10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk menghilangkan kotoran pada karpet, tentu lebih mudah jika Anda menggunakan pembersih khusus karpet. Namun, terdapat berbagai tipe pembersih karpet yang tersedia di pasaran, mulai dari tipe perekat, tipe roller, tipe bubuk, dan juga tipe semprot. Anda tentu bingung memilihnya, bukan?

Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih karpet, cara penggunaan, serta beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli produk. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi pembersih karpet terbaik yang dapat Anda pilih sesuai preferensi Anda. Simak terus, ya!

Daftar isi

Cara memilih pembersih karpet

Pembersih karpet dapat dibagi menjadi empat tipe. Cara penggunaan setiap tipe berbeda-beda, tergantung pada tingkat kotoran dan metode pemakaiannya. Mari pelajari lebih lanjut agar Anda dapat memilih yang paling pas untuk Anda.

Pilih tipe perekat untuk mengangkat kotoran yang tersangkut di karpet

Tipe perekat merupakan pembersih karpet yang digunakan dengan cara menggulingkan pita perekat pada karpet sehingga kotoran akan menempel pada pita dan terangkat dari karpet. Selain dapat membersihkan rambut, bulu binatang peliharaan, debu, dan sejenisnya, jenis perekat ini juga pas untuk digunakan membersihkan kotoran padat seperti serpihan makanan dan tanah. Kami sarankan Anda menggunakan pembersih karpet tipe ini bila kotoran pada karpet sulit diangkat menggunakan penyedot debu.

Terdapat wadah penyimpanan yang kokoh agar tidak mudah rusak

Terdapat wadah penyimpanan yang kokoh agar tidak mudah rusak

Sebagian besar produk pembersih karpet jenis perekat biasanya dilengkapi dengan wadah penyimpanan. Periksa kotak penyimpanan ini dengan teliti agar Anda tidak kecewa nantinya. Produk dengan harga yang murah biasanya sepaket dengan wadah plastik tebal yang dapat dibuka dan ditutup, tetapi biasanya daya tahannya tidak begitu baik setelah digunakan beberapa kali. Kemungkinan kotak plastik ini akan menjadi sulit ditutup dan sulit digunakan. Karena itu, pilihlah produk dengan wadah penyimpanan yang kokoh.

Sebaiknya gunakan wadah yang terintegrasi dan cocok dengan tipe pembersih Anda. Dengan begitu, alat ini akan sangat mudah untuk Anda operasikan bahkan dengan satu tangan.

Periksa apakah pita perekat dapat diganti menggunakan pita cadangan

Periksa apakah pita perekat dapat diganti menggunakan pita cadangan

Pada tipe ini, akan memudahkan Anda bila pita perekat menggunakan tipe yang umum dijual di pasaran. Walaupun produk dapat digunakan tanpa masalah, bisa jadi ada kondisi saat pita perekatnya sulit dilepas atau daya rekatnya melemah. Bila sudah begini, sebaiknya Anda mengganti pita perekatnya dengan yang baru agar Anda bisa membersihkan karpet dengan optimal kembali.

Pilih tipe roller bila Anda ingin mengangkat kotoran tanpa merusak karpet

Tipe roller pada pembersih karpet sejenis dengan etiquette brush yang biasa digunakan untuk menghilangkan debu yang melekat pada pakaian. Bukan menggunakan kekuatan adhesif, tetapi tipe roller ini menggunakan bahan khusus untuk membuat sampah dan debu dapat menempel. Tipe ini dapat membersihkan bulu binatang peliharaan yang rontok, kotoran yang berada di permukaan karpet, serta serat pakaian dengan baik.

Bila Anda khawatir menggunakan tipe perekat dapat merusak karpet, gunakan saja pembersih bertipe roller ini.

Pastikan produk nyaman digenggam dan mudah digunakan

Pastikan produk nyaman digenggam dan mudah digunakan

Pada pembersih karpet tipe roller, ada produk yang berbentuk T menyerupai bagian kepala dari penyedot debu dan ada juga produk berbentuk kotak layaknya penghapus papan tulis. Keduanya dapat membersihkan dengan mudah, tetapi tentu berbeda dalam kemudahan saat menggenggamnya. Kami sarankan Anda untuk memilih produk yang mudah dan nyaman digenggam.

Pastikan kemudahan dalam membuang sampah di dalamnya

Pastikan kemudahan dalam membuang sampah di dalamnya

Tipe roller mengumpulkan sampah yang terangkat pada bagian kepala roller. Setelah Anda selesai bersih-bersih, buka penutup kepalanya, lalu buanglah sampah yang sudah terkumpul pada roller. Perhatikan apakah Anda dapat melakukan serangkaian hal ini dengan mudah. Idealnya, tidak hanya mudah saat melepaskan tutupnya saja, tetapi juga mudah saat menutupnya kembali.

Pilih tipe bubuk untuk membuat debu mudah terangkat

Pilih tipe bubuk untuk membuat debu mudah terangkat

Jenis bubuk ini dapat membuat debu pada karpet menjadi mudah terangkat. Sangat efektif untuk debu rumah yang sulit diambil pada karpet, cukup hisap dengan penyedot debu setelah menaburkan bubuk ini di atas karpet Anda.

Banyak pembersih karpet tipe bubuk yang diproduksi di luar negeri, serta ada beberapa produk yang mungkin memiliki aroma terlalu kuat bagi Anda. Meskipun isi produknya terbilang banyak, tetapi akan sia-sia bila Anda tidak menyukai aromanya dan tidak ingin Anda gunakan lagi. Pastikan untuk memeriksa ulasan produk sebelum Anda membelinya, lalu pilih berdasarkan wewangian favorit Anda.

Jenis ini kurang cocok untuk membersihkan noda membandel yang meresap pada serat karpet, tetapi sangat sempurna untuk menghilangkan debu yang biasanya tidak dapat Anda lihat, dan akan memberikan aroma segar pada karpet Anda setelah dibersihkan.

Pilih tipe semprot atau sabun bila ingin membersihkan noda membandel

Noda akibat tumpahan jus atau cairan lain pada karpet sulit untuk dibersihkan, bukan? Untuk noda membandel seperti ini, sebaiknya gunakan pembersih karpet tipe cairan. Tipe ini dapat mengangkat kotoran yang masuk ke dalam serat karpet, serta dapat memudarkan noda berwarna gelap seperti kopi dan minyak.

Selain tipe pembersih yang berbentuk busa, pembersih karpet tipe semprotan juga memiliki efek yang sama baiknya untuk mengatasi noda yang sulit dibersihkan.

Sebaiknya pilihlah produk yang tidak membuat tangan Anda kotor saat menggunakannya

Sebaiknya pilihlah produk yang tidak membuat tangan Anda kotor saat menggunakannya

Produk pembersih tipe cairan yang kuat dalam membersihkan debu bisa membuat kulit tangan Anda kasar saat mengenainya. Khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, lebih aman bila Anda menghindarkan tangan Anda dari terkena cairan pembersih ini saat membersihkan karpet. Produk yang dilengkapi dengan sikat dapat Anda pilih karena Anda bisa langsung menggosok karpet Anda menggunakan sikat tersebut setelah menuangkan cairan pembersih.

Akan lebih baik lagi jika produk tersebut memiliki fungsi tambahan lainnya

Akan lebih baik lagi jika produk tersebut memiliki fungsi tambahan lainnya

Produk pembersih karpet tipe cairan, seperti busa dan semprotan, biasanya memiliki fungsi-fungsi tambahan lain selain fungsi utamanya untuk membersihkan kotoran, seperti mengusir tungau, antibakteri, sebagai deodoran, dan sebagainya. Jika Anda memiliki bayi, ingin menghalau bakteri dan jamur dari karpet, atau ingin menghilangkan bau menempel dari hewan peliharaan Anda, pilihlah produk pembersih cair yang memiliki fungsi-fungsi tambahan tadi.

10 Rekomendasi pembersih karpet terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh produk terbaik pembersih karpet dengan berbagai tipe pembersih yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

10. Niktech 2 in 1 Super Magic Brush

10. Niktech 2 in 1 Super Magic Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Rambut kusut pada karpet sulit diangkat? Tidak masalah!

Anda tentu sering mendapati helaian rambut rontok yang terlilit pada karpet dan sulit diangkat menggunakan penyedot debu. Dengan sikat ini, cukup gosok pada permukaan karpet Anda maka rambut-rambut dan bulu binatang yang tersangkut selama ini akan terangkat dan menempel pada bulu sikatnya.

Dengan sikat double seperti ini, mungkin Anda akan sedikit kesulitan saat memegangnya ketimbang saat menggunakan pembersih single brush keluaran merek yang sama. Akan tetapi, Anda dapat membersihkan area karpet yang luas dalam waktu lebih singkat. Tidak ada salahnya dicoba, bukan?

9. Sticky Buddy Lint Roller

9. Sticky Buddy Lint Roller

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Tidak perlu lagi mengganti pita perekat, cukup cuci dengan air hangat saja

Pembersih karpet tipe perekat ini memiliki konsep yang unik. Tidak seperti pembersih tipe perekat lainnya, produk ini tidak menggunakan pita perekat yang dirobek dan dibuang saat sudah dipakai. Anda cukup mencuci perekatnya di air hangat untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel saat membersihkan karpet.

Pembersih karpet ini juga dilengkapi dengan sikat karet untuk memudahkan Anda untuk merapikan serat-serat karpet sebelum Anda bersihkan menggunakan perekatnya. Selain itu, ada tambahan alat versi mini yang dapat Anda bawa di mobil. Cocok untuk Anda yang menginginkan pembersih karpet yang praktis dan ekonomis.

8. SC Johnson Glade Carpet & Room Refresher

8. SC Johnson Glade Carpet & Room Refresher

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Mengangkat debu karpet jadi lebih menyenangkan dengan wewangian yang segar

Karpet tentu harus dicuci secara berkala, tetapi biasanya orang cenderung malas mencucinya karena banyak kesibukan lain. Nah, produk ini cocok untuk Anda yang ingin membersihkan karpet dengan cepat. Anda cukup menaburkan bubuk ini pada karpet Anda, diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan penyedot debu.

Kemudian, produk ini juga tersedia dalam berbagai macam pilihan keharuman dan kesegaran sehingga Anda dapat memilih aroma sesuai selera Anda. Debu dan kotoran akan segera terangkat dan aroma yang menenangkan menyebar ke seluruh ruangan. Rumah Anda akan terasa fresh seketika!

7. Daiso Lint Roller

7. Daiso Lint Roller

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.500

Lebih mudah disimpan dengan tambahan kotak penutup yang kokoh

Pembersih karpet tipe perekat di pasaran sebagian besar tidak memiliki kotak penutup untuk menyimpan pita perekatnya. Bila Anda mencari pembersih tipe yang menyukai pembersih yang mudah disimpan, produk ini Anda pertimbangkan. Alat ini juga mudah digunakan karena memiliki gagang panjang dan nyaman di genggaman tangan.

Cara menggunakannya pun mudah, cukup buka tutupnya, gulingkan pita perekat pada karpet, bila sudah selesai Anda bisa merobek pita perekat yang sudah kotor dan tutup kembali tutupnya agar tetap bersih. Lubang pada gagang akan memudahkan Anda bila ingin menggantungnya pada paku atau gantungan.

6. IKEA BASTIS Lint Roller

6. IKEA BASTIS Lint Roller

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.800

Pembersih yang dapat Anda bawa ke mana saja dan berharga terjangkau

Anda mencari produk yang bisa membersihkan karpet dari bulu halus dari binatang peliharaan? Bulu halus binatang biasanya sulit dibersihkan dan tidak semua produk bisa melakukannya. Dengan roller ini, pita perekatnya akan mengangkat debu dan bulu-bulu halus dengan kuat sehingga karpet dan pakaian Anda bersih kembali.

Ukurannya yang kecil dan mudah untuk digenggam membuat Anda dapat membawa alat pembersih ini ke mana pun Anda inginkan. Bisa Anda simpan di rumah, mobil, maupun di tas Anda. Harganya pun sangat terjangkau! Bila pita perekatnya habis, tersedia pita isi ulang yang dapat Anda beli secara terpisah.

5. Formula1 Dry Clean™ Carpet & Upholstery Cleaner

5. Formula1 Dry Clean™ Carpet & Upholstery Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 137.500

Pembersih busa beraroma jeruk yang lebih cepat kering

Untuk Anda yang ingin membersihkan karpet, tetapi tidak memiliki banyak waktu, produk ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup semprotkan busa pada noda karpet kemudian biarkan hingga busa menembus serat karpet. Setelah itu, seka menggunakan kain lap agar kotoran terangkat.

Selain itu, formulasi produk ini juga telah dibuat sedemikian rupa agar lebih cepat kering. Anda tidak perlu lagi membilas karpet dengan air atau pun menunggu lama untuk mengeringkan karpet Anda. Mengandung larutan jeruk yang menyegarkan, pembersih busa ini dapat mengangkat noda terbandel sekalipun.

4. Luxury Carpet Cleaner

4. Luxury Carpet Cleaner

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 158.000

Lebih aman dengan kandungan bahan non-toxic

Cairan pembersih karpet yang tersedia sering kali mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk bayi atau anak ekcil yang daya tahan tubuhnya masih lemah. Untuk kasus seperti ini, pembersih karpet satu ini sangat ideal untuk Anda. Produk pembersih tipe semprot ini diformulasikan dengan bahan-bahan non-toxic sehingga aman untuk Anda sekeluarga.

Kemudian, kandungan pembersih di dalamnya juga cukup kuat sehingga cukup gunakan cairan sedikit saja, sudah bisa membersihkan seluruh area karpet. Gunakanlah sikat untuk membersihkan kotoran dan noda membandel yang menempel di karpet. Kekuatan pembersih kuat plus aman untuk anak-anak, tentu membuat produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

3. Meguiar’s Carpet & Upholstery Cleaner G7919

3. Meguiar's Carpet & Upholstery Cleaner G7919

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 154.000

Pembersih busa tanpa sisa residu, super bersih!

Untuk Anda yang mencari pembersih noda karpet dengan hasil yang cepat dan efektif, Anda bisa memilih produk satu ini. Adanya fitur pola semprotan ganda memungkinkan Anda untuk mengontrol arah dari busa pembersih sehingga sangat cocok untuk menghapus spot atau noda pada karpet.

Selain itu, produk ini dirancang agar busanya cepat meresap, lalu menghilangkan noda dan bau tidak sedap. Anda tidak perlu khawatir busa pembersih akan meninggalkan sisa-sisa kotoran. Bukan hanya membersihkan, pembersih ini juga membuat karpet Anda beraroma segar dan terlihat seperti baru.

2. Astonish Carpet & Upholstery Cleaner

2. Astonish Carpet & Upholstery Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 64.000

Pembersih multifungsi, dapat menghilangkan jamur dan kuman juga

Masalah utama memiliki karpet dengan bulu tebal dan panjang adalah bagaimana cara mengatasi jamur yang tumbuh akibat lembap dan kuman yang terakumulasi. Kulit Anda bisa terasa gatal saat duduk di atasnya. Untuk itu, pembersih ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin membersihkan sekaligus membunuh jamur dan kuman pada karpet Anda.

Produk ini dikemas dalam tipe semprot sehingga lebih leluasa untuk Anda genggam dan gunakan. Menggunakannya pun tidak sulit, bahkan dapat Anda juga kombinasikan dengan penyedot debu agar karpet Anda lebih bersih optimal. Bukan hanya itu saja, cairan pembersih ini juga dapat menghilangkan bau tidak sedap dari karpet Anda.

1. Waxco Tough Stain Cleaning Foam

1. Waxco Tough Stain Cleaning Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.000

Pembersih ampuh yang ramah lingkungan, ozone friendly, lho!

Anda mencari pembersih karpet yang bisa diandalkan dan mengandung bahan ramah lingkungan? Produk ini jawabannya! Waxco Tough Stain Cleaning Foam merupakan salah satu pembersih karpet yang mengandung bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung CFC sehingga tidak merusak lapisan ozon bumi.

Selain itu, pembersih busa ini memiliki teknologi nano yang mampu menghilangkan semua jenis kotoran, minyak, dan noda membandel hingga ke dalam serat karpet Anda. Bahkan, dapat juga digunakan pada semua permukaan kain lainnya. Mampu membersihkan dengan efektif dan mudah sekaligus melindungi lingkungan, paket lengkap!

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan 10 pembersih karpet terbaik. Bagaimana menurut Anda? Dalam memilih pembersih karpet, pilihlah tipe yang sesuai dengan jenis kotoran pada karpet Anda. Anda juga dapat menggabungkan beberapa tipe agar lebih optimal.

Bila Anda peduli terhadap isu lingkungan, ada baiknya Anda memilih produk yang tidak menggunakan listrik dan tidak menghasilkan sampah berlebih. Saat menggunakan tipe busa atau semprot, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karet, ya!