1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rice Cooker Mini Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Rice cooker mini banyak dicari oleh keluarga kecil atau Anda yang tinggal sendiri. Ukuran yang kecil menjadi daya tariknya. Terlebih ada rice cooker mini yang fungsinya tak hanya untuk menanak, tetapi juga dapat digunakan untuk mengukus dan memasak.
Nah, kami akan menjelaskan tips memilih dan merekomendasikan rice cooker mini yang bagus dengan berbagai fungsi, kapasitas, serta harga. Beberapa merek ternama, seperti Miyako, Philips, dan Mito, ada dalam rekomendasi produk kami, lho. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Selamat membaca!
Diperbaharui 09-08-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Cara memilih rice cooker mini

Meski memilih yang berukuran mini, Anda tetap perlu memastikan rice cooker dapat memasak nasi yang lezat. Untuk itu, di bawah ini kami akan memandu Anda agar menemukan rice cooker mini terbaik. Disimak dengan saksama, ya.

① Tentukan berdasarkan teknologi memasaknya

Tiga tipe teknologi yang biasanya digunakan rice cooker mini adalah microcomputer, IH (induction heat), dan pressure IH. Ketiganya memberikan pengaruh yang berbeda pada kualitas dan rasa nasi yang dihasilkan. Berikut kami akan menjelaskannya satu per satu.

Mechanical: teknologinya sederhana dalam menanak nasi

Mechanical: teknologinya sederhana dalam menanak nasi

Rice cooker mini umumnya menggunakan sistem mechanical. Teknologi ini juga sering disebut dengan pemanasan 3D, yaitu sistem pemanasan nasi dari sisi samping, atas, dan bawah. Selain itu, tipe ini menggunakan termostat untuk mengatur suhunya.


Teknologi mechanical merupakan tipe rice cooker yang paling sederhana. Maka dari itu, penggunaannya sangat praktis dengan pengaturan satu switch. Bila Anda ingin rice cooker mini yang paling terjangkau dan mudah digunakan, pilih saja tipe ini. Biasanya, rice cooker ini hanya digunakan untuk masak menu sederhana seperti nasi atau bubur. Produk yang cocok untuk anak indekos.

Microcomputer: mudah dirawat dan harganya terjangkau

Microcomputer: mudah dirawat dan harganya terjangkau
Meskipun sedikit lebih canggih ketimbang tipe mechanical, harga rice cooker mini yang menggunakan teknologi microcomputer biasanya masih cukup terjangkau. Struktur pemanasnya sangat sederhana, yaitu terletak di bagian bawah dudukan jar. Hal ini juga menyebabkan panasnya tidak terlalu kuat.

Selain itu, biasanya nasi akan tanak secara kurang merata saat Anda menanak dalam jumlah banyak dengan tipe ini. Bagi Anda yang mempertimbangkan rice cooker mini dari segi harga, teknologi ini dapat menjadi pilihan Anda.

Induction heating: panasnya lebih merata

Induction heating: panasnya lebih merata
Teknologi IH atau induction heating merupakan teknologi rice cooker yang cukup hits belakangan ini. Teknologi ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk proses pemanasan sehingga nasi matang secara merata dan empuk. Hanya saja teknologi ini mengonsumsi lebih banyak listrik.

Harga rice cooker mini ini bergantung pada kelengkapan fitur, tetapi biasanya lebih tinggi dari teknologi microcomputer. Kami merekomendasikan teknologi ini untuk Anda yang ingin mendapatkan rasa nasi yang enak dengan lebih mudah. Selain itu, fiturnya yang cenderung lengkap bisa Anda gunakan untuk memasak aneka masakan.

Pressure IH: menghasilkan kualitas nasi terbaik

Pressure IH: menghasilkan kualitas nasi terbaik
Pressure IH adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi IH, bahkan paling modern dalam perkembangan teknologi rice cooker. Dengan menambahkan tekanan pada saat memasak nasi, teknologi ini bisa memasak hingga 100℃ atau lebih. Dengan fitur lengkap dan lebih canggih, pressure IH bisa jadi pengganti berbagai macam alat masak seperti panci presto dan slow cooker.

 

Dalam hal menanak, panasnya dialirkan hingga ke inti nasi. Jadi, rasa nasi yang dihasilkan lebih pulen dan manis alami. Akan tetapi, harga rice cooker mini ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan tipe yang lain. Daya listrik yang dibutuhkan juga cenderung lebih besar. Bila Anda menginginkan kualitas nasi terbaik dan tidak terkendala budget, teknologi pressure IH adalah pilihan yang tepat. Rice cooker mini tipe ini sayangnya masih cukup sulit ditemukan di marketplace Indonesia.

② Sesuaikan ragam fungsinya dengan kebutuhan

Sesuaikan ragam fungsinya dengan kebutuhan

Selain menanak, rice cooker mini biasanya dapat digunakan untuk mengukus dan menghangatkan. Namun, karena berukuran relatif kecil, tidak semua produknya cukup besar untuk digunakan mengukus. Jadi, perhatikan hal ini jika Anda banyak mengukus.


Pada dasarnya, rice cooker mini juga bisa digunakan untuk memasak. Hanya saja memasak dengan produk yang tidak memiliki fungsi khusus ini bisa berbahaya. Rice cooker mini biasanya terbatas pada fungsi memasak mi dan bubur.


Beberapa rice cooker mini bahkan dilengkapi fungsi quick cooking. Dengan menggunakan fungsi tersebut, Anda dapat menanak lebih cepat dari biasanya.

③ Periksa kapasitas dari rice cooker mini

Periksa kapasitas dari rice cooker mini
Menentukan kapasitas produk penting Anda lakukan agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kapasitas rice cooker mini umumnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nasi harian bagi 1-3 orang.

Jika Anda tinggal sendiri, kapasitas 0,5 liter atau kurang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nasi dalam sehari. Jika Anda tinggal berdua atau bertiga, sebaiknya pilih produk dengan kapasitas sekitar 1 liter.

④ Pastikan ukuran rice cooker sesuai dengan ketersediaan ruang

Pastikan ukuran rice cooker sesuai dengan ketersediaan ruang
Hal yang menguntungkan dari rice cooker mini adalah ukurannya yang kecil. Namun, makin kecil ukurannya, kapasitas nasi yang bisa dimasak juga makin sedikit. Untuk itu, perhatikanlah ruang penyimpanan yang dibutuhkan sekaligus kapasitas produk.

Jika Anda mementingkan ukuran kecil, pilih rice cooker mini dengan kapasitas kurang dari 0,5 L. Ukuran ini merupakan solusi bagi Anda yang tidak memiliki banyak ruang penyimpanan.

⑤ Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan

Rice cooker mini adalah peralatan rumah tangga yang hampir setiap hari digunakan. Untuk itu, pilihlah produk yang mudah dibersihkan dan dirawat sehingga bisa awet dan tahan lama. Misalnya, Anda dapat memilih rice cooker mini dengan inner lid yang bisa dilepas. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencucinya dengan air.

10 Rekomendasi rice cooker mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rice cooker mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Miyako

Magic Warmer Plus

Miyako Magic Warmer Plus 1枚目

Ukurannya mini, tetapi daya tahannya tinggi

2

Miyako

Rice Cooker

Miyako Rice Cooker 1枚目

Fungsinya cukup beragam untuk harga yang ekonomis!

3

Cosmos

4 in 1 Mini Digital Rice Cooker

Cosmos 4 in 1 Mini Digital Rice Cooker 1枚目

Ukurannya sangat kecil sehingga mudah disimpan

4

Mito

Digital Mini Rice Cooker R11

Mito Digital Mini Rice Cooker R11 1枚目

Makin praktis menyiapkan makanan untuk si kecil

5

Yong Ma

Rice Cooker

Yong Ma Rice Cooker 1枚目

Hadir dengan fitur keamanan yang lengkap

6

Sharp

Rice Cooker

Sharp Rice Cooker  1枚目

Rice cooker berbentuk apel yang fashionable

7

Zojirushi

Digital Micom Fuzzy Logic Rice Cooker

Zojirushi Digital Micom Fuzzy Logic Rice Cooker 1枚目

Bodinya mini, tetapi teknologinya tinggi!

8

Maspion

Travel Cooker

Maspion Travel Cooker  1枚目

Mudah dibawa-bawa, cocok untuk menemani piknik

9

Zojirushi

IH Pressure Rice Cooker

Zojirushi IH Pressure Rice Cooker 1枚目

Nikmati empat tekstur nasi yang berbeda sesuai selera

10

Philips

Daily Collection Penanak Nasi

Philips  Daily Collection Penanak Nasi 1枚目

Menjaga nasi tetap lembut hingga 48 jam!

Perincian produk
Close
No.1

MiyakoMagic Warmer PlusMCM-606A

Mulai dari Rp198.000,00

Ukurannya mini, tetapi daya tahannya tinggi

Bila Anda mengutamakan daya tahan, produk ini tidak boleh Anda lewatkan. Miyako Magic Warmer Plus MCM-606A adalah rice cooker mini yang sudah banyak dipilih karena keawetannya. Dengan penggunaan yang wajar, produk ini bisa menemani Anda untuk waktu yang lama.

Nasi di dalam produk ini bahkan tidak mudah kering maupun basi. Termostat pada produk Miyako ini mampu menjaga nasi buatan Anda tetap hangat dan layak dikonsumsi. Tidak heran bila produk ini merupakan salah satu rice cooker mini yang paling laris di marketplace.

No.2

MiyakoRice CookerPSG-607

Mulai dari Rp160.000,00

Fungsinya cukup beragam untuk harga yang ekonomis!

Anda mencari rekomendasi rice cooker mini yang bagus sekaligus ekonomis? Jika iya, produk ini adalah jawabannya. Miyako Rice Cooker PSG-607 menawarkan banyak fungsi dengan harga yang bersahabat. Produk ini bahkan sudah dilengkapi non-stick inner pot dan gelas pembuangan air agar nasi tidak cepat busuk.


Daya tarik lain dari rice cooker mini Miyako ini adalah motifnya. Dengan motif batik Truntum dari Surakarta, produk ini tampil beda dari rice cooker umumnya. Dapur Anda pun akan terlihat makin elegan dengan produk ini.

No.3

Cosmos4 in 1 Mini Digital Rice CookerCRJ-1031

Mulai dari Rp289.000,00

Ukurannya sangat kecil sehingga mudah disimpan

Produk ini merupakan salah satu rice cooker mini terbaik untuk indekos. Dengan kapasitasnya, produk ini sudah mencukupi untuk satu orang. Ukurannya pun terbilang sangat kecil sehingga dapat disimpan dengan praktis.


Cosmos 4 in 1 Mini Digital Rice Cooker CRJ-1031 bahkan sudah diberi fitur quick cook. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu lama untuk menunggu nasi matang. Anda sering lupa menanak saking sibuknya? Kalau begitu, produk ini akan banyak membantu Anda.

No.4

MitoDigital Mini Rice Cooker R11

Mulai dari Rp459.000,00

Makin praktis menyiapkan makanan untuk si kecil

Ketika Anda berlibur dengan si kecil, tentunya Anda harus menyiapkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) untuknya. Namun, terkadang MPASI yang dibawa mudah menjadi dingin. Nah, agar MPASI yang Anda siapkan tetap hangat, pilihlah Mito Digital Mini Rice Cooker R11.


Ukuran rice cooker mini Mito ini sangat kecil, hanya sebesar gelas minum. Meskipun demikian, produk ini dapat memasak bubur dan menghangatkan sup hanya dengan sekali tekan. Dengan begitu, Anda dapat berlibur bersama si kecil tanpa khawatir MPASI yang Anda siapkan menjadi basi. 

No.5

Yong MaRice CookerSMC2021

Mulai dari Rp470.000,00

Hadir dengan fitur keamanan yang lengkap

Terkadang nasi yang sudah matang di rice cooker akan dipanaskan dalam waktu yang lama. Namun, produknya berpotensi overheat jika terlalu lama memanaskan nasi. Agar tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, Anda bisa memilih produk ini. Yong Ma Magic Com SMC2021 diberi fitur yang dapat mencegah pemanasan berlebih.


Selain itu, produk ini memiliki fitur magnet switch yang dapat mendeteksi posisi panci di dalamnya. Tentunya rice cooker mini ini cocok untuk Anda yang mengutamakan keamanan dalam memasak nasi.

No.6

SharpRice Cooker KS-P8MY-GR/WH/RD

Mulai dari Rp400.000,00

Rice cooker berbentuk apel yang fashionable

Rice cooker mini ini memiliki bentuk unik yang menyerupai apel. Dengan warna yang solid dan tombol switch yang minimalis, produk ini akan terlihat cantik di dapur Anda. Karena itu, Sharp KS-P8MY-GR/WH/RD cocok bagi Anda yang mengedepankan penampilan dan desain. Produk ini juga memiliki jar yang terbuat dari material antilengket dan berkualitas, lho.
No.7

ZojirushiDigital Micom Fuzzy Logic Rice CookerNS-LAQ05 XA

Mulai dari Rp2.846.714,00

Bodinya mini, tetapi teknologinya tinggi!

Bila Anda punya bujet lebih, produk ini merupakan salah satu rice cooker kecil terbaik untuk dipilih. Anda sudah akan mendapatkan teknologi yang mumpuni dari produk ini, lho. Rice cooker mini Zojirushi ini dapat diatur waktu dan suhu memasaknya sesuai jenis nasi atau hasil yang diinginkan. Baik nasi putih, nasi merah, nasi sushi, maupun bubur, semuanya akan memiliki tingkat kematangan sempurna.

No.8

MaspionTravel Cooker MRJ-052

Mulai dari Rp250.000,00

Mudah dibawa-bawa, cocok untuk menemani piknik

Jika Anda butuh rekomendasi rice cooker mini untuk traveling, Maspion memiliki produk yang tepat untuk Anda. Produk ini didesain sedemikian rupa agar mudah dibawa-bawa saat Anda bepergian, seperti piknik atau mudik. Pilihan warna produk ini pun berbeda dari rice cooker biasa. Warna-warna yang terang menjadi daya tarik tersendiri dari Maspion Travel Cooker MRJ-052. 

No.9

ZojirushiIH Pressure Rice CookerNP-HRQ10 XT

Mulai dari Rp10.699.000,00

Nikmati empat tekstur nasi yang berbeda sesuai selera

Harga rice cooker mini 1 liter yang multifungfsi ini memang tergolong tinggi. Namun, kualitasnya sepadan dengan harganya. Produk ini memiliki fitur timer untuk menunda waktu kematangan nasi dan quick cooking untuk menanak lebih cepat. Selain itu, terdapat empat pressure level yang bisa menghasilkan beragam tekstur nasi.


Oleh karenanya, produk ini merupakan salah satu rice cooker 1 liter terbaik untuk mencoba berbagai tekstur nasi. Anda dapat memasak nasi pera untuk nasi goreng dengan level harder. Jika Anda ingin nasi yang pulen, pilih level normal atau softer. Sementara itu, level brown dapat memasak nasi merah dengan baik dan lezat.

No.10

Philips Daily Collection Penanak NasiHD3116

Mulai dari Rp580.000,00

Menjaga nasi tetap lembut hingga 48 jam!

Nasi yang dihangatkan terlalu lama dalam rice cooker biasanya menjadi keras atau justru lembek dan berair. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada rice cooker mini Philips ini. Kelembutan nasi Anda akan tetap terjaga dengan baik selama 48 jam secara otomatis di dalamnya. Alhasil, produk ini cocok untuk Anda yang jarang di rumah karena tidak perlu sering menanak nasi.

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Tips dari home cook influencer kami, Mariska Tracy

Agar rice cooker awet, jangan mencuci beras menggunakan inner pot rice cooker secara langsung. Cucilah beras dengan wadah lain supaya inner pot tidak cepat terkelupas. Selain itu, memasaklah pakai air dalam suhu ruang, bukan air panas, agar inner pot rice cooker tidak mudah terkelupas.

Baca juga rekomendasi produk rice cooker lainnya di sini

Kami juga sudah mengulas produk rice cooker selain yang mini. Ada rice cooker low carbo yang sehat bagi tubuh dan rice cooker micom yang multifungsi. Anda penasaran dengan ulasan selengkapnya dari kami? Silakan klik tautan-tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Tidak hanya kualitas beras yang harus diperhatikan, rice cooker Anda juga sebaiknya bisa menghasilkan nasi yang enak dan berkualitas. Walau berkapasitas tidak terlalu besar, rice cooker mini tetap dapat memberi hasil yang memuaskan. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi nasi yang lezat dengan memilih produk yang tepat.


Semoga Anda cukup terbantu dengan tips memilih dan rekomendasi produk dari kami di artikel ini. Selamat menanak nasi dengan rice cooker mini terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer