8 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

7 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu teh yang paling populer di dunia dan memiliki kaya rasa adalah teh Darjeeling yang berasal dari daerah Darjeeling, India. Rasa dan aroma teh Darjeeling berbeda-beda tergantung dari jenis tanaman teh dan masa panennya. Berbagai merek yang tersedia di pasaran, seperti Ahmad Tea, Twinings, Dilmah, dan Lipton mungkin membuat Anda bingung memilih.

Dalam artikel ini kami akan menyajikan 8 rekomendasi teh Darjeeling terbaik yang bisa Anda nikmati. Selain itu, berbagai tips mengenai bagaimana cara memilih teh Darjeeling akan membantu Anda menemukan teh yang tepat serta berbagai variasinya untuk Anda nikmati.

Daftar isi

Apakah Anda menyukai teh?

Apakah Anda menyukai teh?

Seperti para penyuka kopi yang menyukai jenis biji kopi dan teknik penggilingan tertentu, penggemar teh juga memiliki preferensi tersendiri akan tehnya. Beberapa jenis teh yang terkenal berasal dari daerah perkebunan teh seperti Assam dan Nilgiri yang berada di India, tetapi kali ini giliran teh Darjeeling dari daerah India Utara yang akan kami rekomendasikan.

Bila Anda ingin mencoba rasa daun teh lain atau baru hendak mencoba teh Darjeeling, temukanlah teh kesukaan Anda berdasarkan penjelasan kami di bawah dan nikmatilah momen-momen Anda meminum teh!

Cara memilih teh Darjeeling

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat ingin memilih jenis teh, yaitu masa panen, lokasi perkebunan dan produsen, serta cara meminumnya. Tidak hanya digunakan saat memilih teh Darjeeling, ketiga poin ini juga bisa digunakan saat memilih jenis teh lainnya.

Pilih rasa yang direkomendasikan berdasarkan musim di waktu panen

Tahukah Anda bahwa teh Darjeeling memiliki rasa dan aroma yang beragam tergantung dari masa panennya? Meski kebanyakan produk teh Darjeeling yang dijual di Indonesia tidak menjelaskan masa panen daun tehnya, tetapi mungkin Anda akan bisa menebak sendiri berdasarkan rasa dan aroma yang Anda rasakan saat meminum teh tersebut.

Nah, agar lebih jelas, di bawah ini kami akan memaparkan karakter teh berdasarkan tiga waktu panen beserta cara menikmatinya.

Kesegaran musim semi, first flush

Kesegaran musim semi, first flush

Hasil pemetikan teh di musim semi disebut dengan first flush atau petikan pertama yang biasanya dipanen pada bulan April dan Mei. Pohon teh menumbuhkan tunas pada saat musim hujan ringan dan daun teh dipanen dari tunas-tunasnya yang lembut. Aroma teh ini sangat menyegarkan dan memiliki warna keemasan yang jernih. Teh yang dipanen pada musim semi memberikan rasa dan aroma daun muda seperti rasa astringen (asam) dan juga teh hijau.

Teh beraroma kuat, second flush

Teh beraroma kuat, second flush

Daun teh yang dipanen pada musim panas, sekitar bulan Juni dan Juli, disebut second flush. Minuman teh dari second flush berwarna oranye gelap dan transparan, memiliki aroma dan rasa seperti anggur muscat (muscatel) yang manis. Hasil yang didapatkan tergantung jenis teh yang ditanam dan iklim di perkebunan. Teh ini sangat enak diminum tanpa tambahan apa pun, tetapi juga lezat jika ditambahkan susu.

Teh dengan rasa yang pekat, autumnal

Teh dengan rasa yang pekat, autumnal

Daun teh yang dipanen di musim gugur, disebut autumnal, memiliki aroma moderat dengan rasa astringen yang kuat. Ada beberapa jenis teh autumnal yang rasanya terlalu kuat jika diminum tanpa tambahan apa pun. Karena itu, disarankan untuk mencampurnya dengan susu dan warnanya pun akan berubah menjadi merah agak oranye. Selain susu, teh hitam pekat ini juga dapat dinikmati dengan variasi rasa manis lainnya seperti vanila dan karamel.

Pilih berdasarkan preferensi karakteristik merek

Pilih berdasarkan preferensi karakteristik merek

Meskipun sama-sama berjenis Darjeeling, teh yang diproduksi oleh masing-masing produsen teh memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Dengan mencobanya, Anda akan menemukan teh dengan rasa yang tepat untuk selera Anda.

Selain itu, kami juga merekomendasikan teh Selimbong untuk Anda yang menginginkan rasa manis, astringen, dan aroma yang seimbang.

Pilih berdasarkan selera Anda

Ada beragam cara untuk menikmati teh Darjeeling. Kami akan menjelaskan beberapa jenis variasi teh yang bisa Anda buat menggunakan teh ini, seperti mencampurnya dengan lemon atau susu di samping meminumnya langsung tanpa tambahan apa pun.

Tidak ada takaran pasti dalam membuat variasi teh, karena itu temukanlah sendiri kombinasi yang paling lezat bagi Anda!

Teh tanpa tambahan apa pun untuk menikmati aromanya

Teh tanpa tambahan apa pun untuk menikmati aromanya

Anda bisa menikmati berbagai aroma teh yang wangi dengan meminum teh polos, tergantung dengan masa panen daun teh. Begitu pula dengan rasa anggur muscat yang khas ditemukan pada teh Darjeeling. Aroma ini juga bahkan akan berbeda, tergantung lokasi perkebunan dan produsennya. Saat minum teh Darjeeling panas, aromanya pun semakin kuat sehingga Anda bisa semakin mudah memilih teh yang sesuai selera Anda.

Teh lemon dengan aroma dan rasa yang menyegarkan

Teh lemon dengan aroma dan rasa yang menyegarkan

Saat cuaca panas, tentu akan sangat segar untuk mendinginkan tenggorokan dengan es teh lemon. Begitu pula saat cuaca dingin, teh lemon hangat akan membantu menghangatkan tubuh Anda. Apa pun cuacanya, banyak yang menggemari teh yang disajikan dengan perasan atau potongan lemon.

Namun, kami tidak menyarankan penyajian teh lemon Darjeeling. Rasa lemon yang kuat akan mengganggu aroma lembut teh Darjeeling. Selain itu, saat kita menambahkan lemon ke dalam teh Darjeeling, kandungan tanin dalam teh akan bereaksi dengan minyak dari kulit lemon dan menambah rasa astringen pada teh. Ini akan mengganggu aroma dan rasa asli teh Darjeeling.

Jika Anda ingin menikmati teh lemon yang lezat, kami sarankan untuk menggunakan teh Ceylon Dimbula atau teh Ceylon Kandy.

Teh susu, lembut dan kaya rasa

Teh susu, lembut dan kaya rasa

Teh Darjeeling memang tidak cocok diminum dengan lemon, tapi jika dipadukan dengan susu, rasanya sangat lezat. Untuk mendapatkan teh susu terbaik, gunakan daun teh yang dipanen saat musim gugur atau autumnal. Teh ini memiliki aroma dan rasa yang kuat, tetapi juga tidak menghilangkan rasa susu.

Saat membuat teh susu, jika Anda ingin mendapatkan teh rendah lemak, tetapi kaya rasa, perhatikan waktu ekstraksi teh. Jika suhu susu terlalu panas, teh Anda akan mendapatkan bau susu yang kuat, sementara jika suhu susu terlalu dingin Anda akan mendapatkan teh yang hangat suam kuku. Gunakanlah susu dengan suhu kurang lebih 36-37°C untuk mendapatkan suhu teh susu yang tepat.

Cobalah berbagai variasi yang sesuai selera Anda

Cobalah berbagai variasi yang sesuai selera Anda

Darjeeling adalah teh yang nikmat diminum tanpa tambahan apa pun, tetapi juga bisa diminum dengan banyak variasi. Bagi Anda yang menyukai rasa manis, Anda bisa mencoba menambahkan selai apel atau selai aprikot ke dalam teh Darjeeling Anda. Penambahan karamel atau susu ke dalam teh juga akan membuatnya terasa semakin nikmat. Bila Anda ingin rasa lebih segar, tambahkanlah kayu manis atau jahe pada teh Anda. Kombinasikan dan temukanlah variasi teh yang paling Anda suka!

8 Rekomendasi teh Darjeeling terbaik

Berikut ini kami memberikan 10 rekomendasi teh Darjeeling terbaik, baik dalam bentuk daun teh maupun teh kantong. Temukanlah merek kesukaan Anda dan nikmati teh seduh yang lezat!

8. Lipton Sir Thomas Darjeeling Black Tea

8. Lipton Sir Thomas Darjeeling Black Tea

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Mengandung kesegaran klasik teh hitam

Campuran teh Darjeeling ini menghadirkan rasa yang klasik untuk Anda para pencinta teh. Dikenal sebagai champagne-nya teh, produk ini berasal dari daun teh berkualitas tinggi dari perkebunan Darjeeling di India. Tehnya berwarna coklat keemasan seperti champagne dan memiliki rasa astringen yang membuat teh menjadi lezat.

Seperti motto Lipton, “dari perkebunan teh langsung ke meja Anda”, Anda bisa merasakan kesegaran teh hitam ini layaknya meminum daun teh yang baru dipetik. Nikmat tanpa dicampur dengan tambahan apa pun, teh ini cocok untuk Anda yang mencari teh Darjeeling dengan kesegaran klasik alami teh hitam.

7. Rekso Tasseo Premium Darjeeling

7. Rekso Tasseo Premium Darjeeling

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Rasa dan aroma premium dengan harga bersahabat

Produk teh ini berasal dari salah satu produsen teh yang berasal dari Indonesia. Teh hitam dari perkebunan Darjeeling ini dikemas dalam kantong teh jala berbentuk piramida yang besar, sangat mudah diekstraksi. Kantong teh jala dikemas dalam kantong foil yang menjaga aroma dan rasa teh agar tahan lama.

Ketika diseduh, Anda akan mendapatkan teh Darjeeling dengan rasa dan aroma premium yang sangat nikmat. Teh ini nikmat diminum kapan saja, baik tanpa atau dengan tambahan susu serta memiliki harga sangat bersahabat. Jika Anda ingin menikmati cita rasa teh Darjeeling kelas atas tanpa mengeluarkan banyak dana, teh celup ini cocok untuk Anda.

6. The ‘t’ Story Classic Black Tea Indian Darjeeling

6. The ‘t’ Story Classic Black Tea Indian Darjeeling

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 185.000

Daun teh Darjeeling untuk teh tubruk yang nikmat

Perusahaan teh Indonesia ini mengimpor teh asli Darjeeling dari daerah asalnya. Teh hitam klasik ini dikemas dalam kotak sederhana, membuatnya terlihat vintage. Berbentuk daun teh kering, teh ini diseduh dengan cara menuangkan air panas dan cocok untuk dimiliki oleh para pencinta kenikmatan teh tubruk.

Minuman teh Darjeeling ini berwarna keemasan, memiliki aroma bunga, dan sedikit rasa kacang-kacangan. Selain diseduh begitu saja, teh ini juga cocok ditambahkan madu atau susu saat Anda seduh. Teh hitam ini juga terasa ringan dan tidak terlalu pekat sehingga cocok untuk dinikmati bersama penganan manis.

5. Dilmah Gourmet Tea Darjeeling

5. Dilmah Gourmet Tea Darjeeling

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Isi tea bag-nya banyak, tidak repot bolak-balik belanja, deh!

Teh ini merupakan teh hitam yang ditanam di daerah Darjeeling dan diolah oleh perusahaan yang berasal dari Srilanka. Bahkan saat Anda minum begitu saja tanpa ada tambahan bahan lain, teh ini tetap terasa sangat nikmat. Teh ini dikemas dalam kemasan amplop foil sehingga aroma dan rasanya pun tahan lama.

Dijual dalam kemasan berisi 100 amplop kantong teh, produk ini cocok untuk Anda penggemar teh yang harus selalu sedia teh di dapur setiap saat dalam jumlah banyak tanpa harus membuat Anda repot berulang kali membeli teh. Ketika diseduh, teh dengan rasa yang mewah ini pun memiliki rasa astringen yang tinggi dan wangi bunga yang kuat.

4. St. Dalfour Organic Pure Darjeeling Tea

4. St. Dalfour Organic Pure Darjeeling Tea

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Rasakan kebaikan alami dari teh organik pilihan

Bila Anda mencari produk teh Darjeeling yang natural dan bebas pestisida, produk keluaran St. Dalfour ini tentu tidak boleh Anda lewatkan. Seluruh kebaikan dari daun teh tersebut disimpan dengan baik ke dalam 25 kantong teh yang direkatkan tanpa staples, tetapi memakai tali. Anda pun tidak perlu khawatir akan adanya rasa besi pada teh Anda.

Anda juga bisa meminumnya langsung tanpa tambahan apa pun, tetapi mencampurnya dengan susu atau sedikit gula akan membuat rasanya lebih nikmat. Meski begitu, berhati-hatilah saat membuka tali pada kantong tehnya sebab menurut sebagian penggunanya, kantong teh ini akan mudah robek bila Anda menarik talinya terlalu kuat.

3. Tea Drop Darjeeling Premium Loose Leaf Tea

3. Tea Drop Darjeeling Premium Loose Leaf Tea

Lihat produk di Tokopedia 

Harga : Rp 299.000

Aroma bunga dengan rasa eksotisnya akan bikin Anda makin jatuh hati

Teh hitam dengan rasa khas ini akan membawa Anda menjelajahi rasa eksotis daerah India. Kandungan kafeinnya medium berpadu dengan aroma astringen yang lembut, Anda akan semakin menikmati keharumannya. Jika Anda menyukai teh beraroma bunga, Anda akan menyukai teh dengan rasa seperti anggur muscat ini.

Anda bisa menyeduhnya panas maupun dingin, tidak sulit untuk mendapatkan teh bercita rasa ala kafe. Teh ini tersedia dalam bentuk daun kering atau loose tea yang dikemas dalam kaleng berbentuk tabung yang menarik. Berhubung teh ini merupakan campuran teh tradisional dari India, tetap akan sangat lezat meski dinikmati tanpa tambahan apa pun.

2. Ahmad Tea Darjeeling Tea – 100g Loose Tea Caddy

2. Ahmad Tea Darjeeling Tea - 100g Loose Tea Caddy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 58.125

Perpaduan aroma teh hitam plus fruity-nya bikin Anda makin rileks

Bila Anda mencari teh Darjeeling yang berkhasiat menenangkan pikiran dan perasaan Anda di tengah kesibukan sehari-hari, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Ketika diseduh, produk ini akan menghasilkan teh berwarna keemasan dengan aroma fruity yang lembut dan ringan.

Dipadukan dengan keharuman ala teh hitam yang tidak terlalu kuat, teh ini akan membuat Anda semakin tenang dan rileks. Dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan, teh ini pun patut dicoba oleh Anda yang menyukai buah karena teh ini juga mampu memberi Anda sensasi rasa muscatel yang natural.

1. Twinings Darjeeling Loose Tea Caddy

1. Twinings Darjeeling Loose Tea Caddy

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Anda mencari teh hitam yang rasanya ringan dan fresh? Ini pilihannya!

Teh hitam dari India Utara ini memiliki rasa yang menyegarkan dan ringan dengan warna teh kuning keemasan. Daun teh ini diambil dari perkebunan di kaki Gunung Himalaya dan diproses oleh produsen yang berasal dari Inggris. Teh ini dapat memberikan pengalaman pesta minum teh sore hari ala Inggris.

Daun teh yang dikemas dalam kaleng ini memiliki aroma seperti anggur putih yang manis dan rasa astringen yang ringan, sangat cocok dipadukan dengan makanan agak pedas. Anda pun bisa menikmatinya begitu saja tanpa tambahan apa pun. Teh ini cocok untuk Anda yang menyukai teh hitam dengan rasa soft, segar, dan bikin mata jadi melek.

Tips membuat teh Darjeeling dengan kantong teh

Tips membuat teh Darjeeling dengan kantong teh

Dalam daftar rekomendasi ini, Anda juga menemukan teh Darjeeling dalam bentuk teh kantong. Teh kantong mudah digunakan karena sangat praktis. Ada anggapan bahwa teh kantong tidaklah seenak daun teh yang diseduh, tetapi jika Anda membuatnya dengan benar, teh kantong pun tidak kalah lezat dengan teh seduh.

Saat membuat teh dengan teh kantong, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hangatkan cangkir dengan menuangkan air panas terlebih dulu.
  • Buang air tersebut saat cangkir sudah hangat, tuangkan air mendidih ke cangkir kemudian masukkan kantong teh.
  • Tutup cangkir sehingga aroma teh tidak hilang.
  • Keluarkan kantong teh dari cangkir tanpa menggoyangkan atau memerasnya secara berlebihan.

Akan lebih mudah untuk menggunakan cangkir bertutup, tetapi jika tidak ada Anda bisa menggunakan piring kecil sebagai penutup. Waktu membuat teh tergantung pada masing-masing merek teh, periksalah cara membuat teh pada kemasannya. Anda akan mendapatkan teh Darjeeling yang nikmat jika Anda meluangkan waktu sebentar untuk menyiapkannya dengan tepat. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Teh Darjeeling merupakan teh dengan rasa mewah yang tidak mudah didapatkan. Ditanam di perkebunan teh di India Utara, di kaki Gunung Himalaya, teh ini merupakan teh klasik dengan aroma dan rasa yang premium.

Rasa astringen dan muscatel-nya yang khas membuat teh ini memiliki penggemar tersendiri. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah menemukan teh yang sesuai dengan selera Anda? Selamat minum teh!