1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2023)

Kulit berminyak kerap mengalami wajah yang lengket dan berkilau. Tidak jarang kulit juga terlihat kusam dan berpori besar. Makeup pun mudah luntur meski terlihat sempurna pada pagi hari. Untuk mengatasinya, Anda butuh makeup primer khusus untuk kulit berminyak.


Banyak primer yang bagus yang beredar di pasaran, seperti dari merek Luxcrime, Maybelline, dan Make Over. Namun, mungkin Anda sedikit bingung untuk memilih produk yang tepat. Apakah Anda penasaran produk primer mana yang terbaik? Baca ulasan dan rekomendasi kami di sini! Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.

Diperbaharui 01-27-2023
Pakar
Beauty blogger & doll enthusiast
Cut Auzola Azalia

Auzola merupakan seorang blogger yang berfokus pada niche beauty trend sejak 2014. Selain menulis blog pribadi, Auzola juga sempat menjadi freelance beauty writer di Kawaii Beauty Japan (C Channel). Auzola pernah menjadi guest speaker di beberapa acara. Acara seperti MNC Living Ideas dan Binus TV yang bertema beauty pernah ia jumpai. Pada 2016, Auzola juga diliput sebagai Top 10 Beauty Influencer oleh artikel The Jakarta Post. Selain menyukai makeup dan skincare, Auzola juga memiliki hobi mengoleksi boneka. Koleksi boneka utamanya yaitu Barbie dan Disney yang sering di-share olehnya di Instagram.

Profil Cut Auzola Azalia
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa saja ciri-ciri kulit berminyak?

Apa saja ciri-ciri kulit berminyak?

Jika seluruh wajah Anda terlihat mengilap saat bangun pagi dan siang hari, itu berarti jenis kulit Anda berminyak. Jenis kulit ini mengandung banyak air dan minyak. Ketika disentuh, kulit akan terasa basah, lengket, dan kasar.


Karena banyaknya minyak di kulit, sebagian besar orang yang memiliki kulit berminyak juga bermasalah dengan pori-pori besar. Minyak atau sebum berlebih sering kali membuat pori-pori tersumbat sehingga pori-pori terlihat membesar. Hal inilah yang menyebabkan kulit terasa kasar dan bertekstur. Pori-pori yang tersumbat juga dapat menyebabkan kulit kerap breakout, yaitu munculnya komedo dan jerawat.


Memiliki kulit berminyak memang sedikit tricky. Saat merias pun, foundation cenderung cepat luntur hanya dalam 3–4 jam saja. Maka dari itu, produk primer dibutuhkan untuk membuat complexion terlihat flawless dan tahan lama.

Cara memilih Primer untuk Kulit Berminyak

Pemilik kulit berminyak biasanya mencari primer yang dapat menahan minyak dan memperkecil tampilan pori-pori. Sebelum Anda membeli, berikut kami jabarkan empat poin yang harus diperhatikan dalam memilih produk yang tepat. Yuk, disimak!

① Pastikan primer bersifat bebas minyak dan tidak mudah luntur

Pastikan primer bersifat bebas minyak dan tidak mudah luntur

Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki efek antikilap dan yang dapat menyerap minyak berlebih. Di bawah ini adalah beberapa contoh kandungan yang bebas kilap dan tidak mudah luntur.


Bahan yang tahan terhadap keringat dan air:

  • Dimethicone
  • Cyclopentasiloxane
  • Cyclomethicone

Bahan yang dapat menyerap minyak berlebih

  • Silica
  • Mica


Dimethicone, cyclopentasiloxane, dan cyclomethicone adalah kandungan yang kerap disebut silikon. Produk yang dilengkapi dengan formula silikon adalah produk yang tahan terhadap air. Apabila primer Anda mengandung bahan-bahan tersebut, riasan Anda dapat bertahan lama. Bahan-bahan tersebut bersifat tahan keringat sekaligus mengurangi minyak di wajah.

② Pilih berdasarkan tekstur dan hasil akhirnya

Pilih berdasarkan tekstur dan hasil akhirnya

Beberapa keluhan, seperti kulit mengilap, pori-pori besar, dan kulit bertekstur sering dialami oleh pemilik kulit berminyak. Maka dari itu, kami menyarankan untuk memilih primer dengan tekstur dan hasil akhir yang dapat mengurangi masalah-masalah tersebut. Berikut beberapa karakteristik primer yang biasanya cocok untuk kulit berminyak.


  • Tekstur gel atau krim yang ringan. Pilihlah primer dengan tekstur yang cepat menyerap dan ringan saat diaplikasikan. Hindari produk yang terasa berat dan sulit dibaurkan. Primer dengan konsistensi yang terlalu tebal akan membebani kulit dan membuat riasan cepat lumer.
  • Hasil akhir matte. Produk yang matte dapat menyerap minyak berlebih dan membuatnya lebih tahan lama. Selain itu, finish yang tanpa kilap atau shimmer tidak akan menambah kilau saat riasan mulai luntur nantinya.
  • Dapat menyamarkan pori-pori (poreless). Carilah produk dengan klaim smoothing, blurring, atau minimizing pores. Produk yang dapat mengisi pori-pori akan membuat pori-pori terlihat kecil sehingga complexion Anda terlihat lebih halus.

③ Pertimbangkan primer dengan proteksi terhadap sinar UV

Pertimbangkan primer dengan proteksi terhadap sinar UV
Komponen tabir surya seperti SPF dan PA tidak boleh Anda lupakan. Selain dapat menimbulkan noda hitam, sinar ultraviolet juga dapat mengiritasi kulit. Pada beberapa kasus, paparan sinar ultraviolet dapat membuat kulit memproduksi sebum secara berlebihan agar bisa melindungi kulit.

 

Untuk mencegah efek buruk radiasi sinar UV, gunakanlah primer yang mengandung bahan sunscreen. Sesuaikan tingkat SPF dan PA dengan musim tempat tinggal Anda. Di negara tropis seperti Indonesia, Anda butuh sunscreen setiap hari dengan SPF minimal 20 hingga 30.

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, Anda memerlukan perlindungan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tetap iringi pemakaian dengan sunscreen tunggal agar kulit Anda mendapatkan proteksi maksimal.

④ Ketahui pentingnya bahan pelembap untuk kulit berminyak

Ketahui pentingnya bahan pelembap untuk kulit berminyak

Meski kulit berminyak memproduksi sebum, bukan berarti Anda tidak butuh pelembap. Kulit yang kurang lembap rentan terkena dehidrasi. Nah, saat kulit dehidrasi, justru kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mencegah kulit menjadi kering.


Kulit berminyak belum tentu mengindikasi bahwa kulit terhidrasi dengan baik. Hidrasi dan oily sendiri merupakan dua hal yang berbeda. Produksi minyak berlebih karena dehidrasi atau kekurangan air ini adalah tanda-tanda transepidermal water loss (TEWL). Kondisi ini bisa dialami oleh semua jenis kulit. 


Karena itu, untuk mencegah kulit makin berminyak karena dehidrasi, pakailah pelembap secara rutin. Anda juga bisa mencari primer yang mengandung pelembap. Beberapa bahan yang ampuh dalam menghidrasi kulit adalah glycerin, squalane, dan betaine.

9 Rekomendasi primer terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk primer terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Cut Auzola.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Baby Skin Pore Eraser

Maybelline Baby Skin Pore Eraser 1枚目

Best seller! Membuat wajah sehalus kulit bayi

2

Emina

Pore Ranger

Emina Pore Ranger 1枚目

Senjatanya para remaja untuk tampil flawless

3

Make Over

Velvet Mattifying Primer

Make Over Velvet Mattifying Primer 1枚目

Takut dengan komedo? Coba produk ini!

4

Wardah

Instaperfect POREFECTION Skin Primer

Wardah Instaperfect POREFECTION Skin Primer 1枚目

Dapat membantu menyamarkan kemerahan di kulit

5

Focallure

Blurmax Pore-Minimize Primer

Focallure Blurmax Pore-Minimize Primer 1枚目

Wajah jadi halus seperti pakai filter Instagram!

6

Luxcrime

Perfect Canvas – Mattifying Poreless Primer

Luxcrime Perfect Canvas – Mattifying Poreless Primer 1枚目

Mengisi pori-pori sekaligus menutrisinya, kulit pun tetap lembap

7

Maybelline

Fit Me! Matte + Poreless Primer

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Primer 1枚目

Kandungan mattifying clay-nya menahan minyak hingga 16 jam

8

Rimmel London

Stay Matte Primer

Rimmel London Stay Matte Primer 1枚目

Teksturnya seringan pelembap, cocok untuk pemula

9

Benefit Cosmetics

The POREfessional Face Primer

Benefit Cosmetics  The POREfessional Face Primer 1枚目

Sempurna untuk menyamarkan pori-pori besar dan kerutan

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineBaby Skin Pore Eraser

Mulai dari Rp110.000,00

Best seller! Membuat wajah sehalus kulit bayi

Primer ini sudah terbukti dalam menyelesaikan masalah universal kulit berminyak, yaitu pori-pori besar dan tekstur. Anda cukup memakainya sedikit saja untuk memperoleh tampilan kulit halus seperti bayi. Karena itu, walaupun ukurannya mungil, primer ini cukup awet dan bisa bertahan 3–4 bulan.


Primer ini sangat populer karena cocok bagi semua jenis kulit. Ada kandungan pelembap yang dapat menghidrasi sehingga kulit normal dan kering masih bisa memakainya. Produk ini diperkaya juga dengan antioksidan dari ekstrak buah ceri untuk melindungi dari radikal bebas. Untuk ketahanannya terhadap minyak memang tidak setinggi produk lain, tetapi sangat cukup untuk sehari-hari.

No.2

Senjatanya para remaja untuk tampil flawless

Mencari primer yang cocok untuk remaja? Ini dia pilihannya! Primer yang formulanya ringan ini mampu mengisi pori-pori sekaligus menyamarkannya. Wajah pun terlihat halus dan poreless. Saking bagusnya, primer Emina ini disebut-sebut sebagai dupe-nya Benefit, lho!


Satu-satunya hal yang harus Anda ingat saat memakainya adalah aplikasikan dengan gerakan menekan. Daripada menggeser, tap produk dengan jari untuk membantu primer menyerap ke dalam pori-pori dan tidak menggumpal.

No.3

Make OverVelvet Mattifying Primer

Mulai dari Rp100.000,00

Takut dengan komedo? Coba produk ini!

Primer dengan hasil akhir velvet matte ini bertujuan utama menghaluskan tampilan pori-pori. Akan tetapi, jangan khawatir pori-pori Anda akan tersumbat. Produk ini diklaim noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori atau menyebabkan komedo.


Dengan atau tanpa foundation, primer ini akan menghasilkan tampilan kulit yang poreless. Namun, perlu diingat bahwa oil control-nya tidak terlalu tinggi. Primer ini mampu menahan minyak sekitar 4–8 jam saja. Jadi, primer ini cocok bagi Anda yang kulitnya berminyak menuju normal dan sering muncul komedo.

No.4

WardahInstaperfect POREFECTION Skin Primer

Mulai dari Rp81.000,00

Dapat membantu menyamarkan kemerahan di kulit

Jika dibandingkan produk pore-filling lain, primer dari Wardah ini cukup kental. Karena agak tebal, ada sedikit coverage untuk menutupi noda dan kemerahan di wajah. Warnanya beige dengan undertone kuning sehingga ada sedikit efek mencerahkan yang natural. Apabila Anda ingin menyamarkan kemerahan di wajah, primer ini bisa dipertimbangkan.


Walau cukup tebal, produk ini mudah dibaurkan dan praktis untuk daily look. Anda dapat menggunakannya dengan bedak saja untuk mencapai tampilan kulit yang halus bebas pori-pori. Sayangnya, formulanya rentan menggumpal jika digosok terlalu keras. Sebaiknya Anda menggunakan spons saat meratakan primer ini dan foundation di atasnya.

No.5

FocallureBlurmax Pore-Minimize Primer

Mulai dari Rp158.000,00

Wajah jadi halus seperti pakai filter Instagram!

Sesuai namanya, primer ini memberikan blurring effect yang maksimal. Efek menghaluskan pori-pori ini akan membuat foundation yang Anda pakaikan di atasnya menjadi menyatu sempurna. Kulit pun akan terlihat sangat halus dan flawless seperti pakai filter foto di Instagram. Tekstur gel beningnya akan menyerap dengan cepat saat dipakai. Bagi Anda yang ingin kulit tampak halus, segera check out produk ini!

No.6

LuxcrimePerfect Canvas – Mattifying Poreless Primer

Mulai dari Rp99.000,00

Mengisi pori-pori sekaligus menutrisinya, kulit pun tetap lembap

Primer dari merek lokal ini terbilang unik karena mengandung bahan-bahan skincare. Bahan pelembapnya cukup beragam. Selain itu, ada juga kandungan vitamin E dan caffeine sebagai antioksidan. Bahkan, terdapat kandungan allantoin untuk menenangkan kulit yang sedang sensitif.


Jika Anda memiliki kulit berminyak, tetapi ingin kulit tetap lembap, Anda bisa mencoba produk ini. Primer ini juga tidak butuh waktu lama untuk set jadi matte, yaitu hanya 15 detik. Dijamin pori-pori Anda akan terisi dan tetap terjaga kelembapannya!

No.7

MaybellineFit Me! Matte + Poreless Primer

Mulai dari Rp110.000,00

Kandungan mattifying clay-nya menahan minyak hingga 16 jam

Primer ini adalah salah satu produk dari rangkaian Fit Me! dari Maybelline. Ditujukan untuk kulit berminyak, produk ini dapat menahan makeup hingga 16 jam! Rahasia tahan lamanya terletak di kandungan mattifying clay, yaitu kaolin.


Primer ini juga dapat mengisi pori-pori dan mengandung SPF 20 untuk perlindungan ekstra dari sinar matahari. Pas sekali bagi Anda yang aktif beraktivitas seharian hingga malam. Saat Anda memakai produk, disarankan untuk segera membaurkannya dengan cepat karena ketika set, foundation menjadi agak sulit untuk dibaurkan.

No.8

Rimmel LondonStay Matte Primer

Mulai dari Rp95.000,00

Teksturnya seringan pelembap, cocok untuk pemula

Produk asal Inggris ini akan memberikan Anda tekstur yang sangat ringan. Walaupun hasilnya matte, teksturnya seperti pelembap biasa. Primer ini sangat nyaman digunakan dan dapat menahan minyak hingga 8 jam.


Dengan harga yang terjangkau dan isi yang cukup banyak, primer ini bisa menjadi pilihan para pemula. Namun, jika Anda kurang suka kosmetik dengan aroma menyengat, Anda mungkin akan kurang suka dengan produk ini. Selain itu, produk ini bisa saja terlalu matte bagi sebagian orang.

No.9

Benefit Cosmetics The POREfessional Face Primer

Mulai dari Rp230.000,00

Sempurna untuk menyamarkan pori-pori besar dan kerutan

Primer yang satu ini menjadi produk terlaris di Amerika Serikat selama empat tahun berturut-turut hingga tahun 2018. Formulanya membantu Anda mengecilkan pori-pori dan menghilangkan garis-garis halus di wajah. Apabila Anda bermasalah dengan pori-pori yang besar dan mulai memiliki kerut di wajah, cobalah produk ini.


The POREfessional Face Primer juga dilengkapi dengan vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hasil akhir matte-nya terlihat natural dan tidak mudah luntur. Yuk, lancarkan kegiatan Anda dengan tampilan yang menawan.

Tips mengaplikasikan primer yang tahan lama

Tips mengaplikasikan primer yang tahan lama

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat riasan tahan lama. Salah satunya adalah dengan menggunakan skincare sebelum mengaplikasikan makeup. Salah satu faktor terjadinya minyak berlebih di kulit wajah adalah kulit yang kering. Pastikan skincare sudah menyerap sempurna sebelum mengaplikasikan makeup agar makeup lebih tahan lama.


Selain itu, gunakan spons untuk menyerap kelebihan cairan berlemak (emulsi) sebelum merias wajah Anda. Dengan cara ini, kulit menjadi bebas kilap dan makeup dapat bertahan lebih lama.


Setelah skincare dan primer sudah terserap dengan baik, oleskan foundation secara tipis. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengoleskan foundation karena akan membuat riasan cepat luntur. Apabila ada noda di kulit wajah yang ingin ditutupi, gunakan concealer.

Tips memperbaiki riasan yang terlihat mengilap dan luntur

Tips memperbaiki riasan yang terlihat mengilap dan luntur
Berikut adalah cara memperbaiki riasan saat wajah Anda mulai mengilap dan luntur pada malam hari. Siapkan spons bedak yang bersih terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan bagian belakang dari spons yang biasa Anda gunakan. 

Gunakan spons bersih tersebut untuk menepuk pelan dan menekan bagian wajah yang terasa mengilap. Hal ini bertujuan untuk menyerap sebum berlebih dan foundation yang mulai luntur. Setelah itu, oleskan bedak secara tipis, lalu wajah Anda akan tampil prima seperti di pagi hari.


Namun, apabila Anda memiliki waktu yang cukup untuk merias wajah, bersihkanlah riasan yang telah luntur. Bersihkan dengan kapas yang telah diberi susu pembersih. Setelah itu, oleskan primer secara tipis untuk menutupi pori-pori, kemudian tambahkan foundation. Intinya, kurangilah kelebihan minyak di wajah Anda dan gunakan foundation secara tipis sehingga wajah kembali terlihat sempurna.

Tips dari beauty blogger kami, Cut Auzola

Tips dari beauty blogger kami, Cut Auzola

Gunakan primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jangan terlalu banyak menggunakan primer. Gunakan primer secukupnya beberapa saat sebelum memulai makeup. Setelah menggunakan primer, tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan tisu agar yakin bahwa primer terserap dengan baik sebelum memulai makeup.

Baca juga rekomendasi perawatan kulit berminyak lainnya di sini

Anda telah menyimak ulasan kami yang secara khusus membahas tentang primer terbaik untuk kulit berminyak. Namun, apabila Anda ingin secara maksimal mengatasi kulit berminyak, tentunya harus dibarengi dengan penggunaan produk lainnya. Kami memiliki beberapa artikel mengenai produk kecantikan untuk kulit berminyak. Silakan Anda baca di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kulit yang berminyak cenderung mudah mengilap dan memproduksi sebum secara berlebih.Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menemukan primer yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Perhatikanlah bahan kandungan yang ada di dalamnya. Pilihlah produk yang formulanya benar-benar sesuai untuk kebutuhan kulit Anda. Selain itu, gunakanlah dengan cara yang tepat agar hasilnya optimal. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat tampil kece tanpa kilap di wajah!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer