mybest
Meja

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Ruang tamu & keluarga
  4. 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Tahukah Anda bahwa awalnya meja kafe hanya digunakan untuk bisnis kafe? Namun, saking populernya, sekarang meja ini juga digunakan untuk mempercantik interior rumah. Banyaknya ukuran serta penyebutan meja ini, misalnya meja bar, lounge table, dan sebagainya bisa membuat Anda bingung memilih.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi meja kafe yang bagus. Beragam merek meja kafe, seperti Krisbow dan Soleil akan kami ulas di sini. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT dan temukan desain meja kafe yang tepat untuk Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Adil Mochtar
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih meja cafe

Berbeda dengan meja lain, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih meja kafe. Berikut poin cara memilihnya.

1

Pilih ketinggian meja yang pas dengan kursi Anda

Pilih ketinggian meja yang pas dengan kursi Anda

Meja kafe tentu akan digunakan bersamaan dengan kursi. Jadi, penting untuk Anda memilih meja kafe yang tingginya sesuai dengan kursi. Anda mungkin hendak membeli meja kafe terlebih dahulu dan baru membeli kursinya belakangan. 


Jika demikian, pastikan terdapat jarak sekitar 2730 cm antara kursi dengan tinggi bagian atas meja. Bisa jadi Anda sudah memiliki kursi dan ingin menambahkan meja kafe. Tambahkanlah ukuran 2730 cm lebih tinggi dari kursi untuk mendapatkan ketinggian meja yang pas. 


Secara umum, rumusan untuk menentukan tinggi meja yang cocok dengan tinggi kursi adalah ((tinggi x 0,55): 3)–2 hingga 3 cmAngka 2730 cm adalah standar ketika menghitung tinggi meja bila digunakan oleh orang Asia pada umumnya. Bila Anda memiliki tinggi badan di atas rata-rata, Anda bisa menghitungnya sendiri menggunakan rumusan tersebut.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Anda harus memperhatikan meja yang akan digunakan untuk makan. Apabila ketinggian meja terlalu rendah, hal tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk kegiatan Anda. Pastikan selisih ketinggian meja dengan tinggi kursi adalah minimal 27 cm (posisi meja lebih tinggi daripada kursi). Untuk meja kopi, selisih antara meja dengan kursi adalah minimal 5 cm.  

2

Periksa bentuk top board-nya

Periksa bentuk top board-nya

Anda akan menemukan meja kafe dengan top board yang bervariasi bentuknya, misalnya lingkaran, persegi, persegi panjang, dan sebagainya. Di antara berbagai bentuk tersebut, bentuk lingkaran dan persegi adalah yang paling direkomendasikan. Hal tersebut karena bentuk ini lebih stabil saat dipakai dan cocok digunakan sebagai meja kafe. 


Banyak dikatakan bahwa saat memilih meja, Anda harus memilih meja dengan top board yang desainnya paling Anda sukai. Akan tetapi, ketika Anda memilih meja kafe, top board berbentuk lingkaran atau persegi adalah pilihan tepat. Meja kafe umumnya compact dan stylish sehingga kebanyakan hanya memiliki satu kaki saja. Hal tersebut membuat kekuatan penahannya hanya terfokus pada titik tengah meja saja. 


Nah, bila top board-nya berbentuk misalnya persegi panjang, meja tersebut akan menjadi kurang stabil. Bisa saja Anda tak sengaja menekan salah satu sudut mejanya dengan berat badan Anda. Saat hal demikian terjadi, Anda dan meja tersebut bisa langsung jatuh secara bersamaan.


Berdasarkan bentuknya, meja kafe dengan top board berbentuk lingkaran lebih stabil daripada bentuk persegi. Bagaimana bila Anda memang menginginkan meja kafe dengan top board berbentuk persegi panjang? Anda tetap bisa membeli meja berbentuk persegi panjang asalkan Anda memilih produk dengan tiga atau empat kaki meja.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Bentuk lingkaran merupakan bentuk meja yang cocok apabila kafe Anda tidak menyediakan makanan berat. Hal ini karena bentuk meja lingkaran memiliki ruang efektifitas yang lebih sedikit daripada model persegi. 


Untuk meja model persegi, pastikan sudut meja sudah dihaluskan agar tidak tajam dan berisiko melukai kaki saat seseorang duduk. Pastikan dimensi meja tidak terlalu kecil dan bisa digunakan dengan nyaman. Lebar ukuran meja yang pas untuk digunakan dua orang adalah minimal 40 cm.

3

Sesuaikan material meja dengan interior ruangan

Sesuaikan material meja dengan interior ruangan
Selain bahan kayu yang populer, Anda juga akan menemukan meja kafe yang terbuat dari kaca atau marmer. Anda bisa memilih meja kafe sesuai dengan preferensi pribadi atau interior ruangan. Akan tetapi, bila Anda bingung, pilihlah meja kafe berbahan kayu.

Bahan kayu secara natural cocok dengan berbagai interior ruangan. Terlebih lagi, terdapat berbagai jenis kayu dengan pola dan warna yang berbeda satu sama lain. Meski sama-sama kayu, bila jenis kayu yang digunakan berbeda, atmosfer ruangan pun akan berubah. Dengan begitu, Anda pun akan memperoleh lebih banyak variasi pilihan.


Anda bisa memilih warna kayu yang senada dengan warna ruangan. Anda juga bisa memilih kayu berwarna terang misalnya pinus untuk membuat ruangan terkesan lebih cerah. Di sisi lain, bahan kayu seperti walnut memiliki kesan kuat dan menimbulkan atmosfer yang terkesan tenang. Tentu dapat Anda gunakan saat ingin menciptakan ruangan bernuansa demikian.


Banyaknya pilihan bahan bisa saja membuat Anda bingung sekaligus senang karena ada begitu banyak opsi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih produk yang paling disukai dan sesuai dengan interior ruangan Anda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Sebelum memilih meja kafe, sesuaikan kembali desain meja dengan konsep kafe Anda. Bila Anda bingung memilih meja kafenya, sesuaikan saja meja dengan kursi yang Anda miliki


Pastikan juga material meja yang Anda pilih dapat mudah dibersihkan dari bekas sisa makanan dan minuman. Selain itu, material meja yang mudah dibersihkan juga memudahkan Anda untuk membersihkan kafe dengan disinfektan agar aman dari virus.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi meja cafe terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh meja cafe terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar, ST, MT.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Meja Payung Outdoor

 Meja Payung Outdoor 1

Rp1.200.000

Agak Mahal

Dilengkapi payung, cocok dijadikan meja cafe outdoor!

2

Soleil

Meja Teras Sisi Square

Soleil Meja Teras Sisi Square 1

Rp249.000

Agak Murah

Hadirkan atmosfer industrial dengan meja cafe berbahan besi

3

Samju Gallery

Meja Cafe Jumbo Set Minimalis

Samju Gallery Meja Cafe Jumbo Set Minimalis 1

Rp544.800

Menengah

Meja cafe minimalis untuk melengkapi interior bergaya minimalis

4

Olymplast

Coffee Table

Olymplast Coffee Table 1

Rp233.000

Agak Murah

Ingin meja yang unik? Pilih ini saja!

5

Pengrajin.com

Meja Outdoor Dan Meja Kopi Coffee Table Bulat

Pengrajin.com Meja Outdoor Dan Meja Kopi Coffee Table Bulat 1

Rp305.000

Agak Murah

Meja cafe bulat kekinian dengan dua pilihan ukuran

6

Soleil

Set Meja Cafe Bulat

Soleil Set Meja Cafe Bulat 1

Rp372.000

Menengah

Warna dan desainnya berikan kesan clean dan simpel

7

Pengrajin.com

Meja Coffee Dan Sudut Minimalis Hairpin SeriesMS15

Pengrajin.com Meja Coffee Dan Sudut Minimalis Hairpin Series 1

Rp175.000

Lebih Murah

Tampilannya menawan, harganya pun terjangkau!

8

Farencraft

Set Meja Cafe Minimalis

Farencraft Set Meja Cafe Minimalis 1

Rp820.500

Agak Mahal

Pinggirannya dibuat membulat, sangat ramah anak!

9

Dewoz Art

Meja Cafe 1 Set

Dewoz Art Meja Cafe 1 Set 1

Rp1.400.000

Lebih Mahal

Sudah 1 set dengan 4 kursi, lebih praktis!

10

Krisbow

Meja Lipat Bundar

Krisbow  Meja Lipat Bundar 1

Rp589.000

Menengah

Bisa dilipat! Mudah disimpan saat tak digunakan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Meja Payung Outdoor

Meja Payung Outdoor 1
Sumber: shopee.co.id
Meja Payung Outdoor 2
Sumber: shopee.co.id
Meja Payung Outdoor 3
Sumber: shopee.co.id
Meja Payung Outdoor 4
Sumber: shopee.co.id
Meja Payung Outdoor 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.200.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp1.200.000
Agak Mahal

Dilengkapi payung, cocok dijadikan meja cafe outdoor!

Anda yang membutuhkan meja kafe untuk diletakkan di luar ruangan sepertinya perlu mempertimbangkan produk ini. Selain kursi, meja ini juga sudah dilengkapi dengan payung untuk kenyamanan tamu-tamu Anda. Para tamu tentu akan lebih betah duduk berlama-lama menikmati suasana outdoor tanpa perlu merasa kepanasan. Lagipula, tampilan kafe Anda sepertinya akan makin menarik dengan adanya meja kafe berpayung ini. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SoleilMeja Teras Sisi Square

Harga referensi
Rp249.000
Agak Murah

Hadirkan atmosfer industrial dengan meja cafe berbahan besi

Bila Anda mencari meja kafe bertema industrial, produk ini wajib dijadikan pilihan. Struktur kaki meja yang terbuat dari besi tidak hanya membuatnya makin kokoh, tetapi juga memberikan nuansa kekinian.


Terlebih lagi, dengan top board berbahan kaca, kafe Anda akan terlihat makin istimewa. Lalu, karena dibuat dari besi berkualitas, Anda bisa menggunakan meja ini untuk jangka panjang. Mau ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan pun bisa!
No.3

Samju GalleryMeja Cafe Jumbo Set Minimalis

Harga referensi
Rp544.800
Menengah

Meja cafe minimalis untuk melengkapi interior bergaya minimalis

Kafe bergaya minimalis tentu tidak akan lengkap tanpa adanya meja kafe berdesain minimalis. Jika Anda membutuhkan meja seperti itu, coba lirik produk dari Samju Gallery. Meja ini memiliki meja dan kursi dengan top board berbentuk lingkaran berwarna hitam. Bagian kaki-kakinya dibuat simpel dengan balutan warna cokelat kayu. Dilihat sepintas saja nuansa minimalisnya sudah kentara, bukan?

No.4

OlymplastCoffee Table

Harga referensi
Rp233.000
Agak Murah

Ingin meja yang unik? Pilih ini saja!

Meja ini memiliki bentuk persegi, tetapi dengan sedikit patahan di bagian ujung-ujungnya yang bersambungan dengan kaki meja. Anda yang menginginkan ruangan atau kafe dengan kesan antimainstream bisa memilih meja dengan visual yang unik ini.


Selain unik, meja dari Olymplast ini juga stabil saat digunakan, lho. Pilihan warnanya pun beragam sehingga kafe Anda akan terlihat colourful bila Anda membeli meja dengan warna yang berbeda-beda.

No.5

Pengrajin.comMeja Outdoor Dan Meja Kopi Coffee Table Bulat

Harga referensi
Rp305.000
Agak Murah

Meja cafe bulat kekinian dengan dua pilihan ukuran

Apabila Anda membutuhkan meja berukuran kecil dan sedang, produk ini sepertinya akan menjadi pilihan tepat. Ada dua ukuran yang bisa dipilih, yakni diameter 50 cm dan 60 cm. 


Anda bisa menggunakan meja berdiameter kecil untuk dua orang dan meja berdiameter sedang untuk tiga orang. Selain memiliki dua pilihan ukuran, meja kafe ini juga tampak elegan dengan bentuk kaki tunggalnya. Cukup padukan dengan kursi yang senada agar tampilannya kian menawan!

No.6

SoleilSet Meja Cafe Bulat

Set Meja Cafe Bulat 1
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Bulat 2
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Bulat 3
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Bulat 4
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Bulat 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp372.000
Menengah
Harga referensi
Rp372.000
Menengah

Warna dan desainnya berikan kesan clean dan simpel

Clean dan simpel, mungkin itulah kata-kata yang bisa menggambarkan produk ini. Hadir dengan keseluruhan berwarna putih, meja kursi kafe ini membuat ruangan terlihat lebih terang sekaligus bersih. Anda yang menginginkan ruangan bernuansa seperti itu patut mempertimbangkan produk keluaran Soleil ini. Selain visualnya memberi kesan clean, meja ini juga fungsional karena bisa dilepas dan difungsikan sebagai baki. Menarik, ya!

No.7

Pengrajin.comMeja Coffee Dan Sudut Minimalis Hairpin SeriesMS15

Harga referensi
Rp175.000
Lebih Murah

Tampilannya menawan, harganya pun terjangkau!

Produk ini adalah solusi terbaik untuk Anda yang butuh meja kafe, tetapi memiliki dana yang terbatas. Memiliki harga terjangkau, Anda pastinya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli meja kafe dari Pengrajin.com ini.


Meski begitu, permukaan meja ini sendiri tergolong cukup tebal sehingga tidak mudah rusak meski rutin digunakan. Ditambah lagi, tampilannya yang simpel dan menawan akan membuat ruangan Anda makin nyaman dilihat.

No.8

FarencraftSet Meja Cafe Minimalis

Set Meja Cafe Minimalis 1
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Minimalis 2
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Minimalis 3
Sumber: shopee.co.id
Set Meja Cafe Minimalis 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp820.500
Agak Mahal
Harga referensi
Rp820.500
Agak Mahal

Pinggirannya dibuat membulat, sangat ramah anak!

Apakah Anda sedang mencari meja kafe yang estetik tanpa mengabaikan sisi keamanannya? Jika iya, jatuhkan saja pilihan Anda pada meja yang satu ini. Didesain dengan pinggiran membulat, meja ini akan membuat ruangan Anda menjadi tempat yang lebih ramah anak. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir anak Anda terluka akibat terkena pinggiran meja saat menggunakannya.

No.9

Dewoz ArtMeja Cafe 1 Set

Meja Cafe 1 Set 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.400.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp1.400.000
Lebih Mahal

Sudah 1 set dengan 4 kursi, lebih praktis!

Berukuran 60 cm x 60 cm, produk ini tergolong compact dan tak membutuhkan banyak space khusus. Bukan hanya compact, perpaduan motif kayu dan warna putihnya turut membuat produk ini terkesan elegan.


Dengan membeli produk ini, Anda juga langsung memperoleh empat unit kursi dengan warna yang senada. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi mencari padanan kursi yang pas untuk meja kafe. Produk ini akan menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menyukai kepraktisan.!

No.10

Krisbow Meja Lipat Bundar

Harga referensi
Rp589.000
Menengah

Bisa dilipat! Mudah disimpan saat tak digunakan

Anda mencari meja kafe yang tak makan tempat saat tidak digunakan? Jika ya, produk Krisbow ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja. Meja yang satu ini sudah dilengkapi dengan fungsi pelipatan. Jadi, ketika tidak digunakan, Anda bisa melipat dan menyimpannya dengan mudah di sudut ruangan atau gudang.

Hadir dengan top board berbentuk lingkaran berdiameter 80 cm, Anda dapat meletakkan banyak makanan dan minuman di atasnya. Tenang saja, produk ini juga cukup stabil karena memiliki empat kaki meja. Ditambah lagi, warna putihnya membuat meja ini selalu terlihat bersih dan memberi kesan cerah pada ruangan Anda.

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar, ST, MT

Meja kafe umumnya digunakan untuk kegiatan makan dan minum. Karena itu, jangan lupa pilih material yang mudah dibersihkan, khususnya dari makanan yang mengandung gula. Apabila jenis permukaan meja memiliki pori-pori, meja akan terasa lengket apabila tidak dibersihkan secara saksama.


Selain itu, Anda pasti juga tidak ingin menghabiskan waktu untuk membersihkan meja setiap tamu selesai menggunakannya, bukan? Maka dari itu, demi kemudahan pembersihan, gunakanlah meja yang memiliki tekstur permukaan yang glossy


Anda juga bisa memilih meja yang tidak memiliki pori-pori pada permukaannya. Untuk meja bermaterial kayu, gunakan pernis agar pori-pori bisa tertutup. Cara ini juga bisa membuat meja menjadi lebih awet.

Baca juga rekomendasi kebutuhan lainnya untuk meja cafe di sini

Selain meja, terdapat berbagai kebutuhan lain yang tentunya pas dengan meja kafe Anda. Sebut saja napkin, gelas kaca, dan gelas es krim. Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. Langsung saja klik link-nya ya!

Kesimpulan

Meja kafe makin populer untuk digunakan di rumah. Anda bisa memilih meja kafe dengan top board berbentuk lingkaran atau persegi agar lebih stabil saat digunakan. Bila Anda menyukai top board persegi panjang, pastikan kakinya berjumlah cukup banyak.

Selain itu, pilihlah meja kafe yang tinggi sesuai dengan kursi. Desainnya pun bisa Anda sesuaikan dengan interior atau preferensi Anda. Nah, selamat memilih dan jadikan kafe Anda makin nyaman!

5 Rekomendasi Meja Cafe terbaik

No. 1: Meja Payung Outdoor

No. 2: SoleilMeja Teras Sisi Square

No. 3: Samju GalleryMeja Cafe Jumbo Set Minimalis

No. 4: OlymplastCoffee Table

No. 5: Pengrajin.comMeja Outdoor Dan Meja Kopi Coffee Table Bulat

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Ruang tamu & keluarga
  4. 10 Meja Cafe Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.