10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2018)

Tempat sampah mobil menjadi salah satu aksesoris mobil yang diperlukan untuk menjaga kebersihan mobil. Anda dapat menemukan berbagai produk dengan model gantung, model yang diletakkan di lantai, bahkan model inovatif lainnya. Di samping model yang unik, ada pula tempat sampah yang dilengkapi fitur berguna lainnya.

Kali ini, kami akan membantu Anda dalam memilih tempat sampah yang tepat untuk mobil Anda. Kami pun akan menyertakan ulasan sepuluh produk tempat sampah yang telah kami pilih berdasar fungsi dan harganya. Agar Anda tidak salah pilih, baca selengkapnya artikel ini, ya!

Daftar isi

Cara memilih tempat sampah untuk di mobil

Agar Anda tidak salah memilih tempat sampah mobil, ada baiknya Anda mengetahui poin-poin penting dalam memilihnya. Berikut kami akan membahas poin-poin tersebut. Nah, simak selengkapnya!

Sesuaikan ukuran tempat sampah dengan space yang tersedia

Sesuaikan ukuran tempat sampah dengan space yang tersedia

Ketika memilih tempat sampah mobil, Anda akan menemukan banyak produk dengan berbagai ukuran. Karena ukuran ruang pada mobil berbeda-beda, pastikan Anda memperhatikan ukuran tempat sampah pilihan Anda. Bila perlu, Anda bisa mengukur dimensi ruang pada mobil Anda lalu memilih tempat sampah dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai ukuran tempat sampah yang Anda pilih tidak sesuai, seperti terlalu besar. Hal ini malah dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman di dalam mobil.

Untuk produk yang dijual secara online, banyak penjual yang menampilkan foto produk di dalam mobil. Hal ini bisa mengecoh Anda karena produk terlihat pas atau kecil di dalam foto. Anda bisa menganggap produk tersebut berukuran kecil dan pasti pas di dalam mobil Anda. Padahal, ukuran setiap mobil berbeda. Bisa jadi produk yang nampak kecil sebenarnya berukuran terlalu besar untuk mobil Anda. Maka dari itu, pastikan juga untuk mengecek spesifikasi produk secara teliti dan menyesuaikannya dengan space yang tersedia di dalam mobil Anda.

Pilihlah tempat sampah yang dapat diletakkan dengan stabil

Pilihlah tempat sampah yang dapat diletakkan dengan stabil

Karena kondisi mobil yang terus bergerak dan ditambah dengan guncangan, pemilihan tempat sampah mobil tentu akan berbeda dengan pemilihan tempat sampah untuk di rumah. Guncangan dan gerakan dapat menyebabkan benda-benda di dalam mobil mudah bergerak dan rentan jatuh. Karena itu, akan lebih baik bila Anda memilih tempat sampah yang dapat digantung atau diletakkan secara stabil.

Bila Anda memilih tempat sampah yang diletakkan di lantai mobil, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki bagian bawah yang berat. Lebih menguntungkan bila produk pilihan Anda dapat direkatkan di lantai interior mobil. Hal ini ditujukan untuk mencegah tempat sampah terbalik.

Untuk tempat sampah gantung, pastikan produk memiliki perekat atau pengait yang kuat sehingga dapat terpasang dengan stabil. Bisa dibayangkan bahaya yang ditimbulkan jika tempat sampah yang tidak stabil digantung di samping bangku pengemudi. Tempat sampah bisa saja terjatuh ketika mobil dalam kondisi mengerem atau terkena guncangan keras. Hal ini bisa membuat kagok pengemudi, bahkan berujung pada kejadian yang tak diinginkan.

Lebih fungsional, pilihlah tempat sampah yang dapat diletakkan di dead space

Lebih fungsional, pilihlah tempat sampah yang dapat diletakkan di dead space

Keterbatasan tempat di dalam mobil menjadi kendala yang paling sering dijumpai ketika Anda hendak meletakkan tempat sampah. Terlebih lagi bila tipe tempat sampah yang digunakan merupakan tipe yang diletakkan di lantai mobil. Lebih memakan tempat, tentu tipe ini membuat ruang kaki penumpang menjadi lebih sempit. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memilih tempat sampah gantung yang biasa dikaitkan. Tempat sampah tipe tersebut biasanya berukuran kecil dan ringkas. Namun, terkadang tempat sampah gantung akan menjadikan area tempat duduk belakang lebih sempit.

Bila kedua tipe tersebut tetap dirasa kurang cocok, tempat sampah yang dapat diletakkan pada celah samping pintu atau diletakkan di bawah kursi mungkin bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Tipe ini tidak memakan tempat penyimpanan karena memanfaatkan dead space. Anda hanya perlu mengukur ruang yang tersedia dan menyesuaikannya dengan ukuran produk. Dead space pun bisa dimanfaatkan dengan lebih fungsional.

Pilihlah tempat sampah dengan material yang mudah dibersihkan

Pilihlah tempat sampah dengan material yang mudah dibersihkan

Poin penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah kemudahan produk untuk dirawat dan dijaga kebersihannya. Terutama bagi Anda yang seringkali makan atau minum di dalam mobil, tentu Anda akan sangat sering membuang bungkus atau sisa makanan di tempat sampah mobil. Bila tak dibersihkan secara tuntas, mobil Anda bisa berbau.

Sebagian produk tempat sampah ada yang memang dikhususkan untuk sampah kering sehingga dibuat dari bahan yang cukup sulit dibersihkan. Bila Anda ingin selalu menjaga kebersihan ruangan di dalam mobil Anda, bahan yang mudah dibersihkan, seperti plastik dan poliester dapat menjadi pilihan.

Lebih praktis, pilihlah tempat sampah dengan berbagai fungsi tambahan

Beberapa produk tempat sampah dilengkapi dengan fungsi tambahan, seperti tempat penyimpanan dan lain sebagainya. Mendapatkan beberapa fungsi dalam satu produk, tentu space di dalam mobil Anda dapat lebih dihemat. Berikut beberapa model yang tersedia di pasaran beserta kondisi penggunaan yang tepat.

Bila tersedia space cukup luas, pilihlah model yang diletakkan di lantai mobil

Bila tersedia space cukup luas, pilihlah model yang diletakkan di lantai mobil

Bila terdapat ruang lebih yang cukup luas antara kursi pengemudi dan penumpang, tidak ada salahnya bila Anda memilih tempat sampah model ini. Tempat sampah ini biasanya memiliki celah-celah penyimpanan yang dapat digunakan untuk menaruh gelas, botol minum, handphone, dan sebagainya. Baik pengemudi maupun penumpang dapat menaruh dan menjangkau barang-barang dengan mudah. Tempat sampah model ini juga tersedia dalam berbagai ukuran. Tentunya pilihlah fungsi dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas mobil Anda.

Bila space terbatas, pilihlah model gantung yang lebih hemat tempat

Bila space terbatas, pilihlah model gantung yang lebih hemat tempat

Model ini merupakan solusi bagi mobil dengan sisa space yang tak terlalu luas. Anda dapat menggantungnya pada tempat duduk pengemudi maupun penumpang. Selain tempat penyimpanan, beberapa produk dengan model ini juga dilengkapi dengan bagian yang dapat dilipat dan dijadikan meja kecil. Jika Anda memilih produk dengan meja seperti ini, pertimbangkanlah tempat untuk menggantungnya agar semua fungsi dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Pilihlah model yang tak tembus pandang dan berpenutup untuk kesan rapi

Pilihlah model yang tak tembus pandang dan berpenutup untuk kesan rapi

Selain sebagai tempat menampung sampah, Anda juga bisa menggunakan tempat sampah sebagai pemanis interior mobil Anda. Anda bisa memilih model yang lucu dan unik.

Agar tidak menimbulkan kesan berantakan, sebaiknya pilihlah tempat sampah yang tidak bening. Tempat sampah transparan atau bening akan menyebabkan bagian dalamnya yang penuh sampah terlihat dari luar. Alhasil, kesan berantakan dan kotor pun akan muncul.

Tempat sampah tanpa penutup akan memudahkan Anda dalam membuang sampah. Namun, aroma sampah akan menyebar ke dalam seluruh bagian mobil dan tentu kurang sedap dipandang. Bila perlu, pilihlah tempat sampah yang dilengkapi dengan tutup.

10 Rekomendasi tempat sampah terbaik untuk di mobil

Setelah membahas poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat sampah mobil, kami akan mengulas sepuluh produk tempat sampah terbaik yang telah kami pilihkan untuk Anda. Berdasarkan poin-poin di atas, pilihlah tempat sampah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Tempat Sampah Mobil Gantung

10. Tempat Sampah Mobil Gantung

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.500

Simpel dan ringkas, bisa langsung dibuang setelah digunakan

Produk ini memiliki bentuk yang tak biasa untuk tempat sampah. Namun, produk ini bisa menjadi pilihan ketika Anda menginginkan produk yang simpel baik bentuk, penggunaan, maupun perawatannya. Tempat sampah ini berbentuk penjepit yang dapat digunakan untuk menjepit kantung plastik untuk tempat sampah di dalam mobil.

Berdimensi 15 x 9,5 cm, produk ini dapat Anda gantung pada dashboard mobil. Tentunya, Anda tak perlu repot membersihkannya. Bila ada bekas-bekas makanan menempel, materialnya berupa plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene) yang tahan lama ini mudah dibersihkan. Tak berpenutup, Anda bisa mengakalinya dengan mengikat plastiknya.

9. Tempat Sampah Multifungsi 4L

9. Tempat Sampah Multifungsi 4L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Penggunaan fleksibel untuk sampah berukuran kecil maupun besar

Produk yang satu ini dapat Anda sesuaikan fungsinya untuk menampung sampah berukuran besar atau kecil. Tempat sampah ini berbentuk pegas sehingga ukurannya bisa disesuaikan sesuai volume sampah atau ruang di mobil Anda. Bila Anda ingin produk yang fleksibel penggunaannya, Anda bisa memilih produk tempat sampah model gantung ini.

Karena merupakan model gantung, Anda harus memastikan posisi tempat sampah digantung stabil agar tak mudah jatuh. Bermaterial plastik, tempat sampah berukuran 15,5 x 15,5 x 6,5 cm ini pun mudah dibersihkan dengan mencucinya saja. Untuk mengakali fiturnya yang tidak dilengkapi penutup, Anda dapat memanfaatkan kantung plastik sebagai penutupnya.

8. Tempat Sampah Mobil Kotak Serbaguna

8. Tempat Sampah Mobil Kotak Serbaguna

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 42.160

Bentuk pipih persegi memanjang yang hemat tempat

Produk selanjutnya cocok untuk sampah berukuran kecil, seperti bungkus permen atau setruk parkir. Memiliki bentuk yang unik, Tempat sampah mobil ini pipih dan berdimensi 31 x 2 cm saja sehingga dapat diselipkan di sela bangku pengemudi. Bila Anda lebih sering mengemudi sendirian, produk ini akan memudahkan Anda menjangkau tempat sampah.

Terbuat dari material polipropilena, tempat sampah ini mudah sekali dibersihkan. Karena penggunaannya cukup diselipkan di sela bangku, produk akan stabil dan tidak mudah terjatuh serta hemat tempat. Bila tak ingin menggunakan tempat sampah, Anda juga dapat menggunakannya sebagai tempat dompet, ponsel, dan barang-barang kecil lainnya.

7. ZenCT CT033 

7. ZenCT CT033

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 207.000

Dengan fitur cup holder, tempat sampah pun semakin serbaguna

Bila Anda menyukai produk serbaguna, tempat sampah ini produk tepat untuk Anda. Selain berfungsi sebagai tempat sampah, tempat sampah gantung ini juga dilengkapi dengan cup holder untuk menaruh botol air minum atau tumblerCup holder-nya memiliki ukuran yang pas untuk botol pada umumnya sehingga dapat menahan botol atau tumbler lebih stabil.

Dengan dimensi 4,6 x 25,4 x 16,5 cm, tempat sampah cukup besar untuk menampung sampah botol maupun bungkus makanan. Tidak berpenutup, Anda bisa mengakalinya dengan melapisi tempat sampah dengan plastik. Mengingat fungsinya yang juga sebagai cup holder, sebaiknya hindari menyimpan sampah basah terlalu lama di dalamnya.

6. Tempat Sampah Mobil Mini dengan Lampu LED

 6. Tempat Sampah Mobil Mini dengan Lampu LED

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.900

Dengan lampu LED, memudahkan Anda membuang sampah dalam gelap

Kondisi mobil yang gelap akan menyulitkan Anda menemukan posisi tempat sampah. Alhasil, sampah bisa tercecer dan mengotori mobil. Adanya tempat sampah pun jadi terasa percuma. Dengan produk ini, Anda tak perlu khawatir lagi. Keunggulannya yang dilengkapi dengan lampu LED akan memudahkan Anda menemukan posisi tempat sampah.

Material PBT (polybutylene terepththalate) memudahkannya untuk dibersihkan. Tempat sampah ini berukuran 6,5 x 9 cm sehingga memungkinkan untuk diletakkan pada ruang di antara pengemudi dan penumpang bangku depan atau di samping pengemudi. Karena model interior setiap mobil berbeda, pastikanlah produk ini kompatibel untuk mobil Anda.

5. Maspion Plastic Cario Dutsbin 2 Liter

5. Maspion Plastic Cario Dutsbin 2 Liter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.200

Bahan baku berkualitas yang kuat dan tahan lama dari produsen terpercaya

Bila Anda menginginkan produk dengan material yang kuat dan tahan lama, Cario Dutsbin wajib menjadi pilihan Anda. Dengan desain simpel dan ergonomis, Maspion menggunakan bahan baku polipropilena yang sebelumnya sudah diuji kekuatannya. Alhasil, bukan hanya mudah dibersihkan, tempat sampah ini juga memiliki ketahanan yang tinggi.

Berukuran 59,5 x 32,5 x 53 cm, tempat sampah ini merupakan model yang diletakkan pada lantai mobil. Karena itu, Anda harus memastikan ukuran ruang yang tersedia pas dengan ukuran produk. Adanya karpet pada bagian samping tempat sampah membantu produk untuk lebih stabil dan tidak mudah terguling. Interior mobil pun bisa terjaga kebersihannya.

4. Tempat Sampah Mobil Samping OTO-07

4. Tempat Sampah Mobil Samping OTO-07

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.800

Lebih mudah diakses berkat tutup yang bisa dibuka dari dua arah

Pernahkah Anda merasa kesulitan menjangkau tempat sampah karena posisi bukaan penutupnya? Tempat sampah inilah solusi untuk masalah Anda. Penutupnya memiliki bukaan dari 2 sudut yang berlawanan. Bila produk diletakkan di antara bangku penumpang depan dan bangku kemudi, tempat sampah akan mudah dijangkau oleh pengemudi maupun penumpang.

Sebagai alternatif, tempat sampah berukuran 8 x 20 cm ini memiliki penjepit pada bagian sampingnya untuk memudahkan Anda menggantungnya di dashboard dengan stabil. Produk ini terbuat dari plastik polivinil klorida yang mudah dibersihkan. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, pilihlah warna yang paling matching dengan interior mobil Anda!

3. Car Trash Bin MA06

3. Car Trash Bin MA06

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.500

Model penutup dengan lubang yang user-friendly 

Penutup tempat sampah merupakan fitur cukup penting untuk menjaga agar sampah tidak mudah tercecer. Namun, seringkali penutup ini menyulitkan Anda ketika hendak membuang sampah. Terlebih ketika Anda sedang mengemudikan mobil seorang diri. Bila Anda menginginkan produk yang user-friendly, produk ini dapat masuk pertimbangan Anda.

Berbeda dengan produk lain, tempat sampah berukuran 12 cm x 17 cm x 5 cm ini memiliki bagian penutup berlubang. Memasukkan sampah pun jadi lebih mudah tanpa takut tercecer. Lubang utama yang lebih besar dapat dibuka ketika Anda hendak mengosongkannya. Dilengkapi pengait, produk dapat lebih stabil ketika digantung. Material plastiknya pun mudah dibersihkan.

2. Tempat Sampah Mobil Gantung Tahan Air

2. Tempat Sampah Mobil Gantung Tahan Air

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 46.000

Tak perlu cemas cairan sampah tercecer dengan tempat sampah tahan air

Apakah Anda masih khawatir cairan dari sampah akan tumpah dan mengotori interior mobil? Produk selanjutnya dapat menjadi solusi kekhawatiran Anda. Berbentuk kantung yang dapat digantung, tempat sampah ini memiliki material yang tahan air. Alhasil, sampah yang sangat berair sekalipun tetap terjaga tanpa mengotori mobil Anda.

Di samping itu, material kain oxford-nya juga mudah dibersihkan. Anda hanya perlu mencucinya saja dengan sabun dan air. Produk berdimensi 38 x 13 x 10 cm ini memiliki bukaan yang dapat dirapatkan dengan tali. Hal ini dapat mencegah sampah tercecer. Warnanya yang hitam pun akan menyamarkan sampah dan tidak mengganggu nuansa interior mobil Anda.

1. Tempat Sampah Mobil Mini

1. Tempat Sampah Mobil Mini

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini si Bukalapak

Harga : Rp 43.000

Manfaatkan dead space dengan tempat sampah mobil mini ini!

Diameter bagian bawah produk ini hanya 6,7 cm sedangkan bagian atasnya adalah 9 cm. Bentuknya dibuat mirip dengan tumbler sehingga bisa muat di cup holder pada bagian pintu mobil. Berkat desain unik ini, Anda masih bisa menghemat tempat dengan memanfaatkan dead space. Pas sekali untuk Anda yang ingin memanfaatkan ruang mobil semaksimal mungkin.

Produk terbuat dari plastik dengan penutup yang dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan. Penutupnya ini juga dilengkapi dengan bukaan yang hanya perlu didorong ketika Anda ingin memasukkan sampah. Selain mudah memasukkan sampah, model bukaan ini juga akan menjaga tempat sampah tetap tertutup dan sampah tak mudah tercecer.

Baca juga rekomendasi untuk aksesoris mobil lainnya di sini!

Selain tempat sampah, masih banyak lagi produk aksesoris mobil lainnya yang dapat meningkatkan kenyamanan di dalam mobil Anda. Anda dapat memilih berbagai produk praktis yang memanfaatkan ruang kosong di dalam mobil Anda, seperti asbak dan smartphone atau tablet holder. Silakan cek informasi selengkapnya pada artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Tempat sampah mobil merupakan salah satu aksesoris mobil yang penting untuk menjaga kerapihan dan kebersihan mobil Anda. Agar fungsi tempat sampah mobil tetap maksimal, beberapa faktor perlu Anda perhatikan, mulai dari ukuran produk, kestabilan tempat sampah, hingga kemudahannya untuk dibersihkan. Tambahan fitur juga menjadi faktor yang tak kalah penting.

Pada artikel ini kami telah mengulas poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tempat sampah mobil, beserta ulasan sepuluh produk tempat sampah mobil pilihan. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda!