10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan (Terbaru Tahun 2018)

Bagi bayi, berada dalam dekapan dan pelukan ibu akan memberikan rasa nyaman dan tenang. Selain merasa hangat, mereka juga bisa mendengarkan detak jantung ibu yang menenteramkan. Oleh karena itu, para ibu rata-rata menggendong bayi mereka di depan. Dengan menggendong di depan, ibu bisa terus melakukan aktivitasnya sembari menjaga buah hati.

Masalahnya, menggendong bayi terlalu lama bisa membuat bayi merasa gerah dan tidak nyaman, terutama saat cuaca panas. Untuk itu, diperlukan gendongan bayi yang berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan yang nyaman untuk ibu dan buah hati. Simak ulasan kami!

Daftar isi

Cara memilih gendongan bayi tipe depan

Memilih gendongan bayi itu gampang-gampang susah. Anda harus memperhatikan beberapa elemen penting supaya bisa merasakan kenyamanan saat menggendong buah hati. Begitu juga sebaliknya, Anda perlu memastikan anak merasa nyaman dalam gendongan. Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai apa saja yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli gendongan bayi.

Pilih tipe gendongan yang sesuai

Pilih tipe gendongan yang sesuai

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tipe gendongan seperti apa yang hendak dibeli. Gendongan bayi tipe depan masih terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari tipe carrier yang menyerupai ransel, tipe sling, hingga tipe waist pouch. Tiap tipe memiliki fitur khusus dan keunggulan sendiri-sendiri. Mari kita bahas satu per satu ciri khas dari masing-masing tipe tersebut.

Gendongan tipe ransel (carrier) mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Gendongan tipe ransel (carrier) mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Gendongan tipe ini cara pemakaiannya menyerupai ransel yang disampirkan di kedua bahu. Keunggulannya adalah banyak di antara produk tipe ini yang dirancang agar mampu mendistribusikan berat bayi ke banyak titik sehingga beban tidak hanya terpusat di bahu serta punggung penggendong. Untuk mencegah bayi terjatuh, ada sabuk dan gesper di sisi kanan maupun kiri. Namun, kekurangan dari gendongan jenis ini adalah ukurannya yang agak bulky sehingga memakan tempat saat disimpan dan kurang nyaman untuk dibawa-bawa. Selain itu terkadang pemasangan gesper dan sabuk memerlukan waktu.

Gendongan tipe sling (second womb) membuat bayi merasa hangat

Gendongan tipe sling (second womb) membuat bayi merasa hangat

Gedongan tipe sling sering juga disebut second womb alias rahim kedua karena kain gendongan yang melilit bayi membuatnya seperti berada di dalam rahim ibu. Cara memakainya pun mudah, cukup dililitkan di bahu dan badan Anda sesuai petunjuk pemakaian, dan bayi tinggal dimasukkan ke dalamnya. Ukurannya yang ringkas membuat gendongan ini mudah dibawa ke mana pun. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengatur posisi tubuh bayi dalam gendongan jenis ini. Jangan sampai salah posisi dan bayi merasa tidak nyaman.

Gendongan tipe waist pouch (tas pinggang) sangat sempurna untuk bayi yang aktif

Gendongan tipe waist pouch (tas pinggang) sangat sempurna untuk bayi yang aktif

Gendongan tipe waist pouch berbeda dengan tipe lainnya. Bentuknya seperti tas pinggang dan bagian atasnya dirancang untuk digunakan sebagai dudukan untuk anak. Dengan memakai gendongan jenis ini, anak dapat bergerak lebih leluasa. Tentu saja gendongan jenis ini lebih dianjurkan untuk anak yang sudah cukup besar dan mampu duduk sendiri. Akan tetapi, berhubung tidak ada penopang atau sabuk untuk menahan posisi badan anak, gendongan tipe ini tidak disarankan untuk Anda yang ingin sambil beraktivitas menggunakan kedua tangan.

Pilihlah gendongan yang fungsional dan perhatikan kualitasnya!

Pilihlah gendongan yang fungsional dan perhatikan kualitasnya!

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli gendongan bayi tipe depan, fokuslah pada fungsi dasar dan kualitasnya. Pilihlah produk yang benar-benar bagus untuk memastikan bayi merasa nyaman saat digendong. Jangan lupa untuk meminta arahan atau rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman serta ulasan dari para ibu lainnya.

Di antara sekian banyak gendongan bayi yang tersedia, ada yang bisa digunakaan sesaat setelah bayi lahir, ada juga yang baru bisa dipakai setelah bayi mencapai usia tertentu. Untuk itu, pastikan Anda memilih gendongan yang tepat sesuai dengan usia buah hati. Perhatikan juga aktivitas apa yang Anda lakukan saat menggendong bayi. Apakah Anda hanya menggendong bayi saja tanpa melakukan aktivitas lain, atau harus melakukan pekerjaan rumah tangga sembari menunduk. Semua itu akan berpengaruh terhadap tipe gendongan yang dibutuhkan.

Saat bayi terus menangis, terkadang tangisnya bisa berhenti hanya dengan mengubah gaya dan posisi menggendong. Oleh karena itu, pertimbangkan juga untuk memilih gendongan yang bisa digunakan untuk berbagai gaya menggendong. Jika fungsi-fungsi mendasar seperti ini sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa memperhatikan poin lainnya. Misalnya, apakah kain gendongan yang digunakan cocok untuk cuaca panas.

Jika Anda akan membeli gendongan kedua, pertimbangkanlah juga untuk memilih produk yang mungkin lebih bagus sirkulasi udaranya dibandingkan gendongan pertama yang Anda punya. Atau jika gendongan pertama Anda adalah tipe carrier, Anda bisa mempertimbangkan tipe sling untuk gendongan kedua agar pemakaiannya bisa dibedakan sesuai kebutuhan.

Pilihlah gendongan dengan bahan yang breathable

Pilihlah gendongan dengan bahan yang breathable

Jika permukaan gendongan yang menutupi tubuh bayi semakin banyak, maka suhu panas akan terkungkung sehingga menyebabkan bayi merasa gerah. Apalagi jika bayi terus bergerak atau menangis. Untuk bayi yang mudah berkeringat, banyak produsen yang sudah menciptakan gendongan dengan menggunakan bahan yang breathable, seperti mesh yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan dengan baik, atau bahan yang adem dan dapat menyerap keringat.

Pilih desain yang cocok juga untuk digunakan ayah

Pilih desain yang cocok juga untuk digunakan ayah

Jika Anda belum memiliki gambaran soal warna maupun desain gendongan yang ingin dimiliki, sebaiknya pilihlah gendongan yang bisa dipakai oleh ibu dan ayah. Memilih gendongan yang bisa dipakai berdua tentu akan menjadi saat-saat diskusi yang menyenangkan.

Pastikan saat sudah menemukan gendongan yang diinginkan, pilihlah desain dan warna yang akan membuat Anda berdua merasa senang saat menggunakannya. Pelukan adalah salah satu hal yang mampu menimbulkan kedekatan antara anak dan orang tua. Anda perlu melakukannya sesering mungkin, begitu juga dengan menggendong. Dengan gendongan yang desainnya pas, Anda bisa merasa lebih bersemangat dan ayah pun tak akan terlihat kaku maupun ragu untuk menggendong buah hati.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan

Setelah memberikan informasi mengenai jenis-jenis gendongan dan cara memilihnya, sekarang kami akan memberikan rekomendasi beragam gendongan bayi tipe depan. Simak ulasan kami, ya!

10. Hanaroo Baby Wrap

10. Hanaroo Baby Wrap

Lihat produk ini di Lazada 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 168.000

Gendongan model kangaroo yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir

Jika Anda ingin mencari baby wrap buatan lokal dengan harga bersaing, jatuhkanlah pilihan pada Hanaroo Baby Wrap! Produk asli Indonesia ini tidak hanya mampu menjaga tubuh bayi yang baru lahir agar menempel sempurna dengan ibu, tetapi juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan bayi yang terlahir prematur lewat metode perawatan kanguru (kangaroo mother care).

Hanaroo Baby Wrap terbuat dari kain spandex yang elastis, adem, dan ringan sehingga bayi tidak mudah merasa gerah meski digendong dengan cara dililit. Anda bisa menggendong bayi dengan beragam cara dan tetap bisa bebas menggunakan kedua tangannya untuk melakukan banyak hal. Namun, pastikan Anda sudah berlatih telebih dahulu supaya tidak bingung saat memakainya, ya!

9. Omiland Hipseat 6 in 1

9. Omiland Hipseat 6 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 166.000

Enam variasi cara mengendong dalam satu produk!

Omiland Hipseat merupakan produk gendongan bayi asli Indonesia yang menggabungkan gendongan tipe carrier dengan waist pouch atau hipseat. Gendongan ini memungkinkan enam variasi cara pemakaian sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Gendongan ini bisa digunakan oleh bayi berusia 3 – 24 bulan, dengan berat badan tidak lebih dari 15 kg.

Dibandingkan gendongan sejenis yang diproduksi oleh brand luar, harga gendongan Omiland sangat bersaing! Meski begitu, Anda tak perlu mengkhawatirkan kualitasnya karena produk ini dijamin memenuhi standar keselamatan konsumen. Produk ini tersedia dalam tiga varian warna (hijau, pink, biru) yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

8. Dialogue Baby Hipseat Milky Series DGG4136

8. Dialogue Baby Hipseat Milky Series DGG4136

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 265.000

Sabuk berbahan double mesh untuk kenyamanan orang tua saat menggendong

Gendongan yang satu ini terbuat dari kain tetoron rayon (TR) yang adem, dan menggunakan bahan double mesh pada bagian sabuknya sehingga orang tua akan tetap merasa nyaman meski memakainya dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan bagian dalamnya sendiri terbuat dari katun minyak yang terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit bayi.

Produk ini juga dilengkapi saku yang imut berbentuk kepala sapi di bagian depannya yang bisa juga berfungsi sebagai kantong penyimpanan barang-barang kecil. Jika Anda melepas bagian kepala sapi ini, gendongan ini akan menyisakan hipseat di bagian depan yang terhubung dengan rompi di pundak agar anak bisa lebih leluasa bergerak.

7. CuddleMe Air Sling

7. CuddleMe Air Sling

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 80.000

Gendongan sehari-hari yang sangat ringan dan breathable

CudlleMe Air Sling merupakan gendongan bayi yang sangat ringan, tetapi kuat dan kokoh saat dipakai. Bobotnya yang ringan adalah berkat bahan dasar kain soft mesh yang juga mampu menjaga sirkulasi udara dengan baik sehingga bayi tidak merasa kepanasan saat digendong. Keuntungan lainnya adalah kain jenis ini mudah dicuci dan dikeringkan, serta dapat dilipat hingga ukuran kecil.

Meskipun harganya ekonomis, Anda tidak perlu khawatir soal kualitasnya. Gendongan ini mampu menjaga tulang belakang anak tetap pada postur C-curve dan kaki membentuk M-curve. Gendongan yang tersedia dalam beragam pilihan warna dan panjangnya bisa disesuaikan dengan ukuran ibu dan anak ini sangat cocok dan nyaman untuk dipakai sehari-hari!

6. MOBY Wrap Classic & Evolution

6. MOBY Wrap Classic & Evolution

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 525.000

Bayi aman, ibu nyaman!

Gendongan yang baik seharusnya tidak hanya aman untuk bayi, tetapi juga nyaman bagi orang tua. Mobby Wrap Classic menawarkan dua keunggulan tersebut! Gendongan tipe wrap ini akan menjaga buah hati tetap melekat erat pada ibu dan merasa tenang sebab bisa mendengarkan detak jantung ibu, dan ibu pun merasa nyaman karena tetap bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Gendongan jenis ini memungkinkan bobot bayi terbagi merata sehingga ibu tidak akan merasa terlalu terbebani. Produk dari Mobby Wrap Classic ini menggunakan bahan dasar yang lembut, tetapi juga kuat dan kokoh sehingga bisa terus digunakan seiring pertumbuhan anak, mulai dari newborn hingga usia balita.

5. Bobita Carrier Gen 2

5. Bobita Carrier Gen 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 560.000

Dilengkapi 3-point lock system untuk menjamin rasa aman saat menggendong bayi

Gendongan jenir carrier biasanya bulky dan memakan tempat saat disimpan, atau sulit dikemas saat hendak dibawa bepergian. Tidak dengan Bobita Carrier Gen 2! Baby carrier ini terbuat dari bahan yang lembut dan ringan sehingga mudah disimpan dalam mesh bag yang juga bisa berfungsi sebagai kantong laundry.

Produk ini dilengkapi dengan 3-point lock system untuk mencegah risiko buckle-nya terbuka tanpa sengaja. Selain itu, bagian yang menutupi badan anak terbuat dari material 3D mesh untuk menjamin sirkulasi udara yang baik. Menariknya lagi, Anda bisa mengganti panel cover-nya untuk memberikan tampilan berbeda seperti gendongan baru.

4. I-Angel Miracle Hipseat + Baby Carrier

4. I-Angel Miracle Hipseat + Baby Carrier

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.000.000

Hipseat atau carrier? Bagaimana jika keduanya?

Untuk Anda yang bingung memilih antara gendongan tipe hipseat atau carrier, mengapa tidak membeli I-Angel Miracle saja untuk mendapatkan dua fitur sekaligus? Saat sedang bersantai, Anda bisa mencopot bagian atas dan menjadikannya hipseat. Sedangkan ketika harus beraktivitas, pasang kembali bagian atas dan ubah menjadi hipseat carrier atau cukup baby carrier.

Ketika memakai produk ini, punggung dan bahu Anda tidak akan merasa terlalu terbebani sebab tumpuan beban terbagi dengan rata. Desainnya juga trendi dan bisa dibongkar pasang sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, I-Angel Miracle juga dilengkapi dengan banyak kantong yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan bayi. Sangat praktis, bukan?

3. Boba Carrier 4G Carrier Peak

3. Boba Carrier 4G Carrier Peak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.385.000

Mudah dipakai dan infant-friendly

Terkadang gendongan tipe carrier agak sulit dipakai karena harus memasang gesper atau strap di bagian belakang, tetapi tidak dengan Boba Carrier 4G Carrier Peak! Gendongan dengan desain ergonomis, baik untuk bayi maupun orang tuanya ini mudah dipakai baik oleh orang tua dengan postur tubuh yang besar atau justru mungil.

Boba Carrier 4G Carrier Peak merupakan gendongan yang infant-friendly. Hal ini ditandai dengan adanya infant insert untuk memosisikan tubuh bayi dengan baik, serta foot strap yang membantu bayi duduk dengan posisi kaki M-shape. Terbuat dari 100% kain katun, gendongan ini adem dan nyaman di kulit bayi. Satu hal lagi, Boba Carrier juga bisa dicuci menggunakan mesin, lho!

2. BabyBjorn Baby Carrier One Air

2. BabyBjorn Baby Carrier One Air

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.790.000

Menopang bayi dengan sempurna tanpa mengakibatkan rasa gerah

Selain dari harganya yang cukup pricey bagi keluarga middle class, rasanya tak ada kekurangan lain dari produk ini. Terbuat dari material 3D mesh, produk ini sangat breathable dan tidak akan mengakibatkan rasa gerah sehingga kulit bayi akan terhindar dari iritasi meski digendong dalam waktu yang lama. Selain itu, bahan mesh juga menjadikannya cepat kering ketika dicuci.

Baby carrier ini didesain ergonomis dan mampu menopang tubuh bayi dengan sempurna tanpa mengganggu pertumbuhan struktur tulangnya. Dengan kualitas material premium yang kokoh, gendongan ini aman dan nyaman untuk newborn baby hingga anak usia balita. Dengan desain yang simpel dan berkarakter, gendongan ini tetap terlihat keren saat dipakai oleh ayah.

1. Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier

1. Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.479.000

Gendongan bayi paling nge-hits favorit orang tua masa kini!

Produk keluaran Ergobaby yang satu ini mungkin bisa dikatakan adalah gendongan paling nge-hits saat ini! Tak hanya karena desainnya yang stylish, gendongan tipe carrier yang bisa digunakan untuk newborn baby hingga usia 3 tahun ini juga sangat nyaman untuk ibu dan bayi serta bisa digunakan dalam 4 posisi, termasuk menghadapkan bayi ke depan.

Sabuknya didesain cukup lebar untuk meringankan beban pada pinggul orang tua, sementara desain bucket seat-nya memungkinkan bayi duduk secara ergonomis. Selain itu, bahan mesh yang digunakan juga membuat gendongan ini menyerap panas dengan baik agar bayi tidak gerah ketika digendong dalam jangka waktu lama. Benar-benar paket lengkap, bukan?

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel kali ini mengenai rekomendasi gendongan bayi tipe depan? Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang mencari gendongan untuk pertama kali atau untuk kesekian kalinya.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah gendongan yang baik bukan hanya yang stylish, tetapi juga yang mampu memberikan rasa nyaman baik untuk anak maupun orang tua. Temukanlah gendongan terbaik versi Anda!