saat proses bilas berjalan. Menggunakan detergen dan pelembut secara bersamaan tidak akan memberikan efek yang signifikan. 


  • Keringkan pakaian secara alami untuk wangi tahan lama

Proses pengeringan dengan mesin cuci dapat merontokkan partikel pewangi yang seharusnya menempel pada pakaian. Agar wanginya menempel lebih lama, cobalah untuk mengeringkan pakaian secara alami. Namun, jika ingin menyingkat waktu, Anda bisa menggunakan pengering hanya sampai kondisi setengah kering.

Pelembut pakaian sebagai pengharum ruangan? Bisa!

Pelembut pakaian sebagai pengharum ruangan? Bisa!
Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk membuat pengharum ruangan dari pelembut pakaian yang diencerkan dengan air? Caranya cukup sederhana, yakni:

  • Campurkan sebanyak 5-10% pelembut pakaian ke dalam 100% air bersih
  • Tempatkan di dalam botol semprot, kemudian kocok merata

Anda dapat menyemprotkan larutan tersebut ke ruangan untuk mendapatkan aroma segar yang cukup tahan lama. Pastikan juga untuk membuat larutan tersebut secukupnya saja karena larutan akan menggumpal jika dibiarkan lama.

Baca juga pelembut dan pewangi pakaian lainnya di sini

Selain pelembut pakaian, kami juga memiliki artikel-artikel mengenai pelembut dan pewangi pakaian lainnya. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan ulasan dan rekomendasi produk terbaik dari kami.

Kesimpulan

Menemukan pelembut pakaian favorit tidak hanya akan membuat pakaian lebih wangi, tetapi juga membuat kegiatan mencuci menjadi lebih menyenangkan. Untuk itu, pilihlah pelembut pakaian dengan aroma yang sesuai selera, lalu gunakanlah takaran yang disarankan.


Bila Anda tinggal bersama anggota keluarga lain, pertimbangkan pula pemilihan aroma berdasarkan selera mereka. Pelembut pakaian yang tak beraroma juga merupakan salah satu alternatif yang aman. Sudahkah Anda menemukan pelembut pakaian favorit Anda?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer