10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dispenser makanan hewan atau pet feeder akan membantu Anda dalam memberi makan hewan peliharaan kesayangan secara otomatis. Alat ini akan mengisi wadah makanan hewan kesayangan secara berkala sehingga dia tak akan kelaparan meski ditinggal beraktivitas seharian di luar rumah.

Khususnya untuk dispenser makanan kucing, terdapat berbagai macam varian yang kini banyak beredar di pasaran. Beragam model dan fitur dapat Anda pilih, tetapi mana yang paling tepat untuk Anda? Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih dispenser makanan kucing sekaligus rekomendasi produknya.

Daftar isi

Cara memilih dispenser makanan kucing

Saat ini sudah banyak model dispenser makanan kucing yang tersedia di pasaran sehingga barangkali Anda malah bingung memilih saat hendak membelinya. Asalkan Anda mengetahui poin-poin penting dalam memilih dispenser makanan kucing, banyaknya pilihan produk tak akan jadi soal. Selengkapnya, simak informasi di bawah ini!

Ketahui fitur-fitur berguna yang dimilikinya

Fitur-fitur apa sajakah yang tersedia pada dispenser makanan kucing? Fitur pemberian makan secara otomatis beserta pengaturan waktu sudah cukup lumrah ditemukan. Di beberapa produk bahkan sudah tersedia fitur pengaturan waktu yang detail hingga hitungan menit. Bila Anda sangat memperhitungkan manajemen pangan binatang kesayangan Anda, fitur seperti ini perlu dipertimbangkan.

Fitur lain yang mungkin tersedia pada dispenser makanan kucing antara lain, pengaturan kuantitas makanan dan frekuensi pemberian makanan. Ada pula dispenser yang telah dilengkapi tanki penampung makanan dan fungsi rekam suara untuk merekam suara Anda sendiri. Sumber tenaganya pun bermacam-macam, ada yang bertenaga baterai kering, baterai isi ulang, listrik, dan sebagainya. Dispenser makanan kucing umumnya dikhususkan untuk pemberian makanan kering pada kucing, terutama pada produk yang telah dilengkapi tanki penampung makanan. Hal ini karena makanan basah dapat menyumbat saluran dispenser sehingga memicu kerusakan.

Bila kucing seringkali makan terlalu banyak, pilih dispenser dengan takaran porsi yang kecil

Bila kucing seringkali makan terlalu banyak, pilih dispenser dengan takaran porsi yang kecil

Secara garis besar, terdapat dua tipe dispenser dilihat dari kuantitas makanan yang dikeluarkannya dalam satu waktu. Pertama, tipe yang mengeluarkan semua makanan yang ditampungnya saat waktu pemberian makan tiba. Lalu, tipe kedua yang mengeluarkan makanan sesuai pengaturan kuantitas yang Anda lakukan.

Pada tipe pertama, kemungkinan terlalu banyak makanan yang dikeluarkan mungkin hampir tidak ada karena Anda dapat mengatur sendiri kuantitas makanan yang diperlukan. Namun, Anda harus mengisi ulang dispenser tipe ini setiap hari sehingga akan cukup merepotkan.

Untuk tipe kedua, umumnya dilengkapi dengan tangki penampung makanan. Anda dapat mengisinya hingga penuh dan tangki tersebut tak perlu diisi lagi hingga beberapa hari ke depan atau tergantung volume tangkinya. Tipe ini biasanya disertai fitur pengaturan kuantitas makanan yang dikeluarkan dispenser dalam sekali pemberian makan. Fitur ini sangat praktis dan bermanfaat, terutama untuk mengontrol makan kucing bernafsu makan berlebihan.

Bila Anda ingin kucing makan dengan teratur, pilih dispenser dengan fitur pengaturan waktu yang detail

Bila Anda ingin kucing makan dengan teratur, pilih dispenser dengan fitur pengaturan waktu yang detail

Ada kalanya Anda harus meninggalkan rumah karena urusan pekerjaan, pulang terlalu malam, atau pergi ke luar kota meninggalkan kucing kesayangan Anda sendiri di rumah. Di saat seperti ini, dispenser makanan yang dilengkapi tangki penampung makanan dan fitur pengaturan waktu yang detail akan sangat berguna. Anda tinggal mengatur waktu pemberian dan kuantitas makanan pada setiap pemberian, lalu dispenser akan mengeluarkan makanan sesuai waktu yang ditentukan hingga isi tangki habis. Dengan pemberian makan yang teratur, Anda pun bisa meninggalkan kucing kesayangan di rumah, tanpa banyak khawatir.

Namun, tipe ini umumnya memerlukan tenaga baterai atau listrik untuk bekerja. Bila sekiranya tempat tinggal Anda seringkali mengalami pemadaman listrik, pilihlah dispenser bertenaga baterai. Pastikan pula energi baterai tetap tersedia selama Anda pergi.

Pilih produk dengan tangki dan tray yang bisa dilepas untuk kemudahan perawatan

Pilih produk dengan tangki dan tray yang bisa dilepas untuk kemudahan perawatan

Dispenser makanan kucing biasanya terdiri dari tangki dan tray makanan. Meski terdengar sederhana, sebetulnya ada produk yang sulit dan mudah dijaga kebersihannya. Kebersihan dispenser juga akan menentukan kesehatan kucing Anda. Agar memudahkan Anda dalam menjaga kebersihannya, lebih baik bila Anda memilih dispenser dengan tangki dan tray yang dapat dilepas. Tak hanya bisa dilepas, kemudahan dalam bongkar-pasang dispenser juga patut dipertimbangkan.

Bila Anda memutuskan untuk memilih dispenser makanan yang tak bisa dibongkar-pasang, bersihkanlah dispenser dengan kain lap basah secara berkala.

Pilih produk dengan mulut dispenser rapat untuk mengakali kucing yang terlalu banyak makan

Pilih produk dengan mulut dispenser rapat untuk mengakali kucing yang terlalu banyak makan

Apakah Anda sering direpotkan karena kucing Anda terlalu banyak makan? Dispenser dengan fitur pengaturan kuantitas makanan mungkin dapat mengatasi masalah kucing bernafsu makan besar atau kucing yang terus menerus makan hingga muntah. Namun, ternyata bukan kuantitas makanan saja yang perlu diperhatikan.

Kucing adalah binatang yang cerdik. Khususnya pada kucing yang rakus, bila mereka mengetahui bahwa di dalam tangki dispenser masih terdapat makanan untuk dimakan, mereka akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkannya. Selain memilih dispenser berfitur pengaturan kuantitas makanan, pilihlah juga dispenser dengan tangki yang sulit diambil isinya oleh kucing. Anda dapat mengecek mulut dispenser untuk mengetahuinya. Pilihlah produk dengan mulut dispenser yang hanya terbuka saat waktu pemberian makan tiba atau setidaknya memiliki celah sempit yang sulit dijangkau.

Tangki penampung makanan ada yang dapat dibuka dengan memutar tutupnya saja, ada pula yang memiliki semacam sistem penguncian. Pilihlah produk yang tangkinya mudah dibuka oleh Anda, tetapi tetap dapat melindungi makanan kucing dengan baik di dalamnya.

10 Rekomendasi dispenser makanan kucing terbaik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dispenser makanan kucing, seperti fiturnya, kemudahan pembersihan tangki, ukuran mulut dispenser, dan sebagainya. Untuk lebih membantu Anda memilih dispenser yang cocok, berikut adalah sepuluh rekomendasi dispenser makanan kucing terbaik yang telah kami pilih dengan seksama.

10. Moderna Smart Snacker

10. Moderna Smart Snacker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Harga terjangkau dengan fitur standar lengkap, ideal sebagai starter pack

Apakah Anda baru memulai memelihara kucing dan baru ingin mencoba menggunakan dispenser makanan kucing? Sepertinya produk dari Moderna ini patut dipertimbangkan sebagai starter pack. Komponen dari produk berbahan plastik ini mudah dibongkar pasang sehingga Anda tak akan kesulitan membersihkannya. Bahkan, produk ini juga kompatibel dengan mesin cuci piring.

Produk ini tetap dapat diandalkan walaupun kucing bergerak aktif pada saat makan berkat lapisan karet pada kakinya. Dispenser pun tidak akan bergeser sehingga kucing bisa makan dengan lebih rapi. Berkapasitas 1,5 liter, produk ini memenuhi kebutuhan makan kucing dalam sehari. Wadah penampungnya yang transparan pun memudahkan Anda dalam mengecek persediaan makanannya.

9. M-PETS Nile Food Dispenser

9. M-PETS Nile Food Dispenser

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 248.000

Tipe manual dengan kapasitas besar, tak perlu repot sering isi ulang makanan

Satu lagi produk tipe manual untuk Anda yang seringkali lupa atau tak mau repot mengisi ulang makanan pada pet feeder. Produk dari M-PETS ini memiliki kapasitas tangki mencapai 3 liter! Bila Anda hanya memiliki seekor kucing saja di rumah, makanan sebanyak itu bisa bertahan untuk berhari-hari. Ideal bagi Anda yang sering meninggalkan kucing di rumah untuk ke luar kota.

Dispenser berdesain minimalis ini memiliki komponen sederhana yang mudah dibongkar-pasang. Berceruk tray dalam, makanan pun jadi tak mudah tumpah. Tidak memiliki lekuk terlalu banyak, Anda tak akan buang waktu untuk membersihkannya. Selain itu, Anda juga tak perlu meragukan kualitas produk yang dibuat oleh produsen spesialis peralatan hewan peliharaan ini.

8. Pawise Automatic Pet Feeder

8. Pawise Automatic Pet Feeder

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Ukuran mini yang ideal untuk dipakai sehari-hari

Dispenser makanan kucing ini memiliki tray berkapasitas 300 ml atau cukup untuk satu kali makan seekor kucing saja. Tak terlalu besar, kucing kesayangan Anda pun tak akan menjadi obesitas karena makan berlebihan. Dengan pengaturan waktu hingga 48 jam, produk ini ideal bagi Anda yang sehari-harinya bekerja di luar rumah dan baru kembali ke rumah pada sore atau malam hari.

Tak hanya makanan kering, makanan basah pun bisa ditampung oleh dispenser ini sehingga kebutuhan gizi sahabat feline Anda akan lebih terpenuhi. Bila dirasa tak cukup, memadukan penggunaannya dengan dispenser makanan kucing bertangki sebagai tempat snack-nya pun bisa dipertimbangkan. Bentuknya yang simpel juga memudahkan proses pembersihannya.

7. 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder PF-05A

7. 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder PF-05A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 625.000

4 tray yang memastikan makanan kucing selalu tersaji dalam keadaan baik

Menggunakan dispenser bertangki besar memang menguntungkan dari segi kepraktisan karena Anda tak perlu bolak-balik mengisi makanan si kucing. Namun, kualitas makanan yang telah lama berada di dalam tangki tentu akan menurun sehingga kadang kucing tak mau lagi memakannya. Akan tetapi, lain cerita bila Anda menggunakan dispenser dengan kapasitas yang terbatas.

Batasan bukan berarti halangan, dispenser ini memiliki 4 tray yang masing-masing akan terbuka pada waktu yang Anda tentukan. Dengan begitu, kualitas makanan si kucing pun lebih terjaga. Mengisi masing-masing tray dengan makanan yang berbeda agar kucing tidak bosan juga ide bagus. Tutupnya dapat dibongkar pasang, Anda pun tak akan kesulitan membersihkan ceruk tray.

6. Automatic Pet Feeder 2 in 1

6. Automatic Pet Feeder 2 in 1

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 325.000

Kebutuhan makan dan minum si kucing terpenuhi dengan satu alat saja

Meskipun kucing dicap sebagai hewan yang benci air, mereka tetap butuh minum. Bila ditinggal sendiri di rumah, kadang mereka mengendap-endap menuju kamar mandi untuk meminum air dari kloset. Padahal hal tersebut dapat membawa penyakit baginya. Untuk mencegahnya, Anda dapat memilih dispenser makanan yang dilengkapi dengan dispenser air minum ini.

Produk ini lebih hemat karena Anda bisa mendapatkan dua fungsi dalam satu produk. Meski termasuk tipe manual, kuantitas makanan yang keluar dari dispenser tetap dapat diatur melalui tutup plastik yang berada di dekat mulut dispenser. Perlu diperhatikan, set produk ini tidak termasuk dengan botol minum. Anda dapat menggunakan botol air mineral sebagai penggantinya.

5. Big House Automatic Pet Feeder

5. Big House Automatic Pet Feeder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 771.000

Cegah makanan tersumbat dengan teknologi infrared

Dispenser makanan bertangki dengan kapasitas 4 liter ini dapat dengan mudah dipisahkan dari tray-nya sehingga memudahkan pembersihan. Anda dapat mengaturnya untuk mengeluarkan makanan sebanyak 4 kali sehari dengan kuantitas 5-200 gram per porsi. Disertai fitur perekam suara, Anda dapat merekam suara yang menarik perhatian kucing agar dia tidak lupa makan.

Bila kucing Anda bernafsu makan besar, dia pun tak akan bisa mengorek-ngorek makanan kucing yang masih ada di dalam tangki. Hal tersebut karena mulut dispenser yang dibuat kecil sehingga sulit dijangkau oleh kaki kucing. Dibekali teknologi infrared untuk mencegah saluran dispenser tersumbat, produk ini cocok bila Anda ingin kucing makan dengan kuantitas yang presisi.

4. Petwant Automatic Pet Feeder PF-105

4. Petwant Automatic Pet Feeder PF-105

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.318.000

Mengatur menu makan si kucing pun jadi lebih mudah!

Dispenser ini cocok bagi Anda yang menitikberatkan varian makanan yang dikonsumsi kucing kesayangan Anda. Memiliki 5 tray, masing-masing tray akan terbuka pada waktu yang ditentukan. Anda dapat memberikan variasi menu yang berbeda pada setiap waktu makan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Kucing pun tetap terjaga pola makannya meski Anda tinggal seharian.

Tray yang terbuka secara bergantian juga memastikan makanan si kucing selalu dalam keadaan bersih. Baik makanan kering maupun makanan basah, dispenser ini akan bekerja dengan baik tanpa resiko tersumbat. Bila kucing Anda termasuk berkarakter aktif, Anda pun tak perlu khawatir. Dilengkapi kaki antiselip, produk ini tak akan mudah ditumpahkan oleh kucing Anda.

3. Programmable Automatic Pet Feeder

3. Programmable Automatic Pet Feeder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.161.000

Pemberian makan kucing dalam kuantitas ideal sesuai postur kucing Anda

Dispenser ini memiliki kapasitas tangki penampung makanan hingga 2 kg dengan pengaturan waktu pemberian makan 4 kali sehari. Berbeda dari pet feeder lainnya, produk ini telah disertai program untuk dapat mengatur kuantitas makan si kucing berdasarkan postur tubuhnya. Kucing pun dapat makan dalam kuantitas yang ideal dalam porsi pas yang agar tidak memicu obesitas.

Apabila Anda kurang tahu takaran makan yang tepat untuk kucing Anda, dispenser makanan ini bisa membantu. Menggunakannya sebagai pet feeder kucing yang masih dalam masa pertumbuhan juga ide bagus. Bentuknya ramping, pas diletakkan di ruangan yang sempit. Lalu, mulut dispenser yang kecil dan tertutup, membuat kucing tak mampu mengorek makanan yang masih tersimpan.

2. Programmable Pet Feeder 6L

2. Programmable Pet Feeder 6L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 775.000

Pengaturan porsi dan jadwal makan yang akurat

Dispenser makanan dengan tangki berkapasitas 4,5 liter ini memiliki fitur pengaturan jadwal makan yang akurat. Anda dapat mengatur waktu makan kucing hingga 3 kali sehari dengan pengaturan hingga ke satuan menit! Dilengkapi fitur rekam, Anda dapat merekam suara Anda sendiri untuk diputar otomatis saat waktu makan kucing tiba. Kucing pun akan merasa ada di dekat Anda.

Tangkinya dapat dilepas, Anda tak akan kerepotan membersihkannya. Dari segi desain, produk ini tampak ramping sehingga cocok bagi Anda yang tak punya cukup banyak space di rumah. Tombol LCD-nya memiliki fitur proteksi sehingga kucing tak akan bisa menekan dan memainkannya. Cukup ideal bagi Anda yang menginginkan jadwal makan akurat untuk si kucing, bukan?

1. Perfect Pet Dinner Automatic Pet Feeder

1. Perfect Pet Dinner Automatic Pet Feeder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.032.000

Bebas khawatir bepergian beberapa hari meski meninggalkan kucing di rumah

Dispenser ini memiliki tangki berkapasitas 5,5 liter yang dapat dibongkar-pasang untuk kemudahan pembersihkan. Dengan kapasitas sebesar itu, produk ini dapat diatur untuk pemberian makan hingga 3 kali dalam sehari. Total perkiraan porsi yang dapat ditampung adalah 12 porsi sehingga produk ini mampu mencegah kucing Anda kelaparan hingga berhari-hari saat ditinggal.

Dilengkapi fitur rekam, Anda dapat merekam suara yang menarik perhatiannya. Pada layar LCD pun tertera jumlah pemberian porsi makan sehingga Anda akan lebih mudah mengontrol makannya. Untuk pemakaian sehari-hari, produk ini akan meringankan pekerjaan Anda. Lalu, saat harus bepergian selama beberapa hari, Anda pasti akan sangat tertolong dengan adanya produk ini.

Kesimpulan

Dispenser makanan kucing dapat meringankan pekerjaan Anda dalam memberi makan kucing kesayangan Anda setiap hari. Ketika memilih dispenser makanan untuk kucing, fitur dan kemudahan perawatan adalah poin penting untuk dipertimbangkan.

Bila Anda memilih produk dengan tangki penampung makanan, perhatikanlah pula kapasitasnya. Pastikan kapasitas tersebut mencukupi kebutuhan pangan kucing Anda dalam jangka waktu yang Anda inginkan. Kami harap Anda menemukan salah satu produk yang tepat untuk kucing Anda di dalam jajaran produk rekomendasi di atas.