1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Bagi bayi, berada dalam dekapan dan pelukan ibu akan memberi rasa nyaman serta tenang. Ibu biasanya menggendong bayi di depan agar si kecil bisa mendengarkan detak jantung ibu yang menenteramkan. Sebab itu, ibu membutuhkan gendongan bayi depan yang bagus.

Melalui artikel ini kami akan mengulas tentang cara memilih gendongan bayi terbaik tipe depan. Kami juga akan berbagi rekomendasi gendongan bayi. Anda bisa menemukan produk dari merek gendongan bayi yang bagus, seperti MOOIMOM, Dialogue Baby, dan Snobby. Artikel ini sudah ditinjau oleh babywearing consultant kami, Indah Siauw. Selamat membaca!
Diperbaharui 11-04-2022
Pakar
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familiar dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor.

Profil Indah Siauw
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ovia Ery Rahayu

Ovia Ery Rahayu, akrab dipanggil Ovia, adalah lulusan Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun sebagai translator di sebuah perusahaan Jepang di bidang manufaktur alat pertanian. Selama bekerja, Ovia sempat beberapa kali melakukan kunjungan ke cabang perusahaan di prefecture Kochi, Jepang. Selain menjadi Japanese speaker di perusahaan, Ovia mulai bergabung dengan mybest sebagai penulis yang menerjemahkan artikel bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Kini, ibu rumah tangga dan pencinta anak-anak ini sudah berhenti dari perusahaan dan lebih nyaman menjadi penulis di mybest.

Profil Ovia Ery Rahayu
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan bayi tipe depan

Anda harus memperhatikan beberapa elemen penting saat memilih gendongan bayi. Hal ini agar Anda dan anak bisa merasa nyaman. Untuk itu, kami akan berbagi informasi mengenai apa saja yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli gendongan bayi.

① Sesuaikan tipe gendongan dengan kebutuhan

Sesuaikan tipe gendongan dengan kebutuhan
Gendongan bayi tipe depan terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe carrier yang menyerupai ransel, tipe sling, hingga tipe hipseat. Tiap tipe memiliki fitur khusus dan keunggulan berbeda. Mari simak pembahasan dari tiap tipe tersebut.
Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Untuk gendong depan menghadap penggendong atau front facing in, ada beberapa tipe gendongan yang bisa dicoba. Gendongan tersebut antara lain adalah buckle carrier, sling, wrap, dan Asian style carrier, seperti Mehdai.


Pilihlah tipe gendongan yang sesuai dengan karakter Anda masing-masing, apakah lebih suka yang praktis atau yang nyaman. Setiap orang tentunya memiliki preferensi berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tipe ransel, mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Tipe ransel, mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Tipe ini dipakai seperti ransel yang disampirkan di kedua bahu. Banyak produk yang dirancang agar mampu mendistribusikan berat badan bayi secara merata. Jadi, beban tidak hanya terpusat di bahu serta punggung penggendong. Ada juga sabuk dan gesper untuk mencegah bayi terjatuh, baik di sisi kanan maupun kiri. 


Salah satu gendongan tipe ransel yang bisa digunakan bayi sejak newborn adalah SSC (soft structured carrier). SSC merupakan gendongan bayi berbahan lembut dan tebal serta berstruktur empuk. Produknya didesain ergonomis menyesuaikan dengan bentuk tubuh alami bayi.


Namun, kekurangan dari tipe ini adalah Anda memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk pemakaiannya. Selain itu, tipe ini sedikit memakan tempat saat disimpan karena dirancang untuk kenyamanan maksimal saat menggendong.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan tipe carrier terbagi menjadi dua, yaitu full buckle carrier dan half buckle carrier. Gendongan yang banyak dijual di pasaran adalah full buckle carrier. Full buckle carrier terdiri dari beberapa tipe, seperti wide based carrier, narrow based carrier, dan hipseat.


Namun, Anda tidak dianjurkan untuk memilih gendongan tipe narrow based carrier atau gendongan berpanel sempit untuk anak usia berapa pun. Carilah yang bodi panelnya agak lebar atau dikenal sebagai soft structured carrier (SSC).


Banyak jenis SSC yang sudah didesain secara ergonomis sehingga nyaman dipakai untuk penggendong dan bayi. Menggunakan gendongan yang ergonomis dengan penggunaan yang tepat bisa menghindarkan Anda dari badan pegal ketika menggendong anak.

Tipe sling, membuat bayi merasa hangat

Tipe sling, membuat bayi merasa hangat

Tipe sling sering juga disebut dengan second womb alias rahim kedua. Hal ini karena kain gendongan yang melilit bayi membuatnya seperti berada di dalam rahim ibu. Cara memakainya pun mudah. Cukup lilitkan gendongan di bahu dan badan Anda, lalu bayi tinggal dimasukkan ke dalamnya.


Ukurannya yang ringkas membuat gendongan ini mudah dibawa ke mana pun. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati saat mengatur posisi tubuh bayi dalam tipe ini. Anda mungkin perlu membaca tips cara pemakaiannya agar terbiasa.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Tipe sling adalah gendongan yang tumpuannya ada di satu bahu. Gendongan yang ada pada gambar di atas adalah gendongan tipe wrap. Gendongan tipe wrap dapat dibagi lagi menjadi stretchy wrap dan woven wrap


Tipe sling dan wrap dapat menyesuaikan lekuk tubuh penggendong serta anak. Hasilnya gendongan jadi terasa lebih memeluk dan lebih erat dibandingkan tipe carrier. Tipe ini dapat dikatakan sebagai gendongan yang paling nyaman. Meskipun begitu, Anda membutuhkan teknik dan latihan untuk bisa menggunakannya.

Tipe hipseat, sangat sempurna untuk bayi yang aktif

Tipe hipseat, sangat sempurna untuk bayi yang aktif
Tipe hipseat berbentuk seperti tas pinggang yang dirancang dengan dudukan untuk anak. Anda hanya perlu memakainya di pinggang layaknya memakai tas pinggang. Tentu saja tipe ini lebih dianjurkan untuk anak yang sudah cukup besar. Namun, hipseat tidak cocok untuk Anda yang ingin beraktivitas dengan kedua tangan sambil tetap menggendong.

Tipe ini biasanya juga dilengkapi tali pengikat. Tidak seperti SSC, hipseat memiliki dudukan pinggang. Alhasil produknya hanya cocok digunakan untuk bayi yang sudah bisa duduk tegak atau berusia 6 bulan. Dengan tipe ini, kaki bayi bisa bebas digerakkan.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan seperti ini masuk dalam kategori gendongan hipseat. Meskipun bentuknya seperti gendongan, hipseat sebenarnya bukanlah sebuah gendongan. Hipseat hanyalah alat bantu untuk mendudukkan anak di pinggang kita.


Alat bantu ini hanya bisa digunakan dalam durasi yang sangat singkat dan untuk anak yang sudah memiliki torso kuat dan stabil. Ketika menggunakan hipseat, tangan penggendong tidak boleh lepas karena anak bisa terjatuh. Hipseat bisa dipakai untuk anak yang sudah aktif berjalan sehingga memudahkannya naik turun gendongan.

② Pilih gendongan yang sesuai dengan perkembangan bayi

Pilih gendongan yang sesuai dengan perkembangan bayi

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli gendongan bayi tipe depan, fokuslah pada fungsi dasar produk. Jangan lupa meminta arahan atau rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman beserta ulasan dari para ibu lainnya. Agar Anda tak salah pilih, berikut ciri khas produk yang bisa dipilih berdasarkan perkembangan bayi.


  • Gendongan untuk bayi baru lahir

Jika ingin langsung dipakai setelah bayi baru lahir, periksalah apakah gendongannya cocok. Pasalnya ada produk yang tidak bisa dipakai untuk bayi yang belum bisa duduk. Saat bayi terus menangis, terkadang tangisnya bisa berhenti hanya dengan mengubah gaya dan posisi menggendong. Karena itu, pertimbangkanlah produk yang bisa digunakan untuk berbagai gaya menggendong.


  • Gendongan kedua untuk bayi yang sudah bisa duduk tegak

Jika Anda hendak membeli gendongan kedua, pertimbangkanlah untuk memilih produk yang memiliki sirkulasi udara lebih baik. Jika gendongan pertama Anda adalah tipe carrier, Anda bisa mempertimbangkan tipe sling untuk gendongan kedua. Dengan demikian, pemakaiannya bisa dibedakan sesuai kebutuhan.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Memilih gendongan yang sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah. Meskipun begitu, memilih gendongan sesuai dengan kebutuhan adalah hal dasar yang wajib Anda perhatikan. Saat memilih, pertimbangkan bujet, usia anak, dan aktivitas apa yang sering Anda lakukan.


Tipe gendongan yang paling multifungsi adalah gendongan woven wrap. Woven wrap bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir hingga anak usia pre-school atau bahkan lebih. Selain itu, woven wrap bisa digunakan sebagai pengganti selimut, nursing cover, dan lainnya. Dengan satu lembar woven wrap, Anda bisa menggendong anak dengan berbagai macam teknik. 


Nah, jika Anda membutuhkan gendongan yang praktis, cepat dipakai, dan bisa bergantian dengan pasangan, pilihlah buckle carrier. Gendongan ini juga cocok untuk digunakan jalan-jalan.

③ Pastikan bahannya memiliki sirkulasi udara yang baik

Pastikan bahannya memiliki sirkulasi udara yang baik
Jika kain gendongan yang menutupi tubuh bayi makin lebar, tubuh bayi tentunya makin hangat. Untuk bayi yang mudah berkeringat meski cuaca sedang tidak panas, banyak produsen menawarkan gendongan dengan sirkulasi udara yang baik.

Bahan mesh dikenal adem dan dapat menyerap keringat. Saat cuaca sedang panas, pilihlah produk yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hal ini karena ada kekhawatiran akan serangan jantung jika memakai gendongan berbahan panas pada cuaca yang panas.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Memeluk bayi saja sudah bisa membuat tubuh ibu dan bayi berkeringat, apalagi dalam durasi yang lama. Terkadang ada orang tua yang menggunakan gendongan berbahan panas atau memakaikan bayi baju panjang saat digendong.


Jika hal tersebut dilakukan, orang tua dan anak malah akan trauma menggendong atau digendong. Karena itu, pilih bahan gendongan yang terbuat dari 100% katun, campuran dengan linen, atau mesh. Selain itu, jangan pakaikan anak baju yang berlebihan ketika akan digendong.

④ Cari desain yang cocok juga digunakan oleh ayah

Cari desain yang cocok juga digunakan oleh ayah
Anda belum memiliki gambaran, baik soal warna maupun desain gendongan yang ingin dimiliki? Pilih saja gendongan yang bisa dipakai oleh ibu dan ayah. Memilih gendongan yang bisa dipakai berdua tentu akan menjadi saat-saat diskusi yang menyenangkan.

Gendongan memang hanya sebuah alat. Namun, Anda akan lebih bersemangat mengenakannya jika memilih desain dan warna yang disukai. Pelukan adalah salah satu hal yang mampu menimbulkan kedekatan antara anak dan orang tua. Jika Anda melakukannya seorang diri, seharian penuh tentu akan melelahkan.


Banyak produsen yang memberikan pernyataan bahwa gendongan tipe depan dapat melekatkan kedekatan dengan orang tua. Meskipun melelahkan, Anda akan merasa bahagia karena ada buah hati yang Anda cintai.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Semua tipe gendongan sebaiknya harus cocok digunakan oleh ayah. Ayah biasanya menyukai desain yang lebih simpel, warna netral, dan tidak bermotif. Hal ini tentu bukan masalah yang serius. Jika ibu ingin menggendong bergantian dengan pasangan, ajaklah ayah untuk memilih warna gendongannya. Dengan begitu, ayah akan lebih percaya diri saat menggendong buah hati.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan bayi terbaik tipe depan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Momaz

Babywrap Exclusive

Momaz Babywrap Exclusive 1枚目

Menggunakan bahan yang aman dan tidak menyebabkan alergi

2

Mooimom

Casual Hipseat Carrier

Mooimom Casual Hipseat Carrier 1枚目

Eksplorasi dunia luar bersama si kecil dengan tetap tampil kekinian

3

LIL’ BOO

Instant Baby Wrap

LIL’ BOO Instant Baby Wrap 1枚目

Antigerah dengan bahan premium yang breathable

4

Dialogue Baby

Gendongan Hipseat Carrier 9in1 Splendid Series

Dialogue Baby Gendongan Hipseat Carrier 9in1 Splendid Series 1枚目

Sembilan variasi cara menggendong dalam satu produk!

5

Baby Scots

Hipseat 2 Go Animal Series Elephant

Baby Scots Hipseat 2 Go Animal Series Elephant  1枚目

Makin gemas dengan motif gajah yang cute

6

Nana Babycarrier

Maxima

Nana Babycarrier Maxima 1枚目

Dengan bantalan di kedua sisi gendongan, cegah ruam paha

7

malilkids

Stretchy Wrap Basic

malilkids Stretchy Wrap Basic 1枚目

Satu gendongan untuk semua ukuran

8

Snobby

Gendongan Ransel Seri Flamingo M-Shape + Aplikasi Saku Print

Snobby Gendongan Ransel Seri Flamingo M-Shape + Aplikasi Saku Print 1枚目

Gendongan carrier harga ekonomis dengan fitur lengkap di kelasnya

9

Mere et Moi

Half Buckle

Mere et Moi Half Buckle 1枚目

Gendongan tipe sling dengan buckle

10

i-Angel

Miracle

i-Angel Miracle 1枚目

Banyak kantongnya, jadi lebih praktis!

Perincian produk
Close
No.1

MomazBabywrap Exclusive

Mulai dari Rp299.000,00

Menggunakan bahan yang aman dan tidak menyebabkan alergi

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan yang bersifat antibakteri dan tidak menimbulkan alergi

Kekurangan:

  • Proses pemasangan cukup sulit, cukup merepotkan bagi pemula

Kami merekomendasikan produk ini untuk bayi dengan kondisi kulit sensitif. Gendongan bayi ini dibuat dari bahan yang tidak menyebabkan alergi dan juga antibakteri. Selain itu, Anda akan diberikan banyak pilihan warna dan motif yang ekslusif sekaligus menarik. Tambahan lagi, pilihan ukurannya memudahkan Anda menyesuaikan dengan ukuran badan.

No.2

MooimomCasual Hipseat CarrierH90502

Mulai dari Rp399.000,00

Eksplorasi dunia luar bersama si kecil dengan tetap tampil kekinian

Kelebihan:

  • Memiliki bobot yang sangat ringan sehingga tidak membuat bahu pegal
  • Dilengkapi shoulder pad yang sangat empuk

Kekurangan:

  • Warna-warna pastelnya membuat gendongan yang kotor terlihat jelas


Bagi orang tua muda yang ingin tetap tampil kekinian meski sedang menggendong bayi, inilah hipseat terbaik untuk dipilih. Didesain stylish dengan warna-warna menarik, gendongan bayi ini makin menjadikan penampilan Anda terlihat kece! Tidak hanya itu, pemakaian gendongan jadi makin mudah berkat ritsleting panelnya yang mudah dilepas dan dipasang.

No.3

LIL’ BOOInstant Baby Wrap

Mulai dari Rp599.000,00

Antigerah dengan bahan premium yang breathable

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan katun premium sehingga mampu menyerap keringat dan menjadikan sirkulasi udara lancar

Kekurangan:
  • Harga cukup tinggi untuk satu kain gendongan tipe sling

Produk ini merupakan gendongan M-shape terbaik bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan saat menggendong. Produk ini menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, Anda dan bayi tidak akan merasakan kegerahan.


Selain itu, Anda akan diberikan tambahan greeting card saat membeli produk ini. Anda bisa memberikan kado gendongan M-shape dari LIL' BOO ini untuk keluarga atau sahabat yang melahirkan.

No.4

Dialogue BabyGendongan Hipseat Carrier 9in1 Splendid SeriesDGG1026

Mulai dari Rp616.000,00

Sembilan variasi cara menggendong dalam satu produk!

Kelebihan:

  • Menggabungkan tiga tipe gendongan depan sekaligus yang serbaguna untuk berbagai model gendongan

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa material pada dudukan tidak sesuai dengan yang tercantum pada deskripsi produk

Gendongan depan Dialogue Baby ini merupakan produk yang menggabungkan tipe ransel, hipseat, dan gendongan belakang. Produk ini memungkinkan sembilan variasi cara pemakaian sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, pilih produk ini bila Anda ingin gendongan multifungsi dengan berbagai gaya gendongan. Kualitas kainnya pun bagus, lho.

No.5

Baby ScotsHipseat 2 Go Animal Series Elephant B2G1101

Mulai dari Rp429.500,00

Makin gemas dengan motif gajah yang cute

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan yang empuk dan lembut sehingga bayi terasa nyaman

Kekurangan:

  • Gendongan hanya bisa digunakan untuk bayi dengan berat maksimal 12 kg

Produk Baby Scots ini diberi desain yang ceria. Pilihan warnanya cerah serta terdapat kantung berbentuk kepala boneka gajah yang menggemaskan. Produk ini akan menjadi gendongan bayi depan terbaik bagi Anda yang menyukai desain lucu. 


Kombinasi warna cerah dan abu-abu dari produk ini juga sangat matching dengan motif gajah yang cute. Si kecil pasti tampak makin menggemaskan saat berada dalam gendongan bayi ini.

No.6

Nana BabycarrierMaxima

Mulai dari Rp418.950,00

Dengan bantalan di kedua sisi gendongan, cegah ruam paha

Kelebihan:

  • Dilengkapi bantalan paha di kedua sisi gendongan untuk mencegah ruam paha
  • Dilengkapi bantalan tebal di bagian bahu 

Kekurangan:

  • Gendongan belum bisa digunakan untuk bayi baru lahir dengan berat di bawah 3 kilogram

Menggunakan gendongan bayi depan tipe ransel memang berisiko menyebabkan munculnya ruam paha. Karena itu, cegah bayi Anda mengalami hal tersebut dengan menggunakan produk ini. Kedua sisi gendongan dilengkapi bantalan empuk yang nyaman di paha atau lipatan kaki bayi. Bukan hanya bayi, Anda pun akan nyaman menggendong berkat adanya bantalan tebal di bagian bahu.

No.7

malilkidsStretchy Wrap Basic

Mulai dari Rp289.000,00

Satu gendongan untuk semua ukuran

Kelebihan:

  • Tersedia dalam satu ukuran yang bisa dipakai semua orang

Kekurangan:

  • Karena hanya berupa bentangan kain panjang, cukup menyulitkan bagi yang belum terbiasa

Gendongan yang terlalu besar atau kecil tentu membahayakan dan tidak nyaman digunakan. Jika Anda khawatir akan hal tersebut, pilih produk ini. Gendongan bayi ini tidak menawarkan pilihan ukuran khusus, tetapi all-size atau satu ukuran. 


Produk ini berbentuk kain panjang berukuran 4,5 meter dengan lebar 40 cm. Jadi, Anda bisa mengatur dan mengikat gendongan sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing. Tambahan lagi, bahannya yang stretchy dan lembut makin memudahkan proses memasang.

No.8

SnobbyGendongan Ransel Seri Flamingo M-Shape + Aplikasi Saku PrintTPG5242

Mulai dari Rp150.300,00

Gendongan carrier harga ekonomis dengan fitur lengkap di kelasnya

Kelebihan:

  • Harganya sangat terjangkau untuk fitur yang cukup lengkap

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya tidak sebanyak produk lain

Jika Anda mencari rekomendasi gendongan bayi depan tipe ransel dengan harga terjangkau, masukkan produk ini ke keranjang belanja Anda. Meski dijual dengan harga bersahabat, produk ini sudah dilengkapi beberapa fitur yang cukup lengkap.


Produk ini menggunakan kain twill yang lembut serta bahan kaos di bagian dalam yang nyaman untuk bayi. Selain itu, bagian depan produk dilengkapi kantong dan ritsleting untuk mengatur posisi menggendong bayi. Bahkan, berat maksimal gendongan depan Snobby ini hingga 20 kilogram, lho.

No.9

Mere et MoiHalf Buckle

Mulai dari Rp305.000,00

Gendongan tipe sling dengan buckle

Kelebihan:

  • Dilengkapi buckle untuk memudahkan pemakaian

Kekurangan:

  • Gendongan hanya bisa digunakan untuk bayi dengan berat maksimal 12 kg

Terkadang gendongan tipe sling agak sulit dipakai karena harus melilitkan kain di tubuh. Namun, berbeda halnya dengan produk yang sudah direkomendasikan oleh babywearing consultant ini. Produk gabungan tipe SSC dan meh dai ini dilengkapi buckle yang memudahkan Anda mengatur kerekatan gendongan.


Selain itu, Anda akan mendapatkan pouch cantik yang praktis dibawa bepergian. Pilihlah produk berdesain ergonomis ini jika Anda mencari gendongan bayi newborn terbaik untuk kemudahan penggunaan.

No.10

Banyak kantongnya, jadi lebih praktis!

Kelebihan:

  • Keamanan produk sudah terjamin dan telah tersertifikasi oleh IHDI (International Hip Dysplasia Institute)
  • Dilengkapi teething pad pada tali bahu sehingga aman digigiti oleh bayi

Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi, kurang cocok untuk Anda dengan bujet terbatas

Bepergian dengan bayi pastilah merepotkan karena harus membawa banyak barang. Namun, Anda tidak perlu repot lagi jika memilih produk ini. Gendongan bayi ini dilengkapi banyak kantong yang berukuran besar di bagian depan.


Anda bisa mengisinya dengan popok bayi, tisu, atau botol susu yang harus segera dikeluarkan agar bayi tidak rewel. Jika Anda ingin praktis saat bepergian, produk ini merupakan salah satu gendongan SSC terbaik untuk dipertimbangkan.

Baca juga rekomendasi gendongan bayi lainnya di sini

Selain gendongan tipe depan, terdapat gendongan tipe samping yang biasa dijadikan pilihan ibu untuk menggendong bayi. Jika Anda ingin membeli gendongan tipe lainnya, silakan baca referensi produk-produk rekomendasi kami berikut. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel mengenai rekomendasi gendongan bayi tipe depan ini? Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan gendongan bayi terbaik tipe depan.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah gendongan yang bagus bukan hanya stylish. Produknya juga harus mampu memberikan rasa nyaman, baik untuk anak maupun orang tua. Temukanlah gendongan terbaik versi Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer