10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Strap atau tali kamera diperlukan saat sedang memotret untuk mencegah kamera jatuh dari pegangan Anda. Ada strap berukuran panjang untuk dipasang di leher, tetapi ada juga jenis hand strap yang lebih menguatkan pegangan Anda pada kamera. Akhir-akhir ini, muncul desain cantik dan modis untuk hand strap kamera. Ada beberapa jenis hand strap kamera yang dapat Anda pilih, seperti Canon, MegaGear, atau Tarion.

Nah, kali ini kami akan memperkenalkan hand strap kamera terbaik untuk membantu Anda saat memotret. Namun sebelumnya, mari kita cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih hand strap agar Anda agar dapat mengambil gambar dan video lebih nyaman lagi.

Daftar isi

Cara memilih hand strap kamera

Hand strap memiliki banyak variasi. Namun, semua memiliki fungsi yang sama. Anda cukup menyambungkan strap ke sisi kamera, sedangkan pergelangan tangan Anda terhubung dengan strap-nya. Pilihlah hand strap terbaik dengan mempertimbangkan tujuan penggunaan serta situasi.

Pilihlah hand strap sesuai dengan cara pemakaian

Hand strap memiliki beberapa cara pemakaian dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Silakan Anda memilih salah satu yang sesuai dengan mempertimbangkan suasana saat hendak memotret.

Hand strap jenis wrist dapat dimasukkan ke pergelangan tangan untuk mencegah kamera jatuh

Hand strap jenis wrist dapat dimasukkan ke pergelangan tangan untuk mencegah kamera jatuh

Jika Anda ingin memasang hand strap kamera untuk mencegah kamera terjatuh, kami sarankan memilih jenis wrist strap yang dapat dimasukkan ke pergelangan tangan. Jenis yang satu ini adalah yang paling sering digunakan. Anda cukup memasukkan cincin strap ke pergelangan dan mulailah memotret. Apabila hand strap memiliki ukuran yang panjang, Anda dapat menggulungnya di pergelangan tangan. Hand strap jenis ini dapat digunakan untuk kamera digital, kamera pocket, dan kamera mirrorless.

Cincin yang ada pada hand strap jenis ini dapat Anda sesuaikan dengan posisi atau sudut pengambilan foto supaya lebih nyaman. Penyesuaian ukuran cincin strap ini tergantung produk. Anda dapat menemukan strap dengan adjuster, tetapi ada pula yang dapat Anda gulung sampai menemukan ukuran yang sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda.

Untuk pegangan yang lebih stabil, Anda dapat memilih hand strap jenis grip

Untuk pegangan yang lebih stabil, Anda dapat memilih hand strap jenis grip

Jika Anda ingin menstabilkan kamera, kami sarankan memilih hand strap jenis grip. Hand strap jenis ini akan mengamankan posisi tangan kanan untuk menekan tombol shutter tanpa perlu khawatir kamera akan bergoyang. Untuk menggunakan hand strap jenis ini, Anda harus menghubungkannya dari lubang tali kamera bagian atas ke lubang tripod di bagian bawah. Hand strap jenis ini cocok digunakan untuk kamera DSLR atau mirrorless.

Kelemahan dari hand strap jenis ini adalah ketika Anda ingin menggunakan tripod, Anda harus melepaskan tali dari lubang tripod terlebih dahulu. Selain itu, hand strap berjenis grip ini sering dirancang menutupi punggung tangan. Karena desain yang bulky, Anda juga harus menyiapkan ruang yang cukup untuk menyimpan hand strap ini.

Pilih hand strap yang dapat mengapung untuk memotret di dalam air

Pilih hand strap yang dapat mengapung untuk memotret di dalam air

Anda memiliki kamera tahan air yang biasa digunakan untuk memotret di laut atau kolam renang? Jika iya, kami merekomendasikan Anda untuk memilih hand strap yang dapat mengapung. Ada banyak kesempatan untuk membawa kamera tahan air seperti saat sedang menyelam atau berselancar. Namun, jika strap terlepas dari pergelangan tangan Anda, hal tersebut dapat membuat Anda kehilangan kamera. Oleh karena itu, hand strap jenis ini dapat mencegahnya.

Dengan tali yang dapat mengambang, hand strap ini membantu kamera lebih mudah ditemukan saat terlepas dari pergelangan tangan secara tidak sengaja. Jenis hand strap ini tersedia dalam berbagai macam warna mencolok agar mudah terlihat. Bagi Anda yang sering pergi wisata ke laut, sungai, atau hanya sekadar berenang di kolam renang, hand strap yang satu ini tentu akan sangat berguna.

Periksa juga apakah hand strap dapat dipasang pada kamera Anda

Periksa juga apakah hand strap dapat dipasang pada kamera Anda

Setelah memilih jenisnya, periksalah juga apakah hand strap dapat dipasang pada kamera yang Anda miliki. Jika kamera Anda memiliki lubang untuk mengikat hand strap, Anda dapat memeriksa model strap yang cocok. Apabila tidak ada model yang sesuai, Anda dapat memastikan ukurannya terlebih dahulu agar dapat menemukan strap yang sesuai.

Kamera DSLR, mirrorless, atau kamera saku biasanya memiliki lubang untuk memasang hand strap di sisi badan kamera atau di bagian atas. Kadang-kadang hand strap tidak dapat masuk ke lubang tali kamera. Biasanya ukuran kamera yang relatif besar memiliki tali dengan lebar 10 mm. Oleh karena itu, jangan lupa memeriksa apakah ujung talinya cocok dengan lubang tali kamera Anda.

Jika kamera Anda tidak memiliki lubang untuk memasang hand strap atau tidak dapat dipasang karena ukurannya tidak pas, Anda dapat menggunakan lubang tripod di bagian bawah kamera. Pertama-pertama, Anda harus memeriksa apakah tersedia lubang strap kamera, kemudian pilih jenis yang cocok untuk Anda.

Pilih hand strap yang sesuai dengan kondisi saat pemotretan

Pilih hand strap yang sesuai dengan kondisi saat pemotretan

Penting juga untuk memikirkan di mana dan berapa lama Anda akan memotret. Hand strap berbahan kulit sangat peka terhadap udara lembap. Oleh karena itu, pergelangan tangan Anda akan lebih mudah berkeringat saat menggunakannya saat cuaca panas. Selain itu, ada kemungkinan hand strap ternoda karena terkena air saat musim hujan.

Selain itu, hand strap dengan lubang yang sempit akan menyulitkan Anda saat mengambil gambar dalam waktu yang cukup lama. Jika lebarnya sekitar 20 mm, akan lebih mudah untuk memasukkan pergelangan tangan Anda. Jadi, Anda harus mempertimbangkan kondisi pemotretan. Pilih hand strap yang dapat membuat Anda nyaman dengan mempertimbangkan cuaca dan kondisi lainnya.

10 Rekomendasi hand strap kamera terbaik

Setelah mengetahui beberapa jenis hand strap kamera dan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilihnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hand strap kamera terbaik untuk Anda.

10. Canon Hand Strap E2

10. Canon Hand Strap E2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 65.000

Dengan lapisan microfiber untuk kenyamanan di pergelangan tangan Anda

Bagi Anda yang senang fotografi, mungkin memegang kamera dalam waktu lama dapat membuat pergelangan tangan lelah. Hal itu dapat membuat tangan Anda bergetar sehingga hasil foto atau video menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, kami menganjurkan Anda untuk menggunakan hand strap kamera jenis grip dari Canon ini.

Produk ini didesain sesuai dengan tangan Anda untuk membantu menstabilkan kamera saat pengambilan gambar atau video. Panjang talinya juga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Bahan hand strap grip ini terbuat dari lapisan microfiber yang nyaman dan kuat. Namun, hand strap ini hanya dapat digunakan untuk kamera Canon seri EOS.

9. Absee Waterproof Floating Hand Strap

9. Absee Waterproof Floating Hand Strap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 19.700

Untuk mencegah kamera Anda tenggelam ke dasar air

Anda senang mengabadikan momen saat berenang atau snorkling bersama teman? Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan kamera saat melakukan kegiatan tersebut. Floating hand strap ini dapat mengangkat kamera hingga berat 200 gram untuk mengapung di permukaan air. Produk ini tersedia dalam warna-warna terang supaya mudah ditemukan saat terlepas dari pergelangan tangan.

Absee Waterproof Floating Hand Strap juga dilengkapi dengan tali yang menempel di tangan Anda sehingga dapat mencegah kamera terlepas jauh. Jadi, Anda akan lebih leluasa membawa dan mengambil foto dengan kamera saat berada di dalam air. Floating hand strap ini dapat digunakan untuk kamera GoPro, Xiaomi Yi, dan kamera waterproof lainnya.

8. Paracord Hand Strap Shark

8. Paracord Hand Strap Shark

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 38.000

Anyaman tali paracord untuk gaya sporty Anda!

Untuk Anda yang sedang mencari hand strap kamera dengan desain antimainstream, kami rekomendasikan produk yang satu ini untuk Anda. Terbuat dari tujuh inti tali paracord, hand strap kamera ini tentunya menjadi lebih kuat dan tahan lama. Produk ini didesain untuk menampung camcorder, teropong, kamera, dan lain-lain.

Selain itu, hand strap ini juga dilengkapi dengan kunci kabel untuk memastikan kamera tidak akan terlepas dari genggaman Anda. Ukurannya juga dapat disesuaikan dengan besarnya pergelangan tangan Anda supaya tidak terlalu longgar atau terlalu rapat. Modelnya yang seperti anyaman cocok untuk gaya sporty Anda.

7. Handmade Retro Wrist Strap Camera

7. Handmade Retro Wrist Strap Camera

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 78.727

Menawarkan kesan vintage yang tetap stylish

Apakah Anda senang dengan pernak-pernik bernuansa vintage atau retro? Jika iya, Anda mungkin akan menyukai hand strap kamera berikut ini. Wrist strap ini terbuat dari bahan katun dan kulit microfiber yang tahan lama. Kedua bahan tersebut menawarkan rasa nyaman dan aman ketika menggantungkan kamera di pergelangan tangan Anda.

Selain itu, bahan katun juga tidak menimbulkan rasa panas sehingga produk ini cocok digunakan saat cuaca panas. Desainnya sederhana dengan warna yang lembut. Kehadirannya pun dapat memberikan kesan vintage, tetapi tetap stylish pada kamera Anda. Hampir semua kamera mirrorless cocok disambungkan dengan wrist strap ini. Ukuran tali pengaitnya juga dirasa pas agar memudahkan Anda saat memasangkan tali ke kamera.

6. Honx Hand Strap Coffee

6. Honx Hand Strap Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 90.000

Keelokan hand strap dalam produk lokal

Jika Anda mencari hand strap produksi lokal, produk satu ini dapat menjadi pilihan. Hand strap asli buatan Yogyakarta terbuat dari bahan kulit sintetis sepanjang 22 cm yang tahan air dan mudah dibersihkan. Panjang talinya dapat diatur hingga 27 cm dan lebar talinya 2,2 cm sehingga Anda tidak akan kesulitan memasukkan hand strap ini ke pergelangan tangan.

Honx menyediakan berbagai warna netral untuk produk hand strap kamera ini. Namun, warna cokelat kopi ini kami rekomendasikan untuk Anda karena dapat memberikan kesan lebih elegan. Warnanya yang agak gelap juga membuatnya tidak mudah kotor. Hampir semua jenis kamera mirrorless atau DSLR dapat dipasangkan dengan hand strap ini!

5. Tarion Handcrafted Wrist Strap

5. Tarion Handcrafted Wrist Strap

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 588.000

Produk handmade yang dapat dijadikan hadiah untuk teman Anda yang hobi fotografi!

Seperti namanya, hand strap kamera ini dibuat secara handmade dengan proses yang maksimal dan melewati pemeriksaan secara menyeluruh. Hal yang istimewa dari wrist strap ini adalah terbuat dari bahan berkualitas tinggi menggunakan kulit yak 100% asli dan bersifat antikarat. Wrist strap ini juga tergolong ringan sehingga mudah dibawa dan digunakan.

Bahan kulit yak dapat memberikan kesan retro yang minimalis pada kamera Anda. Namun, bagian dalamnya kasar sehingga dapat mengurangi kenyamanan jika digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan baju lengan panjang saat memakai wrist strap ini. Bagi Anda yang sedang mencari hadiah untuk teman yang menyukai fotografi, produk ini dapat dijadikan pilihan.

4. Nikon AH-N6000 Water-resistant Hand Strap

4. Nikon AH-N6000 Water-resistant Hand Strap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 112.500

Teman saat Anda syuting di bawah air

Bagi Anda yang senang mengambil gambar di bawah air, gunakan hand strap kamera yang tahan air agar lebih aman dan nyaman digunakan selama melakukan kegiatan tersebut. Salah satu produk yang dapat Anda gunakan adalah hand strap keluaran Nikon ini. Hand strap kamera jenis grip ini sepenuhnya berbahan antiair dan memiliki permukaan yang cukup besar untuk membungkus punggung tangan Anda.

Produk ini juga dilengkapi dengan adjuster yang mudah untuk mengencangkan atau mengendurkan talinya. Namun, produk ini berbeda dengan jenis hand strap apung yang dapat mengambang di atas air. Anda tetap harus berhati-hati agar hand strap kamera ini tidak terlepas dari pergelangan tangan Anda saat sedang berada di dalam air. Bagi pemilik kamera Nikon 1 AW, produk ini dirancang untuk kamera Anda.

3. MegaGear Leather Wrist Strap Black

3. MegaGear Leather Wrist Strap

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 667.000

Cari hand strap kamera berbahan kulit? Kami rekomendasi produk dengan kulit premium!

Produk keluaran MegaGear ini terbuat dari bahan kulit premium. MegaGear Leather Wrist Strap Black dilengkapi dengan tali yang dapat diatur panjangnya sesuai dengan keinginan Anda. Pengambilan gambar atau video akan lebih stabil menggunakan wrist strap ini karena terasa nyaman dan pas melingkari pergelangan tangan Anda.

Selain itu, hand strap kamera ini juga membantu mengurangi kekuatan mencengkeram kamera sehingga tangan Anda tidak mudah lelah. Produk ini dapat digunakan untuk setiap model kamera SLR dan DSLR. Aksen garis bergelombang di wrist strap ini akan menjadi daya tarik tersendiri di tengah kesederhanaan tampilannya.

2. MegaGear Genuine Leather Wrist Strap

2. MegaGear Genuine Leather Wrist Strap

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 588.000

Desainnya mengikuti lekukan punggung tangan Anda

Tingkatkan keamanan kamera Anda dengan wrist strap yang bagian cincin strap-nya dapat disesuaikan. Bentuknya yang mengikuti lekukan punggung tangan membuatnya nyaman saat digunakan dalam waktu lama. Produk ini terbuat dari bahan kulit premium yang lembut sehingga membuat Anda lebih nyaman saat menopang berat kamera. MegaGear dirancang khusus agar sesuai dengan kamera SLR dan DSLR.

Pemasangannya dengan cara memasukkan tali ke sisi atas kamera dan mengaitkannya ke lubang tripod di bagian bawah. Hand strap kamera ini juga membantu Anda mengurangi ketegangan di tangan setelah seharian mengambil gambar atau video. Terdapat tiga pilihan warna, yaitu cokelat, hitam, dan putih, Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan kepribadian Anda.

1. AP Global USA Gear TrueSHOT DSLR Camera Hand Grip Strap

1. AP Global USA Gear TrueSHOT DSLR Camera Hand Grip Strap

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.460.000

Lebih aman dengan kombinasi antara jenis wrist strap dengan grip strap!

Produk ini merupakan kombinasi antara wrist strap dan grip strap untuk mencegah kamera terlepas dari genggaman. Produk ini didesain untuk menjaga kestabilan kamera dengan tambahan kaitan yang memungkinkan Anda menggantung kamera di pergelangan tangan. TrueShot DSLR Camera Hand Grip Strap adalah pilihan tepat bagi Anda yang tidak nyaman menggunakan strap kamera yang digantungkan di leher.

Hand grip strap ini dilapisi bantalan berbahan dura-neoprene yang ringan dan kuat. Tidak hanya itu, hand strap kamera ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakannya bersamaan dengan tripod. Anda cukup memeriksa bagian bawah strap karena di sana terdapat tempat untuk menghubungkannya ke tripod Anda. Produk ini menawarkan tujuh varian, dimulai dari warna hitam polos hingga enam motif lainnya sesuai selera Anda!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan hand strap yang nyaman untuk dipasangkan dengan kamera Anda. Kami juga sudah memperkenalkan berbagai jenis hand strap kamera serta hal-hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih hand strap terbaik. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kondisi serta tempat pemotretannya. Selamat mencoba!