• 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Gendongan Bayi Terbaik Tipe Depan - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Bagi bayi, berada dalam dekapan dan pelukan ibu akan memberikan rasa nyaman dan tenang. Ibu biasanya menggendong bayi di depan agar si kecil bisa mendengarkan detak jantung ibu yang menenteramkan. Karena itu, ibu membutuhkan gendongan bayi depan untuk mendukung aktivitas mereka.

Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan yang bagus untuk ibu dan buah hati. Merk gendongan bayi, seperti MOOIMOM, Dialogue Baby, Omiland, dan lainnya juga dapat Anda temukan di sini. Nah, untuk melengkapi informasi, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut menuliskan komentarnya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Indah Siauw
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
  • 68.515 Views
Daftar isi

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.


Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familier dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor. Mama Yaya bisa mudah dijumpai melalui akun Instagram-nya atau grup Facebook Belajar Menggendong Community.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan bayi tipe depan

Memilih gendongan bayi itu gampang-gampang susah. Anda harus memperhatikan beberapa elemen penting supaya bisa merasakan kenyamanan saat menggendong buah hati. Begitu juga sebaliknya, Anda perlu memastikan anak merasa nyaman dalam gendongan. Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai apa saja yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli gendongan bayi.

Pilihlah tipe gendongan yang sesuai

Pilihlah tipe gendongan yang sesuai
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tipe gendongan seperti apa yang hendak dibeli. Gendongan bayi tipe depan terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe carrier yang menyerupai ransel, tipe sling, hingga tipe waist pouch. Tiap tipe memiliki fitur khusus dan keunggulan sendiri-sendiri. Mari kita bahas satu per satu ciri khas dari masing-masing tipe tersebut.
Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Untuk gendong depan menghadap penggendong atau front facing in, ada beberapa tipe gendongan yang bisa dicoba. Gendongan tersebut, seperti buckle carrier, sling, wrap, dan Asian style carrier seperti Mehdai


Pilihlah tipe gendongan yang sesuai dengan karakter Anda masing-masing, apakah lebih suka yang praktis atau yang nyaman. Setiap orang tentunya memiliki preferensi berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Gendongan tipe ransel (carrier), mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Gendongan tipe ransel (carrier), mampu mengurangi beban di bahu dan punggung

Gendongan tipe ini dipakai seperti ransel yang disampirkan di kedua bahu. Banyak dari tipe ini yang dirancang agar mampu mendistribusikan berat badan bayi secara merata. Jadi, beban tidak hanya terpusat di bahu serta punggung penggendong. Untuk mencegah bayi terjatuh, ada sabuk dan gesper baik di sisi kanan maupun kiri. 


Namun, kekurangan dari gendongan tipe ini adalah Anda memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk pemakaiannya. Selain itu, karena dirancang untuk kenyamanan maksimal saat menggendong, tipe ini sedikit memakan tempat untuk penyimpanannya.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan tipe carrier terbagi menjadi dua, yaitu full buckle carrier dan half buckle carrier. Gendongan yang banyak dijual di pasaran adalah full buckle carrier. Full buckle carrier sendiri terdiri dari beberapa tipe, seperti wide based carrier, narrow based carrier, dan hipseat.


Namun, Anda tidak dianjurkan untuk memilih gendongan tipe narrow based carrier atau gendongan berpanel sempit untuk anak usia berapa pun. Carilah yang bodi panelnya agak lebar atau dikenal sebagai soft structured carrier (SSC). 


Banyak jenis SSC yang sudah didesain secara ergonomis sehingga nyaman dipakai untuk penggendong dan bayi yang digendong. Menggunakan gendongan yang ergonomis dengan penggunaan yang tepat bisa menghindarkan Anda dari badan pegal ketika menggendong anak.

Gendongan tipe sling (second womb), membuat bayi merasa hangat

Gendongan tipe sling (second womb), membuat bayi merasa hangat

Gedongan tipe sling sering juga disebut second womb alias rahim kedua. Hal ini karena kain gendongan yang melilit bayi membuatnya seperti berada di dalam rahim ibu. Cara memakainya pun mudah, cukup dililitkan di bahu dan badan Anda, lalu bayi tinggal dimasukkan ke dalamnya. 


Ukurannya yang ringkas membuat gendongan ini mudah dibawa ke mana pun. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati saat mengatur posisi tubuh bayi dalam gendongan tipe ini. Anda mungkin perlu membaca tips cara pemakaiannya agar terbiasa.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan tipe sling adalah gendongan yang tumpuannya ada di satu bahu. Gendongan yang ada pada gambar di atas adalah gendongan tipe wrap. Gendongan tipe wrap dapat dibagi lagi menjadi stretchy wrap dan woven wrap


Baik tipe sling maupun wrap, keduanya adalah gendongan yang dapat menyesuaikan lekuk tubuh penggendong dan anak yang digendong. Hasilnya, gendongan jadi terasa lebih memeluk dan lebih erat dibandingkan gendongan tipe carrier. Gendongan tipe ini dapat dikatakan sebagai gendongan yang paling nyaman. Meskipun begitu, Anda membutuhkan teknik dan latihan untuk bisa menggunakan gendongan ini.

Gendongan tipe tas pinggang (waist pouch), sangat sempurna untuk bayi yang aktif

Gendongan tipe tas pinggang (waist pouch), sangat sempurna untuk bayi yang aktif
Gendongan tipe waist pouch berbentuk seperti tas pinggang yang dirancang dengan dudukan untuk anak. Anda hanya perlu memakainya di pinggang layaknya memakai tas pinggang. Tentu saja gendongan tipe ini lebih dianjurkan untuk anak yang sudah cukup besar. Namun, karena membutuhkan penopang, gendongan tipe ini tidak cocok untuk Anda yang ingin beraktivitas dengan kedua tangan sambil tetap menggendong.
Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan seperti ini masuk dalam kategori gendongan hipseat. Meskipun bentuknya seperti gendongan, hipseat sebenarnya bukanlah sebuah gendongan. Hipseat hanyalah alat bantu untuk mendudukkan anak di pinggang kita.


Alat bantu ini hanya bisa digunakan dalam durasi yang sangat singkat dan untuk anak yang sudah memiliki torso kuat dan stabil. Ketika menggunakan hipseat ini, tangan penggendong tidak boleh lepas karena anak bisa terjatuh. Hipseat bisa digunakan untuk anak yang sudah aktif berjalan sehingga memudahkannya naik turun gendongan.

Pilihlah gendongan yang fungsional dan perhatikan kualitasnya!

Pilihlah gendongan yang fungsional dan perhatikan kualitasnya!

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli gendongan bayi tipe depan, fokuslah pada fungsi dasar produk. Karena akan digunakan untuk menggendong bayi yang sangat Anda sayangi, pilihlah produk yang tepat. Jangan lupa meminta arahan atau rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman berserta ulasan dari para ibu lainnya.


Jika ingin langsung dipakai setelah bayi baru lahir, periksalah apakah produk tersebut dapat digunakan. Pasalnya, ada produk yang tidak bisa dipakai untuk bayi yang belum bisa duduk. Perhatikan juga gaya menggendong tiap produk jika Anda ingin melakukannya dengan leluasa sambil tetap mengerjakan pekerjaan rumah.


Saat bayi terus menangis, terkadang tangisnya bisa berhenti hanya dengan mengubah gaya dan posisi menggendong. Karena itu, pertimbangkan juga untuk memilih gendongan yang bisa digunakan untuk berbagai gaya menggendong. Tetaplah berfokus pada fungsi dasar produk saat akan membeli gendongan tipe depan ini.


Jika Anda hendak membeli gendongan kedua, pertimbangkanlah untuk memilih produk yang memiliki sirkulasi udara lebih baik. Jika gendongan pertama Anda adalah tipe carrier, Anda bisa mempertimbangkan tipe sling untuk gendongan kedua. Dengan demikian, pemakaiannya bisa dibedakan sesuai kebutuhan.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Memilih gendongan yang sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah. Meskipun begitu, memilih gendongan sesuai dengan kebutuhan adalah hal dasar yang wajib Anda perhatikan. Saat memilih, pertimbangkan bujet, usia anak, dan aktivitas apa yang sering Anda lakukan. 


Tipe gendongan yang paling multifungsi adalah gendongan woven wrap. Woven wrap bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir hingga anak usia pre-school atau bahkan lebih. Selain itu, woven wrap bisa digunakan sebagai pengganti selimut, nursing cover, dan lainnya. Dengan satu lembar woven wrap, Anda juga bisa menggendong anak dengan berbagai macam teknik. 


Nah, jika Anda membutuhkan gendongan yang praktis, cepat dipakai, dan bisa bergantian dengan pasangan, pilihlah buckle carrier. Gendongan ini juga cocok untuk digunakan jalan-jalan.

Pastikan bahannya memiliki sirkulasi udara yang baik

Pastikan bahannya memiliki sirkulasi udara yang baik
Jika kain gendongan yang menutupi tubuh bayi makin lebar, tubuh bayi tentunya makin hangat. Untuk bayi yang mudah berkeringat meskipun cuaca sedang tidak panas, banyak produsen yang menciptakan gendongan dengan bahan bersirkulasi udara baik.

Bahan seperti mesh dikenal adem dan dapat menyerap keringat. Saat cuaca sedang panas, pilihlah produk yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hal ini karena ada kekhawatiran akan serangan jantung jika memakai gendongan berbahan panas pada cuaca yang panas.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Memeluk bayi saja sudah bisa membuat tubuh ibu dan bayi berkeringat, apalagi dalam durasi yang lama. Terkadang, ada orang tua yang menggunakan gendongan berbahan panas atau memakaikan bayi baju panjang saat digendong.


Jika hal tersebut dilakukan, orang tua dan anak malah akan trauma menggendong atau digendong. Karena itu, pilih bahan gendongan yang terbuat dari 100% katun, campuran dengan linen, atau mesh. Selain itu, jangan pakaikan anak baju yang berlebihan ketika akan digendong.

Carilah desain yang cocok juga digunakan oleh ayah

Carilah desain yang cocok juga digunakan oleh ayah
Anda belum memiliki gambaran baik soal warna maupun desain gendongan yang ingin dimiliki? Pilih saja gendongan yang bisa dipakai oleh ibu dan ayah. Memilih gendongan yang bisa dipakai berdua tentu akan menjadi saat-saat diskusi yang menyenangkan.

Gendongan memang hanya sebuah alat. Namun, jika Anda memilih desain dan warna yang disukai, tentu membuat Anda lebih bersemangat mengenakannya. Pelukan adalah salah satu hal yang mampu menimbulkan kedekatan antara anak dan orang tua. Jika Anda melakukannya seorang diri, seharian penuh tentu akan melelahkan. 


Banyak produk yang memberikan pernyataan bahwa gendongan tipe depan dapat melekatkan kedekatan dengan orang tua. Meskipun melelahkan, Anda akan merasa bahagia karena ada buah hati yang Anda cintai.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Semua tipe gendongan sebaiknya harus cocok digunakan oleh ayah. Ayah biasanya menyukai desain yang lebih simpel, warna netral, dan tidak bermotif. Hal ini tentu bukan masalah yang serius. Jika ibu ingin menggendong bergantian dengan pasangan, ajaklah ayah untuk memilih warna gendongannya. Dengan begitu, ayah akan lebih percaya diri saat menggendong buah hati.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik tipe depan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan bayi terbaik tipe depan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.

10

AinomiBaby Carrier Waist Stool Walkers

Mulai dari Rp 94.369,00

TargetUntuk bayi usia 3-18 bulan, hingga berat 18 kg
TipeTas pinggang (waist pouch)
BahanKatun, poliester
WarnaUngu, biru tua, merah maroon, krem, oranye
9
TargetBayi baru lahir hingga balita
TipeTipe sling (second womb)
BahanKatun
WarnaHitam, abu-abu, pear, pasific dll
8

OmilandGendongan Hipseat 6 in 1 Forest Series (LC)

OBG6202

Mulai dari Rp 209.000,00

TargetUsia 3-24 bulan, hingga 15 kg
TipeTipe ransel (carrier), tas pinggang (waist pouch), hipseat
Bahan Kain printing, kain micro, kulit sintetis
WarnaPink, biru, hijau
7
TargetUntuk usia 0-36 bulan berat 0-20 kg
TipeTipe ransel (carrier)
BahanKatun
WarnaBiru, hitam
6
TargetUntuk bayi berat 3-20 kg
TipeTipe ransel (carrier)
BahanKatun
WarnaNavy, biru, abu-abu, hitam
5
TargetUntuk bayi usia 7 bulan berat 7,5 kg hingga 5 tahun berat 20 kg
TipeTipe ransel (carrier)
BahanTidak ada keterangan
WarnaHitam, kuning, merah, hijau
4

DialogueGendongan Bayi Hipseat Milky Series

DGG4136

Mulai dari Rp 306.000,00

TargetTidak ada keterangan
TipeTipe ransel (carrier)
BahanKain TR, katun minyak, double mesh
WarnaMaroon, hijau
3
TargetTidak ada keterangan
TipeTipe sling (second womb)
BahanPerformance athletic mesh
WarnaHitam, abu-abu, ungu, merah, peach, biru
2
TargetUntuk bayi baru lahir hingga berat 15 kg
TipeTipe sling (second womb)
Bahan Rayon spandeks
WarnaKuning, maroon, pelangi, coklat tua, hijau tua, hitam, tosca, dll
1

MooimomCasual Hipseat Carrier

H90502

Mulai dari Rp 399.000,00

TargetUntuk bayi usia 3-36 bulan hingga bayi berat 20 kg
TipeTipe ransel (carrier)
BahanPoliester
WarnaTosca, merah muda, abu-abu

Tabel perbandingan produk gendongan bayi terbaik tipe depan

Gambar produk
1
Mooimom Casual Hipseat Carrier 1

Mooimom

2
Hanaroo Babywrap Polos 1

Hanaroo

3
CuddleMe AirSling 1

CuddleMe

4
Dialogue Gendongan Bayi Hipseat Milky Series  1

Dialogue

5
Bobita Carrier Gen 2 1

Bobita

6
Boba Classic 4GS 1

Boba

7
I-Angel Miracle Baby Carrier 1

I-Angel

8
Omiland Gendongan Hipseat 6 in 1 Forest Series (LC) 1

Omiland

9
MOBY Wrap Classic 1

MOBY

10
Ainomi Baby Carrier Waist Stool Walkers 1

Ainomi

Nama produk

Casual Hipseat Carrier

Babywrap Polos

AirSling

Gendongan Bayi Hipseat Milky Series

Carrier Gen 2

Classic 4GS

Miracle Baby Carrier

Gendongan Hipseat 6 in 1 Forest Series (LC)

Wrap Classic

Baby Carrier Waist Stool Walkers

Keunggulan

Yuk, eksplor dunia luar bersama si kecil dengan tetap tampil kekinian

Gendongan model kangaroo yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir

Tetap aman main air bareng si kecil di kolam renang!

Kombinasi bahannya bikin nyaman saat menggendong!

Dilengkapi 3-point lock system untuk menjamin rasa aman saat menggendong bayi

Mudah dipakai dan infant-friendly

Banyak kantongnya! Jadi lebih praktis

Enam variasi cara mengendong dalam satu produk!

Bahan 100% katun, lebih lembut dan tahan lama!

Dekap buah hati di pangkuan Anda dan eksplor keingintahuannya!

Harga mulai dariRp 399.000,00Rp 192.500,00Rp 80.000,00Rp 306.000,00Rp 575.000,00Rp 1.460.000,00Rp 3.000.000,00Rp 209.000,00Rp 525.000,00Rp 94.369,00
TargetUntuk bayi usia 3-36 bulan hingga bayi berat 20 kgUntuk bayi baru lahir hingga berat 15 kgTidak ada keteranganTidak ada keteranganUntuk bayi usia 7 bulan berat 7,5 kg hingga 5 tahun berat 20 kgUntuk bayi berat 3-20 kgUntuk usia 0-36 bulan berat 0-20 kgUsia 3-24 bulan, hingga 15 kgBayi baru lahir hingga balitaUntuk bayi usia 3-18 bulan, hingga berat 18 kg
TipeTipe ransel (carrier)Tipe sling (second womb)Tipe sling (second womb)Tipe ransel (carrier)Tipe ransel (carrier)Tipe ransel (carrier)Tipe ransel (carrier)Tipe ransel (carrier), tas pinggang (waist pouch), hipseatTipe sling (second womb)Tas pinggang (waist pouch)
BahanPoliesterRayon spandeksPerformance athletic meshKain TR, katun minyak, double meshTidak ada keteranganKatunKatunKain printing, kain micro, kulit sintetisKatunKatun, poliester
WarnaTosca, merah muda, abu-abuKuning, maroon, pelangi, coklat tua, hijau tua, hitam, tosca, dllHitam, abu-abu, ungu, merah, peach, biruMaroon, hijauHitam, kuning, merah, hijauNavy, biru, abu-abu, hitamBiru, hitamPink, biru, hijauHitam, abu-abu, pear, pasific dllUngu, biru tua, merah maroon, krem, oranye
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk gendongan bayi lainnya di sini

Selain gendongan tipe depan, terdapat juga gendongan tipe samping yang biasa dijadikan pilihan ibu untuk menggendong si buah hati. Gendongan tipe samping memang sangat cocok digunakan untuk bayi baru lahir. Jika Anda ingin membeli gendongan tipe lainnya, sebaiknya Anda membaca referensi produk-produk rekomendasi kami berikut ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel mengenai rekomendasi gendongan bayi tipe depan ini? Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang mencari gendongan untuk pertama kali atau untuk kesekian kalinya.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah gendongan yang baik bukan hanya stylish, melainkan juga yang mampu memberikan rasa nyaman baik untuk anak maupun orang tua. Temukanlah gendongan terbaik versi Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    253.115 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    336.745 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    173.652 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    311.552 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    189.106 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    81.142 Views
  • 10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stroller Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Stroller pad membuat bayi Anda lebih nyaman saat berada di dalam kereta dorong bayi (stroller). Stroller pad juga menjaga agar stroller tidak mudah kotor. Bahan stroller pad saat ini pun dirancang inovatif yang mampu melancarkan sirkulasi udara hingga menyeimbangkan suhu. Jadi, bayi Anda tetap merasa sejuk meskipun cuaca sedang panas!Jika Anda masih bingung, artikel ini akan membantu Anda memilih stroller pad terbaik. Anda dapat menemukan produk dari merek unggulan, seperti Aprica, Mamaway, dan lainnya. Mari menemukan stroller pad yang fungsional dan berkualitas sehingga bayi Anda nyaman dan ceria!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    14.909 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori