• 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tempat Makan Kucing Otomatis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Memiliki dispenser makanan kucing otomatis bisa meringankan tugas Anda untuk memberi makan si kucing kesayangan. Ada berbagai merek yang bagus, seperti BARDI, Acome, Ekstro, dan Robolife, yang menawarkan beragam tipe pet feeder otomatis. Dari sekian banyak tipe tempat makan kucing otomatis di e-commerce, manakah yang cocok untuk kucing Anda di rumah?

Kami akan mengupas tips memilih dispenser makanan kucing terbaik yang bisa Anda jadikan pedoman. Setelah itu, silakan melihat rekomendasi dan review tempat makan kucing otomatis yang pas dengan kebutuhan Anda. Simak artikelnya sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Suria Riza (Echa)
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih tempat makan kucing otomatis

Banyaknya model dispenser makanan kucing yang kini tersedia di pasaran tentu membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, ketahuilah poin-poin penting dalam memilih dispenser makanan kucing di bawah ini!

Ketahui beberapa jenis dispenser makanan kucing otomatis

Dispenser makanan kucing otomatis tersedia dalam tiga tipe, yaitu hopper (tangki), tray, dan rotating tray. Untuk mengetahui keunggulan dari setiap bentuk dispenser, simaklah penjelasan berikut ini.

Hopper, praktis menampung dry food dan cocok untuk rumah dengan banyak kucing

Hopper, praktis menampung dry food dan cocok untuk rumah dengan banyak kucing

Hopper merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tidak mau repot dengan pemberian makanan. Tangkinya tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang berkapasitas 1,5 liter hingga 7 liter. Tangki berkapasitas besar dapat menampung pakan kucing hingga berhari-hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkan kucing di rumah jika Anda berencana untuk ke luar kota.


Dispenser hopper cocok bagi Anda yang ingin menerapkan metode free-feeding. Dengan metode ini, Anda memberikan si kucing kebebasan untuk makan kapan saja sampai puas. Metode ini menguntungkan jika terdapat banyak kucing di rumah. Namun, Anda perlu berhati-hati jika memiliki kucing dengan nafsu makan besar. Pilihlah dispenser digital dengan pengaturan porsi untuk menyiasatinya.


Di e-commerce Anda juga dapat menemukan banyak dispenser hopper otomatis dan manual. Beberapa dispenser hopper manual dinamai otomatis oleh penjualnya. Sebelum membeli, kenali terlebih dahulu perbedaannya, ya.


  • Smart feeder: Jenis ini merupakan dispenser makanan kucing otomatis yang bersumber tenaga baterai ataupun listrik. Anda bisa mengatur porsi makan, mengaktifkan timer, mengontrol melalui aplikasi smartphone, bahkan memantau kucing lewat kamera dan suara. Jika makanan mulai habis, Anda akan mendapatkan notifikasi. Tak perlu khawatir lagi meninggalkan anabul sendirian di rumah!

  • Dispenser otomatis biasa: Jenis ini tidak berdaya baterai ataupun listrik. Cukup mengisi tangki dispenser dengan pakan kucing sampai penuh, lalu makanan keluar dengan sendirinya setelah bowl habis. Beberapa produk perlu dimiringkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan makanan. Anda juga perlu mengecek tangki secara berkala. Meski sebenarnya merupakan dispenser manual, jenis ini banyak ditemukan di e-commerce dengan nama "otomatis".

Karena dispenser hopper hanya bisa menampung pakan kering, variasi makanan yang bisa Anda berikan cukup terbatas. Apabila kucing Anda lebih menyukai pakan basah atau memerlukan obat, Anda bisa pertimbangkan dispenser bentuk lainnya.

Tray, menjaga wet food tetap segar dan mudah mengontrol jumlah pakan

Tray, menjaga wet food tetap segar dan mudah mengontrol jumlah pakan

Untuk kucing yang gemar akan pakan basah, gunakanlah dispenser tipe tray. Dispenser ini biasanya dilengkapi kompartemen untuk es batu agar makanan kucing tetap fresh sampai waktu makan tiba. Keunggulan dari tempat makan kucing otomatis ini adalah Anda bisa mengontrol jumlah dan jenis pakan yang ingin Anda berikan. Tipe ini akan bermanfaat saat Anda ingin menyelipkan obat ke dalam makanan kucing Anda.


Berbeda dengan dispenser hopper, Anda perlu membersihkan dan menyiapkan tray setiap hari. Akibatnya, Anda tidak bisa meninggalkan hewan peliharaan Anda untuk waktu yang lama. Dispenser tray adalah pilihan yang terbaik bagi Anda yang sering WFH atau bekerja dari rumah.

Rotating tray, mudah mengatur porsi dan variasi menu pakan untuk kucing yang sedang sakit

Rotating tray, mudah mengatur porsi dan variasi menu pakan untuk kucing yang sedang sakit

Dispenser rotating tray umumnya memiliki 4–5 tray makanan yang akan berputar secara berkala. Sama seperti dispenser tray, Anda bisa menggunakan pakan basah dan mengontrol porsi makan kucing Anda. Selain itu, Anda bisa menyiapkan beraneka ragam menu. Contohnya, tiga tray dapat digunakan untuk makan pagi, siang, dan malam. Sementara itu, dua tray lainnya dapat diisi dengan snack favorit kucing Anda.


Dispenser rotating tray bermanfaat apabila kucing Anda menderita obesitas atau memerlukan jarak antara waktu makan. Karena jumlah tray-nya banyak, Anda juga bisa merasa tenang saat meninggalkan kucing Anda pergi bekerja. Anda hanya harus telaten membersihkan tray yang jumlahnya banyak tersebut.

Pilih produk dengan mulut dispenser yang rapat untuk mengakali kucing yang rakus

Pilih produk dengan mulut dispenser yang rapat untuk mengakali kucing yang rakus

Selain fitur pengaturan porsi, mengontrol pola makan kucing juga bisa dilakukan dengan memilih dispenser dengan tangki yang rapat. Anda dapat mengecek mulut dispenser untuk mengetahuinya. Pilihlah produk dengan mulut dispenser yang hanya terbuka saat waktu makan atau memiliki celah yang sulit dijangkau.


Tangki penampung makanan ada yang dapat dibuka dengan memutar tutupnya saja. Selain itu, ada pula tempat makan kucing otomatis yang memiliki semacam sistem penguncian. Pilihlah produk yang tangkinya mudah dibuka oleh Anda, tetapi tetap dapat melindungi makanan kucing di dalamnya. Selain mampu menjaga makanan kucing, dispenser yang rapat juga antisemut dan serangga lainnya.

Pertimbangkan dispenser dengan fitur timer agar kucing makan teratur

Pertimbangkan dispenser dengan fitur timer agar kucing makan teratur

Ada kalanya Anda pulang terlalu malam atau pergi ke luar kota meninggalkan kucing Anda sendiri di rumah. Untuk itu, tempat makan kucing otomatis yang dilengkapi dengan fitur pengaturan waktu akan sangat berguna. Anda tinggal mengatur waktu pemberian dan kuantitas makanan. Selanjutnya, dispenser akan mengeluarkan makanan sesuai dengan waktu dan kuantitas yang telah Anda tentukan.


Pengaturan waktu dapat dilakukan dengan mengubah timer pada dispenser. Beberapa produk juga memiliki fitur pengaturan yang bisa di-setting lewat aplikasi di telepon seluler. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga akan mendapatkan notifikasi ketika isi tangki sudah habis. Supaya Anda tidak repot setiap pagi, pilihlah dispenser makanan kucing yang dapat menyimpan pengaturan waktu yang telah Anda buatkan.

Perhatikan sumber tenaga pada tempat makan kucing otomatis

Perhatikan sumber tenaga pada tempat makan kucing otomatis

Selain bentuk, sumber tenaga pada dispenser pun bermacam-macam. Ada yang bertenaga baterai kering, listrik, atau dua-duanya. Jika tempat tinggal Anda sering kali mengalami pemadaman listrik, pilihlah dispenser bertenaga baterai. 


Untuk dispenser bertenaga listrik, pastikan bahwa produk dilengkapi kompartemen baterai agar dispenser tetap berjalan meskipun listrik padam. Jangan lupa untuk mengecek energi baterai sebelum Anda pergi meninggalkan rumah.

Cek apakah tangki dan tray dapat dilepas agar mudah dibersihkan

Cek apakah tangki dan tray dapat dilepas agar mudah dibersihkan
Dispenser makanan kucing biasanya terdiri dari tangki dan tray makanan. Meski terdengar sederhana, sebetulnya ada produk yang sulit dan mudah dijaga kebersihannya. Kebersihan dispenser juga akan menentukan kesehatan kucing Anda.

Agar memudahkan Anda dalam menjaga kebersihannya, sebaiknya Anda memilih dispenser dengan tangki dan tray yang dapat dilepas. Tak hanya bisa dilepas, kemudahan dalam bongkar pasang dispenser juga patut dipertimbangkan. Jika Anda memilih dispenser yang tak bisa dibongkar pasang, bersihkanlah dengan kain lap basah secara berkala.

Pastikan tinggi tray sesuai dengan ukuran kucing Anda

Pastikan tinggi tray sesuai dengan ukuran kucing Anda

Tray makanan yang dangkal bukan berarti mudah untuk digunakan oleh kucing Anda. Jika tinggi tray sesuai, leher kucing akan menekuk sedikit ke bawah saat kucing sedang makan. Jika tray terlalu dalam, kucing akan kesulitan dalam meraih makanannya. Pilihlah tray yang datar agar kucing Anda dapat makan dengan mudah. Pastikan pula kedalaman tray sesuai dengan ukuran kucing Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Adda Home Premium Dispenser Auto Feeder

Mulai dari Rp 195.000,00

10 Rekomendasi tempat makan kucing otomatis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat makan kucing otomatis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisHopper
Dimensi 31 cm x 30 cm x 17 cm
Sumber tenagaListrik & 5 baterai AA
Pilihan kapasitas3 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)
Frekuensi pemberian makan10 kali per hari
Pengaturan porsiAda
Berat porsi5–50 g
9

PetwantPortable 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder

PF-05A

Mulai dari Rp 539.000,00

JenisRotating tray
Dimensi Tidak disebutkan
Sumber tenaga4 baterai ukuran C
Pilihan kapasitas1 kg
Pengaturan waktuAda (1–24 jam)
Frekuensi pemberian makan4 kali per hari
Pengaturan porsiTidak ada
Berat porsiTidak ada
8
JenisHopper
Dimensi 18,6 cm × 32,4 cm × 35,6 cm
Sumber tenagaListrik & 3 baterai D
Pilihan kapasitas3,5 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam)
Frekuensi pemberian makan4 kali per hari
Pengaturan porsiAda (1–20 porsi per meal)
Berat porsiTidak disebutkan
7
JenisTray
Dimensi 24 cm x 13 cm x 7 cm (Single), 24 cm x 26,6 cm x 7 cm (Double)
Sumber tenaga1 baterai AA
Pilihan kapasitas300 ml, 600 ml
Pengaturan waktuAda
Frekuensi pemberian makan1–2 kali per hari
Pengaturan porsiTidak ada
Berat porsiTidak ada
6
JenisHopper
Dimensi 14,8 cm x 24,2 cm x 18,7 cm (1,5 L), 29,6 cm x 24,4 cm x 18,3 cm (3 L)
Sumber tenagaTidak ada
Pilihan kapasitas1,5 L, 3 L
Pengaturan waktuTidak ada
Frekuensi pemberian makanTidak ada
Pengaturan porsiTidak ada
Berat porsiTidak ada
5
JenisHopper
Dimensi Tidak disebutkan
Sumber tenagaListrik & 3 baterai AA
Pilihan kapasitas4 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)
Frekuensi pemberian makanTidak disebutkan
Pengaturan porsiAda (1–10 porsi per meal)
Berat porsi10 g
4
JenisHopper
Dimensi 20 cm x 36 cm x 36 cm
Sumber tenagaListrik & baterai
Pilihan kapasitas6 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)
Frekuensi pemberian makan12 kali per hari
Pengaturan porsiAda (1–99 porsi per meal)
Berat porsiTidak disebutkan
3

RobolifeSmart Pet Feeder

Mulai dari Rp 1.265.000,00

JenisHopper
Dimensi 43 cm x 26 cm x 33 cm
Sumber tenagaListrik
Pilihan kapasitas7 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)
Frekuensi pemberian makanTidak disebutkan
Pengaturan porsiAda
Berat porsiTidak disebutkan
2
JenisHopper
Dimensi 20,5 cm x 20,5 cm x 32 cm
Sumber tenagaListrik
Pilihan kapasitas6 L
Pengaturan waktuAda (1 menit–24 jam, Senin-Minggu)
Frekuensi pemberian makan8 kali per hari
Pengaturan porsiAda (1–10 porsi per meal)
Berat porsi10 g
1
JenisHopper
Dimensi 14,8 cm x 27,9 cm
Sumber tenagaTidak ada
Pilihan kapasitas2,1 kg (tempat makan), 3,8 ml (tempat minum)
Pengaturan waktuTidak ada
Frekuensi pemberian makanTidak ada
Pengaturan porsiTidak ada
Berat porsiTidak ada

Tabel perbandingan produk tempat makan kucing otomatis terbaik

Gambar produk
1
Pet Feeder 1

2
BARDI Pet Feeder 1

BARDI

3
Robolife Smart Pet Feeder 1

Robolife

4
Ekstro Smart Pet Feeder 1

Ekstro

5
Acome Smart Pet Feeder 1

Acome

6
M-PETS Nile Food Dispenser 1

M-PETS

7
PAWISE Auto Feeder 1

PAWISE

8
Automatic Pet Food Dispenser 3.5 L 1

9
Petwant Portable 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder 1

Petwant

10
PETKIT Fresh Element Solo 1

PETKIT

Nama produk

Pet Feeder

Pet Feeder

Smart Pet Feeder

Smart Pet Feeder

Smart Pet Feeder

Nile Food Dispenser

Auto Feeder

Automatic Pet Food Dispenser 3.5 L

Portable 4 Meal LCD Automatic Pet Feeder

Fresh Element Solo

Keunggulan

Harga murah sudah dengan tempat minum, ideal sebagai starter pack

Merek tempat makan kucing otomatis terpopuler, fiturnya lengkap

Smart feeder berkapasitas besar untuk memberi makan banyak kucing!

Paling canggih, tangkap foto dan video kucing Anda dari empat sudut!

Harga murah, sudah ada kamera, fiturnya lumayan lengkap!

Dispenser otomatis biasa yang berkapasitas besar, tak perlu sering isi ulang makanan

Ukuran mini yang ideal untuk dipakai sehari-hari

Tak akan mubazir, robot lucu ini mampu mendeteksi sisa makanan yang tersangkut

Empat tray memastikan makanan kucing tersaji dalam keadaan baik

Bisa untuk berbagai macam jenis dry food, ketinggiannya nyaman untuk kucing

Harga mulai dariRp 115.000,00Rp 2.406.000,00Rp 1.265.000,00Rp 1.924.900,00Rp 1.250.000,00Rp 166.000,00Rp 239.000,00Rp 699.999,00Rp 539.000,00Rp 1.480.000,00
JenisHopperHopperHopperHopperHopperHopperTrayHopperRotating trayHopper
Dimensi 14,8 cm x 27,9 cm20,5 cm x 20,5 cm x 32 cm43 cm x 26 cm x 33 cm 20 cm x 36 cm x 36 cmTidak disebutkan14,8 cm x 24,2 cm x 18,7 cm (1,5 L), 29,6 cm x 24,4 cm x 18,3 cm (3 L)24 cm x 13 cm x 7 cm (Single), 24 cm x 26,6 cm x 7 cm (Double)18,6 cm × 32,4 cm × 35,6 cmTidak disebutkan31 cm x 30 cm x 17 cm
Sumber tenagaTidak adaListrikListrikListrik & bateraiListrik & 3 baterai AATidak ada1 baterai AAListrik & 3 baterai D4 baterai ukuran CListrik & 5 baterai AA
Pilihan kapasitas2,1 kg (tempat makan), 3,8 ml (tempat minum)6 L7 L6 L4 L1,5 L, 3 L300 ml, 600 ml3,5 L1 kg3 L
Pengaturan waktuTidak adaAda (1 menit–24 jam, Senin-Minggu)Ada (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)Ada (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)Ada (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)Tidak adaAdaAda (1 menit–24 jam)Ada (1–24 jam)Ada (1 menit–24 jam, Senin–Minggu)
Frekuensi pemberian makanTidak ada8 kali per hariTidak disebutkan12 kali per hariTidak disebutkanTidak ada1–2 kali per hari4 kali per hari4 kali per hari10 kali per hari
Pengaturan porsiTidak adaAda (1–10 porsi per meal)AdaAda (1–99 porsi per meal)Ada (1–10 porsi per meal)Tidak adaTidak adaAda (1–20 porsi per meal)Tidak adaAda
Berat porsiTidak ada10 gTidak disebutkanTidak disebutkan10 gTidak adaTidak adaTidak disebutkanTidak ada5–50 g
Tautan produk

Perhatikan hal ini jika Anda baru pertama kali menggunakan dispenser makanan kucing otomatis

Perhatikan hal ini jika Anda baru pertama kali menggunakan dispenser makanan kucing otomatis

Kucing adalah binatang dengan indra penciuman dan pendengaran yang sensitif. Karena itu, hindarilah tempat yang berisik atau bau saat meletakkan dispenser agar kucing dapat makan dengan tenang. Suara yang keras, lampu terang, dan ilustrasi muka pada dispenser juga dapat menakutinya. Dalam situasi ini, perkenalkan kucing Anda kepada dispenser makanan secara perlahan sampai kucing mulai terbiasa.

Jika Anda telah membeli dispenser dengan fitur pengaturan porsi, periksa berat pakan yang dikeluarkan produk pada penggunaan pertama. Kuantitas makanan yang dikeluarkan akan bergantung pada jenis dan ukuran pakan kering yang digunakan. Pastikan produk dan merek makanan kucing yang Anda gunakan menghasilkan porsi yang diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat mengatur porsi makannya secara tepat.

Baca juga rekomendasi produk makanan kucing terbaik di sini

Merancang rutinitas makan untuk kucing Anda sangat penting. Jika porsi dan frekuensi pemberian makan tidak tepat, kucing Anda berisiko untuk menjadi obesitas. Namun, kualitas pangan yang dikonsumsi kucing Anda juga berdampak pada kesehatannya secara keseluruhan. Jadi, jangan lupa memilih pangan kucing yang bergizi seimbang dan berkualitas seperti di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Dispenser makanan kucing dapat meringankan pekerjaan Anda untuk memberi makan kucing kesayangan setiap hari. Ketika memilih dispenser makanan untuk kucing, fitur dan kemudahan perawatan adalah poin penting. 


Pastikan pula kapasitas tangki makanan mencukupi kebutuhan pangan kucing Anda dalam jangka waktu yang diinginkan. Anda dapat memilih tempat makan kucing otomatis terbaik dari rekomendasi kami. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Carrier Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memelihara kucing? Tentu ada kalanya Anda ingin membawa kucing pergi bersama, seperti jalan-jalan naik sepeda, mobil, atau pesawat, bukan? Pada saat seperti itu, Anda memerlukan tempat khusus yang biasa disebut dengan pet cargo kucing atau pet carrier.Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih pet carrier untuk kucing. Kami juga telah mengulas sepuluh rekomendasi pet carrier terbaik yang bisa Anda beli secara online. Anda akan menemukan produk keluaran POW, Ibiyaya, dan sebagainya dalam artikel ini. Simak terus selengkapnya, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan anak kucing dapat dimanfaatkan untuk membangun ikatan antara Anda dan kucing kesayangan. Anak kucing atau kitten juga masih bersemangat dalam mengenal benda-benda di sekitarnya. Hal ini cenderung membuat kucing Anda mencakar dan menggigit. Di sinilah mainan anak kucing berperan penting. Produknya bisa menjadi sarana kitten untuk eksplorasi.Maka dari itu, kami akan menjelaskan cara memilih mainan anak kucing terbaik. Tak lupa, kami pun akan berbagi sepuluh rekomendasi mainan anak kucing yang bagus dan mengulasnya untuk Anda. Yuk, temukan mainan yang disukai kucing kesayangan Anda di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Kucing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan kucing dapat membuat kucing Anda lebih aktif bergerak, bersemangat, dan terhindar dari stres. Ada beragam jenis mainan kucing lucu di pasaran, seperti tikus-tikusan, bola, dan lain sebagainya. Dari beragam pilihan tersebut, manakah yang cocok untuk kucing Anda? Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih mainan kucing yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan dan mengulas sepuluh produk terbaik. Di antaranya ada mainan kucing bergerak sampai yang berbentuk tikus. Yuk, lanjutkan membacanya untuk menemukan mainan yang dapat menyenangkan kucing kesayangan Anda!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai hewan yang gemar tidur, kucing membutuhkan alas tidur yang nyaman. Agar kucing kesayangan Anda bisa tidur dengan nyaman, sediakan kasur tidur khusus anabul yang sesuai karakternya. Ada berbagai tipe tempat tidur kucing yang bisa Anda pilih, seperti tipe rumah, body fit, cushion, dan hammock.Banyaknya pilihan tempat tidur kucing mungkin akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih tempat tidur yang bagus dan nyaman untuk kucing. Kami juga akan me-review dan merekomendasikan tempat tidur kucing terbaik untuk anabul Anda. Simak informasinya sampai habis, ya.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Baju Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar terlihat semakin menggemaskan, kini para cat parent mendandani kucing mereka dengan berbagai fashion item, salah satunya baju kucing. Selain tampak fashionable, baju kucing juga memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh kucing di saat cuaca dingin. Terdapat banyak tipe bahan dan desain baju di pasaran, mulai dari yang cute sampai yang elegan.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih baju kucing yang baik dan nyaman untuk kucing Anda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan baju-baju kucing yang trendi dan terpopuler. Pilih yang terbaik dan jadikan kucing Anda setingkat lebih imut!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Catnip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catnip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak hanya manusia, kucing pun memiliki "obat penenang" yang disebut catnip. Jika kucing agresif, Anda dapat mengandalkan catnip. Selain itu, catnip juga diyakini mampu menjaga mood si kucing sehingga ia merasa lebih bahagia. Dengan efek sebagus ini, catnip pun masuk dalam jajaran produk perawatan kucing terfavorit.  Meskipun sudah ngebet ingin membelinya, pastikan Anda membaca ulasan catnip dari kami terlebih dahulu. Nantinya, Anda dapat mengetahui rekomendasi merek catnip terbaik, baik dari kualitas maupun harga. Ada merek catnip terkenal dengan harga terjangkau, seperti KONG, Feline, dan Xtreme. Tertarik mencoba merek lain? Ada!
    Perawatan kucing
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Selain meningkatkan keamanan, kalung kucing juga membuat peliharaan kesayangan Anda tampil makin lucu. Kini sudah banyak produk yang bagus di pasaran. Ada yang diberi nama, lonceng, bahkan antikutu. Anda juga bisa menambahkan GPS untuk selalu melacak kucing.Kami akan membagikan cara memilih kalung kucing. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kalung kucing yang bagus dari berbagai merek. Ada produk dari Beaphar, Gentle Pup, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas, lho. Untuk kucing lokal atau Anggora, semuanya cocok. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Tempat Minum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tempat Minum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat minum kucing bukan lagi sekadar perlengkapan. Produknya bisa meringankan tugas Anda, bahkan menjaga kesehatan kucing kesayangan. Selain produk yang digantung, kini tersedia tempat minum elektrik yang airnya terus mengalir secara otomatis seperti air mancur.Namun, kucing Anda mungkin memerlukan produk lain. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih tempat minum kucing terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Petkit, M-PETS, dan lainnya. Mau yang terbuat dari baja atau keramik? Semuanya ada! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya sensitif, bahkan kadang mengalami masalah karena kutu atau jamur. Karena itu, memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan kitten Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari shampo 2-in-1 hingga antikutu dari merek terpercaya ada di daftar rekomendasi, seperti Bio-Groom, earthbath, Dixci, dan Bioline. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Baju Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar terlihat semakin menggemaskan, kini para cat parent mendandani kucing mereka dengan berbagai fashion item, salah satunya baju kucing. Selain tampak fashionable, baju kucing juga memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh kucing di saat cuaca dingin. Terdapat banyak tipe bahan dan desain baju di pasaran, mulai dari yang cute sampai yang elegan.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih baju kucing yang baik dan nyaman untuk kucing Anda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan baju-baju kucing yang trendi dan terpopuler. Pilih yang terbaik dan jadikan kucing Anda setingkat lebih imut!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori