• 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.

Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Grace Melia
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Therapeutic play practitioner, Grace Melia

Profil pakar: Therapeutic play practitioner, Grace Melia
Grace Melia
Play-based parenting
Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center.


Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih mainan edukasi yang cocok bagi anak berusia 2 sampai 3 tahun. Pengetahuan, kemampuan, dan emosi yang didapat atau dipelajari saat kanak-kanak cenderung berpengaruh besar hingga anak bertumbuh dewasa. Karena itu, pilihlah mainan edukasi yang bisa memaksimalkan potensi anak sejak dini.

Pilihlah berdasarkan kemampuan anak yang ingin Anda kembangkan

Ada berbagai jenis mainan edukasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan anak yang ingin dikembangkan. Baik permainan dengan tema hal yang sudah anak kuasai atau belum, yang terpenting adalah anak dapat memainkannya dengan gembira. Jadi, pilihlah mainan yang menyenangkan sekaligus dapat mengembangkan potensi anak Anda.

Mainan balok untuk meningkatkan ketertarikan pada bentuk dan warna

Mainan balok untuk meningkatkan ketertarikan pada bentuk dan warna
Mainan bongkar pasang seperti balok susun akan merangsang kreativitas anak. Permainan balok akan menjadi fondasi pra-matematika bagi si kecil. Selain itu, dengan menyusun balok-balok menjadi bentuk tertentu, anak-anak bisa mulai mengenali bermacam bentuk dan warna yang ada. Bentuk balok yang simpel juga membuat anak Anda mampu membangun beragam bentuk sesuai ide dan keinginannya.

Mainan untuk bermain peran akan membantu mengembangkan aspek emosi dan sosial anak

Mainan untuk bermain peran akan membantu mengembangkan aspek emosi dan sosial anak
Pada kisaran usia 2 sampai 3 tahun, anak gemar mengamati dan mengimitasi apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Dengan berakting layaknya orang dewasa, anak dapat mengembangkan berbagai emosi. Anda pun bisa mengajari berbagai aturan dan etiket yang berlaku saat anak berakting layaknya orang dewasa. Karena itu, kami merekomendasikan mainan jenis ini untuk dimainkan bersama anak Anda. 

Salah satu mainan yang bisa digunakan untuk bermain peran misalnya set rumah-rumahan atau peralatan masak. Dengan mainan tersebut anak Anda bisa berperan seperti ayah atau ibu yang sedang mengurus pekerjaan rumah atau menyiapkan makanan. 


Selain itu, ada juga mainan boneka yang dapat dimainkan seolah anak Anda sedang menjaga adik kecilnya. Jenis mainan seperti ini mampu melatih daya imajinasi anak serta terasa sangat seru untuk dimainkan. 

Mainan playdough dan clay untuk stimulasi motorik halus dan pra-menulis

Mainan playdough dan clay untuk stimulasi motorik halus dan pra-menulis
Anak-anak yang berusia 2 sampai 3 tahun mulai terampil dalam mengoordinasi pergerakan tangannya. Mereka sudah mulai bisa melakukan pergerakan motorik halus. Tangannya pun mulai terampil memegang dan membentuk sesuatu.

Jika ingin melatih ketangkasan jari-jari tangan anak Anda, pilihlah mainan seperti lilin (playdough), tanah liat (clay), mainan bongkar pasang, dan sebagainya. Dengan mainan seperti ini, anak dapat melatih tangannya sambil bermain. Ia juga bisa meningkatkan kepekaan terhadap bahan dan tekstur mainan yang beragam. 

Mainan huruf dan kata untuk membantu meningkatkan serta menambah kosakata anak

Mainan huruf dan kata untuk membantu meningkatkan serta menambah kosakata anak
Anak-anak pada rentang usia ini biasanya mulai lancar berbicara. Pelafalan kata-katanya pun mulai mudah dimengerti. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap dan mempelajari kata-kata baru, Anda dapat memilih mainan berbentuk huruf. Selain itu, mainan yang bisa mengeluarkan suara berupa kata-kata juga bagus untuk membantu anak belajar kata baru. 

Sekarang ini, sudah banyak mainan untuk belajar kata-kata bahasa Inggris beserta pelafalannya yang ditujukan bagi anak-anak. Mainan seperti ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mengenalkan dan mengajari anak Anda bahasa Inggris sedari dini. Gunakanlah mainan huruf ini untuk menambah kosakata anak Anda.

Mainan instrumen untuk melatih anak mengenali tangga nada

Mainan instrumen untuk melatih anak mengenali tangga nada

Anak-anak usia 2–3 tahun tidak hanya bisa mengenali suara keras yang dihasilkan mainannya, tetapi sudah bisa membedakan tinggi rendahnya nada. Anak-anak usia 2–3 tahun bisa diundang untuk mengenali ragam bunyi, keras dan pelan serta rendah dan tinggi. Mainan instrumen musik dapat menjadi pilihan untuk menstimulasi untuk indera pendengaran anak.


Anda dapat memilih mainan seperti xylophone yang menghasilkan suara berbeda saat anak Anda memukul bilah-bilahnya. Saat anak Anda sudah beranjak besar dan duduk di sekolah dasar, mainan ini tetap seru untuk dimainkan. Hal ini karena anak sudah bisa memadukan nada-nada yang ada pada tangga nada dengan lebih harmonis. 

Pilihlah mainan yang aman dimainkan sesuai usia dan kemampuan anak

Pilihlah mainan yang aman dimainkan sesuai usia dan kemampuan anak
Biasanya, label target usia yang terdapat pada kemasan mainan dianggap mewakili tingkat kesulitan permainan. Label ini tidak hanya mewakili tingkat kesulitan permainan melainkan juga informasi standar usia yang aman bagi anak untuk memainkannya.

Anak kecil gemar memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya dan keseimbangan tubuhnya pun belum sempurna. Hal ini membuat mainannya dapat menimbulkan cedera serius jika tidak diperhatikan. 


Mainan dengan bagian-bagian yang kecil memiliki kemungkinan tertelan tanpa sengaja. Mainan dengan sudut agak tajam bisa melukai anak usia kecil sehingga biasanya ditujukan bagi anak yang lebih besar. Untuk itu, periksalah target usia pada kemasan atau penjelasan dari mainan tersebut agar bisa dimainkan anak secara aman.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan pasir terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Grace Melia.

10

Boneka Husky Dog Bergerak dan Berbunyi

Mulai dari Rp 137.000,00

ManfaatMengembangkan rasa sayang pada hewan
Target usia2 tahun ke atas
9
ManfaatMengajarkan konsep kebersihan kepada anak sedari dini
Target usia3 tahun ke atas
8
ManfaatBelajar warna, melatih koordinasi dan motorik tangan dalam mencocokkan bentuk
Target usia2 tahun ke atas
7

Mainan Edukatif Xylophone 8 Tangga Nada

Mulai dari Rp 62.200,00

ManfaatEksplorasi bunyi
Target usia2 tahun ke atas
6

Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

889-68

Mulai dari Rp 135.000,00

ManfaatMelatih ketangkasan mata dan tangan, melatih kesabaran
Target usia3 tahun ke atas
5
ManfaatMeningkatkan imajinasi anak dengan bermain peran
Target usia3 tahun ke atas
4

Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka

Mulai dari Rp 83.000,00

ManfaatMeningkatkan pemahaman huruf dan angka
Target usia3 tahun ke atas
3
ManfaatMeningkatkan kreativitas dan mengenalkan berbagai binatang
Target usia3 tahun ke atas
2
ManfaatMeningkatkan imajinasi anak
Target usia3 tahun ke atas
1
ManfaatMeningkatkan kreativitas dan merangsang motorik
Target usia3 tahun ke atas

Tabel perbandingan produk mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Gambar produk
1
Goldkids Building Blocks 1

2
Doctor Toys Play Set 1

3
Creative Animal Building Blocks 1

4
Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka 1

5
DIY Dream Kitchen  1

6
Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table  1

7
Mainan Edukatif Xylophone 8 Tangga Nada 1

8
Balok Kayu Geo 4 Bentuk 1

9
Little Helper Cleaning Play Set  1

Little Helper

10
Boneka Husky Dog Bergerak dan Berbunyi 1

Nama produk

Goldkids Building Blocks

Doctor Toys Play Set

Creative Animal Building Blocks

Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka

DIY Dream Kitchen

Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

Mainan Edukatif Xylophone 8 Tangga Nada

Balok Kayu Geo 4 Bentuk

Cleaning Play Set

Boneka Husky Dog Bergerak dan Berbunyi

Keunggulan

Kemampuan berpikir dan kerativitas anak akan terasah melalui proses menyusun balok

Anak Anda bercita-cita menjadi dokter? Belajar dengan mainan ini dulu, yuk!

Belajar eksplorasi kreatif sembari mengenal berbagai jenis binatang

Memperkenalkan huruf dan angka dengan lebih menyenangkan

Bagai dapur sungguhan milik sendiri yang bisa memacu daya imajinasi anak

Ajarkan kesabaran pada anak dengan permainan memancing

Saatnya belajar musik dengan cara yang asyik

Latih motorik halus anak Anda dengan balok kayu warna-warni beragam bentuk

Belajar kebersihan menjadi lebih menyenangkan dengan set produk ini

Alternatif hewan peliharaan di rumah

Harga mulai dariRp 110.000,00Rp 75.000,00Rp 115.000,00Rp 83.000,00Rp 85.200,00Rp 135.000,00Rp 62.200,00Rp 52.000,00Rp 46.000,00Rp 137.000,00
ManfaatMeningkatkan kreativitas dan merangsang motorikMeningkatkan imajinasi anakMeningkatkan kreativitas dan mengenalkan berbagai binatangMeningkatkan pemahaman huruf dan angkaMeningkatkan imajinasi anak dengan bermain peranMelatih ketangkasan mata dan tangan, melatih kesabaran Eksplorasi bunyiBelajar warna, melatih koordinasi dan motorik tangan dalam mencocokkan bentukMengajarkan konsep kebersihan kepada anak sedari diniMengembangkan rasa sayang pada hewan
Target usia3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas2 tahun ke atas2 tahun ke atas3 tahun ke atas2 tahun ke atas
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan untuk anak lainnya di sini!

Selain mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai mainan edukasi untuk usia lainnya. Tak hanya itu, kami juga memiliki artikel tentang aneka mainan anak berdasarkan jenisnya. Penasaran bagaimana cara memilih sekaligus apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Simak informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh mainan edukasi terbaik untuk usia 2 sampai 3 tahun. Apakah Anda sudah berhasil menemukan produk yang paling sesuai untuk anak Anda? 


Dengan memberikan stimulasi yang sesuai pada usia yang tepat, kemampuan anak pun bisa berkembang dengan lebih pesat. Jadikanlah artikel kami ini sebagai referensi bagi Anda dalam memilih mainan edukasi yang cocok untuk putra-putri tercinta. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan kayu memiliki kesan yang hangat dan sederhana. Selain itu, mainan ini cenderung tahan lama dan aman dimainkan, bahkan oleh batita. Berbagai jenis mainan kayu yang ada, mulai dari set puzzle, balok susun, hingga mainan edukatif, mungkin akan membuat Anda bingung saat hendak membelinya untuk anak Anda.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan berbahan kayu yang bagus. Selanjutnya, akan kami perkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda berikan pada si kecil. Mulai dari balok edukasi, sampai marakas kayu, pastikan Anda memilih mainan yang akan menjadi favoritnya!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori