10 Rekomendasi Remote Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Remote Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anda bisa menyalakan mesin mobil Anda dari jarak jauh mengunakan remote mobil. Terdapat banyak remote mobil berkualitas,  misalnya keluaran No Doubt, EASYGUARD, atau Steelmate. Masing-masing produk juga memiliki keunggulan tersendiri sehingga bisa saja Anda kebingungan saat hendak memilihnya.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih remote mobil secara mendetail. Kami juga akan memberikan daftar rekomendasi remote mobil terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang paling Anda butuhkan. Selamat membaca dan memilih produk yang paling sesuai untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih remote mobil

Ketika memilih remote mobil, Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin, misalnya kesesuaian dengan mobil Anda, adanya fitur tambahan, serta beberapa poin lainnya. Berikut akan kami bahas satu per satu.

Pilih produk orisinal atau universal sesuai kebutuhan

Pilih produk orisinal atau universal sesuai kebutuhan

Anda akan menemukan remote mobil orisinal yang dijual oleh produsen mobil serta remote mobil universal yang dapat digunakan pada berbagai merek mobil.

Keunggulan remote mobil orisinal adalah pasti cocok dengan mobil Anda dan pengoperasiannya pun dijamin lancar. Meski harganya tergolong cukup mahal, ketika Anda menyalakan mesin mobil menggunakan remote orisinal, perangkat keamanan di mobil tidak lantas dimatikan. Hal tersebut membuat mobil Anda tetap aman dan minim risiko dari pencurian, bahkan ketika Anda menyalakan mobil di tempat yang rawan.

Sementara itu, keunggulan remote mobil universal adalah biaya pemasangan yang lebih terjangkau. Anda bisa melakukan instalasi di bengkel mobil kepercayaan Anda tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, remote mobil universal dapat digunakan untuk berbagai merek mobil sehingga Anda pun memiliki opsi pilihan produk yang lebih luas. Tentunya Anda bisa memilih produk yang sudah dilengkapi berbagai fitur tambahan, bukan? Pilihlah remote mobil orisinal atau universal sesuai dana, kebutuhan, dan preferensi Anda.

Pilih yang kompatibel dengan mobil Anda

Pilih yang kompatibel dengan mobil Anda

Bila Anda hendak membeli remote mobil universal, pastikan kesesuaiannya dengan tipe mobil Anda. Bila mobil Anda sudah dilengkapi dengan immobilizer untuk mencegah mobil Anda dicuri, Anda perlu mempersiapkan dana tambahan untuk membeli adaptor tambahan dan memasangnya di mobil Anda. Karena itu, cek juga adanya adaptor pada produk pilihan Anda.

Lalu, mesin pada mobil hybrid dapat mati secara otomatis dengan adanya fitur idling stop sehingga sebaiknya Anda memilih remote mobil yang memang dirancang khusus untuk mobil hybrid. Sama halnya pada mobil yang sudah dilengkapi tombol push start/stop engine, Anda perlu memilih remote mobil yang memang didesain untuk digunakan pada mobil seperti itu. Ketahui karakter mobil Anda, dan pilih remote mobil dengan hati-hati.

Pilih berdasarkan jarak penerimaan sinyal dan jenis transmisinya

Untuk bisa memilih remote mobil yang tepat, Anda juga perlu mengetahui jarak penerimaan sinyal serta tipe transmisinya. Berikut akan kami jelaskan  mengenai keduanya.

Ketahui jarak penerimaan gelombong radionya

Ketahui jarak penerimaan gelombong radionya

Ketika Anda mengecek jarak penerimaan gelombang radio untuk bisa menyalakan mesin mobil Anda, Anda perlu mengecek jarak praktisnya, bukan jarak maksimum yang tertulis pada deskripsi produk. Jarak praktis adalah jarak yang dapat ditempuh tanpa terganggu oleh gedung tinggi atau gedung di sekitar Anda yang merupakan salah satu penghambat utama sinyal radio. Umumnya jarak praktis remote mobil adalah 300-700 meter, Anda bisa menjadikannya sebagai acuan saat memilih remote mobil. Meski demikian, nyatanya untuk produk-produk remote mobil yang beredar di Indonesia masih jarang memberikan informasi terkait hal ini.

Periksa jenis transmisi radionya

Periksa jenis transmisi radionya

Terdapat dua jenis transmisi radio, yaitu bidirectional dan unidirectional. Gelombang radio unidirectional hanya mengirimkan gelombang radio dari remote mobil ke mesin mobil sehingga tidak memungkinkan untuk menginformasikan balik apabila ternyata mesin mobilnya sudah menyala. Keunggulan produk seperti ini adalah harganya yang terjangkau.

Sementara itu, produk dengan transmisi radio bidirectional  dapat memancarkan dan menerima gelombang radio dari mobil. Anda bisa menggunakan fitur “answer back” untuk mengecek mesin mobilnya sudah dinyalakan atau belum. Produk bidirectional sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan unidirectional. Pilihlah produk dengan harga dan jenis transmisi radio sesuai preferensi Anda.

Perhatikan fitur lain yang dimiliki remote mobil

Perhatikan fitur lain yang dimiliki remote mobil

Selain menghidupkan mesin, ada juga remote mobil yang dapat digunakan untuk mengecek suhu dalam mobil serta membuka/mengunci pintu dan bagasi. Remote mobil terkini bahkan memungkinkan mesin mobil Anda untuk dinyalakan melalui smartphone. Anda akan menemukan beragam fitur pada berbagai remote mobil. Karena itu, Anda bebas memilih produk dengan fitur yang paling Anda inginkan.

Akan tetapi, beberapa fitur misalnya door lock membutuhkan banyak komponen tambahan. Bila komponen tersebut tak terpasang, Anda juga tidak akan bisa menggunakan fungsi engine starter-nya. Jadi, cek juga poin seperti ini, ya!

Pilih berdasarkan kesesuaian antara fitur dengan harga

Pilih berdasarkan kesesuaian antara fitur dengan harga

Remote mobil universal sekalipun akan memiliki harga yang cukup mahal bila dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Periksalah kesesuaian antara fitur yang dimiliki dengan harga produk agar Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak dana.

Sebagai contoh, bila Anda sudah merasa puas bila remote mobilnya dilengkapi dengan fitur answer back saja, produk dengan fitur yang sederhana adalah pilihan tepat. Bila Anda menghilangkan fitur-fitur yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat, Anda bisa menghemat cukup banyak dana. Karena itu, ketahui fitur yang Anda inginkan dan pilih remote mobil yang harganya sesuai dengan dana Anda.

10 Rekomendasi remote mobil terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi remote mobil terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, ya!

10. RFID Lock Car Remote

10. RFID Lock Car Remote

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 263.800

Harganya bersahabat, sudah dilengkapi immobilizer pula!

Bila mobil Anda belum dilengkapi immobilizer sebagai fitur keamanan bawaan, produk ini wajib Anda jadikan pilihan. Anda tidak hanya bisa menyalakan mesin mobil menggunakan produk ini, tetapi juga melengkapi mobil Anda dengan immobilizer, pencuri pun akan sangat kesulitan mencuri mobil Anda.

Produk ini juga semakin praktis untuk Anda gunakan dengan adanya fitur auto door lock yang berfungsi mengunci pintu mobil secara otomatis ketika Anda menyalakan mesin mobil Anda. Selain itu, produk ini juga dilengkapi push start stop engine button yang akan membuat mobil Anda menjadi semakin kekinian.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Cocok dengan mobil yang sudah dan belum dilengkapi alarm dan keyless entry. Cocok untuk mobil yang belum dilengkapi push start stop engine button
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Immobilizer, RFID engine lock, door lock function, dll

9. Nexlux Universal Remote System

9 Nexlux Universal Remote System

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 632.706

Cari yang dilengkapi handbrake detector? Ini jawabannya

Bila Anda terkadang lupa menarik rem tangan saat parkir, tetapi tidak ingin direpotkan karena harus keluar masuk mobil untuk memeriksanya, produk ini adalah solusi tepat. Tidak hanya hanya mampu menyalakan mesin mobil Anda dari jauh, produk ini juga mampu mendeteksi handbrake.

Bila handbrake-nya sudah Anda tarik, mesin mobil tidak akan menyala sehingga Anda tidak perlu repot keluar masuk mobil untuk memastikannya. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur door lock, Anda tak perlu takut ada orang lain masuk ke mobil Anda saat mesinnya sudah Anda nyalakan.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Handbrake detector, door lock, alarm, dll

8. Steelmate E Series Type 4181

8. Steelmate E Series Type 4181

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 750.000

Tahan air dan debu, makin awet!

Bila Anda mencari remote mobil yang tak mudah rusak bahkan ketika sering terkena air atau terpapar debu dalam jangka panjang, produk ini layak diperhitungkan. Dirancang secara khusus, produk ini menjadi sangat tahan air dan debu sehingga menjadi semakin kuat untuk digunakan dalam waktu cukup lama.

ECU (engine control unit) produk ini juga berukuran cukup compact sehingga tidak membutuhkan banyak space untuk ditempatkan dalam mobil Anda. Produk ini juga menjadi semakin praktis untuk Anda gunakan dengan adanya fitur tambahan berupa anti-hijack dan central lock.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Cocok juga dengan mobil yang sudah dilengkapi central lock
Tipe transmisi radio Unidirectional
Fungsi lain Anti-hijack, central lock system, dll

7. Smart Car Alarm

7. Smart Car Alarm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 798.000

Bisa untuk buka bagasi, harganya pun ekonomis

Ketika Anda membeli remote mobil ini, Anda juga bisa melengkapi mobil Anda dengan push start stop engine button. Mobil Anda pun akan terkesan semakin kekinian dan mudah dinyalakan. Adanya fitur remote search juga akan memudahkan Anda menemukan lokasi mobil Anda di area parkir yang padat.

Lalu, bila Anda menyukai kepraktisan dan tidak ingin membuka bagasi dari dalam mobil atau secara manual saat membawa banyak belanjaan atau barang, produk ini adalah pilihan tepat. Anda bisa membuka dan menutup bagasi dengan menekan satu tombol saja pada remote mobil ini, praktis!

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Smart induction system, remote search, smart door disarm, dll

6. Remote Keyless System

6. Remote Keyless System

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 841.301

Plug and play dengan smart key dan alarm bawaan mobil Anda

Bila Anda membutuhkan remote mobil agar bisa menyalakan mesin mobil dari jauh, tetapi tidak ingin keluar banyak waktu dan biaya untuk membongkar sistem alarm dan smart key bawaan mobil Anda, ini solusinya! Produk ini bersifat plug and play, Anda bisa langsung mengombinasikannya dengan alarm dan smart key orisinal mobil Anda.

Dengan begitu, biaya dan waktu instalasi sistem remote mobil ini pun jauh berkurang. Bila misalnya Anda berencana menjual mobil Anda, Anda juga bisa dengan mudah melepas seluruh perangkat produk ini agar terlihat tetap orisinal. Produk ini juga dilengkapi fitur keamanan tambahan yaitu anti-theft dan automatic central door lock.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Cocok dengan mobil yang sudah atau belum dilengkapi smart key dan alarm.
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Anti-theft system, central lock, roadside parking warning, trunk release, dll

5. Car Keyless Alarm System Package

5. Car Keyless Alarm System Package

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.330.000

Bebas mogok saat mesin dingin dengan automatic engine preheat

Seringkali saat musim hujan atau cuaca dingin mobil menjadi sulit dinyalakan. Adanya fitur automatic engine preheat membuat produk ini mampu secara otomatis memanaskan mesin terlebih dulu sebelum menyalakannya, cocok dimiliki bila Anda tak ingin engine stall akibat cuaca tidak kondusif menghalangi kesibukan harian Anda.

Lalu, produk ini juga terasa semakin fungsional karena telah dilengkapi fitur anti-theft dan dapat Anda gunakan untuk sekaligus membuka dan mengunci pintu mobil. Bersifat universal, Anda bisa dengan mudah memasang dan menggunakan produk ini pada mobil dengan merek yang berbeda-beda.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Unidirectional
Fungsi lain Automatic engine preheat, anti-theft, remote lock, dll

4. Engine Start Stop With Car Alarm

4. Engine Start Stop With Car Alarm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.764.000

Auto turn off engine-nya bikin produk ini makin fungsional

Bila Anda ingin mobil tetap aman bahkan ketika mesinnya lupa dimatikan, ini jawabannya. Dilengkapi auto turn off engine, mesin mobil otomatis mati bila tiada aktivitas selama 13 menit. Mobil pun aman bahkan bila mesinnya belum dimatikan, misalnya saat Anda parkir di rumah dan buru-buru masuk rumah untuk bertemu buah hati Anda.

Toh, ketika mesin mobil Anda mati seluruh pintunya juga terkunci secara otomatis sehingga tak akan ada orang lain yang bisa memasuki mobil Anda. Remote mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur arm/disarm, alarm rem kaki, dan berbagai fitur lain yang membuatnya terasa semakin fungsional.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Auto turn off engine, push start stop engine button, auto lock, dll

3. Steelmate 898G

3. Steelmate 898G

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.500.000

LCD Screen-nya memudahkan Anda memantau kendaraan

Bila Anda menginginkan remote mobil yang memungkinkan Anda untuk memantau kondisi kendaraan kapan pun diinginkan, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Berbeda dengan remote mobil pada umumnya, produk ini memiliki layar LCD sehingga memungkinkan Anda untuk melihat kondisi kendaraan secara real time.

Anda bisa mengetahui kondisi pintu terbuka atau tertutup, mesin menyala atau mati, alarm, temperatur kabin mobil dan sebagainya melalui remote mobil ini. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup memadai dengan adanya automatic central door lock dan anti-hijack.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Cabin temperature sensor, foot-brake lock, LED indicator, central door lock, dll

2. EASYGUARD PKE Car Alarm EC002

2. EASYGUARD PKE Car Alarm EC002

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.000.000

Tak takut remote rusak atau hilang dengan adanya touch password

Remote mobil yang satu ini memungkinkan Anda untuk mematikan atau menyalakan mesin, membuka dan mengunci seluruh pintu, serta menutup jendela mobil dari jarak jauh. Tidak hanya itu, produk ini juga sudah satu paket dengan push start stop engine button, mobil Anda pun menjadi semakin modern.

Lalu, bila Anda ingin mobil tetap bisa dinyalakan bahkan bila remote-nya tak berfungsi atau tak Anda miliki, produk ini adalah solusi tepat. Adanya touch password memungkinkan Anda untuk tetap membuka pintu dan menyalakan mesin bahkan ketika remote-nya rusak atau hilang, mantap!

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Keyless entry, alarm, push start stop engine button, dll

1. No Doubt Smart Control Type PRO

1. No Doubt Smart Control Type PRO

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.200.000

Integrasikan kontrol dengan smartphone Anda!

Untuk Anda yang ingin mengontrol mesin dan fitur keamanan mobil melalui smartphone, produk ini wajib Anda miliki! Ketika Anda membeli produk ini, Anda tidak hanya memperoleh remote, tetapi juga bisa mengunduh aplikasinya di smarthone, menyalakan mesin mobil melalui smartphone pun lagi khayalan.

Anda juga bisa membuka atau mengunci pintu mobil, melakukan voice monitor untuk memantau suara di dalam mobil, serta membunyikan alarm agar makin mudah menemukan mobil Anda, seluruhnya melalui smartphone! Dilengkapi dengan fitur anti-hijack, tombol SOS, dan GPS, produk ini juga membuat mobil Anda makin aman.

Tipe remote Universal
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Tipe transmisi radio Bidirectional
Fungsi lain Anti-hijack, voice monitor, SOS & GPS signal, speed limiter, dll

Kesimpulan

Remote mobil adalah alat praktis yang memungkinkan Anda untuk menyalakan mesin mobil dari jarak jauh. Bila Anda ingin memilikinya, pastikan Anda memilih produk yang kompatibel dengan mobil Anda. Ketahui juga jarak dan jenis transmisi gelombang radionya.

Cek juga adanya fitur tambahan lain pada remote mobil pilihan Anda. Apa pun pilihan Anda, pastikan harga dan fiturnya sebanding. Pilihlah remote mobil sesuai dengan dana dan kebutuhan Anda, ya!