1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kepopuleran sabun pepaya dalam membantu mencerahkan kulit berawal dari negara Filipina dan Thailand. Lama-kelamaan kepopulerannya menembus ke Indonesia. Di pasaran pun mulai bermunculan merek sabun pepaya yang bagus. Anda bisa menemukan merek RDL, Bathaholic, Mustika Ratu, dan masih banyak lagi.

Namun, sudah tahukah Anda cara memilih sabun pepaya yang cocok untuk kulit? Jika belum mengetahui, simaklah tips memilih sabun pepaya dalam artikel ini. Kami pun akan merekomendasikan produk sabun pepaya terbaik untuk Anda. Silakan baca sampai tuntas untuk memahami informasi secara menyeluruh.
Diperbaharui 07-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa saja manfaat sabun pepaya?

Apa saja manfaat sabun pepaya?

Sabun pepaya dibuat dari ekstrak buah pepaya. Karena itulah, sabun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E. Selain itu, sabun pepaya juga mengandung enzim papain. Kandungan dalam sabun pepaya tersebut bermanfaat bagi kulit. Lantas, apa saja manfaat sabun pepaya bagi kulit?


  • Membantu mencerahkan kulit: Sabun pepaya dapat meminimalkan produksi melanin yang menyebabkan kulit gelap. Dengan kata lain, penggunaan sabun pepaya bisa membantu mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit.

  • Membantu eksfoliasi kulit: Kandungan enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Alhasil, sel kulit mati pun akan terangkat sehingga kulit akan terasa lebih sehat dan fresh.

  • Meremajakan kulit: Kandungan vitamin E dan C dalam sabun pepaya dapat membantu meremajakan kulit. Hal ini karena kandungan tersebut mampu mengurangi kerutan sekaligus menghaluskan kulit.

  • Meredakan nyeri akibat gigitan serangga: Enzim papain dalam sabun pepaya dapat memecah racun dari gigitan serangga. Dengan menggunakan sabun pepaya, lalu membilasnya, rasa nyeri akibat gigitan serangga dapat berkurang.

  • Merawat kulit wajah: Sabun pepaya juga efektif merawat kulit wajah. Sabun pepaya dapat mengatasi jerawat, komedo, hingga mencegah munculnya bintik hitam di wajah.

Cara memilih sabun pepaya

Setelah membahas manfaatnya, kami akan memaparkan cara memilih sabun pepaya terbaik. Cara memilih ini dapat Anda jadikan sebagai panduan agar tidak salah pilih. Silakan Anda simak penjelasan berikut dengan saksama!

① Pilih jenis sabun berdasarkan pengolahan pepaya

Pilih jenis sabun berdasarkan pengolahan pepaya

Sabun pepaya pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan pengolahan pepaya. Setiap jenis sabun tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Anda harus mengenali setiap jenis sabun sebelum memutuskan untuk menggunakannya.


  • Dengan bubuk enzim papain: Sabun yang dibuat dengan bubuk enzim papain dapat terus diproduksi tanpa khawatir dengan masa panen. Bubuk enzim papain yang ada di pasaran memiliki kandungan, aroma, dan warna berbeda karena dibuat oleh produsen yang berbeda-beda. Hal ini tentu berpengaruh terhadap sabun pepaya.

  • Dengan jus pepaya segar: Memanfaatkan jus pepaya segar menjadikan sabun lebih alami. Pengolahan sabun berbahan dasar jus pepaya juga lebih cepat. Kendala yang ditemui adalah harus menunggu masa panen. Selain itu, tidak semua wilayah memiliki persediaan pepaya dalam jumlah banyak sehingga proses pembuatan membutuhkan waktu yang lebih lama.

② Cek kandungan bahan pada sabun pepaya

Cek kandungan bahan pada sabun pepaya

Anda tentu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari sabun pepaya. Oleh karena itu, Anda harus mengenali kandungan bahan pada sabun pepaya. Alangkah lebih baik jika Anda memilih sabun berbahan alami. Selain itu, Anda harus menghindari sabun yang mengandung zat aditif.


  • Pilih yang berbahan alami: Ada baiknya Anda memilih sabun pepaya yang terbuat dari bahan alami. Bahan tersebut berupa jus pepaya yang dipadukan dengan lemak hewani atau nabati. Sabun pepaya berbahan alami terasa lebih lembut di kulit. Sabun pepaya alami juga lebih ramah lingkungan.

  • Hindari yang mengandung zat aditif: Anda juga harus memastikan bahwa sabun pepaya pilihan Anda bebas dari zat aditif. Zat aditif pada sabun biasanya berupa pewarna dan pewangi sintetis. Sabun dengan zat aditif tentu dapat merusak kulit dan lingkungan.

③ Ketahui metode pembuatan sabun pepaya

Ketahui metode pembuatan sabun pepaya

Metode pembuatan sabun pepaya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu netralisasi dan saponifikasi. Setiap metode tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Perhatikan penjelasan lengkapnya berikut.


  • Netralisasi
Keunggulan pengolahan sabun dengan metode netralisasi adalah memungkinkan produksi massal. Dengan begitu, biaya produksi dapat berkurang sehingga harganya jual produk lebih murah. Namun, metode ini lebih banyak menggunakan bahan sintetis sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan.

  • Saponifikasi
Metode saponifikasi dibedakan menjadi hot process dan cold process. Hot process memanfaatkan reaksi kimia hasil dari pemberian panas saat proses pengadukan lemak dan alkali.

Cold process diproduksi hanya dengan memanfaatkan panas hasil reaksi tanpa adanya pemanasan tambahan. Karena sabun dibuat dengan telaten, sabun yang diolah dengan saponifikasi lebih berkualitas dan harganya lebih mahal.

④ Periksa jenis pewangi yang digunakan

Periksa jenis pewangi yang digunakan

Tujuan penggunaan sabun mandi salah satunya adalah agar tubuh menjadi wangi. Tidak salah jika aroma menjadi indikator penting dalam memilih sabun. Anda bisa memilih sabun pepaya dengan pewangi sintetis atau campuran minyak esensial.


  • Pewangi sintetis: Aroma sabun pepaya bisa berasal dari pewangi sintetis atau buatan. Sabun dengan pewangi sintetis memiliki aroma yang kuat sehingga terasa menusuk hidung. Hal ini terutama jika pewangi sintetis yang ditambahkan terlalu banyak.

  • Campuran minyak esensial: Jika Anda tidak ingin aroma yang kuat, sebaiknya pilih sabun dengan campuran minyak esensial. Campuran minyak esensial berasal dari ekstrak tumbuhan sehingga aroma lebih soft.

⑤ Pastikan produk sudah bersertifikat BPOM

Anda tentu tidak ingin mendapatkan produk sabun pepaya yang tidak aman. Maka dari itu, Anda perlu mengecek produk sabun pepaya apakah telah terdaftar di BPOM. BPOM adalah lembaga resmi yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia, termasuk produk kosmetik.


Sabun yang sudah mendapat izin edar dari BPOM biasanya sudah memiliki nomor registrasi. Nomor tersebut tertera pada kemasan sabun. Anda bisa juga mengecek produk yang sudah bersertifikat BPOM pada laman resmi Cek Produk BPOM.

10 Rekomendasi sabun pepaya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun pepaya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

RDL

Papaya Brightening Soap

RDL Papaya Brightening Soap 1枚目

Berkat tambahan kandungan sunscreen, kulit terlindungi dari paparan sinar matahari!

2

Asantee

Papaya & Honey Soap

Asantee  Papaya & Honey Soap  1枚目

Cegah penuaan dini berkat adanya kandungan collagen dan Q10

3

Jinzu

Papaya Brightening Soap

Jinzu  Papaya Brightening Soap 1枚目

Mengandung arbutin yang membantu mencerahkan kulit lebih cepat

4

Ayu Pop

Sabun Mandi Batang Pepaya

Ayu Pop  Sabun Mandi Batang Pepaya 1枚目

Dengan harga terjangkau, pancarkan aroma buah segar yang kuat

5

Mustika Ratu

Papaya Soap Bar

Mustika Ratu  Papaya Soap Bar 1枚目

Produk lokal berkualitas yang menjaga kulit senantiasa bersih dan cerah

6

Lysca Beauty

Body Wash With Papaya Extract

Lysca Beauty  Body Wash With Papaya Extract 1枚目

Sabun cair pepaya kemasan botol besar, mengandung berbagai kebaikan AHA dan niacinamide!

7

Bathaholic

Natural Soap Papaya Smoothies

Bathaholic Natural Soap Papaya Smoothies 1枚目

Bebas zat aditif, aman digunakan kulit sensitif

8

Metal Fortis

Transparent Soap with Papaya Milk

Metal Fortis Transparent Soap with Papaya Milk 1枚目

Kandungan milk amino berikan kelembapan ekstra pada kulit

9

Laurent

Kojic Acid Pepaya Soap

Laurent  Kojic Acid Pepaya Soap 1枚目

Jaga kesegaran kulit dengan sabun bertekstur creamy dan busa melimpah

10

Wings

GIV White Smooth White Papaya & Honey

Wings  GIV White Smooth White Papaya & Honey 1枚目

Sabun pepaya cair dengan keharuman tahan lama

Perincian produk
Close
No.1

Berkat tambahan kandungan sunscreen, kulit terlindungi dari paparan sinar matahari!

Kelebihan:

  • Mengandung sunscreen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Mengandung vitamin A, C, dan E yang mampu merawat kulit

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang merasakan panas di kulit ketika menggunakannya

RDL Papaya Brightening Soap mengandung sunscreen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Anda bisa tampil percaya diri di bawah terik matahari setelah menggunakan sabun ini. Bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas di luar ruangan, kami sarankan untuk menggunakan sabun ini.


Sabun pepaya produksi Filipina ini juga diperkaya dengan vitamin A, C, dan E yang ampuh merawat kulit. Kulit Anda akan dimanjakan sehingga tampak seperti muda kembali.

No.2

Asantee Papaya & Honey Soap 034

Mulai dari Rp20.000,00

Cegah penuaan dini berkat adanya kandungan collagen dan Q10

Kelebihan:

  • Mengandung collagen dan Q10 yang mampu mencegah penuaan dini
  • Mengandung madu yang mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas
  • Tekstur lembut ketika mengenai kulit

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, sabun memiliki aroma terlalu wangi sehingga menusuk hidung

Asantee Papaya & Honey Soap merupakan sabun herbal yang berasal dari Thailand. Anda bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan sabun ini secara rutin. Hal ini karena adanya kandungan collagen dan Q10 yang membantu mengencangkan kulit serta mengurangi keriput.


Sabun pepaya ini juga mengandung madu yang mampu menangkal paparan radikal bebas. Alhasil, kulit Anda akan terhindar dari kerusakan. Anda bisa menggunakannya untuk seluruh badan, termasuk untuk sabun muka.

No.3

Jinzu Papaya Brightening Soap

Mulai dari Rp8.500,00

Mengandung arbutin yang membantu mencerahkan kulit lebih cepat

Kelebihan:

  • Mengandung ekstrak arbutin yang membantu mencerahkan kulit lebih cepat
  • Mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat merawat kulit
  • Dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasakan kulit kering setelah pemakaian

Memiliki kulit cerah menjadi idaman bagi sebagian besar orang, terutama perempuan. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan sabun pepaya dari Jinzu secara rutin. Kandungan arbutin dalam sabun pepaya ini mampu mempercepat proses pencerahan kulit.


Selain itu, sabun ini juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat merawat kulit. Kulit Anda akan tetap segar, halus, dan sehat dengan menggunakan sabun ini.

No.4

Ayu Pop Sabun Mandi Batang Pepaya

Mulai dari Rp2.800,00

Dengan harga terjangkau, pancarkan aroma buah segar yang kuat

Kelebihan:

  • Efektif dalam menghilangkan daki
  • Mengeluarkan aroma wangi buah yang segar
  • Harga relatif terjangkau daripada produk lainnya

Kekurangan:

  • Ukuran cenderung kecil sehingga cepat habis

Anda sedang berhemat? Pertimbangkan sabun pepaya batangan yang satu ini. Produk ini memiliki harga paling terjangkau dibandingkan produk lainnya, hanya 2.000 rupiah saja!


Meski harganya murah, aroma buah pepaya segar dapat tercium kuat dari tubuh anda berkat kandungan parfum dalam sabun. Jika Anda menginginkan sabun pepaya beraroma kuat, sabun ini cocok untuk Anda. Selain itu, sabun ini tidak akan membuat kulit kering karena sudah mengandung pelembap.

No.5

Mustika Ratu Papaya Soap Bar

Mulai dari Rp22.600,00

Produk lokal berkualitas yang menjaga kulit senantiasa bersih dan cerah

Kelebihan:

  • Diperkaya antioksidan yang menjaga kelembutan kulit dan menangkal radikal bebas

Kekurangan:

  • Bagi beberapa pengguna aroma kurang harum karena seperti bau pepaya

Sabun pepaya Mustika Ratu cocok untuk Anda yang mencintai produk asli Indonesia. Meski lokal, kualitas sabun ini tidak kalah dari produk lainnya. Anda bisa senantiasa menjaga kulit tetap bersih dan cerah menggunakan sabun ini.


Sabun yang diperkaya dengan antioksidan ini mampu menjaga kelembutan kulit Anda. Selain itu, sabun ini mampu menangkal efek buruk radikal bebas. Dengan demikian, Anda bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengandalkan sabun pepaya ini.

No.6

Lysca Beauty Body Wash With Papaya Extract

Mulai dari Rp37.500,00

Sabun cair pepaya kemasan botol besar, mengandung berbagai kebaikan AHA dan niacinamide!

Kelebihan:

  • Mengandung AHA yang menyeimbangkan pH kulit dan memperbaiki tekstur kulit
  • Mengandung niacinamide yang meningkatkan kolagen sehingga kulit tetap halus
  • Mengandung antibakteri alami yang mampu mengatasi jerawat badan

Kekurangan:

  • Sabun tidak menghasilkan banyak busa

Ingin menjadikan kulit lebih sehat? Kami menyarankan sabun cair pepaya dari Lysca Beauty. Sabun ini mengandung niacinamide yang meningkatkan kolagen pada kulit. Kolagen tersebut mampu menjaga kulit agar tetap halus. Selain itu, kandungan tersebut memperkuat lipid barrier sehingga kulit lebih sehat.


Sabun ini juga mengandung antibakteri alami yang dapat mengatasi jerawat yang tumbuh di badan. Kandungan AHA pada sabun ini dapat menyeimbangkan pH kulit serta memperbaiki tekstur kulit. Tambahan lagi, kemasan botol berukuran 500 ml cocok dipakai untuk harian dan tidak akan cepat habis.

No.7

BathaholicNatural Soap Papaya Smoothies

Mulai dari Rp45.000,00

Bebas zat aditif, aman digunakan kulit sensitif

Kelebihan:

  • Mengandung castor oil dan grapeseed oil yang melembapkan kulit
  • Mengandung kaolin yang membantu mengencangkan kulit
  • Mengandung fragance oil yang memberikan relaksasi pada tubuh

Kekurangan:

  • Aroma wangi bagi sebagian pengguna terlalu menusuk hidung

Sabun pepaya dari Bathaholic adalah produk pilihan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Hal ini karena sabun pepaya ini bebas dari zat aditif. Sabunnya dibuat dari buah pepaya segar sehingga dapat menjaga kesegaran kulit Anda.


Selain itu, sabun pepaya ini mengandung castor oil yang mampu melembapkan kulit. Kandungan kaolin pada sabun ini juga membantu mengencangkan kulit. Dengan kata lain, Anda dapat menjaga serta meremajakan kulit menggunakan sabun ini.

No.8

Metal FortisTransparent Soap with Papaya Milk

Mulai dari Rp9.700,00

Kandungan milk amino berikan kelembapan ekstra pada kulit

Kelebihan:

  • Mengandung milk amino dan moisturizer yang mampu berikan kelembapan ekstra pada kulit

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang tambah parah jerawatnya setelah menggunakan sabun ini

Anda mengalami kulit kering? Kami sarankan Anda menggunakan sabun pepaya dari Metal Fortis. Sabun pepaya ini mengandung milk amino serta moisturizer yang mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Produk ini juga mengandung vitamin E yang membantu mencerahkan kulit. Kandungan dalam sabun juga mampu menjaga kulit tetap lembut serta bersih.

No.9

Laurent Kojic Acid Pepaya Soap

Mulai dari Rp12.500,00

Jaga kesegaran kulit dengan sabun bertekstur creamy dan busa melimpah

Kelebihan:

  • Menghasilkan busa melimpah yang menjaga kesegaran kulit
  • Bertekstur creamy sehingga halus digunakan di kulit
  • Mengandung oil yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit

Kekurangan:

  • Aroma sabun tidak begitu wangi

Anda gemar mandi dengan sabun yang menghasilkan busa melimpah? Cobalah untuk menggunakan sabun pepaya keluaran Laurent. Sabun ini mampu menghasilkan busa melimpah yang mampu menjaga kesegaran kulit. Dengan tekstur creamy, sabun akan terasa halus ketika diaplikasikan di kulit.


Selain dari ekstrak pepaya, sabun ini juga terbuat dari kojic acid dengan tambahan coconut oil dan moisturizer oil. Kombinasi kandungan tersebut mampu menjaga kelembapan kulit sehingga Anda akan terhindar dari kulit kering.

No.10

Wings GIV White Smooth White Papaya & Honey

Mulai dari Rp6.798,00

Sabun pepaya cair dengan keharuman tahan lama

Kelebihan:

  • Keharuman sabun bertahan lama
  • Mengandung madu yang menjaga kelembutan kulit

Kekurangan:

  • Tidak cocok digunakan untuk wajah

Setelah mandi, terkadang aroma wangi sabun langsung sirna. Hal ini tentu membuat Anda merasa sia-sia. Agar Anda bisa merasakan keharuman tahan lama, gunakanlah sabun cair dari Giv. Sabun yang dibuat dengan perpaduan ekstrak pepaya serta madu ini juga mampu mencerahkan kulit. Kelembutan kulit juga akan terjaga dengan menggunakan sabun pepaya ini.

Pertanyaan umum seputar sabun pepaya

Pertanyaan umum seputar sabun pepaya

Kami tidak hanya membahas cara memilih dan rekomendasi sabun pepaya. Akan tetapi, kami juga telah mengumpulkan pertanyaan terkait sabun pepaya. Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban seputar sabun pepaya.

Apa ada efek samping dari sabun pepaya?

Meski terbuat dari bahan alami, sabun pepaya dapat memberikan efek samping berupa alergi. Alergi tersebut disebabkan getah dari buah pepaya. Maka dari itu, Anda sebaiknya menguji terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada seluruh tubuh.

Apakah sabun pepaya cocok untuk kulit berjerawat?

Kandungan enzim papain dan chymopapain dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Oleh karena itu, sabun pepaya dapat digunakan pada kulit berjerawat. Sabun pepaya juga bisa membersihkan noda yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca juga rekomendasi sabun kecantikan lainnya di sini

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari sabun pepaya, tak terkecuali untuk kecantikan. Selain sabun pepaya, terdapat jenis sabun kecantikan lainnya yang bisa Anda pilih. Perhatikan penjelasannya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan mengetahui manfaat sabun pepaya, tentu Anda sudah tidak ragu lagi untuk menggunakannya. Namun, Anda harus memastikan bahwa sabun pepaya tersebut cocok untuk kulit. Anda pun bisa mengikuti cara memilih yang telah kami bahas sebelumnya. Produk rekomendasi kami juga bisa menjadi pilihan. Dapatkan kulit sehat dan berseri dengan sabun pepaya yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer