• 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik  (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Sandal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Selain sepatu, model sepatu sandal juga bisa dipertimbangkan untuk dikenakan oleh bayi. Di pasaran sendiri beredar berbagai sepatu sandal bayi dengan bermacam desain, bahan, warna, bentuk, dan harga. Berbagai merek sandal bayi terkenal, seperti Melissa, Tamagoo, dan Mothercare bisa dijadikan pilihan. 
 
Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih sepatu sandal bayi. Setelah itu, kami juga akan memberikan rekomendasi sandal bayi yang bagus untuk Anda pilih. Sudah tidak sabar mendandani si kecil? Yuk, simak selengkapnya artikel ini!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu sandal bayi

Saat memilih sepatu sandal bayi, penting untuk memeriksa ukuran, kemudahan penggunaan, dan breathability dari sepatu sandal tersebut. Mari simak selengkapnya untuk mengetahui lebih jauh.

Sesuaikan sepatu sandal dengan pemakainya

Sesuaikan sepatu sandal dengan pemakainya

Saat memilih sepatu sandal bayi, perhatikan model dan desainnya. Banyak desain sepatu sandal yang bisa dipakai baik untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Namun, ada pula desain khusus sepatu sandal bayi perempuan atau sebaliknya. Untuk itu, pastikan model dan desainnya sudah sesuai keinginan Anda. 


Sepatu sandal bayi perempuan biasanya memiliki lebih banyak ornamen, misalnya pita, glitter, beads, dan lainnya. Di sisi lain, sepatu sandal bayi laki-laki lebih minimalis tanpa banyak ornamen. Namun, biasanya dihiasi dengan motif-motif lucu khas anak laki-laki. 

Pilih ukuran sepatu sandal berdasarkan usia bayi dan sesuaikan modelnya

Ukuran kaki setiap bayi tentu berbeda-beda. Agar mendapat sepatu yang tepat, ukurlah panjang kaki anak Anda saat ia sedang berdiri. Pengukuran dimulai dari ujung jari kaki hingga ujung tumitnya. Namun, selain itu ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cek umur si kecil dan cocokkan dengan kebutuhan mereka. 

0–6 bulan, cari bahan sepatu sandal yang lembut dan halus

0–6 bulan, cari bahan sepatu sandal yang lembut dan halus

Sebenarnya, pada periode ini bayi kurang cocok diberikan alas kaki. Kaki bayi umur 0–6 bulan cenderung masih sangat kecil dan rapuh. Maka dari itu, umur ini paling tepat bertelanjang kaki atau tidak memakai alas apa pun.

 
Namun, jika Anda menginginkan sepatu sandal untuk dikenakan saat bepergian, carilah bahan yang lembut dan halus. Pastikan juga bagian outsole-nya fleksibel, tipis, serta ringan.

 
Umumnya, bayi baru lahir sampai usia 6 bulan menggunakan sepatu sandal berukuran kurang lebih 8–11 cm. Akan tetapi, Anda tetap harus mencari sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar supaya kaki anak bebas bergerak. 

6–12 bulan, pilih sepatu sandal yang tertutup dan antiselip

6–12 bulan, pilih sepatu sandal yang tertutup dan antiselip

Di umur ini, bayi sudah mulai aktif bergerak dan sedang belajar berdiri, bahkan berjalan. Memang ada banyak sepatu sandal berdesain lucu dan menarik, tetapi segi keamanan dan kenyamanan tetap harus diutamakan.

 
Sepatu bersol empuk dan fleksibel masih diutamakan. Lalu, lebih disarankan untuk membeli sandal dengan desain tertutup dibanding terbuka. Hal itu agar ketika anak belajar berjalan, mereka tidak mudah tersandung karena model sepatunya.

 
Karena anak baru belajar berjalan, pertimbangkan juga mencari sandal yang bisa berbunyi. Hal ini bisa membuat si kecil makin semangat belajar berjalan karena suaranya yang menarik. Kemudian, cari juga produk dengan fitur antiselip. Usia sekitar 6–12 bulan sebaiknya cari produk berukuran 11–14 cm.

1,5–2 tahun, cobalah sepatu sandal dengan sol kokoh

1,5–2 tahun, cobalah sepatu sandal dengan sol kokoh

Setelah memasuki usia 1,5–2 tahun, anak akan makin lancar berjalan, bahkan berlari. Maka dari itu, mereka membutuhkan sepatu dengan sol yang lebih kokoh. Meski begitu, bukan berarti Anda mencari sandal sepatu dengan sol kaku yang tidak bisa ditekuk.

 
Alas kaki yang fleksibel tetap penting untuk mendukung gerak anak. Selain itu, cari juga sandal sepatu yang tidak mudah lepas. Usia sekitar 1,5–2 tahun sebaiknya cari produk berukuran 14–16 cm.

Periksa keberadaan pelindung kaki dan pengencang seperti velcro agar lebih aman

Periksa keberadaan pelindung kaki dan pengencang seperti velcro agar lebih aman
Anak-anak sering terjatuh. Jadi, dianjurkan untuk memilih sepatu sandal yang tertutup pada bagian jari kaki dan tumitnya. Akan lebih aman lagi jika sepatu tersebut terdapat velcro untuk menahan kaki pada sepatu. Selain itu, bila Anda memilih produk ber-velcro sebagai penahan, si kecil akan lebih mudah bergerak dan berjalan.

Bagaimana bila Anda memilih sepatu sandal yang tidak memiliki penutup di bagian jari atau tumit? Anda bisa memilih produk dengan sol yang melengkung agar sepatu sandal tersebut tetap dapat melindungi kaki si kecil. Pastikan produk pilihan Anda tetap aman untuk digunakan dan lekat di kaki, ya!

Pastikan sepatu sandal mudah dipakai

Pastikan sepatu sandal mudah dipakai
Berhubung bayi tidak bisa memakai sepatu sandalnya sendiri, Andalah yang harus membantu memakaikannya. Karena itu, tentu Anda akan sangat terbantu bila memilih produk yang mudah dipasangkan. Ada produk yang bagian pergelangan kakinya terbuka lebar atau berukuran besar. Sepatu sandal seperti ini adalah tipe yang pas karena kaki bayi akan mudah masuk ke sepatu sandal tersebut.

Selain itu, kemudahan memakai tergantung pada cara mengencangkan sepatu sandal. Ada produk yang dapat dikencangkan dengan velcro atau belt yang mudah diatur lebarnya. Anda tidak akan kesulitan memakaikan sepatu sandal pada bayi Anda bila membeli sepatu sandal seperti ini. Jadi, utamakanlah kemudahan dan kenyamanan Anda dalam memakaikan sepatu sandal pada si kecil.

Cari produk yang memiliki breathability baik

Cari produk yang memiliki breathability baik
Berhubung sepatu sandal biasa digunakan saat cuaca panas, perhatikanlah breathability dari produk tersebut. Terlebih, tipe produk yang memiliki penutup dari velcro akan membuat panas terperangkap di dalam sepatu sandal. Jadi, periksalah mengenai kemampuan breathability dari produk tersebut.

Pertama, periksalah bagian upper material pada sepatu sandal tersebut. Pastikan area upper tersebut dapat menyerap keringat dengan baik, mampu dilewati uap air, dan sebagainya. Anda bisa memilih produk dari bahan mesh karena tidak memerangkap panas. Selain itu, akan sangat nyaman jika insole dalamnya juga memiliki breathability baik. Mengingat bayi memiliki suhu tubuh yang tinggi, pilihlah bahan yang tidak panas dan terasa nyaman bagi si kecil.

Cek ketahanan air dan kecepatan keringnya bila ingin dipakai di laut dan kolam

Cek ketahanan air dan kecepatan keringnya bila ingin dipakai di laut dan kolam
Ada juga sepatu sandal dari bahan karet tahan air. Ada kalanya si kecil bermain di laut, sungai, atau kolam. Anda tetap perlu memakaikan sepatu sandal untuk menghindarkan kaki bayi dari menginjak benda-benda berbahaya. Namun, jika sepatu sandalnya menyerap air, tentu sepatu sandal tersebut akan menjadi berat dan membuat bayi tidak nyaman. 

Ada beberapa bahan sepatu yang antiair, yaitu karet, melflex, plastik (EVA), dan masih banyak lagi. Selain bahan yang tahan air, jenis sepatu sandal yang cepat kering juga akan pas untuk dipakai si kecil. Proses pengeringan air dimulai dari bagian sol, lalu ada juga sepatu sandal dengan bahan yang tidak menyerap air. Silakan pilih sepatu sandal sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

10 Rekomendasi sepatu sandal bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu sandal bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran12–15 cm
PengamanHeel/toe cover
PengencangVelcro
BahanTextile, EVA, rubber
Varian warnaAquamarine-Peacoat-Hot Coral, Elektro Blue-Nrgy Yellow, Sachet Pink/Island Paradise
9

CrocsKid's Isabella Charm Sandal

0888-CCR206956040

Mulai dari Rp 559.000,00

Ukuran13–19 cm
PengamanHeel/toe cover
PengencangVelcro
BahanGemlite
Varian warnaSilver, Pink Lemonade
8

Mothercare Blue Colour-Block Baby Sandals

046120110-VF737

Mulai dari Rp 329.000,00

Ukuran±10–11,5 cm
PengamanHeel belt/toe cover
PengencangVelcro
BahanKatun
Varian warnaBiru
7

MelissaMini Melissa Jump + Miffy BB

Mulai dari Rp 859.900,00

Ukuran12–18 cm
PengamanHeel belt/toe cover
PengencangVelcro
BahanMelflex (PVC)
Varian warnaOrange, white, blue, light pink
6

Balmoral Kids Sandal Clogs Easy-Dry Basic Anak Boys Disney Mickey

MC-JKT01

Mulai dari Rp 199.900,00

Ukuran10–15 cm
PengamanHeel belt/toe cover
PengencangVelcro
BahanEVA fabric
Varian warnaNavy, black
5

SyaluSendal Bayi Laki 1 Tahun Jsb

Hitam

Mulai dari Rp 80.000,00

Ukuran11,5–13 cm
PengamanHeel cover/toe curve
PengencangVelcro
BahanTidak disebutkan
Varian warnaHitam
4

LustyBunny Sandal Bunyi Wave Lace

PS-9589

Mulai dari Rp 43.600,00

Ukuran13–14 cm
PengamanHeel belt
PengencangVelcro
BahanTidak disebutkan
Varian warnaPink, ungu
3
Ukuran11–12 cm
PengamanHeel belt/toe curve
PengencangVelcro
BahanKulit sintetis
Varian warnaGold
2
Ukuran13–18,2 cm
PengamanHeel belt
PengencangVelcro
BahanGenuine leather
Varian warnaGrey, Ivory., Black, Turquoise, Caramel. Nude, Navy
1
Ukuran11,5–13 cm
PengamanHeel/toe cover
PengencangVelcro
BahanKulit sintetis
Varian warnaBlue, Brown, Khaki, Navy, Black

Tabel perbandingan produk sepatu sandal bayi terbaik

Gambar produk
1
Tamagoo Charles Series 1

Tamagoo

2
PYOPP Buffy Sandals 1

PYOPP

3
Freddie The Frog Summer Gold 1

Freddie The Frog

4
LustyBunny  Sandal Bunyi Wave Lace 1

LustyBunny

5
Syalu Sendal Bayi Laki 1 Tahun Jsb  1

Syalu

6
Balmoral Kids  Sandal Clogs Easy-Dry Basic Anak Boys Disney Mickey  1

Balmoral Kids

7
Melissa Mini Melissa Jump + Miffy BB 1

Melissa

8
Mothercare  Blue Colour-Block Baby Sandals 1

Mothercare

9
Crocs Kid's Isabella Charm Sandal  1

Crocs

10
Puma Aquacat Babies' Sandals 1

Puma

Nama produk

Charles Series

Buffy Sandals

Summer Gold

Sandal Bunyi Wave Lace

Sendal Bayi Laki 1 Tahun Jsb

Sandal Clogs Easy-Dry Basic Anak Boys Disney Mickey

Mini Melissa Jump + Miffy BB

Blue Colour-Block Baby Sandals

Kid's Isabella Charm Sandal

Aquacat Babies' Sandals

Keunggulan

Simpel nan minimalis untuk tampilan sehari-hari

Dibuat dari kulit asli yang lentur dan awet

Warna gold-nya beri kesan mewah dan memesona

Solnya bisa berbunyi, si kecil pasti makin riang!

Dilengkapi outsole antiselip agar lebih aman

Berbahan EVA yang tahan air, tak takut lagi kotor-kotoran!

Bermain jadi makin fun ditemani si kelinci lucu!

Tampil lebih kasual dan imut dalam waktu bersamaan

Aksen glitternya menambah kesan girly

Dirancang khusus, kaki sang bayi kering senantiasa

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 378.000,00Rp 79.000,00Rp 43.600,00Rp 80.000,00Rp 199.900,00Rp 859.900,00Rp 329.000,00Rp 559.000,00Rp 499.000,00
Ukuran11,5–13 cm13–18,2 cm11–12 cm13–14 cm11,5–13 cm10–15 cm12–18 cm±10–11,5 cm13–19 cm12–15 cm
PengamanHeel/toe coverHeel beltHeel belt/toe curveHeel beltHeel cover/toe curveHeel belt/toe coverHeel belt/toe coverHeel belt/toe coverHeel/toe coverHeel/toe cover
PengencangVelcroVelcroVelcroVelcroVelcroVelcroVelcroVelcroVelcroVelcro
BahanKulit sintetisGenuine leatherKulit sintetisTidak disebutkanTidak disebutkanEVA fabricMelflex (PVC)KatunGemliteTextile, EVA, rubber
Varian warnaBlue, Brown, Khaki, Navy, BlackGrey, Ivory., Black, Turquoise, Caramel. Nude, NavyGoldPink, unguHitamNavy, blackOrange, white, blue, light pinkBiruSilver, Pink LemonadeAquamarine-Peacoat-Hot Coral, Elektro Blue-Nrgy Yellow, Sachet Pink/Island Paradise
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sepatu lainnya untuk bayi dan anak di sini

Kami masih punya banyak rekomendasi artikel terkait sepatu bayi dan anak. Anda bisa membaca dan menjadikan artikel kami sebagai pertimbangan sebelum membelinya. Untuk artikel selengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk sepatu sandal bayi terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan rekomendasi sandal bayi yang tepat untuk si kecil?

Penting untuk diingat, jangan membeli sandal bayi hanya karena model atau warnanya yang lucu. Kami sarankan agar Anda tetap memeriksa juga keberadaan fitur lain yang dapat memberikan manfaat lebih. Selamat memilih dan berjalan-jalan bersama si kecil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda tentu ingin memilih produk yang berkualitas dan aman bagi kulitnya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sejak lahir hingga berusia dua tahun, bayi belum bisa mengontrol suhu tubuhnya dengan baik. Karena itu, baju dipakai untuk menyelimuti tubuh bayi agar tetap hangat. Ada beragam jenis baju bayi yang dijual di pasaran, seperti baju newborn, baju pendek, panjang, terusan, dan bodysuit. Bahannya pun beragam, contohnya katun dan gauze. Lalu, baju bayi pun dijual dengan banyak ukuran. Kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih baju bayi yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh baju bayi dari berbagai brand terkenal, seperti Palmerhaus dan Hey!Baby. Jadi, pastikan membaca artikel ini sampai habis, ya.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori