10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat sedang berjalan-jalan, tentu si kecil akan terlihat semakin modis bila mengenakan sepatu sandal bayi. Di pasaran sendiri beredar berbagai sepatu sandal bayi dengan beragam desain, bahan, warna, bentuk, dan harga. Berbagai merek terkenal seperti Nike, OshKosh, Mothercare, dan Carter’s Baby pun turut memberikan Anda opsi produk sepatu sandal bayi yang lucu.

Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu sandal bayi. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih untuk anak Anda. Sudah tidak sabar mendandani si kecil? Yuk simak selengkapnya!

Daftar isi

Cara memilih sepatu sandal bayi

Saat hendak memilih sepatu sandal bayi, penting untuk memeriksa ukuran, kemudahan penggunaan, dan breathability dari sepatu sandal tersebut. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Pilih ukuran sepatu sandal sesuai usia bayi

Pilih ukuran sepatu sandal sesuai usia bayi

Umumnya, bayi baru lahir sampai usia 3 bulan menggunakan sapatu sandal berukuran 8-11 cm, usia 3-6 bulan berukuran 9-12 cm, usia sekitar 1,5 tahun berukuran 11-13 cm, dan bayi usia 2 tahun berukuran 12-14 cm. Lalu, sisakan juga ruang sekitar 0,5-1 cm pada sepatu sandal tersebut agar mudah dikenakan bayi Anda.

Berhubung ukuran kaki setiap bayi dapat berbeda-beda, ukurlah panjang kaki anak Anda saat ia sedang berdiri mulai dari ujung jari kaki hingga ujung tumitnya. Anak-anak bertumbuh dengan cepat sehingga ukuran yang dikenakan saat ini mungkin sudah tidak bisa dipakai lagi tahun depan. Perhatikan juga ukuran kakinya setiap tahun untuk memantau perkembangan bayi Anda.

Periksa keberadaan penutup seperti velcro agar lebih aman

Periksa keberadaan penutup seperti velcro agar lebih aman

Anak-anak sering terjatuh, jadi dianjurkan untuk memilih sepatu sandal yang tertutup pada bagian jari kaki dan tumitnya. Akan lebih aman lagi jika sepatu tersebut terdapat velcro untuk menahan kaki pada sepatu. Selain itu, bila Anda memilih sepatu sandal yang memiliki velcro sebagai penahan, si kecil akan lebih mudah bergerak dan berjalan.

Di sisi lain, bila Anda tidak memilih sepatu yang berpenutup velcro, pilihlah produk dengan sol yang lentur dan fleksibel agar sepatu sandal tersebut tetap dapat melindungi kaki anak Anda. Jadi, pilihlah yang terdapat velcro atau cukup lentur untuk menjaga kaki si kecil tetap aman.

Pilih sepatu sandal yang mudah dipakai

Pilih sepatu sandal yang mudah dipakai

Berhubung bayi tidak bisa memakai sepatu sandalnya sendiri, Andalah yang harus membantu memakainya. Karena itu, tentu Anda akan sangat terbantu bila Anda memilih produk yang mudah dipakai oleh si kecil. Bagian pergelangan kaki yang terbuka lebar atau sepatu sandal berukuran besar adalah tipe yang pas karena kaki bayi akan mudah masuk ke sepatu sandal tersebut.

Selain itu, kemudahan memakai tergantung pada cara mengencangkan sepatu sandal. Jika Anda dapat mengencangkannya dengan velcro atau memilih tipe produk yang dapat dikencangkan dengan belt yang mudah diatur lebarnya, Anda tidak akan kesulitan memakaikan sepatu sandal pada bayi Anda. Pilih juga tipe sepatu sandal yang nyaman dan kuat.

Pilih yang memiliki breathability baik

Pilih yang memiliki breathability baik

Berhubung sepatu sandal biasa digunakan saat cuaca panas, perhatikanlah breathability dari produk tersebut. Terlebih, tipe produk yang memiliki penutup dari velcro akan membuat panas terperangkap di dalam sepatu sandal. Jadi, periksalah mengenai kemampuan breathability dari produk tersebut.

Pertama, periksalah bagian upper material pada sepatu sandal tersebut, pastikan dapat menyerap keringat dengan baik, mampu dilewati uap air, dan sebagainya. Anda bisa memilih produk dari bahan rajutan karena tidak menahan panas. Selain itu, akan sangat nyaman jika insole dalamnya juga memiliki breathability yang baik. Mengingat bayi memiliki suhu tubuh yang tinggi, pilihlah bahan yang tidak panas dan terasa nyaman bagi si kecil.

Periksa ketahanan air dan kecepatan keringnya bila ingin dipakai di laut dan kolam

Periksa ketahanan air dan kecepatan keringnya bila ingin dipakai di laut dan kolam

Ada juga sepatu sandal dari bahan karet tahan air. Saat bayi bermain di laut, sungai, atau kolam, Anda tetap perlu memakaikan sepatu sandal untuk menghindarkan kaki bayi Anda dari menginjak benda-benda berbahaya. Akan tetapi, jika sepatu sandalnya menyerap air, tentu sepatu sandal tersebut akan menjadi berat dan membuat bayi Anda tidak nyaman. Karena itu, bahan karet merupakan pilihan tepat untuk dipakai.

Selain bahan yang tahan air, jenis sepatu sandal yang cepat kering juga akan pas untuk dipakai si kecil. Proses pengeringan air dimulai dari bagian sol, lalu ada juga sepatu sandal dengan bahan yang tidak menyerap air. Silakan pilih sepatu sandal sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

10 Rekomendasi sepatu sandal bayi terbaik

Berikut ini sepuluh daftar produk sepatu sandal yang kami rekomendasikan untuk bayi Anda. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, dan keamanan si kecil!

10. LustyBunny Sepatu Sol Karet PS 9579

10. LustyBunny Sepatu Sol Karet PS 9579

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.200

Bayi lebih riang dengan sepatu berbunyi yang memiliki beragam desain ini

Si kecil sedang senang-senangnya berjalan? Nah, jenis sepatu sandal berikut ini akan cocok untuk si kecil karena solnya terbuat dari bahan karet yang tidak licin sehingga aman untuknya. Bayi Anda pun bisa bebas bergerak tanpa khawatir tergelincir. Apalagi, sol ini didesain mengeluarkan bunyi yang akan membuat anak Anda semakin riang.

Desain sepatu sandal ini pun tampak menawan dengan aksen bunga di bagian punggung sepatu sandal ini. Terdapat varian warna ungu dan pink dengan corak bunga cantik yang dapat Anda pilih. Kemudian, agar lebih aman serta mudah dilepas-pasang, pada produk ini sudah terdapat velcro sebagai penahannya.

9. Sepatu Sandal Bayi Kain Warna Pastel

9. Sepatu Sandal Bayi Kain Warna Pastel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Material lembutnya cepat serap keringat untuk membuat nyaman kaki si kecil

Sepatu sandal pilihan kami berikutnya terbuat dari bahan kain katun sehingga akan membuat kaki bayi Anda nyaman. Keringat dapat dengan mudah diserap dan memberikan sirkulasi udara yang baik pada kaki. Tentunya produk ini sangat cocok bila Anda memiliki bayi yang kakinya mudah berkeringat dan lembap.

Selain itu, Anda pun bisa dengan mudah memakaikan sepatu sandal ini ke kaki bayi Anda. Untuk mengencangkannya, produk ini menggunakan velcro sebagai perekat, tentu memudahkan untuk melepas-pasang sepatu. Lalu, warna pastelnya akan memberikan kesan imut yang maksimal bagi bayi laki-laki atau perempuan.

8. Sepatu Sandal Bayi Aksen Rumbai

8. Sepatu Sandal Bayi Aksen Rumbai

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.500

Terlihat keren sekaligus aman saat dipakai anak Anda

Ada berbagai jenis sol yang nyaman digunakan untuk bayi belajar berjalan, salah satunya sol karet. Desain sol karet sepatu sandal ini akan membuat si kecil tidak mudah terjatuh saat berjalan di keramik yang licin. Selain itu, bahan kulit sintetis dari produk ini membuat tampilannya terkesan mahal.

Produk ini juga memiliki hiasan rumbai pada bagian punggung sepatu yang membuat tampilannya semakin terlihat unik. Apalagi, produk ini juga memiliki berbagai variasi warna yang menarik sehingga cocok juga untuk diberikan sebagai kado ulang tahun teman si kecil. Sudah aman, tampilannya keren pula, mantap!

7. Sepatu Sandal Bayi Mickey Mouse

7. Sepatu Sandal Bayi Mickey Mouse

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 83.000

Tampil lebih kasual dan imut dalam waktu bersamaan

Bahan denim selalu berhasil memberikan tampilan kasual dan sporty di saat bersamaan, tidak terkecuali dengan produk satu ini. Apalagi, terdapat hiasan karakter mickey mouse yang membuat tampilan produk ini semakin trendi. Sangat pas dipakaikan ke si kecil saat Anda sedang ingin menonjolkan kesan kasual sekaligus imut di waktu bersamaan!

Selain itu, dengan perekat dari velcro, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan saat memakaikan dan melepas sepatu sandal ini dari kaki anak Anda. Tentu saja keberadaan velcro juga membuat sepatu sandal ini juga semakin tidak mudah lepas. Selain itu, jari kaki anak Anda juga tetap akan terlindungi karena bagian depan produk ini tertutup.

6. Fila Sepatu Sandal Bayi

6. Fila Sepatu Sandal Bayi

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Si kecil hendak tampil sporty? Mengapa tidak?

Sepatu sandal rekomendasi kami berikutnya merupakan produk dengan tampilan yang sangat keren, tentunya cocok dipakai oleh anak Anda yang aktif dan ingin terlihat sporty. Ukuran produk ini pun cukup beragam, dapat digunakan oleh anak berusia sekitar 1 sampai 3 tahun.

Solnya juga dibuat cukup tebal sehingga akan awet untuk digunakan dalam waktu cukup lama. Kemudian, di bagian punggung kaki sepatu sandal ini terdapat 2 buah perekat velcro agar Anda bisa mudah menyesuaikan dengan ukuran kaki anak Anda yang semakin besar.

5. Carter’s Baby Knitted Booties

5. Carter’s Baby Knitted Booties

 

Lihat produk ini di Tokopedia

lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 78.000

Lebih nyaman berjalan-jalan di cuaca dingin dengan bahan rajut ini

Koleksi Carter’s ini menggunakan kain rajutan karena mudah menyerap keringat dan tidak membuat kaki bayi terasa lembap saat digunakan. Produk ini pun memiliki desain yang cantik dan lucu serta mudah untuk dipasangkan pada kaki newborn karena sifat dari bahan rajutan yang elastis.

Keunggulan lainnya, produk ini didesain dengan model boot untuk melindungi kaki si kecil yang mungil dan rentan dingin. Tentu sangat pas untuk dipakai saat Anda hendak berjalan-jalan bersama si buah hati di cuaca dingin. Anda pun tidak perlu khawatir kaki bayi menjadi gatal karena bahan rajutannya diklaim lembut dan nyaman dipakai.

4. Sepatu Sandal Bayi Karakter Gajah

4. Sepatu Sandal Bayi Karakter Gajah

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 51.000

Bermain semakin fun ditemani si gajah lucu!

Sepatu sandal ini dibuat dari bahan kain katun yang dipadukan dengan lubang-lubang untuk mendukung sirkulasi udara pada kaki anak Anda. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu khawatir meski kaki anak Anda mudah berkeringat. Kainnya juga lembut sehingga tidak akan membuat lecet kaki anak Anda.

Dari segi desain, anak Anda pasti akan menyukai karakter gajah kecil yang lucu ini. Apalagi, terdapat berbagai varian warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Ditambah perekat velcro untuk membuat sepatu sandal ini makin lekat di kaki, produk ini adalah pilihan tepat untuk dipakai si kecil sambil bermain sembari ditemani si gajah lucu.

3. Mothercare Rainbow Shoes

3. Mothercare Rainbow Shoes

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 69.000

Makin atraktif dengan desain rainbow yang colourful

Salah satu varian sandal ini patut dipertimbangkan bagi Anda para orang tua yang menginginkan newborn Anda tampil feminin. Tidak hanya memiliki fitur pelindung ujung jari kaki dengan model tertutupnya, sepatu ini juga tertutup pada bagian tumitnya, tidak seperti kebanyakan produk sepatu sandal lain.

Kemudian, koleksi sepatu sandal ini ditawarkan dengan varian ukuran outsole yang lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan bayi mulai dari usia 0-6 bulan hingga 12-18 bulan. Tampilannya yang manis bak rainbow dengan aksen pita ini juga terlihat sangat menawan di kaki bayi perempuan.

2. Carter’s Jelly Sandals

2. Carter’s Jelly Sandals

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 210.000

Basah? Tidak masalah, sandal ini antiair, kok!

Mengajak si kecil berwisata air memang cocok dilakukan saat cuaca terik. Nah, untuk kegiatan tersebut, pilihlah sepatu sandal yang memiliki fitur tahan air. Produk ini terbuat dari bahan karet jelly dengan insole yang tidak menyerap air dan dapat dikeringkan dengan mudah sehingga si kecil pun dapat terus memakainya dengan nyaman.

Jenis ini dihadirkan untuk bayi berusia 1-2 tahun yang tengah aktif bergerak dengan ukuran insole dan outsole yang sesuai. Desainnya yang unik dengan tampilan transparan pun terlihat sangat menawan untuk dikenakan oleh si buah hati. Yuk Moms, berikan jenis sepatu sandal ini untuk kejutan di liburan mendatang!

1. ToeZone OshKosh Maxwell Td

1. ToeZone OshKosh Maxwell Td

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 279.000

Paduan bahan yang ringan dan mesh untuk mendukung keaktifan si buah hati

Koleksi OshKosh berikut ini dirancang khusus untuk Anda yang memiliki anak yang dinamis, aktif, dan senang bermain ke sana ke mari sambil berlari-lari. Bahan outsole-nya sangat ringan sehingga si kecil bisa berlarian saat memakai sepatu sandal ini dengan leluasa.

Sepatu sandal ini juga dilengkapi dua perekat velcro di bagian jari kaki dan punggung kaki hingga Anda dapat menyesuaikan lebarnya dengan kaki si kecil. Untuk menambah kenyamanan si kecil yang sangat aktif, bahan upper material dari produk ini terbuat dari bahan mesh untuk mendukung breathability maksimal.

Baca juga rekomendasi sepatu bayi di sini!

Selain sepatu sandal, sepatu bayi juga merupakan perlengkapan bayi yang harus Anda perhatikan saat hendak membawanya bepergian. Pada artikel berikut, kami akan menjelaskan mengenai sepatu bayi terbaik yang bisa Anda jadikan referensi.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan 10 produk sepatu sandal bayi terbaik untuk Anda, juga mengulas cara memilih jenisnya sesuai kebutuhan dan rentang usia bayi Anda, apakah newborn, batita, atau balita.

Sudahkah Anda menentukan pilihan? Ingat, jangan membeli hanya karena modelnya yang lucu, tetapi periksa juga keberadaan fitur lain yang memberikan manfaat lebih. Selamat memilih dan berjalan-jalan bersama si kecil!