• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)

Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa rumpun sains. Namun, pemakaian software tertentu saat perkuliahan membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang berbeda. Oleh sebab itu, simaklah artikel berikut ini agar Anda tidak salah memilih laptop untuk menunjang perkuliahan.

Kami akan mengulas cara memilih laptop berdasarkan kebutuhan Anda sebagai mahasiswa program studi sains. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari Asus, Acer, HP, Microsoft, dan Dell. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas, yuk!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.921 Views
Daftar isi

Cara memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains

Pada prinsipnya, Anda dapat memilih spesifikasi laptop berdasarkan penggunaan laptop pada saat di kampus. Untuk itu, mari kita simak cara memilih laptop berdasarkan kriteria berikut ini!

Pilih CPU dan memori sesuai software yang digunakan

Mahasiswa sains biasanya menggunakan laptop untuk membuat laporan, melakukan perhitungan yang rumit, dan mengoperasikan software seperti CAD. Oleh karena itu, Anda perlu memahami spesifikasi yang penting untuk setiap penggunaan.

Untuk pemrograman dan pemakaian software analisis, pilih Core i5 atau lebih dengan memori 8 GB

Untuk pemrograman dan pemakaian software analisis, pilih Core i5 atau lebih dengan memori 8 GB
Software MATLAB biasanya digunakan untuk menganalisis data saintifik. Jika perlu dipakai untuk bekerja setiap hari, Anda dapat memakai laptop dengan spesifikasi yang mendukung software MATLAB.
Spesifikasi CPU yang direkomendasikan untuk penggunaan MATLAB adalah CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan laptop dengan prosesor AMDx86-64. Berikutnya, laptop yang Anda gunakan setidaknya memiliki memori 8 GB. Laptop dengan spesifikasi tersebut bisa dipakai tanpa kendala untuk pemrograman dan software analisis dengan data yang kompleks.

Apabila membutuhkan pengoperasian software CAD, pilih Core i7 atau lebih dengan memori 8 GB atau lebih

Apabila membutuhkan pengoperasian software CAD, pilih Core i7 atau lebih dengan memori 8 GB atau lebih
Saat ini, spesifikasi laptop yang dibutuhkan terus meningkat termasuk spesifikasi laptop untuk insinyur di bidang sains. Hal tersebut berlaku juga untuk penggunaan software seperti CAD. Pada prinsipnya, software CAD dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu 2D CAD dan 3D CAD.
Pemakaian software 2D CAD untuk membuat planar figure memerlukan laptop dengan CPU Core i5 dan memori 8 GB. Spesifikasi minimum ini dibutuhkan jika berkaitan dengan pemrograman agar Anda bisa menggunakan software tanpa kendala. Akan tetapi, kami merekomendasikan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi saat mengoperasikan 3D CAD untuk menggambar model tiga dimensi. Anda dapat memilih CPU Core i7 atau di atasnya dengan memori 8 GB atau lebih walaupun berharga cukup mahal.
Anda perlu memperhatikan juga grafic board jika berhubungan dengan pemakaian perangkat lunak tertentu. Beberapa program studi sains dan teknik di kampus biasanya menampilkan syarat penggunaan laptop dengan spesifikasi tinggi. Jadi, kami menyarankan agar Anda mempersempit pemilihan laptop setelah melihat kriteria yang ditetapkan oleh kampus.

Untuk kenyamanan saat menulis, pilih Core i3 atau lebih dengan memori 4 GB

Untuk kenyamanan saat menulis, pilih Core i3 atau lebih dengan memori 4 GB
Kami merekomendasikan laptop dengan spesifikasi minimum CPU Core i3 atau lebih tinggi serta memori 4 GB. Hal ini berlaku walau laptop hanya dipakai untuk membuat laporan saja. Jika Anda hanya menggunakan aplikasi Office, Anda tidak memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi. Kalau begitu, Anda bisa berpikir untuk membeli laptop dengan spesifikasi rendah yang berharga murah. Namun, kami tidak merekomendasikan hal tersebut.
Saat di kampus, biasanya Anda menggunakan Excel untuk mengolah data dan membuat grafik. Sementara itu, aplikasi Word biasa dipakai untuk menulis laporan serta aplikasi PowerPoint biasa digunakan saat presentasi. Software Office yang digunakan secara tidak bersamaan memuat data sistem yang rendah. Akan tetapi, penggunaan Office secara simultan akan menyebabkan laptop dengan spesifikasi rendah berhenti beroperasi.
Sebagai kesimpulan, pilihlah Core i3 hingga Core i5 dengan memori 4 GB jika Anda menginginkan kenyamanan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kemudahan saat menonton video, menjelajah internet, dan membuka gambar.

Pilih baterai yang tahan lebih dari 7 jam jika perlu dibawa ke kampus

Pilih baterai yang tahan lebih dari 7 jam jika perlu dibawa ke kampus
Anda bisa saja menggunakan laptop dari pagi hingga petang saat berada di kampus tergantung dari program studi Anda. Beberapa mata kuliah bahkan mengharuskan Anda untuk membawa laptop sendiri. Karena itu, Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa jika laptop Anda kehabisan baterai. Oleh sebab itu, Anda mesti mempertimbangkan ketahanan baterai selama 7 jam atau lebih jika perlu membawa laptop ke kampus. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan laptop akan kehabisan baterai pada saat dipakai di kampus.
Beberapa laptop yang mudah dibawa memiliki ukuran 13 inci hingga 15 inci, serta mempunyai ketahanan baterai yang baik. Laptop tersebut tahan hingga 7 jam lebih saat beroperasi dan 14 jam saat tidak beroperasi. Anda dapat memilih laptop dengan cara membandingkan ketahanan baterai terutama saat dipakai di kampus.

Pilih ukuran sesuai dengan penggunaan

Apabila Anda menginginkan kenyamanan saat dibawa-bawa, laptop berukuran kecil bisa dipilih. Namun, laptop berukuran kecil menjadi sulit dioperasikan jika Anda memakai perangkat lunak tertentu. Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran berdasarkan pertimbangan berikut ini.

Ukuran 13,3 inci yang ringan cocok untuk kebutuhan menulis dan komputasi

Ukuran 13,3 inci yang ringan cocok untuk kebutuhan menulis dan komputasi
Anda akan bekerja dengan nyaman menggunakan laptop berukuran 13,3 inci untuk pemakaian ringan seperti menulis dan mengolah perhitungan. Ukuran layar 13,3 inci ini setara dengan ukuran kertas B5. Anda dapat menyimpan laptop berukuran ini dengan mudah di tas kecil. Selain itu, laptop berukuran 13,3 inci memiliki berat sekitar 1 kg saja. Pilihlah produk berdasarkan ukuran apabila Anda mahasiswa yang perlu membawa laptop ke kampus setiap hari.

Pilih ukuran 15,6 inci untuk pengoperasian CAD dan pemrograman

Pilih ukuran 15,6 inci untuk pengoperasian CAD dan pemrograman
Mahasiswa rumpun sains yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi bisa memilih produk high spec dengan berat sekitar 2 kg. Laptop ini pada umumnya berukuran 15,6 inci. Jika demikian, kami menyarankan agar Anda memilih laptop high spec ini yang memiliki tampilan full HD.
Hal ini diperlukan karena spesifikasi yang disarankan untuk penggunaan aplikasi 3D CAD di antaranya adalah kompatibel dengan tampilan full HD. Pada prinsipnya, Anda akan lebih nyaman saat menggunakan perangkat lunak 3D CAD dengan tampilan laptop yang full HD. Tambahan lagi, Anda dapat bekerja lebih efisien jika memakai laptop berukuran 15,6 inci yang full HD, terutama saat menggunakan software CAD dan melakukan pemrograman.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop yang telah kami susun untuk kebutuhan mahasiswa yang berbeda-beda. Silakan pilih laptop yang sesuai dengan keperluan Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan cara memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains. Bagaimana artikel ini menurut Anda? Apabila bujet Anda terbatas, Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang dapat di-upgrade.
Namun, Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi tinggi agar masih dapat dipakai setelah Anda lulus dari kampus. Beberapa merek seperti Acer, HP, atau Xiaomi membuat model dengan kode yang serupa walaupun spesifikasinya berbeda. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memilih laptop.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    75.493 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    44.381 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    58.646 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    54.151 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    35.382 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!
    Komputer & kamera
    47.185 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cooling pad/kipas laptop berguna untuk menurunkan temperatur ketika laptop terlalu panas dan tidak mampu menurunkan temperaturnya sendiri. Sebelum membeli kipas laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal apa sajakah itu? Apakah Anda penasaran?Mari ikuti artikel berikut ini yang membahas tentang cara memilih kipas laptop. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik, seperti Orico, Havit, Titan, Deep Cool, dan Cooler Master. Silakan membaca ulasan kami dengan tuntas guna memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca ya!
    Komputer & kamera
    15.320 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori