• 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)

Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging


Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Marceline Noviani
  • Pembaharuan terakhir: 05 Oktober 2021
  • 337.954 Views
Daftar isi

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Profil pakar: Biotechnologist, Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018.


Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline bahkan pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen untuk kesehatan kulit

Memilih vitamin terbaik untuk kulit harus dilakukan dengan bijak. Saat ini, banyak sekali produk suplemen untuk kulit yang beredar. Berikut ini, kami akan menjelaskan kandungan yang biasanya ada pada suplemen untuk kesehatan kulit. 

Pilih kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit

Pertama, mari kenali jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Beberapa masalah kulit membutuhkan suplemen tertentu. Simak satu per satu, yuk!

Multivitamin, melengkapi kebutuhan asupan kulit Anda

Multivitamin, melengkapi kebutuhan asupan kulit Anda

Kurangnya konsumsi sayur atau pola diet yang kurang tepat berakibat pada menurunnya kesehatan kulit. Mengonsumsi multivitamin dapat menyuplai nutrisi yang kurang. Beberapa vitamin yang dibutuhkan kulit, di antaranya:


  • Vitamin A

Berfungsi menjaga selaput lendir pada lapisan kulit terdalam. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan berkurangnya cadangan air yang tersimpan di dalam lapisan terluar kulit (stratum corneum). Hal ini menyebabkan kulit Anda menjadi kering.


  • Vitamin B

Vitamin dengan banyak jenis ini bermanfaat sebagai antioksidan, melembapkan, dan mencegah pembentukan jerawat. Vitamin B juga berfungsi mendukung regenerasi kulit. Kekurangan vitamin B akan menghambat regenerasi sehingga menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit kering hingga berjerawat. 


  • Vitamin C
Vitamin yang satu ini terkenal dengan kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Vitamin C berperan penting dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Vitamin C juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta meningkatkan produksi kolagen.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, Anda bisa saja memilih suplemen kulit yang hanya mengandung satu jenis vitamin. Namun, menentukan kebutuhan vitamin secara pasti tentu tidak mudah. Maka dari itu, pilihlah suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Untuk menentukan jenis vitamin yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan tes darah. Hasil tes darah bisa menunjukkan kandungan vitamin di dalam tubuh Anda cukup atau kurang. Namun, untuk menghemat biaya dan tenaga, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dengan komposisi yang lengkap. Namun, jangan lupa, konsumsilah vitamin sesuai dengan angka kecukupan gizi yang dibutuhkan, ya. 

Zinc, membantu mengatasi jerawat

Zinc, membantu mengatasi jerawat

Mineral yang satu ini dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan zinc kerap terjadi pada orang yang salah diet, peminum, atau orang yang suka mengonsumsi makanan berpengawet. Alkohol dan bahan pengawet (sodium polyphosphate) berisiko menghambat penyerapan zinc.


Untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi tablet zinc. Manfaat zinc bagi kulit adalah:

  • Mengontrol produksi minyak
  • Menyembuhkan jerawat lebih cepat
  • Mengatasi luka akibat jerawat

Bagi tubuh, zinc juga diperlukan dalam pembentukan membran sel dan protein, sebagai anti-inflamasi serta melindungi sinar UV. Selain itu, zinc juga berperan penting untuk mengalirkan vitamin A dalam darah.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Sebenarnya, tubuh tidak menyimpan atau memproduksi zink. Zink sendiri merupakan mineral kedua yang paling banyak setelah zat besi dalam sel tubuh. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan atau vitamin dengan kandungan zink agar kebutuhan harian Anda terpenuhi. 


Namun, Anda patut berhati-hati jika menggunakan suplemen untuk meningkatkan zink dalam tubuh. Hal ini karena zink dapat menimbulkan risiko buruk jika berinteraksi dengan antibiotik, obat radang sendi, dan diuretik.

Asam lemak esensial, membantu proses regenerasi kulit

Asam lemak esensial, membantu proses regenerasi kulit

Asam lemak esensial merupakan komponen utama penyusun lemak. Asam lemak ini sangat dibutuhkan, tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu tambahan asupan asam lemak secara rutin. Kandungan ini biasa didapat dari makanan, seperti ikan dan minyak sayur.


Ada dua macam asam lemak esensial, yaitu omega-3 dan omega-6. Kekurangan lemak esensial dapat mengganggu regenerasi sehingga kulit menjadi kasar dan kusam. Asam lemak esensial juga bersifat antiradang yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan jerawat.
Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Jerawat terjadi ketika tubuh Anda memproduksi minyak kulit atau sebum secara berlebihan. Sebum berlebih serta sel kulit mati yang tersumbat di folikel rambut menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri berkembang biak.


Mengonsumsi suplemen omega-3 atau omega-6 dapat mengurangi risiko kulit berbintik dan bernoda akibat jerawat. Hal ini karena karena omega-3 dan omega-6 dapat mengatur hormon seperti testosteron yang memicu produksi sebum berlebih.


Selain itu, asam lemak esensial EPA di dalam tubuh juga akan diubah menjadi zat anti-inflamasi dan antibakteri. Zat ini juga dapat menenangkan respons tubuh terhadap peradangan. Omega-3 dan omega-6 juga dapat menghentikan produksi hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang mampu mengurangi bintik jerawat pada kulit.

Equol atau isoflavon kacang kedelai, kandungan untuk antiaging

Equol atau isoflavon kacang kedelai, kandungan untuk antiaging
Wanita sering kali mengalami masalah kulit akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini kerap dialami saat menopause, menstruasi tidak teratur, dan PMS (premenstrual syndrome). Suplemen isoflavon yang berasal dari kacang kedelai banyak disarankan untuk mengatasi masalah kulit akibat masalah hormonal. 


Mengonsumsi kacang kedelai sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya:

  • Mengencangkan kulit
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Mencegah hiperpigmentasi kulit
  • Menjaga kesehatan rambut

Isoflavon bekerja selayaknya hormon estrogen atau hormon wanita. Mengonsumsi suplemen isoflavon memberi efek kecantikan, seperti meningkatkan kekenyalan kulit dan mengurangi kerutan.


Selain itu, isoflavon rupanya juga membantu produksi equol dalam tubuh. Equol merupakan zat yang memiliki efek mirip dengan hormon estrogen, tetapi jauh lebih kuat daripada estrogen. Equol juga diyakini mampu mengurangi efek aging pada kulit.


Sayangnya, tidak semua orang tubuhnya mampu memproduksi equol. Beberapa orang kemungkinan tidak mendapatkan hasil yang optimal setelah mengonsumsi isoflavon. Bila seperti ini, Anda dapat mencoba suplemen dengan kandungan isoflavon yang telah dikonversi menjadi equol.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu jerawat serta meningkatkan risiko penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung isoflavon. 


Ekstrak kedelai merupakan kandungan yang kaya akan isoflavon. Mengonsumsi vitamin kaya isoflavon secara rutin selama enam bulan terbukti meningkatkan ketebalan epitel. Selain itu, jumlah serat elastin, kolagen, dan pembuluh darah pada kulit juga akan meningkat. 

Bakteri asam laktat, melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit

Bakteri asam laktat, melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit

Tahukah Anda, bahwa pencernaan yang tidak lancar dapat memengaruhi kesehatan kulit? Pencernaan yang lancar penting untuk menjaga kesehatan kulit sebab BAB yang lancar membantu tubuh membuang toksin.


Maka, BAB yang tidak lancar (konstipasi) menyebabkan toksin menumpuk dalam tubuh dan memberikan dampak buruk terhadap kulit. Masalah paling umum akibat toksin yang menumpuk ini adalah jerawat. Oleh karena itu, jagalah kesehatan pencernaan Anda dengan mengonsumsi suplemen asam laktat.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Cara kerja bakteri asam laktat sangat beragam tergantung pada spesies, galur, dan konsentrasi yang dikonsumsi. Secara umum, bakteri asam laktat mampu meningkatkan pencernaan laktosa serta mencegah dan mengobati diare. Asam laktat juga berperan terhadap sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh melawan dan mencegah infeksi.

Cek kandungan nutrisi di dalamnya

Cek kandungan nutrisi di dalamnya

Saat memilih suplemen kulit, cermatilah label “Dietary Supplement” atau “Suplemen Makanan” pada kemasannya. Produk dengan label ini dinilai lebih aman dan tepercaya.


Biasanya, produk vitamin untuk kulit juga mencantumkan keunggulan produk mereka pada kemasan atau iklannya. Contohnya, YOUVIT yang mencantumkan tagline, "Sehatkan kulit, kuku, dan rambut cantikmu".


Selain itu, pastikan suplemen pilihan Anda mencantumkan tabel informasi nilai gizi. Tabel ini akan memberikan informasi asupan per sajian di tabel nutrisinya. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk perawatan kulit.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Komposisi serta sumber vitamin dan mineral sangatlah penting. Komposisi yang tepat akan membantu tubuh beradaptasi untuk menyerap vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral ini dapat diekstraksi langsung dari hewan ataupun tumbuhan. Untuk itu, pilihlah yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merupakan seorang vegan atau vegetarian, pilihlah produk yang diekstrak dari tumbuhan. 

Perhatikan anjuran konsumsinya

Perhatikan anjuran konsumsinya
Anjuran dalam mengonsumsi vitamin berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun, kebanyakan vitamin dianjurkan diminum setelah makan. 

Saat membeli suplemen terbaik untuk kulit, bacalah label pada kemasan dengan teliti. Perhatikan dosis yang tertera atau sesuaikan dengan dosis harian Anda. Baca pula takaran konsumsi, efek samping, dan tanggal kedaluwarsa produk tersebut.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk kesehatan kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen terbaik untuk kesehatan kulit yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Marceline Noviani.

10

Blackmores Radiance Marine Q10™

Mulai dari Rp 475.000,00

Kandungan utamaKolagen, vitamin E, dan ekstrak teh hijau
Anjuran minum1 kali sehari 1 kapsul setelah makan
Isi30 kapsul
ManfaatMengurangi kerutan halus di wajah
9
Kandungan utamaAstaxanthin, vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan zinc
Anjuran minum1 kali sehari 1 kaplet
Isi30 kaplet
ManfaatMengurangi peradangan pada jerawat aktif dan penyembuhan luka jerawat.
8

YOU IndonesiaYOUVIT Multivitamin Gummy Beauti+

Mulai dari Rp 23.500,00

Kandungan utamaInositol + kolin, vitamin E, dan zinc
Anjuran minum1 kali sehari 1 tablet
Isi1 sachet (7 pcs), 4 sachet (28 pcs), 6 sachet (42 pcs)
ManfaatMerawat kecantikan kulit, rambut, dan kuku
7

NutriSains IndonesiaNourishSkin Skin Nutrition

Mulai dari Rp 142.000,00

Kandungan utamaNatural collagen, marine protein, green tea, betacarotene, vitamin C, dan lain-lain
Anjuran minum1–2 kali sehari 1 tablet
Isi15 tablet dan 30 tablet
ManfaatMemelihara kesehatan kulit
6
Kandungan utamaZinc, L-Carnosine, copper, dan niacinamide
Anjuran minum1 kali sehari 1-2 kapsul sesudah makan
Isi30 kapsul
ManfaatMembantu proses penyembuhan luka, antioksidan, membantu proses pembentukan kolagen pada rambut, dan memperbaiki tekstur kulit
5
Kandungan utamaVitamin E
Anjuran minum1 kali sehari 1 kapsul
IsiKemasan setrip isi 6 dan 12 kapsul, botol isi 30 kapsul
ManfaatMeregenerasi sel kulit
4
Kandungan utama100% Granati Pericarpium (Peel)
Anjuran minum1–3 kali sehari
IsiKemasan pouch 100 g dan kemasan on the go 1 box isi 20 sachet @2 g
ManfaatAntiaging dan membantu mengatasi timbulnya jerawat
3
Kandungan utamaAstaxanthin dan vitamin E
Anjuran minum1 kali sehari 1 kapsul setelah makan
Isi16 kapsul dan 32 kapsul
ManfaatAntiaging
2
Kandungan utamaCollagen, glutathione, vitamin C, dan fiber
Anjuran minum2 kali sehari 1 sachet pagi dan malam hari
Isi10 sachet dan 20 sachet
ManfaatAntiaging dan mencerahkan kulit
1

Anugrah Sinergi Sejahtera IndonesiaByoote Collagen

Mulai dari Rp 44.000,00

Kandungan utamaCollagen, l-glutathione, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan lain-lain
Anjuran minum1–2 kali sehari
Isi2 sachet, 4 sachet, 8 sachet, 12 sachet, 1 box (16 sachet), paket 2 box, paket 4 box, paket 8 box, dan paket 10 box
ManfaatAntiaging, mencerahkan, memudarkan bekas luka

Tabel perbandingan produk suplemen terbaik untuk kesehatan kulit

Gambar produk
1
Anugrah Sinergi Sejahtera Indonesia Byoote Collagen 1

Anugrah Sinergi Sejahtera Indonesia

2
Everwhite  Hi-Collagen Drink 1

Everwhite

3
Natur-E  Advanced Soft Capsule 1

Natur-E

4
Herbilogy  Pomegranate Peel (Kulit Delima) 1

Herbilogy

5
Konimex EVER E250 1

Konimex

6
ERHA  Nutraceuticals Zincore 1

ERHA

7
NutriSains Indonesia NourishSkin Skin Nutrition 1

NutriSains Indonesia

8
YOU Indonesia YOUVIT Multivitamin Gummy Beauti+  1

YOU Indonesia

9
Kalbe H2 Pure Skin 1

Kalbe

10
Blackmores  Radiance Marine Q10™ 1

Blackmores

Nama produk

Byoote Collagen

Hi-Collagen Drink

Advanced Soft Capsule

Pomegranate Peel (Kulit Delima)

EVER E250

Nutraceuticals Zincore

NourishSkin Skin Nutrition

YOUVIT Multivitamin Gummy Beauti+

H2 Pure Skin

Radiance Marine Q10™

Keunggulan

Suplemen untuk mencerahkan dan memudarkan bekas luka

Kulit terawat dan pencernaan pun lebih lancar

Mengatasi flek hitam dan kerutan

Minuman herbal serbuk untuk memelihara kecantikan kulit

Memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda

Suplemen untuk membantu penyembuhan luka pada kulit

Memelihara kesehatan kulit dengan nutrisi yang lengkap

Gummy manis untuk nutrisi kulit, rambut, dan kuku

Mengatasi dan mencegah pertumbuhan jerawat berlebih!

Suplemen antiaging untuk mengurangi kerutan halus

Harga mulai dariRp 44.000,00Rp 90.000,00Rp 48.500,00Rp 72.600,00Rp 17.600,00Rp 247.500,00Rp 142.000,00Rp 23.500,00Rp 240.000,00Rp 475.000,00
Kandungan utamaCollagen, l-glutathione, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan lain-lainCollagen, glutathione, vitamin C, dan fiberAstaxanthin dan vitamin E100% Granati Pericarpium (Peel) Vitamin EZinc, L-Carnosine, copper, dan niacinamide Natural collagen, marine protein, green tea, betacarotene, vitamin C, dan lain-lainInositol + kolin, vitamin E, dan zincAstaxanthin, vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan zincKolagen, vitamin E, dan ekstrak teh hijau
Anjuran minum1–2 kali sehari2 kali sehari 1 sachet pagi dan malam hari1 kali sehari 1 kapsul setelah makan1–3 kali sehari1 kali sehari 1 kapsul1 kali sehari 1-2 kapsul sesudah makan 1–2 kali sehari 1 tablet1 kali sehari 1 tablet1 kali sehari 1 kaplet1 kali sehari 1 kapsul setelah makan
Isi2 sachet, 4 sachet, 8 sachet, 12 sachet, 1 box (16 sachet), paket 2 box, paket 4 box, paket 8 box, dan paket 10 box10 sachet dan 20 sachet16 kapsul dan 32 kapsulKemasan pouch 100 g dan kemasan on the go 1 box isi 20 sachet @2 gKemasan setrip isi 6 dan 12 kapsul, botol isi 30 kapsul30 kapsul15 tablet dan 30 tablet1 sachet (7 pcs), 4 sachet (28 pcs), 6 sachet (42 pcs)30 kaplet30 kapsul
ManfaatAntiaging, mencerahkan, memudarkan bekas lukaAntiaging dan mencerahkan kulitAntiagingAntiaging dan membantu mengatasi timbulnya jerawatMeregenerasi sel kulit Membantu proses penyembuhan luka, antioksidan, membantu proses pembentukan kolagen pada rambut, dan memperbaiki tekstur kulitMemelihara kesehatan kulitMerawat kecantikan kulit, rambut, dan kukuMengurangi peradangan pada jerawat aktif dan penyembuhan luka jerawat.Mengurangi kerutan halus di wajah
Tautan produk

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Konsumsi vitamin atau suplemen tidak bisa memberikan hasil secara instan. Hal ini karena tubuh kita hanya bisa menyerap kadar tertentu saja setiap harinya. Jika mengonsumsi vitamin atau suplemen berlebih, vitamin dan suplemen akan terbuang melalui urin ataupun keringat. 


Untuk meningkatkan kadar vitamin dan mineral di dalam tubuh, Anda membutuhkan waktu. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin dan mineral dari dosis minimal ke batas yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi dan konsentrasi vitamin serta mineral bertambah sehingga kesehatan tubuh juga meningkat.

Baca juga rekomendasi suplemen kecantikan lainnya di sini

Selain supplement untuk kulit, kami juga masih memiliki rekomendasi suplemen terbaik lainnya. Lengkapi berbagai produk suplemen kesehatan Anda dengan mengeklik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Memelihara kesehatan kulit perlu dilakukan dari luar dan dalam. Suplemen kulit tidak hanya membantu memelihara kesehatan kulit, tetapi juga mengatasi masalah kulit. Untuk menemukan suplemen kulit yang tepat, gunakan tips dari kami, ya.


Jangan lupa untuk memilih produk tepercaya dengan mengeklik link yang sudah kami sediakan. Semoga artikel ini membantu dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    154.522 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    339.652 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    141.185 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak maupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    123.837 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
    134.797 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Glukosamin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Glukosamin akan membantu persendian untuk dapat bergerak lebih aktif. Sayangnya, glukosamin alami akan berkurang seiring dengan pertambahan usia sehingga Anda membutuhkan tambahan suplemen. Ada banyak merek glukosamin di pasaran, seperti Blackmores, Swanson, Puritan’s Pride, dan masih banyak lagi yang dapat Anda pilih.Jika Anda sedang bingung mempertimbangkan merek mana yang akan Anda pilih, kami akan memberikan solusinya. Di dalam artikel kali ini, kami akan mengulas informasi seputar cara memilih suplemen glukosamin serta memberikan beberapa rekomendasinya. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    43.410 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori