mybest
Teh

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024)

Teh Darjeeling merupakan teh hitam yang berasal dari Darjeeling, India. Karakter rasanya fruity bercampur floral yang unik. Rasa dan aroma teh ini berbeda-beda tergantung masa panennya. Teh Darjeeling juga dipercaya punya ragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih teh Darjeeling yang enak. Kami juga akan me-review produk teh Darjeeling yang bagus di pasaran. Merek teh ternama ada dalam daftar rekomendasi kami, seperti Twinings, TWG dan Dilmah. Artikel ini sudah ditinjau oleh tea specialist kami, Muhammad Ashfiya. Temukan Darjeeling tea favorit Anda di sini!

Diperbaharui 14/07/2023
Muhammad Ashfiya
Pakar
Tea tester, tea specialist, and tea consultant
Muhammad Ashfiya

Pencinta teh sekaligus tea specialist ini berfokus pada tea testing dan quality control product. Inspirasi Ashfiya untuk menyebarkan informasi mengenai teh berawal dari hadiah teh premium yang diterimanya dari sesama rekan tester. Passion-nya terhadap teh membuatnya beberapa kali diundang untuk mengisi seminar, talk show, kelas, hingga juri National Tea Competition 2022. Ashfiya menyebarkan informasi mengenai teh melalui platform media sosial yang sudah dirintis sejak tahun 2017. Ia juga sering mengisi kelas dan seminar untuk sesama tea lovers. Tulisan Ashfiya seputar informasi edukasi teh bisa didapatkan di akun Instagram @tehnusantara.

Profil Muhammad Ashfiya
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu Darjeeling tea?

Apa itu Darjeeling tea?

Teh Darjeeling adalah teh asal India yang ditanam di dataran paling tinggi di dunia. Daerah tersebut berada di kaki pegunungan Himalaya serta diapit oleh Nepal dan Bhutan di sisi timur. Iklim tempat tersebut sangat ideal untuk perkebunan teh hingga menjadikan Darjeeling tea sebagai salah satu teh terbaik dunia.


Bagaimana rasa Darjeeling tea? 

Teh Darjeeling memiliki karakter floral yang sangat intens, fruitiness yang jelas, dan aroma yang deep. Selain itu, terdapat hint rasa manis dan tidak terlalu pahit jika dibandingkan teh hitam lainnya. Teh Darjeeling juga dijuluki champagne of tea berkat rasa dan aromanya yang mengingatkan akan wine anggur muscat (muscatel).


Apa saja manfaat Darjeeling tea untuk kesehatan? 

Mengonsumsi teh Darjeeling dipercaya dapat menurunkan gula darah dan mengurangi bau mulut. Kandungan zat di dalamnya berikut juga turut bermanfaat untuk kesehatan.


  • Polifenol: berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.
  • Flavonoid: menjaga kesehatan jantung, kadar kolesterol, dan menurunkan risiko stroke.
  • Kafein: membantu penyerapan lemak dan penurunan berat badan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh Darjeeling

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih teh Darjeeling. Poin-poin tersebut antara lain adalah masa panen, bentuk teh, dan cara meminumnya. Tak hanya untuk teh Darjeeling, ketiga poin ini juga bisa digunakan saat Anda memilih teh lainnya.

1

Ketahui rasa berdasarkan musim saat daun teh dipanen

Tahukah Anda bahwa teh Darjeeling memiliki rasa dan aroma yang beragam tergantung masa panennya? Sebab itu, berikut kami akan memaparkan karakter teh berdasarkan tiga waktu panen. Kami juga akan menjelaskan cara terbaik untuk menikmatinya.

First flush: Teh dengan kesegaran musim semi

First flush: Teh dengan kesegaran musim semi
Hasil pemetikan teh saat musim semi disebut dengan first flush. First flush dikenal sebagai petikan pertama yang biasanya dipanen pada Maret hingga Mei. Daun teh ini dipanen dari tunas-tunas lembut yang dihasilkan oleh pohon teh saat musim hujan ringan. 

Karena itu, aroma teh ini sangat menyegarkan dan memiliki warna keemasan yang jernih. Teh yang dipanen pada musim semi ini memberikan rasa dan aroma daun muda. Bisa dibilang karakter, warna air seduhan, ampas, dan tingkat keasamannya (astringency) mirip dengan teh hijau. Biasanya harga teh untuk first flush lebih mahal dan susah didapatkan.

Second flush: Teh beraroma kuat dari musim panas

Second flush: Teh beraroma kuat dari musim panas
Daun teh yang dipanen sekitar Juni hingga Agustus yang merupakan musim panas disebut second flush. Minuman teh dari second flush berwarna oranye gelap dan transparan. Aroma dan rasanya seperti anggur muscat (muscatel) yang manis.

 

Teh ini sangat enak diminum tanpa tambahan apa pun. Meski begitu, Anda juga dapat menambah kelezatannya dengan menuangkan susu. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan aroma yang didapat sangat bergantung pada lokasi penanaman serta iklim di perkebunan. Selain berkarakter lebih tebal dengan warna air seduhan lebih gelap, jumlahnya lebih banyak sehingga lebih murah dari first flush.

Autumnal: Warna dan rasanya lebih ringan

Autumnal: Warna dan rasanya lebih ringan
Daun teh yang dipanen saat musim gugur disebut autumnal. Autumnal Darjeeling memiliki karakter yang lebih weak dari second flush. Warna air seduhannya lebih thin dan rasanya tidak lebih pekat dari second flush.
2

Pilih berdasarkan bentuk pengemasan teh

Umumnya daun teh terbagi menjadi dua berdasarkan bentuk dan cara pengemasan, yakni teh tubruk dan teh celup. Mari simak keunggulan keduanya.

Teh tubruk, aroma dan rasanya lebih keluar

Teh tubruk, aroma dan rasanya lebih keluar

Teh tubruk memiliki aroma dan rasa yang lebih autentik dan pekat jika dibandingkan teh celup. Bagi Anda yang mengaku tea lovers, teh ini barangkali merupakan tipe teh favorit Anda.


Cara penyajiannya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam gelas atau tea pot berisi daun teh. Anda perlu mengira-ngira amount teh yang pas untuk menghasilkan rasa dan aroma teh yang diinginkan. Proses penyeduhan ini mungkin tak sepraktis teh celup. Namun, experience saat melihat daun teh "menari-nari" dan perlahan mengembang saat terkena air panas bisa menjadi hal yang satisfying.

Teh celup, penyajiannya lebih mudah dan praktis

Teh celup, penyajiannya lebih mudah dan praktis

Jika Anda penyuka teh yang proses seduhnya praktis, pilihlah teh celup. Tipe teh ini juga lebih mudah Anda bawa-bawa untuk menemani perjalanan. Banyak dari masyarakat Indonesia menyukai tea bag karena praktis dan harga relatif murah.


Anda hanya perlu mengeluarkan teh kantong dan mencelupkannya ke air panas sampai warna, aroma, dan rasa tehnya keluar. Praktisnya lagi adalah Anda tak perlu berurusan dengan ampas teh.

3

Sesuaikan dengan ragam penyajian yang Anda sukai

Ada beragam cara untuk menikmati teh Darjeeling. Kami akan menjelaskan beberapa variasi penyajian yang bisa Anda buat. Tidak ada takaran pasti dalam membuat variasi teh. Karena itu, temukanlah sendiri kombinasi yang paling lezat bagi Anda!

Teh tanpa tambahan: Anda bisa menikmati aromanya

Teh tanpa tambahan: Anda bisa menikmati aromanya
Menikmati teh polos bisa membantu Anda menikmati berbagai aroma teh dari musim panen yang berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa merasakan kenikmatan mirip anggur muscat yang khas ditemukan pada teh Darjeeling. Selain itu, terdapat berbagai jenis aroma teh Darjeeling tergantung lokasi perkebunan dan produsennya. 

Saat mengonsumsi teh Darjeeling dengan air panas, aromanya akan makin kuat. Sebab itu, pilihlah teh Darjeeling yang harum jika ingin diminum sebagai teh polos karena aromanya akan sangat menawan. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menikmati teh tanpa campuran agar bisa merasakan mewahnya aroma dan rasa Darjeeling tea. Teh ini dijuluki champagne of tea karena aroma anggurnya.

Teh susu: Sajian teh yang kaya rasa dan lembut

Teh susu: Sajian teh yang kaya rasa dan lembut
Teh Darjeeling cocok dipadukan dengan susu. Untuk rasa teh susu terbaik, kami lebih merekomendasikan untuk memakai teh dari second flush. Sesuaikan saja cita rasanya dengan kebiasaan, budaya, selera, dan pilihan Anda.

Pilih susu yang rendah lemak saat membuat teh susu bila Anda ingin rasa yang menyegarkan. Jika Anda ingin mendapatkan teh kaya rasa dan lembut, pilih susu yang diekstraksi lebih lama serta tinggi kandungan lemak.


Perhatikanlah juga suhu susu. Suhu susu yang terlalu panas akan menghasilkan bau susu yang kuat. Di sisi lain, Anda akan mendapatkan teh yang hangat suam kuku bila suhu susu terlalu dingin. Karena itu, gunakanlah susu dengan suhu kurang lebih 36–37°C untuk mendapatkan suhu teh susu yang tepat.

Kombinasi rasa lainnya: Ciptakan rasa yang tak kalah menarik

Kombinasi rasa lainnya: Ciptakan rasa yang tak kalah menarik

Teh Darjeeling adalah teh yang nikmat diminum tanpa tambahan apa pun, tetapi juga bisa diminum dengan banyak variasi. Mengombinasikan rasa pada seduhan teh kadang bisa membuat teh tersebut menjadi lebih menarik. Pastikan Anda tahu karakter teh. Dalam hal ini adalah Darjeeling tea yang mempunyai aroma kuat dan rasa yang dalam. Jadi, jangan sampai Anda mencampurkan bahan yang justru merusak rasanya.


Bila menyukai rasa manis, Anda bisa mencoba menambahkan selai apel atau selai aprikot ke dalam teh Darjeeling. Penambahan karamel, vanila, atau madu ke dalam teh juga bisa membuatnya terasa makin nikmat. Bila Anda menginginkan rasa teh rempah, tambahkanlah kayu manis atau jahe pada teh Anda. Variasikanlah penyajiannya dan temukan kombinasi teh yang paling Anda suka!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi teh Darjeeling terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teh Darjeeling terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Muhammad Ashfiya.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Twinings

Darjeeling Tea

Twinings Darjeeling Tea 1

Rp96.000

Menengah

Darjeeling tea dengan hint manis khas anggur muscatel

2

ToAtea

100% Darjeeling Tea

ToAtea 100% Darjeeling Tea 1

Rp9.900

Agak Murah

Cocok untuk menemani momen tea-time

3

Pure Matcha

Artisan Tea Cafe - Darjeeling Black Tea

Pure Matcha Artisan Tea Cafe - Darjeeling Black Tea 1

Rp2.500

Lebih Murah

Tersedia ukuran besar dengan harga bersaing!

4

Bloom Tea Blossom

Black Darjeeling

Bloom Tea Blossom Black Darjeeling 1

Rp9.900

Agak Murah

Nikmatnya teh Darjeeling yang dipetik saat musim gugur

5

Rekso

Tasseo Premium Darjeeling

Rekso Tasseo Premium Darjeeling 1

Rp50.400

Menengah

Hasilkan rasa dan aroma teh Darjeeling premium

6

Gryphon

Contessa Grey

Gryphon Contessa Grey 1

Rp210.000

Agak Mahal

Tea blend yang unik dan kaya rasa

7

Bensons Tea

Royal Darjeeling

Bensons Tea Royal Darjeeling 1

Rp40.000

Menengah

Unik, ada sensasi rasa woody yang lembut

8

TWG

Royal DarjeelingFTGFOP1

TWG  Royal Darjeeling 1

Rp380.000

Lebih Mahal

Penggunaan daun teh dari berbagai penjuru Himalaya

9

Ahmad Tea

Darjeeling Tea - Teabags

Ahmad Tea Darjeeling Tea - Teabags 1

Rp57.800

Menengah

Perpaduan rasa dari daun teh yang dipetik di dua musim

10

Dilmah

Darjeeling

Dilmah Darjeeling 1

Rp236.550

Agak Mahal

Isi tea bag-nya banyak, tidak repot bolak-balik belanja

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

TwiningsDarjeeling Tea

Darjeeling Tea 1
Sumber: twiningsmoment.com
Harga referensi
Rp96.000
Menengah
Harga referensi
Rp96.000
Menengah

Darjeeling tea dengan hint manis khas anggur muscatel

Bila Anda gemar mengonsumsi makanan pedas, Twinings Darjeeling Tea bisa jadi teman hidangan Anda. Teh hitam ini memiliki rasa manis dan astringen yang ringan khas anggur muscatel. Anggur ini biasanya digunakan untuk membuat wine putih.

Hebatnya lagi adalah rasa teh Twinings Darjeeling dapat bertahan lama di mulut. Jadi, tidak heran bila kesegaran dan kenikmatan rasanya akan tetap terjaga sejak pertama kali mencoba.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ToAtea100% Darjeeling Tea

100% Darjeeling Tea 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.900
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.900
Agak Murah

Cocok untuk menemani momen tea-time

Bukan rahasia lagi bahwa teh dapat membuat pikiran dan badan menjadi relaks. Hal itu berkat kandungan yang ada di dalam teh, seperti kafein dan l-theanine


Untuk Anda yang habis dikejar deadline atau sedang stres dengan aktivitas harian, luangkan waktu sejenak untuk tea-time. Istirahatkan pikiran dan tubuh Anda dengan menyeduh teh Darjeeling dari ToAtea. Jangan lupa untuk menikmatinya bersama kue atau biskuit kesukaan Anda, ya.

No.3

Pure MatchaArtisan Tea Cafe - Darjeeling Black Tea

Harga referensi
Rp2.500
Lebih Murah

Tersedia ukuran besar dengan harga bersaing!

Bagi Anda yang memiliki usaha minuman, penggunaan teh Darjeeling ini merupakan langkah yang tepat. Produk yang satu ini memiliki pilihan ukuran besar dengan harga yang relatif terjangkau.


Jika ragu dengan rasanya, Anda bisa mencoba ukuran paling kecil terlebih dahulu. Ukuran 10 gram bisa Anda beli dengan harga kurang dari 5 ribu rupiah saja, lho. Murah sekali, bukan?

No.4

Bloom Tea BlossomBlack Darjeeling

Black Darjeeling 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.900
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.900
Agak Murah

Nikmatnya teh Darjeeling yang dipetik saat musim gugur

Teh Darjeeling ini menghadirkan rasa yang khas untuk para pencinta teh hitam klasik. Teh ini dipetik saat musim gugur dan menghasilkan karakter teh yang earthy, floral, serta fruity dengan astringency yang mild. Teh ini lezat diminum langsung ataupun ditambahkan dengan condiment lain, seperti susu. Dibuat menjadi milk tea pun rasa tehnya tetap terasa nikmat!

No.5

ReksoTasseo Premium Darjeeling

Harga referensi
Rp50.400
Menengah

Hasilkan rasa dan aroma teh Darjeeling premium

Keunikan dari teh Darjeeling ini adalah dikemas dalam kantong teh jala berbentuk piramida yang besar. Dengan begitu, teh ini sangat mudah diekstraksi. Kantong teh jalanya pun dikemas dalam kantong foil yang dapat menjaga aroma dan rasa agar tahan lama.

Ketika diseduh, Anda akan mendapatkan teh Darjeeling dengan rasa dan aroma premium yang sangat nikmat. Inilah teh pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati cita rasa Darjeeling tea kelas atas.
No.6

GryphonContessa Grey

Harga referensi
Rp210.000
Agak Mahal

Tea blend yang unik dan kaya rasa

Gryphon merupakan merek perusahaan teh asal Singapura. Gryphon memiliki beragam varian teh, salah satunya tea blend unik yang satu ini. Tea blend ini merupakan percampuran Darjeeling black tea, Mediterranean eucalyptus, daun shiso Jepang, dan orange blossom.


Black tea-nya ditambahkan minyak bergamot sehingga rasanya akan mengingatkan Anda pada teh Earl Grey. Namun, teh ini lebih kaya rasa berkat hint citrus, floral, dan finishing mentol dari percampuran bahan-bahan tersebut. Anda tertarik mencobanya?

No.7

Bensons TeaRoyal Darjeeling

Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Unik, ada sensasi rasa woody yang lembut

Teh Darjeeling memang terkenal akan rasanya yang unik. Anda mungkin akan menangkap rasa khas teh Darjeeling yang fruity dan floral. Namun, ada juga teh Darjeeling yang memiliki sensasi woody yang lembut. Contohnya adalah teh Darjeeling premium dari Bensons Tea ini. Dengan keunikan hint rasa tersebut, disajikan tanpa pemanis maupun pakai pemanis sama enaknya!

No.8

TWG Royal DarjeelingFTGFOP1

Harga referensi
Rp380.000
Lebih Mahal

Penggunaan daun teh dari berbagai penjuru Himalaya

Salah satu keunggulan TWG Tea Royal Darjeeling adalah penggunaan daun teh dari berbagai negara di area Himalaya. Tak perlu diragukan lagi, rasanya yang menyerupai rasa aprikot yang matang sangat enak. Teh Darjeeling ini juga memiliki warna yang cerah dan berkilau. Produk ini sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari saat Anda berada di tengah-tengah kesibukan.

No.9

Ahmad TeaDarjeeling Tea - Teabags

Harga referensi
Rp57.800
Menengah

Perpaduan rasa dari daun teh yang dipetik di dua musim

Ahmad Tea Darjeeling Tea memadukan daun teh yang dipetik dari dua musim, first flush dan second flush. Anda tentu bisa membayangkan keunikan rasanya, bukan? Produk yang memiliki warna cerah keemasan ini menawarkan rasa sesegar bunga dan semanis anggur. Teh ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengembalikan semangat setelah menjalani hari panjang yang melelahkan.
No.10

DilmahDarjeeling

Harga referensi
Rp236.550
Agak Mahal

Isi tea bag-nya banyak, tidak repot bolak-balik belanja

Dilmah Darjeeling dipasarkan dalam kemasan dus berisi seratus kantong teh. Setiap kantong tehnya dibungkus dalam amplop. Dengan begitu, tehnya tetap higienis setelah dus dibuka meski isinya banyak

Jika Anda sering menyajikan teh untuk sekeluarga, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk ini. Terlebih lagi, rasa teh ini sangat lembut dan ringan sehingga seluruh anggota keluarga pasti menyukainya.

Tips membuat teh Darjeeling dengan kantong teh

Tips membuat teh Darjeeling dengan kantong teh

Dalam daftar rekomendasi produk, Anda juga menemukan teh Darjeeling dalam bentuk teh celup. Teh celup mudah digunakan karena sangat praktis. Ada anggapan bahwa teh celup tidaklah seenak daun teh yang diseduh secara langsung.


Agar hasil seduhan teh celup optimal, Anda bisa memperhatikan suhu air dan lama waktu penyeduhan. Tentu saja rasio air dan daun teh juga perlu ditakar. Rasa teh celup tidak kalah lezat dari teh seduh bila Anda membuatnya dengan benar. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut.


  • Hangatkan cangkir dengan menuangkan air panas terlebih dulu.
  • Buang air tersebut saat cangkir sudah hangat
  • Tuangkan air mendidih ke cangkir, kemudian masukkan kantong teh.
  • Tutup cangkir agar aroma teh tidak hilang.
  • Keluarkan kantong teh dari cangkir tanpa menggoyangkan atau memerasnya secara berlebihan.

Akan lebih mudah melakukan langkah-langkah di atas bila Anda menggunakan cangkir bertutup. Jika tidak ada, gunakanlah piring kecil sebagai penutup.


Perlu diperhatikan bahwa waktu pembuatan teh berbeda-beda tergantung tiap merek teh. Jadi, periksalah cara membuat teh pada kemasannya terlebih dahulu. Anda akan mendapatkan teh Darjeeling yang nikmat bila meluangkan waktu sebentar untuk menyiapkannya dengan tepat. Selamat mencoba!

Tips dari tea specialist kami, Muhammad Ashfiya

Tips dari tea specialist kami, Muhammad Ashfiya

Teh Darjeeling adalah salah satu teh yang paling banyak dicari karena kemewahan aroma, rasa, dan aftertaste-nya. Saya sangat merekomendasikan untuk meminum teh ini, tetapi pastikan Anda mendapatkan Darjeeling dengan kualitas sangat bagus. Pilihlah non-tea bag type, bahkan kalau bisa langsung dari hasil panen paling baru untuk mendapatkan freshness-nya.


Teh Darjeeling hasil panen second flush biasanya lebih terjangkau dari first flush. Selain itu, aromanya tidak semenarik hasil panen first flush karena jumlahnya lebih banyak.


Pilihlah supplier terpercaya untuk teh Anda karena Darjeeling yang asli sangat langka. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memalsukan region, data panen, bahkan menjual teh non-Darjeeling dengan label Darjeeling. Singkatnya adalah jangan pernah membeli teh Darjeeling sebelum Anda memahaminya dan jangan tergiur dengan harga yang murah.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Jenis teh selain teh Darjeeling juga tidak kalah nikmat. Teh oolong, teh sencha, dan teh melati tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan. Bila Anda penasaran dengan berbagai keunikan rasanya, tidak ada salahnya membaca artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Teh Darjeeling merupakan teh klasik dengan aroma dan rasa yang premium. Ini karena teh Darjeeling ditanam pada perkebunan teh di kaki Gunung Himalaya. Rasa astringen dan muscatel-nya yang khas membuat teh ini memiliki penggemar tersendiri.

Bagaimana dengan Anda? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa menemukan teh Darjeeling yang sesuai dengan selera. Selamat menikmati teh Darjeeling terbaik!

5 Rekomendasi Teh Darjeeling terbaik

No. 1: TwiningsDarjeeling Tea

No. 2: ToAtea100% Darjeeling Tea

No. 3: Pure MatchaArtisan Tea Cafe - Darjeeling Black Tea

No. 4: Bloom Tea BlossomBlack Darjeeling

No. 5: ReksoTasseo Premium Darjeeling

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Teh & kopi
  4. 10 Teh Darjeeling Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.