10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jam meja sangat mudah dipindahkan, Anda bisa meletakkannya di ruang mana pun sesuai kebutuhan. Di pasaran, terdapat berbagai jenis jam meja yang berbeda desain, warna, fitur, dan harga sehingga mungkin membuat Anda bingung memilih produk. Selain itu, merek jam seperti Seiko, Casio, dan IKEA turut memproduksi jam meja berkualitas.

Karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara memilih jam meja serta memberikan rekomendasi jam meja terbaik pilihan kami yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Mari temukan jam meja favorit Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih jam meja

Agar dapat menemukan jam meja dengan fungsi dan desain yang cocok, tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara memilihnya. Karena itu, sekarang kami akan menjelaskan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih jam meja.

Pilih berdasarkan tipe dan karakteristiknya

Meski sama-sama tergolong jam meja, Anda harus memilih produk sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Misalnya, ada tidaknya alarm dan perbedaan tampilan antara jam meja tipe digital dengan tipe analog. Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan.

Jika memilih jam meja analog, pilih yang jarum detiknya tidak berisik

Jika memilih jam meja analog, pilih yang jarum detiknya tidak berisik

Ketika jarum detik pada jam meja tipe analog bergerak, bunyi berdetik pun terdengar. Hal ini bisa terasa mengganggu di ruangan yang sunyi. Bunyi berdetik tersebut terdengar tiap detik disebabkan step type movement pada struktur internal jam tersebut. Bila tidak ada jarum detik, bunyi tersebut pun akan hilang. Akan tetapi, bila Anda memilih jam meja tipe analog dengan step type movement dan jarum detiknya ada, jam tersebut pasti menimbulkan suara berdetik.

Ada orang yang terganggu konsentrasinya saat membaca atau tidak bisa tidur akibat bunyi berdetik tersebut. Bila Anda cukup sensitif dengan bunyi-bunyian, Anda bisa memilih jam meja tipe analog dengan sweep type movement karena jam seperti ini tidak menimbulkan bunyi berdetik. Meski begitu, bila Anda tetap merasa tidak tenang, jam meja tipe digital sangat direkomendasikan.

Jika memilih jam meja digital, pilih yang indikator waktunya berukuran besar

Jika memilih jam meja digital, pilih yang indikator waktunya berukuran besar

Jam meja tipe digital menampilkan waktu menggunakan angka. Biasanya jam meja digital memiliki banyak tampilan informasi di dalamnya, yaitu menampilkan keterangan waktu, tanggal, hari, suhu kelembapan, dan sebagainya. Oleh karena itu, jam meja jenis digital dapat dengan mudah menggantikan fungsi dari kalendar dan termometer yang Anda miliki di rumah. Meski cukup membantu, banyaknya indikator bisa saja malah membuat Anda merasa kesulitan ketika hendak membaca informasi waktu yang ditampilkan.

Fungsi utama jam meja adalah menginformasikan waktu. Sangat sia-sia bila justru indikator waktunya sulit dilihat. Bila Anda hendak membeli jam meja digital, pilihlah produk dengan indikator waktu berukuran dua kali lebih besar dibandingkan dengan indikator lainnya.

Jika digunakan sebagai jam alarm, pilih yang berfitur snooze dan bisa diganti suara alarmnya

Jika digunakan sebagai jam alarm, pilih yang berfitur snooze dan bisa diganti suara alarmnya

Banyak orang kesulitan untuk bangun di pagi hari. Apalagi, setelah Anda secara tak sengaja mematikan alarm, Anda akan semakin sulit untuk terbangun kembali. Fitur snooze adalah salah satu cara mencegah hal tersebut. Bahkan bila Anda sudah mematikan alarmnya, alarm tersebut akan berbunyi kembali setelah beberapa saat, cocok untuk orang yang sulit bangun di pagi hari.

Terdapat berbagai suara alarm yang berbeda satu sama lain. Anda tidak akan mengetahui suara alarm dari jam pilihan Anda bila Anda belum mendengarnya secara langsung. Karena itu, Anda bisa memilih jam meja yang suaranya dapat diganti sesuai preferensi Anda untuk mencegah Anda memperoleh jam meja yang suara alarmnya tidak Anda sukai.

Pilih produk dengan penangkap sinyal radio bila Anda khawatir ada selisih waktu

Sekalipun jam meja menggunakan baterai atau menggunakan listrik dari stopkontak, kemungkinan terjadinya kesalahan penginformasian waktu tetap saja ada akibat mati listrik atau hal-hal lainnya. Bila hal tersebut terjadi, Anda akan lebih direpotkan karena harus mengatur waktunya secara manual.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memilih jam meja yang dilengkapi dengan penangkap gelombang radio. Jam tersebut akan secara otomatis menangkap sinyal radio yang terpancar di sekitarnya dan mengubah waktu sesuai sinyal tersebut. Dengan begitu, sekalipun jamnya sempat terhenti karena mati listrik, baterai habis, dan sebagainya, waktu yang ditampilkan akan secara otomatis terkoreksi ketika misalnya listriknya kembali stabil atau Anda sudah mengganti baterai. Baik jam digital maupun analog ada yang sudah dilengkapi fitur ini. Terutama untuk Anda yang sangat membutuhkan jam meja untuk dijadikan alarm, fitur ini sangatlah bermanfaat dan membuat Anda tidak terlambat semenit pun. Meski begitu, sayangnya jam dengan fitur ini masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Meskipun tipe jam meja yang dilengkapi sinyal radio tampaknya begitu sempurna, ada hal lain yang harus diperhatikan terkait kapasitasnya dalam menerima sinyal radio yang akan kami bahas di bawah ini.

Letakkan jam meja di tempat yang mudah mendapatkan sinyal radio

Letakkan jam meja di tempat yang mudah mendapatkan sinyal radio

Jam meja dengan penangkap sinyal radio dapat secara otomatis menyesuaikan waktu dengan menerima sinyal seperti radio atau TV. Karena itu, bila Anda menggunakannya di tempat yang sulit terjangkau oleh sinyal radio, misalnya di dalam gedung dan basement, atau meletakkannya di dekat peralatan rumah tangga misanya televisi atau AC, gelombang radionya sulit untuk diterima. Hasilnya, sistem pengoreksian waktu secara otomatisnya tidak bisa dilakukan. Hal yang sama juga berlaku bila Anda menggunakannya di apartemen yang padat.

Ketika membeli jam seperti ini, sangatlah penting untuk mengecek lokasi secara keseluruhan dan memastikan bahwa jam tersebut bisa Anda letakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh sinyal radio, misalnya seperti di samping jendela atau berbagai tempat lainnya. Bila sinyal radio tak bisa ditangkap, pada akhirnya Anda terpaksa harus mematikan fungsi penerimaan sinyal otomatisnya dan mengatur setelan waktunya secara manual.

Pilih yang terdapat penutup agar tidak mudah kotor

Pilih yang terdapat penutup agar tidak mudah kotor

Jam meja juga dapat dijadikan hiasan bagi interior rumah. Meski memiliki desain yang sangat bagus, keindahannya tentu menjadi berkurang jika jam itu kotor oleh debu-debu yang menempel.

Hal ini sering terjadi terutama pada jam meja analog dengan desain stereoskopik, yaitu desain saling bertumpuk antar jarumnya. Jarum jam ditimpa jarum menit, jarum menit ditimpa jarum detik, jarum detik ditimpa jarum alarm, dan seluruh jarum tersebut didesain terbuka tanpa penutup sehingga mudah terpapar debu. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memilih jam yang dilengkapi dengan penutup.

10 Rekomendasi jam meja terbaik

Di sini kami telah merangkumkan untuk Anda sepuluh produk jam meja terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi Anda dalam memilih jam. Selamat memilih!

10. Seiko QHK035

10. Seiko QHK035

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Kombinasi asyik fitur snooze plus desain klasik

Bila Anda mencari jam dengan tampilan klasik, tetapi dilengkapi fitur modern untuk memudahkan Anda bangun pagi, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Perpaduan warna putih, desain keseluruhan yang minimalis, plus alarm di bagian atasnya yang berukuran besar dan memiliki bentuk ala tahun 70-an membuat jam ini terlihat sangat retro.

Meski tampilannya sangat klasik, produk ini juga dilengkapi dengan fitur snooze yang tergolong cukup modern. Adanya fitur tersebut memungkinkan jam ini untuk membantu Anda tetap bangun pagi sekali pun Anda telah mematikan alarmnya. Jam ini juga dilengkapi dengan lampu untuk memudahkan Anda melihat waktu dalam kondisi gelap.

9. Seiko QHE083J

9. Seiko QHE083J

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 122.000

Desain simpel untuk menambah kesan minimalis di ruangan Anda

Tampil minimalis dan sleek tanpa ornamen apa pun, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda mencari jam meja yang tampilannya tidak terkesan berlebihan atau ingin meletakkannya di ruang bergaya minimalis. Jam meja tipe analog ini dibuat dengan struktur sweep type movement sehingga tidak akan menimbulkan suara berdetik.

Jam ini juga semakin fungsional untuk digunakan dengan adanya fitur alarm plus LumiBrite yang memungkinkan Anda untuk melihat jam saat gelap. Jam ini dibuat dari material plastic case keras dengan bahan polycarbonate yang masuk pada kategori hardcase sehingga produk ini memiliki ketahanan yang cukup baik.

8. Seiko QHE168B

8. Seiko QHE168B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 171.000

Pas banget untuk rustic style dengan pola kayu warna coklat muda

Untuk Anda yang menyukai interior atau arsitektur rustic style, jam meja tipe analog ini layak dijadikan pilihan hiasan ruangan. Dengan balutan warna coklat muda plus pola kayu pada casing-nya, jam ini tampil semakin cantik dan memiliki hawa pedesaan ala rustic style yang kental. Warna hijaunya pun terlihat pas dan menguatkan kesan natural.

Jam ini memiliki ukuran sebesar 8,2 x 7,8 x 4,3 cm, sedikit lebih kecil dari jam meja lainnya sehingga tidak membutuhkan banyak tempat untuk diletakkan. Anda juga tak akan kesulitan untuk membersihkannya dari debu dan tak perlu khawatir dengan karat karena penutupnya dibuat menggunakan bahan plastik pilihan.

7. Seiko QHE138W

7. Seiko QHE138W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 147.000

Tampil trendi dengan paduan warna monokrom

Jam meja ini didesain dengan paduan warna monokrom plus sedikit ornamen silver sehingga terlihat  trendi, cocok untuk ditempatkan di ruangan bergaya modern. Bila Anda mencari jam meja dengan warna yang menguatkan kesan modern, tentu produk ini layak dijadikan koleksi Anda. Ukurannya pun cukup ideal dan tidak kebesaran, hanya sebesar 8,5 x 8,4 x 5 cm saja.

Kemudian, jam ini juga telah dilengkapi lampu yang akan mempermudah Anda untuk melihat jam dalam kondisi ruangan yang gelap. Jarum detik yang dimiliki jam ini bergerak tanpa mengeluarkan suara, tentunya akan menambah kenyamanan pada saat Anda beristirahat atau ketika Anda sedang membaca buku favorit Anda.

6. Seiko QHL068B

6. Seiko QHL068B

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 383.000

Tampilannya mewah, fiturnya pun lengkap

Salah satu fitur fungsional yang terdapat pada jam ini adalah automatic alarm stop. Dengan adanya fitur tersebut, alarm akan mati secara otomatis setelah aktif selama beberapa saat, praktis! Tidak hanya itu, fitur jam ini pun menjadi semakin lengkap dengan adanya kalender, termometer, lampu, snooze, serta daylight saving time.

Menggunakan casing berpola kayu, produk ini terlihat menawan saat Anda pajang. Apalagi, casing tersebut dibuat menggunakan warna coklat tua sehingga jam ini terkesan mewah. Bila Anda mencari jam meja dengan desain yang terlihat eksklusif sekaligus dilengkapi berbagai fitur fungsional, tentu produk berkualitas ini adalah salah satu pilihan tepat.

5. Digital Clock with Natural Sound

5. Digital Clock with Natural Sound

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Perdengarkan 6 suara alam dalam ruangan Anda

Produk ini dilengkapi dengan 6 suara alam, yaitu suara hutan di sore hari, kicauan burung, aliran sungai, kicauan burung di air terjun, suara hutan di malam hari, dan deburan ombak pantai. Anda bisa mengesetnya sebagai alarm, atau mendengarkannya secara langsung, sangat cocok dimiliki oleh Anda yang ingin bersantai atau bekerja sambil menikmati suara alam.

Ketika diaktifkan, jam ini juga akan memancarkan 7 warna berbeda secara bergantian sehingga dapat membuat Anda merasa semakin rileks. Tidak hanya itu, jam meja digital dengan tampilan futuristis ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya. Tidak hanya menginformasikan waktu, jam ini juga akan menampilkan indikator suhu, tanggal, dan hari.

4. Seiko QHP004W

4. Seiko QHP004W

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Tersedia 5 suara alarm, bebas pilih yang paling Anda suka!

Desainnya yang simpel membuat jam meja analog ini semakin mudah dioperasikan. Sistem sweep type movement juga membuat jarum detiknya bergerak tanpa menimbulkan bunyi berdetik sehingga semakin nyaman digunakan oleh Anda yang sensitif dengan bunyi-bunyian. Adanya lampu juga memudahkan Anda untuk melihat jam saat gelap.

Speaker alarmnya diletakkan di bagian depan sehingga menjadi semakin lantang. Anda juga bebas memilih suara alarm yang paling Anda suka karena produk ini menyediakan 5 pilihan suara alarm. Bila Anda mencari jam meja yang memungkinkan Anda untuk memilih suara alarm sesuai preferensi Anda, produk ini tentu layak Anda pertimbangkan.

3. Casio DQ-541-1R

3. Casio DQ-541-1R

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 190.000

Tombol-tombol besarnya bikin produk ini makin praktis digunakan

Bila Anda sering merasa kebingungan saat hendak melakukan penyetelan jam, produk ini adalah solusi tepat permasalahan Anda. Dilengkapi dengan tombol-tombol berukuran besar yang berbeda fungsi satu sama lain, Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Fungsi masing-masing fitur juga tertera jelas di atas masing-masing tombol.

Produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur snooze untuk membantu Anda bangun di pagi hari. Adanya lampu juga membuat Anda bisa dengan mudah melihat lampu saat gelap. Deviasi waktu dari produk ini juga tergolong minim, diklaim hanya ± 60 detik per bulan sehingga mampu menginformasikan waktu kepada Anda dengan cukup presisi.

2. Atria Ecorse Table Clock

2. Atria Ecorse Table Clock

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 210.000

Desainnya artistik, bisa digantung pula!

Tidak hanya bisa diletakkan di meja, produk ini juga dilengkapi dengan gantungan besar di bagian atasnya sehingga Anda bisa menggantungkannya di ruang mana pun yang Anda suka. Toh, bobotnya ringan sehingga tak mudah jatuh saat Anda gantungkan. Penutupnya berbahan plastik, makin tahan air dan karat sekaligus mudah untuk Anda bersihkan.

Perpaduan warna putih dengan merah gelap plus ornamen warna hitam membuat jam ini terlihat sangat artistik. Kesan tersebut juga makin kuat dengan adanya gambar menara Eiffel di dalam yang dicetak dengan efek warna kekuningan yang vintage. Untuk Anda yang senang mengoleksi benda-benda artistik, produk ini adalah salah satu pilihannya.

1. IKEA KLOCKIS

1. IKEA KLOCKIS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 96.900

Fitur komplit dalam ukuran super compact

Bila Anda menyukai jam meja berteknologi tinggi dengan ukuran yang mini, produk ini adalah jawaban terbaik. Jam meja keluaran IKEA ini memiliki ukuran sangat compact, hanya sebesar 7 x 7 x 3 cm saja sehingga sangat mudah untuk Anda simpan, letakkan, atau pindahkan ke mana pun Anda mau, Anda bahkan bisa menyimpannya dalam kantong celana!

Dalam ukuran super compact tersebut, terdapat berbagai fitur modern seperti lampu, termometer, dan kalender. Indikator waktunya pun lebih besar dibanding dengan indikator lainnya sehingga tidak menyulitkan Anda untuk melihatnya. Perpaduan bahan plastik plus ABS (akrilonitril butadiena stiren) membuatnya tahan lama dan mudah Anda bersihkan.

Baca juga rekomendasi jam meja analog dan jam meja berbahan kayu di sini

Bila Anda lebih menyukai desain jam klasik seperti yang dimiliki oleh jam analog, mungkin artikel berikut akan membantu Anda menemukan produk terbaik. Selain itu, tentu Anda setuju kalau jam meja berbahan kayu selalu memberikan kesan hangat pada ruangan Anda. Mari temukan produk-produk terbaik untuk menghiasi meja Anda pada artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan beberapa rekomendasi jam meja berdasarkan tipe dan cara memilihnya, adakah jam meja favorit pilihan Anda? Bila Anda terganggu dengan bunyi berdetik, Anda bisa memilih jam meja dengan sweep type movement atau jam digital dengan indikator waktu berukuran besar.

Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan penangkap sinyal radio yang praktis digunakan. Apa pun pilihan Anda, pastikan jam mejanya sesuai kebutuhan Anda, ya!