10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sabun pepaya yang populer di negara-negara seperti Filipina dan Thailand, terkenal karena mampu memberikan efek memutihkan kulit. Di Indonesia sendiri, telah banyak merek sabun pepaya yang beredar di pasaran, seperti Bathaholic, Metal Fortis, Mustika Ratu, dan lainnya dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Namun, tahukah Anda cara menentukan sabun pepaya yang cocok bagi kulit Anda? Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sabun pepaya dan tidak lupa kami juga akan merekomendasikan produk terbaik sebagai referensi. Mari dapatkan kulit cantik dan putih dengan memakai sabun pepaya yang tepat!

Daftar isi

Manfaat sabun pepaya untuk memutihkan kulit

Manfaat sabun pepaya untuk memutihkan kulit

Pepaya mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah enzim papain. Enzim papain merupakan enzim proteolitik alami yang diperoleh dari ekstrak buah pepaya dan digunakan juga pada bahan kimia untuk perawatan kulit. Enzim papain memiliki fungsi untuk menekan aktivitas radikal bebas yang disebabkan oleh ultraviolet dan bahan kosmetik. Selain itu, karena enzim papain memiliki kemampuan untuk menguraikan protein, mengatasi komedo, dan kulit mati, penggunaan produk yang mengandung enzim papain diharapkan mampu memperbaiki kondisi kulit dan menjadikannya lebih cerah.

Enzim papain juga memiliki kemampuan membersihkan yang tinggi sehingga dapat menghilangkan sebum berlebih dan membantu pergantian kulit. Jadi, enzim papain tidak hanya efektif untuk perawatan kulit sehari-hari, tetapi juga untuk mengatasi jerawat dan komedo. Enzim papain juga memiliki efek anti-inflamasi yang berfungsi menekan peradangan kulit akibat sengatan matahari. Selain itu, enzim ini bekerja menekan aktivitas enzim tirosinase yang mengakibatkan terbentuknya melanin penyebab kulit gelap sehingga dapat mencegah terjadinya bintik dan noda hitam.

Jadi, sabun pepaya yang dapat mencegah peradangan dan memberikan efek pemutihan sangat tepat digunakan terutama saat matahari sedang bersinar terik.

Cara memilih sabun pepaya

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan empat poin dalam memilih sabun pepaya agar Anda dapat merasakan manfaat enzim papain dengan maksimal. Yuk, disimak!

Periksa metode pengolahan pepaya yang digunakan

Periksa metode pengolahan pepaya yang digunakan

Sabun pepaya dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis sabun yang dicampur dengan bubuk enzim papain yang telah diekstrak dan dikeringkan, serta jenis sabun yang ditambahkan dengan jus dari pepaya segar yang dibuat menggunakan mixer atau sejenisnya.

Sabun yang menggunakan bubuk enzim papain dapat terus diproduksi tanpa perlu mengkhawatirkan tempat pembuatan dan masa panen. Bubuk enzim papain juga banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik alami. Namun, karena bubuk enzim papain tidak diproduksi sendiri oleh masing-masing produsen sabun pepaya, produk yang beredar di pasaran bisa memiliki kandungan yang berbeda tergantung produsennya. Bahkan, pada produk yang sama sekalipun, bisa saja muncul sedikit perbedaan warna, aroma, atau hal lainnya.

Di sisi lain, menggunakan jus segar dari pepaya asli akan sangat menguntungkan karena Anda bisa memperoleh enzim papain segar dengan pemrosesan lebih sedikit dan menggabungkan lebih banyak bahan pepaya alami. Namun, kelemahannya adalah sabun pepaya tersebut hanya dapat diproduksi di wilayahnya dihasilkan. Hal ini tentu akan membutuhkan lebih banyak biaya, waktu, dan tenaga yang berakibat pada naiknya harga produk yang akan Anda beli.

Terlepas dari metode pemrosesannya, manfaat enzim papain tetap bisa diperoleh dari kedua jenis sabun ini. Namun, hal yang perlu Anda ingat dan perhatikan adalah efek enzim papain akan hilang jika dipanaskan. Jadi, penting untuk memilih produk yang tidak melibatkan panas selama proses pembuatannya.

Periksa apakah bahannya berkualitas tinggi dan diperoleh secara alami

Periksa apakah bahannya berkualitas tinggi dan diperoleh secara alami

Sabun pepaya digunakan agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari enzim papain. Namun, tentunya Anda ingin menggunakan produk sabun pepaya berkualitas yang terbuat dari bahan-bahan alami serta lembut bagi kulit. Untuk itu, Anda dapat memeriksa kandungan bahan beserta zat aditif yang digunakan pada produk sabun tersebut di label kemasannya.

Untuk bahan dasar sabun, pilihlah produk yang dibuat dengan metode produksi tradisional menggunakan lemak hewani atau nabati dan soda kaustik ketimbang produk yang menggunakan surfaktan sintetik seperti SLS (sodium lauryl sulfate). Penggunaan bahan dasar tradisional akan lebih lembut untuk kulit Anda dan tidak berdampak buruk pada lingkungan.

Pilihlah produk yang banyak mengandung bahan alami tanpa zat aditif seperti pewarna atau wewangian sintetis, serta menyertakan dengan jelas keterangan asal bahan dan pabrik manufakturnya. Dengan begitu, sebagai konsumen Anda juga dapat mendukung produsen yang berkontribusi terhadap masyarakat dan ramah lingkungan dengan membeli dan memakai produknya.

Pilih berdasarkan metode pembuatan sabun

Pilih berdasarkan metode pembuatan sabun

Sabun pepaya mengandung banyak enzim papain, tetapi metode seperti apa yang digunakan dalam pembuatannya? Metode pembuatan sabun umumnya dibagi menjadi dua, yaitu metode netralisasi dan metode saponifikasi.

Keunggulan dari metode netralisasi adalah memungkinkan produksi massal sehingga dapat didistribusikan dalam jumlah besar dan mudah dibeli di supermarket. Dengan begitu, biaya produksinya akan berkurang sehingga harga jual produknya pun lebih murah. Di sisi lain, kerugiannya adalah banyaknya bahan sintetis yang digunakan agar bisa memudahkan produksi massal ini yang pada akhirnya berisiko menyebabkan dampak negatif pada lingkungan.

Kemudian, metode saponifikasi bisa dibagi lagi menjadi dua kategori. Pertama adalah hot process yang memanfaatkan reaksi kimia hasil dari pemberian panas saat proses pengadukan lemak dan alkali. Sementara itu, cold process diproduksi hanya dengan memanfaatkan panas hasil reaksi tanpa adanya pemanasan tambahan. Sebagian besar sabun pepaya dibuat dengan cold process tanpa penambahan panas dari luar sehingga aktivitas enzim tidak hilang.

Keuntungan dari proses saponifikasi adalah sabun dibuat dengan telaten satu demi satu sehingga produknya berkualitas bagus dengan sangat memperhatikan bahan baku dan metode pembuatan. Akan tetapi, karena jumlah yang dihasilkan juga terbatas, kelemahannya adalah produk semacam ini biasanya berharga lebih mahal. Selain itu, sayangnya di Indonesia sendiri kebanyakan produk yang beredar tidak memberikan informasi mengenai metode pembuatan sabun ini.

Periksa jenis pewangi yang digunakan

Periksa jenis pewangi yang digunakan

Aroma merupakan salah satu kenikmatan saat menggunakan sabun. Di antara berbagai sabun pepaya yang tersedia di pasaran, ada yang hanya memanfaatkan bahan dasar sabun sebagai pewanginya. Akan tetapi, ada juga yang menambahkan pewangi sintetis karena bubuk enzim papain hanya memiliki aroma yang samar. Pada sabun yang diberi pewangi sintetis, mungkin akan terasa terlalu menusuk bagi sebagian orang akibat banyaknya jumlah pewangi yang ditambahkan.

Di sisi lain, ada juga produk bebas zat aditif yang sengaja tidak menggunakan pewangi sintetis dan hanya menambahkan campuran minyak esensial yang diekstrak dari tumbuhan. Jadi, sebaiknya periksa jugalah kandungan bahan pewangi pada sabun pepaya yang akan Anda beli. Bila pada produk tidak tercantum, Anda bisa membacanya melalui review pengguna karena informasi mengenai aroma ini juga jarang dituliskan dengan spesifik pada produk.

10 Rekomendasi sabun pepaya terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh daftar rekomendasi produk sabun pepaya berdasarkan cost & performance-nya yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Pilih yang paling cocok untuk Anda!

10. Thai Papaya Lightening Soap

10. Thai Papaya Lightening Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.500

Penggunaan bahan-bahan berkhasiat untuk kesehatan kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kasar, mungkin Anda dapat mencoba Thai Papaya Lightening Soap sebagai sabun harian Anda. Produk dengan kandungan ekstrak pepaya ini diformulasikan untuk melembutkan dan menghaluskan kulit yang kasar, sekaligus memberikan efek pencerah.

Sabun pepaya ini juga telah terdaftar secara resmi pada BPOM sehingga itu berarti kandungan bahannya telah terbukti aman untuk penggunaan sehari-hari. Selain aman, produk ini juga mengandung bahan-bahan berkhasiat yang sangat baik untuk kulit.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Coconut oil, castor oil, glycerin, pearl powder carica papaya extract
Berat  50 gr dan 130 gr

9. Jinzu Papaya Brightening Soap

9. Jinzu Papaya Brightening Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.900

Kandungan arbutin untuk mendapatkan efek kulit putih yang lebih cepat

Penggunaan pepaya yang diekstrak secara alami menjadikan Jinzu Papaya Brightening Soap memiliki kandungan vitamin, enzim papain, dan mineral yang sempurna tanpa pengurangan. Karena ekstrak pepayanya alami, sabun ini lebih cepat diserap oleh kulit sehingga mampu memperlihatkan hasil lebih cepat.

Sabun pepaya ini juga diperkaya dengan arbutin yang secara aktif mampu mencerahkan kulit sehingga akan memberikan tampilan kulit yang lebih putih dengan cepat. Gunakan produk ini secara teratur 3 kali sehari selama beberapa menit sebelum dibilas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Coconut oil, castor oil, glycerin, carica papaya extract, arbutin
Berat 120 gr

8. Asantee Papaya & Honey Soap

8. Asantee Papaya & Honey Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.900

Cegah penuaan pada kulit dengan penggunaan sabun ini!

Asantee Papaya & Honey Soap merupakan sabun herbal yang berasal dari Thailand yang mampu mengurangi noda hitam pada kulit dan efektif sebagai anti-aging dengan penggunaan teratur. Jadi, bagi Anda yang ingin selalu terlihat awet muda, produk ini merupakan pilihan yang tepat!

Penggunaan ekstrak pepaya yang dicampur dengan madu menghasilkan sabun yang dapat merawat sekaligus mencerahkan kulit. Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E dan C, AHA, dan antioksidan sehingga mampu menghalau pertumbuhan jerawat, melembutkan, dan menjaga kesehatan kulit.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Ekstrak pepaya, madu, vitamin E, vitamin C, Q10, AHA collagen
Berat 125 gr

7. Wings Giv White Beauty Soap Papaya

7. Wings Giv White Beauty Soap Papaya

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.000

Diperkaya dengan moisture white untuk memutihkan kulit

Giv White Beauty Soap Papaya kaya akan enzim papain yang efektif untuk mengeksfoliasi kulit sehingga sel-sel kulit mati dapat terangkat secara sempurna. Selain itu, produk ini juga mengandung moisture white sehingga dapat mencerahkan dan memutihkan kulit Anda.

Penggunaan sabun pepaya ini secara teratur akan menjadikan kulit Anda lebih halus, cerah, dan mengurangi tampilan noda hitam pada kulit. Jadi, bagi Anda yang ingin meratakan warna kulit dengan budget terbatas, produk ini sangat layak untuk dicoba!

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Vitamin A, vitamin C, vitamin E, ekstrak pepaya
Berat 80 gr

6. Mustika Ratu Papaya Body Soap

6. Mustika Ratu Papaya Body Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Produk lokal berkualitas untuk menjaga kecerahan dan kelembutan kulit Anda

Bila Anda mencintai produk asli Indonesia, tetapi tidak ingin mengesampingkan kualitas, produk ini pas untuk Anda. Terkenal dengan penggunaan bahan alaminya, Mustika Ratu Papaya Body Soap memanfaatkan ekstrak buah pepaya untuk menghasilkan sabun berkualitas yang mampu membersihkan sekaligus mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin E yang kaya antioksidan pada produk ini efektif untuk menjaga kelembutan kulit dan menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit. Di sisi lain, vitamin C-nya efektif untuk merangsang pembentukan kolagen, menyehatkan, dan menekan produksi melanin pada kulit Anda.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Ekstrak pepaya, vitamin C, vitamin E
Berat 85 gr

5. Dr.Pure Beauty Brightening Soap Papaya

5. Dr.Pure Beauty Brightening Soap Papaya

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.400

Kombinasi berbagai vitamin dan arbutin untuk efek memutihkan yang menyeluruh

Bagi Anda yang ingin memutihkan kulit secara menyeluruh, Anda bisa mencoba Dr.Pure Beauty Brightening Soap Papaya ini! Selain menggunakan ekstrak pepaya sebagai bahan baku utamanya, produk ini juga dilengkapi dengan arbutin yang merupakan bahan pemutih kulit.

Sabun pepaya yang diformulasikan di Malaysia ini juga efektif untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menumpuk pada kulit sehingga menjadikan kulit nampak cerah. Diperkaya dengan vitamin A, C, dan E, produk ini mampu menutrisi kulit sehingga membuatnya terlihat lebih sehat, segar, dan halus.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Coconut oil, glycerin, ekstrak pepaya, vitamin A, vitamin C, vitamin E, arbutin
Berat 80 gr

4. RDL Papaya Brightening Soap

4. RDL Papaya Brightening Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.700

Diperkaya dengan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari

RDL Papaya Brightening Soap merupakan sabun produksi Filipina yang telah memiliki sertifikasi BPOM sehingga terjamin keamanan penggunaannya. Sabun ini diproduksi dengan menggunakan pepaya berkualitas yang diformulasikan secara khusus sehingga menghasilkan sabun yang mampu memutihkan kulit Anda.

Sabun pepaya ini juga kaya akan vitamin A, C, dan E sehingga efektif untuk membuat kulit terlihat lebih muda. Selain itu, produk ini juga mengandung sunscreen yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari sehingga cocok digunakan untuk Anda yang sering berkegiatan di luar ruangan.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Ekstrak pepaya, vitamin A, vitamin C, vitamin E
Berat 90 gr dan 135 gr

3. Metal Fortis Papaya Transparent Soap

3. Metal Fortis Papaya Transparent Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Berikan kelembapan ekstra pada kulit Anda

Penggunaan ekstrak pepaya alami dan vitamin E pada Metal Fortis Papaya Transparent Soap menghasilkan sabun yang mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Produk ini juga diperkaya dengan bahan pelembap yang mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda sehingga sangat tepat untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Selain itu, sabun pepaya ini menghasilkan busa yang melimpah sehingga memiliki efek pembersihan yang lebih sempurna. Penggunaan setiap hari produk yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit ini dapat menjadikan kulit Anda lebih lembut, halus, bersih, dan segar.

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Coconut oil, glycerin, vitamin E, ekstrak pepaya
Berat 85 gr

2. Nubian Heritage Coconut & Papaya Bar Soap

2. Nubian Heritage Coconut & Papaya Bar Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Penggunaan bahan organik bersertifikat untuk semua jenis kulit

Nubian Heritage Coconut & Papaya Soap Bar menggunakan bahan-bahan organik bersertifikat sehingga aman digunakan semua jenis kulit, mulai dari normal, berminyak, kering, kombinasi hingga kulit yang mengalami penuaan. Jadi, bila Anda ingin merasakan sabun pepaya alami yang cocok untuk semua jenis kulit, produk ini adalah jawabannya!

Tidak hanya mengandung ekstrak pepaya, tetapi juga terdapat shea butter dan coconut oil untuk semakin melembapkan dan menyehatkan kulit Anda. Shea butter dikenal akan fungsinya sebagai pelindung kulit dari sinar UV dan bakteri. Jadi, sudah mencerahkan kulit, sabun ini pun mampu memberikan perawatan dan perlindungan ekstra!

Metode pengolahan pepaya Ekstrak bubuk pepaya
Kandungan bahan Shea butter, coconut oil, sunflower seed oil, papaya fruit extract, dll
Berat 141 gr

1. Bathaholic Natural Soap Papaya Smoothies

1. Bathaholic Natural Soap Papaya Smoothies

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Sabun pepaya tanpa kandungan bahan aditif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penggunaan Bathaholic Natural Soap Papaya Smoothies bisa menjadi pilihan! Produk ini memanfaatkan buah pepaya segar sehingga mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, serta mencerahkan kulit.

Selain itu, sabun pepaya ini tidak menggunakan bahan-bahan aditif yang berbahaya seperti SLS, SLES, paraben, mineral oils, dan detergen sehingga aman digunakan sehari-hari. Produk ini juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas penyebab penuaan pada kulit sehingga kulit Anda akan tampak lebih muda.

Metode pengolahan pepaya Papaya juice
Kandungan bahan Palm oil, coconut oil, castor oil, grape seed oil, sunflower oil, ekstrak pepaya
Berat 142 gr

Baca juga rekomendasi sabun alami lainnya dengan berbagai manfaat kecantikan di sini!

Selain sabun pepaya, ada banyak sabun alami lain yang juga memiliki manfaat kecantikan untuk kulit. Simak juga artikel di bawah ini yang memperkenalkan beberapa jenis sabun alami, seperti sabun madu dan sabun zaitun!

Kesimpulan

Selain memiliki efek memutihkan, ternyata sabun pepaya juga mengandung banyak vitamin yang sangat baik bagi kulit, seperti untuk mencegah penuaan, melembutkan, dan menyehatkan kulit. Namun, Anda harus memastikan bahwa sabun pepaya pilihan Anda tidak mengandung banyak zat aditif agar mampu memberi manfaat maksimal.

Semoga artikel kami kali ini bermanfaat bagi Anda. Dapatkan kulit yang senantiasa cerah, sehat, dan awet muda dengan penggunaan sabun pepaya yang tepat secara teratur!