10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Produk Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas (Terbaru Tahun 2018)

Pemberian MPASI (Makanan Pengganti Air Susu Ibu) pada bayi usia 6 bulan, mungkin membuat Anda mulai memperhatikan jenis-jenis produk MPASI yang dijual di pasaran. Yummy Bites, Gerber, Heinz, Nestle, dan banyak lagi merek MPASI lainnya menyediakan berbagai rasa, bentuk, dan jenis yang bisa Anda pilih.

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih makanan pengganti ASI untuk bayi-bayi berusia di atas 6 bulan serta sepuluh rekomendasi produk MPASI terbaik. Produk ini dapat membantu Anda menyiapkan makanan dengan aman dan memberikan yang terbaik untuk bayi Anda. Selamat memilih!

Daftar isi

Cara memilih produk makanan untuk bayi usia 6 bulan ke atas

MPASI sangatlah praktis dan aman dikonsumsi oleh bayi. Berikut adalah beberapa tips kami mengenai cara memilih produk makanan bayi usia 6 bulan ke atas.

Pilih produk makanan bayi sesuai usianya

Pilih produk makanan bayi sesuai usianya

Saat memilih produk makanan untuk bayi, pastikan Anda memeriksa target usia yang tertera di kemasannya. Anda bisa memberikan makanan bayi untuk usia di atas 5 bulan kepada bayi berusia 6 bulan. Jika bayi Anda makan dengan baik dan nafsu makannya meningkat, Anda bisa mencoba memberi makanan bayi untuk usia 7 bulan. Namun, usahakan untuk memilih produk makanan bayi sesuai usianya karena produk tersebut tentu dibuat sesuai kebutuhan bayi, mulai dari bahan, ukuran, tekstur, dan kelembutannya.

Periksa komposisi bahan makanannya dengan saksama

Periksa komposisi bahan makanannya dengan saksama

Produk makanan bayi komersial mengandung banyak sekali bahan-bahan. Apalagi, makanan bayi sering kali disiapkan secara handmade menggunakan bahan yang belum pernah dicoba sebelumnya sehingga Anda perlu memeriksa dengan saksama bahan-bahan apa yang digunakan.

Besar kemungkinan produk MPASI yang Anda beli mengandung bahan yang belum pernah dimakan oleh si kecil. Karena itu, Anda bisa memberikan sedikit demi sedikit sambil memperhatikan reaksinya.

Pilih bentuk atau kemasan produk yang pas dengan penggunaannya

Anda akan menemukan berbagai produk makanan bayi beredar di pasaran. Anda bisa memilih produk berdasarkan kepraktisan, cara pembuatan, atau lokasi penggunaan sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Makanan bayi dalam jar atau pouch sekali pakai bila Anda ingin bepergian

Makanan bayi dalam jar atau pouch sekali pakai bila Anda ingin bepergian

Saat Anda bepergian dengan bayi Anda, jenis produk makanan bayi yang sesuai adalah makanan bayi botolan atau dalam kemasan sekali pakai. Anda hanya perlu membuka kemasan, memberikannya langsung kepada anak Anda, serta membuang kemasannya setelah selesai sehingga Anda tidak akan direpotkan. Berhubung kemasan produk seperti ini cukup bulky, Anda akan lebih mudah menaruhnya di dalam tas. Anda juga bisa membaginya dalam wadah berbeda sehingga makanan yang tidak habis masih bisa disimpan untuk jam makan berikutnya.

Makanan berbentuk bubuk dan pasta cocok dibuat dalam porsi kecil

Makanan berbentuk bubuk dan pasta cocok dibuat dalam porsi kecil

Menyiapkan makanan untuk bayi berusia 6 bulan bisa memakan banyak waktu, mulai dari merajang bahan makanan sampai halus, merebusnya hingga lembut, dan menjadikannya pasta. Jika Anda tidak memiliki food processor, Anda akan membutuhkan mortar atau alat penumbuk serta parutan.

Makanan bayi dalam wujud bubuk, pasta, atau beku tetap mengandung nutrisi dari seluruh bahan pembuatnya. Makanan bayi dalam bentuk seperti ini juga tergolong mudah dibuat, cukup tambahkan air panas atau campurkan dengan bubur atau mie. Jika Anda mengkhawatirkan keseimbangan nutrisinya, Anda bisa membuatnya dalam jumlah sedikit dan mengombinasikannya dengan bahan makanan lain.

Sebisa mungkin pilihlah produk dengan kandungan zat aditif sesedikit mungkin

Sebisa mungkin pilihlah produk dengan kandungan zat aditif sesedikit mungkin

Tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang sehingga bila Anda hanya memberi MPASI dalam jumlah sedikit, pencernaannya tak akan terbebani. Meski demikian, sadari bahwa makanan bayi pun kebanyakan tidak luput dari bahan aditif. Dibandingkan dengan makanan untuk orang dewasa, makanan bayi memang mengandung aditif dalam jumlah lebih sedikit dan tetap aman dikonsumsi oleh bayi. Namun, tentu lebih baik produk makanan bayi tanpa zat aditif, bukan?

Lalu, dalam memilih produk makanan bayi salah satu hal lain yang harus diperhatikan adalah kandungan bahan alergen. Pastikan produk pilihan Anda tidak mengandung bahan yang bisa membuat bayi Anda alergi. Bahkan bila Anda belum mengetahui alergi yang dimiliki bayi Anda, Anda tetap bisa menghindarinya dengan cara memilih produk bebas alergen.

10 Rekomendasi produk makanan terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke atas

Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk makanan terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke atas berdasarkan bentuk, kemasan, dan penggunaannya.

10. Yummy Bites Rice Cracker

10. Yummy Bites Rice Cracker

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.000

Finger food organik dengan harga yang ramah di kantong

Biskuit bayi ini terbuat dari tepung beras japonica yang lembut sehingga mudah dimakan oleh bayi serta mudah larut begitu masuk ke mulut. Memiliki harga sangat ekonomis plus dibuat dengan bentuk dan ukuran yang mudah dipegang oleh bayi, produk ini cocok dipilih bila Anda mencari  finger food dengan harga bersahabat.

Selain itu, produk ini akan melatih perkembangan sensori pada bayi, cocok untuk menenangkan bayi saat giginya mulai tumbuh pada usia sekitar 6 bulan. Anda bebas memilih berbagai rasa seperti apel, stroberi, pisang, atau sayur-sayuran. Biskuit ini aman untuk bayi karena tidak ditambahkan zat lain untuk pemanis atau pengawet.

9. Gasol Organik Tepung Beras Merah Wangi

9. Gasol Organik Tepung Beras Merah Wangi

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 20.500

Produk non instan organik yang mudah dibuat? Ini jawabannya!

Produk ini dibuat menggunakan bahan organik, bebas pupuk dan pestisida buatan sehingga aman untuk anak Anda konsumsi. Meski bersifat non instan, nyatanya tepung beras ini tetap bisa dibuat dengan cepat dan mudah. Bila Anda mencari tepung beras berbahan alami yang praktis dimasak, produk ini pilihannya.

Walaupun bukan tepung bubur instan, tepung ini mudah diolah. Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah dan sayur kesukaan bayi Anda, bahkan mencampurnya dengan ASI setelah bubur selesai dimasak. Jika Anda ingin berkreasi dengan menu makanan bayi Anda sehari-hari, tepung bubur ini juga pilihan yang tepat.

8. Heinz Baby Cheesy Veg with Pasta

8. Heinz Baby Cheesy Veg with Pasta

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 47.000

Belajar mengunyah makanan dengan bubur pasta yang nikmat

Saat bayi Anda mencapai usia 7 bulan, ia akan siap mencoba berbagai bentuk dan tekstur makanan. Produk makanan bayi yang mengandung pasta ini terbuat dari gandum dan sayuran yang disiapkan khusus untuk bayi. Makanan ini memiliki tekstur agak kasar sehingga menjadi pilihan tepat bila Anda ingin si kecil beljar mengunyah makanan padat.

Sangat mudah untuk menyiapkan makanan bayi ini, Anda hanya perlu menambahkan air dan mencampurnya. Makanan bayi ini mengandung 12 jenis vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tumbuh kembang bayi. Selain praktis, tentunya makanan ini memberikan sumber gizi yang baik untuk bayi Anda!

7. Heinz Vanilla Custard

7. Heinz Vanilla Custard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Puding vanila yang lembut dan lezat

Sebagai orang tua, tentu saja Anda ingin mengenalkan berbagai makanan kepada bayi Anda yang baru mulai belajar makan pada usia 6 bulan. Tidak hanya makanan utama, kami memberikan rekomendasi makanan penutup khusus untuk bayi. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut akan membuat puding ini salah satu makanan kesukaan bayi Anda.

Hadir dalam bentuk jar dan pouch, Anda akan semakin mudah untuk membawanya ketika bepergian bersama si kecil. Makanan ini juga akan memberikan gizi untuk bayi Anda dengan rasa manis alami yang disukai bayi. Tenang saja, produk ini bebas pewarna, pengawet, dan perasa buatan sehingga semakin aman untuk dikonsumsi si kecil.

6. GERBER Puffs

6. GERBER Puffs

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Latih motorik anak dengan finger food berkualitas bebas GMO!

Cemilan sereal berbentuk bintang ini memiliki ukuran yang tepat untuk digenggam tangan bayi. Makanan ini sangat cocok untuk Anda yang sedang melatih gerakan motorik halus bayi sekaligus melatihnya makan sendiri. Bayi Anda akan menyukai rasa cemilan yang lezat, mudah dikunyah, dan mudah ditelan ini.

Tersedia dalam berbagai rasa buah-buahan yang biasanya menjadi makanan pertama bayi, camilan sereal ini larut dalam mulut dan memiliki tekstur yang tepat untuk bayi usia 6 bulan. Selain tanpa zat perasa tambahan, camilan ini dibuat dari bahan alami non GMO (Genetically Modified Organism), cocok untuk Anda yang mencari produk bebas alergen.

5. Promina Bubur Bayi

5. Promina Bubur Bayi

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.500

Bubur lezat dengan berbagai varian rasa untuk hilangkan picky eater

Produsen makanan bayi ini telah dikenal sejak lama sebagai salah satu pelopor bubur bayi instan di Indonesia. Bubur ini merupakan makanan untuk bayi yang baru mulai belajar makan makanan bertekstur halus. Tentunya juga berguna untuk melatih kemampuannya mengunyah sekaligus menstimulasi pertumbuhan gigi anak Anda.

Selain itu, produk ini dibuat tanpa MSG (monosodium glutamat) dan zat aditif. Diproduksi dalam 6 varian rasa, si kecil pun tak akan bosan memakannya sehingga produk ini merupakan pilihan tepat agar anak Anda tidak menjadi picky eater. Anda bisa menyajikannya sebanyak 1 kali sehari untuk perkenalan dan kemudian 2 kali sehari setelah si kecil mulai terbiasa.

4. Bonco Abon Salmon Premium

4. Bonco Abon Salmon Premium

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 40.000

Kaya akan Omega-3, anak Anda pun makin sehat

Abon yang satu ini ditujukan untuk bayi dan anak-anak karena selain terbuat dari bahan alami premium, juga tidak mengandung MSG dan minyak. Tekstur abon ini halus dan mudah dicerna oleh si kecil. Dikemas dalam aluminium foil kedap udara, abon ini tahan lama dan mudah dibawa ke mana saja.

Produk ini pun kaya akan Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, abon salmon ini juga mengandung kalium, selenium, dan vitamin D untuk pertumbuhan bayi Anda. Untuk Anda yang ingin mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja.

3. Golden Noodle Organic Baby Noodle Egg Flavor

3. Golden Noodle Organic Baby Noodle Egg Flavor

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 58.000

Kreasikan mi khusus bayi ini sebagai variasi menu sehari-hari

Baby noodle atau mi untuk bayi ini terbuat dari misoa, mi lembut yang berasal dari tepung beras. Produk makanan bayi ini memberikan variasi akan tekstur makanan baru yang lebih kasar daripada bubur bayi. Mi untuk bayi ini hadir dalam varian rasa telur, dibuat hanya dengan bahan terbaik alami dan segar.

Bayi Anda akan mendapatkan asupan energi dari mi ini, kandungan karbohidrat dan proteinnya pun akan membantu pertumbuhan bayi Anda. Cocok dijadikan menu utama atau makanan sampingan, produk ini adalah jawaban terbaik bila Anda ingin mengenalkan enaknya mi kepada anak kesayangan Anda.

2. Nayz Puding Susu

2. Nayz Puding Susu

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Puding susu lembut dengan berbagai kebaikan untuk si kecil

Anda ingin memberikan puding susu yang enak untuk bayi Anda, tetapi ragu memberikannya karena biasanya puding susu merupakan camilan anak balita? Tenang, produk satu ini memang dikhususkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, kok! Di dalamnya terkandung bahan alami yang aman untuk bayi, organik, tanpa tambahan zat aditif, dan non instan.

Bayi Anda akan menyukai puding susu yang sangat lembut ini plus mendapat manfaat ekstra dari kandungan susu di dalamnya. Produk ini tersedia dalam berbagai varian rasa yang lezat, seperti stroberi, mangga, kiwi, cokelat, kacang hijau, dan sebagainya. Puding ini bisa menjadi sumber protein, kalsium, dan juga serat alami untuk asupan gizi bayi Anda.

1. Peachy Mango, Sweet Potato, and Carrot Puree

1. Peachy Mango, Sweet Potato, and Carrot Puree

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

Pilihan tepat untuk Anda yang ingin menghindari gluten

Berencana bepergian dengan bayi Anda yang berusia 6 bulan? Tidak perlu khawatir akan MPASI-nya, produk makanan bayi berbentuk puree dalam kemasan pouch ini akan membantu Anda dalam perjalanan. Kemasannya antitumpah, tidak memakan tempat dalam tas, dan jika tidak habis dapat ditutup kembali dengan rapat.

Puree ini terbuat dari bahan alami, bebas pengawet, pewarna, dan perasa. Paduan rasa manis dan asinnya pun alami, diperoleh dari mangga Thailand, ubi, dan wortel, bukan dari gula atau garam. Tidak hanya itu, puree ini juga bebas gluten sehingga sangat tepat dimiliki bila Anda ingin menghindarkan anak Anda dari zat tersebut.

Makanan bayi yang praktis untuk dikonsumsi

Jika Anda terbiasa menyiapkan makanan bayi di rumah dan memasaknya sendiri, Anda akan merasakan keuntungan dalam menggunakan produk makanan bayi komersial.

Saat tidak bisa membuat makanan sendiri

Saat tidak bisa membuat makanan sendiri

Produk makanan bayi tipe botol dan pouch dapat dikonsumsi segera setelah dibuka. Produk seperti ini sangat praktis digunakan saat bayi Anda menangis karena lapar sementara Anda belum sempat menyiapkan makanan untuknya. Anda cukup membuka kemasan dan menghangatkannya, makanan bayi bernutrisi pun siap disantap.

Produk seperti ini juga akan membantu ketika Anda atau orang lain yang terbiasa mengurus bayi Anda sedang sakit. Tidak mungkin orang lain membuatkan makanan untuk bayi Anda, bukan? Untuk kondisi-kondisi seperti itu, tentu keberadaan makanan bayi komersial menjadi sangat membantu. Selain itu, kemasan botol dan pouch sangat praktis untuk dibawa bepergian dan aman dikonsumsi karena tersegel dengan baik.

Makanan dalam kondisi darurat atau siaga bencana

Makanan dalam kondisi darurat atau siaga bencana

Berbeda dengan makanan segar, jika belum dibuka produk makanan bayi komersial dapat disimpan dalam waktu yang lama asalkan disimpan dalam suhu ruangan. Anda dapat menyimpan produk ini dalam jumlah besar sebagai makanan cadangan pada kondisi bencana atau darurat. Tidak seperti orang dewasa, makanan yang bisa dikonsumsi bayi sangat terbatas. Bahkan jika Anda biasanya menyiapkan dan memasak makanan bayi sendiri, ada baiknya menyiapkan sejumlah kecil produk makanan bayi komersial di rumah Anda untuk kondisi tak terduga.

Berbagai macam menu, bisa dijadikan referensi makanan

Berbagai macam menu, bisa dijadikan referensi makanan

Tidak banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi, terkadang ini menjadi tantangan tersendiri bagi sang ibu untuk mengatur menu makanan bayi. Jika ini terjadi, cobalah sesekali produk makanan bayi komersial. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan produk makanan bayi komersial merupakan bahan yang aman untuk bayi. Selain itu, dengan mengecek bahan makanan yang digunakan, Anda pun bisa memperoleh referensi tambahan terkait menu dan bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh si kecil.

Berikan makanan pada waktu yang tepat

Berikan makanan pada waktu yang tepat

Jika Anda ingin memberi bayi Anda makanan yang belum pernah dicobanya, berikanlah secara bertahap. Berikan satu bahan makanan selama beberapa hari sehingga jika timbul reaksi yang tidak diinginkan Anda akan mudah mengetahui penyebabnya dan melaporkannya ke dokter anak. Reaksi alergi biasanya muncul dalam 2 jam setelah pemberian makan. Perhatikan baik-baik kondisi si kecil setelah Anda memberinya makanan yang baru pertama kali dicobanya.

Baca juga rekomendasi makanan bayi lainnya di sini!

Selain makanan bayi untuk usia 6 bulan ke atas, kami juga memiliki rekomendasi produk bubur bayi organik dan bubur bayi terbaik yang memiliki segudang manfaat kesehatan untuk bayi Anda. Mari simak selengkapnya pada artikel berikut dan temukan produk makanan bayi yang paling tepat untuk si buah hati!

Kesimpulan

Berbagai rekomendasi produk makanan bayi komersial dan jenisnya telah kami tuliskan di atas. Tidakkah Anda ingin mencoba semua untuk bayi Anda? Jangan lupa perhatikan tips kami dalam memilih makanan bayi di usia 6 bulan ke atas.

Saat Anda mengenalkan jenis atau rasa makanan baru, Anda harus selalu memperhatikan reaksi bayi Anda. Perhatikan apakah ada reaksi alergi atau ada ekspresi tidak suka. Yuk, jadikan saat-saat bayi Anda belajar makan menjadi momen yang menyenangkan!