10 Rekomendasi Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

6. Cadbury Dairy Milk Chocolate

Sensasi saat cokelat yang lezat meleleh di mulut memang sangat menyenangkan. Tidak heran, kalau cokelat memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan usia. Salah satu jenis produk cokelat yang populer adalah cokelat batangan karena dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan ke dalam kue, roti, minuman, dan lainnya.

Beberapa merek cokelat batangan yang terkenal, seperti Lindt, Cau Chocolate, Wonder Chocolate, dan lainnya memiliki kandungan kakao yang tinggi serta menggunakan bahan baku organik sehingga bermanfaat juga untuk kesehatan. Namun, tahukah Anda cara memilih cokelat batangan yang paling tepat? Simak pembahasan berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih cokelat batangan

Sensasi cokelat yang meleleh di mulut dan rasanya yang manis pasti memikat banyak orang. Sementara itu, cokelat batangan sendiri adalah produk yang dapat dengan mudah dibeli di supermarket. Bahkan belakangan ini, bermacam variasi cokelat batangan bisa Anda beli lewat berbagai situs web belanja online dari banyak pilihan toko yang dapat diantar langsung ke alamat yang ditentukan.

Cokelat batangan yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari produk impor, hingga produk yang tidak hanya mementingkan rasa, tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan dan peduli terhadap lingkungan. Rasio kadar kakao yang beragam juga dapat membuat Anda kebingungan dalam memilih. Untuk itu, kali ini kami mencoba merangkum cara memilih cokelat batangan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Jadi, silakan menyimaknya secara saksama!

Pilih sesuai selera: manis atau pahit?

Pilih sesuai selera: manis atau pahit?

Tidak semua cokelat batangan memiliki rasa yang sama, dan tingkat kemanisannya pun berbeda. Jika Anda ingin menikmati cokelat dengan rasa yang manis, Anda dapat memilih produk cokelat susu yang klasik. Jika Anda menginginkan cokelat yang lebih pahit, silakan pilih cokelat murni atau dark chocolate. 

Rasa manis yang diinginkan biasanya juga tergantung pada suasana hati. Dan ini merupakan cara terbaik untuk mengetahui rasa yang ingin Anda konsumsi pada saat itu, mulai dari white chocolate dengan rasa susu yang lebih dominan, hingga rasa pahit yang kuat dari produk dengan kandungan kakao lebih dari 70%. Mencicipi berbagai jenis cokelat dari merek yang sama juga bisa menjadi pilihan untuk mengetahui preferensi dan selera Anda.

Untuk kecantikan kulit dan diet, pilih produk dengan kandungan kakao yang tinggi

Pilih yang mengandung kakao tinggi untuk kecantikan kulit dan diet

Cokelat batangan memang lezat, tetapi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, bisa menyebabkan jerawat, kegemukan, dan berbagai masalah lainnya. Namun, pasti sulit untuk menghentikan kebiasaan makan cokelat jika Anda sudah ketagihan. Jadi, lebih baik Anda mengubah sudut pandang dalam memilih cokelat batangan untuk camilan.

Bahan utama cokelat adalah kakao, tetapi pada umumnya cokelat memiliki banyak kandungan gula, minyak, dan lemak. Jadi, jika Anda mengonsumsi cokelat batangan terlalu banyak, artinya asupan kalori ekstra masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, kami merekomendasikan agar Anda memilih cokelat dengan rasio kakao yang tinggi.

Semakin tinggi rasio kakaonya, semakin rendah proporsi gula dan lemak di dalamnya. Selain itu, kandungan polifenol pada kakao juga dikatakan memiliki kemampuan untuk mencegah arteriosklerosis, menjaga elastisitas kulit untuk menekan peradangan kulit dan untuk memperbaiki tekstur kulit. Jika Anda mengonsumsi satu ruas cokelat dengan rasio kakao 70% atau lebih sekitar 10 menit sebelum atau setelah makan, hal ini dapat membantu menekan nafsu makan sehingga efektif juga untuk diet. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa jumlah kalori yang tertera di bagian belakang kemasan cokelat batangan sebelum Anda membeli suatu produk.

Pilih yang menggunakan bahan organik untuk kesehatan

Pilih produk organik

Cokelat batangan sangat manis dan lezat, tetapi tahukah Anda berapa banyak bahan aditif seperti pengemulsi yang digunakan? Beberapa cokelat yang dapat dibeli dengan harga murah biasanya juga mengandung bahan yang tidak begitu baik untuk kesehatan. Jadi, bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, silakan pilih produk cokelat organik. Biji kakao yang ditanam secara organik biasanya memiliki label sertifikasi organik pada kemasannya sehingga mudah dibedakan.

Selain itu, di balik harga cokelat yang murah biasanya terdapat masalah buruh yang dipekerjakan dengan upah yang rendah sehingga cokelat dapat dijual dengan harga murah. Beberapa produk yang telah memiliki sertifikasi organik biasanya termasuk produk yang dianggap tidak memiliki masalah dengan hak asasi manusia ini. Harganya memang sedikit lebih mahal, tetapi jika Anda ingin mengonsumsi sesuatu yang baik untuk lingkungan dan kesehatan, pilihlah cokelat organik.

10 Rekomendasi coklat batangan terbaik

Setelah Anda mengetahui poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih cokelat batangan, sekarang kami akan memberikan sepuluh produk rekomendasi yang telah dipilih berdasarkan keunggulannya masing-masing. Temukanlah camilan coklat yang paling Anda suka!

10. Silver Queen Cashew Milk Chocolate

10. Silverqueen Cashew Milk Chocolate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.500

Perpaduan rasa cokelat yang lezat dan gurihnya kacang mete

Silverqueen Cashew Milk Chocolate merupakan salah satu produk cokelat yang populer dan paling mudah ditemukan di toko-toko terdekat. Perpaduan antara cokelat, kacang mete, dan susu membuat produk ini memiliki rasa manis dan gurih sehingga cocok untuk dinikmati pada berbagai suasana.

Cokelat batangan ini dikemas dalam ukuran blok yang kecil sehingga Anda dapat mengonsumsinya dengan mengatur jumlah kalori agar tidak terlalu banyak. Rasanya yang klasik dan harga yang cukup terjangkau menjadikan produk ini sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati cokelat di saat santai dengan budget bersahabat.

9. Delfi Dairy Milk Chocolate

9. Delfi Dairy Milk Chocolate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 42.000

Terdaftar BPOM dan tersertifikasi halal

Delfi Dairy Milk Chocolate memiliki perpaduan rasa manis yang lezat dari susu, gula, dan kakao dalam setiap gigitannya. Produk premium yang digemari masyarakat ini telah memiliki sertifikasi halal dan terdaftar BPOM sehingga terjamin aman untuk dikonsumsi. Kemasan kecil ini juga menjadikannya praktis dibawa-bawa untuk dijadikan camilan di mana saja.

Jika Anda tidak menyukai rasa pahit dari kakao yang murni, milk chocolate dari Delfi ini dapat dijadikan alternatif untuk dikonsumsi. Rasa manis yang dihasilkan produk ini membuatnya sangat nikmat untuk dikonsumsi saat mood sedang kurang bagus.

8. Cadbury Dairy Milk Chocolate

6. Cadbury Dairy Milk Chocolate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.700

Penggunaan susu segar untuk lebih menambah rasa

Bagi Anda yang menyukai kelezatan rasa manis cokelat susu, Cadbury Dairy Milk Chocolate layak untuk dicoba! Penggunaan susu segar dalam milk chocolate keluaran merek yang sudah sangat terkenal ini membuat setiap gigitan yang Anda rasakan sangat nikmat dan kaya akan nutrisi.

Selain susu segar, cokelat batangan ini juga mengandung kakao sebanyak 20%, cocoa butter, dan minyak nabati yang berasal dari sawit dan shea untuk memperkaya rasanya. Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang atau semacamnya, perlu diperhatikan bahwa produk ini juga mengandung kacang dan gandum di dalamnya.

7. Cavalier Tablet White

5. Cavalier White

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

Tanpa gula tambahan untuk asupan kalori lebih rendah 

Bagi Anda yang sedang diet dan menghindari konsumsi gula, cokelat batangan asal Belgia yang satu ini bisa menjadi pilihan camilan! White chocolate ini menggunakan maltitol sebagai bahan pemanis pengganti gula sehingga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, camilan yang tepat bagi Anda yang sedang diet.

Cavalier White mengandung 32% kakao dan 25% susu sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati rasa manis dari kombinasi seimbang antara susu dan cokelat. Selain rasanya yang lezat, produk ini juga memiliki sertifikasi halal, dan PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification) sebagai produk yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

6. Whittaker’s White Chocolate

4. Whittaker's White Chocolate

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Rasa dan aroma manis yang mewah dengan sedikit sentuhan vanila

Sedikit sentuhan vanila pada Whittaker’s White Chocolate ini menghasilkan rasa dan aroma manis yang mewah, membuat Anda sulit berhenti dan ingin mengonsumsinya terus-menerus! Kandungan kakao yang hanya sebanyak 28% dari produk ini memberikan rasa manis ideal yang pasti disukai anak-anak atau para pencinta white chocolate.

Produk asal Selandia Baru ini juga memperoleh kekayaan rasa dari penggunaan bubuk susu sebanyak 30%, gula, dan pengemulsi dari soya letichin. Meski merupakan produk impor, cokelat batangan ini telah memiliki sertifikasi halal dari FIANZ sehingga Anda tidak perlu meragukan bahan-bahan yang digunakan.

5. Lindt Swiss Classic Swiss White Chocolate

5. Lindt Swiss Classic Swiss White Chocolate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Dapatkan rasa manis yang lembut dan sensasi creamy di dalam mulut!

Lindt Swiss Classic Swiss White Chocolate memiliki rasa manis yang lembut dan creamy sehingga mampu memberikan rasa dan sensasi luar biasa saat cokelatnya meleleh di lidah Anda! Produk asal Swiss ini menggunakan cocoa butter yang khas dengan mempertahankan resep yang telah diwariskan selama bertahun-tahun.

White chocolate ini diperkaya dengan gula, susu, cocoa butter, soya letichin, dan penambah rasa sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan tidak pahit. Sangat cocok untuk dinikmati sebagai snack atau penghilang rasa suntuk, atau bisa juga dijadikan hadiah untuk orang terdekat Anda. 

4. Green & Black’s Organic Dark Chocolate Bar 70% Cacao

3. Green & Black's Organic Dark Chocolate Bar 70%

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.900

Sensasi bittersweet dari 70% kandungan kakao berkualitas tinggi!

Produk dari Green & Black’s Organic ini mengandung 70% kakao dari jenis Trinitario yang memiliki ciri khas rasa yang dinamis sehingga menghasilkan cokelat dengan rasa yang kaya dan aroma buah yang kompleks. Campuran vanila dan cacao butter di dalamnya akan memberikan bitterweet dengan rasa pahit yang intens sekaligus lembut.

Jika Anda sedang berdiet dan ingin menyantap cokelat yang kaya rasa, produk ini bisa menjadi pilihan! Cokelat batangan ini juga telah memiliki beberapa sertifikasi, seperti dari USDA Organic, Fair Trade, dan UN Certified Ethically Sourced sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas bahan baku organik yang digunakan.

3. Big Tree Farms Wonder Chocolate 61%

10 Rekomendasi Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.000

Penggunaan kakao organik dan tanpa campuran bahan hewani

Dengan 61% biji kakao organik yang diproses melalui metode cold pressed, Anda bisa menikmati rasa dark chocolate yang lembut dari produk ini. Selain bisa dikonsumsi langsung untuk mengembalikan mood Anda, produk yang tidak mencampurkan pengawet maupun zat aditif lain di dalamnya ini juga dapat digunakan sebagai campuran saat membuat kue.

Cokelat batangan ini menggunakan gula kelapa organik sebagai pemanis untuk memastikan pelepasan glukosa secara perlahan ke dalam aliran darah. Keunggulan lainnya adalah produk ini tidak mengandung bahan hewani, bebas dari kandungan susu, telur, kacang, dan lainnya sehingga aman dikonsumsi untuk Anda yang memiliki alergi, vegan, maupun vegetarian.

2. Cau Chocolate Organic Dark Chocolate 73%

1. Cau Chocolate Organic Dark Chocolate 73%

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Dapatkan berbagai manfaat kesehatan dengan dark chocolate organik ini!

Penggunaan 73% kandungan kakao pada Cau Chocolate Organic Dark Chocolate 73% ini menjadikan rasio gula pada produk ini lebih sedikit sehingga menghasilkan rasa cokelat dengan pahit yang kuat. Bila Anda tidak menyukai rasa cokelat yang terlalu manis dan ingin lebih menikmati rasa cokelat yang khas, produk ini layak untuk dicoba.

Cokelat batangan ini menggunakan kakao organik berkualitas tinggi dan gula kelapa organik yang tidak dimurnikan sehingga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari cokelat, seperti untuk diet, serta meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, produk ini adalah jawabannya!

1. Lindt Excellence Cacao 99%

8. Lindt Excellence Cacao 99%

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.500

Kadar kakao tertinggi untuk rasa dan aroma cokelat murni yang kuat!

Dengan kandungan kakao sebanyak 99%, Lindt Excellence Cacao 99% merupakan cokelat batangan yang memiliki aroma dan rasa dark chocolate yang kuat. Bagi Anda yang ingin merasakan kekayaan rasa biji kakao yang sesungguhnya, atau mungkin sedang diet dan ingin mengurangi asupan gula yang biasanya banyak terkandung dalam cokelat batangan, produk ini bisa menjadi pilihan.

Selain untuk diet, kandungan polifenol yang tinggi dalam dark chocolate ini juga sangat baik untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan kulit. Meski memiliki tampilan warna yang mendekati hitam legam dengan aroma kakao yang intens, cokelat batangan ini ternyata memiliki tekstur yang lembut dengan aroma yang kaya. 

Kesimpulan

Cokelat batangan dapat dengan mudah Anda temukan dan beli di supermarket atau toko terdekat. Namun, ternyata tidak semua produk yang beredar di pasaran memiliki manfaat yang sama. Terdapat beberapa kriteria dalam pemilihan produk yang populer ini agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsinya.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini? Semoga setelah membacanya dengan saksama, Anda bisa lebih bijak dalam menentukan cokelat batangan untuk camilan di waktu sela Anda, ya!