• 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)

Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. 


Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Marceline Noviani
Efi Fitriyyah
Mentari De Marelle
  • Pembaharuan terakhir: 08 Mei 2021
  • 283.040 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan biotechnologist Marceline Noviani

Berkolaborasi dengan biotechnologist Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018.


Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline bahkan pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Cara memilih suplemen untuk kesehatan kulit

Untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit, Anda membutuhkan suplemen yang mengandung nutrisi untuk kulit. Di bawah ini, kami akan menjelaskan kandungan apa saja yang biasanya ada pada suplemen untuk kesehatan kulit. Dengan begitu, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Pilih kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan gaya hidup Anda

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Kami akan mengulas beberapa nutrisi yang paling banyak dibutuhkan oleh masalah kulit tertentu. Pilihlah yang paling sesuai dengan permasalahan kulit dan gaya hidup Anda.

Multivitamin, untuk Anda yang membutuhkan tambahan asupan vitamin

Multivitamin, untuk Anda yang membutuhkan tambahan asupan vitamin

Jika Anda memiliki kulit yang kurang sehat dan sulit mengonsumsi sayuran secara rutin, minumlah multivitamin. Pola diet yang kurang tepat bisa menyebabkan kurangnya asupan vitamin. Akibatnya, kulit Anda bisa kekurangan nutrisi dan menjadi kurang sehat.


Vitamin A berfungsi untuk menjaga fungsi selaput lendir di lapisan kulit terdalam. Apabila Anda kekurangan vitamin A, jumlah cadangan air yang tersimpan di dalam lapisan terluar kulit (stratum corneum) akan berkurang sehingga kulit Anda menjadi kering. 


Di sisi lain, kekurangan vitamin B akan menghambat proses regenerasi kulit yang berakibat pada munculnya jerawat dan kulit kering. Bagaimana dengan vitamin C? Para perokok biasanya berisiko mengalami defisiensi vitamin C. Akibatnya, metabolisme tubuh terganggu dan produksi kolagen menurun.


Anda bisa saja mengonsumsi satu jenis suplemen vitamin, tetapi bukan hal mudah untuk menentukan jenis vitamin yang Anda butuhkan. Karena itu, pilihlah suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Untuk menentukan jenis vitamin yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan tes darah. Hasil tes darah bisa menunjukkan kandungan vitamin di dalam tubuh Anda cukup atau kurang. Namun, untuk menghemat biaya dan tenaga, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dengan komposisi yang lengkap. Namun, jangan lupa, konsumsilah vitamin sesuai dengan angka kecukupan gizi yang dibutuhkan, ya. 

Zink, untuk Anda yang sedang diet atau suka mengonsumsi alkohol

Zink, untuk Anda yang sedang diet atau suka mengonsumsi alkohol

Defisiensi mineral kerap terjadi pada orang yang sedang mengatur pola makan untuk mengurangi berat badan dan pada orang yang terbiasa mengonsumsi alkohol atau makanan yang diawetkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung zink.


Zink merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan zink bisa menurunkan kesehatan kulit dan menyebabkan rambut rontok. Tubuh tidak akan kekurangan zink apabila Anda memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Namun, hal tersebut cukup sulit mengingat gaya hidup manusia zaman sekarang yang rentan dengan stres.


Untuk orang yang terbiasa minum alkohol, kandungan alkohol akan menghambat proses penyerapan zink di dalam tubuh. Jika Anda gemar makan makanan yang diawetkan seperti sosis dan daging hamburger, Anda juga harus berhati-hati. Kandungan pengawet yang biasa disebut sodium polyphosphate juga berisiko menghambat penyerapan zink.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Sebenarnya, tubuh tidak menyimpan atau memproduksi zink. Zink sendiri merupakan mineral kedua yang paling banyak setelah zat besi dalam sel tubuh. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan atau vitamin dengan kandungan zink agar kebutuhan harian Anda terpenuhi. 


Namun, Anda patut berhati-hati jika menggunakan suplemen untuk meningkatkan zink dalam tubuh. Hal ini karena zink dapat menimbulkan risiko buruk jika berinteraksi dengan antibiotik, obat radang sendi, dan diuretik.

Asam lemak esensial, membantu mengatasi jerawat

Asam lemak esensial, membantu mengatasi jerawat

Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit berjerawat dan pola makan tidak seimbang, konsumsilah suplemen yang mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara alami. Kandungan ini biasa didapat dari makanan seperti ikan dan minyak sayur. Namun, sering kali dirasa kurang cukup bagi tubuh. 


Jika asupan lemak esensial tidak tercukupi, sistem regenerasi kulit akan terganggu sehingga kulit menjadi kasar dan kusam. Selain itu, asam lemak esensial memiliki sifat antiradang yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan jerawat. Jika sedang mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan, pastikan Anda tidak kekurangan kandungan ini.


Namun, sebelum mengonsumsi suplemen yang mengandung Omega-3 dan Omega-6, jangan lupa untuk selalu membaca aturan minumnya. Kedua asam lemak esensial tersebut harus diasup secara seimbang ke dalam tubuh.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Jerawat terjadi ketika tubuh Anda memproduksi minyak kulit atau sebum secara berlebihan. Sebum berlebih serta sel kulit mati yang tersumbat di folikel rambut menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri berkembang biak.


Mengonsumsi suplemen omega-3 atau omega-6 dapat mengurangi risiko kulit berbintik dan bernoda akibat jerawat. Hal ini karena karena omega-3 dan omega-6 dapat mengatur hormon seperti testosteron yang memicu produksi sebum berlebih.


Selain itu, asam lemak esensial EPA di dalam tubuh juga akan diubah menjadi zat anti-inflamasi dan antibakteri. Zat ini juga dapat menenangkan respons tubuh terhadap peradangan. Omega-3 dan omega-6 juga dapat menghentikan produksi hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang mampu mengurangi bintik jerawat pada kulit.

Equol atau isoflavon kacang kedelai, untuk masalah kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon

Equol atau isoflavon kacang kedelai, untuk masalah kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon

Suplemen yang mengandung isoflavon kacang kedelai atau equol direkomendasikan untuk mengatasi kulit bermasalah akibat menstruasi yang tidak lancar atau menopause. Menopause, menstruasi tidak teratur, dan PMS (Pre Menstrual Syndrome) umumnya terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Nah, isoflavon kacang kedelai memiliki fungsi seperti estrogen atau hormon wanita yakni memberi efek kecantikan dan anti-aging.


Akhir-akhir ini juga ditemukan bahwa produksi equol di dalam tubuh akan terbantu dengan mengonsumsi isoflavon. Hanya saja, dari dua wanita yang mengonsumsi isoflavon kacang kedelai, hanya satu orang yang tubuhnya mampu memproduksi equol.


Apabila Anda tidak merasakan perbaikan apa pun setelah mengonsumsi suplemen isoflavon, Anda dapat mencoba suplemen dengan kandungan isoflavon yang telah dikonversi menjadi equol.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu jerawat serta meningkatkan risiko penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung isoflavon. 


Ekstrak kedelai merupakan kandungan yang kaya akan isoflavon. Mengonsumsi vitamin kaya isoflavon secara rutin selama enam bulan terbukti meningkatkan ketebalan epitel. Selain itu, jumlah serat elastin, kolagen, dan pembuluh darah pada kulit juga akan meningkat. 

Bakteri asam laktat, meningkatkan kesehatan pencernaan

Bakteri asam laktat, meningkatkan kesehatan pencernaan

Konstipasi biasanya banyak dialami oleh wanita dan turut merusak kesehatan kulit. Jika hal itu terjadi pada Anda, jagalah kesehatan pencernaan dengan suplemen yang mengandung bakteri asam laktat.


Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesehatan pencernaan berpengaruh pada banyak aspek lain, termasuk kondisi kulit. Pencernaan yang kurang sehat bisa merusak kulit dan memicu timbulnya jerawat. Bukan itu saja, Anda juga bisa menjadi pusing dan mual. Jangan sampai hal itu terjadi.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Cara kerja bakteri asam laktat sangat beragam tergantung pada spesies, galur, dan konsentrasi yang dikonsumsi. Secara umum, bakteri asam laktat mampu meningkatkan pencernaan laktosa serta mencegah dan mengobati diare. Asam laktat juga berperan terhadap sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh melawan dan mencegah infeksi.

Cek kandungan nutrisi dari produk yang hendak dibeli

Cek kandungan nutrisi dari produk yang hendak dibeli

Produk-produk yang telah diberi label “Dietary Supplement” atau “Suplemen Makanan” biasanya lebih aman dan bisa dipercaya. Anda dapat mengecek apakah tabel nutrisi sudah memenuhi syarat dari Departemen Kesehatan dalam mencantumkan daftar kandungannya. 


Biasanya, suatu produk yang bagus akan mencantumkan keunggulan bahan yang mereka miliki di kemasannya. Misalnya, tertulis bahwa “Kandungan vitamin C adalah nutrisi yang dapat menyehatkan kulit dari lapisan terdalam”.


Beberapa produk yang dilabeli suplemen makanan juga umumnya menyebutkan fungsi dari bahan aktif yang mereka unggulkan. Sebagai contoh, produk NOW Aloe 10.000 & Probiotics Veg Capsules yang mengandung probiotik akan mencantumkan kalimat “Mendukung kesehatan pencernaan”. Produk yang memberikan tabel nutrisi lengkap dan mencantumkan tagline keunggulan bahan aktifnya dinilai sebagai suplemen yang bagus. 


Produk yang bagus juga akan menyebutkan persentase asupan per sajian di tabel nutrisinya. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk perawatan kulit. Namun, ingatlah bahwa suplemen bukanlah obat. Suplemen belum tentu akan membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan secara instan.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Komposisi serta sumber vitamin dan mineral sangatlah penting. Komposisi yang tepat akan membantu tubuh beradaptasi untuk menyerap vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral ini dapat diekstraksi langsung dari hewan ataupun tumbuhan. Untuk itu, pilihlah yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merupakan seorang vegan atau vegetarian, pilihlah produk yang diekstrak dari tumbuhan. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk kesehatan kulit

Berikut ini kami berikan sepuluh rekomendasi suplemen terbaik untuk kesehatan kulit. Anda dapat memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Kandungan bahan aktifZinc, copper, L-carnosine, niacinamide
Jumlah isi30 tablet
Aturan konsumsi1 tablet, 1-2 kali per hari
9
Kandungan bahan aktifKolin, inositol, vitamin E, zink, vitamin C, vitamin B7, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12
Jumlah isi7 gummies
Aturan konsumsi1 gummy per hari
8

NOWAloe 10.000 & Probiotics Veg Capsules

Mulai dari Rp 245.000,00

Kandungan bahan aktifOrganic aloe vera, blend of 10 strains probiotic bacteria
Jumlah isi60 kapsul
Aturan konsumsi1 kapsul, 2 kali per hari
7

Nature's HealthVirgin Salmon Omega-3 Fish Oil

Mulai dari Rp 154.000,00

Kandungan bahan aktifAstaxanthin, rosemary ekstrak, ascorbyl palmitat, natural tocopherol
Jumlah isi50 softgels
Aturan konsumsiAnak-anak: 1 softgel per hari ・ Dewasa: 2-3 softgels per hari
6
Kandungan bahan aktifMixed beta carotene, L-carnosine, CoQ10, alpha lipoid acid, Cu-gluconate, MSM, vitamin E, vitamin C
Jumlah isi30 tablet
Aturan konsumsi1 tablet per hari
5
Kandungan bahan aktifStandardized marine protein extract, collagen, 95% olligomeric proanthocyanidin, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zink, dan kandungan lainnya
Jumlah isi60 tablet
Aturan konsumsi1 tablet, 1-2 kali per hari
4
Kandungan bahan aktifVitamin C, kolagen tipe 1 dan 3
Jumlah isi250 tablet
Aturan konsumsi3 tablet, 2 kali per hari
3
Kandungan bahan aktifCollactive, olive oil, vitamin C, L-cystein
Jumlah isi30 tablet
Aturan konsumsi1 tablet, 2 kali per hari
2
Kandungan bahan aktifGreen tea extract, betacarotene, french maritime pine bark extract, grape seed extract, ekstrak protein ikan laut, zink, dan kandungan lainnya
Jumlah isi30 kapsul
Aturan konsumsi1 kapsul per hari
1

KinohimitsuCollagen Diamond 5300 Drink

Mulai dari Rp 1.040.000,00

Kandungan bahan aktifCollagen peptide, perilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple juice, lemon juice, lychee juice
Jumlah isi16 botol kecil
Aturan konsumsiUntuk pertama kali: 1 botol per hari | Setelah 6 hari: 1 botol per 2 hari

Tabel perbandingan produk suplemen terbaik untuk kesehatan kulit

Gambar produk
1
Kinohimitsu Collagen Diamond 5300 Drink 1

Kinohimitsu

2
Blackmores  Radiance Marine Q10 1

Blackmores

3
Kalbe H2 Fair Skin 1

Kalbe

4
Neocell Super Collagen+C 1

Neocell

5
Nourish Skin Skin Nutrition 1

Nourish Skin

6
ERHA Skincore 30caps 1

ERHA

7
Nature's Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil 1

Nature's Health

8
NOW Aloe 10.000 & Probiotics Veg Capsules 1

NOW

9
Youvit Gummy Multivitamin Beauti+ 1

Youvit

10
ERHA Zincore 30caps 1

ERHA

Nama produk

Collagen Diamond 5300 Drink

Radiance Marine Q10

H2 Fair Skin

Super Collagen+C

Skin Nutrition

Skincore 30caps

Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil

Aloe 10.000 & Probiotics Veg Capsules

Gummy Multivitamin Beauti+

Zincore 30caps

Keunggulan

Modal untuk makin <em>stunning</em> pada usia 30-an

Wajah tampak lebih halus berkat pori-pori yang mengecil

Mampu mengatasi flek dan noda hitam di wajah

Ingin menghindari asupan gluten? Suplemen ini jawabannya!

Dengan nutrisi yang lengkap untuk kesehatan kulit

Umur boleh bertambah, tetapi kerut wajah tak perlu ikut bertambah

Satu vitamin untuk sekeluarga

Pencernaan sehat, kulit pun terawat

Mengonsumsi multivitamin dengan cara enak

Ampuh melenyapkan peradangan akibat jerawat

Harga mulai dariRp 1.040.000,00Rp 361.000,00Rp 240.000,00Rp 250.000,00Rp 220.800,00Rp 202.500,00Rp 154.000,00Rp 245.000,00Rp 23.900,00Rp 193.050,00
Kandungan bahan aktifCollagen peptide, perilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple juice, lemon juice, lychee juiceGreen tea extract, betacarotene, french maritime pine bark extract, grape seed extract, ekstrak protein ikan laut, zink, dan kandungan lainnyaCollactive, olive oil, vitamin C, L-cystein Vitamin C, kolagen tipe 1 dan 3Standardized marine protein extract, collagen, 95% olligomeric proanthocyanidin, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zink, dan kandungan lainnyaMixed beta carotene, L-carnosine, CoQ10, alpha lipoid acid, Cu-gluconate, MSM, vitamin E, vitamin CAstaxanthin, rosemary ekstrak, ascorbyl palmitat, natural tocopherol Organic aloe vera, blend of 10 strains probiotic bacteriaKolin, inositol, vitamin E, zink, vitamin C, vitamin B7, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12Zinc, copper, L-carnosine, niacinamide
Jumlah isi16 botol kecil30 kapsul30 tablet250 tablet60 tablet30 tablet50 softgels60 kapsul7 gummies30 tablet
Aturan konsumsiUntuk pertama kali: 1 botol per hari | Setelah 6 hari: 1 botol per 2 hari1 kapsul per hari1 tablet, 2 kali per hari3 tablet, 2 kali per hari1 tablet, 1-2 kali per hari1 tablet per hariAnak-anak: 1 softgel per hari ・ Dewasa: 2-3 softgels per hari1 kapsul, 2 kali per hari1 gummy per hari1 tablet, 1-2 kali per hari
Tautan produk

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Konsumsi vitamin atau suplemen tidak bisa memberikan hasil secara instan. Hal ini karena tubuh kita hanya bisa menyerap kadar tertentu saja setiap harinya. Jika mengonsumsi vitamin atau suplemen berlebih, vitamin dan suplemen akan terbuang melalui urin ataupun keringat. 


Untuk meningkatkan kadar vitamin dan mineral di dalam tubuh, Anda membutuhkan waktu. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin dan mineral dari dosis minimal ke batas yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi dan konsentrasi vitamin serta mineral bertambah sehingga kesehatan tubuh juga meningkat.

Baca juga rekomendasi suplemen kecantikan lainnya di sini

Kami telah menjelaskan berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli suplemen untuk kesehatan kulit. Jika Anda juga membutuhkan rekomendasi suplemen lain yang berkaitan dengan kecantikan, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan dan rekomendasi dari kami, apakah kini Anda telah menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Kulit yang kasar dan terlihat tidak sehat tentu bisa merusak kepercayaan diri Anda. 


Karena itu, pastikan Anda memilih suplemen yang paling tepat agar kulit sehat dapat Anda raih. Selamat memilih! Jangan lupa untuk selalu berbahagia supaya Anda terlihat makin cantik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    88.518 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    285.483 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    530.834 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    108.737 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    399.197 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Gummy Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin gummy merupakan bentuk vitamin yang cukup banyak disukai karena praktis untuk dikonsumsi, serta memiliki rasa yang enak. Ada banyak brand yang memproduksi vitamin gummy, antara lain Cerebrofort, Sakatonik ABC, Sugarbearhair, dan Natural Farm. Dari sekian banyak merek vitamin gummy di pasaran, apakah Anda bingung memilih yang paling cocok untuk Anda?Untuk membantu Anda, kami akan berikan tips memilih vitamin gummy yang paling tepat untuk Anda. Selain itu, simak juga rekomendasi produk vitamin gummy terbaik hasil pilihan kami. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
    6.304 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori