1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Fruit Spread Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Fruit spread adalah pelengkap makanan yang Anda butuhkan jika Anda senang menyantap roti. Rasa segar buah-buahannya sangat menyenangkan untuk dinikmati setiap hari. Di pasaran, dijual berbagai fruit spread dari berbagai merek yang bagus, seperti St. Dalfour, Clearspring, dan Dalmatia.

Jika Anda baru ingin mencoba fruit spread atau ingin mengganti rasa buah, ada baiknya Anda menyimak artikel kami kali ini. Kami akan membahas tips memilih fruit spread serta memberikan rekomendasi fruit spread yang enak untuk Anda. Nah, selamat membaca!
Diperbaharui 10-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Perbedaan fruit spread dengan jam

Perbedaan fruit spread dengan jam
Di Indonesia, fruit spread dan jam mungkin tidak terlalu dapat dibedakan. Namun, keduanya dapat dibedakan berdasarkan jumlah kandungan gulanya. Fruit spread cenderung memiliki kandungan gula lebih rendah daripada jam. Biasanya, jam memiliki kandungan gula 40% atau lebih, sedangkan spread memiliki kandungan gula kurang dari 40%.

Anda dapat menyimpulkan bahwa fruit spread adalah jam dengan kandungan gula lebih rendah. Kandungan gulanya yang rendah, membuat fruit spread cocok untuk Anda yang sangat memperhatikan kandungan gula di dalam makanan. Selain itu, fruit spread sangat mudah untuk digunakan dalam berbagai makanan.

Cara memilih fruit spread

Agar Anda dapat menikmati rasa buah-buahan asli dari fruit spread, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produknya. Berikut ini, kami akan berikan tips memilih fruit spread yang sesuai untuk Anda.

① Tentukan berdasarkan jenis buah

Ada beberapa buah yang sering digunakan untuk fruit spread, mulai dari buah-buahan yang sering Anda temukan sampai yang unik. Jadi, mari pilih berdasarkan jenis buah yang digunakan.

Berry, menghadirkan rasa manis dan asam

Berry, menghadirkan rasa manis dan asam
Berry termasuk buah yang sangat umum digunakan untuk fruit spread dan jam, serta disukai banyak orang. Mulai dari roti sampai yoghurt, semuanya cocok jika Anda nikmati dengan berry fruit spread.

Beberapa jenis berry yang biasa digunakan untuk fruit spread adalah stroberi, blueberry, dan blackberry. Anda dapat menikmati perpaduan rasa manis dan asam dari berry yang sangat menyegarkan. 

Citrus, memberikan rasa yang menyegarkan

Citrus, memberikan rasa yang menyegarkan
Jenis citrus yang biasa digunakan untuk fruit spread adalah lemon dan tangerine karena karakter rasa asamnya sangat menyegarkan. Karena karakter itulah citrus fruit spread cocok dinikmati pada pagi hari.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis, fruit spread ini sangat cocok untuk Anda. Selain itu, citrus fruit spread juga cocok dicampurkan dengan teh hitam.

Apel dan pir, memberikan rasa manis yang soft

Apel dan pir, memberikan rasa manis yang soft
Buah-buahan seperti apel dan pir memiliki rasa manis yang lembut dan tidak berlebihan. Fruit spread dari buah ini cocok sekali untuk digunakan sebagai isian kue. Fruit spread dari apel atau pir yang dicampurkan dengan butter akan memberikan rasa yang lebih kaya. Rasa manisnya pun akan lebih terasa di lidah. Sayangnya, produk ini masih sulit ditemukan di online shop.

Buah ara dan delima, cocok untuk dijadikan saus

Buah ara dan delima, cocok untuk dijadikan saus
Spread dari buah delima atau ara sangat pas digunakan sebagai saus untuk makanan seperti daging dan olahannya. Buah delima dan ara memiliki tekstur yang unik. Jadi, pastikan Anda memilih fruit spread yang masih memiliki tekstur buah tersebut.

② Pertimbangkan fruit spread dari buah organik

Pertimbangkan fruit spread dari buah organik
Untuk Anda yang sangat mementingkan kualitas, pilihlah fruit spread yang menggunakan buah-buahan organik. Proses penanaman buah sampai pembuatan fruit spread organik tentu akan berbeda.

Fruit spread dari buah-buahan organik ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi anak-anak. Sayangnya, produk seperti ini tidak banyak dijual di Indonesia.

③ Pilih produk tanpa gula untuk menikmati cita rasa buah alami

Pilih produk tanpa gula untuk menikmati cita rasa buah alami

Beberapa produk fruit spread tanpa gula menggunakan jus buah lainnya sebagai pemanis. Hal ini membuat fruit spread meninggalkan rasa manis alami setelah dimakan. Fruit spread tanpa gula juga membuat Anda dapat menikmati rasa buah alami yang menyegarkan.


Untuk mendapatkan rasa manis yang pas di lidah, Anda dapat mencoba berbagai merek. Dengan begitu, Anda akan menemukan produk yang paling pas dengan selera Anda.

④ Coba produk dengan tambahan butter untuk rasa yang lebih kaya

Coba produk dengan tambahan butter untuk rasa yang lebih kaya
Ada juga produk fruit spread yang dibuat dari kombinasi buah dan butter. Fruit spread dengan tambahan butter akan memiliki karakter rasa yang lebih kaya serta tekstur yang lebih kental.

Anda dapat menikmati perpaduan rasa yang mewah dari buah-buahan dan butter. Jenis fruit spread ini sangat sempurna jika dinikmati dengan crackers dan biskuit sambil minum teh.

10 Rekomendasi fruit spread terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk fruit spread terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nude

Berry & Dragon Jam

Nude Berry & Dragon Jam 1枚目

Fruit spread sehat dengan kombinasi buah naga dan stroberi

2

Helios

Diet Strawberry Preserve

Helios Diet Strawberry Preserve 1枚目

Fruit spread strawberry yang rendah kalori, diet pun aman!

3

Menz & Gasser

Fruit Spread

Menz & Gasser Fruit Spread 1枚目

Small size, pas untuk Anda yang tinggal sendiri

4

St. Dalfour

Red Raspberry Fruit Spread

St. Dalfour Red Raspberry Fruit Spread 1枚目

Manisnya alami tanpa giung, resep rahasia fruit spread ala Prancis

5

Freshmax

SuperKeto Mixed Berry Fruit Spread

Freshmax SuperKeto Mixed Berry Fruit Spread 1枚目

Nikmati enaknya perpaduan lima jenis berries berbeda

6

Clearspring

Organic 100% Prune Puree

Clearspring  Organic 100% Prune Puree 1枚目

Bahan organik untuk rasa alami

7

Freshmax

SuperKeto Cranberry & Strawberry Fruit Spread

Freshmax SuperKeto Cranberry & Strawberry Fruit Spread 1枚目

Fruit spread bebas gula untuk penderita diabetes

8

Dalmatia

Fig Spread Original

Dalmatia  Fig Spread Original 1枚目

Buah ara? Sama enaknya dengan buah lain!

9

Darbo

Wild Blueberry

Darbo Wild Blueberry 1枚目

Teknik memasak turun-temurun menjadikan rasanya autentik

10

St. Dalfour

Orange Marmalade Fruit Spread

St. Dalfour Orange Marmalade Fruit Spread 1枚目

Rasa khas kulit jeruk memberi cita rasa yang unik

Perincian produk
Close
No.1

NudeBerry & Dragon Jam

Mulai dari Rp78.000,00

Fruit spread sehat dengan kombinasi buah naga dan stroberi

Jika Anda bosan fruit spread dengan rasa yang itu-itu saja, produk dari Nude bisa dipertimbangkan. Dengan bahan utama buah naga yang dikombinasikan dengan stroberi, produk ini menawarkan rasa buah yang segar dan tentunya sehat. Ditambah lagi, perpaduan warna kedua buah ini tampak begitu menarik sehingga membuat Anda tidak sabar untuk segera menyantapnya. 

No.2

HeliosDiet Strawberry Preserve

Mulai dari Rp55.100,00

Fruit spread strawberry yang rendah kalori, diet pun aman!

Strawberry fruit spread memang merupakan favorit semua orang. Namun, terkadang Anda merasa khawatir ketika ingin memakannya saat diet. Tenang saja karena Anda tetap dapat menikmati enaknya strawberry fruit spread dari Helios.


Helios Diet Strawberry Preserve tidak mengandung gula tebu. Sebagai penggantinya, Helios menggunakan maltitol dan sucralose sehingga rasanya tetap manis. Kalorinya pun cukup rendah untuk Anda yang sedang dalam program diet. 

No.3

Menz & GasserFruit Spread

Mulai dari Rp4.500,00

Small size, pas untuk Anda yang tinggal sendiri

Kami merekomendasikan fruit spread ini untuk Anda yang tinggal sendiri. Hal ini karena kemasannya yang relatif kecil dengan isi hanya 28 gram saja. Jadi, Anda pun tidak perlu bingung produk ini akan lama dihabiskan. Tersedia tiga pilihan rasa, yakni stroberi, anggur, dan jeruk yang siap dikombinasikan dengan roti untuk menjadi sarapan Anda. 

No.4

St. DalfourRed Raspberry Fruit Spread

Mulai dari Rp76.900,00

Manisnya alami tanpa giung, resep rahasia fruit spread ala Prancis

St. Dalfour merupakan merek asal Prancis yang telah berdiri lebih dari 100 tahun. Teknik memasak slow cooks menjadi kunci rahasia dari lezatnya fruit spread St. Dalfour. Rasa buahnya akan lebih terasa di lidah serta berpadu sempurna dengan makanan.


St. Dalfour menggunakan 100% buah alami tanpa gula. Sebagai pemanisnya digunakan jus anggur dan kurma. Rasa manisnya lebih alami dan bebas giung. Varian fruit spread dengan bahan dasar raspberry ini cocok Anda padukan dengan French toast, keju ricotta, atau kue.

No.5

FreshmaxSuperKeto Mixed Berry Fruit Spread

Mulai dari Rp85.900,00

Nikmati enaknya perpaduan lima jenis berries berbeda

Setiap buah berry memiliki rasa yang khas. Fruit spread dari Freshmax ini mengandung lima varietas berry yang terasa segar saat disantap. Rasa manis dan asamnya bersatu memberikan cita rasa yang unik. Fruit spread ini bisa Anda jadikan sebagai isian pie. Dijamin, pie buatan Anda akan menjadi lebih spesial dengan produk ini.

No.6

Clearspring Organic 100% Prune Puree

Mulai dari Rp129.480,00

Bahan organik untuk rasa alami

Prune puree dari Clearspring ini merupakan produk organik tanpa tambahan gula sama sekali. Rasa manisnya benar-benar alami dari buah yang digunakan. Produk ini sangat aman dikonsumsi para penderita diabetes. Anda tidak perlu khawatir soal gula tambahan yang dapat mengganggu metabolisme Anda. Rasanya sangat nikmat dan sehat untuk seluruh anggota keluarga.
No.7

FreshmaxSuperKeto Cranberry & Strawberry Fruit Spread

Mulai dari Rp89.200,00

Fruit spread bebas gula untuk penderita diabetes

Bagi orang yang memiliki riwayat diabetes, makanan tinggi gula sebaiknya dihindari. Karena itu, produk ini hadir dengan rasa manis light yang berasal dari stevia. Anda pun bisa memilih produk ini dan menikmati rasa buah cranberry yang berpadu dengan strawberry tanpa rasa khawatir. Meski serat buahnya masih terasa, tekstur fruit spread ini relatif lembut.

No.8

Dalmatia Fig Spread Original

Mulai dari Rp120.000,00

Buah ara? Sama enaknya dengan buah lain!

Anda gemar mencoba varian rasa baru? Jangan lewatkan fruit spread buah ara dari Dalmatia. Dengan buah ara berkualitas dari negara Kroasia, fruit spread ini sangat cocok dinikmati bersama keju favorit Anda. Mulai dari brie, keju cheddar, atau yoghurt nikmat untuk disajikan dengan produk ini.

Bebas GMO dan bebas gluten, produk ini layak diperhitungkan oleh Anda yang menghindari gluten. Dalmatia juga mendapatkan Sofi Gold Winner pada tahun 2010 sehingga kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.
No.9

Teknik memasak turun-temurun menjadikan rasanya autentik

Resep turun-temurun memang memiliki cita rasa autentik yang khas. Produk ini menggunakan resep turun-temurun dengan teknik memasak tradisional. Teknik masak ini menjaga agar rasa alami buahnya tetap terasa.


D'Arbo menggunakan 70% buah untuk fruit spread ini. Banyaknya kandungan buah membuat rasanya tidak terlupakan. D'Arbo Wild Blueberry kami rekomendasikan untuk Anda yang menyukai cita rasa autentik.

No.10

St. DalfourOrange Marmalade Fruit Spread

Mulai dari Rp89.000,00

Rasa khas kulit jeruk memberi cita rasa yang unik

Selain buah raspberry, Anda juga bisa memilih fruit spread rasa jeruk dari St. Dalfour. Terbuat dari buah jeruk utuh, Anda dapat menikmati rasa khas dari kulit jeruknya.


Rasanya yang unik cocok digunakan untuk berkreasi membuat berbagai sajian spesial bagi keluarga. Sebagai contoh, Anda bisa menjadikannya sebagai isian kue pastri atau homemade cookies. Coba ajak putra putri Anda untuk ikut membuatnya, pasti menyenangkan!

Berbagai cara untuk menikmati fruit spread

Berhubung rasa fruit spread tidak terlalu manis, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai cara yang menarik. Seperti apa? Ide-ide berikut dapat Anda coba untuk menikmati fruit spread.

Cara paling umum, nikmati dengan roti dan yoghurt

Cara paling umum, nikmati dengan roti dan yoghurt
Cara paling sederhana dalam menikmati fruit spread adalah dengan roti, biskuit, dan sebagai topping yoghurt. Apakah ini juga cara Anda untuk menikmati fruit spread? Anda dapat menggunakan cara ini untuk menikmati berbagai fruit spread dengan rasa buah berbeda.

Enak juga dijadikan isian kue dan tarts

Enak juga dijadikan isian kue dan tarts
Fruit spread juga direkomendasikan untuk menjadi isian kue atau tarts. Rasa buah yang lebih kuat dibandingkan jam membuat rasanya pas untuk kue dan tarts. Jika Anda menggunakannya sebagai isian, pilihlah buah dengan rasa lembut yang Anda sukai.

Tingkatkan cita rasa masakan Anda dengan saus dari fruit spread

Tingkatkan cita rasa masakan Anda dengan saus dari fruit spread
Anda juga dapat menggunakan fruit spread bersama masakan seperti steak. Fruit spread dengan cita rasa manis yang lebih rendah ketimbang jam akan cocok untuk saus masakan. Penambahan fruit spread pada masakan akan menciptakan efek karamelisasi yang akan mempercantik tampilan masakan tersebut.

Jika Anda ingin menggunakannya dalam pembuatan saus, pilihlah fruit spread dengan tekstur kental dan halus. Selain itu, fruit spread dengan tingkat keasaman tinggi juga cocok digunakan dalam masakan.

Baca juga rekomendasi berbagai selai buah di sini

Buah memang sangat nikmat untuk dijadikan sebagai selai. Rasa manis dan segarnya akan melengkapi roti dan sajian favorit Anda. Kami memiliki artikel lain yang membahas tentang berbagai selai buah. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk selai buah yang sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Ternyata, fruit spread tidak hanya nikmat disantap dengan roti, ya. Anda bisa menikmatinya bersama dengan teh, kue, bahkan steak. Namun, ingatlah selalu untuk memperhatikan jenis buah yang cocok dengan selera masing-masing.

Jadi, mana yang merupakan fruit spread favorit Anda? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat menikmati hidangan favorit bersama fruit spread pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer