• 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Strap atau tali kamera diperlukan saat sedang memotret untuk mencegah kamera jatuh dari pegangan Anda. Ada strap berukuran panjang untuk dipasang di leher, ada juga jenis hand strap yang digunakan di tangan. Akhir-akhir ini, muncul desain cantik untuk hand strap kamera dari berbagai merek, seperti Canon, JCC, atau KEE.


Nah, kali ini kami akan memperkenalkan hand strap kamera yang bagus untuk membantu Anda saat memotret. Namun sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih hand strap. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Mei 2022
Daftar isi

Apa itu hand strap kamera?

Apa itu hand strap kamera?

Sesuai namanya, hand strap adalah model strap yang dipasang di pergelangan tangan. Hand strap memiliki tali yang lebih pendek jika dibandingkan strap kamera yang biasa digantungkan di leher. Model hand strap yang pendek akan membuat kamera lebih mudah dijangkau tangan. Hand strap juga lebih aman untuk kamera Anda karena lebih sedikit mengalami guncangan dibanding strap yang digantungkan di leher.


Dengan model strap yang pendek ini, tentu akan makin praktis bagi Anda untuk menangkap momen yang terjadi secara tiba-tiba. Untuk mengetahui lebih detail tentang hand strap kamera, berikut kami berikan cara memilih hand strap kamera untuk Anda. Selamat membaca!

Cara memilih hand strap kamera

Hand strap memiliki banyak variasi. Ada yang digunakan di pergelangan tangan dan ada juga yang dipasang di tangan untuk menstabilkan kamera. Pilihlah hand strap terbaik dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini. 

Pilihlah sesuai dengan cara pemakaian

Hand strap memiliki beberapa cara pemakaian dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Silakan Anda memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat hendak memotret.

Jenis wrist, dapat dimasukkan ke pergelangan tangan untuk mencegah kamera jatuh

Jenis wrist, dapat dimasukkan ke pergelangan tangan untuk mencegah kamera jatuh
Jika Anda membutuhkan hand strap agar kamera tidak terjatuh saat pemotretan, kami sarankan memilih jenis wrist strap. Jenis wrist strap ini adalah jenis hand strap yang paling umum digunakan. Anda cukup memasukkan pergelangan tangan ke cincin strap dan Anda bisa langsung memotret. Anda juga bisa menggulungnya di pergelangan tangan bila tali wrist strap terlalu panjang.


Carilah wrist strap dengan ukuran yang longgar. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menyesuaikan posisi atau sudut pengambilan foto dengan mudah. Anda juga bisa memilih strap dengan adjuster. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan panjang strap-nya dengan ukuran pergelangan tangan Anda. Hand strap jenis ini dapat digunakan untuk kamera digital, kamera SLR, dan kamera mirrorless.

Jenis grip, untuk pegangan yang lebih stabil

Jika Anda ingin hand strap yang dapat membantu Anda menstabilkan kamera, kami sarankan memilih hand strap jenis grip. Jenis ini akan mengamankan posisi tangan kanan untuk menekan tombol shutter tanpa perlu khawatir kamera akan bergoyang. Untuk menggunakan strap ini, Anda harus menghubungkannya dari lubang tali kamera bagian atas ke lubang tripod di bagian bawah.


Kelemahan jenis ini adalah Anda harus melepaskan tali dari lubang tripod terlebih dahulu jika ingin menggunakan tripod. Selain itu, jenis grip ini biasanya dirancang menutupi punggung tangan. Karena desain yang bulky tersebut, Anda harus menyiapkan ruang yang cukup untuk menyimpan hand strap ini. Hand strap jenis ini cocok digunakan untuk kamera DSLR atau mirrorless.

Kami memiliki ulasan lebih lengkap mengenai grip kamera terbaik. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Jenis apung, untuk pengambilan gambar di air

Jenis apung, untuk pengambilan gambar di air

Strap jenis apung biasa digunakan saat beraktivitas di laut atau kolam renang menggunakan kamera antiair. Saat melakukan aktivitas seperti menyelam atau berselancar, tak jarang tangan Anda menjadi licin dan kamera rawan terjatuh ke air. Nah, strap jenis apung dapat mencegah hal tersebut terjadi. Jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga bagian pergelangan tangannya dapat mengapung.


Jadi, meskipun terlepas dari tangan, tali tersebut akan mengapung ke atas permukaan air dan kamera Anda jadi mudah ditemukan. Jenis ini juga biasanya hadir dalam berbagai warna yang mencolok agar mudah terlihat. Jika Anda sering hunting foto di laut, sungai, dan kolam renang, kami sarankan untuk memilih jenis ini. 

Pastikan hand strap dapat dipasang pada kamera Anda

Pastikan hand strap dapat dipasang pada kamera Anda
Periksalah apakah hand strap yang Anda incar dapat dipasang pada kamera Anda. Anda juga bisa mengecek dari ukurannya bila hand strap tidak mencantumkan model kamera yang kompatibel. Kamera DSLR, mirrorless, atau kamera saku biasanya memiliki lubang untuk memasang strap di badan kamera atau di bagian atas.

Namun, tergantung pada produknya, tidak semua hand strap dapat masuk ke lubang tali kamera. Strap dengan ujung berukuran 10 mm biasanya dapat dimasukkan ke lubang tali berbagai kamera. Oleh karena itu, jangan lupa memeriksa apakah ujung talinya cocok dengan lubang tali kamera Anda.


Bagaimana jika tidak ada lubang untuk memasang tali atau tali tidak bisa dipasang karena ukuran atau bentuknya? Anda dapat memilih strap yang bisa dipasang di lubang sekrup tripod di bagian bawah kamera. Jadi, periksalah bagian pemasangan strap pada kamera Anda dan pilih jenis yang sesuai.

Pertimbangkan bahan dari hand strap

Pertimbangkan bahan dari hand strap

Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah bahan dari hand strap yang ingin Anda gunakan. Saat menggunakan kamera di kondisi tertentu, bahan dari hand strap yang Anda gunakan dapat membantu aktivitas memotret Anda. Berikut adalah bahan-bahan yang biasa digunakan pada hand strap.


  • Paracord: Paracord (parachute cord) adalah salah satu jenis tali serbaguna yang dibuat untuk berbagai kebutuhan. Tali ini memiliki kekuatan yang baik, tidak kaku, dan bertekstur lembut. Tali paracord yang memiliki kualitas terbaik juga cukup lentur dan sangat kuat sehingga tidak mudah terburai.

  • Nylon: Nylon adalah salah satu bahan yang berasal dari olahan minyak bumi. Nylon bisa dikombinasi dengan bahan lain, seperti katun, untuk menciptakan bahan kombinasi yang kuat, ulet, dan awet.

  • Neoprene: Kain scuba/neoprene termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan poly sintetis. Bahan ini memiliki serat yang lembut dengan tingkat ketebalan sekitar 1 hingga 3 mm. Selain itu, bahan ini juga tahan air sehingga cocok untuk digunakan pada kondisi apapun.

  • Leather: Bahan leather/kulit adalah bahan yang dibuat dengan proses penyamakan kulit hewan, umumnya kulit sapi. Karakteristik dari bahan ini yaitu fleksibel dan tahan lama sehingga banyak digunakan untuk berbagai produk fashion. Beberapa jenis dari bahan ini adalah genuine leather, PU (poliuretan), full grain, pull up, milling dan leather sintetis.

  • Vinyl: Vinyl (polivinilklorida/PVC) adalah bahan resin plastik yang terbuat dari klorin dan etilen. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan pengganti kulit. Bahan ini merupakan bahan sintetis sehingga tidak breathable seperti bahan kulit. Selain itu, bahan ini tidak tahan lama dan sering terbelah atau lebih mudah retak. Namun, harga bahan vinyl lebih murah dan mudah untuk dibersihkan.

  • Foam: Foam/polyurethane foam adalah busa sintetik yang dihasilkan melalui proses reaksi kimia antara polialkohol dengan isocyanate dan material additive. Beberapa tipe polyurethane foam sudah banyak digunakan dan diaplikasikan di berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satunya digunakan untuk hand strap agar dapat mengapung dalam air. 

Cari hand strap yang sesuai dengan kondisi saat pemotretan

Cari hand strap yang sesuai dengan kondisi saat pemotretan
Penting juga untuk memikirkan di mana dan berapa lama Anda akan memotret. Misalnya, hand strap bahan kulit yang populer karena lembut dan nyaman di tangan. Namun, bahan kulit sangat peka terhadap udara lembap. Ada kemungkinan hand strap akan ternoda karena terkena air saat musim hujan atau keringat saat musim panas. 

Selain itu, hand strap dengan tali yang sempit akan menyulitkan Anda saat memotret dalam waktu yang lama. Carilah strap dengan lebar sekitar 20 mm supaya Anda dapat memegangnya dengan nyaman. Jangan lupa untuk mempertimbangkan cuaca dan kondisi lainnya agar Anda dapat memotret dengan nyaman.

10 Rekomendasi hand strap kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand strap kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisGrip dan wrist
Dipasang padaLubang tali kamera dan lubang tripod
Lebar taliTidak ada keterangan
Bahan taliKulit asli dan memory foam
9
JenisGrip
Dipasang padaLubang tali di sisi kamera dan lubang tripod
Lebar taliTidak ada keterangan
Bahan taliNylon
8
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali33 mm
Bahan taliNeoprene
7
JenisApung
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali25 mm
Bahan taliFoam
6

Optech USASLR Wrist Strap Kamera

Mulai dari Rp 150.000,00

JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar taliTidak ada keterangan
Bahan taliNeoprene
5
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali42 cm dan 21,5 cm
Bahan taliParacord
4
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali45 cm
Bahan taliCotton webbing, genuine leather
3
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali22 mm
Bahan taliVinyl
2
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali45 cm
Bahan taliCotton webbing, genuine leather
1
JenisWrist
Dipasang padaLubang tali kamera
Lebar tali23cm
Bahan taliNylon

Tabel perbandingan produk hand strap kamera terbaik

Gambar produk
1
Hand Strap Nylon Universal 1

2
KEE Wrist Camera Strap Alta 1

KEE

3
Honx Hand Strap Coffee 1

Honx

4
KEE Wrist Camera Strap Sana  1

KEE

5
Paracord Hand Strap  1

6
Optech USA SLR Wrist Strap Kamera 1

Optech USA

7
JJC Floating Wrist Strap 1

JJC

8
JJC ST-1 Wrist Strap 1

JJC

9
Canon Hand Strap E2 1

Canon

10
SPIDERPRO  Hand Strap 1

SPIDERPRO

Nama produk

Hand Strap Nylon Universal

Wrist Camera Strap Alta

Hand Strap Coffee

Wrist Camera Strap Sana

Paracord Hand Strap

SLR Wrist Strap Kamera

Floating Wrist Strap

ST-1 Wrist Strap

Hand Strap E2

Hand Strap

Keunggulan

Strap berkualitas dengan harga yang ekonomis

Wrist camera strap dengan konektor bulat yang nyaman digunakan

Keelokan hand strap dalam produk lokal

Wrist strap empuk dengan warna yang menarik

Anyaman tali paracord untuk gaya sporty Anda

Lebih efisien digunakan dengan konektor sistem Uni-Loop

Bisa digunakan pada hampir semua kamera tahan air

Hand strap berkualitas tinggi dan tahan lama

Dengan lapisan microfiber untuk kenyamanan di pergelangan tangan Anda

Lebih aman dengan kombinasi antara jenis wrist strap dengan grip strap

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 99.000,00Rp 90.000,00Rp 99.000,00Rp 59.000,00Rp 150.000,00Rp 75.000,00Rp 85.000,00Rp 42.500,00Rp 825.000,00
JenisWristWristWristWristWristWristApungWristGripGrip dan wrist
Dipasang padaLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali kameraLubang tali di sisi kamera dan lubang tripodLubang tali kamera dan lubang tripod
Lebar tali23cm45 cm22 mm45 cm42 cm dan 21,5 cmTidak ada keterangan25 mm33 mmTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Bahan taliNylonCotton webbing, genuine leatherVinylCotton webbing, genuine leatherParacordNeopreneFoamNeopreneNylonKulit asli dan memory foam
Tautan produk

Apa perbedaan hand strap dan grip kamera?

Hand strap atau wrist strap adalah strap yang dimasukan pada pergelangan tangan, sedangkan grip strap menutupi punggung tangan Anda. Kegunaan dari setiap jenis strap ini pun berbeda. Wrist strap didesain dapat menyesuaikan panjang strap dengan ukuran pergelangan tangan Anda. Sementara grip strap didesain untuk mengamankan posisi tangan ketika menekan tombol shutter tanpa khawatir kamera akan bergoyang. 


Tiap-tiap strap ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jika Anda ingin strap yang lebih fleksibel dalam bergerak, Anda dapat memilih jenis wrist strap. Jika Anda ingin strap yang lebih presisi dan stabil digunakan ketika memotret, Anda dapat menggunakan jenis grip strap.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Bagi Anda yang hobi fotografi, penting sekali untuk memiliki kamera dan aksesori lainnya yang mumpuni. Aksesori ini tentunya dapat membantu Anda dalam mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Untuk itu, silakan baca artikel rekomendasi produk aksesori kamera lainnya di sini. 

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel tentang hand strap kamera ini? Pada artikel ini, kami telah memberikan ulasan lengkap tentang cara memilih hand strap kamera. Silakan memilih hand strap kamera sesuai dengan tujuan, waktu, dan tempat penggunaan Anda. 


Selain itu, Anda dapat melihat sepuluh rekomendasi produk dari kami untuk dijadikan referensi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun belakangan, banyak orang menggunakan monopod untuk menunjang pemakaian kamera, termasuk untuk selfie. Dibandingkan tripod, monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Selain itu, monopod dapat membantu menahan guncangan, serta lebih trendy bagi generasi masa kini.Saat ini, telah banyak merek monopod di pasaran, seperti Takara, Spigen, dan GoPro. Agar Anda tidak bingung, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monopod. Kami juga bakal  merekomendasikan produk monopod terbaik untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan memilih monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentu akan lebih menyenangkan.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar tidak rusak, kamera digital tidak boleh terkena air kecuali merupakan kamera waterproof. Kamera yang tidak memiliki fitur waterproof tentu tidak dapat digunakan ketika hujan mendadak turun. Begitu juga saat Anda harus mengambil foto di tepi laut karena kamera bisa berisiko basah. Baik kamera SLR maupun DSLR, tentunya membutuhkan perlindungan ekstra agar aman dari kerusakan akibat air.Waterproof camera cases adalah solusi yang Anda perlukan! Dalam artikel ini, ada tips cara memilih dan  rekomendasi waterproof camera cases terbaik yang telah kami himpun untuk Anda. Beberapa merek di antaranya adalah DiCAPac, Telesin, dan Meikon. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.  Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Grip Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Grip kamera atau camera grip merupakan item yang berguna dalam fotografi. Item tersebut berperan untuk menstabilkan gambar saat snapshot, video, dan selfie. Namun, karena jenisnya yang beragam seperti jenis strap dan hand grip, Anda mungkin bingung saat memilihnya. Ditambah lagi, setiap brand memiliki keunikannya masing-masing. Kali ini, kami akan memberitahu Anda cara memilih grip kamera yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi grip kamera dari berbagai merk seperti Sony, GoPro, Canon, dan Joby. Nah, baca artikel kami sampai habis dan temukan grip kamera favorit Anda!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2022)
    Shutter release sangat berguna ketika Anda ingin mengambil gambar dari jarak jauh. Beberapa produsen seperti Canon, Nikon, dan Yongnuo juga menjual alat ini. Selain tipe kabel dan wireless, model kamera yang kompatibel serta tipe konektor juga perlu diperhatikan. Apakah Anda sudah tahu tipe yang akan dipilih?Kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan produk shutter release yang populer. Shutter release dapat Anda gunakan untuk mengambil foto resmi dengan tripod, kembang api, pemandangan malam, dan lainnya. Pilih release yang mudah digunakan dan dapatkan hasil foto yang bagus!
    Aksesori kamera
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.  Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!
    Aksesori kamera
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wi-Fi SD card adalah alat penyimpanan data yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Dengan SD card ini, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat menggunakan kabel data untuk memindahkan data. Anda dapat menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi dan langsung memindahkan data Anda ke perangkat lainnya.Tidak banyak produsen yang memproduksi Wi-Fi SD card. Akan tetapi, untuk mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan produk rekomendasi untuk Anda pilih. Anda dapat memilih berdasarkan merek, harga, serta fitur lain yang dimiliki. Jadi, ikuti kami, ya!
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori