1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2023)

Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Anak akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai dengan usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia tersebut, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.

Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan yang edukatif. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan yang bagus dari berbagai merek, seperti Playgro dan Satu Keluarga. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia.
Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Play-based parenting
Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center. Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Profil Grace Melia
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Permainan apa yang cocok untuk anak usia 2 tahun hingga 3 tahun?

Usia 2 tahun hingga 3 tahun merupakan masa si kecil gemar mengeksplorasi hal-hal baru. Selain sedang menguasai cara berjalan, pada usia 2–3 tahun bahasa anak juga mulai berkembang. Si kecil pun mulai mengerti apa yang Anda bicarakan dan mengekspresikan perasaannya lewat kata-kata pendek. 


Karena itu, anak usia 2 tahun atau lebih perlu diajarkan banyak kosakata baru. Kemudian, mereka juga perlu belajar menggabungkan kata-kata dalam bentuk kalimat pendek. Nah, mainan alat musik, blok huruf dan angka, atau mainan seputar bermain peran cocok dipilih untuk mendukung perkembangannya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih mainan edukasi untuk anak berusia 2–3 tahun. Pengetahuan, kemampuan, dan emosi yang didapat atau dipelajari saat kanak-kanak cenderung berpengaruh besar hingga anak bertumbuh dewasa. Untuk itu, pilihlah mainan edukasi yang bisa memaksimalkan potensi anak sejak dini.

① Pilihlah berdasarkan kemampuan anak yang ingin Anda kembangkan

Ada berbagai jenis mainan edukasi yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan anak yang ingin dikembangkan. Tak masalah meski anak belum menguasai permainan, hal yang terpenting adalah ia dapat memainkannya dengan gembira. Yuk, pilih mainan yang menyenangkan sambil mengembangkan potensi si buah hati!

Mainan balok, untuk meningkatkan ketertarikan pada bentuk dan warna

Mainan balok, untuk meningkatkan ketertarikan pada bentuk dan warna
Mainan bongkar pasang, seperti balok susun akan merangsang kreativitas anak. Permainan balok akan menjadi fondasi matematika bagi si kecil. Selain itu, dengan menyusun balok-balok menjadi bentuk tertentu, anak-anak bisa mulai mengenali bermacam bentuk dan warna yang ada. Bentuk balok yang simpel juga membuat anak Anda mampu membangun beragam bentuk sesuai ide dan keinginannya.

Mainan tentang bermain peran, akan membantu mengembangkan aspek emosi dan sosial anak

Mainan tentang bermain peran, akan membantu mengembangkan aspek emosi dan sosial anak
Pada usia 2 sampai 3 tahun, anak gemar mengamati dan mengimitasi apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Dengan berakting layaknya orang dewasa, anak dapat mengembangkan berbagai emosi. Anda pun bisa mengajari berbagai aturan dan etiket yang berlaku saat anak berakting layaknya orang dewasa. Jadi, kami merekomendasikan mainan jenis ini untuk dimainkan bersama anak Anda. 

Beberapa mainan yang bisa digunakan, yakni set rumah-rumahan, peralatan masak, set memancing, ataupun peralatan dokter. Selain itu, ada juga mainan boneka hewan yang dapat dimainkan seolah si kecil sedang bersama peliharaannya. Jenis mainan-mainan tersebut mampu melatih daya imajinasi anak serta terasa sangat seru untuk dimainkan.

Mainan playdough dan clay, untuk stimulasi motorik halus dan pra-menulis

Mainan playdough dan clay, untuk stimulasi motorik halus dan pra-menulis
Anak-anak yang berusia 2 sampai 3 tahun mulai terampil dalam mengoordinasi pergerakan tangannya. Mereka sudah mulai bisa melakukan pergerakan motorik halus. Tangannya pun mulai terampil memegang dan membentuk sesuatu.

Jika ingin melatih ketangkasan jari-jari tangan anak Anda, pilihlah mainan seperti lilin (playdough) dan tanah liat (clay). Dengan mainan seperti ini, anak dapat melatih tangannya sambil bermain. Ia juga bisa meningkatkan kepekaan terhadap bahan dan tekstur mainan yang beragam

Mainan huruf dan kata, untuk membantu meningkatkan serta menambah kosakata anak

Mainan huruf dan kata, untuk membantu meningkatkan serta menambah kosakata anak
Anak-anak pada rentang usia ini biasanya mulai lancar berbicara. Pelafalan kata-katanya pun mulai mudah dimengerti. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap dan mempelajari kata-kata baru, Anda dapat memilih mainan berbentuk huruf. Selain itu, mainan yang bisa mengeluarkan suara berupa kata-kata juga bagus untuk membantu anak belajar kata baru. 

Sekarang ini, sudah banyak mainan untuk belajar kata-kata bahasa Inggris beserta pelafalannya yang ditujukan bagi anak-anak. Mainan seperti ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mengenalkan dan mengajari anak Anda bahasa Inggris sedari dini. Gunakanlah mainan huruf ini untuk menambah kosakata anak Anda.

Mainan instrumen, untuk melatih anak mengenali tangga nada

Mainan instrumen, untuk melatih anak mengenali tangga nada

Anak-anak usia 2–3 tahun tidak hanya bisa mengenali suara keras yang dihasilkan mainannya. Ia juga sudah bisa membedakan tinggi rendahnya nada. Anak-anak usia 2–3 tahun bisa diajar untuk mengenali ragam bunyi, keras dan pelan, serta rendah dan tinggi. Mainan instrumen musik dapat menjadi pilihan untuk menstimulasi untuk indera pendengaran anak.


Anda dapat memilih mainan, seperti xylophone atau piano yang menghasilkan suara berbeda saat si kecil memukul bilah-bilahnya. Saat anak Anda sudah beranjak besar dan duduk di sekolah dasar, mainan ini tetap seru untuk dimainkan. Hal ini karena anak sudah bisa memadukan nada-nada yang ada pada tangga nada dengan lebih harmonis. 

② Pastikan mainannya aman dimainkan sesuai usia dan kemampuan anak

Pastikan mainannya aman dimainkan sesuai usia dan kemampuan anak
Biasanya, label target usia yang terdapat pada kemasan mainan dianggap mewakili tingkat kesulitan permainan. Selain mewakili tingkat kesulitan permainan, label juga memberikan informasi standar usia yang aman bagi anak untuk memainkannya.

Anak kecil gemar memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya serta keseimbangan tubuhnya pun belum sempurna. Hal ini membuat mainannya dapat menimbulkan cedera serius jika tidak diperhatikan. 


Mainan dengan bagian-bagian yang kecil memiliki kemungkinan tertelan tanpa sengaja. Mainan dengan sudut agak tajam bisa melukai anak usia kecil sehingga biasanya ditujukan bagi anak yang lebih besar. Untuk itu, periksalah target usia pada kemasan atau penjelasan dari mainan tersebut agar bisa dimainkan anak secara aman.


Apabila Anda tertarik untuk mencari mainan edukasi yang sesuai dengan umur si kecil, intip artikel-artikel berikut ini, ya. Anda akan menemukan mainan terbaik untuk anak usia 1 tahun serta 4–6 tahun. Selamat berburu!

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Grace Melia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Edufuntoys

Medium Chunky Puzzle

Edufuntoys  Medium Chunky Puzzle 1枚目

Memperkenalkan huruf dan angka jadi lebih mudah

2

Theona Tata

Puzzle Balok GEO 6 Bentuk

Theona Tata  Puzzle Balok GEO 6 Bentuk  1枚目

Latih motorik halus anak dengan balok kayu warna-warni beragam bentuk

3

Shiny Star

Mainan Pancingan 3-in-1

Shiny Star  Mainan Pancingan 3-in-1 1枚目

Ajarkan kesabaran pada anak dengan permainan memancing

4

Little Helper

Cleaning Play Set

Little Helper  Cleaning Play Set 1枚目

Belajar tentang kebersihan menjadi lebih menyenangkan dengan set produk ini

5

Deli

Antibacterial Clay

Deli Antibacterial Clay 1枚目

Mainan clay yang wangi dan antibakteri

6

Omachatoys

Puzzle Varian Safari Mainan Edukasi Kayu

Omachatoys  Puzzle Varian Safari Mainan Edukasi Kayu 1枚目

Belajar eksplorasi kreatif sembari mengenal berbagai jenis binatang

7

Superior Toys

Husky Electronic Walking Dog

Superior Toys  Husky Electronic Walking Dog 1枚目

Alternatif hewan peliharaan untuk anak di rumah

8

Playgro

Music Class Xylophone

Playgro Music Class Xylophone 1枚目

Saatnya belajar musik dengan cara yang asyik

9

Satu Keluarga

Mainan Mini Electronic Kitchen Set

Satu Keluarga  Mainan Mini Electronic Kitchen Set  1枚目

Bagai dapur sungguhan milik sendiri yang bisa memacu daya imajinasi anak

10

Happy Toon

Paw Patrol Doctor Set Bag Toy

Happy Toon Paw Patrol Doctor Set Bag Toy  1枚目

Anak Anda bercita-cita menjadi dokter? Belajar dengan mainan ini dulu, yuk!

Perincian produk
Close
No.1

Edufuntoys Medium Chunky Puzzle

Mulai dari Rp39.900,00

Memperkenalkan huruf dan angka jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan kayu yang ramah lingkungan 

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan bahwa huruf-hurufnya agak susah untuk diambil karena erat menempel

Meski masih berusia 3 tahun, tidak ada salahnya Anda mulai memperkenalkan huruf dan angka pada anak dengan cara menyenangkan. Jika Anda setuju dengan kami, produk keluaran Edufuntoys ini bisa Anda pertimbangkan.


Mainan ini berbentuk serupa puzzle yang mengharuskan anak untuk mencocokkan dan memasukkan huruf atau angkanya. Jadi, permainan ini tidak hanya membuat anak belajar mengenal huruf dan angka, tetapi juga melatih kemampuan motoriknya. Produk warna-warni ini bisa juga dijadikan sebagai hadiah saat anak pertama kali masuk sekolah.

No.2

Theona Tata Puzzle Balok GEO 6 Bentuk PE01

Mulai dari Rp24.540,00

Latih motorik halus anak dengan balok kayu warna-warni beragam bentuk

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan EVA/spons yang ringan dan lembut

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengungkapkan bahwa tiangnya kurang kokoh

Mainan yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin memperkenalkan beragam bentuk bangun datar pada anak. Dengan produk dari Theona Tata ini, Anda bisa mengenalkan bentuk lingkaran, segitiga, dan segiempat.


Pada setiap balok terdapat lubang untuk dimasukkan ke papan. Dengan begitu, anak Anda juga bisa melatih motorik halusnya saat memasukkan balok ke tempat yang sesuai.

No.3

Shiny Star Mainan Pancingan 3-in-1

Mulai dari Rp139.000,00

Ajarkan kesabaran pada anak dengan permainan memancing

Kelebihan:

  • Dilengkapi juga dengan mainan track racers penguin dan mini piano

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa bahannya mudah pecah

Apakah Anda ingin meningkatkan ketangkasan tangan dan koordinasi mata anak Anda? Jika iya, produk ini cocok untuk dipilih. Dengan produk ini, anak Anda bisa bermain memancing ikan, menyerok figurine hewan laut, dan menuangkan air.


Selain bersenang-senang, anak-anak juga bisa berlatih kesabaran ketika berusaha menangkap dan mengumpulkan ikan-ikan yang ada. Anda pun bisa ikut bermain menemani anak Anda guna meningkatkan interaksi dan komunikasi yang hangat dengan si kecil.

No.4

Little Helper Cleaning Play Set 667-13

Mulai dari Rp52.900,00

Belajar tentang kebersihan menjadi lebih menyenangkan dengan set produk ini

Kelebihan:

  • Material plastik yang digunakannya ringan dan aman

Kekurangan:

  • Terdapat beberapa ulasan yang mengatakan bahwa bahannya mudah pecah

Bagi Anda yang ingin mengajarkan kebersihan pada anak tercinta sejak dini, produk berikut ini bisa menjadi pilihan. Produk yang berisi beberapa alat kebersihan dengan beragam fungsi ini pas dijadikan sarana bermain peran bersama anak Anda.


Sebagai contoh, anak Anda bisa berperan sebagai ibu rumah tangga yang sedang membersihkan rumah. Dengan begitu, anak pun akan lebih cepat mengerti konsep menjaga kebersihan dan menggunakan alat-alat kebersihan dengan benar. 

No.5

Mainan clay yang wangi dan antibakteri

Kelebihan:

  • Bahannya antibakteri, wangi, teksturnya lembut, dan warnanya tidak luntur

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan produknya cepat kering jika terlalu lama terkena udara

Pilihlah mainan keluaran Deli ini apabila Anda ingin melatih ketangkasan jari-jari tangan si kecil. Antibacterial Clay ini tersedia dalam berbagai warna colorful yang bisa anak Anda mainkan. Karena produk ini sangat elastis dan mudah dibentuk, si kecil pun bisa bebas berkreasi sesuka hati. Sembari memainkannya, anak Anda juga bisa belajar mengenal warna-warna. 

No.6

Omachatoys Puzzle Varian Safari Mainan Edukasi Kayu

Mulai dari Rp23.375,00

Belajar eksplorasi kreatif sembari mengenal berbagai jenis binatang

Kelebihan:

  • Produknya sudah bersertifikat SNI
  • Bahan kayunya tebal sekaligus ringan

Kekurangan:

  • Apabila disimpan di tempat yang lembap atau terkena air akan mudah berjamur

Anda berniat mengenalkan berbagai bintang sekaligus melatih sisi kreatif anak? Mainan dari Omocha Toys ini bisa menjadi pilihan yang pas. Saat memainkan puzzle ini, daya pikir anak Anda akan terasah karena dia bisa mengeksplorasi berbagai cara agar dapat menyusunnya. 


Mainan ini juga memiliki lima seri binatang yang menarik, mulai dari binatang laut, ternak, hingga hewan liar. Karena harganya cukup terjangkau, Anda pun bisa memborongnya tanpa membuat isi dompet jadi kering.

No.7

Superior Toys Husky Electronic Walking Dog

Mulai dari Rp150.000,00

Alternatif hewan peliharaan untuk anak di rumah

Kelebihan:

  • Terdapat lagu yang akan membuat si kecil makin happy 

Kekurangan:

  • Belum termasuk baterai AA 3 pcs 

Mengajari anak untuk menyayangi binatang bisa dilakukan sejak mereka kecil. Anda bisa melakukannya dengan produk ini. Mainan ini hadir untuk menjadi alat bermain sekaligus sarana belajar si kecil dalam merawat binatang peliharaan. 


Produk berbentuk anjing ini bisa bergerak dan mengeluarkan suara, serta memiliki tali yang membuatnya seolah bisa diajak jalan-jalan. Mainan ini bisa menjadi alternatif jika si kecil ingin memiliki hewan peliharaan, tetapi kondisi belum memungkinkan. Anda bisa mengajak si kecil berpura-pura memiliki pet dengan mainan ini!

No.8

PlaygroMusic Class Xylophone6386389

Mulai dari Rp329.000,00

Saatnya belajar musik dengan cara yang asyik

Kelebihan:

  • Selain dapat dijadikan xylophone, produk ini juga dilengkapi dengan tuts piano yang dapat dimainkan anak

Kekurangan:

  • Produknya tidak tahan terhadap air 

Music Class Xylophone dari Playgro dengan lima tangga nada ini bisa membantu anak untuk belajar mengeksplorasi bunyi. Dengan memainkannya, si kecil bisa menikmati bunyi yang ia hasilkan saat memukul xylophone.


Selain itu, gerak motorik halus anak pun akan terlatih saat ia berusaha mencari irama yang pas ketika memainkannya. Dengan menggunakan mainan ini, Anda bisa mengenalkan musik pada anak sejak usia dini dengan cara yang menyenangkan.

No.9

Satu Keluarga Mainan Mini Electronic Kitchen Set SK-M26

Mulai dari Rp98.888,00

Bagai dapur sungguhan milik sendiri yang bisa memacu daya imajinasi anak

Kelebihan:

  • Kompornya dilengkapi lampu yang bisa menyala seperti api 

Kekurangan:

  • Belum termasuk baterai AA 3 pcs


Biasanya, anak usia dini gemar memperhatikan dan penasaran dengan aktivitas ibunya di dapur. Dengan produk dari Satu Keluarga ini, Anda bisa mengajak anak bermain masak-masakan menggunakan peralatannya sendiri. Hal ini tentu akan melatih kreativitas dan daya imajinasi anak.


Produk ini sudah dilengkapi dengan beragam sayuran, buah-buahan plastik berwarna-warni, dan perabotan dapurnya. Menariknya lagi, kompornya bisa menyala dan mengeluarkan suara seperti sedang memasak betulan, lho. Bukan hanya memasak, dengan mainan ini si kecil bisa belajar membiasakan diri mencuci perabotan setelah bermain.

No.10

Happy ToonPaw Patrol Doctor Set Bag Toy NB-04412

Mulai dari Rp110.000,00

Anak Anda bercita-cita menjadi dokter? Belajar dengan mainan ini dulu, yuk!

Kelebihan:

  • Desain dan ukurannya compact, mudah dibawa bepergian
  • Hadir dengan motif karakter Paw Patrol yang digemari anak-anak

Kekurangan:

  • Hanya terdapat satu pilihan warna 

Menjadi dokter adalah salah satu cita-cita yang sering disebutkan oleh anak-anak. Apabila anak Anda bercita-cita menjadi dokter atau suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan profesi dokter, berikanlah mainan ini.


Mainan dari Happy Toon ini terdiri dari satu paket peralatan kedokteran. Ada dua belas jenis mainan, seperti stetoskop, alat bedah, dan jarum suntik yang semuanya berukuran mini. Anda bisa berpura-pura menjadi pasien dan anak Anda menjadi dokternya. Dengan bermain peran seperti ini, kepekaan emosi dan sosial anak akan berkembang dengan baik.

Baca juga rekomendasi mainan anak lainnya di sini

Selain mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai mainan anak lainnya. Ada mainan alat musik, mainan pasir, dan mainan gelembung sabun yang bisa dipilih. Penasaran bagaimana cara memilih sekaligus apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Simak informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh mainan edukasi terbaik untuk usia 2 sampai 3 tahun. Apakah Anda sudah berhasil menemukan produk yang paling sesuai untuk anak Anda? 


Dengan memberikan stimulasi yang sesuai pada usia yang tepat, kemampuan anak pun bisa berkembang dengan lebih pesat. Jadikanlah artikel kami ini sebagai referensi bagi Anda dalam memilih mainan edukasi yang cocok untuk putra-putri tercinta. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer