10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apakah Anda menyukai sarapan roti? Tentunya Anda tidak akan pernah ketinggalan fruit spread di meja makan Anda. Rasa segar buah-buahannya sangat menyenangkan dinikmati setiap hari bersama keluarga Anda. Di pasaran terdapat berbagai brand yang beredar, seperti D’Arbo, Crofter’s, Dalmatia, dan tak ketinggalan brand dari dalam negeri.

Jika Anda baru ingin mencoba fruit spread atau ingin mengganti rasa buah, ada baiknya Anda menyimak artikel kami kali ini. Kami akan membahas tentang fruit spread serta memberikan rekomendasi produk terbaik pilihan kami untuk Anda. Yuk, nikmati fruit spread dengan cara yang menyenangkan!

Daftar isi

Perbedaan spread dan jam

Perbedaan spread dan jam

Di Indonesia, spread dan jam mungkin tidak terlalu dapat dibedakan. Namun, keduanya dapat dibedakan berdasarkan jumlah kandungan gulanya. Spread cenderung memiliki kandungan gula lebih sedikit daripada jam. Bila biasanya jam memiliki kandungan gula 40% atau lebih, spread memiliki kandungan gula kurang dari 40%.

Dengan demikian, Anda dapat menyimpulkan bahwa spread adalah jam dengan kandungan gula lebih rendah. Karena kandungan gulanya rendah, spread cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan kandungan gula di dalam makanan. Selain itu, spread sangat mudah untuk digunakan dalam berbagai makanan.

Cara memilih fruit spread

Agar Anda dapat menikmati rasa buah-buahan asli dari fruit spread, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih fruit spread. Berikut kami berikan tips cara memilih fruit spread yang sesuai untuk Anda.

Pilih berdasarkan jenis buah

Ada beberapa buah yang sering digunakan untuk fruit spread, mulai dari buah-buahan yang sering Anda temukan sampai buah-buahan yang unik. Jadi, mari pilih berdasarkan jenis buah yang digunakan.

Berry yang manis dan asam

Berry yang manis dan asam

Beberapa jenis berry yang biasa digunakan untuk fruit spread adalah stroberi, blueberry, dan blackberry. Anda dapat menikmati perpaduan rasa manis dan asam dari berry yang sangat menyegarkan. Buah berry termasuk buah yang sangat umum digunakan untuk fruit spread dan jam, serta disukai banyak orang. Mulai dari roti sampai yoghurt, semuanya cocok jika Anda nikmati dengan berry fruit spread.

Citrus yang menyegarkan

Citrus yang menyegarkan

Jenis citrus yang biasa digunakan untuk fruit spread adalah lemon dan tangerine karena karakter rasa asamnya sangat menyegarkan. Citrus akan menciptakan rasa yang menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati pada pagi hari. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis, fruit spread ini sangat cocok untuk Anda. Citrus fruit spread juga cocok untuk dicampurkan dengan teh hitam.

Buah tropis yang kaya rasa

Buah tropis yang kaya rasa

Buah tropis, seperti mangga, memiliki karakter rasa manis yang pekat serta terasa lembut di mulut. Selain itu, buah-buahan tropis juga sangat kaya rasa. Meskipun tanpa gula, Anda tetap dapat merasakan cita rasa manis alami buah tropis. Fruit spread dari buah-buahan tropis sangat cocok bagi Anda yang lebih menyukai rasa manis.

Apel dan pir yang manis

Apel dan pir yang manis

Buah-buahan seperti apel dan pir memiliki rasa manis yang lembut dan tidak berlebihan. Fruit spread dari buah ini cocok sekali untuk digunakan sebagai isian kue. Apel dan pir yang dikombinasikan dengan butter akan menghasilkan tekstur lebih kental serta rasa yang lebih smooth.

Delima dan ara yang cocok untuk saus

Delima dan ara yang cocok untuk saus

Spread dengan buah delima atau ara sangat pas digunakan sebagai saus untuk makanan yang diolah dari daging. Selain itu, tekstur buah-buahan ini akan sangat menarik untuk dinikmati.

Pilih spread dari buah organik

Pilih spread dari buah organik

Buah-buahan yang dipilih sebagai bahan dasar fruit spread akan mempengaruhi kualitasnya. Untuk Anda yang sangat mementingkan kualitas, pilihlah fruit spread yang menggunakan buah-buahan organik. Fruit spread dari buah-buahan organik ini dapat menjadi pilihan saat Anda mencari fruit spread untuk dinikmati oleh anak-anak karena sangat aman dikonsumsi. Meski begitu, nyatanya produk seperti ini tidak banyak dijual di pasaran Indonesia.

Periksa pemanis yang digunakan

Periksa pemanis yang digunakan

Anda dapat menemukan fruit spread yang menggunakan gula maupun tidak menggunakan gula. Gula yang digunakan terkadang beragam mulai dari gula tebu hingga pemanis buatan. Pilihlah kandungan gula sesuai dengan selera Anda. Jika Anda tidak terlalu menyukai rasa asam, pilihlah fruit spread yang mengandung gula. Namun, jika Anda merasa cukup dengan rasa manis alami dari buah-buahan, Anda dapat memilih fruit spread tanpa gula.

Pilih dengan tambahan butter untuk rasa yang lebih kaya

Pilih dengan tambahan butter untuk rasa yang lebih kaya

Beberapa produk fruit spread mengombinasikan buah dan butterFruit spread dengan tambahan butter akan memiliki karakter rasa yang lebih kaya dan lebih kental. Anda dapat menikmati perpaduan rasa yang mewah dari buah-buahan dan butter. Jenis fruit spread ini sangat sempurna jika dinikmati dengan crackers dan biskuit sambil minum teh.

Periksa tanggal kedaluwarsa

Periksa tanggal kedaluwarsa

Berhubung spread memiliki kandungan gula lebih rendah daripada jam, maka masa kedaluwarsanya pun akan lebih singkat. Meski masa kedaluwarsanya dapat berbeda-beda tergantung tiap produsennya, rata-rata fruit spread memiliki masa kedaluwarsa sekitar 12 bulan bahkan sebelum dibuka. Berbeda dengan fruit spread yang mengandung gula, fruit spread tanpa gula memiliki masa simpan lebih singkat. Karena itu, pastikan untuk menyimpannya di dalam kulkas setelah dibuka, ya.

10 Rekomendasi fruit spread terbaik

Selanjutnya kami berikan berbagai rekomendasi fruit spread dari berbagai buah-buahan untuk Anda. Pastinya dapat menjadi favorit Anda dan keluarga.

10. Bali Asli Apple Butter

10. Bali Asli Apple Butter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Produk dalam negeri dengan kualitas internasional

Bagi para penggemar apel, fruit spread produksi dalam negeri ini pastinya harus masuk dalam daftar favorit Anda. Bukan pemanis buatan, fruit spread ini menggunakan gula tebu yang alami dan tentunya aman dikonsumsi. Nikmati Bali Asli Apple Butter sebagai teman sarapan dan menu sehat harian Anda!

Jenis buah Apel
Pemanis Gula tebu
Organik Ya
Isi 330 gr

9. D’Arbo Double-Fruit Wild Blueberry

9. D'Arbo Double-Fruit Wild Blueberry

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Kandungan buah lebih banyak, rasa lebih alami

Jangan lewatkan fruit spread dari blueberry ini dari daftar favorit Anda. Kandungan blueberry sebanyak 70% membuat rasa dan aroma fruit spread ini semakin original. Namun, untuk Anda yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi fruit spread ini karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Meski begitu, kandungan gulanya sangat sesuai untuk Anda yang lebih menyukai cita rasa manis. Rasa manis dan asamnya sangat pas untuk dinikmati saat sarapan setiap hari. Namun, selalu perhatikan asupan kalori harian Anda saat mengonsumsinya, ya.

Jenis buah Berry
Pemanis Gula
Organik Tidak
Isi 200 gr

8. Sun Harvest Sweet Orange

8. Sun Harvest Sweet Orange

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.850

Buat hari lebih segar dengan potongan buah jeruk

Rasa jeruk yang segar tentunya sangat cocok untuk menemani Anda sarapan di pagi hari untuk membuat hari lebih bersemangat. Irisan tipis jeruk di dalamnya pun sangat pas untuk Anda yang menyukai fruit spread dengan rasa bertekstur. Dengan potongan buahnya, fruit spread ini lebih nikmat dicampurkan dengan teh favorit Anda di pagi maupun sore hari.

Jenis buah Citrus
Pemanis Tanpa pemanis tambahan
Organik Tidak disebutkan
Isi 285 gr

7. Dalmatia Fig Spread

7. Dalmatia Fig Spread

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Buah ara? Sama enaknya dengan buah lain!

Anda gemar mencoba varian rasa baru? Jangan lewatkan fruit spread buah ara dari Dalmatia ini. Dengan buah ara buah ara berkualitas dari daerah Mesopotamia, fruit spread ini sangat cocok Anda nikmati bersama keju favorit Anda, mulai dari brie sampai keju cheddar atau bersama dengan yoghurt.

Selain itu, produk ini juga bebas GMO (Genetically Modified Organism) serta bebas gluten, membuat produk ini layak diperhitungkan oleh Anda yang menghindari gluten. Dalmatia juga mendapatkan Sofi Gold Winner pada tahun 2010 sehingga kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jenis buah Ara
Pemanis Gula
Organik Tidak
Isi 240 gr

6. Danish Selection Cherry Fruit Spread

6. Danish Selection Cherry Fruit Spread

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Tidak suka manis? Ini solusinya!

Jika biasa buah ceri identik dengan rasa manis, tidak dengan fruit spread satu ini. Anda dapat menikmati rasa buah ceri asam yang berasal dari Denmark ini. Fruit spread dari Danish Selection ini sangat cocok untuk Anda yang lebih menyukai rasa asam daripada cita rasa manis layaknya fruit spread kebanyakan.

Jenis buah Ceri
Pemanis Gula
Organik Tidak
Isi 400 gr

5. Bionaturae Peach Fruit Spread

5. Bionaturae Peach Fruit Spread

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Teknik klasik untuk rasa yang autentik

Berbeda dengan produksi fruit spread yang ada di pasaran, Bionaturae diproduksi menggunakan teknik klasik. Pemanasan suhu rendah dalam waktu lama membuat rasanya menjadi lebih kaya. Produksi setiap batch juga terbatas untuk menjaga kualitas setiap produknya.

Produk ini hanya memiliki sedikit tambahan gula dan kandungan gula alami yang rendah, cocok untuk Anda yang sedang ingin mengurangi asupan gula, tetapi tetap menginginkan fruit spread yang lezat. Selain itu, kalorinya cukup rendah, lho, hanya 30 kalori saja setiap 19 gram sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan kalori.

Jenis buah Persik
Pemanis Gula
Organik Ya
Isi 255 gr

4. CROFTER’S Premium Spread Pomegranate

4. CROFTER’S Premium Spread Pomegranate

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Aman dengan berbagai sertifikasi

Vegan merupakan gaya hidup yang semakin digemari belakangan ini. Tentunya Anda harus pintar-pintar memilih produk yang Anda maupun keluarga Anda konsumsi sebagai seorang vegan. Untuk itu, kami rekomendasikan fruit spread ini khusus bagi Anda para vegetarian.

Buah delima serta gula tebunya berasal dari bahan-bahan organik. Di samping itu, fruit spread ini bebas pengawet dan tidak memiliki kandungan sirup jagung yang tinggi sehingga lebih aman dikonsumsi bahkan oleh anak-anak. Sertifikasi yang dimiliki fruit spread ini pun makin membuat Anda tidak perlu khawatir lagi.

Jenis buah Delima
Pemanis Gula tebu
Organik Ya
Isi 283 gr

3. Clearspring Organic Fruit Spread – Raspberry

3. Clearspring Organic Fruit Spread - Raspberry

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Konsumsi fruit spread takut gemuk? Tidak lagi!

Fruit spread dari Clearspring ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga pas sekali untuk Anda yang sedang mengatur asupan makanan. Ditambah dengan label fat free, produk ini sesuai untuk Anda yang suka makanan manis, tetapi takut gemuk. Lebih bebas makan manis, deh!

Jenis buah Berry
Pemanis Sirup dari buah
Organik Ya
Isi 290 gr

2. Walden Farms Strawberry Fruit Spread

2. Walden Farms Strawberry Fruit Spread

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 116.000

Diet lancar, makan pun tetap nikmat!

Siapa bilang menurunkan berat badan sangat menyiksa? Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, kami rekomendasikan fruit spread klasik dari stroberi ini. Bebas gula, lemak, dan yang paling penting adalah produk ini bebas kalori. Tetap nikmat meskipun sedang program penurunan berat badan, bukan?

Jenis buah Berry
Pemanis Tidak
Organik Tidak disebutkan
Isi 340 gr

1. Sun Harvest Four Fruits

1. Sun Harvest Four Fruits

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.850

Perpaduan 4 buah sekaligus, rasa lebih segar

Rasa asam berry berpadu dengan manisnya ceri sangat pas untuk Anda yang menyukai perpaduan rasa asam dan manis buah-buahan. Tanpa adanya gula tambahan, manisnya buah-buahan sangat terasa alami dengan fruit spread ini. Yuk, langsung coba saja perpaduan 4 buah-buahan segar ini!

Jenis buah Berry dan ceri
Pemanis Tidak disebutkan
Organik Tidak disebutkan
Isi 285 gr

Ide untuk menikmati fruit spread

Berhubung rasa fruit spread tidak terlalu manis, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara yang menarik. Seperti apa? Ide-ide berikut dapat Anda coba untuk menikmati fruit spread.

Roti dan yoghurt

Roti dan yoghurt

Cara paling sederhana dalam menikmati fruit spread adalah dengan roti, biskuit, maupun dicampurkan dengan yoghurt. Apa pun buah yang digunakan sebagai bahan dasar, fruit spread pastinya akan sangat menyenangkan dinikmati dengan cara ini.

Isian kue

Isian kue

Karena rasa buah-buahan pada fruit spread lebih kuat daripada jam, Anda dapat menggunakannya sebagai isian kue maupun pastry. Jika Anda menggunakannya sebagai isian kue atau pastry, pilihlah fruit spread yang memiliki potongan buah. Tingkatkan rasa kue maupun pastry Anda dengan fruit spread.

Saus untuk masakan

Saus untuk masakan

Anda juga dapat menggunakan fruit spread bersama masakan seperti steak. Fruit spread yang memiliki karakteristik manis lebih rendah ketimbang jam akan cocok untuk hal ini. Penambahan fruit spread pada masakan akan menciptakan efek karamelisasi yang akan mempercantik tampilan masakan tersebut. Jika Anda ingin menggunakannya dalam pembuatan saus, pilihlah fruit spread dengan tekstur yang halus. Fruit spread dengan tingkat keasaman tinggi seperti dari buah delima dan berry sangat cocok jika digunakan dalam masakan.

Kesimpulan

Ternyata tidak hanya dengan roti, Anda dapat menikmati fruit spread dengan berbagai makanan serta minuman lainnya. Ingat selalu untuk memperhatikan jenis buah, kandungan gula, serta tanggal kedaluwarsanya. Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan kalori dan gula, perhatikan juga label produknya, ya.

Jadi, mana fruit spread favorit Anda? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat menikmati variasi makanan lebih lezat bersama fruit spread!