• 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sabun muka adalah salah satu produk penting yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati serta menjaga kebersihan kulit. Ada berbagai sabun muka yang fungsinya disesuaikan dengan masalah kulit, misalnya mencegah jerawat, untuk kulit sensitif, bahkan sabun muka yang dibuat khusus pria.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk sabun muka terbaik dari berbagai brand seperti Senka, Cetaphil, maupun Sebamed yang dapat Anda pilih. Tidak ketinggalan, cara memilih produk yang tepat pun akan kami ulas. Teliti setiap produk dan pilih yang sesuai dengan masalah kulit Anda, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 171.331 Views
Daftar isi

Cara memilih sabun muka

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan menjelaskan tentang cara memilih sabun muka yang tepat. Agar kondisi kulit senantiasa terjaga, pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda.

Sesuaikan daya pembersih dengan jenis kulit

Berikut ini akan kami jelaskan tentang karakteristik sabun muka untuk setiap jenis kulit. Cek dengan teliti dan jadikan sebagai referensi ketika memilih.

Sabun muka pH rendah : Memiliki daya pembersih yang mild dengan kandungan rendah iritasi

Sabun muka pH rendah : Memiliki daya pembersih yang mild dengan kandungan rendah iritasi
Sabun muka dengan pH rendah direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering karena tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Akan tetapi, daya pembersihnya memang di bawah sabun muka yang bersifat alkali. Dengan demikian, ada kemungkinan kulit mati tidak dapat dibersihkan dengan tuntas.
Kulit mati yang masih tersisa dapat menyebabkan kulit wajah pecah-pecah dan pori-pori tersumbat. Selain itu, meskipun sabun ber-pH rendah disebut lembut untuk kulit, jika di dalamnya terkandung banyak surfaktan sintetis tetap saja kulit bisa menjadi rusak. Pastikan Anda memeriksa kandungannya terlebih dahulu, ya.

Sabun muka alkali rendah : Memiliki daya pembersih yang kuat

Sabun muka alkali rendah : Memiliki daya pembersih yang kuat
Sabun muka dengan kandungan alkali yang rendah mampu membersihkan kotoran wajah hingga tuntas karena memiliki daya pembersih yang tinggi. Oleh karena itu, sabun yang bersifat alkali lebih unggul dalam pembersihan.
Namun, kulit sensitif sebaiknya menghindari sabun ini karena dapat menyebabkan iritasi. Bukan berarti tidak boleh memakai sama sekali, tetapi Anda yang memiliki kulit sensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan sabun yang bersifat alkali karena memiliki kandungan stimulan yang lebih tinggi daripada sabun pH rendah.

Pilih jenis berdasarkan kemudahan penggunaan

Ada berbagai jenis sabun muka yang ditawarkan di pasaran. Apakah Anda tahu bahwa setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda? Mari lihat karakteristik dan sifat dari masing-masing jenis sabun muka dan sesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan Anda.

Jenis batang : Bagus untuk kulit kombinasi dan berminyak

Jenis batang : Bagus untuk kulit kombinasi dan berminyak
Mengandung banyak bahan alkali dan memiliki daya pembersih yang kuat adalah karakteristik dari sabun jenis batang. Sabun jenis batang mampu membersihkan kotoran hingga tuntas, tetapi akan meninggalkan kesan kesat setelah dibilas.
Meskipun membutuhkan sedikit waktu dan tenaga agar mengeluarkan busa, pembentukan busa dapat menjadi lebih mudah dengan bantuan foaming net. Sabun batangan tersedia dalam berbagai macam bentuk (bulat atau kotak), warna, aroma, maupun bahan. Sabun muka jenis ini lebih cocok untuk kulit kombinasi dan kulit berminyak.

Jenis krim : Umum dijual di pasaran dan bahan kandungannya bervariasi

Jenis krim : Umum dijual di pasaran dan bahan kandungannya bervariasi
Jenis sabun muka yang paling mudah ditemui dan banyak dijual adalah jenis krim. Sabun muka jenis krim biasanya dijual dalam kemasan tube dan memiliki karakteristik yang mudah berbusa. Sebagian besar sabun jenis krim mengandung pelembap atau bahan pencerah kulit. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit Anda. Selain itu, sabun jenis ini lebih higienis dibanding sabun batang karena dikemas dalam wadah.
Hanya saja, banyak sabun jenis krim yang mengandung lebih banyak surfaktan sintetis daripada sabun batang. Berhati-hatilah karena surfaktan sintetis mudah mengiritasi kulit. Periksa kandungan setiap produk terlebih dahulu sebelum membeli.

Jenis cair (gel) : Mudah digunakan, tetapi sebaiknya dihindari oleh kulit kering

Jenis cair (gel) : Mudah digunakan, tetapi sebaiknya dihindari oleh kulit kering
Sabun muka jenis cair banyak mengandung air dan tidak menghasilkan banyak busa. Sabun muka bertekstur gel juga termasuk jenis cair. Banyak sabun gel yang tidak memerlukan busa sehingga bisa dibilang produk jenis ini merupakan jenis yang mudah digunakan. Akan tetapi, seperti halnya jenis krim, sabun muka cair mengandung lebih banyak surfaktan sintetis dibanding sabun batang. Sabun jenis ini menawarkan daya pembersih yang kuat sehingga bagi Anda yang berkulit kering sebaiknya menghindari jenis ini.
Terkait kemasan produk, pilihlah kemasan pump jika Anda memutuskan menggunakan sabun muka jenis cair. Selain Anda bisa mengontrol jumlah produk yang dikeluarkan, Anda juga dapat menggunakan kemasan pump hanya dengan satu tangan atau bahkan ketika tangan Anda basah. Praktis, bukan?

Jenis busa : Lebih praktis, tetapi periksa kandungan terlebih dahulu bagi pemilik kulit sensitif

Jenis busa : Lebih praktis, tetapi periksa kandungan terlebih dahulu bagi pemilik kulit sensitif
Oleh karena sejak awal sudah berbentuk busa, Anda tidak perlu lagi membuang waktu dan tenaga untuk membuat busa. Sangat praktis digunakan saat sibuk di pagi hari. Namun, pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati sebab sabun jenis busa ini memiliki kandungan pembuat busa dan bahan pengganggu (impurity) lainnya yang dapat memberikan rangsangan kuat pada kulit.

Jenis bubuk : Tidak mengandung bahan penyebab iritasi dan dapat dicampur dengan sabun muka jenis lain

Jenis bubuk : Tidak mengandung bahan penyebab iritasi dan dapat dicampur dengan sabun muka jenis lain
Sabun yang hadir dalam bentuk bubuk ini sering disebut sebagai enzyme powder wash. Oleh karena tidak mengandung air, jenis ini tidak menambahkan pengawet sehingga risiko menyebabkan iritasi cenderung kecil. Sabun jenis bubuk memiliki tekstur yang susah menghasilkan busa. Meski sedikit sulit, Anda bisa menggunakan foaming net atau mencampurkannya dengan sabun jenis lain jika ingin mendapatkan busa.

Ketahui kandungan penyebab iritasi serta alergi diri Anda

Ketahui kandungan penyebab iritasi serta alergi diri Anda
Sabun muka sangat penting untuk menghapus sebum dan kotoran agar kulit kembali ke kondisi semula. Akan tetapi, jika di dalamnya terdapat bahan stimulan yang dapat merusak kulit, justru akan mendapatkan hasil sebaliknya. Anda perlu berhati-hati dalam hal ini, terutama bagi Anda yang memiliki alergi dengan kandungan tertentu.
Alkohol dan bahan antiseptik merupakan contoh kandungan stimulan yang kuat bagi kulit. Contoh lainnya adalah BHT dan asam salisilat. Anda perlu memperhatikan kedua bahan tersebut karena sering digunakan sebagai antioksidan dan sterilisasi. Jika kedua bahan ini dipakai oleh orang yang kulitnya sensitif, kulit akan terasa perih saat menggunakan maupun setelah penggunaan.
Kandungan pada sabun muka dapat Anda lihat di kemasan produk dan melalui internet. Sebelum membeli, pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit Anda.

Pilih yang mudah berbusa dan mudah dibilas

Pilih yang mudah berbusa dan mudah dibilas
Memilih sabun muka yang mudah berbusa dan mudah dibilas juga merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda pertimbangkan. Pada dasarnya, mencuci muka butuh busa yang melimpah. Jika produk tidak mudah berbusa, secara otomatis Anda akan cenderung menggosokkan kulit dengan keras untuk menghasilkan busa. Gosokan tersebut dapat menyebabkan timbulnya kerutan, kulit kendur, flek, dan sebagainya. Cara mencuci muka yang ideal adalah memijat wajah menggunakan busa dengan gerakan memutar, bukan dengan menggosoknya.
Lalu, sabun muka yang tidak mudah dibilas akan meninggalkan sisa busa yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. Waktu yang dibutuhkan untuk membilas pun akan menjadi lebih lama dan perlahan kulit akan menjadi kering. Memang sulit untuk mengetahui apakah sabun tersebut mudah berbusa atau tidak jika tidak mencobanya secara langsung. Namun, Anda bisa mencoba sampel, membeli ukuran travel size, atau melihat review produk di internet. Jika ada demo sabun muka di toko, sebaiknya Anda mencoba menyentuh busanya agar dapat merasakannya secara langsung.

10 Rekomendasi sabun muka terbaik

Setelah mengulas tentang cara memilih sabun muka di atas, kini saatnya kami memperkenalkan sepuluh sabun muka terpilih yang kami rekomendasikan. Silakan Anda gunakan sebagai referensi.
10

GarnierLight Complete White Speed Super Foam

Rp 18.000,00

JenisKrim
Isi100 ml
9
JenisBatang
Isi100 gr
8
JenisBubuk
Isi32 pcs @0,4 gr・15 pcs @0,4 gr
7
JenisKrim
Isi120 gr
6
JenisBusa
Isi150 ml
5
JenisCair
Isi59 ml, 60 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml
4

Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Rp 180.000,00

JenisCair
Isi3 ml, 30 ml, 75 ml, 230 ml
3

Oilum Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap

Rp 12.500,00

JenisBatang
Isi60 gr, 85 gr
2

Babor Cleansing Enzyme Cleanser

Rp 550.000,00

JenisBubuk
Isi75 ml
1
JenisBusa
Isi150 ml

Tabel perbandingan produk sabun muka terbaik

Gambar produk
1
Kao  Curél Foaming Wash 1

Kao

2
Babor  Cleansing Enzyme Cleanser 1

Babor

3
Oilum  Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap 1

Oilum

4
Kiehl’s  Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash 1

Kiehl’s

5
Cetaphil  Gentle Skin Cleanser 1

Cetaphil

6
The Body Shop Aloe Foaming Facial Wash 1

The Body Shop

7
Senka Perfect Whip 1

Senka

8
Kanebo Suisai Beauty Clear Powder Wash 1

Kanebo

9
Sebamed Clear Face Cleansing Bar  1

Sebamed

10
Garnier Light Complete White Speed Super Foam 1

Garnier

Nama produk

Curél Foaming Wash

Cleansing Enzyme Cleanser

Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Gentle Skin Cleanser

Aloe Foaming Facial Wash

Perfect Whip

Suisai Beauty Clear Powder Wash

Clear Face Cleansing Bar

Light Complete White Speed Super Foam

Keunggulan

Melindungi ceramide kulit terutama pada kulit yang sensitif, kering, dan iritasi

Mengeksfoliasi kulit secara ringan dengan vitamin C yang mencerahkan

Mengandung kolagen untuk menjaga kulit tetap awet muda

Mengangkat kotoran dengan sempurna tanpa pengelupasan

Dapat digunakan dengan atau tanpa air!

Berbahan dasar Aloe vera yang mampu melembapkan dan menenangkan kulit kering sensitif

Memberikan busa yang padat, melimpah, dan lembut

Dilengkapi dua jenis asam amino yang mengeksfoliasi kulit serta menghilangkan kelebihan sebum

Mengurangi jerawat dan komedo pada kulit berjerawat

Membersihkan wajah hingga 10 lapisan makeup serta polusi

HargaRp 158.000,00Rp 550.000,00Rp 12.500,00Rp 180.000,00Rp 42.900,00Rp 135.200,00Rp 26.000,00Rp 175.000,00Rp 81.500,00Rp 18.000,00
JenisBusaBubukBatangCairCairBusaKrimBubukBatangKrim
Isi150 ml75 ml60 gr, 85 gr3 ml, 30 ml, 75 ml, 230 ml59 ml, 60 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml 150 ml120 gr32 pcs @0,4 gr・15 pcs @0,4 gr100 gr100 ml
Tautan produk

Cara mencuci muka yang benar

Jika Anda sudah menemukan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit, selanjutnya Anda perlu mempelajari cara mencuci muka yang benar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Simak urutannya berikut ini.

Buatlah busa yang lembut dan padat untuk menghilangkan sebum dan kotoran wajah

Buatlah busa yang lembut dan padat untuk menghilangkan sebum dan kotoran wajah
Pertama-tama, cuci tangan Anda sampai bersih untuk menghilangkan kotoran dan sebum agar dapat membuat busa dengan mudah. Jika busa langsung ditaruh pada kulit yang kering, kulit wajah akan terbebani dan busa pun akan mudah hancur. Maka dari itu, pastikan cuci tangan Anda sebelum mencuci muka, ya!
Kemudian, tambahkan air pada sabun muka hingga tercipta busa yang lembut dan padat. Busa yang padat adalah busa yang tidak jatuh meskipun tangan dibalik. Anda juga perlu menjaga takaran pemakaiannya. Lalu, ratakan sabun dengan kedua telapak tangan. Jika Anda menambahkan air ketika sabun belum diratakan dengan benar, sabun akan sulit larut sehingga busa juga semakin sulit dibuat.

Cuci wajah perlahan dengan busa yang padat selama 30 detik

Cuci wajah perlahan dengan busa yang padat selama 30 detik
Usapkan busa padat yang telah dibuat ke bagian yang paling berminyak seperti dahi dan hidung. Lalu, gunakan ujung jari tangan untuk membaurkan secara lembut dengan gerakan melingkar.
Berikutnya, usapkan busa dan pijat daerah U-zone seperti pipi dan dagu. Langkah yang terakhir, usapkan dan pijat daerah yang tersembunyi seperti ujung mata dan ujung bibir. Waktu untuk mencuci muka secara keseluruhan adalah sekitar 30 detik. Sebagai pengandaian, anggaplah wajah Anda seperti telur. Anda tentu akan memperlakukan telur secara hati-hati. Jadi, lakukan hal yang sama terhadap wajah Anda.

Jangan menggosok-gosokkan wajah dengan handuk

Jangan menggosok-gosokkan wajah dengan handuk
Setelah selesai mencuci muka, tentu Anda akan membilasnya. Hal yang perlu diperhatikan saat membilas adalah jangan menggosoknya dengan telapak tangan. Bilaslah dengan cara seolah Anda menyiramnya dengan air. Bilaslah hingga benar-benar bersih karena busa yang tersisa dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.
Sama halnya dengan membilas, hilangkan sisa air dari wajah dengan menekan-nekan handuk secara lembut, bukan dengan menggosok wajah. Menggosokkan handuk ke wajah dapat merusak kulit.

Baca juga rekomendasi berbagai produk pembersih wajah di sini!

Kami telah memberikan rekomendasi sabun muka terbaik secara umum. Akan tetapi, setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Di tautan berikut ini kami memperkenalkan produk pembersih wajah yang telah dikhususkan untuk masalah kulit tertentu, bahkan produk khusus untuk pria. Cek masalah kulit Anda dan temukan produk terbaik!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sabun memiliki peran penting dalam membersihkan kulit wajah sehari-hari. Sesuaikan daya pembersih dengan jenis kulit Anda!
Sabun muka terbaik adalah sabun yang paling sesuai dengan kondisi kulit. Meski terdengar sepele, memilih sabun yang mudah berbusa dan mudah dibilas juga penting untuk dilakukan. Dapatkan kulit wajah yang sehat dengan produk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    624.752 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    480.246 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    170.944 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    401.038 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah sedikit saja, kulit malah bisa jadi berjerawat. Untuk menghindarinya, peran toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare Anda. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner untuk kulit berminyak. Kami juga akan merekomendasikan merek-merek toner wajah terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi. Anda penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan artikel ini hingga akhir! 
    Perawatan wajah
    123.953 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    465.371 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pelajar SMA (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pelajar SMA (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit remaja rentan terhadap masalah kulit akibat pubertas. Kulit berminyak dan berjerawat adalah masalah yang paling umum dialami remaja. Rutin membersihkan wajah saja tidak cukup, Anda perlu essence untuk menutrisi kulit. Saat ini, sudah banyak essence yang diformulasi untuk kebutuhan remaja. Anda bisa menemukan essence merek luar seperti Garnier, atau merek lokal, seperti Joylab dan N'Pure. Kira-kira, essence mana yang cocok untuk kulit Anda? Kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih essence untuk pelajar SMA. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik. Simak penjelasan kami, ya!
    Perawatan wajah
    100.356 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori