10 Rekomendasi Hadiah Terbaik untuk Anak yang Baru Masuk SD (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Hadiah Terbaik untuk Anak yang Baru Masuk SD (Terbaru Tahun 2018)

Mungkin ada keponakan atau anak rekan Anda yang akan segera masuk SD? Jika Anda cukup dekat, tentu Anda ingin memberikan hadiah untuknya. Hadiah untuk anak yang masuk SD tentu sangat beragam, mulai dari kamus, ensiklopedia, tas, pensil warna, hingga buku cerita bergambar untuk membuat si anak semakin lancar membaca.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih hadiah untuk anak yang baru masuk SD. Pastinya Anda ingin memberikan hadiah yang bermanfaat dan kalau bisa dapat digunakan dalam waktu lama oleh sang anak. Jadi, tidak perlu berlama-lama lagi, baca saja artikel ini sampai akhir agar Anda dapat menemukan hadiah yang tepat!

Daftar isi

Cara memilih hadiah untuk anak yang baru masuk SD

Pertama, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih hadiah untuk anak yang baru masuk SD. Lupakan meja belajar yang mahal karena kami akan memberikan beberapa informasi barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Pilih barang yang berkaitan dengan kegemaran anak

Jika Anda ingin memberikan hadiah sebagai perayaan masuk SD, perhatikan hal yang disukai oleh anak Anda dan berikan barang yang berkaitan dengan kegemarannya tersebut. Berikut barang-barang yang dapat dipilih sesuai dengan kegemaran anak-anak.

Set alat pewarna untuk anak yang suka menggambar

Set alat pewarna untuk anak yang suka menggambar

Hampir seluruh taman kanak-kanak mengajarkan menggambar. Bagi anak yang gemar menggambar, set alat mewarnai atau alat lukis dapat menjadi pilihan tepat, terlebih untuk produk berkualitas dengan banyak warna yang sulit didapatkan si anak. Selama masih masuk dalam budget Anda, set pewarna dengan banyak warna seperti itu akan sangat disukai si anak. Anda pun bisa menambahkan buku gambar berkualitas dan menghadiahkannya bersamaan dengan set pewarna tersebut.

Barang yang berkaitan dengan hal kesukaan yang dipelajarinya

Barang yang berkaitan dengan hal kesukaan yang dipelajarinya

Ada sebagian anak yang mengikuti les piano, berenang, balet, atau sepak bola bahkan sejak sebelum masuk SD. Jika pelajaran tersebut sangat digemari si kecil dan akan terus ditekuninya, memberi hadiah yang berhubungan dengan hal tersebut pastinya merupakan ide yang bagus.

Sebagai contoh, untuk anak yang suka belajar piano, alat tulis dengan corak notasi balok dapat menjadi pilihan hadiah baginya. Kemudian, bila si anak menyukai balet atau sepak bola, memberikan hadiah dengan gambar yang berhubungan dengan balet atau sepak bola tersebut akan meningkatkan semangat mereka untuk berlatih. Selain itu, jika Anda ingin memberikan sepatu bola, sepatu balet, atau baju balet, jangan lupa memastikan ukurannya terlebih dahulu.

Set buku cerita bergambar untuk anak yang hobi membaca

Set buku cerita bergambar untuk anak yang hobi membaca

Bila Anak menyukai buku bergambar atau hobi membaca, kami sarankan untuk memberikan buku cerita bergambar yang ditujukan untuk anak baru masuk SD. Jika Anda memiliki cukup anggaran, langganan buku cerita atau majalah anak setiap bulan juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah. Saat berlangganan, ada banyak pilihan buku cerita bergambar untuk anak yang dapat dia terima sehingga dia dapat memilih sesuai dengan jenis buku yang ia sukai.

Ensiklopedia atau set ilustrasi untuk anak yang menyukai hewan dan serangga

Ensiklopedia atau set ilustrasi untuk anak yang menyukai hewan dan serangga

Usia masuk SD merupakan saat di mana anak-anak ingin mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya, seperti hewan dan tumbuhan. Hadiah seperti ensiklopedia anak pasti akan sangat membantu si kecil memahami lingkungan di sekitarnya. Buku-buku seri ensiklopedia serangga, vertebrata, tumbuhan, dan lainnya dapat Anda temui di toko buku. Bahkan, ensiklopedia yang dilengkapi dengan DVD akan semakin membantu si kecil lebih menyukai subjek yang dipelajarinya.

Perlengkapan olahraga atau unicycle untuk anak yang gemar bermain di luar

Perlengkapan olahraga atau unicycle untuk anak yang gemar bermain di luar

Jika si anak senang bermain di luar, perlengkapan olahraga yang mudah dimainkan dan berharga terjangkau merupakan hadiah yang sangat tepat. Hadiah seperti bola sepak atau bola basket dapat bermanfaat untuk latihan karena olahraga tersebut diajarkan di sekolah. Barang lainnya seperti skuter, sepeda, atau unicycle juga dapat menjadi pilihan Anda. Namun, jika Anda memberikan hadiah yang cukup besar pastikan kepada orang tuanya bahwa terdapat ruang untuk menyimpan barang tersebut.

Pilih barang fungsional yang dibutuhkan saat masuk SD

Pilih barang fungsional yang dibutuhkan saat masuk SD

Jika Anda kurang mengetahui kegemaran si anak, barang-barang praktis yang sangat berguna saat masuk SD juga merupakan alternatif hadiah yang baik. Anda dapat memilih jam tangan, tas ransel, celemek, payung, dan berbagai jenis barang lainnya yang menurut Anda akan bermanfaat.

Untuk Anda yang ingin memberikan jam tangan, pilihlah jam tangan analog daripada digital karena jam tangan analog akan membantu si kecil belajar membaca waktu. Lalu, bila Anda ingin memberikan tas jinjing, berikanlah tas yang tahan air sehingga dapat digunakan si anak saat hari hujan. Jika Anda ingin memberikan tas ransel, pilihlah ransel yang lebih besar ukurannya daripada yang dipakai saat TK. Payung lipat juga dapat menjadi pilihan yang menarik sebagai hadiah, tetapi pilihlah yang mudah dipakai atau mudah dibuka tutup si anak.

Pilih barang yang berguna untuk pembelajaran di sekolah

Pilih barang yang berguna untuk pembelajaran di sekolah

Anak-anak akan mempelajari banyak hal saat mulai masuk SD. Produk yang mendukung pembelajaran si kecil tentu akan sangat membantunya memahami pelajaran di sekolah.

Anda dapat memilih kamus bergambar untuk anak dengan ukuran yang sesuai agar dapat dipakai di rumah dan di sekolah. Selain itu, Anda juga dapat menghadiahkan bola dunia atau komik sejarah untuk membantu si kecil mempelajari ilmu pengetahuan sosial saat usia anak sudah semakin besar. Jika Anda memiliki anggaran lebih besar, Anda dapat memberikannya mikroskop atau teleskop untuk si kecil yang tertarik dengan sains.

Pilih barang yang akan dipakai setiap hari

Pilih barang yang akan dipakai setiap hari

Jika Anda kurang mengetahui kesukaannya, Anda dapat memilih barang-barang yang dapat dipakai setiap hari. Tidak masalah bila memiliki barang-barang tersebut dalam jumlah banyak karena nantinya akan tetap terpakai.

Pilihlah barang seperti kaos kaki, tas ransel, atau sapu tangan yang dipakai setiap hari. Saat memasuki SD, kemungkinan besar peralatan tulis sang anak akan saling tertukar dengan milik teman-temannya. Jadi, hadiah seperti pensil atau set alat tulis yang dapat dinamai serta label nama dengan gambar kartun yang lucu juga dapat Anda berikan. Dengan begitu tentu peralatan milik si anak tidak akan mudah hilang lagi.

Perhatikan besar anggaran Anda

Perhatikan besar anggaran Anda

Saat memberikan hadiah, Anda perlu memperhatikan kepada siapa Anda memberikan hadiah tersebut. Jika Anda memberikannya untuk cucu Anda, barang dengan harga 1 jutaan tidak terlalu berlebihan karena tentu Anda ingin memberikan barang yang terbaik untuk cucu Anda, bukan? Di samping itu, anggaran sebesar 500-750 ribuan sudah cukup untuk hadiah keponakan Anda. Untuk Anda yang ingin memberikan hadiah kepada anak teman Anda, kisaran harga 300 ribuan dirasa cukup. Hal terpenting, berikanlah hadiah dengan harga yang sesuai agar tidak memberatkan kantong Anda.

10 Rekomendasi hadiah terbaik untuk anak yang baru masuk SD

Kini saatnya kami memberikan rekomendasi hadiah-hadiah yang dapat Anda berikan untuk anak yang baru masuk SD dengan berbagai rentang harga. Silakan pilih sesuai pertimbangan Anda masing-masing.

10. Peekmybook Happy Town – Music Book for Kids

10. Peekmybook Happy Town - Music Book for Kids

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 69.000

Buku musik berwarna membuat belajar semakin semangat

Jika si kecil sedang rajin mengikuti les musik, Anda dapat memberikan buku garis notasi balok ini untuknya. Buku ini memiliki desain ilustrasi yang menarik dan berwarna sehingga anak-anak tambah bersemangat dalam mempelajari notasi balok. Ada 3 ilustrasi menarik yang dapat Anda pilih, yakni mobil, pohon, dan gedung.

Berbeda dengan buku musik biasanya, jarak antar garisnya lebih lebar sehingga memudahkan penulisan dan pembacaan not balok. Buku ini terdiri dari 45 lembar kertas A4 sehingga berjumlah total 90 halaman. Jilid spiral buku not balok ini akan memudahkan saat bermain musik karena lebih mudah untuk dibolak-balik.

9. Tabasa Racoon Payung Lipat TL 106

9. Tabasa Racoon Payung Lipat TL 106

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

Terlindung dari hujan dengan payung lipat yang gemas

Anda pastinya tidak ingin si kecil kebasahan di saat musim hujan, bukan? Payung lipat dengan gambar karakter rakun ini dapat menjadi alternatif pilihan hadiah untuk anak yang baru masuk SD. Tak hanya melindungi dari hujan, payung ini juga memiliki lapisan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Payung ini akan terlihat lebih imut karena ada tambahan telinga di bagian atasnya saat dibuka. Ada 4 pilihan warna, yaitu biru, merah muda, abu-abu, dan emas untuk si kecil. Selain itu, karena payung ini termasuk payung lipat, tentu akan memudahkan si kecil menyimpannya di dalam tas sehingga tidak khawatir tertinggal.

8. Bhuana Ilmu Populer Ensiklopedia Anak Hebat : Serangga

8. Bhuana Ilmu Populer Ensiklopedia Anak Hebat : Serangga

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 103.200

Belajar lebih menyenangkan bersama ensiklopedia bergambar

Jika si kecil sangat suka mengeksplorasi lingkungan dan tertarik dengan serangga, ensiklopedia ini merupakan hadiah yang tepat. Ensiklopedia Anak Hebat merupakan ensiklopedia karangan Song Seung Hwi asal Korea yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dilengkapi dengan hard cover, tentu membuat buku ini makin awet.

Berbagai pertanyaan unik seperti “Apakah laba-laba termasuk serangga?” atau “Serangga apakah yang tercepat” terdapat di dalamnya. Buku ini akan sangat membantu orang tua dalam menjawab berbagai pertanyaan si kecil tentang serangga. Selain gambar-gambar serangga sesungguhnya, ensiklopedia ini juga dilengkapi dengan ilustrasi menarik untuk anak-anak.

7. Unicycle Ukuran 16″

7. Unicycle Ukuran 16"

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.450.000

Latih keseimbangan si kecil dengan unicycle warna-warni

Mungkin Anda lebih banyak melihat hoverboard atau electric unicycle di pasaran dibandingkan dengan jenis yang satu ini. Dengan memainkan unicycle seperti ini, anak akan belajar menyeimbangkan tubuh saat menggunakanya. Di samping itu, motorik anak juga akan lebih terlatih karena mengayuh pedal yang tidak ditemukan pada model terkini.

Tinggi sadelnya dapat diatur untuk disesuaikan dengan tinggi badan anak sehingga dapat dipakai sampai bertahun-tahun hingga tinggi anak mencapai 165 cm. Selain itu, sepeda roda satu ini juga dirancang untuk free style sehingga sangat pas untuk anak yang aktif. Ada banyak warna yang dapat Anda pilih seperti merah, hitam, oranye, kuning, dan biru untuk si kecil.

6. Casio LRW200H-1BV

6. Casio LRW200H-1BV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 299.000

Desain jam tangan yang tak lekang oleh waktu

Meskipun anak-anak lebih menyukai jam tangan bergambar karakter favoritnya, memberikan jam tangan dengan model sederhana juga dapat menjadi pertimbangan. Model jam yang sederhana akan lebih awet digunakan dalam jangka waktu panjang. Jam tangan dari Casio ini dapat menjadi pilihan sebagai hadiah anak yang baru masuk SD.

Model LRW-200H merupakan jam tangan tipe analog yang dilengkapi dengan tali karet serta memiliki fitur water resistant. Jam tangan ini memiliki penunjuk menit seperti 15, 30, dan 45 dan dapat dipakai untuk alat belajar anak tentang jam. Varian warnanya pun banyak, mencapai 10 warna sehingga dapat Anda sesuaikan dengan warna kesukaan si kecil.

5. Xiaomi Tas Ransel Sekolah Anak

5. Xiaomi Tas Ransel Sekolah Anak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 499.000

Ransel trendi dengan berbagai kelebihan untuk anak sekolah

Biasanya tas ransel anak SD memiliki gambar-gambar tokoh favoritnya dengan warna-warni ceria. Bagi Anda yang kurang mengetahui tokoh favoritnya, ransel sederhana dari Xiaomi ini bisa jadi pilihan karena desainnya tak kalah keren dengan ransel lainnya. Modelnya yang compact juga membuat si kecil lebih mudah menyusun buku pelajarannya dengan rapi.

Ransel ini menggunakan bahan tahan air di luar dan dalamnya sehingga Anda tak perlu khawatir buku-bukunya akan basah saat hujan. Selain tahan air, bahannya juga mudah dibersihkan saat terkena noda spidol atau pulpen. Kemudian, bagian belakangnya terbuat dari bahan EVA yang lembut dan empuk untuk melindungi tulang punggung si kecil.

4. Disney Indonesian – English Dictionary

4. Disney Indonesian - English Dictionary

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Belajar bahasa Inggris tak lagi sulit dengan kamus bergambar

Sekarang ini, pelajaran bahasa asing terutama bahasa Inggris sudah menjadi pelajaran wajib untuk anak SD. Agar si kecil dapat dengan mudah memahami bahasa Inggris, kamus Indonesia-Inggris terbitan Gramedia ini merupakan pilihan yang tepat. Kamus dengan tema Disney ini sangat sesuai untuk anak-anak yang menyukai karakter Disney.

Seluruh kosakata di dalam kamus ini merupakan kosakata sederhana yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Selain itu, kamus ini juga menyediakan contoh kalimat sederhana agar si kecil dapat dengan mudah mempraktikannya. Karakter serta isi kamus yang berwarna pastinya membuat si kecil semakin bersemangat belajar.

3. Maped Colouring Set

3. Maped Colouring Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Noda tintanya mudah dibersihkan. Anak senang, ibu tenang!

Perlengkapan yang satu ini sangat cocok Anda berikan kepada anak yang gemar menggambar maupun mewarnai. Tak hanya pensil warna, dalam set ini juga terdapat spidol dengan extra soft brush dan fine point pens. Dengan set ini si kecil dapat mengeksplorasi berbagai alat mewarnai sampai menemukan jenis yang benar-benar yang disukainya.

Selain alat mewarnai, set ini juga memberikan rautan kecil dari metal yang dapat dibawa ke mana saja. Kemudian, Anda pasti tahu bahwa saat anak menggambar, sering kali pakaian maupun kulitnya terkena noda tinta dan sulit dibersihkan. Namun, dengan produk ini Anda tidak perlu khawatir lagi karena tintanya dapat dicuci tanpa meninggalkan noda.

2. Buku Cerita Box Set Seri Kumbang

2. Buku Cerita Box Set Seri Kumbang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.500

Cerita menarik dan penuh moral yang menyentuh

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan Enid Blyton atau mungkin Anda merupakan salah satu penggemarnya saat anak-anak? Buku-buku karangan Enid Blyton sangat baik dibaca oleh anak-anak karena berisi pesan-pesan moral. Dengan memberikan buku cerita, si kecil dapat melatih imajinasinya tentang situasi cerita di dalamnya.

Ukuran buku ini juga tidak terlalu besar, hanya 10 x 14 x 8,5 cm saja sehingga mudah untuk disimpan di rak buku atau dibawa-bawa si kecil. Dalam set buku ini Anda akan mendapatkan 8 cerita, seperti Monyet Mike, Si Babi Ungu, Tiga Permintaan, dan sebagainya. Pastinya buku ini merupakan hadiah terbaik untuk anak-anak yang gemar membaca buku cerita.

1. Oregon Scientific Smart Globe Adventure AR SG268R

1. Oregon Scientific Smart Globe Adventure AR SG268R

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.475.000

Lebih seru jelajahi lebih dari 220 negara dengan augmented reality

Apakah si kecil menyukai serba-serbi tentang berbagai negara? Globe canggih satu ini pastinya dapat memuaskan rasa ingin tahunya. Dilengkapi dengan smart learning pen, Anda dapat langsung memilih negara serta dapat mendengarkan informasinya melalui alat tersebut. Alat ini sangat cocok untuk anak tipe auditori atau anak yang suka mempelajari berbagai negara.

Selain itu, ada aplikasi yang dapat diunduh pada tablet maupun smartphone agar si kecil dapat menikmati fitur augmented reality untuk melihat hewan, landmarks, dan landscape. Di samping informasi, ada pula kuis untuk menguji kemampuan si kecil. Tenang saja karena globe ini hanya membutuhkan 3 baterai AAA untuk menjalankannya.

Hindari memberikan barang yang sama dengan orang lain

Hindari memberikan barang yang sama dengan orang lain

Sangat sering Anda memberikan barang yang sama dengan orang lain atau memberikan barang yang sudah dimiliki. Terutama jika Anda akan memberikan buku terbaru atau barang populer lain, bahkan untuk produk standar seperti globe, jam alarm, atau rautan pensil.

Jika memungkinkan, tanyakan kepada rekan Anda yang juga akan memberikan hadiah maupun orang tua si kecil untuk mencegah memberikan barang yang sama.

Kesimpulan

Ada beragam barang yang dapat Anda pilih sebagai hadiah untuk si kecil, mulai dari buku cerita, ensiklopedia, alat lukis, sampai globe. Pastikan barang yang Anda pilih sesuai dengan anggaran Anda agar tidak memberatkan. Tak lupa, pastikan juga barang yang Anda berikan tidak dimiliki si kecil atau tidak diberikan juga oleh rekan Anda lainnya.

Selanjutnya, selamat memilih hadiah yang tepat untuk anak yang baru masuk SD!