• 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2020)

Pada usia 2-3 tahun, anak mengalami perkembangan yang pesat, seperti mulai banyak berbicara dan sudah mulai bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana. Banyak juga orang yang berkata bahwa usia ini disebut golden age, yaitu usia di mana terjadi perkembangan signifikan baik dari segi kepribadian maupun kemampuan.

Untuk perkembangan yang optimal, Anda perlu memberikan mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2 sampai 3 tahun serta memberikan rekomendasi mainan terbaik untuk referensi Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Putri Normalita
Helenamantra
  • Pembaharuan terakhir: 15 Mei 2020
  • 45.716 Views
Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih mainan edukasi yang cocok bagi anak berusia 2 sampai 3 tahun. Pengetahuan, kemampuan, dan emosi yang didapat atau dipelajari saat anak berusia 3 tahun, cenderung berpengaruh besar, bahkan hingga anak bertumbuh dewasa. Karena itu, pilihlah mainan edukasi yang bisa memaksimalkan potensinya sejak dini.

Pilihlah berdasarkan kemampuan anak yang ingin Anda kembangkan

Anda berbagai jenis mainan edukasi sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan anak yang ingin Anda kembangkan. Pilihlah mainan yang bisa meningkatkan kemampuan anak Anda. Baik permainan bertemakan hal yang sudah dia kuasai, atau hal yang belum dikuasainya, yang terpenting adalah dia dapat memainkannya dengan gembira.

Mainan untuk melatih gerak motorik tangan anak

Mainan untuk melatih gerak motorik tangan anak
Pada anak-anak berusia 3 tahun, keterampilannya mulai berkembang sehingga memungkinkan mereka untuk menyusun dengan baik mainan yang memiliki bagian-bagian kecil. Pilihlah mainan yang membuat anak Anda perlu menggerakkan jari-jarinya agar merangsang motorik halusnya, contohnya mainan balok-balok yang dibongkar-pasang.

Mainan untuk melatih daya imajinatif anak

Mainan untuk melatih daya imajinatif anak
Pada kisaran usia 2 sampai 3 tahun, anak gemar mengamati dan mengimitasi orang dewasa di sekitarnya. Beberapa di antaranya, yaitu berperan menjadi ibu rumah tangga, mengasuh boneka sebagai anak, serta bertindak layaknya orang dewasa dengan menirukan berbagai kata dan emosi yang diamatinya. Untuk itu, pilihlah mainan yang bisa membuat anak Anda menirukan peran sebanyak mungkin, seperti mainan masak-masakan, dokter-dokteran, dan sebagainya.

Mainan untuk meningkatkan dan menambah kosakata anak

Mainan untuk meningkatkan dan menambah kosakata anak
Anak-anak pada rentang usia ini biasanya mulai banyak berbicara dan pelafalan kata-katanya juga sudah mulai mudah dimengerti. Hingga anak Anda beranjak dewasa, tentu saja mereka akan tetap menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan perasaan atau pikirannya. Karena pada usia ini kemampuan menyerap kata-kata berkembang lebih cepat, pilihlah mainan yang bisa meningkatkan pembendaharaan kosakata anak Anda, seperti permainan menyusun huruf-huruf. Anda juga bisa memperkenalkan berbagai kosakata baru dengan menggunakan mainan ini.

Mainan untuk meningkatkan kreativitas anak

Mainan untuk meningkatkan kreativitas anak
Mainan sederhana yang bisa menggali ide-ide dalam diri anak Anda, seperti bongkar-pasang, lilin mainan, dan sebagainya juga direkomendasikan untuk meningkatkan kreativitas anak. Mainan yang bisa dibuat atau dibentuk sesuai dengan keinginan anak Anda tentunya bisa menjadi mainan edukasi yang cocok bagi anak berusia 2 sampai 3 tahun.

Pilihlah mainan yang aman dimainkan sesuai usia anak

Pilihlah mainan yang aman dimainkan sesuai usia anak
Biasanya, label target usia yang terdapat pada kemasan mainan dianggap mewakili tingkat kesulitan permainan. Namun, pada kenyataannya label tersebut merupakan standar usia yang aman bagi anak untuk memainkan mainan tersebut. Anak kecil gemar membicarakan berbagai hal, tetapi belum dapat mengatur keseimbangannya dengan baik. Karena itu, tak jarang mainan-mainan yang belum sesuai dengan umurnya malah membuatnya terluka.
Mainan dengan bagian-bagian yang kecil memiliki kemungkinan tidak sengaja tertelan. Di samping itu, mainan yang memiliki sudut agak tajam dengan bahan yang keras juga biasanya diatur untuk anak berusia lebih tua. Untuk itu, mari periksa anjuran umur pada kemasan atau penjelasan dari mainan tersebut agar bisa lebih sesuai dengan anak Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Sekarang, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah mainan yang paling cocok bagi anak Anda.
10

Mainan Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara

Rp 155.000,00

9
8
7
6

Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

No.889-68

Rp 195.000,00

5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 sampai 3 tahun

Gambar produk
1
Goldkids Building Blocks 1

Goldkids

2
Doctor Toys Play Set 1

3
3D Animal Block Puzzle 1

4
Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka 1

5
DIY Dream Kitchen  DIY Dream Kitchen 1

DIY Dream Kitchen

6
Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table  1

7
Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada 1

8
Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk 1

9
Little Helper Momo Little Helper  1

Little Helper

10
Mainan Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara 1

Nama produk

Building Blocks

Doctor Toys Play Set

3D Animal Block Puzzle

Mainan Edukasi Puzzle Alfabet dan Angka

DIY Dream Kitchen

Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

Mainan Edukatif Kulintang 8 Tangga Nada

Mainan Edukatif Geometri 4 Bentuk

Momo Little Helper

Mainan Boneka Anjing yang Bisa Bergerak dan Bersuara

KeunggulanMaksimalkan kecerdasan anak...Anak Anda bercita-cita menj...Belajar bereksplorasi kreat...Memperkenalkan huruf dan an...Bagai dapur sungguhan milik...Mengajarkan pentingnya kesa...Mengenalkan musik pada anak...Latih motorik halus anak An...Belajar kebersihan menjadi ...Ajari anak Anda menyayangi ...
HargaRp 107.500,00Rp 65.000,00Rp 165.000,00Rp 85.000,00Rp 75.000,00Rp 195.000,00Rp 69.000,00Rp 52.000,00Rp 87.000,00Rp 155.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan 10 mainan edukasi terbaik untuk usia 2 sampai 3 tahun. Apakah Anda sudah berhasil menemukan produk yang paling sesuai untuk anak Anda? Dengan membersikan stimulasi yang tepat pada usia yang tepat, kemampuan anak pun bisa berkembang dengan lebih pesat.
Karenanya, silakan jadikan artikel kami sebagai referensi bagi Anda dalam memilih produk yang cocok bagi anak Anda. Memilihnya bersama dengan si kecil juga ide bagus. Nah, selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    341.873 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    130.454 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    183.199 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    155.883 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    112.825 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    100.565 Views
  • 10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan ketika cuaca sedang panas. Sayangnya, Anda tidak selalu dapat pergi ke laut atau ke kolam renang bersama anak-anak. Meski begitu, semua tetap bisa bermain air dengan gembira di rumah menggunakan kolam renang berbahan vinil.Namun, tunda membeli kolam renang anak sebelum membaca poin-poin pemilihan dalam artikel ini. Lebih menariknya, akan ada rekomendasi produk-produk terbaik yang nantinya bisa Anda pertimbangkan, misalnya merek Intex dan Bestway. Wah, anak-anak pasti gembira memiliki kolam renang vinil untuk digunakan saat cuaca panas!
    Ibu & anak
    15.877 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori