10 Rekomendasi Stopwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Stopwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Stopwatch sangatlah penting untuk mengukur waktu dalam berbagai kompetisi olahraga. Anda bisa saja memakai aplikasi pada smartphone, tetapi tetap saja sensasi dan cara penggunaannya terasa berbeda. Meski begitu, banyaknya stopwatch berkualitas yang beredar dengan merek seperti Seiko, Casio, atau Alba bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih.

Apalagi, stopwatch tersebut berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain sehingga Anda bisa kesulitan untuk membeli produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi stopwatch terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih stopwatch

Stopwatch adalah alat khusus untuk mengukur waktu. Bila Anda ingin mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan Anda, Anda perlu memilih berdasarkan fitur pengukuran waktu yang dimiliki stopwatch tersebut. Berikut akan kami jelaskan secara mendetail satu per satu.

Pilih berdasarkan kemampuan pengukuran per detiknya

Pilih berdasarkan kemampuan pengukuran per detiknya

Kemampuan stopwatch untuk mengukur waktu dalam satu detiknya sangatlah penting, terutama ketika Anda menggunakannya untuk mengukur waktu dalam kompetisi olahraga. Kebanyakan stopwatch mampu mengukur hingga 1/100 detik meski ada juga produk yang mampu mengukur waktu dengan lebih spesifik, mencapai 1/1000 detik. Penting untuk Anda ingat bahwa semakin banyak jumlah angka yang ditampilkan, Anda pun akan semakin sulit melihat angkanya. Bila Anda hendak menggunakan stopwatch untuk sehari-hari atau kegiatan olahraga secara umum, Anda bisa memilih produk dengan kemampuan pengukuran waktu hingga 1/100 detik.

Pilih produk dengan fitur sesuai tujuan penggunaannya

Meski sama-sama produk stopwatch, nyatanya tiap produk memiliki fitur khusus yang dapat makin membantu Anda dalam menggunakannya. Mari simak selengkapnya.

Fitur normal measurement untuk pencatatan waktu perorangan

Fitur normal measurement untuk pencatatan waktu perorangan

Fitur pengukuran normal atau normal measurement berfungsi untuk mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menempuh misalnya jarak dari titik yang satu ke titik lainnya sebanyak satu kali. Anda perlu meresetnya ulang per satu kali pengukuran sehingga fitur ini tidak cocok Anda gunakan untuk mengukur total waktu yang dibutuhkan untuk misalnya menempuh jarak dari satu titik ke banyak titik lainnya. Meski begitu, fitur ini cocok Anda gunakan untuk menghitung durasi belajar, memasak, atau mencatat waktu perorangan ketika misalnya berlari 50 meter, berenang 100 meter, dan sebagainya.

Fitur integration measurement untuk mengukur total waktu

Fitur integration measurement untuk mengukur total waktu

Fitur integration measurement berfungsi untuk mengukur total waktu. Anda bisa menggunakannya untuk mengukur jumlah waktu tempuh misalnya dari titik A ke titik B, lalu dari titik B ke titik C, dan seterusnya. Fitur ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kompetisi yang juga memperhitungkan total loss time (jeda waktu), misalnya pada balap mobil F1. Fitur ini sangat bermanfaat dalam kompetisi yang mengukur hanya total waktu saja. Biasanya, hampir semua produk stopwatch sudah memiliki fitur ini meski tidak dituliskan secara gamblang pada deskripsi produknya.

Fitur pengukur lap time untuk mengukur waktu per satu putaran

Fitur pengukur lap time untuk mengukur waktu per satu putaran

Fitur pengukur lap time sangat umum digunakan pada lomba memutari trek. Fitur ini sangat direkomendasikan untuk digunakan ketika Anda hendak mengukur waktu per lap, misalnya pada lap kesatu, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Fitur pengukur split time untuk mengukur waktu dari titik awal

Fitur pengukur split time untuk mengukur waktu dari titik awal

Fitur pengukuran waktu split time akan mengukur waktu yang terpakai. Sangat bermanfaat untuk mengukur waktu per titik misalnya pada titik A (0 detik)→ titik B (10,00 detik) → titik C (20,00 detik) → titik D (30,00 detik).

Pada lomba maraton misalnya, fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengukur waktu yang terpakai pada kilometer ke 10, ke 20, dan ke 30. Bisa juga Anda gunakan saat berenang, misalnya mengukur waktu yang terpakai pada titik 50 meter, 100 meter, dan 200 meter. Selain itu, fitur ini juga sangat cocok untuk Anda gunakan mencatat hasil pengukuran waktu beberapa orang.

Fitur pengukuran countdown untuk mengukur sisa waktu

Fitur pengukuran countdown untuk mengukur sisa waktu

Fitur countdown atau hitung mundur berfungsi untuk menghitung mundur dari 10,00 detik hingga 0,00 detik. Fitur ini biasa digunakan untuk pengukuran waktu istirahat. Hanya dengan mengeset waktu hitung mundur sebelumnya, waktu istirahat per putaran akan lebih akurat.

Pilih berdasarkan adanya fitur tambahan lain

Pilih berdasarkan adanya fitur tambahan lain

Sama seperti banyak jam digital yang memiliki fitur stopwatch, belakangan ini stopwatch pun dilengkapi dengan fitur fungsional lain seperti jam, alarm, penghitung langkah, dan sebagainya. Beberapa produk bahkan memiliki fitur pengisian daya melalui tenaga matahari dan dapat menyimpan data. Silakan periksa harga dan fungsi masing-masing produk, kemudian pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi stopwatch terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi stopwatch terbaik. Pilihlah produk yang Anda rasa paling cocok untuk Anda.

10. AnyTime XL-013

10. AnyTime XL-013

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Satu stopwatch untuk ukur waktu beberapa orang, ekonomis!

Stopwatch dengan harga terjangkau ini sudah dilengkapi dengan fitur split time, Anda bisa menggunakannya untuk mengukur waktu beberapa orang secara bersamaan. Bila Anda memiliki dana minim sekaligus ingin kemudahan saat mengukur waktu banyak orang secara bersamaan, produk ini adalah pilihan tepat.

Apalagi, produk ini juga menjadi semakin fungsional dengan adanya kalender, Anda tentu akan semakin mudah mencatat hasil pengukuran waktu per harinya. Produk ini juga sudah dirancang secara khusus sehingga menjadi tahan air, cocok Anda gunakan pada saat hujan atau untuk mengukur waktu anak didik Anda ketika melakukan latihan renang.

9. Stopwatch ZSD-808

9. Stopwatch ZSD-808

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Stopwatch tahan air dengan harga bersahabat

Bila Anda mencari stopwatch yang waterproof, tetapi tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak dana, produk ini adalah jawaban tepat. Ketika Anda membeli produk ini, dengan harga yang tidak bikin kantong bolong Anda sudah memperoleh stopwatch yang tahan air, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan air hujan atau ketika terkena tumpahan air.

Selain itu, layar produk ini dibuat dengan teknologi LED (light emitting diode) sehingga mampu menampilkan informasi dengan jelas bahkan ketika Anda berada di bawah sinar matahari yang sangat terang. Produk ini juga berukuran compact dan berbobot ringan, Anda akan semakin nyaman menggenggam dan membawanya dalam kantung Anda.

8. Diamond Analog Stopwatch 505

8. Diamond Analog Stopwatch 505

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Stopwatch analog, tampilannya klasik dan mudah dibaca

Bila Anda menyukai stopwatch analog dengan tampilan sangat retro sekaligus menampilkan informasi angka yang mudah dilihat dan dipahami, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Berbeda dengan banyak stopwatch lainnya, produk ini hadir dalam wujud analog sehingga memancarkan aura vintage yang sangat kentara.

Kesan klasik tersebut juga semakin menonjol dengan penggunaan tombol berdesain crown pada bagian atasnya. Font angkanya pun terlihat klasik, terdiri dari kombinasi warna merah hitam, serta berukuran besar sehingga memudahkan Anda untuk melihat angka yang ditampilkan. Berukuran 5 x 7 x 1,6 cm, stopwatch ini juga terasa pas di tangan Anda.

7. Quartz Digital Stopwatch

7. Quartz Digital Stopwatch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 295.000

Semakin durable dengan anti-shock dan anti-magnetic

Dilengkapi fitur countdownlap timer, dan split timestopwatch ini pun semakin mudah untuk digunakan mengukur waktu tiap titik yang ditempuh beberapa orang secara bersamaan. Hujan atau cipratan air pun takkan menghentikan Anda menggunakan stopwatch ini karena produk ini dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tahan air.

Tidak hanya itu, produk ini juga tidak mudah rusak bahkan ketika terbanting keras atau terpapar daya magnet yang kuat karena bersifat anti-shock dan anti-magnetic. Dipadukan dengan casing berbahan metal pilihan, produk ini pun menjadi semakin kuat dan awet. Bila Anda mencari stopwatch dengan durability mumpuni, produk ini opsinya!

6. Alba Stopwatch SW-01

6. Alba Stopwatch SW-01

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 138.500

Adanya alarm bikin fitur stopwatch ini makin komplit

Untuk Anda yang mencari produk dengan harga ekonomis, tetapi memiliki fitur cukup lengkap, produk ini adalah salah satu opsi yang tepat. Tidak hanya dilengkapi dengan split time dan kalender, stopwatch ini juga dilengkapi dengan alarm sehingga mampu membantu Anda mengingat batas waktu latihan atau menandai bergantinya sesi latihan Anda.

Selain itu, produk ini juga mampu merekam catatan waktu yang diperoleh orang pada posisi pertama dan kedua. Mampu mengukur waktu hingga 1/100 detik, produk ini cocok Anda gunakan untuk belajar atau untuk digunakan sehari-hari. Tersedia dalam 2 varian warna yaitu merah dan hitam, Anda bebas memilih warna yang paling Anda sukai.

5. Travelwey Digital Stopwatch

5. Travelwey Digital Stopwatch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 508.000

Ingin yang bobotnya ringan? Pilih ini saja!

Dilengkapi dengan lap timer, Anda tidak akan kesulitan mencatat peroleh waktu per putaran dengan menggunakan produk ini. Tampilan informasi dan sistem pengoperasiannya pun sangat sederhana dan mudah dipahami bahkan oleh anak kecil sekali pun. Lapisan luarnya juga tak terasa licin sehingga tak mudah terjatuh saat tangan Anda berkeringat.

Desainnya pun tergolong ergonomis sehingga terasa nyaman digenggam dan pas di tangan Anda. Tidak hanya itu, produk ini menggunakan casing berbahan plastik dan memiliki bobot keseluruhan yang ringan, tangan Anda tak akan cepat lelah sekalipun memegangnya dalam lama. Bila Anda butuh stopwatch berbobot ringan yang tak bikin tangan cepat pegal, ini dia solusinya.

4. Q&Q Digital Stopwatch HS-47

4. Q&Q Digital Stopwatch HS-47

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 174.000

Baterainya tahan 10 tahun, sangat awet!

Bila Anda menggunakan stopwatch secara rutin dan tidak ingin mengeluarkan banyak biaya tambahan secara berkala untuk mengganti baterai, stopwatch ini adalah partner yang tepat. Dilengkapi baterai yang diklaim super awet, Anda bisa menggunakan produk ini secara rutin tanpa perlu keluar biaya untuk mengganti baterainya selama 10 tahun. Mantap!

Produk ini juga sangat tahan air dan tidak akan rusak sekalipun tenggelam atau tidak sengaja terjatuh ke dalam air hingga 5 bar. Adanya kalender dan split time membuat produk ini terasa semakin fungsional Anda gunakan untuk berbagai kegiatan. Bila Anda mau, Anda juga bisa mengubah tampilan waktunya dalam format 12 atau 24 jam sesuai preferensi Anda.

3. Casio HS-3V-1R

3. Casio HS-3V-1R

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 299.900

Stopwatch dengan akurasi pengukuran 99,99%!

Mampu mengukur waktu hingga 1/100 detik, produk ini cocok Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti memasak, mengukur durasi belajar, dan sebagainya. Produk ini juga mampu mengukur waktu hingga 10 jam, lebih dari cukup untuk Anda gunakan pada kompetisi olahraga secara umum. Adanya fitur lap time dan split time juga membuat produk ini makin fungsional.

Produk ini pun memiliki akurasi super tinggi, mencapai 99,99% sehingga cocok dimiliki oleh Anda yang membutuhkan stopwatch dengan kemampuan pengukuran waktu sangat minim deviasi. Dilengkapi strap dan desain keseluruhan yang cukup ergonomis, stopwatch ini nyaman digenggam sekaligus mudah dikalungkan ke leher Anda.

2. Casio HS-70W-1

2. Casio HS-70W-1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 631.000

Takkan rusak bahkan hingga kedalaman air 50 meter

Bila Anda membutuhkan stopwatch yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kegiatan di bawah air, produk ini adalah pilihan tepat. Dirancang secara khusus, produk ini menjadi sangat tahan air dan takkan rusak bahkan ketika Anda gunakan dalam kedalaman air 50 meter! Apalagi, produk ini juga dilengkapi pengait sehingga semakin mudah dibawa ke dalam air.

Selain itu, produk ini juga dapat mengukur waktu hingga 1/1000 detik, cocok Anda gunakan untuk kegiatan yang pemenangnya ditentukan dengan selisih waktu sangat sedikit, misalnya balap motor. Lalu, bila Anda menggunakan produk ini secara normal dan menekan tombolnya hanya sekitar 30 kali per hari, baterainya bisa tahan hingga 5 tahun, lho!

1. Seiko Stopwatch S23601P

1. Seiko Stopwatch S23601P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 750.000

Bisa merekam hingga 100 catatan hasil pengukuran waktu

Anda tidak akan sering mengganti baterai produk ini karena dalam pemakaian normal, baterainya dapat bertahan hingga 3 tahun. Ukuran layarnya besar, Anda tidak akan kesulitan untuk melihat hasil pengukuran waktu yang ditampilkan. Produk ini juga dilengkapi fitur fungsional, seperti split time, lap time, kalender, dan memiliki daya tahan terhadap air yang cukup baik.

Selain itu, bila Anda perlu mencatat hasil pengukuran waktu untuk jangka panjang atau tak ingin direpotkan karena harus berkali-kali mereset catatan waktu yang telah terekam, produk inilah solusinya. Mampu mencatat hasil pengukuran waktu sebanyak 100 memori, Anda tak harus mereset stopwatch ini setiap kali Anda ingin memakainya, praktis!

Kesimpulan

Stopwatch sangatlah bermanfaat untuk Anda gunakan mengukur waktu. Anda bisa memilih stopwatch dengan kemampuan pengukuran waktu hingga 1/100 detik bila hanya digunakan untuk sehari-hari. Anda bisa memilih stopwatch dengan fitur sesuai kebutuhan Anda, seperti produk dengan fitur pengukuran lap time, split time, integration time, dan countdown. Cek adanya fitur tambahan lainnya, kemudian pilihlah stopwatch yang paling pas dengan kebutuhan Anda!