• 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Tahan Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mendengarkan musik sering dilakukan untuk mengusir kebosanan, baik di rumah, di perjalanan, atau saat melakukan aktivitas outdoor. Saat di rumah atau di dalam ruangan, banyak speaker Bluetooth yang bisa menjadi pilihan. Namun, saat di luar ruang, tentu penting untuk memilih speaker Bluetooth dengan fitur tahan air. 


Lenyes, JBL, EGGEL, dan VIVAN adalah contoh merek ternama yang mengeluarkan speaker Bluetooth tahan air yang bagus. Fiturnya yang beragam mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Oleh karenanya, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi speaker Bluetooth tahan air terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tina Latief
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Mei 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk speaker Bluetooth tahan air terbaik

Gambar produk
1
Acome A20 1

Acome

2
Harman JBL Charge 4 1

Harman

3
VIVAN VS20 1

VIVAN

4
ÉGGEL Terra 3 Plus 1

ÉGGEL

5
Lenyes S108 1

Lenyes

6
Sony XB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless Speaker 1

Sony

7
Jete S7 1

Jete

8
MiFa F60 Speaker 1

MiFa

9
Anker x Marvel SoundCore Mini 3 Pro 1

Anker x Marvel

10
MOXOM IPX7 Waterproof Bluetooth Wireless V5.0 Amazon Bass Speaker 1

MOXOM

Nama produk

A20

JBL Charge 4

VS20

Terra 3 Plus

S108

XB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless Speaker

S7

F60 Speaker

SoundCore Mini 3 Pro

IPX7 Waterproof Bluetooth Wireless V5.0 Amazon Bass Speaker

Keunggulan

Mainkan musik sampai puas dengan play time hingga 30 jam

Bisa dijadikan power bank untuk mengecas handphone

Quick charging, isi daya 3 jam untuk memainkan musik selama 24 jam

Dengan tiga mode EQ untuk hasilkan efek suara yang bervariasi

Dilengkapi DSP untuk hasilkan suara yang seimbang dengan treble tajam

Desain compact dengan suara yang menggelegar

Teknologi Surround Sound 360° untuk dengarkan suara dari segala arah

Speaker Bluetooth unik dengan kemampuan tahan air dan debu

Mini dan portabel dalam balutan tema superhero Marvel yang keren

Harganya terjangkau dan dilengkapi fitur handsfree untuk mengangkat telepon

Harga mulai dariRp 799.000,00Rp 2.999.000,00Rp 599.000,00Rp 639.000,00Rp 780.000,00Rp 1.009.000,00Rp 1.055.000,00Rp 628.000,00Rp 999.000,00Rp 175.500,00
Standar IPIPX7IPX7IPX7IP67IPX7IP67IPX7IP67IPX7IPX7
Versi BluetoothBluetooth 5.0Bluetooth 4.2Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 4.2Bluetooth 4.2Tidak ada keteranganBluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0
CodecTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganAAC, SBCTidak ada keteranganTidak ada keterangan
StereoTidak ada keteranganYa, dengan TWSYa, dengan TWSYa, dengan TWSYa, mendukung TWSTidakYa, mendukung TWSYa, mendukung TWSTidakYa, dengan TWS
Output20 watt30 watt20 wattTidak ada keterangan20 watt x 2 Tidak ada keteranganTidak ada keterangan40 watt6 wattTidak ada keterangan
Play time30 jam20 jam24 jam10 jam≥ 8 jam16 jam10 jamTidak ada keterangan15 jam5–6 jam
Tautan produk

Cara memilih speaker Bluetooth tahan air

Salah satu jenis speaker nirkabel yang sedang berkembang adalah speaker Bluetooth tahan air. Speaker ini dapat membantu Anda untuk mendengarkan musik di tempat yang basah sekalipun. Nah, berikut ini adalah cara memilih speaker Bluetooth tahan air yang berkualitas. Simak terus, ya!

Pilih berdasarkan standar IP-nya

Pilih berdasarkan standar IP-nya

Standar IP adalah satuan yang menunjukkan ketahan suatu perangkat terhadap air dan debu. Performa tahan air dan tahan debu kami contohkan dalam bentuk IP○△. Angka dalam ○ berarti tahan debu, sedangkan angka dalam △ berarti tahan air. 


Jika Anda mencari speaker Bluetooth dengan kemampuan tahan air, produk dengan spesifikasi IPX6 ke atas paling direkomendasikan. Pasalnya, speaker tersebut tidak akan rusak meski terkena semprotan air yang relatif kuat.


Agar makin awet dipakai di ruangan terbuka, pilih juga speaker yang memiliki kemampuan tahan debu. Berikut adalah uraian lengkap terkait standar ketahanan terhadap air dan debu pada speaker Bluetooth.


Standar ketahanan terhadap air

  • IPX0: Tidak tahan air.
  • IPX1: Tahan terhadap air yang menetes dari arah vertikal.
  • IPX2: Tahan terhadap tetesan air dari arah vertikal pada kemiringan 15 derajat.
  • IPX3: Tahan terhadap percikan air dari sudut hingga 60 derajat.
  • IPX4: Tahan terhadap percikan air dari setiap sudut.
  • IPX5: Tahan terhadap semprotan air dari nozzle berukuran 6,3 mm.
  • IPX6: Tahan terhadap semprotan air yang kuat dari nozzle berukuran 12,5 mm.
  • IPX7: Tahan terendam air hingga kedalaman 1 meter.
  • IPX8: Tahan terendam air hingga kedalaman lebih dari 1 meter.

Standar ketahanan terhadap debu

  • IP0: Tidak tahan debu.
  • IP1: Tahan terhadap benda berukuran lebih dari 50 mm.
  • IP2: Tahan terhadap benda berukuran lebih dari 12,5 mm.
  • IP3: Tahan terhadap benda berukuran lebih dari 2,5 mm.
  • IP4: Tahan terhadap benda berukuran lebih dari 1 mm.
  • IP5: Tahan terhadap debu dalam jumlah sedikit.
  • IP6: Tahan terhadap debu dalam jumlah banyak.

Utamakan codec AAC atau lebih tinggi untuk mencegah delay suara

Utamakan codec AAC atau lebih tinggi untuk mencegah delay suara

Codec merupakan mekanisme untuk mengompresi dan mengubah sumber suara. Selain itu, codec mampu meningkatkan kualitas suara dan menurunkan delay. Urutan kualitas codec dari yang paling rendah hingga paling tinggi adalah SBC, AAC, aptX, dan LDAC. Jika Anda menginginkan kualitas suara yang bagus, pilihlah speaker dengan codec AAC atau lebih tinggi.


Namun, jika perangkat penerima dan pemancar memiliki codec yang berbeda, mungkin hasilnya kurang optimal. Jadi, periksalah spesifikasi perangkat pemancar dan penerima yang ingin Anda gunakan, lalu pilih codec yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan dari masing-masing codec berikut ini:


  • SBC: Codec yang paling banyak digunakan dan cocok dengan semua perangkat Bluetooth. Sayangnya, kualitas suara dari speaker dengan codec ini relatif standar atau kurang bagus.
  • AAC: Kualitas suaranya lebih bagus dari codec SBC dan cocok untuk produk buatan Apple. Codec ini juga memiliki transmisi data yang lebih cepat dengan delay yang dipersingkat.
  • aptX: Suara yang dihasilkan sangat bagus dan bebas delay karena tidak dikompresi terlalu banyak. Speaker Bluetooth tahan air yang memakai codec ini pas digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film.
  • LDAC: Jenis codec ini dikembangkan oleh Sony. Suara yang dihasilkan sangat jernih dan bebas delay, seperti speaker yang memakai kabel.

Periksa juga spesifikasi lainnya

Selain poin-poin di atas, terdapat juga spesifikasi lain pada speaker Bluetooth tahan air yang perlu Anda periksa. Spesifikasi tersebut di antaranya adalah fungsi stereo, kapasitas baterai dan waktu pemutaran, serta versi Bluetooth yang digunakan. Dengan memeriksa spesifikasi tersebut, Anda dapat menemukan speaker waterproof yang sesuai kebutuhan.

Stereo: Untuk kualitas suara tiga dimensi

Stereo: Untuk kualitas suara tiga dimensi

Kualitas suara juga akan berubah tergantung jenis speaker yang digunakan. Jika Anda mengutamakan kualitas suara, pilihlah jenis stereo yang memiliki dua speaker. Jenis speaker Bluetooth ini memang agak mahal, tetapi Anda bisa merasakan efek tiga dimensi dari suaranya. Jadi, tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati musik dengan kualitas suara prima.


Perlu dicatat juga, produk speaker dengan radiator pasif dapat menonjolkan suara bass. Namun, memilih jenis stereo adalah hal yang paling utama. Pada speaker stereo, rentang bass dan treble-nya luas sehingga suaranya pun menjadi lebih jernih. Terakhir, pertimbangkan pula produk dengan fitur True Wireless Stereo (TWS) yang menggabungkan dua speaker untuk hasilkan suara stereo.

Baterai: Waktu pemutaran 7–8 jam

Baterai: Waktu pemutaran 7–8 jam

Jika Anda berencana memakainya di luar ruangan, pilihlah speaker Bluetooth tahan air dengan waktu pemutaran 7–8 jam. Dengan play time tersebut, Anda bisa memakainya sampai puas tanpa perlu mengisi daya di sela-sela pemutaran musik. 


Namun, apabila akan dibawa bepergian atau menginap, misalnya camping, carilah speaker dengan play time lebih dari 15 jam. Sebab, Anda mungkin akan kesulitan menemukan sumber listrik di perjalanan atau tempat tujuan. Meski begitu, pastikan juga alat pemancar, seperti smartphone, memiliki baterai yang cukup untuk terus disambungkan pada speaker Bluetooth.

Versi Bluetooth: Versi 4.1 dan seterusnya

Versi Bluetooth: Versi 4.1 dan seterusnya

Untuk memaksimalkan kinerja speaker Bluetooth tahan air, perhatikan juga versi Bluetooth-nya. Makin tinggi nomor versinya, makin mutakhir dan berkinerja tinggi pula penghematan daya dan fitur-fitur barunya. Sebagai catatan, perangkat pemancar, yakni smartphone, harus mendukung versi Bluetooth yang sama atau lebih tinggi daripada speaker.


Bluetooth termutakhir pada pemancar kompatibel dengan Bluetooth versi-versi sebelumnya pada speaker. Untuk menjamin kualitas suara dan kelancaran transmisinya, gunakan speaker dengan Bluetooth versi 4.1 ke atas. Versi Bluetooth ini memiliki fitur auto reconnect sehingga saat koneksinya terputus, suara akan tersambung kembali secara otomatis. Jadi, penggunaannya menjadi lebih praktis dan nyaman.

Output, 20 watt ke atas untuk penggunaan di luar ruangan

Output, 20 watt ke atas untuk penggunaan di luar ruangan

Besaran atau kekuatan volume suara speaker Bluetooth tahan air dapat Anda lihat dari output watt maksimumnya. Makin besar output watt-nya, makin keras pula suara yang dihasilkan oleh speaker. Sebagai contoh, untuk penggunaan di dalam tenda, pilihlah produk dengan output 5 sampai 10 watt. Sementara itu, gunakan speaker dengan output 20 watt ke atas untuk dipakai di area outdoor dan kamar mandi.


Speaker tersebut akan sangat memuaskan untuk penggunaan di air ataupun sebagai audio stasioner di dalam ruangan. Namun, jika volumenya terlalu keras, suara mungkin akan terdistorsi dan pecah. Di sisi lain, pecah tidaknya suara juga sangat tergantung pada kualitas sumber suara aslinya. Jadi, jika Anda merasa suaranya pecah, harap kecilkan volume dari speaker-nya.

Pertimbangkan produk yang tahan benturan agar makin awet

Pertimbangkan produk yang tahan benturan agar makin awet

Speaker Bluetooth tahan air sering digunakan di tempat yang kemungkinan besar terkena guncangan. Oleh karena itu, perhatikan juga resistensi benturan (shock resistance) untuk mengurangi risiko rusak. Terkait hal ini, kami merekomendasi speaker Bluetooth yang mampu menahan benturan saat terjatuh dari ketinggian 1,5 meter.


Sebab, tempat-tempat untuk meletakkan speaker, seperti di meja, dudukan dapur, dan kamar mandi, memiliki ketinggian dari 1,5 meter. Ketersediaan fitur ini juga sangat bermanfaat apabila Anda tinggal bersama anak-anak atau sering tak sengaja menjatuhkan barang.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

JBL Clip 3 Portable Bluetooth Speaker

Mulai dari Rp 909.000,00

10 Rekomendasi speaker Bluetooth tahan air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk speaker Bluetooth tahan air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MOXOMIPX7 Waterproof Bluetooth Wireless V5.0 Amazon Bass Speaker

MX-SK06

Mulai dari Rp 175.500,00

Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, dengan TWS
OutputTidak ada keterangan
Play time5–6 jam
9

Anker x MarvelSoundCore Mini 3 Pro

A3127

Mulai dari Rp 999.000,00

Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecTidak ada keterangan
StereoTidak
Output6 watt
Play time15 jam
8
Standar IPIP67
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecAAC, SBC
StereoYa, mendukung TWS
Output40 watt
Play timeTidak ada keterangan
7
Standar IPIPX7
Versi BluetoothTidak ada keterangan
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, mendukung TWS
OutputTidak ada keterangan
Play time10 jam
6

SonyXB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless Speaker

Mulai dari Rp 1.009.000,00

Standar IPIP67
Versi BluetoothBluetooth 4.2
CodecTidak ada keterangan
StereoTidak
OutputTidak ada keterangan
Play time16 jam
5
Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 4.2
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, mendukung TWS
Output20 watt x 2
Play time≥ 8 jam
4
Standar IPIP67
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, dengan TWS
OutputTidak ada keterangan
Play time10 jam
3
Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, dengan TWS
Output20 watt
Play time24 jam
2
Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 4.2
CodecTidak ada keterangan
StereoYa, dengan TWS
Output30 watt
Play time20 jam
1
Standar IPIPX7
Versi BluetoothBluetooth 5.0
CodecTidak ada keterangan
StereoTidak ada keterangan
Output20 watt
Play time30 jam

Baca juga rekomendasi produk speaker wireless lainnya di sini

Teknologi yang terus berkembang, menghasilkan banyak varian produk elektronik, termasuk speaker. Silakan baca artikel produk wireless speaker lainnya di sini untuk mengetahuinya lebih jauh.

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi speaker Bluetooth tahan air dari kami. Apakah Anda sudah menetapkan pilihan? Sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan poin-pin penting yang telah kami bahas di atas.


Anda bisa menentukan produk terbaik mulai dari standar IP, waktu pemutaran, kualitas suara, sampai versi Bluetooth-nya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih speaker Bluetooth tahan air terbaik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger type C, kabel charger iPhone, hingga kabel charger magnet.Di artikel ini Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer seperti Baseus Type-C Automatic Power-Off, Vyatta Aramid Micro Cable, dan Cafele Retractable 3 in 1 USB Cable. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi iPhone Case/Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi iPhone Case/Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar iPhone Anda aman dari benturan ataupun goresan, sebaiknya gunakan case/cover sebagai pelindung. Ada begitu banyak jenis, bentuk, dan merek case yang tersedia di pasaran. Namun, banyaknya pilihan yang ada seringkali justru membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal agar mendapatkan iPhone case/cover yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan menjelaskannya untuk Anda. Kami juga telah mengulas produk terbaik dari merek-merek ternama, seperti RhinoShield, Cassion, dan NILLKIN yang menarik untuk dipilih. Nah, selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori