10 Rekomendasi Rak Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Rak Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Rak dinding adalah salah satu interior ruangan yang didesain dengan berbagai fitur serbaguna. Saat ini, rak dinding yang tersedia di pasaran memiliki bentuk dan fungsi yang cukup beragam. Namun, banyaknya produk yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih produk.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan 10 rekomendasi rak dinding terbaik untuk Anda, seperti tipe yang cocok untuk rumah sewa dan tipe untuk pemasangan permanen. Produk dari IKEA dan Funika juga tidak akan terlewat kami ulas. Simak terus artikel kami dan temukanlah rak dinding yang sempurna untuk ruangan Anda!

Daftar isi

Cara memilih rak dinding

Ketika memilih rak dinding, ada dua hal penting yang perlu Anda perhatikan, yakni cara menempelkannya ke dinding serta kapasitas beban yang dapat ditahannya. Mari ingat kedua poin ini sebelum membeli agar rak dinding Anda aman dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Pahamilah cara memasangkan rak ke dinding

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rak dinding ialah metode pemasangannya. Terutama jika Anda menempati rumah sewaan, tentunya sebisa mungkin jangan sampai merusak dindingnya. Ada tiga metode yang akan kami jelaskan pada Anda, yaitu menggunakan push pin, stapler, serta dengan baut dan mur. Silakan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Jika ingin memasang rak dengan mudah, gunakan push pin

Jika ingin memasang rak dengan mudah, gunakan push pin

Push pin atau paku mini biasa digunakan untuk menempelkan poster dan lainnya. Penggunaan push pin untuk memasang rak dinding akan meminimalisir kerusakan pada dinding rumah Anda karena diameternya yang kecil. Tentunya aman untuk digunakan, bahkan bagi Anda yang menempati rumah sewaan.

Push pin ini juga mudah digunakan serta tidak meninggalkan bekas yang kentara pada dinding rumah. Sayangnya, push pin ini tidak dapat menahan beban yang berat. Karenanya, push pin ini cocok bagi Anda yang tidak ingin merusak dinding, tetapi memerlukan rak dinding untuk memajang figura atau benda kecil lainnya.

Jika ingin meminimalisir kerusakan pada dinding Anda, gunakan stapler

Jika ingin meminimalisir kerusakan pada dinding Anda, gunakan stapler

Ingin mengurangi kerusakan pada dinding akibat salah menggunakan paku? Anda bisa menggunakan stapler untuk memasangkan rak dinding. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan push pin, stapler ini memiliki kapasitas menanggung beban yang lebih besar, yaitu mencapai 6 kilogram.

Penggunaan stapler ini dikhususkan untuk rak dinding berbahan gypsum. Namun, rak dinding berbahan gypsum ini masih jarang ditemui di Indonesia. Untuk itu, Anda bisa menggunakan rak dinding berbahan kayu yang dipasangkan ke dinding menggunakan baut dan mur karena produknya lebih banyak dijumpai di online shop Indonesia.

Dinding yang indah ditentukan oleh pilihan dekorasi yang menghiasinya. Untuk itu, ketika akan membeli rak dinding, pertimbangkan juga dari segi keindahan interior rumah Anda.

Jika ingin memasang rak dinding secara permanen, gunakan baut dan mur

Jika ingin memasang rak dinding secara permanen, gunakan baut dan mur

Jika Anda tidak keberatan dengan adanya sedikit lubang yang kentara pada dinding rumah, kami sarankan untuk memasangkan rak dinding menggunakan paku beton, baut, mur, serta kunci L untuk melepas dan mengencangkan baut. Hasilnya sepadan, rak dinding akan terpasang sempurna dan sanggup menahan beban yang cukup berat. Begitu Anda memasangnya, maka akan sulit membongkarnya tanpa meninggalkan cacat pada dinding. Untuk meminimalisir kesalahan, tentukanlah posisi yang sesuai untuk rak dinding pilihan Anda terlebih dahulu.

Pilihlah rak dinding berdasarkan kapasitas beban sesuai kebutuhan Anda

Pilihlah rak dinding berdasarkan kapasitas beban sesuai kebutuhan Anda

Saat Anda akan memilih rak dinding, jangan lupa untuk memperhatikan kapasitasnya dalam menahan beban. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga akan memerlukan rak dengan kapasitas beban yang berbeda pula. Misalnya, ada yang ingin menjadikannya sebagai rak pajangan, ada juga yang ingin menggunakannya sebagai rak buku dan penyimpanan, tempat meletakkan kunci-kunci, dan sebagainya.

Terutama bagi Anda yang tidak hanya menggunakan rak dinding sebagai interior saja, tetapi juga sebagai tempat penyimpanan, poin ini perlu diperhatikan. Apa yang ingin Anda letakkan di atas rak? Memilih dan membeli rak dinding setelah Anda menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah solusi terbaik.

10 Rekomendasi rak dinding terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi rak dinding terbaik untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai kebutuhan Anda.

10. Rak Dinding Sudut Kayu Jati Belanda

10. Rak Dinding Sudut Kayu Jati Belanda

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 289.000

Ubah sudut ruangan Anda menjadi tempat penyimpanan yang serbaguna

Ingin memanfaatkan sudut ruangan sebagai tempat penyimpanan sekaligus interior yang cantik? Produk ini bisa menjadi jawabannya. Rak yang terbuat dari kayu jati Belanda ini didesain untuk sudut ruangan sehingga Anda bisa menyimpan beberapa buku, pot tanaman kecil, serta bingkai foto yang akan mempermanis ruangan Anda.

Produk berdimensi 40 x 30 x 20 cm ini juga menggunakan finishing natural based yang aman bagi kesehatan Anda dan keluarga. Untuk pemasangannya, produk ini menggunakan paku beton yang kokoh serta baut fisher yang sudah tersedia sepaket dalam pembelian. Produk ini juga bisa untuk pemasangan permanen.

9. Twinsj Gantungan Kunci Klasik

9. Twinsj Gantungan Kunci Klasik

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Kunci tersimpan dengan rapi dan aman, Anda tidak lagi repot mencarinya

Bagi Anda yang sering kali lupa meletakkan kunci-kunci karena tidak memiliki tempat menggantungnya, cobalah produk dari Twinsj ini. Dengan produk ini, Anda akan merasa aman karena rak ini dilengkapi dengan cantelan untuk menggantung kunci. Lalu, pada bagian atasnya bisa Anda gunakan untuk menyimpan pot atau figura mungil.

Bahan kayu multipleks yang dilapisi HPL (high pressure laminated) membuat rak ini menjadi kuat, stabil, serta lebih awet digunakan. Rak berdimensi 38 x 8 x 15 cm ini juga memiliki kait pada bagian belakangnya sehingga Anda cukup memasang paku beton sebagai tempat menggantungkannya. Pas digunakan untuk pemasangan permanen.

8. Masterspace Shelving Wood 60 x 20 x 1,8 cm

8. Masterspace Shelving Wood 60 x 20 x 1,8 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 104.900

Koleksi buku dan pajangan tersimpan rapi tanpa memenuhi ruangan

Anda membutuhkan tempat untuk koleksi buku serta pajangan, tetapi tak punya cukup ruang untuk meletakkan rak buku yang besar? Cobalah produk berikut. Dengan bentuknya yang panjang dan tidak memiliki lekukan, produk ini cukup praktis untuk Anda pasangkan menggunakan baut dan mur di berbagai dinding di ruangan Anda serta bisa juga dipasang permanen.

Dengan begitu, koleksi buku-buku dan pajangan Anda pun tidak akan tercecer sekaligus tidak memenuhi ruangan Anda. Karena berbahan MDF, rak ini memiliki potongan yang halus serta minim risiko pecah atau retak karena tidak memiliki serat layaknya kayu asli. Rak berdimensi 60 x 20 x 1,8 cm ini pun mampu menahan beban hingga 20 kg.

7. Storage Decorative Rack Shabby Chic

7. Storage Decorative Rack Shabby Chic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Ringan dengan harga terjangkau, bisa dipasang tanpa melukai dinding rumah

Apakah Anda mencari rak dinding serbaguna, tetapi sedang menghemat pengeluaran? Produk yang berbobot di bawah 500 gram ini bisa menjadi solusi. Rak berharga terjangkau ini bisa menampung berbagai barang-barang keperluan Anda yang berukuran kecil. Produk ini juga berdesain ala shabby chic yang membuat ruangan tampak menawan.

Rak ini pun cocok ditempatkan di kamar tidur, dapur, bahkan kamar mandi karena terbuat dari campuran kayu dan plastik yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan jamur. Rak berdimensi 45 x 11,5 x 7 cm ini bisa dipasangkan menggunakan gantungan yang sudah disediakan, Anda dapat memakai 4 buah push pin untuk melekatkannya pada dinding.

6. JYSK Wall Cabinet Hetha 3 Shelves Toppan Oak

6. JYSK Wall Cabinet Hetha 3 Shelves Toppan Oak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.000

Praktis, bisa dipasang di dinding atau diletakkan pada sisi ruangan Anda

Bagi Anda yang mencari produk berdesain minimalis, produk berikut layak Anda jadikan pilihan. Selain berdesain minimalis dan menarik dengan sudut luar yang menumpul, rak yang menggunakan perpaduan bahan particle board dan MDF (medium density fiber board) ini juga bisa dipasang di dinding atau diletakkan di sisi ruangan Anda.

Rak dinding yang berdimensi 39 x 29 x 38,4 cm ini juga bisa menampung barang-barang dengan bobot yang ringan hingga sedang. Untuk metode pemasangannya, Anda bisa menggunakan paku beton agar rak ini lebih kokoh dan tidak mudah terlepas. Warna cokelat yang natural juga memberi kesan klasik pada produk yang bisa dipasang permanen ini.

5. Essnwood Rak Dinding Susun

5. Essnwood Rak Dinding Susun

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 143.000

Desain memanjang secara vertikal, solusi penyimpanan di area dinding yang sempit

Rak yang terbuat dari kayu pinus ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memanfaatkan setiap jengkal dinding di rumah Anda sebagai space penyimpanan. Memiliki desain memanjang vertikal dengan kesan simpel dan sederhana, produk ini juga cocok bagi Anda yang ingin memberi kesan menawan dan tidak begitu mencolok di ruangan Anda.

Rak dinding ini juga menggunakan sentuhan akhir melamin dengan antigores dan antiair yang menjadikannya awet serta tahan lama. Tidak hanya itu, produk yang berukuran 14 x 13 x 58 cm ini pun bisa dipasangkan ke dinding menggunakan paku beton yang sudah termasuk paket pembelian sehingga bisa dipasang permanen.

4. FUNIKA 11020 WH

4. FUNIKA 11020 WH

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 208.000

Bentuknya unik dan fungsional, bisa dipasang di sisi kulkas juga!

Rak yang satu ini tidak hanya bisa Anda pasang di dinding saja, tetapi juga bisa di sisi kulkas. Produk ini juga memiliki sekat pengaman agar barang yang disimpan tidak mudah jatuh, karenanya produk ini cocok bagi Anda yang ingin menggunakan rak dinding untuk meletakkan barang-barang kecil, seperti bumbu dapur, kotak obat, dan sebagainya.

Rak dinding berbahan particle board ini pun mudah dipasang menggunakan baut dan mur serta kunci L untuk memasangkan bautnya. Bila Anda ingin meletakkanya pada sisi kulkas, Anda bisa dengan mudah memasangkannya karena produk berdimensi 76 x 40 x 10 cm ini sudah dilengkapi perekat yang kuat. Rak ini pun bisa untuk pemasangan permanen.

3. Uwitan New Ambalan U Natural

3. Uwitan New Ambalan U Natural

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Berbahan kayu pinus, pilihan tepat bagi rumah yang sering diserang rayap

Tidak hanya satu, tetapi Anda akan langsung mendapat dua rak sekaligus dalam setiap pembelian. Produk yang terdiri dari 2 rak dinding ini pun memiliki dimensi yang berbeda, yakni 45 x 14 x 10 cm dan 60 x 15 x 10 cm. Memiliki pengaman di pinggiran rak, barang-barang pun tak akan mudah terjatuh. Bagi Anda yang menginginkan space lebih, produk ini juga pilihan tepat.

Material kayu pinusnya membuat produk ini antirayap dan bisa bertahan dalam waktu lama. Untuk metode pemasangannya, rak dinding ini bisa dipasangkan menggunakan baut dan mur atau paku beton bila Anda ingin yang lebih kokoh sehingga dapat dipasang permanen. Produk ini pun mampu menahan barang-barang dengan bobot ringan hingga sedang sesuai kapasitasnya.

2. Livien Rak Dinding Canberra

2. Livien Rak Dinding Canberra

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 334.700

Berdesain klasik dengan pilihan warna yang menawan

Rak dinding yang berikut ini bisa menjawab kebutuhan Anda yang ingin menata ruangan dengan kesan vintage. Rak dinding berbahan kayu mahoni dan MDF yang kuat serta halus ini juga ramah lingkungan. Produk berdimensi 80 x 13 x 26 cm ini pun memiliki 5 tambahan gantungan yang bisa digunakan untuk menggantung kain lap, gelas, dan sebagainya.

Rak ini dapat dipasang menggunakan baut serta mur yang akan membuatnya melekat permanen dan sempurna. Selain itu, dengan desainnya yang klasik, produk ini bisa ditempatkan di ruang keluarga, dapur, dan ruangan lain sesuai kebutuhan Anda. Produk ini juga memiliki varian warna lain, seperti white-dark brown, blue sky, serta pink yang menawan.

1. IKEA Ekby Alex/Ekby Valter Shelf with Drawer

1. IKEA Ekby Alex/Ekby Valter Shelf with Drawer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 899.000

Tidak lagi banyak barang menumpuk di meja bila ada produk ini

Meja kerja Anda berantakan karena kekurangan tempat penyimpanan? Produk dari IKEA ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Dibuat dari gabungan bahan particle board, fibre board, foil, dan plastik, rak dinding ini dilengkapi 2 laci yang mampu menampung banyak barang sehingga meja Anda bisa lebih rapi tertata tanpa adanya barang yang menumpuk.

Selain itu, sentuhan akhir berupa cat akriliknya juga bisa menjaga struktur kayu rak ini, membuatnya tahan lembap, serta tetap bagus dalam waktu yang lama. Produk berdimensi 119 x 31 cm ini pun bisa dipasang permanen menggunakan baut dan mur pada bracket-nya. Rak dinding ini juga mampu menahan beban hingga 20 kg, lho!

Kesimpulan

Demikian 10 rekomendasi rak dinding terbaik yang sudah kami pilihkan khusus untuk Anda. Rak dinding memiliki bentuk, warna, dan kegunaan yang beragam sehingga terdapat banyak pilihan. Selain fungsi, rak dinding juga memiliki nilai estetika sebagai bagian dari dekorasi rumah Anda.

Sebelum memilih rak dinding, ketahuilah tipe rak yang akan dipilih. Baik rak dinding permanen maupun bongkar-pasang, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan juga metode pemasangan dan kapasitas rak tersebut dalam menahan beban. Selamat memilih!