10 Rekomendasi Jus Mangga Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jus Mangga Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jus mangga menjadi salah satu jus favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa karena aroma serta rasanya yang menyegarkan. Selain disajikan begitu saja, jus mangga dapat dinikmati bersama bahan lain seperti soda atau miniman alkohol. Apakah Anda merupakan salah seorang penikmat jus mangga?

Ada banyak merek jus mangga, seperti Buavita, Country Choice, Original Love Juice, atau bahkan merek dari luar negeri. Tidak perlu bingung menentukan mana jus mangga favorit Anda karena kami akan memberikan info tentang cara memilih jus mangga. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi jus mangga untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih jus mangga

Jus mangga dapat dinikmati oleh segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mari simak ulasan cara memilih jus mangga berikut untuk membantu Anda memilih produk terbaik.

Pilihlah berdasarkan kandungan jus mangga

Salah satu cara memilih jus mangga adalah memilih berdasarkan kandungan buah mangganya. Kandungan isi jus mangga sangat beragam pada tiap produk sehingga Anda tidak akan salah memilih bila Anda menyesuaikannya dengan preferensi Anda.

Kurang dari 50% untuk rasa yang lebih ringan

Kurang dari 50% untuk rasa yang lebih ringan

Berhubung kandungan jus mangganya lebih sedikit, tentu rasanya juga akan lebih ringan. Kandungan jus mangga kurang dari 20% juga bisa dinikmati bahkan oleh Anda yang tidak terbiasa meminum jus mangga. Dengan memilih produk ini, Anda akan merasakan segarnya jus mangga yang tidak terlalu manis.

Meski begitu, sebagian orang merasa kurang puas dengan kandungan jus mangga kurang dari 20%. Jadi, jika Anda menyukai rasa yang lebih manis, Anda dapat memilih kandungan jus mangga lebih dari 30%. Dengan demikian, Anda dapat merasakan segarnya jus mangga dengan lebih nikmat.

Lebih dari 50% untuk rasa yang lebih kaya

Lebih dari 50% untuk rasa yang lebih kaya

Kandungan jus mangga yang lebih dari 50% akan terasa lebih harum dan manis. Tipe ini sangat cocok untuk dinikmati dengan minuman bersoda atau beralkohol. Berhubung kandungan jus mangganya cukup tinggi, pengolahannya jauh lebih sederhana dan hanya menggunakan sedikit zat tambahan saja. Karena itu, jus mangga seperti ini juga kami rekomendasikan untuk Anda yang sangat memperhatikan kandungan zat aditif. Sayangnya, produk dengan kandungan jus mangga sebanyak ini masih cukup jarang ditemui di pasaran Indonesia. Bila Anda ingin kandungan yang lebih banyak, kami sarankan Anda membeli jus mangga buatan homemade setelah memastikan kandungan mangganya terlebih dahulu kepada penjual.

Pilihlah berdasarkan asal dan jenis mangga

Meski di Indonesia sendiri masih jarang mencantumkan informasi mengenai asal dan jenis mangga yang digunakan, sebenarnya terdapat banyak varietas mangga yang dapat digunakan sebagai bahan baku jus mangga. Setiap varietasnya tentu memiliki karakteristik rasa yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh beberapa varietas mangga yang biasa digunakan dalam pembuatan jus mangga beserta karakteristiknya masing-masing.

Alphonso mangoes, biasa dijadikan jus mangga mewah

Alphonso mangoes, biasa dijadikan jus mangga mewah

Alphonso mangoes adalah varietas mangga terbaik yang biasa disebut rajanya mangga. Mangga ini memiliki keseimbangan rasa manis dan asam yang sempurna serta kaya akan beta karoten. Jenis ini banyak ditanam di India, khususnya mangga yang tumbuh pada daerah Ratnagiri dan disebut juga sebagai varietas mangga terbaik. Biasanya mangga ini banyak digunakan untuk membuat jus mangga mewah.

Apple mangoes, kandungan airnya melimpah

Apple mangoes, kandungan airnya melimpah

Seperti namanya, apple mangoes memiliki kulit yang berwarna kemerahan seperti apel. Mangga asal Kenya ini memiliki karakter aroma yang cukup kuat. Daging buah mangga ini memiliki tekstur yang bebas serat serta memiliki banyak kandungan air. Karena banyaknya kandungan air di dalamnya, apple mangoes merupakan varietas terbaik untuk diolah menjadi jus mangga.

Philippine mangoes, rasa manis dan asam yang seimbang

Philippine mangoes, rasa manis dan asam yang seimbang

Harga mangga yang satu ini sangat masuk akal untuk dijadikan industri pengolahan jus mangga. Warnanya kuning dan berbentuk panjang sehingga sering membuat philippine mangoes disebut juga pelican mangoes. Mangga yang juga memiliki nama lokal carabao mangoes ini memiliki rasa manis dan asam yang cukup seimbang. Kemudian, karena mangga ini diekspor dari Filipina sepanjang tahun, harganya cukup rendah untuk produksi jus.

Thai mangoes, rasa manisnya meleleh di mulut

Thai mangoes, rasa manisnya meleleh di mulut

Mangga asal Thailand ini memiliki warna dan bentuk yang mirip dengan philippine mangoes, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Karakter rasa manis yang meleleh di mulut membuat jus mangga dari varietas ini menjadi favorit. Ada juga restoran yang menawarkan mangga ini dalam bentuk potongan untuk dijadikan makanan penutup.

Pilihlah kemasan yang memudahkan penyimpanan

Kemasan yang banyak digunakan untuk jus mangga adalah kemasan karton, botol kaca, kaleng, dan botol plastik. Masa kedaluwarsa dan rasa jus mangga akan berbeda tergantung dari kemasannya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami keunggulan tiap jenis kemasan.

Kemasan karton yang ringan dan nyaman dibawa

Kemasan karton yang ringan dan nyaman dibawa

Kebanyakan jus mangga yang diimpor dari luar negeri dikemas dalam kemasan karton untuk mengurangi biaya pengiriman. Kemasan karton tidak mudah pecah seperti kemasan botol kaca serta lebih ringan dan nyaman untuk dibawa. Namun, jika Anda memilih jus mangga dalam kemasan ini, pastikan terdapat penutup agar bisa ditutup kembali dengan rapat setelah Anda buka. Selain itu, penutup yang tidak rapat juga malah dapat menyebabkan aroma jus mangga semakin berkurang.

Kemasan botol kaca yang tidak mempengaruhi rasa

Kemasan botol kaca yang tidak mempengaruhi rasa

Keuntungan pengunaan botol kaca adalah tidak mempengaruhi rasa jus. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melihat isi kemasan dari luar botol sehingga mudah bagi Anda melihat sisa isinya setelah dibuka.

Sayangnya, kemasan ini lebih berat daripada kemasan lainnya, terlebih jika isinya masih banyak. Anda dapat menggunakan jasa pengiriman untuk jus mangga kemasan botol kaca agar lebih memudahkan Anda.

Kemasan kaleng yang memiliki masa kedaluwarsa lama

Kemasan kaleng yang memiliki masa kedaluwarsa lama

Berhubung konduktivitas kaleng sangat baik, isi di dalamnya akan lebih mudah dingin ketimbang kemasan lain saat Anda memasukkannya ke dalam kulkas. Di samping itu, masa kedaluwarsanya lebih panjang sehingga sangat cocok untuk penyimpanan jangka panjang, terutama untuk Anda yang gemar menyetok minuman. Namun, kemasan kaleng memiliki tipe pull top sehingga tidak dapat ditutup kembali setelah dibuka. Pilihlah ukuran yang langsung habis dalam sekali minum agar tidak ada jus yang terbuang. Kekurangan kemasan kaleng adalah aroma metalnya yang terkadang terasa mengganggu sehingga tidak cocok untuk Anda yang memiliki penciuman sensitif.

Kemasan botol plastik yang populer dan praktis

Kemasan botol plastik yang populer dan praktis

Selain kemasan karton, kemasan botol plastik juga sangat populer karena ringan dan banyak digunakan untuk produk jus. Tutup botol plastik akan lebih mudah untuk ditutup dengan sehingga memudahkan Anda untuk menyimpan jus setelah dibuka. Meski penggunaan botol plastik ini memberikan kesan isinya lebih sedikit ketimbang wadah lain, harganya murah dan nyaman pula bagi konsumen.

10 Rekomendasi jus mangga terbaik

Tidak sulit memilih jus mangga, bukan? Selanjutnya kami akan berikan rekomendasi jus mangga untuk Anda. Simak terus ya.

10. Sukanda Djaya Jungle Juice Mango

10. Sukanda Djaya Jungle Juice Mango

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.000

Tak perlu khawatir kehabisan jus mangga favorit Anda

Rasakan nikmat dan segarnya jus mangga dari Jungle Juice ini. Dengan kandungan 30% sari mangga, rasa mangganya sangat terasa, apalagi sudah diberikan tambahan perisa identik alami mangga. Selain itu, jus mangga ini memiliki kandungan gula sebanyak 21 g dan mengandung 100 kilokalori dalam 200 ml.

Dengan kemasan botol plastik yang transparan, Anda dapat terus memastikan ketersediaan jus mangga di dalam kulkas setiap harinya. Karena itu, jus ini kami rekomendasikan untuk Anda yang rutin mengonsumsi jus mangga setiap harinya. Pastikan Anda tidak kehabisan jus mangga favorit Anda, ya!

9. FOCO Mango and Passion Fruit Juice

9. FOCO Mango and Passion Fruit Juice

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Segarnya perpaduan mangga dan markisa

Selain mengandung mangga sebanyak 30%, jus mangga dari Foco ini juga mengandung markisa sebanyak 10%. Jus yang satu ini akan terasa segar karena perpaduan mangga dan markisanya sangat pas di tengah cuaca terik. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan dahaga dengan kombinasi rasa manis unik dari mangga dan markisa.

Minuman ini memiliki kalori sebanyak 46 kilokalori yang tidak terlalu banyak. Kandungan gulanya pun hanya 11 g sehingga rasanya tidak akan terlalu terasa manis untuk Anda. Kemasan minuman kaleng 350 ml ini sangat memudahkan Anda saat menyajikan minuman untuk banyak tamu di acara penting Anda.

8. Woongjin Foods Grateful Nature Mango

8. Woongjin Foods Grateful Nature Mango

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Sehat untuk tubuh, sehat pula untuk lingkungan

Berawal dari produksi minuman ginseng, Woongjin mengeluarkan produk jus pada tahun 2004 yang salah satunya adalah jus mangga. Kemasan kecilnya yang berisi 180 ml dengan kandungan mangga sebanyak 20% sangat cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba jus mangga kemasan. Memang jus ini terbilang cukup mahal, tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan.

Ukuran kemasan yang kecil ini sangat pas untuk masuk di dalam tas bekal harian Anda. Berbeda dengan jus mangga kebanyakan yang beredar di pasar, jus mangga dari Woongjin ini menggunakan kemasan botol kaca. Tenang saja karena kemasan botol kacanya lebih tipis sehingga ramah terhadap lingkungan dan mudah pula untuk didaur ulang.

7. Sukanda Djaya Diamond Juice Mango

7. Sukanda Djaya Diamond Juice Mango

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.000

Perpaduan manis alami dan asam pelepas dahaga

Jus mangga dari Diamond ini mengandung 35% sari mangga dan tidak mengandung pemanis tambahan. Kandungan gula alaminya hanya 17 g dalam 946 ml sehingga rasa manis alaminya sangat terasa. Jus ini mengandung 100 kilokalori dalam 250 ml penyajiannya dan tidak terlalu tinggi untuk konsumsi harian Anda.

Rasa asam di dalam jus ini juga berasal dari asam sitrat sehingga cocok untuk Anda yang menyukai rasa lebih asam. Perpaduan rasa manis dan asam ini cocok untuk hari yang terik. Jus mangga ini terbuat dari buah mangga pilihan dan dikemas dengan kemasan multilapis yang kedap udara dan cahaya untuk melindungi kualitas isinya.

6. Kalbe Original Love Juice Mango

6. Kalbe Original Love Juice Mango

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Banyak serat untuk hidup yang lebih sehat

Rekomendasi jus mangga lainnya datang dari Original Love Juice produksi Kalbe. Jus mangga yang satu ini menggunakan teknik pasteurisasi saat pengemasan agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak banyak yang hilang. Dengan begitu, Kalbe memastikan Anda mendapatkan manfaat terbaik saat mengonsumsinya.

Isi jus 300 ml dengan kemasan plastik akan sangat mudah Anda bawa ke mana saja saat beraktivitas di luar rumah. Jika tidak habis dalam sekali minum, Anda dapat menutupnya dengan rapat untuk menjaga kesegaran isinya. Ukuran botolnya yang ramping juga sangat mudah dimasukkan ke dalam tas Anda dan harganya pun cukup terjangkau.

5. Caesar Mango Juice

5. Caesar Mango Juice

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Jus mangga khas Saudi Arabia yang khas dan unik

Jus mangga yang satu ini mengandung 32% jus mangga, cukup cocok untuk Anda yang menyukai segarnya rasa mangga. Rasa manisnya tidak terlalu berlebih karena hanya mengandung 14,5 g gula dalam 1 L jus mangga. Anda akan mendapatkan asupan 58 kilokalori per 100 ml penyajiannya.

Jus ini tidak mengandung pengawet maupun pewarna tambahan sehingga aman untuk keluarga terutama anak-anak Anda. Jus ini dapat terbilang cukup mahal karena berasal dari Saudi Arabia. Namun, rasa mangganya yang sangat khas dan menyegarkan pasti membuat Anda menyukai jus yang satu ini.

4. Unilever Buavita Mango

4. Unilever Buavita Mango

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.000

Kembalikan stamina dengan jus mangga yang menyegarkan

Rasakan manfaat kebaikan buah dalam Buavita karena jus ini tak hanya mengandung mangga. Tidak hanya mengandung sari buah mangga sebanyak 20,5%, jus mangga ini juga mengandung sari buah pir sebanyak 17,5%. Dalam kemasan 250 ml, jus ini mengandung 23 g gula sehingga sangat pas untuk Anda yang lebih menyukai rasa manis.

Kandungan kalorinya yang cukup tinggi juga pas untuk mendukung hari-hari Anda yang padat dan penuh aktivitas. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam 250 ml Buavita sama dengan vitamin C dalam satu buah mangga. Dengan begitu, daya tahan tubuh Anda pun akan senantiasa terjaga dengan kebaikan vitamin C tersebut.

3. Sinar Sosro Country Choice Mangga

3. Sinar Sosro Country Choice Mangga

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.999

Lengkapi kebutuhan vitamin harian Anda dengan cara yang menyenangkan

Country Choice merupakan produk jus dari PT Sinar Sosro yang diproduksi sejak tahun 2008. Salah satu produknya adalah jus mangga yang akan membuat hari Anda semakin menyenangkan berkat rasa manis dan asamnya yang menyegarkan. Anda dapat menggabungkan jus mangga ini dengan jus lainnya untuk membuat minuman yang lebih segar.

Selain vitamin C, jus ini ditambahkan dengan vitamin lainnya seperti vitamin A, E, dan vitamin B kompleks. Jus mangga dengan berbagai vitamin ini sangat pas untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas sehingga kesehatan tubuh Anda terjaga. Apa jus yang satu ini menjadi pilihan jus mangga favorit Anda?

2. Yuliana Fresh Mango Juice

2. Yuliana Fresh Mango Juice

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 46.000

Produk dalam negeri dengan kualitas prima

Yuliana Fresh Juice sudah berdiri sejak tahun 1985 dan terus menjaga kualitas produknya sampai sekarang. Salah satu produknya adalah jus mangga yang tentunya dapat menjadi favorit seluruh anggota keluarga. Dengan pengawasan kualitas yang sangat ketat, produk ini telah berhasil masuk ke berbagai hotel dan restoran.

Jus mangga ini memiliki isi 2 liter sehingga dapat dinikmati oleh Anda dan keluarga maupun rekan-rekan Anda. Dari sisi isi dan kualitasnya, produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengadakan pesta di rumah. Tentunya jus mangga dengan kualitas hotel dapat Anda nikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

1. Sukanda Djaya Dewlands Mango Juice

1. Sukanda Djaya Dewlands Mango Juice

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.500

Rasa manis alami dari perpaduan mangga dan anggur

Konsumsi gula terbanyak terdapat di dalam minuman yang sehari-hari Anda nikmati. Jika Anda menginginkan jus bebas gula, jus dari Dewlands ini kami rekomendasikan untuk Anda. Tentunya lebih sehat tanpa gula tambahan, tetapi Anda tetap dapat menikmati segarnya perpaduan mangga dan anggur di tengah hari yang terik.

Buah yang dipakai untuk jus ini berasal dari Cape, Afrika sehingga memiliki cita rasa yang khas. Jumlah kalorinya sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang melakukan diet karena hanya mengandung 53 kalori per 100 ml penyajian.Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya akan bikin Anda lebih sehat!

Cara mengolah jus mangga

Kini saatnya kami memberikan resep untuk mengolah jus mangga. Tips ini sangat bermanfaat untuk dicoba bila Anda merasa bosan hanya meminum jus mangga saja. Silakan disimak selengkapnya.

Jus mangga dan soda

Jus mangga dan soda

Pilihan pertama yang dapat Anda gabungkan dengan jus mangga adalah minuman soda. Campurkan 1/3 gelas jus mangga dengan es batu kemudian isi gelas sampai penuh dengan soda. Anda dapat menggunakan minuman soda favorit Anda, tetapi  air soda tanpa gula lebih kami rekomendasikan. Pastinya campuran ini sangat menyegarkan di tengah cuaca yang sangat terik.

Campurkan jus mangga sesuai dengan selera Anda. Rasa manis dan segar campuran ini dapat menyegarkan tubuh Anda di tengah cuaca panas.

Jus mangga dan jus jeruk

Jus mangga dan jus jeruk

Jus jeruk dan mangga akan menghasilkan rasa yang sangat menyegarkan saat dikombinasikan. Anda bisa membuatnya dengan rasio sebanyak 1:3 antara jus jeruk dan jus mangganya. Perpaduan manisnya jus mangga dan asamnya jus jeruk sangat cocok diminum saat cuaca terik. Sajikan campuran minuman ini dengan daun mint untuk mempercantik tampilannya.

Jus mangga dan yoghurt

Jus mangga dan yoghurt

Jika Anda ingin menikmati rasa mango lassi, campurkan jus mangga dan yoghurt. Campurkan jus mangga dan yoghurt dengan perbandingan 2:1 kemudian aduk rata. Gunakan jenis yogurt yang bisa langsung diminum dengan tekstur smooth. Karena rasa yoghurt cukup asam, Anda dapat menyeimbangkan rasa minuman yang terlalu asam dengan menambahkan sirup, gula, atau madu.

Kesimpulan

Memilih jus mangga dalam kemasan harus diperhatikan dengan teliti. Anda perlu memastikan kandungan gula, buah mangga, serta jenis kemasannya. Anda juga dapat mengolah minuman dengan perpaduan jus mangga dan bahan lainnya. Dahaga di tengah hari yang terik pun akan hilang dengan jus mangga yang segar.

Apa Anda sudah menemukan mana produk pilihan Anda dan keluarga? Selamat menikmati jus mangga favorit Anda!