• 10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Muka Terbaik-Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sabun muka adalah salah satu produk yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sel kulit mati pada wajah. Ada berbagai macam produk sabun muka, misalnya untuk kulit jerawat, kulit sensitif, atau kulit kering. 

Untuk itu, kami akan merekomendasikan sabun muka terbaik, seperti Senka, Cetaphil, juga Sebamed. Ada juga sabun muka merek lokal, seperti Wardah, Avoskin, dan Emina yang turut kami review untuk Anda. Kami juga akan mengulas cara memilih sabun muka yang tepat berdasarkan kandungan bahan-bahannya. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria, lho. Simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Fitria Agustina
Hanindita Rakhmawity
  • Pembaharuan terakhir: 14 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina

dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan FKUI. Beliau sudah 11 tahun berkiprah di bidangnya dan aktif dalam dunia keprofesian serta organisasi.


dr. Fitria adalah owner dan founder FitSkinClinic dan Wakil Sekretaris Umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Saat ini, beliau sedang menempuh pendidikan S3 dalam bidang Anti-Aging Medicine. dr. Fitria selalu mengisi konten edukasi kesehatan di media sosial Instagram-nya.

Fungsi sabun muka

Fungsi sabun muka

Sabun cuci muka berperan untuk membersihkan keringat, sebum, debu, dan sisa makeup. Nah, bahan yang berperan membersihkan ini disebut surfaktan. Ada dua jenis surfaktan, yakni surfaktan dengan detergency kuat dan surfaktan dengan detergency lemah atau ringan. 


Detergency adalah kekuatan atau daya pembersih pada sebuah sabun muka. Oleh karena itu, pilihlah sabun muka dengan daya pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Sabun muka dengan detergency kuat akan membersihkan sebum secara menyeluruh. Jadi, jika digunakan oleh orang-orang berkulit kering atau sensitif, produk dengan detergency kuat dapat menyebabkan kulit makin kering.


Sebaliknya, jika orang dengan kulit berminyak menggunakan sabun muka dengan detergency lemah, sebumnya tidak akan terangkat menyeluruh. Sebum yang tertinggal di wajah ini nantinya dapat menyebabkan masalah kulit.


Di sisi lain, jenis kulit seseorang tidak bisa langsung ditentukan begitu saja. Kondisi kulit dapat berubah tergantung pada kondisi lingkungan, seperti cuaca, kesehatan fisik dan mental, serta stres. Untuk itu, cermatilah kondisi kulit Anda setiap saat agar dapat memilih sabun muka yang sesuai.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Sabun pembersih wajah berperan untuk menghilangkan kotoran, sebum, sisa makeup, dan mikroorganisme dari kulit melalui aksi melalui aksi surfaktan. Sabun pembersih wajah yang ideal tidak mengiritasi, merusak, atau mengganggu fungsi kulit dan kelembapan kulit. Air saja menghilangkan sekitar 65% minyak dan kotoran dari kulit, tetapi kurang efektif untuk menghilangkan kosmetik dan kotoran lainnya.


Surfaktan atau surface acting agents biasanya merupakan senyawa organik yang bersifat amfifilik, artinya mengandung gugus hidrofilik dan gugus hidrofobik. Kombinasi gugus hidrofilik dan hidrofobik secara unik membuat surfaktan larut dalam minyak dan air. Surfaktan bekerja dengan mengurangi tegangan antar permukaan (membuat air dan minyak yang dapat menjadi emulsi).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun muka

Sebelum masuk pada bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan tentang cara memilih sabun muka yang tepat. Berikut ini, ada tiga poin cara memilih yang perlu Anda perhatikan. 

Sesuaikan daya pembersih dengan kondisi kulit Anda

Kondisi kulit berbeda-beda setiap hari. Kunci menjaga kecantikan kulit adalah dengan memilih sabun muka yang tepat sesuai dengan kondisi kulit saat itu. Jika Anda mencuci muka hanya dengan salah satu jenis surfaktan, bisa saja timbul masalah kulit. Untuk itu, silakan simak penjelasan berikut ini. 

Saat kulit terasa kering, gunakan sabun muka dengan daya pembersih ringan

Saat kulit terasa kering, gunakan sabun muka dengan daya pembersih ringan

Jika Anda merasa kulit Anda kering, cucilah dengan sabun muka yang memiliki detergency ringan atau gentle cleanser. Saat kulit kering, tidak ada cukup minyak atau air pada kulit muka Anda. Sabun muka dengan detergency kuat dapat menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit Anda dan membuatnya makin kering


Surfaktan berbahan dasar asam amino dan amphoteric surfactant memiliki daya pembersih yang lembut atau ringan. Detergency sabun terbilang ringan jika Anda menemukan bahan-bahan di bawah ini tertulis pada deretan atas daftar ingredient.


Jenis asam amino: bahan pembersih yang lembut di kulit dan memiliki detergency ringan

  • Potassium cocoyl glycinate
  • Sodium cocoyl glutamate
  • Sodium lauroyl methylaminopropionate

Amphoteric surfactant: bahan pembersih yang memiliki detergency ringan dan lebih lembut di kulit

  • Sodium cocoamphoacetate
  • Cocamidopropyl betaine


Selain jenis surfaktan, hal lain yang penting diperhatikan adalah pH dari sabun wajah. Selalu pastikan pH sabun pencuci wajah yang digunakan adalah sesuai dengan pH kulit (sekitar 5.5). Dengan demikian, sabun pencuci wajah tidak akan merusak kelembapan alami kulit.

Saat wajah terasa berminyak, gunakan sabun muka dengan daya pembersih yang kuat

Saat wajah terasa berminyak, gunakan sabun muka dengan daya pembersih yang kuat

Salah satu penyebab kulit terasa berminyak adalah karena adanya sebum berlebih di wajah. Untuk menghilangkan sebum secara menyeluruh, Anda perlu sabun muka dengan detergency kuat


Sabun dengan detergency kuat biasanya memiliki kandungan kalium hidroksida (potassium hydroxide) atau natrium hidroksida (sodium hydroxide). Anda dapat melihat kandungan tersebut pada deretan awal ingredients list.


Selanjutnya, pilihlah sabun muka dengan kandungan lauric acid, myristic acid, stearic acid, dan sodium hydroxide. Walaupun tidak ditulis pada deretan awal, sabun dengan kandungan tersebut biasanya memiliki detergency kuat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun muka dengan kandungan tersebut. 

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, perhatikanlah dengan lebih saksama kandungan bahan pada sabun muka. Kami sarankan agar Anda menggunakan sabun muka dengan detergency ringan, seperti sabun muka berbasis asam amino


Selain itu, untuk kulit sensitif, bahkan kandungan alkohol yang menyegarkan seperti etanol pun dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda sensitif terhadap alkohol, hindari kandungan alkohol pada sabun muka Anda, ya.


Sebagai tambahan, fragrance atau pewangi juga berisiko mengiritasi kulit sensitif. Wangi sabun muka, seperti citrus, herba, dan floral mungkin berasal dari sumber alami. Namun, untuk menghindari iritasi, Anda yang berkulit sensitif sebaiknya memilih sabun muka nonfragrance atau tak beraroma

Saat kulit berjerawat, gunakan sabun muka dengan kandungan acne care

Saat kulit berjerawat, gunakan sabun muka dengan kandungan acne care

Jika Anda ingin mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya gunakan sabun muka dengan kandungan acne care. Sabun muka acne care biasanya mengandung bahan aktif seperti dipotassium glycyrrhizate dan isopropyl methylphenol.


Penyebab timbulnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Oleh karena itu, untuk membantu mencegah jerawat, Anda dapat menggunakan sabun muka yang dapat menekan produksi sebum. Anda juga dapat memilih produk noncomedogenic untuk mengurangi terbentuknya komedo yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. 

Periksalah ada tidaknya kandungan pelembap

Periksalah ada tidaknya kandungan pelembap

Saat memilih sabun muka, Anda juga harus memperhatikan apakah ada rasa kulit terasa ketat atau tidak setelah mencuci muka. Alasan mengapa Anda merasakan kulit terasa ketat setelah mencuci muka adalah karena sabun muka menghilangkan minyak pada kulit. 


Minyak alami pada wajah inilah yang berperan memberikan kelembapan pada kulit Anda. Untuk itu, penting sekali bagi Anda memilih sabun muka dengan kandungan pelembap. Kandungan pelembap ini akan berperan sebagai tameng atau pelindung sehingga kulit tidak terasa tertarik. Kandungan pelembap yang dimaksud antara lain ada ceramide, sodium lactate, hyaluronic acid, glycerin, dan asam amino.


Selain itu, Anda dapat melakukan rangkaian perawatan wajah setelah mencuci muka. Anda bisa menggunakan lotion, milk cleanser, dan skincare lainnya setelah mencuci muka untuk mengunci kelembapan kulit Anda, ya.

dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Alasan lain mengapa kulit terasa kesat adalah karena pH sabun pencuci wajah yang digunakan sering kali terlalu basa. pH sabun pencuci tersebut tidak sesuai dengan pH kulit sekitar 5.5. Selain itu, suhu air yang dipakai saat mencuci wajah terlalu panas (di atas 38 derajat Celsius) juga menjadi salah satu alasan. Kedua hal tersebut dapat merusak natural moisturizer factor (NMF) yang terdapat pada lapisan kulit kita.

10 Rekomendasi sabun muka terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun muka terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Fitria Agustina.


Update 14 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Kao Curél Foaming Facial Wash menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser 1

Avoskin

2
The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash 1

The Body Shop

3
Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Galderma

4
Senka Perfect Whip Facial Foam 1

Senka

5
Garnier Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser 1

Garnier

6
Emina Bright Stuff Face Wash 1

Emina

7
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash 1

Wardah

8
Sebamed Clear Face Cleansing Bar  1

Sebamed

9
Galenium Oilum Brightening Care Cleansing Bar 1

Galenium

10
Kiehl’s  Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash 1

Kiehl’s

Nama produk

Natural Sublime Facial Cleanser

Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Perfect Whip Facial Foam

Pure Active Matcha Foam Facial Cleanser

Bright Stuff Face Wash

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Clear Face Cleansing Bar

Oilum Brightening Care Cleansing Bar

Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Keunggulan

Low pH dan membantu menjaga skin barrier

Kulit wajah seperti kilang minyak? Atasi dengan face wash ini!

Dapat digunakan dengan atau tanpa air

Memberikan busa yang padat, melimpah, dan lembut

Membantu mengempiskan jerawat lebih cepat

Bye-bye kulit kusam, halo kulit cerah!

Jaga kelembapan kulit Anda dengan Aloe vera organik

Mengurangi sebum dan komedo pada kulit berminyak

Mengandung kolagen untuk menjaga kulit tampak muda lebih lama

Ekstrak calendula-nya menenangkan kulit dan bersifat antibakteri

Harga mulai dariRp 119.000,00Rp 169.000,00Rp 98.500,00Rp 60.000,00Rp 31.500,00Rp 28.000,00Rp 19.000,00Rp 110.000,00Rp 15.000,00Rp 230.000,00
Isi100 ml250 ml59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml 50 g, 100 g, dan 120 g50 ml, 100 ml100 ml150 ml100 g85 g75 ml dan 230 ml
Daya pembersih RinganKuatRinganKuatKuatKuatRinganRinganRinganRingan
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycolGlycerinPropylene glycol (humektan)Glycerin, butylene glycolGlycerinGlycerin, butylene glycolAloe veraAsam amino, squalaneOlive oilGlycerin
AromaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apaTea treexBungaMatchaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apaAloe veraAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apaAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apaCitrus dan bunga geranium
Tautan produk
10

Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

Mulai dari Rp 230.000,00

Isi75 ml dan 230 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapGlycerin
AromaCitrus dan bunga geranium
9

GaleniumOilum Brightening Care Cleansing Bar

Mulai dari Rp 15.000,00

Isi85 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapOlive oil
AromaAda, tapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
8
Isi100 g
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapAsam amino, squalane
AromaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
7

WardahNature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp 19.000,00

Isi150 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapAloe vera
AromaAloe vera
6
Isi100 ml
Daya pembersih Kuat
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
AromaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apa
5

GarnierPure Active Matcha Foam Facial Cleanser

Mulai dari Rp 31.500,00

Isi50 ml, 100 ml
Daya pembersih Kuat
Kandungan pelembapGlycerin
AromaMatcha
4
Isi50 g, 100 g, dan 120 g
Daya pembersih Kuat
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
AromaBunga
3

GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

Mulai dari Rp 98.500,00

Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapPropylene glycol (humektan)
Aromax
2

The Body ShopTea Tree Skin Clearing Facial Wash

Mulai dari Rp 169.000,00

Isi250 ml
Daya pembersih Kuat
Kandungan pelembapGlycerin
AromaTea tree
1

AvoskinNatural Sublime Facial Cleanser

Mulai dari Rp 119.000,00

Isi100 ml
Daya pembersih Ringan
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol
AromaAda, tetapi tidak ada keterangan aroma seperti apa

Poin-poin penting dalam mencuci muka

Jika Anda sudah menemukan sabun muka yang tepat, selanjutnya Anda perlu mempelajari poin-poin yang perlu diperhatikan saat mencuci muka. Simak pembahasan detailnya berikut ini. 


  • Buatlah busa yang lembut dan padat untuk menghilangkan sebum dan kotoran wajah. Sebelum membuat busa dari sabun wajah, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Untuk sabun muka batangan dan facial foam, tambahkan air secukupnya untuk mendapatkan gumpalan busa yang lembut. 
  • Cuci wajah perlahan dengan busa yang padat selama 20–30 detik. Setelah membentuk busa, cucilah muka Anda seperti sedang memegang spons. Jangan biarkan tangan Anda langsung menyentuh permukaan kulit wajah. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Gunakanlah busa sebagai bantalan antara tangan Anda dan kulit wajah. 
  • Jangan menggosok-gosok wajah dengan handuk. Setelah membilas bersih dengan air, keringkanlah muka Anda menggunakan handuk. Tepuk-tepuk handuk pada wajah Anda dengan lembut dan jangan menggosoknya. Pastikan Anda menggunakan handuk bersih untuk menghindari perpindahan bakteri atau kuman dari handuk ke wajah Anda.
  • Berapa kali harus mencuci wajah dalam sehari? Anda bisa mencuci muka setidaknya sekali sehari dan paling banyak dua kali sehari. Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, minyak pada wajah akan banyak yang hilang sehingga dapat menyebabkan kulit kering.
  • Buka pori-pori wajah sebelum mencuci muka untuk membersihkan kotoran pada pori-pori. Salah satu cara untuk membuka pori-pori adalah dengan mandi menggunakan air hangat selama sekitar 15 menit. Namun, tidak disarankan menggunakan air panas di atas suhu 38°Celcius karena akan membuat kulit menjadi kering dan kerusakan pada lapisan natural moisturizer factor (NMF).
  • Jangan terlalu sering menggunakan facial brush. Karena ukuran pori-pori yang sangat kecil, ujung kuas facial brush tidak akan menjangkaunya dan justru akan merusak kulit. Apabila ingin membersihkan pori-pori, lebih baik gunakan mud facial wash yang mengandung clay untuk menyerap sebum.
dr. Fitria Agustina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Fitria Agustina

Penggunaan air panas di atas suhu 38° derajat Celsius pada kulit, baik kulit wajah ataupun kulit badan, akan membuat kulit menjadi kering. Kulit kering tersebut disebabkan oleh rusaknya lapisan natural moisturizer factor (NMF) pada kulit. Jika setelah itu ditambahkan lagi sabun cuci wajah yang mengandung surfaktan, kondisi kulit akan makin kering.


Oleh karena itu, jika ingin mencuci wajah, tetap gunakan air pada suhu normal atau suhu ruang. Jika wajah terasa kotor karena debu atau makeup, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan pembersih yang bersifat lipofilik sebelum cuci muka. Pembersih tersebut misalnya makeup remover atau cleansing milk. Setelah itu, barulah dibilas dan lanjutkan pencucian dengan menggunakan sabun pembersih wajah.

Baca juga rekomendasi produk cleansing lainnya di sini

Kami telah memberikan rekomendasi sabun muka terbaik secara umum. Akan tetapi, setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Oleh karena itu, kami akan memperkenalkan produk cleansing yang dikhususkan untuk masalah kulit tertentu. Cek ulasan produk terbaiknya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sabun muka memiliki peran penting dalam membersihkan kulit wajah Anda sehari-hari. Sabun muka terbaik adalah sabun yang paling sesuai dengan kondisi kulit. Oleh karena itu, agar hasilnya optimal, sesuaikan daya pembersih sabun muka dengan jenis kulit Anda, ya.

Meski terdengar sepele, memilih sabun yang mudah berbusa dan mudah dibilas juga penting untuk dilakukan. Dapatkan kulit wajah yang sehat dengan produk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen dan fungsi perlindungan kulit akan menurun. Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kering, kendur, serta flek hitam menjadi lebih mencolok. Selain pelembap dan serum wajah, face emulsion merupakan produk perawatan wajah yang patut dipertimbangkan dalam skincare routine Anda.Kami akan menjelaskan tips memilih face emulsion yang bagus untuk kondisi kulit Anda. Review produk face emulsion dari merek terbaik dengan formula antianging, seperti SK-II, Sulwhasoo, dan Shiseido juga ada di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori