• 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sabun muka adalah salah satu produk yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah. Ada berbagai macam produk sabun muka, misalnya untuk kulit jerawat, kulit sensitif, atau kulit kering. 

Untuk itu, kami akan merekomendasikan sabun muka terbaik, seperti Senka, Cetaphil, maupun Sebamed. Ada juga sabun muka merek lokal, seperti Wardah, Acnes, dan Pond's yang turut kami review untuk Anda. Kami juga akan mengulas cara memilih sabun muka yang tepat berdasarkan kandungan bahan-bahannya. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria, lho. Simak sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Fitria Agustina
  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2021
  • 214.242 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkiprah di bidangnya dan aktif dalam dunia keprofesian serta organisasi.


dr. Fitria adalah owner dan founder FitSkinClinic dan Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 dalam bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan di media sosial Instagram-nya.

Fungsi sabun muka

Fungsi sabun muka

Sabun cuci muka berperan untuk membersihkan keringat, sebum, debu, dan sisa makeup. Nah, bahan yang berperan membersihkan ini disebut surfaktan. Ada dua jenis surfaktan, yakni surfaktan dengan detergency kuat dan surfaktan dengan detergency lemah atau ringan. 


Detergency adalah kekuatan atau daya pembersih pada sebuah sabun muka. Oleh karena itu, pilihlah sabun muka dengan daya pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.


Sabun muka dengan detergency kuat akan membersihkan sebum secara menyeluruh. Jadi, jika digunakan oleh orang-orang berkulit kering atau sensitif, produk dengan detergency kuat dapat menyebabkan kulit makin kering.


Sebaliknya, jika orang dengan kulit berminyak menggunakan sabun muka dengan detergency lemah, sebumnya tidak akan terangkat menyeluruh. Sebum yang tertinggal di wajah ini nantinya dapat menyebabkan masalah kulit.


Di sisi lain, jenis kulit seseorang tidak bisa langsung ditentukan begitu saja. Kondisi kulit dapat berubah tergantung pada kondisi lingkungan, seperti cuaca, kesehatan fisik dan mental, serta stres. Untuk itu, cermatilah kondisi kulit Anda setiap saat agar dapat memilih sabun muka yang sesuai.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Sabun pembersih wajah berperan untuk menghilangkan kotoran, sebum, sisa makeup, dan mikroorganisme dari kulit melalui aksi melalui aksi surfaktan. Sabun pembersih wajah yang ideal tidak mengiritasi, merusak, atau mengganggu fungsi kulit dan kelembapan kulit. Air saja menghilangkan sekitar 65% minyak dan kotoran dari kulit, tetapi kurang efektif untuk menghilangkan kosmetik dan kotoran lainnya.


Surfaktan atau surface acting agents biasanya merupakan senyawa organik yang bersifat amfifilik, artinya mengandung gugus hidrofilik dan gugus hidrofobik. Kombinasi gugus hidrofilik dan hidrofobik secara unik membuat surfaktan larut dalam minyak dan air. Surfaktan bekerja dengan mengurangi tegangan antar permukaan (membuat air dan minyak yang dapat menjadi emulsi).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun muka

Sebelum masuk pada bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan tentang cara memilih sabun muka yang tepat. Berikut ini, ada tiga poin cara memilih yang perlu Anda perhatikan. 

Sesuaikan daya pembersih dengan kondisi kulit Anda

Kondisi kulit berbeda-beda setiap hari. Kunci menjaga kecantikan kulit adalah dengan memilih sabun muka yang tepat sesuai dengan kondisi kulit saat itu. Jika Anda mencuci muka hanya dengan salah satu jenis surfaktan, bisa saja timbul masalah kulit. Untuk itu, silakan simak penjelasan berikut ini. 

Saat kulit terasa kering, gunakan sabun muka dengan daya pembersih ringan

Saat kulit terasa kering, gunakan sabun muka dengan daya pembersih ringan

Jika Anda merasa kulit Anda kering, cucilah dengan sabun muka yang memiliki detergency ringan atau gentle cleanser. Saat kulit kering, tidak ada cukup minyak atau air pada kulit muka Anda. Sabun muka dengan detergency kuat dapat menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit Anda dan membuatnya makin kering. 


Surfaktan berbahan dasar asam amino dan amphoteric surfactant memiliki daya pembersih yang lembut atau ringan. Detergency sabun terbilang ringan jika Anda menemukan bahan-bahan di bawah ini tertulis pada deretan atas daftar ingredient.


Jenis asam amino: bahan pembersih yang lembut di kulit dan memiliki detergency ringan

  • Potassium cocoyl glycinate
  • Sodium cocoyl glutamate
  • Sodium lauroyl methylaminopropionate

Amphoteric surfactant: bahan pembersih yang memiliki detergency ringan dan lebih lembut di kulit

  • Sodium cocoamphoacetate
  • Cocamidopropyl betaine

Saat wajah terasa berminyak, gunakan sabun muka dengan daya pembersih yang kuat

Saat wajah terasa berminyak, gunakan sabun muka dengan daya pembersih yang kuat

Salah satu penyebab kulit terasa berminyak adalah karena adanya sebum berlebih di wajah. Untuk menghilangkan sebum secara menyeluruh, Anda perlu sabun muka dengan detergency kuat. 


Sabun dengan detergency kuat biasanya memiliki kandungan kalium hidroksida (potassium hydroxide) atau natrium hidroksida (sodium hydroxide). Anda dapat melihat kandungan tersebut pada deretan awal ingredients list.


Selanjutnya, pilihlah sabun muka dengan kandungan lauric acid, myristic acid, stearic acid, dan sodium hydroxide. Walaupun tidak ditulis pada deretan awal, sabun dengan kandungan tersebut biasanya memiliki detergency kuat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun muka dengan kandungan tersebut. 

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, perhatikanlah dengan lebih saksama kandungan bahan pada sabun muka. Kami sarankan agar Anda menggunakan sabun muka dengan detergency ringan, seperti sabun muka berbasis asam amino. 


Selain itu, untuk kulit sensitif, bahkan kandungan alkohol yang menyegarkan seperti etanol pun dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda sensitif terhadap alkohol, hindari kandungan alkohol pada sabun muka Anda, ya. 

Saat kulit berjerawat, gunakan sabun muka dengan kandungan acne care

Saat kulit berjerawat, gunakan sabun muka dengan kandungan acne care

Jika Anda ingin mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya gunakan sabun muka dengan kandungan acne care. Sabun muka acne care biasanya mengandung bahan aktif seperti dipotassium glycyrrhizate dan isopropyl methylphenol.


Penyebab timbulnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Oleh karena itu, untuk membantu mencegah jerawat, Anda dapat menggunakan sabun muka yang dapat menekan produksi sebum. Anda juga dapat memilih produk noncomedogenic untuk mengurangi terbentuknya komedo yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. 

Periksalah ada tidaknya kandungan pelembap

Periksalah ada tidaknya kandungan pelembap

Saat memilih sabun muka, Anda juga harus memperhatikan apakah ada rasa kulit terasa ketat atau tidak setelah mencuci muka. Alasan mengapa Anda merasakan kulit terasa ketat setelah mencuci muka adalah karena sabun muka menghilangkan minyak pada kulit. 


Minyak alami pada wajah inilah yang berperan memberikan kelembapan pada kulit Anda. Untuk itu, penting sekali bagi Anda memilih sabun muka dengan kandungan pelembap. Kandungan pelembap ini akan berperan sebagai tameng atau pelindung sehingga kulit tidak terasa tertarik. Kandungan pelembap yang dimaksud antara lain ada ceramide, sodium lactate, dan asam amino.


Selain itu, Anda dapat melakukan rangkaian perawatan wajah setelah mencuci muka. Anda bisa menggunakan lotion, milk cleanser, dan skincare lainnya setelah mencuci muka untuk mengunci kelembapan kulit Anda, ya. 

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Alasan lain mengapa kulit terasa kesat adalah karena pH sabun pencuci wajah yang digunakan sering kali terlalu basa. pH sabun pencuci tersebut tidak sesuai dengan pH kulit sekitar 5.5. Selain itu, suhu air yang dipakai saat mencuci wajah terlalu panas (di atas 38 derajat Celsius) juga menjadi salah satu alasan. Kedua hal tersebut dapat merusak natural moisturizer factor (NMF) yang terdapat pada lapisan kulit kita.

Pilihlah produk dengan aroma yang Anda sukai

Pilihlah produk dengan aroma yang Anda sukai

Aroma sabun muka juga tak kalah penting karena Anda akan menggunakannya secara rutin. Hal yang sama juga berlaku untuk lotionemulsion, atau rangkaian skincare lainnya. Produk sabun muka memiliki beragam aroma, seperti aroma bunga, citrus, herba, dan masih banyak lagi.


Selain sabun muka dengan aroma tertentu, ada juga sabun muka nonfragrance atau tak beraroma. Sabun muka yang demikian ini cocok untuk Anda yang sensitif terhadap aroma suatu produk.


Tergantung pada produknya, aroma sabun muka ada yang kuat dan ada juga yang lembut. Sayang sekali jika Anda enggan menggunakan sabun muka yang telah dibeli karena kurang cocok dengan aromanya. Untuk itu, periksalah aroma sabun muka dengan saksama sebelum Anda membelinya. 

10 Rekomendasi sabun muka terbaik

Kini, saatnya kami memperkenalkan sepuluh sabun muka terpilih yang kami rekomendasikan untuk Anda. Silakan gunakan produk-produk di bawah ini sebagai referensi. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Fitria Agustina.

10

GarnierLight Complete White Speed Multi-Action Brightening Foam

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi50 ml, 100 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaLemon
9
Isi75 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapx
Aroma
8
Isi100 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
7

GaleniumOilum Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap

Mulai dari Rp 15.500,00

Isi85 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
6
Isi150 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaBunga
5

The Body ShopAloe Calming Foaming Facial Wash

Mulai dari Rp 169.000,00

Isi150 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaAloe vera
4

Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Mulai dari Rp 225.000,00

Isi75 ml dan 230 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaCitrus dan bunga geranium
3

GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

Mulai dari Rp 65.000,00

Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
Aromax
2
Isi150 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
AromaAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
1
Isi150 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembap
Aromax

Tabel perbandingan produk sabun muka terbaik

Gambar produk
1
Kao  Curél Foaming Facial Wash 1

Kao

2
Sebamed Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

3
Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Galderma

4
Kiehl’s  Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash 1

Kiehl’s

5
The Body Shop Aloe Calming Foaming Facial Wash 1

The Body Shop

6
Shiseido Senka Perfect Whip Jumbo 1

Shiseido

7
Galenium Oilum Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap 1

Galenium

8
Sebamed Clear Face Cleansing Bar  1

Sebamed

9
BABOR  Cleansing Enzyme Cleanser 1

BABOR

10
Garnier Light Complete White Speed Multi-Action Brightening Foam 1

Garnier

Nama produk

Curél Foaming Facial Wash

Antibacterial Cleansing Foam

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Aloe Calming Foaming Facial Wash

Senka Perfect Whip Jumbo

Oilum Collagen Skin Brightening Scrub Bar Soap

Clear Face Cleansing Bar

Cleansing Enzyme Cleanser

Light Complete White Speed Multi-Action Brightening Foam

Keunggulan

Melindungi ceramide kulit terutama pada kulit kering dan sensitif

Sudah berbentuk foam, lebih praktis digunakan

Dapat digunakan dengan atau tanpa air!

Mengangkat kotoran dengan sempurna tanpa pengelupasan

Berbahan dasar Aloe vera yang mampu melembapkan dan menenangkan kulit wajah Anda

Memberikan busa yang padat, melimpah, dan lembut

Mengandung kolagen untuk menjaga kulit tetap awet muda

Mengurangi sebum dan komedo pada kulit berminyak

Sabun muka berbentuk bubuk yang dapat mengeksfoliasi kulit secara ringan

Cerahkan wajah dengan kandungan ekstrak lemon

Harga mulai dariRp 190.000,00Rp 20.000,00Rp 65.000,00Rp 225.000,00Rp 169.000,00Rp 99.000,00Rp 15.500,00Rp 110.000,00Rp 833.000,00Rp 25.000,00
Isi150 ml150 ml59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml 75 ml dan 230 ml150 ml150 g85 g100 g75 g50 ml, 100 ml
Daya pembersih RinganRinganRinganRinganRinganRinganRinganRinganRinganRingan
Kandungan pelembapx
AromaxAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apaxCitrus dan bunga geraniumAloe veraBungaAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apaLemon
Tautan produk

Cara mencuci muka yang benar

Jika Anda sudah menemukan sabun muka yang tepat, selanjutnya Anda perlu mempelajari cara mencuci muka yang benar. Simak caranya berikut ini. 

Buatlah busa yang lembut dan padat untuk menghilangkan sebum dan kotoran wajah

Buatlah busa yang lembut dan padat untuk menghilangkan sebum dan kotoran wajah

Pertama-tama, cuci tangan Anda sampai bersih untuk menghilangkan kotoran dan sebum agar dapat membuat busa dengan mudah. Jika Anda membuat busa dengan tangan yang kotor, Anda akan mendapatkan busa yang penuh kuman. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan Anda sebelum mencuci muka. 


Untuk sabun muka batangan dan facial foam, tambahkan air secukupnya untuk mendapatkan gumpalan busa yang lembut. Gumpalan busa yang benar adalah gumpalan busa yang tidak akan jatuh meskipun Anda membalikan tangan Anda. 

Cuci wajah perlahan dengan busa yang padat selama 20–30 detik

Cuci wajah perlahan dengan busa yang padat selama 20–30 detik

Pertama-tama, letakkan busa yang Anda buat di T-zone, seperti dahi atau hidung, yang menghasilkan banyak sebum. Oleskan busa secara lembut dengan gerakan memutar. Setelah diletakkan di T-zone, lanjutkanlah meletakkan busa di zona U, seperti pipi dan dagu. Terakhir, usapkan busa pada bagian sekitar mata dan bibir. Lakukan semua hal tersebut dengan panduan waktu sekitar 20–30 detik. 


Intinya, cucilah muka Anda seperti sedang memegang spons. Jangan biarkan tangan Anda langsung menyentuh permukaan kulit wajah. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Gunakanlah busa sebagai bantalan antara tangan Anda dan kulit wajah. 

Jangan menggosok-gosok wajah dengan handuk

Jangan menggosok-gosok wajah dengan handuk

Setelah selesai mencuci muka, tentu Anda akan membilasnya. Hal yang perlu diperhatikan saat membilas adalah jangan menggosok muka Anda dengan telapak tangan. Bilaslah dengan cara seolah Anda menyiramkan air ke muka Anda. Bilaslah hingga benar-benar bersih karena busa yang tersisa dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.


Setelah membilas bersih dengan air, keringkanlah muka Anda menggunakan handuk. Jangan menggosok wajah Anda dengan handuk, tetapi tepuk-tepuk handuk pada wajah Anda dengan lembut. Pastikan Anda menggunakan handuk bersih untuk menghindari perpindahan bakteri atau kuman dari handuk ke wajah Anda.

Berapa kali harus mencuci wajah dalam sehari?

Berapa kali harus mencuci wajah dalam sehari?

Anda bisa mencuci muka setidaknya sekali sehari dan paling banyak dua kali sehari. Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, minyak pada wajah akan banyak yang hilang sehingga dapat menyebabkan kulit kering.


Pada malam hari, Anda perlu membersihkan debu, keringat, dan residu pembersih. Jadi, cucilah wajah Anda dengan sabun muka. Sebaliknya, pada pagi hari, kami sarankan untuk mencuci muka dengan sabun muka hanya saat kulit terasa berminyak saja. Jika tidak, Anda cukup membasuh muka dengan air hangat. 


Jika Anda menggunakan sabun cuci padahal wajah tidak terasa berminyak, wajah akan menjadi terlalu kering. Namun, kembali lagi, patokan berapa kali Anda mencuci wajah setiap hari bergantung pada kondisi kulit Anda saat itu.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Penggunaan air panas di atas suhu 38° derajat Celsius pada kulit, baik kulit wajah ataupun kulit badan, akan membuat kulit menjadi kering. Kulit kering tersebut disebabkan oleh rusaknya lapisan natural moisturizer factor (NMF) pada kulit. Jika setelah itu ditambahkan lagi sabun cuci wajah yang mengandung surfaktan, kondisi kulit akan makin kering.


Oleh karena itu, jika ingin mencuci wajah, tetap gunakan air pada suhu normal atau suhu ruang. Jika wajah terasa kotor karena debu atau makeup, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan pembersih yang bersifat lipofilik sebelum cuci muka. Pembersih tersebut misalnya makeup remover atau cleansing milk. Setelah itu, barulah dibilas dan lanjutkan pencucian dengan menggunakan sabun pembersih wajah.

Buka pori-pori wajah sebelum mencuci muka untuk membersihkan kotoran pada pori-pori

Buka pori-pori wajah sebelum mencuci muka untuk membersihkan kotoran pada pori-pori

Sebelum mencuci muka, bukalah pori-pori kulit Anda agar komedo dan kotoran lebih mudah dibersihkan. Salah satu cara untuk membuka pori-pori adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat selama sekitar 15 menit dapat membuat pori-pori terbuka dan memudahkan Anda membersihkan wajah.

Jangan terlalu sering menggunakan facial brush

Jangan terlalu sering menggunakan facial brush

Bagi Anda yang ingin membersihkan pori-pori wajah, sebaiknya jangan menggunakan facial brush. Mengingat ukuran pori-pori yang sangat kecil, ujung kuas facial brush tidak akan menjangkaunya. Sebaliknya, penggunaan facial brush malah bisa merusak kulit Anda.


Jika Anda ingin membersihkan pori-pori, lebih baik gunakan mud facial wash yang mengandung clay untuk menyerap sebum. Selain itu, Anda bisa membersihkan wajah dengan scrub sekitar sekali seminggu sebagai perawatan khusus. Hal ini akan lebih efektif daripada menggunakan facial brush. 


Selain itu, hindari penggunaan pore pack pada area hidung. Jika salah penggunaan, pori-pori hidung Anda bisa menjadi rusak.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Penggunaan pore pack tidak akan membuat pori-pori membesar, tetapi efektivitasnya dalam mengeluarkan komedo tidak terlalu baik. Sering kali daya rekatnya yang tinggi akan menyebabkan iritasi pada kulit yang terkena tempelan pore pack tersebut.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Selain jenis surfaktan yang diperhatikan, hal lain yang penting diperhatikan adalah pH dari sabun pembersih wajah. Selalu pastikan pH sabun pencuci wajah yang digunakan adalah sesuai dengan pH kulit (sekitar 5.5). Dengan demikian, sabun pencuci wajah tidak akan merusak kelembapan alami kulit.

Baca juga rekomendasi produk cleansing lainnya di sini

Kami telah memberikan rekomendasi sabun muka terbaik secara umum. Akan tetapi, setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan produk cleansing yang dikhususkan untuk masalah kulit tertentu. Cek ulasan produk terbaiknya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sabun muka memiliki peran penting dalam membersihkan kulit wajah Anda sehari-hari. Sabun muka terbaik adalah sabun yang paling sesuai dengan kondisi kulit. Oleh karena itu, agar hasilnya optimal, sesuaikan daya pembersih sabun muka dengan jenis kulit Anda, ya.

Meski terdengar sepele, memilih sabun yang mudah berbusa dan mudah dibilas juga penting untuk dilakukan. Dapatkan kulit wajah yang sehat dengan produk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.573 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.436 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.368 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    749.027 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    291.002 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    453.622 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Strawberry kaya akan vitamin dan zat-zat yang baik untuk kulit sehingga cocok dijadikan masker wajah. Masker strawberry memiliki beragam manfaat, misalnya mengempiskan jerawat, mengecilkan pori, dan memutihkan wajah. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang berbentuk bubuk, clay, peel-off, hingga lembaran atau sheet mask.Agar Anda tak kebingungan, simaklah tips memilih masker strawberry yang akan kami berikan pada artikel ini. Rekomendasi merek masker strawberry yang bagus, seperti Lea Gloria, Everwhite, dan NASA juga bisa Anda dapatkan. Baca terus artikel ini sampai akhir dan temukan ulasan lengkapnya!
    Perawatan wajah
    463 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori