• 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kasur yang Anda gunakan sangatlah memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda merasa lelah dan pegal ketika bangun tidur, bisa jadi Anda salah memilih kasur. Saat ini tersedia banyak kasur matras dari berbagai merk, seperti Uniland, Elite, IKEA, dan sebagainya. Tipenya pun banyak, ada kasur orthopedic, kasur latex, atau kasur dengan mattress topper.


Kali ini kami akan membantu Anda memilih kasur matras yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan review beserta rekomendasi kasurnya. Nah, mari simak informasi di bawah ini dan tentukan pilihan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Irvina Lioni
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2021
  • 125.522 Views
Daftar isi

Cara memilih kasur matras

Kenyamanan kasur tidak terlepas dari jenis pegas dan keempukan bahan yang digunakan. Mari cek karakteristik dari masing-masing hal tersebut agar mudah menentukan kasur yang cocok.

Pilih kasur matras pegas untuk menopang berat tubuh dengan mantap

Kasur matras pegas memiliki keunggulan dalam hal ketahanan, sirkulasi udara, dan pendistribusian berat tubuh. Selain itu, tingkat kekerasan kasur ini akan memudahkan Anda saat ingin menggulingkan badan. Secara garis besar, kasur matras pegas dapat dibagi menjadi tiga tipe. Pahami perbedaannya dan temukan yang terbaik untuk Anda!

Pegas bonnell: Tingkat kekerasannya pas dan mampu menyesuaikan bentuk tubuh

Pegas bonnell: Tingkat kekerasannya pas dan mampu menyesuaikan bentuk tubuh

Karakteristik dari kasur pegas bonnell adalah mampu menopang permukaan tubuh dengan pas. Hal ini dimungkinkan karena adanya struktur pegas yang terhubung secara vertikal dan horizontal.


Dengan struktur seperti ini, seluruh permukaan kasur akan turun perlahan ketika suatu gaya diberikan. Gaya yang dimaksud di sini ialah bobot tubuh Anda ketika menaiki kasur. Tipe bonnell direkomendasikan jika Anda menyukai kasur yang turun saat menopang beban serta tidak terlalu keras.


Struktur pegas yang saling terhubung membuat bobot terdistribusi merata. Hal ini membuat permukaan kasur tidak mudah turun di titik tertentu. Dengan demikian, postur tubuh Anda akan tetap terjaga di saat tidur sekalipun. Harganya yang terjangkau dan daya tahannya yang tinggi menjadikan kasur ini cocok dipilih sebagai kasur pertama Anda.


Namun, bila Anda termasuk orang dengan kebiasaan tidur yang buruk, tipe ini mungkin akan membuat badan lelah. Hal ini berhubungan dengan karakteristik kasur yang hanya sedikit menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Kasur bonnell lebih direkomendasikan untuk perorangan karena seluruh bagian kasur akan berguncang ketika Anda membalikkan badan.

Pegas high-density: Mampu menopang beban berat dan memiliki struktur lebih kukuh

Pegas high-density: Mampu menopang beban berat dan memiliki struktur lebih kukuh

Kasur pegas high-density (kepadatan tinggi) direkomendasikan bila Anda berbadan berat atau menyukai kasur yang agak keras dan padat. Kasur ini memiliki jumlah pegas lebih banyak daripada tipe bonnell sehingga strukturnya lebih kukuh dan kuat menopang beban. Bila ditiduri, kasur ini pun tidak akan terlalu turun seperti tipe bonnell.


Belakangan ini banyak tersedia kasur pegas high-density dengan beragam alas kasur yang empuk dan nyaman. Tambahan lagi, kasur ini banyak digunakan untuk penginapan dan hotel karena daya tahannya tinggi.


Sayangnya, kasur ini lebih sesuai untuk dipakai sendiri karena struktur pegasnya saling terhubung. Seperti tipe bonnell, ia pun akan berguncang ketika Anda bergerak di atasnya. Lalu, produk dengan tipe ini masih jarang ditemui di market Indonesia.

Pegas tipe kantong: Mengikuti bentuk tubuh dan cocok digunakan oleh pasangan

Pegas tipe kantong: Mengikuti bentuk tubuh dan cocok digunakan oleh pasangan

Karakteristik dari kasur pegas tipe kantong (pocket coil mattress) adalah bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh. Karena pegasnya tidak saling terhubung, permukaan kasur hanya turun di titik-titik tertentu. Hal ini baik karena akan membuat tubuh Anda tidak mudah lelah.


Tipe kantong memang ideal bila Anda menginginkan kasur yang permukaannya mengikuti lekukan badan. Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan posisi tubuh lebih relaks dan juga natural.


Selain itu, tipe ini cocok digunakan bersama pasangan karena getaran hanya dirasakan pada area di mana Anda membalikkan badan. Sayangnya, harga kasur ini lebih tinggi dibandingkan tipe bonnell dan memiliki sirkulasi kurang baik sehingga sulit dikeringkan. Untuk kemudahan Anda, sebaiknya prioritaskan kasur yang ringan dan mudah dikeringkan ketika hendak memilih kasur.

Pertimbangkan kasur tanpa pegas dengan tingkat kekerasan yang sesuai dengan kebutuhan

Kasur ini tidak menggunakan pegas pada bagian dalam kasur dan jenisnya ada beberapa macam. Akan tetapi, pembahasan kali ini akan difokuskan pada tingkat kekerasan kasur. Simak penjelasannya di bawah ini dan pilihlah yang sesuai untuk Anda.

Memory foam: Kasur lembut yang ideal untuk wanita dan anak-anak

Memory foam: Kasur lembut yang ideal untuk wanita dan anak-anak

Kasur dengan tingkat kekerasan rendah cocok jika Anda mengalami kesulitan tidur menggunakan kasur yang keras. Daya topang kasur ini cukup lemah sehingga sisi tubuh yang berat seperti kepala dan pinggang seolah terbungkus. Karena tidak dapat menopang beban berat, kasur ini lebih cocok digunakan oleh wanita dan anak-anak.


Kekuatan topangan atau gaya tolak kasur dinotasikan dengan N (Newton). Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat memeriksa seberapa besar kekuatan topangan kasur sebelum memutuskan untuk membeli. Jika daya topang melemah dan kasur tidak dapat kembali ke bentuk semula setelah beberapa tahun, itu artinya kasur tersebut perlu diganti. Sayangnya, kasur model ini belum terlalu banyak di pasaran online di Indonesia.

Kasur high-repulsion: Cocok untuk Anda yang sering membalikkan badan

Kasur high-repulsion: Cocok untuk Anda yang sering membalikkan badan

Kasur ini memiliki kepadatan yang tinggi dan memungkinkan Anda tidur dengan postur tubuh yang natural. Dengan kasur seperti ini, pinggang Anda akan tertopang dengan baik sehingga Anda mudah untuk menggulingkan badan. Kasur high-repulsion direkomendasikan bagi orang berbadan besar, menyukai kasur keras, atau memiliki masalah punggung.


Perlu diketahui, ketahanan kasur tipe ini akan berkurang seiring dengan penggunaan. Demi kenyamanan, gantilah kasur bila kekuatan topangan sudah berbeda jauh dengan saat pertama kali digunakan. Jangan lupa untuk memeriksa nilai N sebelum membeli kasur agar mendapat gambaran mengenai kekuatan topangannya, ya.

Sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran tempat tidur

Sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran tempat tidur

Untuk perorangan, kasur ukuran single sudah memadai. Namun, jika ingin tidur dengan lebih leluasa, Anda dapat memilih ukuran semi-double. Kemudian, pilih ukuran double atau lebih besar untuk digunakan oleh dua orang. Agar Anda memiliki gambaran, berikut ini adalah referensi ukuran kasur pada umumnya.


  • Lebar standar kasur single adalah 100 cm
  • Lebar standar kasur semi-double adalah 120 cm
  • Lebar standar kasur double adalah 140 cm atau lebih

Silakan pilih ukuran matras yang sesuai dengan ukuran tempat tidur Anda. Jika Anda memiliki postur tubuh yang tinggi, pastikan panjang kasur Anda memenuhi ukuran standar 195 cm hingga 200 cm. Hal ini penting karena tentu Anda tidak ingin posisi kaki menggantung ketika sedang berbaring. Sekali lagi, periksalah ukuran tempat tidur Anda dan pilih ukuran kasur yang sesuai.

Utamakan kasur dengan sirkulasi udara yang baik dan mudah dikeringkan

Utamakan kasur dengan sirkulasi udara yang baik dan mudah dikeringkan

Kelembapan yang tinggi dapat membuat kasur cepat berjamur dan rusak. Agar awet dipakai, pastikan kasur yang Anda pilih memiliki sirkulasi udara yang baik dan mudah dikeringkan.


Pada umumnya, kasur pegas bonnell dan pegas high-density bobotnya sangat berat sehingga cukup sulit untuk dijemur. Untungnya, udara bisa melewati celah antara pegas dengan mudah sehingga kasur memiliki sirkulasi udara yang baik.


Sebaliknya, sirkulasi udara pada kasur pegas tipe kantong dan kasur tanpa pegas kurang begitu bagus. Akan tetapi, bobot kasur ini lebih ringan sehingga mudah dipindahkan ketika akan dijemur.


Apabila Anda memiliki kendala untuk menjemur kasur di rumah, sebaiknya gunakan kasur pegas bonnell atau high-density. Namun, jika tempat tinggal Anda memungkinkan Anda untuk menjemur kasur, pilihlah kasur tanpa pegas yang mudah dibolak-balikkan.

Cek juga kasur lipat yang mudah disimpan dan dipindahkan

Cek juga kasur lipat yang mudah disimpan dan dipindahkan

Jika Anda menyukai kasur yang praktis untuk disimpan dan mudah dipindah-pindahkan, pilihlah jenis kasur lipat. Kasur ini berbentuk compact karena Anda dapat melipatnya menjadi dua atau tiga lipatan. Selain lebih compact, melipat kasur akan membuat kasur tidak mudah lembap serta praktis untuk dibawa saat berkemah.


Jikalau kasur sudah terasa lembap, Anda bisa menjemurnya dalam posisi berdiri sehingga tidak menyita banyak tempat. Kelebihan lain dari kasur lipat ini adalah cocok digunakan untuk tamu yang menginap. Selain itu, ada juga kasur yang dapat dilipat membentuk sofa. Betul-betul menarik untuk dimiliki, bukan?


Meski memiliki berbagai kelebihan, ada kekhawatiran mengenai lipatan kasur cenderung kempes karena bentuknya yang tipis. Memang cukup sulit memastikan tingkat kenyamanan kasur saat Anda membeli di toko. 


Namun, kasur yang terlalu tipis dan cenderung membentuk lipatan saat Anda berbaring sebaiknya dihindari. Sayangnya, kasur dengan model yang dapat dilipat masih jarang di toko online di Indonesia. Kalaupun ada, biasanya kasur tersebut diproduksi secara home industry.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kasur matras terbaik

Berikut adalah rekomendasi kasur matras terbaik untuk Anda. Pilihlah kasur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
TipeTanpa pegas (high-repulsion)
Dimensi200 cm x 160 cm x 20 cm
BeratSekitar 19 kg
9
TipeTanpa pegas
Dimensi90–180 cm x (200 cm x 20 cm)
BeratTidak disebutkan
8
TipePegas (bonnell)
Dimensi200 cm x 160 cm x 31 cm
BeratTidak disebutkan
7
TipePegas (bonnell)
Dimensi200 cm x 150 cm x 17 cm
Berat21,98 kg
6

Quantum Tosan InternasionalQuantum Springbed Millennium Scandinavian

Mulai dari Rp 4.137.250,00

TipePegas (kantong)
Dimensi90–200 cm x (200 cm x 26 cm)
BeratTidak disebutkan
5
TipeTanpa pegas (high-repulsion)
Dimensi100–180 cm x (200 cm x 20 cm)
BeratSekitar 22 kg
4

Quantum Tosan InternasionalUniland Standard Springbed

Mulai dari Rp 999.000,00

TipePegas (bonnell)
Dimensi90–200 cm x (200 cm x 20 cm)
BeratTidak disebutkan
3
TipePegas (bonnell)
Dimensi90–200 cm x (200 cm x 29 cm)
BeratTidak disebutkan
2

Central Spring BedGrand Deluxe

Mulai dari Rp 1.700.000,00

TipePegas
Dimensi90–200 cm x (200 cm x 27 cm)
BeratTidak disebutkan
1
TipeTanpa pegas (high-repulsion)
Dimensi90–180 cm x (200 cm x 20 cm)
Berat22 kg

Tabel perbandingan produk kasur matras terbaik

Gambar produk
1
Domi Mattress Latex Silkpur 1

Domi

2
Central Spring Bed Grand Deluxe 1

Central Spring Bed

3
Royal Abadi Sejahtera Elite Prudent 1

Royal Abadi Sejahtera

4
Quantum Tosan Internasional Uniland Standard Springbed 1

Quantum Tosan Internasional

5
Simply Original Bed 1

Simply

6
Quantum Tosan Internasional Quantum Springbed Millennium Scandinavian 1

Quantum Tosan Internasional

7
IKEA BEITO 1

IKEA

8
Royal Abadi Sejahtera Elite Serenity Supreme 1

Royal Abadi Sejahtera

9
Saveland Orthopedic Rebounded  1

Saveland

10
INOAC Kasur Density 23 1

INOAC

Nama produk

Mattress Latex Silkpur

Grand Deluxe

Elite Prudent

Uniland Standard Springbed

Original Bed

Quantum Springbed Millennium Scandinavian

BEITO

Elite Serenity Supreme

Orthopedic Rebounded

Kasur Density 23

Keunggulan

Lateks alami berikan kesejukan, tidur pun lebih lelap

Teknologi Corner Guard efektif mengurangi potensi tergelincir

Kombinasi pegas dan busa hasilkan kenyamanan maksimal

Tidur lebih nyenyak dengan teknologi M-Guard

Nikmati sensasi unboxing kasur yang simpel dan praktis

Teknologi No Turn, kasur cukup diputar agar awet

Produk berkualitas IKEA siap menambah koleksi Anda

Kasur pegas dengan keempukan ekstra

Didukung sistem ortopedi, tulang belakang pun lebih sehat

Cukup keras, dapat bertahan hingga 10 tahun

Harga mulai dariRp 2.499.000,00Rp 1.700.000,00Rp 1.585.000,00Rp 999.000,00Rp 2.600.000,00Rp 4.137.250,00Rp 1.799.000,00Rp 1.899.000,00Rp 1.220.000,00Rp 1.360.000,00
TipeTanpa pegas (high-repulsion)PegasPegas (bonnell)Pegas (bonnell)Tanpa pegas (high-repulsion)Pegas (kantong)Pegas (bonnell)Pegas (bonnell)Tanpa pegasTanpa pegas (high-repulsion)
Dimensi90–180 cm x (200 cm x 20 cm)90–200 cm x (200 cm x 27 cm)90–200 cm x (200 cm x 29 cm)90–200 cm x (200 cm x 20 cm)100–180 cm x (200 cm x 20 cm)90–200 cm x (200 cm x 26 cm)200 cm x 150 cm x 17 cm200 cm x 160 cm x 31 cm90–180 cm x (200 cm x 20 cm)200 cm x 160 cm x 20 cm
Berat22 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSekitar 22 kgTidak disebutkan21,98 kgTidak disebutkanTidak disebutkanSekitar 19 kg
Tautan produk

Jika memungkinkan, tes kasur dalam posisi telentang dan menyamping

Jika memungkinkan, tes kasur dalam posisi telentang dan menyamping

Jika ada kasur yang saat ini menarik minat Anda, sebisa mungkin cek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Cobalah berbaring dengan posisi telentang dan menyamping untuk mengetahui tingkat kenyamanan kasur tersebut.


Ketika berbaring telentang, pastikan badan Anda berada dalam postur yang sama seperti saat berdiri. Kasur yang nyaman seharusnya tidak membuat posisi pinggul Anda terlalu masuk atau menyembul.


Selanjutnya, cek juga kenyamanan bahu dan pinggul ketika tidur menyamping. Jika tidak memungkinkan untuk mencoba, sebaiknya pilih kasur dengan jaminan pengembalian uang atau pengembalian barang.

Balik kasur agar tidak mudah berjamur

Balik kasur agar tidak mudah berjamur

Menurunnya kualitas kasur dapat disebabkan oleh tumbuhnya jamur akibat kasur yang terlalu lembap. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu menukar sisi atas kasur dengan sisi bawah minimal sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari secara berkala, ya.


Cara di atas memang dapat mencegah pertumbuhan jamur, tetapi penurunan kekuatan topangan kasur tanpa pegas tidak dapat dicegah. Bila hendak membeli kasur seperti ini, pertimbangkan dulu mengenai umur pakainya yang lebih pendek daripada kasur pegas.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan tidur lainnya di sini

Setelah Anda menyimak rekomendasi ini, kami berharap Anda sudah menemukan kasur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain kasur, kami juga mempunyai rekomendasi produk yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Simak pembahasannya melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh kasur matras yang mungkin sesuai dengan bujet, kebutuhan, dan selera Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari? 


Kasur yang nyaman sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Agar mendapatkan kasur yang tepat, silakan bookmark dan jadikan artikel ini sebagai referensi. Terima kasih Anda telah menyimak sampai akhir dan selamat memilih kasur matras yang cocok untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bantal tidur yang nyaman akan membuat Anda serasa tidur di hotel berbintang. Dari segi kesehatan, pemilihan jenis bantal yang tepat juga dapat mengurangi ketegangan leher. Sekarang ini, bantal tidur memiliki beragam ukuran dan harga. Berbagai motif bantal, mulai dari yang lucu sampai polos juga banyak tersedia.Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membahas poin-poin penting saat mencari bantal tidur terbaik. Kemudian, kami juga akan merekomendasikan merk bantal tidur yang bagus, seperti KING KOIL, PillowPeople, IKEA, dan lainnya. Simak terus artikel ini untuk menemukan bantal tidur terbaik!
    Kamar tidur
    160.303 Views
  • 10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bed Cover Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kualitas tidur yang baik tak hanya ditentukan oleh empuk atau tidaknya kasur yang digunakan. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh bed cover yang dipakai. Bahan bed cover yang bagus bisa menentukan kualitas tidur sehingga tubuh jadi lebih segar saat Anda bangun. Saat ini kami akan mengulas beberapa merek bed cover yang nyaman beserta harganya. Anda akan menemukan bed cover recommended dari merek Kintakun, My Love, Fata, dan lainnya. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi bahan maupun motif. Jadi, sebelum Anda membeli, ketahui dahulu panduan memilihnya berikut ini.
    Kamar tidur
    69.725 Views
  • 10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprei Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak (Terbaru Tahun 2021)
    Kasur dengan sprei yang nyaman bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Bahannya yang lembut serta motif yang indah dan sesuai dengan interior kamar diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur. Jadi, saat bangun keesokan harinya, Anda akan makin semangat untuk beraktivitas.Terdapat beberapa merk sprei yang bagus di pasaran, seperti My Love, Kintakun, California, dan lain-lain. Setiap merk tentunya menawarkan kelebihannya masing-masing. Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi sprei terbaik, baik yang adem maupun yang waterproof. Namun, sebelumnya, simak dahulu cara memilihnya, ya!
    Kamar tidur
    29.973 Views
  • 10 Rekomendasi Kasur Single Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kasur Single Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kasur single bed memiliki ukuran paling kecil dibandingkan kasur double, queen, dan king. Karena itu, kasur single cocok digunakan di kamar berukuran terbatas. Kasur single yang dijual di pasaran terdiri dari berbagai jenis, seperti foam, latex, dan hybrid. Kasur single ukuran berapa dan jenis seperti apa yang Anda butuhkan? Anda dapat mengikuti tips memilih kasur single terbaik dari kami di artikel ini. Anda juga dapat melihat review kasur single IKEA hingga kasur single bed Inoac di bagian rekomendasi produk. Silakan membandingkan harga dan fitur dari tiap-tiap kasur single tersebut!
    Kamar tidur
    4.358 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin membuat suasana kamar terlihat lebih luas, tempat tidur model tingkat layak dicoba. Berbeda dengan ranjang susun, tempat tidur tingkat memiliki ruang leluasa di bagian bawah. Di antara beberapa bahan pilihan, tempat tidur tingkat dari kayu paling mampu memberikan kesan natural untuk kamar Anda.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tempat tidur tingkat terbaik yang terbuat dari kayu. Kami juga merekomendasikan beberapa tempat tidur yang tidak hanya bisa dipakai oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Dari merek IKEA hingga produk buatan lokal dapat Anda temukan di sini!
    Kamar tidur
    30.791 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda susah tidur walau sudah sangat mengantuk? Atau, apakah badan sering terasa sakit ketika bangun tidur? Bila Anda mengalami masalah tersebut, cobalah menggunakan bantal guling. Bantal guling memiliki efek mengurangi tekanan pada tubuh saat tidur.Ada begitu banyak produk yang berbeda bentuk, ukuran, desain, harga, tekstur, dan sebagainya di pasaran. Terdapat juga berbagai merek seperti Dunlopillo, Pillopedic, dan Garyman. Hal ini tentu membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan Anda rekomendasi bantal guling terbaik. Ayo memilih bantal guling yang paling sesuai untuk Anda!
    Kamar tidur
    11.587 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori