• 10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makanan MPASI Terbaik untuk Usia Setelah 6 Bulan - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) pada bayi usia 6 bulan mungkin membuat Anda mulai memperhatikan produk MPASI. Yummy Bites, Gerber, dan banyak lagi merek MPASI lainnya menyediakan berbagai rasa, bentuk, dan jenis yang bisa dipilih.


Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih produk makanan bayi yang bagus untuk usia di atas 6 bulan. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sebagai bahan referensi. Ada komentar dari bidan Ony Christy juga, lho! Produk-produk ini dapat membantu Anda menyiapkan makanan dengan praktis dan aman untuk bayi Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ony Christy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Saat anak Anda mulai tertarik dengan makanan, inilah saatnya menyiapkan MPASI

Saat anak Anda mulai tertarik dengan makanan, inilah saatnya menyiapkan MPASI

Umumnya, bayi mulai mengonsumsi makanan pada usia 5 atau 6 bulan. Salah satu tanda bayi sudah bisa mengonsumsi makanan adalah leher yang kuat menyangga kepala dan mulai tertarik pada makanan.


Anda bisa mulai mencoba memberi makan bayi Anda dengan memberikan nasi tanpa bumbu. Namun, pastikan nasi yang Anda berikan memiliki tekstur yang lembut. Cobalah Anda berikan nasi tersebut dengan takaran sekali sehari, berikan sedikit demi sedikit. Anda juga bisa membaca referensi MPASI pada buku dan artikel untuk memastikan MPASI yang diberikan sesuai usia anak Anda.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

MPASI sebaiknya diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan sebaiknya atas rekomendasi dokter anak. Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan tanda anak siap makan, di antaranya:

  • Tertarik pada makanan
  • Mampu duduk sendiri dan menopang kepalanya dengan tegak
  • Dapat menelan makanan
  • Dapat meraih makanan dan memasukkannya ke mulut
  • Mampu membuka mulutnya dengan baik

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih produk makanan MPASI untuk usia setelah 6 bulan

Produk makanan bayi bisa sangat membantu menjadi alternatif MPASI yang aman dan praktis. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara memilih produk makanan bayi usia 6 bulan ke atas.

Sesuaikan tekstur makanan dengan usia bayi

Sesuaikan tekstur makanan dengan usia bayi

Pertama, ada baiknya untuk memilih makanan bayi sesuai dengan usianya. Anda bisa mulai memberikan makanan pada bayi saat berusia 5 atau 6 bulan.


Bahan dan tekstur makanan yang sesuai dapat berbeda-beda tergantung pada usia bayi. Jika Anda tidak tahu produk mana yang harus dipilih, silakan lihat target usia yang tertera pada kemasan. Sementara itu, bila tidak ada keterangan usianya, Anda bisa menyesuaikan tekstur produk sebelum diberikan pada bayi Anda.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat mengenalkan MPASI, sebaiknya MPASI diberikan secara bertahap, baik itu dari segi porsi maupun teksturnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan anak untuk menelan dan pencernaannya belum sempurna sehingga perlu waktu untuk berkembang. Anak juga belum terbiasa dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dari ASI ke MPASI.

Periksa komposisi makanan sesuai dengan tahapan usia bayi Anda

Tujuan awal penyapihan adalah agar bayi dapat mengonsumsi makanan lain selain ASI. Setelahnya, bayi akan belajar mengenali rasa dan tekstur makanan. Dapat dikatakan bahwa Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan keseimbangan nutrisi karena nutrisi yang diperlukan diambil dari ASI. Jadi, mari berikan komposisi makanan sesuai dengan tahapannya!

Tahap awal: Bahan makanan yang dihaluskan

Tahap awal: Bahan makanan yang dihaluskan

Untuk tahapan pertama, mari mulai dengan nasi yang dihaluskan dan disaring agar mudah dikonsumsi bayi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis sayuran rebus untuk perkenalan. Untuk pertama kali, Anda bisa memberi satu macam sayuran saja. Kemudian, sambil mengamati reaksinya, mulailah dengan satu sendok sehari dan secara bertahap tambah jumlahnya atau berikan rasa baru.


Bahan makanan ini hadir dalam berbagai bentuk produk, seperti bubuk, botolan, atau pouch. Silakan pilih bentuk produk yang paling nyaman untuk Anda.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada tahap awal, anak masih beradaptasi dari ASI ke makanan padat pertamanya. Oleh karena itu, pada fase ini, tekstur makanan yang diberikan sebaiknya halus dan sedikit cair. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayi tersedak dan supaya bayi lebih mudah membiasakan diri dengan makanan padat. Di awal MPASI, Anda bisa memberikan makanan 1–2 kali sehari dengan takaran 2–3 sendok makan dewasa per porsi.

Tahap lanjutan: Setelah terbiasa, lanjutkan ke sayuran, tahu tumbuk, ikan putih, dan lainnya

Tahap lanjutan: Setelah terbiasa, lanjutkan ke sayuran, tahu tumbuk, ikan putih, dan lainnya

Begitu bayi Anda terbiasa dengan bubur, Anda bisa mulai memberinya berbagai rasa dan tekstur dari bahan lainnya. Makanan bayi seperti kentang, wortel, dan labu sering dijual di pasaran dan bisa dikatakan cukup disukai oleh bayi. Selain itu, kami juga merekomendasikan bahan-bahan yang mengandung protein, seperti tahu tumbuk, ikan putih, dan kuning telur.


Sebaiknya Anda membuat teksturnya lembut seperti yoghurt dan mulailah dengan sedikit bahan untuk pertama kali. Tujuannya agar bayi terbiasa dengan makanan dan peralatan makan seperti sendok tanpa harus terburu-buru makan banyak.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat bayi sudah terbiasa dengan makanan bertekstur halus, Anda bisa mencoba memberikan menu MPASI yang sedikit lebih kasar. Peralihan antara makanan halus dan kasar sebaiknya dilakukan secara bertahap agar bayi terbiasa. Apabila bayi menolak naik tekstur, silahkan berikan MPASI perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Jangan mengulang tekstur halus karena nanti bayi akan kesulitan untuk beradaptasi kembali.

Pilihlah jenis produk makanan yang sesuai dengan penggunaannya

Produk makanan bayi di pasaran terdiri dari dua jenis, yakni jenis kering dan jenis basah. Jenis kering perlu dilarutkan dengan air biasa atau air panas. Jenis basah biasanya bisa langsung dikonsumsi. Cara dan waktu pembuatan juga berbeda, jadi pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Jenis basah, bisa langsung dikonsumsi

Jenis basah, bisa langsung dikonsumsi

Jenis basah dapat langsung dikonsumi. Jenis ini biasanya juga hadir dalam kemasan yang mudah digunakan saat bepergian keluar rumah. Misalnya, jenis makanan basah dalam kemasan jar, Anda hanya perlu menggunakan sendok untuk memberikannya pada bayi Anda.


Selain itu, ada juga jenis basah dalam kemasan pouch dengan corong. Anda bisa menekan pouch sedikit demi sedikit untuk mengeluarkan isinya. Anda bisa langsung menyuapi bayi Anda tanpa repot.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

MPASI jenis basah biasanya lebih praktis saat dibawa bepergian karena Anda tidak perlu melarutkannya terlebih dahulu. Selain itu, biasanya MPASI jenis basah juga lebih steril karena tersimpan dalam jar yang tertutup. MPASI jenis ini akan sangat membantu saat Anda bepergian. Hal ini disebabkan oleh anak dibawah usia 1 tahun biasanya belum dapat mengkonsumsi makanan keluarga atau menu dewasa.

Jenis kering, untuk penggunaan di rumah

Jenis kering, untuk penggunaan di rumah

Jika Anda ingin memasak di rumah, kami juga merekomendasikan produk jenis kering seperti bubuk, flakes, dan frozen. Jenis ini bisa dikonsumsi dengan melarutkannya menggunakan air panas atau dingin. Jika Anda membawa air panas untuk membuat susu, Anda dapat menggunakan jenis kering ini juga saat bepergian.


Pada awal penyapihan, bahan harus dibuat menjadi pasta sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Jenis yang kelembutannya mudah diatur dengan air panas ini dapat digunakan sebagai menu utama atau sebagai pelengkap menu.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

MPASI kering biasanya lebih tahan lama ketimbang MPASI basah. Namun, Anda perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan susu atau air hangat. Pastikan membaca petunjuk dalam kemasan dan memperhatikan takaran yang dianjurkan. Simpan MPASI kering dalam wadah yang bersih, kering, dan tertutup agar lebih tahan lama.

Cek label alergi dan kandungan zat aditif pada suatu produk

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apakah bahan-bahan yang dipakai dalam produk makanan bayi aman dikonsumsi bayi? Jika Anda khawatir dengan kandungannya, silakan lihat poin-poin berikut ini sebagai referensi saat memilih makanan bayi.

Label alergi, penting untuk bayi yang memiliki alergi bahan tertentu

Label alergi, penting untuk bayi yang memiliki alergi bahan tertentu

Alergen adalah zat yang menyebabkan alergi. Semua makanan dapat menyebabkan alergi. Namun, ada tujuh jenis makanan dengan jumlah kasus alergi tertinggi dan gejala paling parah yang sering terjadi. Selain itu, ada juga 21 sumber makanan yang setara dengan itu. Berikut ini adalah rinciannya:


  • Tujuh bahan baku khusus yang harus diberi label alergi: Udang, kepiting, gandum, soba, telur, susu, dan kacang tanah.

  • 21 item yang direkomendasikan untuk diberi label menurut bahan baku tertentu: Almon, abalone, cumi-cumi, telur ikan, jeruk, kacang mete, buah kiwi, daging sapi, kenari, wijen, salmon, makerel, kedelai, ayam, pisang, babi, jamur, paha, gembili, apel, dan gelatin.

Jadi, jika bayi Anda memiliki alergi, pastikan Anda memeriksa label alergi produk. Di samping bahan di atas, untuk bayi di bawah usia satu tahun hindari pemberian madu. Bayi di bawah usia satu tahun dapat terkena infant botulism jika mengonsumsi madu. Jadi, jangan berikan madu ataupun makanan yang mengandung madu.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bayi biasanya belum memiliki kekebalan seperti orang dewasa sehingga sangat mungkin untuk mengalami reaksi alergi saat pemberian MPASI. Oleh karena itu, perhatikan reaksi alergi saat mengenalkan makanan pada anak terutama jika orang tua memiliki riwayat alergi.


Alergi makanan dapat muncul segera setelah pemberian MPASI atau beberapa jam setelahnya. Perhatikan apakah anak mengalami ruam merah pada kulitnya, gatal-gatal, muntah, diare, batuk atau mengi, dan kesulitan bernafas.

Zat aditif atau bumbu penyedap, belum dibutuhkan oleh bayi

Zat aditif atau bumbu penyedap, belum dibutuhkan oleh bayi

Menurut para ahli nutrisi, bumbu penyedap tidak diperlukan pada awal penyapihan. Garam atau gula belum dibutuhkan oleh bayi yang menyusu. Bahkan, setelah terbiasa dengan makanan bayi, cobalah berikan bumbu masakan seringan mungkin. Idealnya, makanan bayi hanya memiliki rasa kaldu sup dan bahan-bahan turunannya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pemberian gula, garam, dan penyedap makanan pada MPASI yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi. Misalnya, pemberian gula yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan obesitas.


Sementara itu, pemberian garam yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ginjal atau risiko hipertensi. Bayi sebenarnya dapat mengenali rasa manis dari sayur dan buah yang diberikan. Selain itu, pemberian MPASI tanpa tambahan penyedap justru dapat memperkaya khazanah rasa si kecil.

10 Rekomendasi makanan MPASI terbaik untuk usia setelah 6 bulan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan MPASI terbaik untuk usia setelah 6 bulan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 22 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Gerber Organic Single-Grain Cereal Oatmeal menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Promina Silky Pudding Strawberry memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

Gambar produk
1
Indofood Promina Silky Pudding Strawberry 1

Indofood

2
Plum and Blum MPASI Abon Cheese 1

Plum and Blum

3
Gasol Tepung Beras Putih Organic 1

Gasol

4
Milna Nature Delight Apple, Banana, Strawberry 1

Milna

5
Heinz Pumpkin Potato & Beef Puree 1

Heinz

6
Nayz Bubur Bayi Organik Homemade Rasa Salmon 1

Nayz

7
Yummy Bites Organic Noodle Spinach 1

Yummy Bites

8
Pureeland Baby Pasta Ribbon 1

Pureeland

9
Peachy Chicken and Corn Soup Puree 1

Peachy

10
Nestlé Gerber Organic Oatmeal Banana Cereal 1

Nestlé

Nama produk

Promina Silky Pudding Strawberry

MPASI Abon Cheese

Tepung Beras Putih Organic

Nature Delight Apple, Banana, Strawberry

Pumpkin Potato & Beef Puree

Bubur Bayi Organik Homemade Rasa Salmon

Organic Noodle Spinach

Baby Pasta Ribbon

Chicken and Corn Soup Puree

Gerber Organic Oatmeal Banana Cereal

Keunggulan

Puding lembut dengan potongan buah asli

Abon tinggi protein, cocok untuk BB booster!

Tepung beras putih organik kaya manfaat untuk bayi Anda

Puree kombinasi tiga buah, nikmat untuk si buah hati

Perkenalkan daging dan sayuran untuk 6 bulan pertama kehidupannya

Bubur organik rasa salmon lengkap dengan omega-3

Mi rasa bayam yang rendah sodium untuk si buah hati

Buat si kecil tertarik makan dengan pasta warna-warni

Bisa disantap langsung maupun ditambahkan ke makanan lain

Kaya zat besi untuk menunjang pertumbuhan otak anak Anda

Harga mulai dariRp 18.300,00Rp 41.000,00Rp 28.000,00Rp 11.000,00Rp 33.700,00Rp 31.625,00Rp 42.000,00Rp 75.000,00Rp 38.000,00Rp 175.000,00
Isi100 gram50 gram200 gram80 gram110 gram150 gram200 gram100 gram125 gram227 gram
Target usiaDi atas 8 bulanDi atas 6 bulanDi atas 6 bulanDi atas 6 bulanDi atas 6 bulanDi atas 6 bulanDi atas 7 bulanDi atas 10 bulanDi atas 7 bulan6–8 bulan
Kandungan bahanSusu skim bubuk, strawberry, krimer nabati, gulaDaging ayam, sapi, ikan tuna, keju, labu, kembang kol, brokoli, wortel, tomat, buncisTepung beras putihApel, pisang, strawberry, anggurDaging sapi, labu, kentangBeras putih, kacang hijau, ikan salmon, tomat bubuk, brokoli bubukTepung terigu organik, air, bayamTepung gandum, buah bit, millet, wortelKaldu ayam, ayam, kentang, jagung manisOat, pisang
JenisKeringKeringKeringBasahBasahKeringKeringKeringBasahKering
Label alergiMengandung susuMengandung kejuTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganMengandung salmonMengandung gandumTidak ada keteranganGluten free, dairy freeMengandung gandum
Zat aditifXXXXXXXXXX
Tautan produk
10

NestléGerber Organic Oatmeal Banana Cereal

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi227 gram
Target usia6–8 bulan
Kandungan bahanOat, pisang
JenisKering
Label alergiMengandung gandum
Zat aditifX
9

PeachyChicken and Corn Soup Puree

Mulai dari Rp 38.000,00

Isi125 gram
Target usiaDi atas 7 bulan
Kandungan bahanKaldu ayam, ayam, kentang, jagung manis
JenisBasah
Label alergiGluten free, dairy free
Zat aditifX
8
Isi100 gram
Target usiaDi atas 10 bulan
Kandungan bahanTepung gandum, buah bit, millet, wortel
JenisKering
Label alergiTidak ada keterangan
Zat aditifX
7

Yummy BitesOrganic Noodle Spinach

Mulai dari Rp 42.000,00

Isi200 gram
Target usiaDi atas 7 bulan
Kandungan bahanTepung terigu organik, air, bayam
JenisKering
Label alergiMengandung gandum
Zat aditifX
6

NayzBubur Bayi Organik Homemade Rasa Salmon

Mulai dari Rp 31.625,00

Isi150 gram
Target usiaDi atas 6 bulan
Kandungan bahanBeras putih, kacang hijau, ikan salmon, tomat bubuk, brokoli bubuk
JenisKering
Label alergiMengandung salmon
Zat aditifX
5
Isi110 gram
Target usiaDi atas 6 bulan
Kandungan bahanDaging sapi, labu, kentang
JenisBasah
Label alergiTidak ada keterangan
Zat aditifX
4

MilnaNature Delight Apple, Banana, Strawberry

Mulai dari Rp 11.000,00

Isi80 gram
Target usiaDi atas 6 bulan
Kandungan bahanApel, pisang, strawberry, anggur
JenisBasah
Label alergiTidak ada keterangan
Zat aditifX
3
Isi200 gram
Target usiaDi atas 6 bulan
Kandungan bahanTepung beras putih
JenisKering
Label alergiTidak ada keterangan
Zat aditifX
2
Isi50 gram
Target usiaDi atas 6 bulan
Kandungan bahanDaging ayam, sapi, ikan tuna, keju, labu, kembang kol, brokoli, wortel, tomat, buncis
JenisKering
Label alergiMengandung keju
Zat aditifX
1

IndofoodPromina Silky Pudding Strawberry

Mulai dari Rp 18.300,00

Isi100 gram
Target usiaDi atas 8 bulan
Kandungan bahanSusu skim bubuk, strawberry, krimer nabati, gula
JenisKering
Label alergiMengandung susu
Zat aditifX

Tips agar bayi Anda mau mengonsumsi makanan bayi

Jika Anda ingin mulai memberi makanan pada bayi, sebaiknya Anda fokus pada kondisi si bayi, jangan memaksanya untuk makan. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar bayi Anda mau mengonsumsi makanan bayi.

Bicara perlahan dengan bayi Anda

Bicara perlahan dengan bayi Anda

Pertama, periksalah apakah bayi Anda bisa menelan makanan bayi atau tidak. Jika bayi Anda menolak sendok yang dimasukkan ke mulutnya, mungkin ini terlalu dini untuk makanan bayi.


Dalam kondisi seperti itu, bicaralah dengan bayi Anda dan ciptakan suasana yang menyenangkan. Tujuannya, untuk membiasakan bayi dengan mood makan dan peralatan makan seperti sendok. Bayi Anda mungkin akan menumpahkannya sampai terbiasa dengan makanan bayi. Untuk itu, jangan terburu-buru dan lanjutkan sedikit demi sedikit.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat pengenalan MPASI, ada kemungkinan bayi tidak langsung bisa makan sehingga ibu sebaiknya sabar dalam mencoba. Ciptakan suasana makan yang nyaman sehingga anak tidak trauma. Beri pengertian dan contoh pada anak bahwa memang manusia membutuhkan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Terkadang bayi membutuhkan 10–15 kali makan untuk bisa terbiasa dan beradaptasi.

Setelah terbiasa, tambahkan rasa dan tekstur makanan

Setelah terbiasa, tambahkan rasa dan tekstur makanan

Saat bayi sudah terbiasa dengan makanan bayi, tetapi tidak mau makan banyak, cobalah menambahkan aksen pada rasanya. Namun, pada tahap awal penyapihan, bayi tidak perlu dipaksa untuk makan banyak. Hal ini lantaran bayi sudah mendapatkan nutrisi yang diperlukan dari ASI. Selain itu, garam dan gula yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan sang bayi. Jadi, coba perbanyak variasi rasa ringan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Saat mulai makan, bayi bisa mengalami mogok makan. Jika hal ini terjadi, cobalah mengubah variasi makan mulai dari tekstur, rasa, atau cara pemberian makan. Makin banyak anak mencoba variasi makan, makin dia mengenal banyak jenis makanan.


Dengan demikian, nantinya dia tidak berisiko menjadi anak yang pilih-pilih makanan. Sesekali ajak anak untuk makan bersama sehingga dia bisa mencoba meniru orang tuanya.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Biasakan memberi makan sesuai jadwal sehingga anak terbiasa makan pada waktu tertentu. Jangan membiasakan anak makan dalam jangka waktu yang lama atau berjam-jam. Cukup 30–45 menit saja sekali makan karena anak akan menjadi bosan. Jangan memberikan camilan atau susu jelang waktu makan agar anak tidak terlalu kenyang saat waktu makan tiba.

Baca juga rekomendasi makanan bayi lainnya di sini

Selain makanan bayi, kami juga memiliki rekomendasi produk bubur dan biskuit bayi yang enak dan sehat untuk si kecil. Mari simak selengkapnya pada artikel rekomendasi makanan bayi lainnya di sini.

Kesimpulan

Berbagai rekomendasi produk makanan bayi telah kami tuliskan di atas. Apakah Anda ingin mencoba semuanya? Namun, jangan lupa untuk memperhatikan cara memilih makanan bayi untuk usia 6 bulan ke atas.


Selain itu, saat Anda memperkenalkan makanan baru, Anda harus selalu memperhatikan reaksi bayi Anda. Perhatikan juga apabila ada reaksi alergi atau jenis makanan yang tidak disukai oleh anak Anda. Yuk, jadikan makan sebagai momen menyenangkan untuk bayi Anda!

Artikel terkait

  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)
    Selain minum susu, bayi mulai belajar makan ketika memasuki usia 6 bulan. Awalnya mungkin hanya beberapa suap, tetapi porsinya akan bertambah seiring pertumbuhannya. Karena itu, dibutuhkan makanan instan bayi yang aman dan mudah dikonsumsi sejak umur 1 tahun.Makanan yang dijual di pasaran belum tentu memiliki kandungan yang aman bagi bayi. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih makanan instan yang aman untuk bayi umur 1 tahun. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek terbaik, seperti Promina, Heinz, Cerelac, dan Peachy. Yuk, disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Selepas usia 6 bulan, bayi boleh diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Selain bubur dan puree, ibu juga bisa memberikan camilan berupa biskuit bayi. Karena itu, kami akan menjelaskan mengenai biskuit bayi, termasuk biskuit fortifikasi dan biskuit tinggi kalori yang bikin gemuk. Beragam biskuit untuk usia 6 bulan, 7 bulan, atau 8 bulan ke atas pun akan kami ulas.Bidan Ony juga turut menambah tips memilih biskuit yang bagus untuk bayi. Ada pula rekomendasi beragam merek biskuit bayi, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nama tepung Gasol tak lagi asing di masyarakat karena populer sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Meskipun tidak bisa menggantikan susu, tepung Gasol dipilih karena kualitas dan kandungan nutrisinya. Jika dilihat dari kualitas, tepung Gasol adalah tepung murni 100%. Melalui kandungan nutrisinya, produk dari Gasol Organik ini bisa memberikan tambahan gizi anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun. Kini tepung Gasol tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pisang, kacang merah, ubi, dan lainnya. Agar Anda mudah menentukan pilihan, mari cari tahu cara memilih tepung Gasol terbaik!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Protein memainkan peran krusial untuk pertumbuhan anak. Namun, beberapa anak sulit memenuhi kebutuhan nutrisi ini dari makanan saja. Atas alasan tersebut, susu tinggi protein untuk anak dapat dipertimbangkan. Susu tinggi protein untuk anak, bayi, dan balita untungnya cukup banyak di pasaran.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih susu protein tinggi untuk anak, bayi, dan balita. Review susu berprotein tinggi yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda dapat memilih susu DANCOW, Morinaga, hingga Pediasure. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari simak pembahasannya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula sangat membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya, baik sebagai tambahan maupun asupan nutrisi utama. Namun, tak sedikit bayi yang alergi dengan susu formula. Jika anak Anda termasuk di antaranya, berhati-hatilah saat memilih produknya.Kali ini kami akan membahas mengenai susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Ada banyak produk yang bagus dari merek-merek terkenal, seperti Nutricia dan Mead Johnson. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki alergi, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Produk Promina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Promina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai seorang ibu pasti Anda akan selalu berusaha memberikan makanan dan snack yang tepat untuk buah hati. Untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut, Promina hadir dalam beragam produk yang kaya akan gizi untuk berbagai usia. Produk-produk merk Promina merupakan penyelamat, terutama bagi ibu dengan mobilitas tinggi.Karena itu, agar Anda menemukan produk yang tepat sesuai usia bayi Anda, simak artikel ini selengkapnya. Tips-tips cara memilih produk Promina akan kami bagikan. Rekomendasi produk Promina yang bagus, seperti Promina Bubur Bayi, Promina Homemade, dan Promina Puff juga akan kami ulas. Yuk, disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Abon Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Abon Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
    Abon merupakan salah satu jenis produk olahan daging yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Saat ini bahkan telah tersedia abon untuk MPASI yang cocok dikonsumsi oleh bayi. Di pasaran terdapat beragam merek abon bayi yang bagus, seperti BonCo, Pieng Hoo, hingga Plum & Blum.Nah, kali ini kami akan membantu Anda memilih abon bayi terbaik. Sepuluh rekomendasi abon untuk bayi juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan abon untuk MPASI bayi usia 6 bulan, 7 bulan, dan 11 bulan ke atas. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria.
    Makanan & susu bayi
  • Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan susu formula untuk anak haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Hal tersebut karena pada setiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak 2 tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak 2 tahun. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk anak 2 tahun dari berbagai merek, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merek, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, memilihnya pun tak bisa sembarangan.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang bagus untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju untuk MPASI terbaik dari berbagai merek, seperti Belcube, Arla, dan KRAFT. Ada pula rekomendasi keju rendah natrium dan vegan. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Makanan Instan Terbaik untuk Bayi 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)
    Selain minum susu, bayi mulai belajar makan ketika memasuki usia 6 bulan. Awalnya mungkin hanya beberapa suap, tetapi porsinya akan bertambah seiring pertumbuhannya. Karena itu, dibutuhkan makanan instan bayi yang aman dan mudah dikonsumsi sejak umur 1 tahun.Makanan yang dijual di pasaran belum tentu memiliki kandungan yang aman bagi bayi. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih makanan instan yang aman untuk bayi umur 1 tahun. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek terbaik, seperti Promina, Heinz, Cerelac, dan Peachy. Yuk, disimak!
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori