• 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Ibu-ibu (Terbaru Tahun 2022)

Sebelum menjadi ibu-ibu, Anda mungkin leluasa mencoba berbagai tren warna lipstik. Namun, seiring bertambahnya usia, tidak semua warna lipstik bisa cocok untuk Anda. Warna lipstik yang sesuai untuk anak muda belum tentu cocok untuk orang tua. Anda perlu memilih warna sesuai umur agar mendapatkan kesan yang pas.


Kali ini kami akan memberi tips menemukan lipstik yang bagus untuk usia ibu-ibu. Tips ini juga akan memudahkan Anda memilih lipstik untuk ibu tercinta. Tak lupa, ada rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti Revlon, Wardah, dan Maybelline. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih lipstik untuk ibu-ibu

Memasuki usia ibu-ibu, bibir akan menjadi lebih kering, kusam, dan tampak lebih berkerut. Namun, jangan khawatir! Anda bisa mengatasinya dengan lipstik yang tepat. Nah, mari simak cara memilih lipstik untuk ibu-ibu berikut ini.

Pilih warna lipstik yang menyatu dengan warna kulit

Pertama-tama, Anda sebaiknya memastikan warna lipstik yang akan dipilih tampak menyatu dengan warna kulit. Dengan begitu, riasan Anda akan tampak lebih optimal. Kami akan membantu Anda menentukan warna lipstik yang tepat untuk Anda.

Pastikan warnanya sesuai dengan undertone Anda

Pastikan warnanya sesuai dengan undertone Anda
Saat berusia muda, Anda mungkin bisa mencoba berbagai warna. Akan tetapi, setelah menjadi ibu-ibu, Anda sebaiknya menyesuaikan warna lipstik dengan undertone Anda. Salah satu cara untuk mengetahui jenis undertone adalah dengan melihat warna nadi di pergelangan tangan. 

  • Cool undertone ditandai dengan nadi berwarna kebiruan atau keunguan. Usahakan untuk memilih lipstik dengan warna dasar biru dan ungu, antara lain pink, soft rose, mauve, serta fuschia.

  • Nadi berwarna kehijauan menandakan warm undertone. Anda dapat mencoba lipstik bernuansa oranye seperti coral dan peach.

  • Bila warna nadi Anda merupakan kombinasi antara hijau dan ungu, Anda memiliki neutral undertone. Warna lipstik yang direkomendasikan untuk cool undertone dan warm undertone dapat Anda coba. Namun, hindari lipstik dengan warna cokelat karena membuat penampilan terlihat lebih tua.

Pilih lipstik sesuai kondisi bibir Anda

Pilih lipstik sesuai kondisi bibir Anda

Kondisi bibir juga sebaiknya tidak Anda abaikan saat memilih lipstik. Terlebih, pertambahan usia biasanya diiringi dengan meningkatnya kerutan dan pigmentasi di bibir. Bagi sejumlah orang, warna kulit area mulut dan bibir juga memudar seiring pertambahan usia.


Kami menyarankan Anda memilih lipstik dengan kelembapan ekstra. Hal tersebut berlaku untuk Anda yang sudah menjadi ibu-ibu, bukan hanya para pemilik bibir kering dan mudah pecah-pecah. Selain melembapkan, lipstik yang seperti itu juga dapat menyamarkan kerutan dan garis halus yang tampak jelas di bibir.


Bibir yang gelap juga dapat tersamarkan sementara dengan lipstik berpigmentasi tinggi. Namun, pastikan Anda membersihkan bekas lipstik hingga tuntas, serta mengeksfoliasinya minimal seminggu sekali.

Coba warna lipstik yang sesuai dengan warna bibir

Dalam memilih lipstik untuk ibu-ibu, menyesuaikannya dengan warna bibir perlu dipertimbangkan. Hal ini karena perbedaan warna bibir dapat menampilkan hasil lipstik yang berbeda pula.

Periksa warna asli bibir Anda

Periksa warna asli bibir Anda

Saat akan memilih warna lipstik, periksalah terlebih dahulu warna bibir Anda. Jika bibir Anda berwarna cerah, warna lipstik akan muncul sesuai warna aslinya. Di sisi lain, bila warna bibir Anda cenderung gelap, warna lipstik yang keluar akan tampak lebih pekat.


Seiring bertambahnya usia, warna bibir dapat berubah akibat pigmentasi yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet (UV). Karena itu, warna yang cocok dikenakan pada masa muda akan memberikan kesan yang berbeda jika digunakan pada usia yang sekarang. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan warna bibir Anda dengan mengacu pada hal-hal berikut ini.


  • Warna bibir terang (tidak ada warna): Pilih lipstik dengan warna-warna cerah agar wajah tidak terlihat pucat.
  • Warna bibir merah agak gelap: Pilih lipstik dengan warna-warna muda dan lembut agar tidak terlalu mencolok.
  • Warna bibir gelap dan hitam: Pilih lipstik yang full coverage supaya bibir terlihat lebih cerah.

Hindari warna seperti beige dan nude yang membuat kulit tampak pucat

Hindari warna seperti beige dan nude yang membuat kulit tampak pucat
Lipstik beige dan nude yang cenderung tidak berwarna akan membuat wajah Anda terlihat lesu dan pucat. Jika Anda tetap ingin menggunakan warna tersebut, siasatilah dengan menambahkan blush on berwarna cerah di pipi. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih lipstik dengan warna yang lebih cerah supaya wajah tampak berseri.

Jika tidak membeli lipstik secara online, mencari warna dengan mencobanya langsung di kulit adalah cara terbaik. Warna yang harus Anda perhatikan adalah warna lipstik sebelum dan sesudah dioleskan ke bibir. 


Kini sejumlah situs dan e-commerce sudah menyediakan fitur augmented reality atau AR untuk mencoba makeup secara virtual. Anda bisa mengunggah foto atau menyalakan kamera ponsel untuk melihat kecocokan warna lipstik sebelum membelinya. 

Pertimbangkan formulanya

Wanita cenderung mengutamakan warna ketika memilih lipstik. Namun, hasil akhir dan formula juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan ketika mencari lipstik untuk ibu-ibu. Karena itu, simaklah ulasan berikut ini.

Pilihlah tipe glossy dan hindari tipe matte

Pilihlah tipe glossy dan hindari tipe matte

Saat ini mungkin banyak wanita yang menyukai lipstik tipe matte atau semimatte karena hasilnya yang tahan lama. Namun, tipe ini tidak disarankan bagi Anda yang sudah menjadi ibu-ibu. Lipstik matte akan membuat kerutan di bibir tampak makin jelas sehingga bibir terkesan kering.


Jika Anda menggunakan lipstik dengan nuansa mengilap atau lembap, Anda akan tampak lebih muda. Lipstik glossy memang bagus untuk ibu-ibu, tetapi cenderung mudah pudar. Karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan bibir Anda, terutama setelah makan. Jangan lupa untuk me-retouch-nya bila perlu.  


Untuk bibir yang pecah-pecah, pilihlah lipstik yang mengandung pelembap. Anda juga bisa menambahkan lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik. Jadi, bibir Anda tidak hanya terlihat berkilau, tetapi juga tampak lembap sehingga warna lipstik dapat keluar dengan sempurna.

Cek kandungan pelembap dan kandungan anti-UV

Cek kandungan pelembap dan kandungan anti-UV

Memilih lipstik dengan formula tepat tidak hanya mempercantik riasan, tetapi juga menutrisi bibir. Ada dua kandungan penting yang sebaiknya Anda lihat sebelum membeli lipstik untuk ibu-ibu. Kandungan tersebut adalah pelembap dan perlindungan terhadap sinar UV.


Pelembap yang biasa digunakan dalam lipstik antara lain shea butter, jojoba oil, beeswax, dan madu. Namun, ada juga produk yang menambahkan pelembap kimia seperti hyaluronic acid dan glycerin. Selain itu, pastikan tekstur lipstik yang Anda pilih sesuai selera, misalnya tidak lengket atau terlalu kental.


Paparan sinar ultraviolet yang dapat membuat bibir kering dan menggelap. Karena itu, penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan lipstik dengan kandungan anti-UV. Selain UV Filter, vitamin E dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Sesuaikan dengan gaya busana dan makeup yang dikenakan

Sesuaikan dengan gaya busana dan makeup yang dikenakan
Cara lain untuk memilih lipstik adalah menyesuaikannya dengan gaya busana dan makeup yang dikenakan. Hal ini dikarenakan lipstik dapat memberikan pengaruh terhadap penampilan Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat memilihnya berdasarkan situasi atau acara yang akan didatangi. Untuk sehari-hari dan acara kasual, sebaiknya gunakan lipstik yang mampu memberikan kesan segar pada penampilan. Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan dua warna lipstik sekaligus, misalnya dengan mengombinasikan warna pink dan oranye. Tambahkan kesan natural seperti blush on tipis dengan warna senada. 


Sementara itu, saat menghadiri acara tertentu, gunakan lipstik yang glossy-nya memiliki partikel halus seperti glitter atau mutiara. Dengan begitu, penampilan Anda akan terlihat makin memukau. Setelah itu, sesuaikan dengan gaya busana dan makeup untuk tampilan yang sempurna.


Demi mendapatkan kesan elegan, ada beberapa wanita yang mencoba menggunakan warna lipstik yang tidak sesuai dengan kepribadiannya. Namun, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Daripada mengambil risiko dengan warna lipstik yang tidak sesuai, lipstik glossy sudah cukup membuat Anda tampak elegan, kok!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Amore PacificLaneige Two Tone Lip Bar

Mulai dari Rp 250.000,00

Spesialis
mybest

Yves Saint LaurentRouge Pur Couture

52 Rosy Coral

Mulai dari Rp 150.000,00

10 Rekomendasi lipstik terbaik untuk ibu-ibu

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik terbaik untuk ibu-ibu yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

The Body ShopColour Crush Lipstick

130 Cordoba Petunia

Mulai dari Rp 199.000,00

TipeLipstik
Kandungan pelembapMarula oil, beeswax, cherry seed oil
Kandungan anti-UVTidak disebutkan
9

Martha TilaarSariayu Color Trend 2016 Duo Lip Color

Krakatau 08

Mulai dari Rp 111.800,00

TipeLip cream
Kandungan pelembapNatural moisturizer
Kandungan anti-UVUV filter, vitamin E, Mineral Amethys Powder
8

Premiere BeauteSwarovski Moisturizing & Long-Lasting Crystal Lipstick

302 Coral Pink

Mulai dari Rp 108.000,00

TipeLipstik
Kandungan pelembapJojoba seed oil, sweet cherry seed oil, baichi flower seed oil , peony seed oil
Kandungan anti-UVVitamin E
7

SASCLip Shine - Heroine x Harumi

Mulai dari Rp 149.500,00

TipeLip cream
Kandungan pelembapShea butter, bisabolol
Kandungan anti-UVVitamin E
6

MAKE OVER Color Stick Gloss Crayon

102 Emma

Mulai dari Rp 105.000,00

TipeLipstik
Kandungan pelembapPower essence protein complex (14 natural oils, fruit extract, plant extract)
Kandungan anti-UVTidak disebutkan
5

WardahCrystallure by Wardah Precious Liquid Lip Couture

04 Haute

Mulai dari Rp 115.500,00

TipeLip cream
Kandungan pelembap Jojoba oil, sunflower seed wax,
Kandungan anti-UVVitamin E
4

MaybellineColor Sensational Made For All Lipstick

373 Mauve for Me

Mulai dari Rp 75.000,00

TipeLipstik
Kandungan pelembapMadu nektar
Kandungan anti-UVTidak disebutkan
3

L'Oreal ParisBrilliant Signature Liquid Lipstick

318 Be Wild

Mulai dari Rp 150.000,00

TipeLip cream
Kandungan pelembapMoisturizing phenoxyethanol
Kandungan anti-UVTidak disebutkan
2

RevlonSuper Lustrous Pearl Lipstick

430 Soft Silver Rose

Mulai dari Rp 40.000,00

TipeLipstik
Kandungan pelembapSilk Enriched Moisturizer Formula, avocado oil
Kandungan anti-UVVitamin E
1
TipeLip cream
Kandungan pelembapShea butter, bisabolol
Kandungan anti-UVVitamin E

Tabel perbandingan produk lipstik terbaik untuk ibu-ibu

Gambar produk
1
ESQA Lip Gloss - Dubai 1

ESQA

2
Revlon Super Lustrous Pearl Lipstick 1

Revlon

3
L'Oreal Paris Brilliant Signature Liquid Lipstick 1

L'Oreal Paris

4
Maybelline Color Sensational Made For All Lipstick 1

Maybelline

5
Wardah Crystallure by Wardah Precious Liquid Lip Couture 1

Wardah

6
MAKE OVER  Color Stick Gloss Crayon 1

MAKE OVER

7
SASC Lip Shine - Heroine x Harumi 1

SASC

8
Premiere Beaute Swarovski Moisturizing & Long-Lasting Crystal Lipstick 1

Premiere Beaute

9
Martha Tilaar Sariayu Color Trend 2016 Duo Lip Color  1

Martha Tilaar

10
The Body Shop Colour Crush Lipstick  1

The Body Shop

Nama produk

Lip Gloss - Dubai

Super Lustrous Pearl Lipstick

Brilliant Signature Liquid Lipstick

Color Sensational Made For All Lipstick

Crystallure by Wardah Precious Liquid Lip Couture

Color Stick Gloss Crayon

Lip Shine - Heroine x Harumi

Swarovski Moisturizing & Long-Lasting Crystal Lipstick

Sariayu Color Trend 2016 Duo Lip Color

Colour Crush Lipstick

Keunggulan

Coverage sempurna untuk bibir yang tampak sehat

Teksturnya creamy, buttery, dan bebas cakey

Teksturnya ringan dengan kilau natural, nyaman digunakan seharian

Tidak perlu repot lagi mencocokkan shade dengan warna kulit

Kerutan di bibir tersamarkan, bibir tampak mulus dan sehat

Ujungnya runcing tanpa perlu diraut, lebih praktis!

Tampil cantik sambil berdonasi, yuk!

Kemasannya mewah dan elegan dengan elemen kristal

Dapatkan lipstik matte dan glossy sekaligus dalam satu produk!

Warna fuschia-nya akan menyemarakkan penampilan Anda

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 40.000,00Rp 150.000,00Rp 75.000,00Rp 115.500,00Rp 105.000,00Rp 149.500,00Rp 108.000,00Rp 111.800,00Rp 199.000,00
TipeLip creamLipstikLip creamLipstikLip creamLipstikLip creamLipstikLip creamLipstik
Kandungan pelembapShea butter, bisabololSilk Enriched Moisturizer Formula, avocado oilMoisturizing phenoxyethanolMadu nektar Jojoba oil, sunflower seed wax,Power essence protein complex (14 natural oils, fruit extract, plant extract)Shea butter, bisabololJojoba seed oil, sweet cherry seed oil, baichi flower seed oil , peony seed oilNatural moisturizerMarula oil, beeswax, cherry seed oil
Kandungan anti-UVVitamin EVitamin ETidak disebutkanTidak disebutkanVitamin ETidak disebutkanVitamin EVitamin EUV filter, vitamin E, Mineral Amethys PowderTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga produk kecantikan lainnya untuk usia 40-an di sini

Bibir Anda sudah tampak lebih muda dan cerah, lalu bagaimana dengan kulit wajah Anda? Sempurnakan penampilan Anda dengan menggunakan produk makeup yang tepat! Baca juga artikel tentang BB cream, base makeup, foundation, serta blush on terbaik untuk usia 40-an berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan yang telah kami paparkan di atas? Sudahkah Anda menemukan produk yang tepat?

Kecantikan adalah milik semua wanita dengan segala rentang usia. Tidak hanya remaja dan wanita muda, Anda para ibu pun tetap berhak untuk tampil cantik. Salah satu caranya adalah dengan menghindari warna-warna pucat seperti beige atau nude. Bersiaplah tampil memukau setiap saat dengan lipstik yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Tint Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir yang diklaim tahan lama. Lip tint, tidak membuat bibir hitam atau kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk remaja.Kini, banyak merek ternama yang mengeluarkan lip tint, seperti SOMETHINC, IMPLORA, dan Emina. Ada produk yang dilengkapi UV filter, ada pula yang bersifat transferproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kami akan menjabarkannya untuk Anda sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Lip color & lip care
  • 10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merek lokal dan luar negeri, seperti Emina, Sulwhasoo, Beaudelab, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Lip Balm Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Balm Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Untuk itu, Anda memerlukan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasinya.Kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merek lip balm mancanegara, seperti NIVEA dan Vaseline telah kami siapkan. Lip balm lokal, seperti Emina dan Mad juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. So, jangan lewatkan informasinya!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik adalah salah satu senjata wanita untuk tampil lebih memesona. Akan tetapi, bagaimana jika Anda memiliki bibir yang kering? Mungkin tidak mudah untuk menemukan lipstik yang dapat memperindah bibir kering Anda. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi lipstik terbaik untuk bibir kering. Make Over, Maybelline, dan Wardah adalah beberapa merek lipstik yang bagus untuk bibir kering. Produk-produk berkualitas buatan produsen lain juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Namun, pertama-tama simaklah dahulu cara memilih lipstik untuk bibir kering supaya Anda tidak salah memilih.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lipstik L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    L'Oreal merupakan salah satu brand kecantikan yang berkualitas dan populer di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk L'Oreal yang paling diminati di Indonesia adalah lipstik. Lipstik L'Oreal memiliki sejumlah seri, antara lain Color Riche, Infallible, dan Rouge Signature. Tiap seri lipstik tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Lipstik mana yang sebaiknya Anda pilih?Dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih lipstik L'Oreal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan untuk menemukan lipstik L'Oreal yang paling sesuai untuk Anda. Baca sampai selesai, ya!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori