10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bluetooth earphone membuat Anda bisa mendengarkan musik dengan nyaman dan lebih bebas tanpa kabel. Produsen populer, seperti Sony, Sennheiser, JBL, Plantronics, dan V-Moda memberikan Anda pilihan bluetooh earphone yang bervariasi. Hal ini bisa membuat bingung sebagian pengguna.

Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang mengulas cara memilih bluetooth earphone. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh bluetooth earphone terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Karena itu, simak terus artikel ini sampai tuntas dan referensikan juga ke kerabat ya! Selamat membaca!

Daftar isi

Apa manfaat bluetooth earphone?

Apa manfaat bluetooth earphone?

Kami akan mengulas kegunaan bluetooth earphone sebelum membahas cara memilihnya. Manfaat utama yang didapatkan dari bluetooth earphone yaitu bentuk tanpa kabel sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi kekusutan. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan seperti ketika Anda menggunakan earphone dengan kabel. Selain itu, bluetooth earphone akan mengurangi risiko hilangnya sambungan akibat kabel yang tertarik ketika digunakan.

Pada umumnya, bluetooth earphone dilengkapi remote control atau hands-free microphone. Hal ini akan mempermudah penggunaan ketika Anda mengoperasikan bluetooth earphone sehingga tidak perlu memindah-mindahkan smartphone. Dengan demikian, kuantitas pemakaian smartphone akan berkurang sehingga mengurangi hal yang berbahaya seperti terjatuh tanpa sengaja. Oleh sebab itu, bluetooh earphone bisa memberikan perasaan aman.

Cara memilih bluetooth earphone

Hal penting apa yang perlu diperhatikan saat memilih bluetooth earphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Kami akan mengulas enam poin cara memilih yang tepat. Beberapa istilah teknis akan muncul sehingga Anda perlu memperhatikannya dengan saksama sebelum memilih.

Jika Anda mementingkan suara, pilih berdasarkan kualitas suara

Jika Anda mementingkan suara, pilih berdasarkan kualitas suara

Hal paling penting saat memilih bluetooth earphone adalah kualitas suara. Metode konversi dari kompresi suara yang dinamakan codec merupakan hal utama yang berkaitan dengan kualitas suara. Codec yang digunakan untuk memutar musik secara umum dibagi menjadi empat kategori, yaitu SBC, AAC, aptX, dan LDAC. SBC adalah codec standar yang terpasang pada bluetooth earphone. Codec SBC ini dapat digunakan di antara perangkat dengan rentang yang luas. Akibatnya, penurunan kualitas suara dapat terjadi.

Apabila Anda ingin memilih bluetooth earphone dengan kualitas suara tinggi, pilihlah yang kompatibel dengan codec AAC atau aptX. Bluetooth earphone dengan codec AAC direkomendasikan untuk pemakaian pada produk Apple. Sementara itu, bagi Anda pengguna Android dapat menggunakan bluetooth earphone dengan codec aptX.

Jika Anda memilih produk yang kompatibel dengan LDAC, Anda dapat mendengarkan sumber suara dengan resolusi yang tinggi. Akan tetapi, perangkat yang kompatibel masih sedikit dengan harga yang cukup mahal. Jadi, berhati-hatilah dengan poin penting ini.

Pilih bluetooth earphone berdasarkan tipe

Pemilihan bluetooth earphone berdasarkan bentuk tidak kalah penting apabila dibandingkan kualitas suara. Berdasarkan bentuknya, bluetooth earphone dibagi menjadi dua kategori utama yaitu bentuk integrated (bersatu) dan bentuk completely independent (terpisah). Di pihak lain, ada juga bentuk all-in-one yang dipisahkan ke dalam neck band type dan left and right integrated. Setiap tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, pilihlah bluetooh earphone sesuai dengan selera dan penggunaan.

Untuk kemudahan saat tidak dipakai, pilih tipe dengan bentuk kiri dan kanan yang integral

Untuk kemudahan saat tidak dipakai, pilih tipe dengan bentuk kiri dan kanan yang integral

Produk terintegrasi yang paling umum memiliki bentuk tergabung di sisi kanan dan sisi kiri telinga. Tipe seperti ini terdapat pada kebanyakan bluetooth earphone. Jadi, bluetooth earphone tipe ini memiliki rentang harga yang bervariasi sehingga Anda akan mudah memilih produk berdasarkan budget. Tipe yang Anda lihat pada gambar tentu termasuk kategori wireless. Namun, di telinga kiri dan telinga kanan dihubungkan dengan kabel. Tipe ini biasanya dilengkapi microphone dan controller serta terdapat pula yang bobotnya ringan. Anda bisa mengalungkan tipe ini ke leher bila tidak ingin mengoperasikan earphone sehingga fitur ini cukup bermanfaat.

Tipe integral tergolong ringan sehingga memiliki batas ketahanan baterai tertentu yang dapat dipasang oleh produsen. Karena itu, Anda perlu memperhatikan bahwa kekurangan tipe ini adalah waktu pemakaian yang tidak panjang.

Tipe neckband mudah dipakai saat berolahraga

Tipe neckband mudah dipakai saat berolahraga

Bentuk tipe ini terhubung oleh kabel di sisi kiri dan kanan telinga. Jika demikian, tipe ini mirip dengan tipe integral kiri dan kanan. Di samping itu, terpasang juga sebuah band yang dapat berada dengan posisi konstan di bagian leher pengguna. Hal ini membuat earphone tipe ini sulit terjatuh meski Anda bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya. Tentu fitur ini akan bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin menggunakan earphone saat olahraga seperti saat berlari.

Tipe bluetooth earphone ini memiliki ketahanan baterai yang lebih tinggi jika dibandingkan tipe integral kiri dan kanan. Hal ini dapat terjadi karena baterai yang dapat diisi ulang terdapat di bagian band leher. Oleh sebab itu, tipe neckband lebih berat ketimbang tipe yang integral kiri dan kanan. Tambahan lagi, bahan di bagian yang bersentuhan dengan leher bisa berbeda-beda sehingga tidak dapat dilipat. Sebaiknya, siapkan ruangan berlebih saat Anda membawanya dan berhati-hatilah!

Completely independent type tidak memengaruhi tampilan fashion

Completely independent type tidak memengaruhi tampilan fashion

Tipe terbaru completely independent bluetooth earphone telah berkembang saat ini dengan bentuk yang berbeda dari kedua tipe sebelumnya. Jenis ini disebut juga tipe True Wireless karena tidak menggunakan kabel sama sekali sehingga berbentuk wireless sepenuhnya. Completely independent type banyak yang padu serta banyak pula yang pas di telinga. Anda akan tampak seperti tidak mengenakan earphone sehingga tidak memengaruhi tampilan fashion. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan kabel yang kusut sehingga hal ini menjadi keunggulan lain yang terbesar.

Produk dengan tipe ini umumnya berharga relatif mahal serta kebanyakan memiliki waktu pemutaran yang pendek. Bentuk yang complete wireless menyebabkan reduksi berat dan ukuran sehingga sulit menggunakannya untuk jangka waktu yang lama. Hal ini merupakan salah satu kekurangan earphone bluetooth tipe ini. Tambahan pula, bentuknya bisa juga menjadi kekurangan bagi sebagian orang.

Pilih berdasarkan perbedaan fungsi

Bluetooth earphone memiliki berbagai fungsi sehingga Anda dapat memilih produk sesuai dengan perbedaan fungsinya.

Apabila ingin lebih menikmati suara, pilih yang memiliki fungsi noise canceling

Apabila ingin lebih menikmati suara, pilih yang memiliki fungsi noise canceling

Penggunaan earphone dengan kualitas suara yang sangat baik akan percuma jika suara di sekitarnya masuk ke telinga. Jika Anda ingin menggunakan earphone di kereta komuter yang padat, Anda disarankan memilih produk dengan fungsi noise canceling.

Noise canceling berfungsi untuk menghalangi suara keriuhan di sekitar namun tetap menyalurkan suara dari earphone. Mekanisme ini berperan dengan cara mengambil suara keriuhan di sekitar dengan built-in microphone di bagian main body. Akibatnya, akan menghasilkan fase suara inverse (terbalik) yang berefek pada pembatalan suara serta meniadakan suara sekitar.

Seiring suara di sekitar yang hilang akan menyebabkan kemudahan untuk mendengar tanpa menaikkan volume suara. Hal ini menyebabkan beban di telinga terasa lebih ringan. Walaupun demikian, tidak semua suara akan teredam sehingga Anda harus memperhatikan hal ini.

Untuk pemakaian saat berlari, pilih yang antiair dan tahan terhadap tetesan

Untuk pemakaian saat berlari, pilih yang antiair dan tahan terhadap tetesan

Jumlah orang yang berlari atau berjalan untuk menjaga kesehatan bertambah banyak. Jika Anda ingin menggunakan bluetooth earphone saat berolahraga, Anda harus memeriksa fitur antiair atau ketahanan terhadap tetesan.

Hujan secara tiba-tiba bisa muncul begitu saja. Hal ini akan menjadi masalah bila Anda harus berhenti jogging hanya karena kebasahan. Dalam konteks ini, pastikan fitur antiair sudah ada pada earphone apabila Anda sering memakainya di luar ruangan. Di samping itu, perhatikan pula tingkat antiair yang bisa memberikan efek berbeda.

Pilih berdasarkan profile sesuai kebutuhan

Pilih berdasarkan profile sesuai kebutuhan

Profile merupakan standar yang menentukan sesuatu yang bisa Anda lakukan dengan bluetooth. Kemudahan penggunaan akan berubah tergantung jenis profile yang didukung. Meskipun demikian, profile secara alami akan menyesuaikan dengan A2DP yang mentransmisikan musik stereo.

Jika earphone kompatibel dengan profile yang dinamakan AVRCP, kontrol musik bisa dilakukan melalui earphone. Kontrol ini termasuk playbackstopskipfast forward dan lain sebagainya sehingga meningkatkan kenyamanan saat pengoperasian. Sementara itu, earphone yang kompatibel dengan profile HSP membuat Anda bisa melakukan panggilan secara hands- freeEarphone yang kompatibel dengan profile HFP dapat merespons tidak hanya panggilan masuk saja, tetapi juga untuk menelepon.

Kebanyakan bluetooth earphone yang integrated kompatibel dengan profile yang mampu melakukan percakapan secara hands-free. Akan tetapi, model earphone stand alone tidak memiliki microphone sehingga Anda tidak bisa melakukan panggilan secara hands-free. Karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan panggilan telepon secara hands-free harus memperhatikan profile terlebih dahulu.

Pilih bluetooth earphone berdasarkan ketahanan baterai

Pilih bluetooth earphone berdasarkan ketahanan baterai

Anda perlu melakukan pengisian ulang baterai saat menggunakan bluetooth earphone. Pada hakikatnya, terdapat perbedaan durasi ketahanan baterai tergantung dari produk yang Anda pilih. Dalam hal ini, rata-rata produk kebanyakan mampu dioperasikan sekitar 6 jam. Apabila Anda ingin memperpanjang durasi pemakaian, baterai yang digunakan akan semakin besar. Akibatnya, berat keseluruhan produk cenderung bertambah.

Jika Anda menginginkan durasi pemakaian panjang, tipe yang terdiri dari satu bagian lebih direkomendasikan ketimbang independent type. Di pihak lain, terdapat juga banyak tipe yang memiliki fungsi charging di bagian wadah. Dengan demikian, earphone independent type dengan penggunaan baterai yang pendek dapat ditambah durasinya jika Anda membawa wadahnya. Tambahan pula, kebanyakan bluetooth earphone dapat diisi ulang dengan mudah menggunakan mobile battery. Jadi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan lagi mengenai durasi baterai.

Pilih yang disertai dengan aksesori lengkap

Pilih yang disertai dengan aksesori lengkap

Aksesori secara tak terduga cenderung dilupakan. Wadah penyimpanan atau tas kecil yang disertakan merupakan bagian yang berkontribusi besar terhadap kenyamanan saat Anda membawa earphone. Terutama completely independent type yang pada umumnya dilengkapi wadah sebagai perangkat untuk mengisi ulang. Paling tidak, perhatikanlah ukuran dan beratnya saat disertakan.

Hal penting lain adalah kehadiran kabel yang digunakan untuk mengisi ulang baterai. Contohnya, pengguna yang memakai iPhone berpikir pengisian ulang bisa menggunakan kabel tipe lightening. Namun, kebanyakan bluetooth earphone menggunakan kabel micro USB untuk pengisian ulang dayanya. Jika kabel ini tidak disertakan, Anda harus menyiapkan kabel sendiri secara terpisah. Oleh sebab itu, jangan lupa melakukan pengecekan sebelum membeli.

10 Rekomendasi bluetooth earphone terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth earphone terbaik. Beberapa produk yang kami rekomendasikan ini bervariasi dengan kualitas terbaik hingga berharga ekonomis. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda!

10. ELEGIANT Mini In-ear Sport Stereo Bluetooth Earphones

10. ELEGIANT Mini In-ear Sport Stereo Bluetooth Earphones

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 276.000

Completely independent type yang ekonomis

Anda akan mendapat aksesori komplet, seperti tas, earhook, kabel USB, dan empat earbud tips. Pilihlah produk ini apabila Anda tidak ingin repot membeli aksesori secara terpisah. ELEGIANT Mini In-ear Sport Stereo Bluetooth Earphones dirilis dengan harga yang bersahabat. Apabila Anda menginginkan bluetooth earphone completely independent type berharga ekonomis, milikilah earphone ini.

Produk ini bisa digunakan dengan jarak hingga 9 meter dengan berat hanya 6 gram saja. Selain itu, metode pairing-nya cukup mudah dan cepat yang hanya membutuhkan waktu selama 5 detik saja. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih earphone ini jika tidak ingin membuang waktu karena kesulitan melakukan pairing. Keunggulan lain produk ini yaitu kompatibilitasnya dengan iOS dan Android.

9. Roman R6000

9. Roman R6000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 205.000

Dilengkapi USB car charger, jadi mudah memakai bluetooth earphone di mobil!

Roman R6000 dilengkapi car charger yang mudah dikeluarkan dengan cara ditekan serta bisa dipakai hingga ribuan kali. Jadikan produk ini pilihan jika Anda sering berkomunikasi atau mendengarkan musik melalui smartphone di kendaraan. Tambahan lagi, bluetooth earphone ini bisa terhubung dengan mudah ke smartphone hanya dalam waktu 3 detik saja.

Anda bisa mendengarkan musik selama 2,5 jam serta memiliki waktu bicara hingga 3 jam dengan memakai produk ini. Charger-nya bisa berfungsi juga untuk mengisi daya smartphone Anda. Tambahan pula, desain cincin LED pada Roman R6000 memiliki fungsi sebagai indikator jika terdapat panggilan masuk. Dengan demikian, Anda akan tetap terhubung selama berkendara.

8. Sony WI-H700 h.ear in 2 Wireless In-ear Headphones

8. Sony WI-H700 h.ear in 2 Wireless In-ear Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.799.000

Kompatibel dengan sumber suara high resolution yang autentik!

Milikilah produk ini jika Anda senang menikmati suara berkategori high resolution. Sony WI-H700 h.ear in 2 Wireless In-ear Headphones kompatibel dengan sumber suara high resolution. Akibatnya, suara yang Anda dengarkan terasa autentik. Earphone ini juga memakai LDAC yang mentransmisikan data lebih banyak dibandingkan bluetooth konvensional guna memberikan suara berkualitas.

Fitur NFC akan memudahkan Anda untuk menghubungkan produk ini ke smartphone. Apabila ada panggilan masuk, neckband akan bergetar halus sehingga Anda tidak akan kehilangan kontak. Earphone ini dilengkapi juga dengan gesper magnet yang menjaga earbud tetap rapi saat disimpan atau saat digunakan. Selanjutnya, Anda juga bisa mendengarkan musik hingga 8 jam.

7. Plantronics BackBeat FIT 305

7. Plantronics BackBeat FIT 305

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.150.000

Antiair, antikeringat, dan antitumpahan!

Produk ini antiair karena memiliki rating IPX5 yang dikombinasikan dengan nano coating dengan grade militer. Dengan demikian, Anda dapat memakai produk ini untuk beraktivitas di luar ruangan saat hujan. Sementara itu, sweatproof coating P2i membuat produk ini antikeringat. Desain occlusive eartip mampu menghambat suara dari luar, namun tetap aman saat dipakai.

Kabel produk ini bersifat reflective sehingga meningkatkan visibilitas di tempat gelap. Oleh karena itu, Anda tidak akan mendapat masalah saat memakainya di malam hari. Selain itu, klip kabel 2-in-1 akan tetap aman berada di tempatnya selama penggunaan aktif. Anda bisa memasang klip ini ke baju. Anda juga bisa melakukan pairing hingga delapan device dengan dua device yang terhubung.

6. Soul Electronics ST-XS Superior High Performance True Wireless Earphones

6. Soul Electronics ST-XS Superior High Performance True Wireless Earphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.799.000

Dilengkapi dynamic neodymium drivers untuk profil suara bass mendalam

Dua dynamic neodymium drivers sebesar 6 mm yang powerful memberikan ciri khas suara bass yang mendalam. Namun, rentang suara menengah dan tinggi masih bisa Anda nikmati dengan jernih. Pilihlah produk ini jika Anda senang mendengarkan musik dengan suara bass. Anda juga tidak akan merasa terbebani saat memakai produk ini karena memiliki berat hanya 4 gram saja.

Soul ST-XS memiliki fungsi auto pairing sehingga Anda bisa memakainya dengan mudah dan cepat. Earphone ini cocok untuk Anda yang tidak mau berlama-lama melakukan pairing dengan smartphone. Terdapat pula portable charging box untuk mengisi daya hingga empat kali untuk pemakaian 10 jam. Tambahan lagi, pemakaiannya sudah mendukung profile HFP, A2DP, dan AVRCP.

5. Sony Stereo Bluetooth Headset SBH80

5. Sony Stereo Bluetooth Headset SBH80

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 900.000

Nyaman di telinga dengan aptX audio enhancement dan teknologi HD!

Rasakanlah kenyamanan dari Sony Stereo Bluetooth Headset SBH80 melalui teknologi high definition yang menghasilkan suara optimal di telinga. Bluetooth earphone ini telah mendukung juga teknologi aptX audio enhancement sehingga memberi kenyamanan saat Anda mendengarkan musik secara wireless. Jadikanlah produk ini sebagai pilihan jika ingin mendapatkan kualitas suara yang jernih.

Kenyamanan Anda akan bertambah karena produk ini mendukung profile AVRCP, HFP, dan A2DP. Baterainya dapat standby selama 65 jam dengan waktu bicara 9 jam dan 6 jam waktu streaming. Milikilah produk ini jika Anda tidak ingin kerepotan karena terlalu sering menge-charge. Sony juga mendesain produk ini supaya selaras saat dikenakan dengan berbagai mode fashion.

4. V-Moda Forza Metallo Wireless

4. V-Moda Forza Metallo Wireless

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.599.000

Jadi jernih saat berbicara dengan Dual Noise-Canceling Microphone!

Fitur Titanium TrapLock pada produk ini bisa disesuaikan dengan leher dan bahu, serta bisa disembunyikan di bawah kerah. Dengan demikian, Anda bisa memakai produk ini dengan tetap stylish meski bukan completely independent type. V-Moda Forza Metallo Wireless bisa dipakai hingga 10 jam. Pilihan tepat jika Anda tidak ingin repot mengisi ulang baterai berulang kali.

Nikmati juga kualitas suara tinggi karena produk ini kompatibel dengan aptX codec. Tambahan lagi, bluetooth earphone ini dilengkapi Nano Coating Technology. Teknologi ini akan menjaga produk tahan terhadap keringat, perubahan cuaca, dan perubahan temperatur. Kehadiran Dual Noise-Canceling Microphone menjadi daya tarik lain karena menghasilkan suara bening saat Anda berbicara.

3. JBL Reflect Fit Heart Rate Wireless Headphones

3. JBL Reflect Fit Heart Rate Wireless Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.599.000

Dilengkapi Live Heart Rate untuk memonitor detak jantung saat berolahraga

Kami merekomendasikan JBL Reflect Fit bagi Anda yang senang berolahraga dengan mendengarkan musik. Bluetooth earphone tipe neckband ini dilengkapi pula dengan Live Heart Rate. Jadi, Anda bisa mengontrol denyut jantung tanpa harus memakai smartphone. Selain itu, sertifikasi IPX5 membuat produk ini tahan terhadap keringat sehingga Anda tidak khawatir selama berolahraga.

JBL memberikan aksesori yang cukup lengkap dalam paket penjualan, seperti tiga buah ear tips, kabel charger, serta pouch. Sementara itu, baterainya tahan hingga 10 jam yang membuat Anda tetap bisa menikmati musik dengan durasi lama. Kemudahan lain Anda dapatkan dengan pengisian baterai cukup 15 menit saja untuk pemutaran musik selama 1 jam. Menarik, bukan?

2. Sennheiser HD1 In-Ear Wireless Black

2. Sennheiser HD1 In-Ear Wireless Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.809.000

Kompatibel dengan berbagai profile, seperti A2DP, AVRCP, HSP, dan HFP

Pilihlah produk ini jika Anda mencari bluetooth earphone yang kompatibel dengan berbagai profile. Sennheiser HD1 In-Ear Wireless kompatibel dengan profile A2DP, AVRCP, HSP, dan HFP. Kenyamanan saat mendengarkan musik juga bertambah karena produk ini kompatibel dengan codec AAC dan aptX. Fitur NFC-nya membawa kemudahan saat Anda menghubungkan produk ini.

Sistem high quality dynamic menghasilkan suara dengan respons bass yang kuat dengan proyeksi vokal yang detail. Sennheiser HD1 In-ear Wireless bisa Anda hubungkan ke dua perangkat sekaligus, cocok untuk Anda yang memiliki smartphone lebih dari satu. Suara berkualitasnya diimbangi dengan tampilan elegan berupa earpiece dari bahan chrome dan neckband yang dibalut nappa leather.

1. Beats by Dre Powerbeats3 Wireless

1. Beats by Dre Powerbeats3 Wireless

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.469.000

Dibekali baterai yang tahan hingga 12 jam!

Beats menghadirkan teknologi Apple W1 chip yang memudahkan Anda saat menyetel dan beralih device. Fitur ini berlaku dengan akun iCloud dengan perangkat minimum macOS Sierra, iOS 10, watchOS 3. Oleh sebab itu, Apple fans dapat melengkapi gadget Anda dengan earphone ini. Selain itu, Beats by Dre Powerbeats3 Wireless sudah tentu kompatibel dengan Siri.

Baterai bluetooth earphone ini memiliki daya tarik tersendiri karena tahan hingga 12 jam. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang membutuhkan earphone untuk pemakaian jangka waktu yang lama. Tambahan lagi, pengisian baterai selama 5 menit bisa dipakai untuk pemakaian hingga 1 jam. Hal ini tentu menghemat waktu jika Anda ingin menggunakan earphone saat low batt.

Sekilas mengenai bluetooth

Sekilas mengenai bluetooth

Akhirnya, kami akan memaparkan sedikit informasi mengenai bluetooth. Apakah Anda mengetahui bahwa bluetooth terdiri dari beberapa versi? Smartphone terkini memiliki bluetooth versi 4.0 hingga versi 4.2 yang biasa disebut sebagai generasi 4.0. Bluetooth sendiri memiliki versi 1.1 hingga versi 5.0. Walaupun demikian, bluetooth memiliki kompatibilitas untuk semua versi. Jadi, bluetooth dapat dipakai untuk smartphone dan earphone dengan versi yang berbeda. Akan tetapi, fungsi yang terlibat akan menyesuaikan dengan versi yang lebih rendah sehingga Anda perlu memperhatikan hal ini.

Teknologi bluetooth memiliki performa yang meningkat seiring dengan peningkatan versinya. Namun, Anda sebaiknya memilih generasi 4.0 jika ingin menggunakannya untuk waktu yang lama. Hal ini terjadi karena smartphone yang kompatibel dengan bluetooth 5.0 hanya sedikit. Masalah utama bluetooth earphone muncul pada jangka waktu pemakaian. Bluetooth versi 4.0 mampu menghemat daya 60% lebih baik dibandingkan generasi 3.0. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk waktu lama yang lebih lama.

Jangkauan gelombang radio bluetooth juga bervariasi tergantung kelas tertentu. Kelas satu mampu menjangkau hingga 100 meter sedangkan kelas dua bisa menjangkau hingga 10 meter. Sementara itu, kelas tiga mampu menjangkau hingga 1 meter. Bluetooth earphone biasanya menggunakan nilai standar kelas dua. Jangkauan ini mencukupi jika Anda meletakkan smartphone cukup dekat. Biarpun begitu, masalah jangkauan akan muncul jika Anda ingin mendengarkan musik melalui smartphone sambil membersihkan kamar mandi. Terutama jika Anda menyimpan smartphone di ruang tamu dengan jarak yang tidak memadai untuk penggunaan bluetooth. Tiap kelas bluetooth terhubung ke jarak terdekat dari perangkat pengirim dan penerima. Oleh karena itu, kenyamanan akan diperoleh jika Anda memperhatikan juga jarak jangkauan gelombang radio smartphone Anda.

Poin penting yang berkaitan dengan bluetooth earphone

Poin penting yang berkaitan dengan bluetooth earphone

Selain berguna, bluetooth earphone memiliki kelemahan juga. Dalam konteks ini, kualitas nada merupakan bagian yang dikorbankan. Beberapa produk kompatibel dengan codec berkualitas tinggi. Meskipun begitu, tidak dapat terbantahkan bahwa ada beberapa aspek yang cenderung menurunkan kualitas suara secara alami. Oleh sebab itu, kami tidak merekomendasikan bluetooth earphone bagi Anda yang mementingkan kualitas suara terbaik.

Bluetooth earphone juga kurang cocok untuk penggunaan bermain game atau untuk menonton film. Masalah muncul karena bluetooth earphone merupakan wireless. Hal ini akan berakibat terjadinya penundaan pada suara yang didengar dari video yang ditonton. Agar masalah ini bisa terselesaikan, pilihlah produk yang kompatibel dengan codec berkualitas tinggi. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih earphone dengan kabel. Pakailah bluetooth earphone yang berharga murah untuk mendengarkan musik saja.

Kesimpulan

Kami telah menjabarkan cara memilih bluetooth earphone serta memberikan sepuluh rekomendasi produk pilihan kami. Bagaimana menurut Anda?

Bluetooth earphone dijual dengan berbagai variasi lain selain yang sudah kami paparkan. Oleh karena itu, jadikanlah poin penting yang sudah kami sampaikan sebagai pedoman Anda saat memilih bluetooth earphone. Pemilihan bluetooth earphone yang tepat akan memberikan kenyamanan saat Anda mendengarkan musik. Terima kasih sudah membaca sampai bertemu di artikel menarik lainnya!