1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Coklat Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sensasi coklat yang meleleh di mulut memang sangat menyenangkan. Karena itu, tidak heran bila coklat memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan usia. Salah satu jenis coklat yang banyak disukai adalah chocolate bar atau coklat batangan. Ada dua jenis coklat batangan, yaitu yang bisa dikonsumsi langsung dan yang dicampur menjadi kue atau kudapan lainnya.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih coklat batangan yang enak untuk diet, membuat kue, dan lainnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Monggo, Cadburry, Delfi, atau Tulip. Simak review-nya di bawah ini!
Diperbaharui 12-27-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih coklat batangan

Cokelat batangan yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih cokelat batangan yang enak dan sesuai dengan selera serta kebutuhan Anda. Mari kita mulai!

① Pilih berdasarkan jenis coklatnya

Tidak semua cokelat batangan memiliki rasa yang sama. Tingkat kemanisannya pun berbeda-beda. Anda bisa memilih tingkat kemanisan dan rasa berdasarkan jenis cokelatnya. 

Dark chocolate, coklat dengan rasa pahit yang khas

Dark chocolate, coklat dengan rasa pahit yang khas

Dark chocolate adalah jenis cokelat yang memiliki persentase kandungan kakao yang paling tinggi dibandingkan jenis lainnya. Rasanya memang cenderung pahit, tetapi jauh lebih sehat karena memiliki kadar gula yang lebih sedikit. Kandungan kakao dalam dark chocolate cukup beragam, ada yang 60%, 70%, hingga 100%. 


Cokelat jenis ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dark chocolate juga bisa dijadikan camilan yang baik untuk diet karena lebih rendah gula.


Bagi Anda yang menggemari dark chocolate dan ingin membelinya, kami memiliki rekomendasinya untuk Anda. Silakan klik tautan berikut ini!

Milk chocolate, perpaduan coklat dan susu yang menghasilkan rasa lebih creamy

Milk chocolate, perpaduan coklat dan susu yang menghasilkan rasa lebih creamy

Jenis cokelat yang satu ini adalah yang paling digemari di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Campuran susu dan cokelat menghasilkan rasa yang lebih creamy, gurih, serta memiliki tekstur yang meleleh di mulut. Karena rasanya manis dan creamy, cokelat ini digemari anak-anak hingga orang dewasa.


Milk chocolate juga banyak dipakai sebagai base untuk berbagai macam kudapan cokelat. Bila Anda menyukai rasa cokelat yang manis, pilihlah jenis cokelat ini. Namun, harap untuk mengonsumsi cokelat ini dengan bijak, ya. 


Pasalnya, kandungan gula, kalori dan lemak di dalam milk chocolate relatif lebih tinggi dibanding dark chocolate. Belum lagi jika cokelat tipe ini menambahkan rasa atau kondimen lainnya, seperti kacang-kacangan atau buah kering.

White chocolate, kaya susu dengan cita rasa manis

White chocolate, kaya susu dengan cita rasa manis

Jika dibandingkan kedua jenis cokelat lainnya, white chocolate bisa dikatakan bukan cokelat murni. White chocolate mengandung lemak cokelat dan juga susu murni. Tidak ada kandungan kakao solid di dalamnya sehingga warnanya pun tidak berwarna cokelat. Meski begitu, setiap brand cokelat umumnya menjual cokelat putih. Hal ini dikarenakan peminat cokelat putih cukup banyak. 


Rasa cokelat putih cenderung manis dan creamy. Hal ini berkat kandungan susu yang cukup tinggi di dalamnya. Satu hal yang patut Anda perhatikan adalah kandungan gula dalam white chocolate terbilang besar. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk memakannya setiap hari. 

② Cari produk dengan kandungan kakao tinggi untuk diet dan kecantikan

Cari produk dengan kandungan kakao tinggi untuk diet dan kecantikan

Selain kakao, umumnya cokelat juga mengandung banyak gula, minyak, dan lemak. Hal ini membuat asupan kalori meningkat ketika makan cokelat. Alhasil, tak hanya bisa membuat gemuk, kulit juga rentan berjerawat.  


Jika Anda ingin berdiet, pilihlah cokelat dengan kadar kakao tinggi seperti cokelat hitam. Cokelat hitam memiliki kadar gula dan lemak yang lebih sedikit. Anda bisa mengonsumsi satu ruas cokelat dengan kandungan kakao 70% sekitar 20 menit sebelum atau setelah makan. Cara tersebut akan membantu menekan nafsu makan. 


Cokelat hitam juga mengandung flavonoid dan polifenol. Apa manfaat flavonoid dan polifenol?

  • Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam mampu membuat sistem pencernaan menyerap asupan lemak dan karbohidrat dari makanan
  • Dari segi kecantikan, kandungan polifenol dalam cokelat dapat membantu menekan peradangan kulit dan memperbaiki tekstur kulit

③ Gunakanlah coklat compound untuk membuat kue

Gunakanlah coklat compound untuk membuat kue

Ada dua jenis cokelat yang biasa dipakai untuk memasak kue, yakni cokelat compound dan cokelat couverture. Akan tetapi, umumnya cokelat yang banyak digunakan untuk industri rumahan dan penggunaan pribadi adalah cokelat compound. Cokelat compound adalah kombinasi dari cocoa powder dan lemak nabati


Jika dibandingkan couverture, cokelat compound memiliki titik leleh yang cukup tinggi sehingga tahan terhadap panas ataupun suhu udara tinggi. Cokelat ini digemari karena bisa digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti moulding, dipping, decorating, dan beragam bentuk lain. Anda bisa memakainya untuk berbagai produk, mulai dari bakery, pastrycookies, hingga cokelat Valentine.

10 Rekomendasi coklat batangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk coklat batangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ceres

Silverqueen Almond

Ceres Silverqueen Almond 1枚目

Milk chocolate yang dipadukan dengan kacang almond yang crunchy

2

Mondelez

Toblerone Milk

Mondelez Toblerone Milk 1枚目

Milk chocolate Swiss dengan madu dan almond nougat

3

Mondelez

Cadbury Dairy Milk Chocolate Oreo

Mondelez Cadbury Dairy Milk Chocolate Oreo 1枚目

Kombinasi coklat creamy dan Oreo, perfect!

4

Tulip

Dark Chocolate Compound

Tulip Dark Chocolate Compound 1枚目

Compound chocolate yang cocok dijadikan berbagai olahan kue dan roti

5

Junglegold

Bali 80% Cacao

Junglegold  Bali 80% Cacao 1枚目

Dark chocolate intens yang dairy-free!

6

Delfi

Cashew Dairy Milk Chocolate

Delfi Cashew Dairy Milk Chocolate  1枚目

Perpaduan rasa coklat yang lezat dengan gurihnya kacang mete

7

Pipiltin Cocoa

Dark Coklat - Chocolate Bar Bali 70%

Pipiltin Cocoa Dark Coklat - Chocolate Bar Bali 70% 1枚目

Memiliki packaging menarik dengan rasa coklat asli Indonesia

8

Krakakoa

Arenga 60% Dark Milk Chocolate

Krakakoa Arenga 60% Dark Milk Chocolate 1枚目

Menggunakan gula aren dari Sulawesi, kadar glikemiknya lebih rendah

9

Chocolate Monggo

100% Cocoa Dark Chocolate

Chocolate Monggo 100% Cocoa Dark Chocolate 1枚目

Dark chocolate untuk diet, tanpa gula dan pengawet

10

Cokelat nDalem

OUI White Chocolate Yogurt

Cokelat nDalem OUI White Chocolate Yogurt 1枚目

Kombinasi asyik dari coklat, stroberi, dan yoghurt

Perincian produk
Close
No.1

CeresSilverqueen Almond

Mulai dari Rp8.000,00

Milk chocolate yang dipadukan dengan kacang almond yang crunchy

Silverqueen mungkin adalah merek cokelat yang top of mind saat membicarakan soal cokelat batang yang enak dicamil. Cokelat susu ini juga sering dijadikan kado populer untuk merayakan momen bahagia. Sebut saja, hampers cokelat untuk hari Valentine, dirangkai menjadi bouquet untuk merayakan wisuda, dan lainnya.


Cokelat bar ini memiliki banyak varian rasa, salah satunya adalah cokelat almond. Varian cokelat almond akan memberikan sensasi ngemil cokelat yang antibosan karena ada tekstur crunchy dari potongan almond-nya. 

No.2

MondelezToblerone Milk

Mulai dari Rp33.900,00

Milk chocolate Swiss dengan madu dan almond nougat

Jika pada umumnya cokelat berbentuk kotak dan bar, cokelat yang satu ini berbeda. Bentuknya unik dengan bar berbentuk segitiga. Berkat bentuknya yang khas, cokelat ini jadi lebih mudah dibagi. 


Di samping itu, perpaduan antara cokelat, susu, madu, dan almond nougat memberikan tekstur unik dalam setiap gigitannya. Cokelat dari Swiss ini juga cukup populer dijadikan topping martabak manis kekinian, lho!

No.3

MondelezCadbury Dairy Milk Chocolate Oreo

Mulai dari Rp15.000,00

Kombinasi coklat creamy dan Oreo, perfect!

Cadbury dikenal sebagai cokelat batangan dengan rasa yang milky dan creamy. Salah satu varian yang paling digemari adalah Cadbury Dairy Milk Chocolate Oreo. Perpaduan cokelat dan biskuit Oreo yang renyah menjadi kombinasi yang sempurna di mulut. Jika Anda penggemar cokelat bar yang manis dengan kombinasi biskuit Oreo, jangan sampai melewatkan produk ini!

No.4

TulipDark Chocolate Compound

Mulai dari Rp21.500,00

Compound chocolate yang cocok dijadikan berbagai olahan kue dan roti

Apakah Anda senang membuat kue atau makanan berbahan dasar cokelat? Jika iya, jadikan produk ini sebagai produk andalan Anda di rumah! Tulip Dark Chocolate Compound bisa Anda kreasikan menjadi cokelat praline, topping kue, isian roti, bahkan selai cokelat. 

Rasa cokelatnya yang bittersweet juga cocok dijadikan campuran berbagai macam kue, seperti fudgy brownies atau soft cookies. Saat dijadikan dekorasi, cokelat ini akan mengilap sempurna sehingga membuat tampilan kue Anda menjadi makin cantik dan menggugah selera. Silakan dicoba, ya!

No.5

Junglegold Bali 80% Cacao

Mulai dari Rp33.000,00

Dark chocolate intens yang dairy-free!

Junglegold merupakan rebranding dari merek cokelat Pod. Produk cokelat asal Bali ini memproduksi cokelat batangan dengan bahan-bahan nabati. Bagi para vegan dan Anda yang memiliki alergi susu, cokelat ini tentu sangat bersahabat.


Pod menggunakan gula kelapa yang diproses secara alami tanpa bahan tambahan. Seluruh bahan bakunya berasal dari dalam negeri untuk mendukung kemajuan petani lokal. Jika Anda ingin menikmati dark chocolate yang intens, tetapi masih ada sedikit rasa manis, Anda dapat memilih varian yang satu ini.

No.6

DelfiCashew Dairy Milk Chocolate

Mulai dari Rp8.000,00

Perpaduan rasa coklat yang lezat dengan gurihnya kacang mete

Delfi Cahew Dairy Milk Chocolate merupakan salah satu produk cokelat yang mudah ditemukan di toko-toko terdekat. Perpaduan antara cokelat, kacang mete, dan susu membuat produk ini memiliki rasa manis dan gurih. 


Rasanya yang klasik ini merupakan favorit segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bila Anda menyukai rasa cokelat yang dipadukan dengan kerenyahan kacang, produk ini tak akan mengecewakan Anda.

No.7

Pipiltin CocoaDark Coklat - Chocolate Bar Bali 70%

Mulai dari Rp28.000,00

Memiliki packaging menarik dengan rasa coklat asli Indonesia

Selain kopi, Indonesia juga sangat terkenal dengan cokelatnya. Setiap daerah memiliki kekhasan rasa cokelatnya masing-masing. Jika Anda suka mengeksplorasi rasa Nusantara, cokelat dari Pipiltin ini tidak boleh Anda lewatkan. 


Salah satu cokelat yang wajib dicoba adalah cokelat asal Bali dengan citarasa creamy dan sedikit fruity. Rasanya unik dan sangat kaya. Selain rasanya, Pipiltin juga memiliki packaging yang sangat menarik. Cokelat ini cocok dijadikan hadiah atau oleh-oleh untuk teman dan orang yang terkasih. 

No.8

KrakakoaArenga 60% Dark Milk Chocolate

Mulai dari Rp40.000,00

Menggunakan gula aren dari Sulawesi, kadar glikemiknya lebih rendah

Jika Anda bingung memilih dark chocolate atau milk chocolate, Anda bisa mendapatkan keduanya pada produk ini. Dengan kadar kakao 60%, selain sensasi milky khas milk chocolate, Anda tetap dapat merasakan bittersweet taste dari produk ini. 


Uniknya lagi, Krakakoa menggunakan pemanis berupa gula aren dari Sulawesi. Gula aren dikatakan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga gula darah pun akan lebih terkontrol.

No.9

Chocolate Monggo100% Cocoa Dark Chocolate

Mulai dari Rp53.000,00

Dark chocolate untuk diet, tanpa gula dan pengawet

Cokelat memang sering dianggap sebagai makanan pemicu kegemukan. AKan tetapi, ada juga cokelat yang baik untuk diet, lho! Salah satunya adalah produk dari Chocolate Monggo ini. 


Cokelat ini mengandung 100% kakao asli dan tidak ditambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Selain itu, cokelat ini juga tidak menggunakan pengawet. Jadi, Anda yang punya penyakit diabetes juga bisa memakannya. Anda bisa memakannya begitu saja atau mencampurkannya ke dalam kreasi dessert lainnya.

No.10

Cokelat nDalemOUI White Chocolate Yogurt

Mulai dari Rp13.000,00

Kombinasi asyik dari coklat, stroberi, dan yoghurt

Cokelat nDalem merupakan brand cokelat dari Yogyakarta yang memiliki varian rasa unik-unik. Jika Anda penggemar cokelat putih, tetapi bosan dengan rasa cokelat putih yang biasa, pertimbangkan varian OUI ini. Rasa cokelat putih yang milky akan makin sempurna dengan tambahan rasa strawberry yoghurt yang asam, manis, dan segar. 

Tips melelehkan coklat

Tips melelehkan coklat

Untuk Anda yang baru belajar membuat kue, mungkin Anda belum tahu cara melelehkan cokelat yang benar. Guna menghindari cokelat menjadi gosong dan menggumpal, Anda bisa memanaskannya di atas kompor. Teknik ini biasa disebut au bain-marie. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut: 


1. Potong cokelat batang menjadi bagian kecil-kecil

Pertama-tama panaskan air di dalam panci terlebih dahulu. Sambil menunggu air panas, Anda bisa memotong cokelat batang hingga kecil-kecil atau mencacahnya. Tujuannya, supaya cokelat lebih mudah meleleh dengan sempurna. 


2. Masukan dalam wadah antipanas

Setelah itu, letakkan cokelat dalam wadah antipanas berukuran sedang hingga besar. Jangan sekali-kali langsung mencairkan cokelat di atas panci atau memasukkan cokelat ke dalam air mendidih.


3. Aduk hingga mencair

Setelah air panas, kecilkan api hingga air tidak mendidih. Lalu, taruh wadah di atas panci seperti saat sedang mengetim makanan. Aduk cokelat perlahan menggunakan spatula hingga cokelat mencair. Jangan biarkan air mendidih saat mengaduk cokelat. Air yang mendidih bisa masuk ke dalam adonan cokelat yang sedang di tim dan membuat cokelat bercampur dengan air. 


Selain menggunakan teknik au bain-marie, Anda juga bisa melelehkan cokelat menggunakan microwave. Caranya hampir sama, yaitu memotong cokelat batang menjadi kecil lalu tinggal dimasukkan ke dalam microwave. Namun, Anda tetap harus mengeluarkan cokelat 30 detik sekali untuk mengaduk supaya cokelat dapat meleleh dengan rata. 

Baca juga rekomendasi coklat lainnya di sini

Cokelat memang tidak pernah gagal dijadikan sebagai camilan, baik saat sendiri maupun saat berkumpul bersama orang terkasih. Untuk menemani aktivitas Anda, pilihlah cokelat yang paling sesuai dengan selera. Kami memiliki artikel lainnya tentang cokelat yang enak. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi tersebut, ya!

Kesimpulan

Cokelat batangan dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket atau toko terdekat. Namun, ternyata tidak semua cokelat batangan yang dijual memiliki rasa yang sama. Bahan-bahan tambahan di dalam cokelat juga tidak boleh Anda abaikan. 


Sekian penjelasan kami dalam artikel kali ini. Semoga setelah membacanya dengan saksama, Anda tidak bingung lagi dalam menentukan cokelat batangan untuk stok camilan di rumah. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer