1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)

Menjaga kesehatan kulit hanya dari makanan saja mungkin kurang cukup, apalagi ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, Anda bisa menjaga kesehatan kulit Anda dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin. Anda bisa memilih suplemen untuk kulit kering, aging, berjerawat, sampai untuk kulit glowing.


Kami akan memberikan tips serta rekomendasi suplemen dan vitamin kulit terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, YOUVIT, Skin Beauty, dan Natur-E, ada di sini. Simak juga komentar pakar Biotechnologist, Marceline Noviani, untuk menambah wawasan Anda.

Diperbaharui 09-08-2022
Pakar
Biotechnologist
Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018. Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline juga pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Profil Marceline Noviani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen untuk kesehatan kulit

Memilih vitamin terbaik untuk kulit harus dilakukan dengan bijak. Saat ini banyak sekali produk suplemen untuk kulit yang beredar. Berikut ini kami akan menjelaskan kandungan yang biasanya ada pada suplemen untuk kesehatan kulit.

① Pilih kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit

Pertama, mari kenali jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Beberapa masalah kulit membutuhkan suplemen tertentu. Simak satu per satu, yuk!

Multivitamin, melengkapi kebutuhan asupan kulit Anda

Multivitamin, melengkapi kebutuhan asupan kulit Anda

Kurangnya konsumsi sayur atau pola diet yang kurang tepat berakibat pada menurunnya kesehatan kulit. Mengonsumsi multivitamin dapat menyuplai nutrisi yang kurang. Beberapa vitamin yang dibutuhkan kulit di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Vitamin A

Berfungsi menjaga selaput lendir pada lapisan kulit terdalam. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan berkurangnya cadangan air yang tersimpan di dalam lapisan terluar kulit (stratum corneum). Hal ini menyebabkan kulit Anda menjadi kering.


  • Vitamin B

Vitamin dengan banyak jenis ini bermanfaat sebagai antioksidan, melembapkan, dan mencegah pembentukan jerawat. Vitamin B juga berfungsi mendukung regenerasi kulit. Kekurangan vitamin B akan menghambat regenerasi sehingga menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit kering hingga berjerawat.


  • Vitamin C
Vitamin C terkenal dengan kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Vitamin ini pun berperan penting dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Vitamin C juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta meningkatkan produksi kolagen. Kandungan vitamin C biasanya juga terdapat dalam suplemen kulit yang mengandung kolagen karena keduanya bekerja secara sinergis.

  • Vitamin E
Vitamin E adalah vitamin yang paling umum Anda temui di dalam suplemen untuk kulit. Vitamin E dapat membantu pembentukan kolagen alami di dalam tubuh. Dengan begitu, kelembapan dan elastisitas kulit akan tetap terjaga. Selain itu, vitamin E dapat membantu mengurangi peradangan. Tambahan lagi, vitamin E dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan mempercepat regenerasi kulit.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, Anda bisa saja memilih suplemen kulit yang hanya mengandung satu jenis vitamin. Namun, menentukan kebutuhan vitamin secara pasti tentu tidak mudah. Maka dari itu, pilihlah suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.


Tak hanya untuk menutrisi kulit, multivitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuh Anda. Apabila Anda membutuhkan suplemen multivitamin, langsung saja klik tautan berikut ini. Kami sudah mengulas suplemen multivitamin yang bagus untuk dikonsumsi.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Untuk menentukan jenis vitamin yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan tes darah. Hasil tes darah bisa menunjukkan kandungan vitamin di dalam tubuh Anda sudah cukup atau kurang. Namun, melakukan tes darah secara spesifik tentu cukup memakan biaya.


Untuk menghemat biaya dan tenaga, Anda bisa mengonsumsi multivitamin dengan komposisi yang lengkap. Ingat juga untuk mengonsumsi vitamin sesuai dengan angka kecukupan gizi yang dibutuhkan, ya.

Zinc, membantu mengatasi jerawat

Zinc, membantu mengatasi jerawat

Mineral yang satu ini dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan zinc kerap terjadi pada orang yang salah diet, peminum, atau orang yang suka mengonsumsi makanan berpengawet. Alkohol dan bahan pengawet (sodium polyphosphate) berisiko menghambat penyerapan zinc.


Untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi tablet zinc. Berikut ini adalah beberapa manfaat zinc untuk kulit:

  • Mengontrol produksi minyak
  • Menyembuhkan jerawat lebih cepat
  • Mengatasi luka akibat jerawat

Zinc juga diperlukan dalam pembentukan membran sel dan protein, sebagai anti-inflamasi serta melindungi sinar UV. Selain itu, zinc juga berperan penting untuk mengalirkan vitamin A dalam darah.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Sebenarnya, tubuh tidak menyimpan atau memproduksi zink. Zink sendiri merupakan mineral kedua yang paling banyak setelah zat besi dalam sel tubuh. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan atau vitamin dengan kandungan zink agar kebutuhan harian Anda terpenuhi.


Namun, Anda patut berhati-hati jika menggunakan suplemen untuk meningkatkan zink dalam tubuh. Hal ini karena zink dapat menimbulkan risiko buruk jika berinteraksi dengan antibiotik, obat radang sendi, dan diuretik.

Asam lemak esensial, membantu proses regenerasi kulit

Asam lemak esensial, membantu proses regenerasi kulit

Asam lemak esensial merupakan komponen utama penyusun lemak. Asam lemak ini sangat dibutuhkan, tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu tambahan asupan asam lemak secara rutin. Kandungan ini biasa didapat dari makanan, seperti ikan dan minyak sayur.


Ada dua macam asam lemak esensial, yaitu omega-3 dan omega-6. Kekurangan asam lemak esensial dapat mengganggu regenerasi sel sehingga kulit menjadi kasar dan kusam. Asam lemak esensial juga bersifat antiradang yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan jerawat.
Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Jerawat terjadi ketika tubuh Anda memproduksi minyak kulit atau sebum secara berlebihan. Sebum berlebih serta sel kulit mati yang tersumbat di folikel rambut menciptakan lingkungan yang ideal untuk bakteri berkembang biak.


Mengonsumsi suplemen omega-3 atau omega-6 dapat mengurangi risiko kulit berbintik dan bernoda akibat jerawat. Hal ini karena karena omega-3 dan omega-6 dapat mengatur hormon seperti testosteron yang memicu produksi sebum berlebih.


Selain itu, asam lemak esensial EPA di dalam tubuh juga akan diubah menjadi zat anti-inflamasi dan antibakteri. Zat ini juga dapat menenangkan respons tubuh terhadap peradangan. Omega-3 dan omega-6 juga dapat menghentikan produksi hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang mampu mengurangi bintik jerawat pada kulit.

Equol atau isoflavon kacang kedelai, kandungan untuk anti-aging

Equol atau isoflavon kacang kedelai, kandungan untuk anti-aging
Wanita sering kali mengalami masalah kulit akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini kerap dialami saat menopause, menstruasi tidak teratur, dan PMS (premenstrual syndrome). Suplemen isoflavon yang berasal dari kacang kedelai banyak disarankan untuk mengatasi masalah kulit akibat masalah hormonal.


Mengonsumsi kacang kedelai sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit:

  • Mengencangkan kulit
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Mencegah hiperpigmentasi kulit
  • Menjaga kesehatan rambut

Isoflavon bekerja seperti hormon estrogen atau hormon wanita. Mengonsumsi suplemen isoflavon memberikan efek pada kecantikan, seperti meningkatkan kekenyalan kulit dan mengurangi kerutan.


Selain itu, isoflavon rupanya juga membantu produksi equol dalam tubuh. Equol merupakan zat yang memiliki efek mirip dengan hormon estrogen, tetapi jauh lebih kuat daripada estrogen. Equol juga diyakini mampu mengurangi efek aging pada kulit.


Tidak semua orang mampu memproduksi equol di dalam tubuh. Beberapa orang kemungkinan tidak mendapatkan hasil yang optimal setelah mengonsumsi isoflavon. Apabila seperti ini, Anda dapat mencoba suplemen dengan kandungan isoflavon yang telah dikonversi menjadi equol. Di Indonesia sayangnya cukup sulit ditemukan suplemen kulit dengan kandungan isoflavon ataupun equol.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu jerawat serta meningkatkan risiko penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung isoflavon.


Ekstrak kedelai merupakan kandungan yang kaya akan isoflavon. Mengonsumsi vitamin kaya isoflavon secara rutin selama enam bulan terbukti meningkatkan ketebalan epitel. Selain itu, jumlah serat elastin, kolagen, dan pembuluh darah pada kulit juga akan meningkat.

Prebiotik dan probiotik, melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit

Prebiotik dan probiotik, melancarkan pencernaan dan menyehatkan kulit

Tahukah Anda, bahwa pencernaan yang tidak lancar dapat memengaruhi kesehatan kulit? Mikrobiota usus atau kumpulan bakteri di usus sebetulnya dapat menghasilkan metabolit yang dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda.


Ketidakseimbangan mikrobiota di usus dapat memberikan dampak negatif terhadap mikrobiota di kulit Anda. Hal ini yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat sampai dermatitis. Oleh karena itu, sistem perncernaan yang terganggu juga akan ikut mengganggu kesehatan kulit Anda.


Agar sistem pencernaan tetap sehat, Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan probiotik dan prebiotik.

  • Probiotik adalah bakteri baik, seperti Lactobacillus casei atau bakteri asam laktat, yang dapat melancarkan sistem pencernaan.
  • Berbeda dengan probiotik, prebiotik adalah serat yang menjadi makanan bagi probiotik atau bakteri baik.

Hanya saja, tidak semua suplemen untuk kulit mengandung prebiotik dan probiotik. Jika Anda memang memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi suplemen prebiotik ataupun probiotik secara terpisah. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan suplemen probiotik yang baik untuk tubuh Anda.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Cara kerja bakteri asam laktat sangat beragam tergantung pada spesies, galur, dan konsentrasi yang dikonsumsi. Bakteri asam laktat mampu meningkatkan pencernaan laktosa serta mencegah dan mengobati diare. Asam laktat juga berperan terhadap sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh melawan dan mencegah infeksi.

② Cek kandungan nutrisi di dalamnya

Cek kandungan nutrisi di dalamnya

Saat memilih suplemen kulit, cermatilah label “Dietary Supplement” atau “Suplemen Makanan” pada kemasannya. Produk dengan label ini dinilai lebih aman dan tepercaya.


Produk vitamin untuk kulit biasanya juga mencantumkan keunggulan produk mereka pada kemasan atau iklannya. Contohnya, YOUVIT mencantumkan tagline, "Sehatkan kulit, kuku, dan rambut cantikmu".


Selain itu, pastikan suplemen pilihan Anda mencantumkan tabel informasi nilai gizi. Tabel ini akan memberikan informasi asupan per sajian di tabel. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk perawatan kulit.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Komposisi serta sumber vitamin dan mineral sangatlah penting. Komposisi yang tepat akan membantu tubuh beradaptasi untuk menyerap vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral ini dapat diekstraksi langsung dari hewan ataupun tumbuhan. Untuk itu, pilihlah yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda merupakan seorang vegan atau vegetarian, pilihlah produk yang diekstraksi dari tumbuhan.

③ Perhatikan dosis konsumsi per hari

Perhatikan dosis konsumsi per hari
Anjuran dalam mengonsumsi vitamin berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Namun, kebanyakan vitamin dianjurkan diminum setelah makan. Saat membeli suplemen terbaik untuk kulit, bacalah label pada kemasan dengan teliti. Perhatikan dosis yang tertera atau sesuaikan dengan dosis harian Anda. Baca pula takaran konsumsi, efek samping, dan tanggal kedaluwarsa produk tersebut.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk kesehatan kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen terbaik untuk kesehatan kulit yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Natur-E

Advanced Soft Capsule

Natur-E  Advanced Soft Capsule 1枚目

Kandungannya kaya antioksidan, cocok untuk usia 30-an

2

YOUVIT

Multivitamin Gummy Beauti+

YOUVIT  Multivitamin Gummy Beauti+  1枚目

Suplemen berbentuk gummy untuk kulit, kuku, dan rambut

3

Pharos

Skin Beauty

Pharos Skin Beauty 1枚目

Bikin kulit lebih sehat dengan harga yang lebih terjangkau

4

NutriSains Indonesia

NourishSkin Ultimate

NutriSains Indonesia NourishSkin Ultimate 1枚目

Suplemen untuk kesehatan kulit normal hingga kulit kering

5

Herbilogy

Pomegranate Peel (Kulit Delima)

Herbilogy  Pomegranate Peel (Kulit Delima) 1枚目

Mengandung 100% ekstrak kulit buah delima yang kaya antioksidan

6

Industri Jamu Borobudur

Darsi

Industri Jamu Borobudur Darsi 1枚目

Racikan herbal untuk kulit berjerawat dan gatal-gatal

7

ERHA

Zincore

ERHA  Zincore 1枚目

Ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya sampai iritasi kulit

8

H2 - Health & Happiness

Fair Skin

H2 - Health & Happiness Fair Skin 1枚目

Kandungan bahan aktifnya dapat mencerahkan kulit kusam

9

Blackmores

Ultimate Radiance Skin

Blackmores  Ultimate Radiance Skin 1枚目

Suplemen Blackmores untuk kulit lebih glowing dan plumpy

10

Nature's Way

Beauty Collagen Booster

Nature's Way Beauty Collagen Booster  1枚目

Mengandung collagen tipe I dan III yang baik untuk seluruh jaringan

Perincian produk
Close
No.1

Natur-E Advanced Soft Capsule

Mulai dari Rp55.500,00

Kandungannya kaya antioksidan, cocok untuk usia 30-an

Kelebihan:

  • Suplemen ini kaya akan antioksidan, seperti astaxanthin, lycopene, dan vitamin E

Kekurangan:

  • Kandungan astaxanthin-nya tergolong kecil, hanya 2 mg saja

Mengonsumsi antioksidan memang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Natur-E Advanced mengandung tiga superantioksidan sekaligus. Vitamin E, lycopene, dan astaxanthin terkandung di dalamnya. Suplemen ini dapat membantu menyamarkan garis halus dan flek hitam di wajah.


Vitamin E dapat membantu melembapkan kulit Anda. Kandungan lycopene dari tomat dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Berikutnya, ada astaxanthin dari ganggang merah yang merupakan antioksidan terkuat. Suplemen ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sudah memasuki usia 30-an.

No.2

YOUVIT Multivitamin Gummy Beauti+

Mulai dari Rp24.900,00

Suplemen berbentuk gummy untuk kulit, kuku, dan rambut

Kelebihan:

  • Berbentuk gummy rasa berry sehingga lebih enak dikonsumsi
  • Bisa dikonsumsi oleh Anda yang sudah berusia 16 tahun ke atas

Kekurangan:

  • Produk ini mengandung gula dan pewarna sintetis

YOUVIT menawarkan suplemen yang dapat dikonsumsi dengan lebih menyenangkan dalam bentuk gummy. YOUVIT Multivitamin Gummy Beauti+ adalah suplemen kesehatan kulit, kuku, dan rambut dengan rasa berry serta bentuk yang menggemaskan.


Suplemen berbentuk gummy ini mengandung tujuh vitamin dan tiga mineral. Tambahan kolin dan inositol membantu regenerasi sel kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas. Formulanya dapat membuat kulit lebih glowing, mencegah rambut rontok, dan memperkuat kuku.

No.3

Bikin kulit lebih sehat dengan harga yang lebih terjangkau

Kelebihan:

  • Harganya tergolong cukup terjangkau dibandingkan suplemen kulit lainnya

Kekurangan:

  • Mengandung fish collagen sehingga kurang cocok untuk Anda yang alergi makanan laut

Skin Beauty adalah suplemen untuk kecantikan kulit dengan harga yang cukup terjangkau. Suplemen untuk kulit ini mengandung kolagen, lycopene, betacarotene, vitamin C, vitamin E, dan zinc. Beberapa pengguna suplemen ini menyatakan bahwa efeknya dapat membuat kulit lebih lembap, kenyal, dan sehat. Jadi, membuat kulit lebih sehat tidak perlu menguras kocek, bukan?

No.4

NutriSains IndonesiaNourishSkin Ultimate

Mulai dari Rp119.000,00

Suplemen untuk kesehatan kulit normal hingga kulit kering

Kelebihan:

  • Mengandung banyak antioksidan dari tanaman yang baik untuk kulit
  • Mengandung collagen dan hyaluronic acid


Kekurangan:

  • Jika Anda memiliki masalah osteoporosis, konsultasikan konsumsi suplemen ini karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi


Suplemen kulit NourishSkin memang sudah lama dipercaya oleh konsumen di Indonesia. Kini NourishSkin punya varian Ultimate untuk kulit normal hingga kering. NourishSkin Ultimate diformulasikan untuk Anda yang berusia 35 tahun ke atas.


Formulanya mengandung collagen dan hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan dan kekencangan kulit Anda. Ditambah lagi, kandungan vitaminnya sangat komplet, mulai dari vitamin A, B, C, E, hingga vitamin K. Alhasil, kulit tampak kencang meski sudah memasuki usia 40 tahun.

No.5

Herbilogy Pomegranate Peel (Kulit Delima)

Mulai dari Rp95.000,00

Mengandung 100% ekstrak kulit buah delima yang kaya antioksidan

Kelebihan:

  • Suplemen tanpa penambahan gula, zat pewarna, perisa, MSG, pengawet atau bahan kimia obat
  • Dapat dicampurkan dengan minuman ataupun makanan
  • Bubuknya larut sempurna tanpa ampas

Kekurangan:

  • Rasanya sedikit pahit sehingga Anda perlu meraciknya jika belum terbiasa

Suplemen kecantikan berikutnya datang dari Herbilogy. Jika suplemen kulit biasanya berbentuk kapsul atau tablet, kali ini kami merekomendasikan suplemen berbentuk bubuk. Bubuknya berasal dari 100% kulit buah delima tanpa tambahan apa pun.


Kulit delima dikenal tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral. Kandungannya bagus untuk kulit sekaligus melindungi Anda dari risiko penyakit degeneratif. Minuman ini cocok untuk Anda yang ingin memelihara kecantikan kulit dan kesehatan secara bersamaan.

No.6

Industri Jamu BorobudurDarsi

Mulai dari Rp22.000,00

Racikan herbal untuk kulit berjerawat dan gatal-gatal

Kelebihan:

  • Suplemen ini 100% mengandung bahan herbal

Kekurangan:

  • Kandungan jamunya dapat memberikan efek panas sehingga Anda perlu banyak minum air mineral setidaknya 2,5 L per hari

Apabila Anda memiliki permasalahan kulit berjerawat dan sering gatal-gatal, Darsi bisa Anda pertimbangkan. Darsi adalah ramuan herbal yang diracik untuk mengatasi kulit berjerawat, gatal, sampai bisul. Ramuannya terdiri dari kunyit, tapak liman, lempuyang wangi, kayu secang, bangle, dan temulawak. Selain merawat kulit dan anti-inflamasi, suplemen jamu ini membuat peredaran darah Anda lebih lancar.

No.7

Ampuh mengatasi jerawat dan bekasnya sampai iritasi kulit

Kelebihan:

  • Mengandung zinc yang juga penting untuk meningkatkan imunitas
  • Kandungan L-carnosine membuat kulit lebih mulus

Kekurangan:

  • Efeknya mungkin terasa lebih lambat untuk beberapa pengguna

Memiliki kulit berjerawat memang cukup menjengkelkan. Tak hanya perawatan dari luar saja, Anda juga membutuhkan perawatan dari dalam. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan Zincore dari Erha.


Suplemen kulit yang mengandung zinc ini dapat membantu penyembuhan luka dan iritasi kulit. Perpaduan zinc dan niacinamide akan mengurangi inflamasi serta mengontrol jerawat. Lalu, L-carnosine akan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda sekaligus sebagai antioksidan.

No.8

H2 - Health & HappinessFair Skin

Mulai dari Rp241.000,00

Kandungan bahan aktifnya dapat mencerahkan kulit kusam

Kelebihan:

  • Mengandung L-cysteine, vitamin C, dan ekstrak buah zaitun untuk menghambat pigmentasi

Kekurangan:

  • Produk ini mengandung kompleks kolagen dan elastin peptida yang berasal dari ikan serta dapat bersifat sebagai alergen

H2 Fair Skin mengandung ekstrak buah zaitun, L-cysteine, dan vitamin C. Kombinasi ketiganya dapat meningkatkan sintesis glutathione untuk menghambat pigmentasi kulit. Alhasil, kulit Anda akan tampak lebih cerah dan mulus. Suplemen kecantikan satu ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami kulit kusam sampai flek hitam.

No.9

Blackmores Ultimate Radiance Skin

Mulai dari Rp484.000,00

Suplemen Blackmores untuk kulit lebih glowing dan plumpy

Kelebihan:

  • Mengandung ekstrak bahan alami yang kaya akan antioksidan
  • Beberapa pengguna merasakan kulitnya menjadi lebih plump

Kekurangan:

  • Mengandung kolagen dari ikan sehingga tidak cocok untuk Anda yang alergi seafood

Blackmores juga memiliki suplemen untuk kesehatan kulit. Ultimate Radiance Skin dari Blackmores mengandung vitamin dan mineral yang dapat merawat kulit Anda hingga lapisan terdalam. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya dapat menjaga struktur kulit Anda.


Di dalamnya pun terkandung karotenoid yang penting untuk regenerasi sel. Produksi elastin dan kolagen alami makin meningkat berkat kandungan vitamin C di dalam suplemen ini. Beberapa konsumen menyatakan kulit menjadi lebih plump dan glowing setelah mengonsumsinya secara rutin.

No.10

Nature's WayBeauty Collagen Booster

Mulai dari Rp341.250,00

Mengandung collagen tipe I dan III yang baik untuk seluruh jaringan

Kelebihan:

  • Formulanya dilengkapi dengan biotin, grape seed extract, dan resveratrol
  • Mengandung biotin yang bagus untuk kuku dan rambut

Kekurangan:

  • VERISOL berasal dari bovine sehingga tidak cocok untuk para vegan

Nature's Way Beauty Collagen Booster mengandung kolagen yang cukup unik, yaitu VERISOL. VERISOL adalah bioactive collagen peptides yang mengandung kolagen tipe I dan III. Suplemen ini cocok untuk Anda yang sudah berusia 25 tahun ke atas.


Tambahan vitamin C di dalam suplemen juga berperan penting dalam pembentukan kolagen alami di dalam tubuh Anda. Di sisi lain, vitamin C memberikan perlindungan untuk kulit dari radikal bebas. Terlebih lagi, suplemen ini mengandung biotin untuk kesehatan kuku dan rambut.

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Mengonsumsi vitamin atau suplemen tidak bisa memberikan hasil secara instan. Hal ini karena tubuh kita hanya bisa menyerap kadar tertentu saja setiap harinya. Jika mengonsumsi vitamin atau suplemen berlebih, vitamin dan suplemen akan terbuang melalui urine ataupun keringat.


Untuk meningkatkan kadar vitamin dan mineral di dalam tubuh, Anda membutuhkan waktu. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin dan mineral dari dosis minimal ke batas yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi dan konsentrasi vitamin serta mineral bertambah sehingga kesehatan tubuh juga meningkat.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Suplemen dibuat untuk menunjang kesehatan Anda. Selain suplemen untuk kulit, masih banyak suplemen lainnya, seperti suplemen untuk tulang, rambut, sampai mata. Klik tautan berikut ini dan temukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda!

Kesimpulan

Memelihara kesehatan kulit perlu dilakukan dari luar dan dalam. Suplemen atau vitamin kulit tidak hanya membantu memelihara kesehatan kulit, tetapi juga mengatasi masalah kulit. Untuk menemukan suplemen kulit yang tepat, gunakan tips dari kami, ya.


Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sehat dan mencukupi kebutuhan air harian Anda. Imbangi pula dengan gaya hidup yang lebih sehat. Dengan begitu, kulit Anda akan tetap sehat, glowing, dan awet muda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer