mybest
Tempat makan kucing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Memiliki dispenser makanan kucing otomatis bisa meringankan tugas Anda untuk memberi makan si kucing kesayangan. Merek-merek, seperti BARDI, Acome, Ekstro, dan Robolife menawarkan beragam tipe pet feeder otomatis. Dari sekian banyak tipe tempat makan kucing otomatis di e-commerce, manakah yang bagus untuk kucing Anda di rumah?

Nah, kami akan mengupas tips memilih dispenser makanan kucing terbaik. Setelah itu, kami merekomendasi tempat makan kucing otomatis yang pas dengan kebutuhan kucing Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Simak artikelnya sampai habis, ya!
Diperbaharui 14/07/2023
drh. Doel
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tempat makan kucing otomatis

Banyaknya model dispenser makanan kucing yang kini tersedia di pasaran tentu membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, ketahuilah poin-poin penting dalam memilih dispenser makanan kucing di bawah ini!

1

Ketahui beberapa jenis dispenser makanan kucing otomatis

Dispenser makanan kucing otomatis tersedia dalam tiga tipe, yaitu hopper (tangki), tray, dan rotating tray. Untuk mengetahui keunggulan dari setiap bentuk dispenser, simaklah penjelasan berikut ini.

Hopper, praktis menampung dry food dan cocok untuk rumah dengan banyak kucing

Hopper, praktis menampung dry food dan cocok untuk rumah dengan banyak kucing


Hopper merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tidak mau repot dengan pemberian makanan. Tangkinya tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang berkapasitas 1,5 liter hingga 7 liter. Tangki berkapasitas besar dapat menampung pakan kucing hingga berhari-hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkan kucing di rumah jika Anda berencana untuk ke luar kota.


Dispenser hopper cocok bagi Anda yang ingin menerapkan metode free-feeding. Dengan metode ini, Anda memberikan si kucing kebebasan untuk makan kapan saja sampai puas. Metode ini menguntungkan jika terdapat banyak kucing di rumah. 


Namun, Anda perlu berhati-hati jika memiliki kucing dengan nafsu makan besar. Pilihlah dispenser digital dengan pengaturan porsi untuk menyiasatinya. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol asupan makanan kucing peliharaan sehingga terhindar dari risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya akibat kelebihan makan.


Di e-commerce Anda juga dapat menemukan banyak dispenser hopper otomatis dan manual. Beberapa dispenser hopper manual dinamai otomatis oleh penjualnya. Sebelum membeli, kenali terlebih dahulu perbedaannya, ya.


  • Smart feeder: Jenis ini merupakan dispenser makanan kucing otomatis yang bersumber tenaga baterai ataupun listrik. Anda bisa mengatur porsi makan, mengaktifkan timer, mengontrol melalui aplikasi smartphone, bahkan memantau kucing lewat kamera dan suara. Jika makanan mulai habis, Anda akan mendapatkan notifikasi. Tak perlu khawatir lagi meninggalkan anabul sendirian di rumah!

  • Dispenser otomatis biasa: Jenis ini tidak berdaya baterai ataupun listrik. Cukup mengisi tangki dispenser dengan pakan kucing sampai penuh, lalu makanan keluar dengan sendirinya setelah bowl habis. Beberapa produk perlu dimiringkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan makanan. Anda juga perlu mengecek tangki secara berkala. Meski sebenarnya merupakan dispenser manual, jenis ini banyak ditemukan di e-commerce dengan nama "otomatis".

Karena dispenser hopper hanya bisa menampung pakan kering, variasi makanan yang bisa Anda berikan cukup terbatas. Apabila kucing Anda lebih menyukai pakan basah atau memerlukan obat, Anda bisa pertimbangkan dispenser bentuk lainnya.


Ketika menggunakan dispenser hopper, sebaiknya Anda rutin membersihkan bowl dan mengecek kondisi pakan di dalam dispenser. Tujuannya untuk memastikan pakan tetap aman dikonsumsi oleh kucing.

Tray, menjaga wet food tetap segar dan mudah mengontrol jumlah pakan

Tray, menjaga wet food tetap segar dan mudah mengontrol jumlah pakan


Untuk kucing yang gemar akan pakan basah, gunakanlah dispenser tipe tray. Dispenser ini biasanya dilengkapi kompartemen untuk es batu agar makanan kucing tetap fresh sampai waktu makan tiba. Keunggulan dari tempat makan kucing otomatis ini adalah Anda bisa mengontrol jumlah dan jenis pakan yang ingin Anda berikan. Tipe ini akan bermanfaat saat Anda ingin menyelipkan obat ke dalam makanan kucing Anda.


Berbeda dengan dispenser hopper, Anda perlu membersihkan dan menyiapkan tray setiap hari. Akibatnya, Anda tidak bisa meninggalkan hewan peliharaan Anda untuk waktu yang lama. Dispenser tray adalah pilihan yang terbaik bagi Anda yang sering WFH atau bekerja dari rumah.

Rotating tray, mudah mengatur porsi dan variasi menu pakan untuk kucing yang sedang sakit

Rotating tray, mudah mengatur porsi dan variasi menu pakan untuk kucing yang sedang sakit

Dispenser rotating tray umumnya memiliki 4–5 tray makanan yang akan berputar secara berkala. Sama seperti dispenser tray, Anda bisa menggunakan pakan basah dan mengontrol porsi makan kucing Anda. Selain itu, Anda bisa menyiapkan beraneka ragam menu. Contohnya, tiga tray dapat digunakan untuk makan pagi, siang, dan malam. Sementara itu, dua tray lainnya dapat diisi dengan snack favorit kucing Anda.


Dispenser rotating tray bermanfaat apabila kucing Anda menderita obesitas atau memerlukan jarak antara waktu makan. Karena jumlah tray-nya banyak, Anda juga bisa merasa tenang saat meninggalkan kucing Anda pergi bekerja. Anda hanya harus telaten membersihkan tray yang jumlahnya banyak tersebut.

2

Pilih produk dengan mulut dispenser yang rapat untuk mengakali kucing yang rakus

Pilih produk dengan mulut dispenser yang rapat untuk mengakali kucing yang rakus

Selain fitur pengaturan porsi, mengontrol pola makan kucing juga bisa dilakukan dengan memilih dispenser dengan tangki yang rapat. Anda dapat mengecek mulut dispenser untuk mengetahuinya. Pilihlah produk dengan mulut dispenser yang hanya terbuka saat waktu makan atau memiliki celah yang sulit dijangkau.


Tangki penampung makanan ada yang dapat dibuka dengan memutar tutupnya saja. Selain itu, ada pula tempat makan kucing otomatis yang memiliki semacam sistem penguncian. Pilihlah produk yang tangkinya mudah dibuka oleh Anda, tetapi tetap dapat melindungi makanan kucing di dalamnya. Selain mampu menjaga makanan kucing, dispenser yang rapat juga antisemut dan serangga lainnya.

3

Pertimbangkan dispenser dengan fitur timer agar kucing makan teratur

Pertimbangkan dispenser dengan fitur timer agar kucing makan teratur

Ada kalanya Anda pulang terlalu malam atau pergi ke luar kota meninggalkan kucing Anda sendiri di rumah. Untuk itu, tempat makan kucing otomatis yang dilengkapi dengan fitur pengaturan waktu akan sangat berguna. Anda tinggal mengatur waktu pemberian dan kuantitas makanan. Selanjutnya, dispenser akan mengeluarkan makanan sesuai dengan waktu dan kuantitas yang telah Anda tentukan.


Pengaturan waktu dapat dilakukan dengan mengubah timer pada dispenser. Beberapa produk juga memiliki fitur pengaturan yang bisa di-setting lewat aplikasi di telepon seluler. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga akan mendapatkan notifikasi ketika isi tangki sudah habis. Supaya Anda tidak repot setiap pagi, pilihlah dispenser makanan kucing yang dapat menyimpan pengaturan waktu yang telah Anda buatkan.

4

Perhatikan sumber tenaga pada tempat makan kucing otomatis

Perhatikan sumber tenaga pada tempat makan kucing otomatis

Selain bentuk, sumber tenaga pada dispenser pun bermacam-macam. Ada yang bertenaga baterai kering, listrik, atau dua-duanya. Jika tempat tinggal Anda sering kali mengalami pemadaman listrik, pilihlah dispenser bertenaga baterai. 


Untuk dispenser bertenaga listrik, pastikan bahwa produk dilengkapi kompartemen baterai agar dispenser tetap berjalan meskipun listrik padam. Selain itu, ketika Anda akan keluar rumah, sebaiknya Anda memastikan kabel yang menuju ke sumber listrik sulit dijangkau oleh kucing. Opsi lainnya, Anda dapat mencabut aliran listrik dan mengubahnya menjadi tenaga baterai. Jangan lupa untuk mengecek energi baterai sebelum Anda pergi meninggalkan rumah.

5

Cek apakah tangki dan tray dapat dilepas agar mudah dibersihkan

Cek apakah tangki dan tray dapat dilepas agar mudah dibersihkan
Dispenser makanan kucing biasanya terdiri dari tangki dan tray makanan. Meski terdengar sederhana, sebetulnya ada produk yang sulit dan mudah dijaga kebersihannya. Kebersihan dispenser juga akan menentukan kesehatan kucing Anda.

Agar memudahkan Anda dalam menjaga kebersihannya, sebaiknya Anda memilih dispenser dengan tangki dan tray yang dapat dilepas. Tak hanya bisa dilepas, kemudahan dalam bongkar pasang dispenser juga patut dipertimbangkan. Jika Anda memilih dispenser yang tak bisa dibongkar pasang, bersihkanlah dengan kain lap basah secara berkala.

6

Pastikan tinggi tray sesuai dengan ukuran kucing Anda

Pastikan tinggi tray sesuai dengan ukuran kucing Anda

Tray makanan yang dangkal bukan berarti mudah untuk digunakan oleh kucing Anda. Jika tinggi tray sesuai, leher kucing akan menekuk sedikit ke bawah saat kucing sedang makan. Jika tray terlalu dalam, kucing akan kesulitan dalam meraih makanannya. Pilihlah tray yang datar agar kucing Anda dapat makan dengan mudah. Pastikan pula kedalaman tray sesuai dengan ukuran kucing Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi tempat makan kucing otomatis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan kucing otomatis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Pet FeederM03

 Pet Feeder 1

Rp115.000

Lebih Murah

Harga murah sudah dengan tempat minum, ideal sebagai starter pack

2

BARDI

Pet Feeder

BARDI Pet Feeder 1

Rp2.406.000

Lebih Mahal

Merek tempat makan kucing otomatis terpopuler, fiturnya lengkap

3

Robolife

Smart Pet Feeder

Robolife Smart Pet Feeder 1

Rp1.265.000

Agak Mahal

Smart feeder berkapasitas besar untuk memberi makan banyak kucing!

4

Ekstro

Smart Pet Feeder

Ekstro Smart Pet Feeder 1

Rp1.749.900

Agak Mahal

Paling canggih, tangkap foto dan video kucing Anda dari empat sudut!

5

Acome

Smart Pet FeederAPF01

Acome Smart Pet Feeder 1

Rp1.250.000

Agak Mahal

Harga murah, sudah ada kamera, fiturnya lumayan lengkap!

6

M-PETS

Nile Food Dispenser

M-PETS Nile Food Dispenser 1

Rp166.000

Agak Murah

Dispenser otomatis biasa yang berkapasitas besar, tak perlu sering isi ulang makanan

7

PAWISE

Auto Feeder

PAWISE Auto Feeder 1

Rp239.000

Agak Murah

Ukuran mini yang ideal untuk dipakai sehari-hari

8

Automatic Pet Food Dispenser 3.5 L

 Automatic Pet Food Dispenser 3.5 L 1

Rp699.999

Menengah

Tak akan mubazir, robot lucu ini mampu mendeteksi sisa makanan yang tersangkut

9

Petwant

Portable 4 Meal LCD Automatic Pet FeederPF-05A

Petwant Portable 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder 1

Rp539.000

Menengah

Empat tray memastikan makanan kucing tersaji dalam keadaan baik

10

PETKIT

Fresh Element Solo

PETKIT Fresh Element Solo 1

Rp1.480.000

Agak Mahal

Bisa untuk berbagai macam jenis dry food, ketinggiannya nyaman untuk kucing

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Pet FeederM03

Pet Feeder 1
Sumber: shopee.co.id
Pet Feeder 2
Sumber: shopee.co.id
Pet Feeder 3
Sumber: shopee.co.id
Pet Feeder 4
Sumber: shopee.co.id
Pet Feeder 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp115.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp115.000
Lebih Murah

Harga murah sudah dengan tempat minum, ideal sebagai starter pack

Apakah Anda baru memulai memelihara kucing dan ingin mencoba menggunakan dispenser makanan kucing? Set dispenser ini dapat dipilih sebagai starter pack. Dengan harga 100–200 ribuan, Anda sudah mendapatkan dua buah dispenser, yakni dispenser tempat makan kucing dan dispenser minum. 


Dengan sudut kemiringan 15 derajat, makanan dapat keluar secara otomatis. Bowl untuk air minumnya pun dapat dikontrol ketinggiannya. Kapasitas tangki yang besar memungkinkan untuk kucing makan selama dua minggu (untuk kucing kecil) ataupun satu minggu (untuk kucing besar). Namun, sebaiknya Anda tetap rutin mengecek kondisi pakan di dalam tangki meskipun kapasitasnya cukup untuk memberi makan kucing dalam waktu lama.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BARDIPet Feeder

Harga referensi
Rp2.406.000
Lebih Mahal

Merek tempat makan kucing otomatis terpopuler, fiturnya lengkap

Tempat makan kucing otomatis BARDI menjadi favorit banyak pencinta anabul. Fitur-fiturnya sudah lengkap untuk sebuah pet feeder otomatis. Selain mampu menyiarkan aktivitas kucing secara live ke smartphone, Anda juga bisa menggunakan speaker dua arah untuk berbicara dengannya. Kamera 2 MP mampu mengambil gambar dan video HD berkualitas tinggi dan jernih. 


Dispenser BARDI juga dilengkapi dengan sensor gerak yang akan memberitahu Anda ketika kucing sudah tiba. Pemberian makanan pun bisa dilakukan dengan satu sentuhan tombol di aplikasi.

No.3

RobolifeSmart Pet Feeder

Harga referensi
Rp1.265.000
Agak Mahal

Smart feeder berkapasitas besar untuk memberi makan banyak kucing!

Smart Pet Feeder Automatic dari Robolife adalah salah satu tempat makan kucing otomatis best seller di e-commerce. Kapasitas tangki yang besar hingga 7 liter dan harga yang terbilang ekonomis membuat banyak orang memilih dispenser ini. Jika Anda memiliki banyak kucing di rumah, dispenser Robolife bisa dipertimbangkan.


Keunggulan lainnya adalah anti-bite power cables yang aman meski digigit kucing. Jadi, tak perlu khawatir kucing Anda mencakar atau menggigit kabel dispensernya, ya. Produk Robolife juga dapat dihubungkan dengan banyak aplikasi, seperti Google Home, Amazon Alexa, Smart Life, hingga Siri di iPhone Anda.

No.4

EkstroSmart Pet Feeder

Harga referensi
Rp1.749.900
Agak Mahal

Paling canggih, tangkap foto dan video kucing Anda dari empat sudut!

Ekstro Smart Pet Feeder menawarkan dispenser dengan kamera dan dispenser dengan audio saja. Jika Anda memilih dispenser berkamera, Anda akan dibuat senang dengan kamera berukuran besar yang mampu diatur posisinya dalam empat sudut. Tangkapan foto dan video anabul akan terlihat lebih detail, bahkan Anda bisa melihat kondisi bowl di bawah.


Dispenser otomatis ini juga makin komplet dengan fitur sistem reminder yang canggih. Jika tray masih penuh dengan makanan, smart feeder ini akan memanggil kucing Anda tiap dua menit sebanyak tiga kali. Lalu, saat stok dry food di dalam tangki sudah hampir habis, Anda akan mendapatkan notifikasi pengingat di smartphone. Praktis!

No.5

AcomeSmart Pet FeederAPF01

Harga referensi
Rp1.250.000
Agak Mahal

Harga murah, sudah ada kamera, fiturnya lumayan lengkap!

Acome Smart Pet Feeder bisa jadi pilihan tempat makan kucing otomatis yang lebih low budget! Dengan harga di bawah Rp1.500.000, Anda sudah mendapatkan cat feeder dengan kamera berkualitas HD 1080P dan audio dua arah. Menurut banyak pembelinya, dispenser ini juga lebih mudah di-setting lewat aplikasi.


Selain itu, problem dry food yang tersangkut di dalam tangki mungkin sering terjadi pada beberapa smart feeder. Nah, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena dispenser ini dapat mengeluarkan biji-bijian secara mulus dari dalam tangki. Namun, kapasitasnya memang tidak sebesar smart feeder lainnya, ya. Jadi, dispenser ini lebih cocok untuk Anda yang tidak terlalu memiliki banyak kucing.

No.6

M-PETSNile Food Dispenser

Harga referensi
Rp166.000
Agak Murah

Dispenser otomatis biasa yang berkapasitas besar, tak perlu sering isi ulang makanan

Dispenser makanan kucing manual biasanya hanya tersedia dalam kapasitas kecil. Untuk Anda yang sering kali lupa untuk mengisi ulang makanan pada dispenser, pertimbangkan produk ini. Selain kapasitas 1,5 liter, dispenser ini juga tersedia dalam kapasitas tangki yang mencapai 3 liter.

Dispenser makanan kucing ini ideal untuk Anda yang ingin menerapkan metode free-feeding atau memelihara lebih dari satu kucing. Ceruk tray-nya cukup dalam sehingga bisa mencegah makanan tumpah dan berantakan. Dispenser berdesain minimalis ini juga mudah dibongkar pasang dan dibersihkan.

No.7

PAWISEAuto Feeder

Harga referensi
Rp239.000
Agak Murah

Ukuran mini yang ideal untuk dipakai sehari-hari

Dispenser ini tersedia dalam dua varian, yaitu Single (satu tray) untuk sekali makan dan Double (dua tray) untuk dua kali makan. Porsinya cukup untuk mencegah kucing Anda menjadi obesitas. Dengan pengaturan waktu hingga 48 jam, produk ini ideal bagi Anda yang sehari-harinya bekerja di luar rumah.


Dispenser ini bisa menampung baik makanan kering maupun basah. Anda juga bisa memadukan penggunaannya dengan dispenser tipe hopper sebagai tempat snack. Bentuknya yang simpel juga memudahkan proses pembersihannya.

No.8

Automatic Pet Food Dispenser 3.5 L

Harga referensi
Rp699.999
Menengah

Tak akan mubazir, robot lucu ini mampu mendeteksi sisa makanan yang tersangkut

Salah satu kelemahan tempat makan kucing otomatis adalah terkadang ada makanan yang tersangkut ataupun tumpah keluar dari food tray. Jika hal ini menjadi concern Anda, produk ini layak dicoba. 


Produk berbentuk robot unik ini dapat mendeteksi makanan di dalam bowl dengan teknologi inframerah. Tak ada lagi makanan yang tersangkut dan menyebabkan mubazir, ya. Saat mati lampu pun dispenser tetap dapat bekerja dengan baik. Tinggal atur waktu makan kucing Anda hari ini. Kemudian, robot lucu ini akan memanggil kucing Anda dengan rekaman suara berdurasi sepuluh detik.

No.9

PetwantPortable 4 Meal LCD Automatic Pet FeederPF-05A

Harga referensi
Rp539.000
Menengah

Empat tray memastikan makanan kucing tersaji dalam keadaan baik

Menggunakan dispenser bertangki besar praktis karena Anda tak perlu bolak-balik mengisi makanan si kucing. Namun, kucing tidak menyukai makanan yang dibiarkan terlalu lama di dalam tangki. Terlebih lagi jika makanannya berupa wet food.


Jika kucing Anda gemar pakan basah atau memiliki daya gigit yang lemah, produk ini bisa menjadi pertimbangan. Dispenser ini memiliki empat tray yang masing-masing akan terbuka pada waktu yang Anda tentukan. Kompartemen esnya membantu agar makanan tidak cepat basi. Namun, meskipun dilengkapi kompartemen es, sebaiknya Anda tidak membiarkan makanan berupa wet food terlalu lama di dalam tray.

No.10

PETKITFresh Element Solo

Harga referensi
Rp1.480.000
Agak Mahal

Bisa untuk berbagai macam jenis dry food, ketinggiannya nyaman untuk kucing

PETKIT Fresh Element Solo Auto Pet Feeder adalah dispenser yang dapat digunakan untuk menyimpan dry food biasa, air-fried dry food, bahkan freeze-dried food. Freeze-dried food dikenal mampu mengunci kandungan nutrisi secara maksimal dan menyehatkan. Jika Anda sering memberikan makan kucing dengan freeze-dried cat food, dispenser ini dapat dipilih.


Selain itu, dispenser ini sudah didesain dengan kemiringan sudut 6 derajat dan ukuran bowl sebesar 14,5 cm yang nyaman untuk kucing. Kucing Anda pun tak perlu membungkuk susah payah untuk menikmati makanannya. Dispenser ini juga memiliki desain menarik dengan tiga warna yang dapat dipilih, yaitu hijau, oranye, dan hitam. 

Perhatikan hal ini jika Anda baru pertama kali menggunakan dispenser makanan kucing otomatis

Perhatikan hal ini jika Anda baru pertama kali menggunakan dispenser makanan kucing otomatis

Kucing adalah binatang dengan indra penciuman dan pendengaran yang sensitif. Karena itu, hindarilah tempat yang berisik atau bau saat meletakkan dispenser agar kucing dapat makan dengan tenang. Suara yang keras, lampu terang, dan ilustrasi muka pada dispenser juga dapat menakutinya. Dalam situasi ini, perkenalkan kucing Anda kepada dispenser makanan secara perlahan sampai kucing mulai terbiasa.


Jika Anda telah membeli dispenser dengan fitur pengaturan porsi, periksa berat pakan yang dikeluarkan produk pada penggunaan pertama. Kuantitas makanan yang dikeluarkan akan bergantung pada jenis dan ukuran pakan kering yang digunakan. Pastikan produk dan merek makanan kucing yang Anda gunakan menghasilkan porsi yang diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat mengatur porsi makannya secara tepat.

Baca juga rekomendasi produk makanan kucing terbaik di sini

Merancang rutinitas makan untuk kucing Anda sangat penting. Jika porsi dan frekuensi pemberian makan tidak tepat, kucing Anda berisiko untuk menjadi obesitas. Namun, kualitas pangan yang dikonsumsi kucing Anda juga berdampak pada kesehatannya secara keseluruhan. Jadi, jangan lupa memilih pangan kucing yang bergizi seimbang dan berkualitas seperti di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Dispenser makanan kucing dapat meringankan pekerjaan Anda untuk memberi makan kucing kesayangan setiap hari. Ketika memilih dispenser makanan untuk kucing, fitur dan kemudahan perawatan adalah poin penting. 


Pastikan pula kapasitas tangki makanan mencukupi kebutuhan pangan kucing Anda dalam jangka waktu yang diinginkan. Anda dapat memilih tempat makan kucing otomatis terbaik dari rekomendasi kami. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis terbaik

No. 1: Pet FeederM03

No. 2: BARDIPet Feeder

No. 3: RobolifeSmart Pet Feeder

No. 4: EkstroSmart Pet Feeder

No. 5: AcomeSmart Pet FeederAPF01

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan kucing
  4. 10 Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.