1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Eyeshadow Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Eyeshadow adalah makeup wajib untuk mempercantik riasan mata. Ada berbagai tipe eyeshadow, salah satunya adalah eyeshadow powder. Namun, memilih eyeshadow mungkin dapat membuat Anda bingung, terutama jika Anda baru pertama kali mencoba eyeshadow powder.

Kali ini kami akan menjelaskan cara pemilihan eyeshadow powder yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami akan memberikan rekomendasi eyeshadow terbaik dari merek ternama, seperti Emina, Maybelline, hingga Urban Decay. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan. Silakan baca secara saksama dan dapatkan produk yang mampu mempercantik mata Anda dengan maksimal!
Diperbaharui 04-14-2022
Pakar
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin. Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Profil Fithrah Al Insani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eyeshadow powder

Mari perhatikan beberapa poin yang harus Anda periksa saat hendak memilih eyeshadow powder. Dengan begitu, Anda akan bisa memilih produk yang paling tepat untuk Anda.

① Temukan tipe eyeshadow powder yang nyaman untuk Anda

Eyeshadow powder secara umum dibagi menjadi dua bentuk, yaitu pressed type dan loose type. Tiap-tiap tipe memiliki karakteristik tersendiri, jadi silakan pilih eyeshadow yang paling cocok untuk Anda.

Pressed type, compact dan mudah dibawa bepergian

Pressed type, compact dan mudah dibawa bepergian
Pressed type adalah tipe eyeshadow yang mencampurkan pigmen pewarna dengan bahan pengikat. Kemudian, campuran tersebut ditekan dalam loyang kecil hingga padat.

Berhubung tipe ini di-press dengan kuat, Anda tidak perlu khawatir bubuknya mudah jatuh. Oleh karena itu, tipe ini sangat cocok untuk dibawa bepergian. Untuk pemakaiannya, tipe ini bisa Anda gunakan dengan bantuan aplikator sponge atau jari tangan yang bersih. 

Loose type, memberikan hasil akhir yang lembut

Loose type, memberikan hasil akhir yang lembut
Berbeda dengan pressed type, loose type eyeshadow tidak memiliki bahan pengikat. Loose eyeshadow powder juga biasa hadir dalam kemasan wadah kecil yang dijual per satu warna. Untuk cara pakainya, lebih baik gunakan brush kecil seperti pada gambar

Selain itu, dalam pengaplikasiannya, bubuk eyeshadow bisa saja bertebaran ke area muka lainnya. Untuk itu, sebaiknya aplikasikan loose type eyeshadow sebelum Anda menggunakan foundationDi sisi lain, tipe ini memiliki karakteristik finishing yang lebih lembut dibandingkan dengan pressed type. Jika Anda menginginkan kesan yang lembut, silakan pilih jenis ini.

② Sesuaikan dengan hasil riasan yang ingin Anda dapatkan

Hasil akhir dari eyeshadow powder juga merupakan salah satu poin yang harus Anda pertimbangkan. Meski warnanya sudah tertulis jelas, adanya efek shimmer tentu akan memberikan kesan yang berbeda. Jadi, silakan coba pilih sesuai kesukaan dan gaya makeup Anda.

Riasan natural, gunakan eyeshadow powder matte

Riasan natural, gunakan eyeshadow powder matte
Eyeshadow powder jenis matte merupakan eyeshadow yang tidak ada glitter-nya atau biasa disebut eyeshadow non-glitter. Eyeshadow ini sangat cocok untuk menghasilkan kesan riasan alami

Anda bisa menggunakannya saat ke kampus, ke kantor, atau kegiatan sehari-hari lainnya. Eyeshadow powder matte mempunyai kegunaan sebagai warna transisi. Eyeshadow powder matte sangat aman dipakai untuk pemilik kulit berminyak


Dengan memiliki palette khusus berisi eyeshadow matte saja, palette tersebut sudah seperti harta karun untuk Anda. Eyeshadow bisa digunakan sampai dua tahun dari masa pemakaian. Eyeshadow matte juga bisa digunakan sebagai brow powder.


Eyeshadow warna coklat dan krem dapat digunakan sebagai highlight brow bone. Warna hitam bisa dijadikan sebagai eyeliner juga. Jadi, dengan mempunyai satu palette berisi eyeshadow matte itu seperti investasi karena bisa multifungsi.


Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai merek eyeshadow matte tanpa glitter. Brand lokal seperti Wardah, sampai brand luar, Urban Decay dan Bobbi Brown, memproduksi eyeshadow matte tanpa glitter. Jika Anda mencari eyeshadow tanpa glitter atau eyeshadow tanpa shimmer, silakan merujuk pada produk keluaran merek-merek tersebut.

Riasan elegan untuk ke pesta, gunakan eyeshadow powder shimmer

Riasan elegan untuk ke pesta, gunakan eyeshadow powder shimmer

Eyeshadow powder yang dicampur dengan pearl biasa disebut eyeshadow shimmer. Eyeshadow ini sangat sempurna untuk Anda yang ingin menonjolkan kesan cantik pada mata. Bagi Anda yang ingin tampil elegan saat pergi ke pesta, cobalah eyeshadow shimmer.

 

Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk sehari-hari, eyeshadow shimmer juga masih memungkinkan. Silakan Anda pilih warna-warna lembut seperti pink atau peach

Riasan ekstra glamor, gunakan eyeshadow powder glitter

Riasan ekstra glamor, gunakan eyeshadow powder glitter

Berbeda dengan eyeshadow shimmer, butiran glitter pada glitter eyeshadow powder lebih besar dan lebih terlihat. Hal ini membuat eyeshadow glitter tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari. Anda bisa menggunakan eyeshadow ini saat Anda ingin tampil glamor pada acara-acara tertentu

③ Pilih eyeshadow powder berdasarkan jumlah varian warnanya

Dalam penggunaannya, varian warna eyeshadow cukup memengaruhi hasil riasan yang ingin Anda tampilkan. Untuk itu, kenalilah eyeshadow powder berdasarkan varian warnanya.

Eyeshadow palette, praktis dan mudah untuk membuat gradasi warna

Eyeshadow palette, praktis dan mudah untuk membuat gradasi warna

Sesuai namanya, eyeshadow palette terdiri dari kumpulan beberapa warna eyeshadow yang sudah diatur sedemikian rupa. Hal ini guna memudahkan konsumen untuk membuat gradasi atau kombinasi warna untuk riasan mata Anda


Selain itu, karena jenis palet hadir dalam beragam ukuran, perhatikan kebutuhan warna yang Anda perlukan. Bagi Anda yang baru mencoba menggunakan riasan mata, Anda bisa mencoba eyeshadow palet empat warna. Jika Anda sudah sering menggunakan riasan mata mungkin bisa memilih palet dua belas warna atau lebih.


Terdapat ratusan jenis palette eyeshadow, mulai dari empat hingga 99 warna dalam satu palette. Namun, semuanya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

Single eyeshadow, riasan satu warna yang cantik dan praktis

Single eyeshadow, riasan satu warna yang cantik dan praktis

Salah satu keuntungan dari eyeshadow powder tunggal adalah Anda dapat membeli warna-warna tertentu yang Anda inginkan dengan tepat. Jika Anda bukan tipikal orang yang menggunakan banyak warna dalam merias mata, single eyeshadow bisa menjadi pilihan tepat


Dari segi kemasan, single eyeshadow juga lebih compact dan harganya tentu akan lebih terjangkau dibandingkan eyeshadow palette. Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, single eyeshadow tentu akan lebih praktis dibawa dan dimasukkan ke dalam tas makeup.


Single eyeshadow merupakan terobosan dalam pengembangan jenis eyeshadow. Terkadang palette yang isinya banyak pun tidak dipakai semua eyeshadow-nya. Single eyeshadow banyak dipakai untuk mereka yang tidak ingin membawa makeup terlalu banyak.

④ Perhatikan adanya kandungan bahan kecantikan lainnya

Perhatikan adanya kandungan bahan kecantikan lainnya
Sebagian produk eyeshadow powder mengandung bahan kecantikan seperti squalane, hyaluronic acid, cosmetic oil, dan bahan pelembap lain. Bagi Anda yang area matanya mudah kering, tentu penggunaan eyeshadow powder berpelembap akan sangat membantu. Jadi, periksalah komposisi bahan pelembap dari produk pilihan Anda.

⑤ Gunakan eyeshadow powder jenis mineral untuk kulit sensitif

Gunakan eyeshadow powder jenis mineral untuk kulit sensitif
Beberapa eyeshadow powder merupakan jenis mineral yang berarti tidak mengandung pengawet, parfum, pewarna buatan, dan paraben. Untuk itu, eyeshadow powder jenis mineral direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif. 

Selain aman dan minim risiko iritasi, eyeshadow powder jenis mineral tidak terlalu susah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkannya dengan pembersih muka atau sabun saja.

10 Rekomendasi eyeshadow powder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeshadow powder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Focallure

Endless Possibilities #C30

Focallure Endless Possibilities #C30 1枚目

Eyeshadow palette tiga puluh warna yang serbaguna

2

Martha Tilaar

Sariayu Eyeshadow CT16 K 02

Martha Tilaar Sariayu Eyeshadow CT16 K 02 1枚目

Eyeshadow lokal dengan manfaat ekstrak flamboyan

3

Urban Decay

Naked Reloaded Eyeshadow Palette

Urban Decay Naked Reloaded Eyeshadow Palette 1枚目

Satu palet untuk hasil akhir natural hingga ekstra glamour

4

M.A.C

Mineralize Eye Shadow Duo

M.A.C Mineralize Eye Shadow Duo 1枚目

Bahan mineral di dalamnya akan menutrisi sekaligus mempercantik kelopak mata

5

Make Over

Powder Eye Shadow

Make Over Powder Eye Shadow 1枚目

Diperkaya vitamin E untuk menangkal radikal bebas

6

Too Faced

Natural Matte Neutral Eye Shadow Palette

Too Faced Natural Matte Neutral Eye Shadow Palette 1枚目

Dengan tambahan coconut butter, jadikan warna lebih pigmented

7

Maybelline

The Blushed Nudes

Maybelline The Blushed Nudes 1枚目

Ciptakan riasan sesuai mood dengan eyeshadow palette ini

8

JCOSME

CANMAKE Eye Nuance

JCOSME CANMAKE Eye Nuance 1枚目

Hasilkan riasan mata dengan gradasi warna yang cantik!

9

Inez

Loose Eyeshadow Powder

Inez Loose Eyeshadow Powder 1枚目

Dilengkapi anti UV yang bantu lindungi kulit dari sinar matahari

10

Emina

Pop Rouge Pressed Eye Shadow

Emina Pop Rouge Pressed Eye Shadow 1枚目

Parktis dan compact untuk si pemula

Perincian produk
Close
No.1

FocallureEndless Possibilities #C30

Mulai dari Rp288.767,26

Eyeshadow palette tiga puluh warna yang serbaguna

Focallure hadir dengan palet eyeshadow tiga puluh warna, mulai dari shade warna nude, magenta, champagne, sampai glitter turquoise. Warna eyeshadow yang sangat beragam ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya juga sebagai highlighter, blush on, dan eyeliner.


Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan cermin yang cukup besar. Anda bisa melihat wajah secara keseluruhan dengan mudah. Bagi Anda yang mencari produk serbaguna, produk inilah solusinya. 

No.2

Martha TilaarSariayu Eyeshadow CT16 K 02

Mulai dari Rp99.300,00

Eyeshadow lokal dengan manfaat ekstrak flamboyan

Salah satu brand lokal ternama di Indonesia, Sariayu, meluncurkan eyeshadow dengan kandungan bahan kecantikan. Produk ini tidak hanya memberikan warna natural dengan efek shimmer, tetapi juga merawat kelopak mata dengan kandungan ekstrak flamboyannya.  


Ekstrak flamboyan ini dikenal memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan juga antioksidan. Untuk itu, produk ini dapat membantu mencegah penuaan dini pada area kelopak mata Anda. 

No.3

Urban DecayNaked Reloaded Eyeshadow Palette

Mulai dari Rp625.000,00

Satu palet untuk hasil akhir natural hingga ekstra glamour

Bagi Anda yang ingin mencoba berbagai macam riasan, pastikan Anda memiliki eyeshadow yang satu ini. Eyeshadow dari Urban Decay ini hadir dalam dua belas warna dengan efek matte, shimmer, sampai glitter. 


Variasi warnanya yang cantik dengan beragam efek menjadikan eyeshadow ini cocok digunakan segala jenis kulit. Jadi, jika Anda tak mau repot membeli banyak eyeshadow, pilihlah produk ini. 

No.4

M.A.CMineralize Eye Shadow Duo

Mulai dari Rp352.000,00

Bahan mineral di dalamnya akan menutrisi sekaligus mempercantik kelopak mata

Kandungan mineral rich yeast extract menjadikan produk ini mampu memberi nutrisi pada kelopak mata. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penggunaan produk ini merupakan pilihan yang tepat!

Eyeshadow powder ini memiliki dua warna yang telah dimurnikan dengan hati-hati. Tekstur eyeshadow ini sangat tipis, ringan, dan dengan finishing berkilau. Produk ini juga telah melalui uji dermatologi, oftalmologi, serta non-acnegenic. Jadi, produk ini aman digunakan bahkan oleh para pengguna lensa kontak.
No.5

Make OverPowder Eye Shadow

Mulai dari Rp83.000,00

Diperkaya vitamin E untuk menangkal radikal bebas

Eyeshadow keluaran Make Over ini merupakan produk berjenis loose. Produk ini menawarkan tekstur yang lembut serta mudah dibaurkan pada kelopak mata. Produk satu ini juga memiliki warna intens yang dipercantik dengan kilau bubuk mutiara untuk menghasilkan kesan mewah.

Produk ini juga memiliki kandungan vitamin E yang kaya antioksidan sehingga mampu melembapkan dan menangkal radikal bebas. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kelembapan kelopak mata, eyeshadow powder ini adalah solusinya!
No.6

Too FacedNatural Matte Neutral Eye Shadow Palette

Mulai dari Rp460.000,00

Dengan tambahan coconut butter, jadikan warna lebih pigmented

Too Faced menghadirkan perpaduan eyeshadow powder dengan coconut butter. Hasilnya, eyeshadow ini lebih mudah diaplikasikan dan memiliki warna yang pigmented.


Warna-warna natural yang cantik dengan efek matte ini pas digunakan untuk keseharian Anda. Desain kemasannya juga sangat cantik dan compact, lengkap dengan cermin untuk dibawa bepergian. 

No.7

MaybellineThe Blushed Nudes

Mulai dari Rp259.000,00

Ciptakan riasan sesuai mood dengan eyeshadow palette ini

Produk satu ini memiliki dua belas warna yang memesona dengan warna bernuansa nude. Anda dapat menghasilkan riasan yang berbeda sesuai mood, mulai dari gradasi natural seperti beige hingga gradasi yang lebih gelap.

Eyeshadow powder berbentuk pressed ini juga dilengkapi dengan dua brush. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bagian warna gelap dari produk ini sebagai isian alis Anda.
No.8

JCOSMECANMAKE Eye Nuance

Mulai dari Rp78.500,00

Hasilkan riasan mata dengan gradasi warna yang cantik!

Perpaduan ketiga warna dalam produk ini memudahkan Anda untuk menghasilkan warna gradasi yang cantik. Anda dapat memakai warna dalam eyeshadow powder ini sendiri atau bersamaan sesuai selera Anda.

Eyeshadow powder ini diperkaya dengan pearl, lame, dan partikel cahaya mutiara sehingga menghasilkan riasan mata yang mewah. Bagi Anda yang ingin menghadiri acara khusus atau pesta, silakan gunakan produk ini untuk menunjang tampilan Anda!
No.9

InezLoose Eyeshadow Powder

Mulai dari Rp34.000,00

Dilengkapi anti UV yang bantu lindungi kulit dari sinar matahari

Inez menghadirkan eyeshadow loose type dengan beragam warna yang menawan. Dalam penggunaannya, Anda bisa terlebih dahulu mengoleskan eye primer atau foundation pada kelopak mata. Penggunaan basah seperti ini akan membuat eyeshadow lebih tahan lama.

 

Di sisi lain, produk ini juga mengandung anti UV. Anti UV ini membantu melindungi kulit kelopak mata dari paparan sinar matahari. 

No.10

EminaPop Rouge Pressed Eye Shadow

Mulai dari Rp41.500,00

Parktis dan compact untuk si pemula

Emina menghadirkan eyeshadow palet tiga warna yang sangat compact. Ukurannya yang kecil memungkinkan Anda menaruhnya dalam pouch makeup Anda. Selain itu, dengan formula yang mudah di-blend, produk ini cocok untuk pemula. 


Di samping itu, eyeshadow ini hadir dengan varian warna yang menarik dengan efek shimmer yang lembut. Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari atau acara pesta. 

Baca juga rekomendasi produk makeup mata lainnya di sini

Kesimpulan

Meski terkesan sederhana, ternyata ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih eyeshadow powder. Pemilihan produk yang tepat dapat menjadikan riasan mata Anda lebih maksimal. 


Bahkan, ada beberapa produk yang mengandung bahan kecantikan sehingga dapat menyehatkan kelopak mata. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat menentukan produk terbaik yang akan dibeli!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer