10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2018)

Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa rumpun sains. Namun, pemakaian software tertentu saat perkuliahan membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang berbeda. Oleh sebab itu, simaklah artikel berikut ini agar Anda tidak salah memilih laptop untuk menunjang perkuliahan.

Kami akan mengulas cara memilih laptop berdasarkan kebutuhan Anda sebagai mahasiswa program studi sains. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari Asus, Acer, HP, Microsoft, dan Dell. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas, yuk!

Daftar isi

Cara memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains

Pada prinsipnya, Anda dapat memilih spesifikasi laptop berdasarkan penggunaan laptop pada saat di kampus. Untuk itu, mari kita simak cara memilih laptop berdasarkan kriteria berikut ini!

Pilih CPU dan memori sesuai software yang digunakan

Mahasiswa sains biasanya menggunakan laptop untuk membuat laporan, melakukan perhitungan yang rumit, dan mengoperasikan software seperti CAD. Oleh karena itu, Anda perlu memahami spesifikasi yang penting untuk setiap penggunaan.

Untuk pemrograman dan pemakaian software analisis, pilih Core i5 atau lebih dengan memori 8 GB

Untuk pemrograman dan pemakaian software analisis, pilih Core i5 atau lebih dengan memori 8 GB

Software MATLAB biasanya digunakan untuk menganalisis data saintifik. Jika perlu dipakai untuk bekerja setiap hari, Anda dapat memakai laptop dengan spesifikasi yang mendukung software MATLAB.

Spesifikasi CPU yang direkomendasikan untuk penggunaan MATLAB adalah CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan laptop dengan prosesor AMDx86-64. Berikutnya, laptop yang Anda gunakan setidaknya memiliki memori 8 GB. Laptop dengan spesifikasi tersebut bisa dipakai tanpa kendala untuk pemrograman dan software analisis dengan data yang kompleks.

Apabila membutuhkan pengoperasian software CAD, pilih Core i7 atau lebih dengan memori 8 GB atau lebih

Apabila membutuhkan pengoperasian software CAD, pilih Core i7 atau lebih dengan memori 8 GB atau lebih

Saat ini, spesifikasi laptop yang dibutuhkan terus meningkat termasuk spesifikasi laptop untuk insinyur di bidang sains. Hal tersebut berlaku juga untuk penggunaan software seperti CAD. Pada prinsipnya, software CAD dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu 2D CAD dan 3D CAD.

Pemakaian software 2D CAD untuk membuat planar figure memerlukan laptop dengan CPU Core i5 dan memori 8 GB. Spesifikasi minimum ini dibutuhkan jika berkaitan dengan pemrograman agar Anda bisa menggunakan software tanpa kendala. Akan tetapi, kami merekomendasikan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi saat mengoperasikan 3D CAD untuk menggambar model tiga dimensi. Anda dapat memilih CPU Core i7 atau di atasnya dengan memori 8 GB atau lebih walaupun berharga cukup mahal.

Anda perlu memperhatikan juga grafic board jika berhubungan dengan pemakaian perangkat lunak tertentu. Beberapa program studi sains dan teknik di kampus biasanya menampilkan syarat penggunaan laptop dengan spesifikasi tinggi. Jadi, kami menyarankan agar Anda mempersempit pemilihan laptop setelah melihat kriteria yang ditetapkan oleh kampus.

Untuk kenyamanan saat menulis, pilih Core i3 atau lebih dengan memori 4 GB

Untuk kenyamanan saat menulis, pilih Core i3 atau lebih dengan memori 4 GB

Kami merekomendasikan laptop dengan spesifikasi minimum CPU Core i3 atau lebih tinggi serta memori 4 GB. Hal ini berlaku walau laptop hanya dipakai untuk membuat laporan saja. Jika Anda hanya menggunakan aplikasi Office, Anda tidak memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi. Kalau begitu, Anda bisa berpikir untuk membeli laptop dengan spesifikasi rendah yang berharga murah. Namun, kami tidak merekomendasikan hal tersebut.

Saat di kampus, biasanya Anda menggunakan Excel untuk mengolah data dan membuat grafik. Sementara itu, aplikasi Word biasa dipakai untuk menulis laporan serta aplikasi PowerPoint biasa digunakan saat presentasi. Software Office yang digunakan secara tidak bersamaan memuat data sistem yang rendah. Akan tetapi, penggunaan Office secara simultan akan menyebabkan laptop dengan spesifikasi rendah berhenti beroperasi.

Sebagai kesimpulan, pilihlah Core i3 hingga Core i5 dengan memori 4 GB jika Anda menginginkan kenyamanan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kemudahan saat menonton video, menjelajah internet, dan membuka gambar.

Pilih baterai yang tahan lebih dari 7 jam jika perlu dibawa ke kampus

Pilih baterai yang tahan lebih dari 7 jam jika perlu dibawa ke kampus

Anda bisa saja menggunakan laptop dari pagi hingga petang saat berada di kampus tergantung dari program studi Anda. Beberapa mata kuliah bahkan mengharuskan Anda untuk membawa laptop sendiri. Karena itu, Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa jika laptop Anda kehabisan baterai. Oleh sebab itu, Anda mesti mempertimbangkan ketahanan baterai selama 7 jam atau lebih jika perlu membawa laptop ke kampus. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan laptop akan kehabisan baterai pada saat dipakai di kampus.

Beberapa laptop yang mudah dibawa memiliki ukuran 13 inci hingga 15 inci, serta mempunyai ketahanan baterai yang baik. Laptop tersebut tahan hingga 7 jam lebih saat beroperasi dan 14 jam saat tidak beroperasi. Anda dapat memilih laptop dengan cara membandingkan ketahanan baterai terutama saat dipakai di kampus.

Pilih ukuran sesuai dengan penggunaan

Apabila Anda menginginkan kenyamanan saat dibawa-bawa, laptop berukuran kecil bisa dipilih. Namun, laptop berukuran kecil menjadi sulit dioperasikan jika Anda memakai perangkat lunak tertentu. Untuk itu, Anda bisa memilih ukuran berdasarkan pertimbangan berikut ini.

Ukuran 13,3 inci yang ringan cocok untuk kebutuhan menulis dan komputasi

Ukuran 13,3 inci yang ringan cocok untuk kebutuhan menulis dan komputasi

Anda akan bekerja dengan nyaman menggunakan laptop berukuran 13,3 inci untuk pemakaian ringan seperti menulis dan mengolah perhitungan. Ukuran layar 13,3 inci ini setara dengan ukuran kertas B5. Anda dapat menyimpan laptop berukuran ini dengan mudah di tas kecil. Selain itu, laptop berukuran 13,3 inci memiliki berat sekitar 1 kg saja. Pilihlah produk berdasarkan ukuran apabila Anda mahasiswa yang perlu membawa laptop ke kampus setiap hari.

Pilih ukuran 15,6 inci untuk pengoperasian CAD dan pemrograman

Pilih ukuran 15,6 inci untuk pengoperasian CAD dan pemrograman

Mahasiswa rumpun sains yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi bisa memilih produk high spec dengan berat sekitar 2 kg. Laptop ini pada umumnya berukuran 15,6 inci. Jika demikian, kami menyarankan agar Anda memilih laptop high spec ini yang memiliki tampilan full HD.

Hal ini diperlukan karena spesifikasi yang disarankan untuk penggunaan aplikasi 3D CAD di antaranya adalah kompatibel dengan tampilan full HD. Pada prinsipnya, Anda akan lebih nyaman saat menggunakan perangkat lunak 3D CAD dengan tampilan laptop yang full HD. Tambahan lagi, Anda dapat bekerja lebih efisien jika memakai laptop berukuran 15,6 inci yang full HD, terutama saat menggunakan software CAD dan melakukan pemrograman.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop yang telah kami susun untuk kebutuhan mahasiswa yang berbeda-beda. Silakan pilih laptop yang sesuai dengan keperluan Anda.

10. Lenovo IdeaPad 320 Laptop (15”)

10. Lenovo IdeaPad 320 Laptop (15”)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.900.000

Sudah dibekali OS Windows! Tidak repot install OS lagi!

Laptop ini dibekali memori 4 GB. Akan tetapi, Anda bisa melakukan upgrade memori hingga 16 GB. Finishing dengan lapisan pelindung akan menjaga laptop ini dari aus dan kerusakan. Di samping itu, material karet di bagian bawahnya berguna meningkatkan ventilasi dan memperpanjang umur produk. Artinya, Anda bisa membeli produk ini jika ingin memiliki laptop yang tahan lama.

OS Windows sudah dipasang sejak pertama Anda membeli produk ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot memasang OS lagi. Asisten personal Cortana juga menarik karena membantu membuka aplikasi dengan cepat. Tambahan lagi, Lenovo App Explorer hanya membuka aplikasi yang diinginkan guna menjaga keamanan saat Anda mengerjakan tugas.

9. Acer Aspire 5

9. Acer Aspire 5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.588.000

Bisa diandalkan untuk komputasi ringan dengan harga ekonomis

Acer Aspire 5 memiliki prosesor AMD Quad Core dengan memori 8 GB. Memorinya bisa diekspansi hingga 16 GB jika diperlukan. Untuk bagian grafisnya, Acer menggunakan kartu grafis AMD. Pemilihan prosesor AMD membuat produk ini berharga cukup ekonomis. Karena itu, produk ini dapat dipakai oleh mahasiswa sains yang membutuhkan komputasi ringan dengan harga bersahabat.

Kapasitas storage 1 TB bertipe HDD cukup besar untuk menyimpan file penting Anda selama kuliah. Di pihak lain, berat produk ini hanya 2,2 kg walaupun memiliki ukuran layar 15,6 inci. Hal ini membuat laptop Acer ini tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa ke kampus. Selain itu, baterainya yang tahan hingga 7 jam membuat Anda tidak khawatir saat di kampus.

8. Dell Inspiron 15 5000

8. Dell Inspiron 15 5000

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.000.000

Storage SSD! Waktu start-up jadi cepat!

Apabila Anda frustrasi dengan waktu start-up yang lama, produk ini bisa menjadi solusi masalah Anda. SSD berkapasitas 256 GB akan membuat Anda nyaman saat melakukan start-up. Sementara itu, prosesor Core i7 generasi kedelapan membuat pekerjaan berat bisa berjalan dengan baik. Tambahan pula, memori 8 GB memastikan pekerjaan multi tasking bisa dikerjakan dengan nyaman.

Metode pairing dengan aplikasi Dell mobile connect membuat Anda bisa terkoneksi dengan iOS dan Android, cocok untuk Anda yang ingin mengakses data dari berbagai gadget. Kehadiran sepuluh jenis port menjadi keunggulan lain karena membuat Anda bisa terhubung dengan berbagai cara. Selanjutnya, fitur anti glare memberikan kenyamanan untuk melihat layar saat kondisi terang.

7. Acer Swift 3 (SF314-54G)

7. Acer Swift 3 (SF314-54G)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.199.000

Performa tinggi dengan tampilan warna-warni

Laptop Acer ini memiliki prosesor Core i7-8550U Quad Core serta memori 8 GB. Dengan demikian, Anda bisa mengoperasikan 3D CAD dengan nyaman. Ukuran layar yang 14 inci dengan berat 1,5 kg saja membuat produk ini mudah untuk dibawa-bawa. Penggunaan NVIDIA GeForce MX 150 juga menjadi keunggulan saat menjalankan software 3D.

Anda dapat memilih hingga empat varian warna termasuk warna pink yang jarang ditemukan pada laptop lain. Oleh karena itu, produk ini bisa dimiliki oleh mahasiswi sains ataupun Anda yang bosan dengan warna standar. Perpaduan WiFi dan 4G LTE merupakan kelebihan lain karena Anda bisa terhubung melalui kartu SIM. Tambahan lagi, baterainya bisa bertahan hingga 12 jam!

6. Asus Transformer Pro T304UA

6. Asus Transformer Pro T304UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.750.000

Mode laptop dan tablet yang 2 in 1 dengan CPU Core i7

Asus Transformer Pro T304 UA dibekali CPU Core i7 sehingga mampu melakukan pemrosesan data dengan baik. Selain mode laptop, produk ini dapat difungsikan sebagai tablet karena memiliki mode 2-in-1. Kehadiran aksesori Asus Pen akan berguna untuk mencatat, menandai foto, ataupun menggambar grafis. Jadi, laptop ini bisa menjadi pilihan untuk mahasiswa sains yang lebih senang mencatat secara digital.

Tampilan layar laptop akan memanjakan mata Anda berkat kehadiran Asus TruVivid dan teknologi Asus Tru2life. Tambahan pula, resolusi 3K membuat Anda lebih betah berlama-lama saat mengamati model 3D. Berikutnya, kebutuhan koneksi bukan kendala dengan kehadiran universal dock. Anda dapat terhubung melalui USB tipe C, USB 3.0, HDMI, VGA, RJ45 LAN, serta SD card reader.

5. HP Notebook – 14s-cf0012tx

5. HP Notebook – 14s-cf0012tx

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.049.000

Lebih leluasa dengan dua jenis media penyimpanan SSD + HDD!

Gunakanlah laptop ini apabila Anda tidak ingin repot menyimpan data di dalam hard disk eksternal atau melalui Cloud. Kemudahan ini dapat diperoleh karena HP Notebook – 14s-cf0012tx memiliki dua jenis media penyimpanan. SSD berkapasitas 128 GB menjadikan laptop ini nyaman saat melakukan start-up. Di pihak lain, HDD berkapasitas 1 TB membuat Anda leluasa menyimpan file.

Grafis AMD Radeon 530 yang dedicated memungkinkan Anda menjalankan software 3D tanpa kendala. Sementara itu, CPU Core i7-855u membuat laptop ini dapat diandalkan untuk memproses perangkat lunak dengan kinerja berat. Keberadaan memory sebesar 8 GB sudah cukup untuk mendukung mahasiswa prodi sains yang terbiasa melakukan pekerjaan secara multitasking.

4. Mi Notebook Air

4. Mi Notebook Air

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.499.000

Fast charging! 50% baterai terisi penuh hanya dalam waktu 30 menit!

Mi Notebook Air memiliki ukuran layar 13,3 inci dengan prosesor Core i5 serta memori 8 GB. Karena itu, laptop ini sudah mencukupi untuk pemrograman serta menjalankan software untuk analisis. Untuk storage-nya, SSD sebesar 256 GB memberikan Anda kenyamanan saat  melakukan start-up. Selain itu, grafis NVIDIA GeForce yang terpasang merupakan kartu grafis yang dedicated.

Anda bisa mengakses laptop dengan Mi Band 2 sehingga cocok untuk Mi fans yang sudah terbiasa memakai aksesori Mi Band. Layar laptop ini sudah dilindungi oleh material dengan kekerasan hingga skala 7 Mohs. Baterai Mi Notebook Air menjadi salah satu daya tarik karena sudah mendukung pengisian cepat. Anda bisa mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

3. HP Spectre – 13-af078tu

3. HP Spectre – 13-af078tu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.999.000

Desain elegan yang dipadu dengan kinerja tinggi

Material karbon dan aluminium memberikan kesan mewah yang membuat laptop ini berbeda dibandingkan produk berbahan biasa. Di samping itu, tampilan finising two tone menambah nuansa indah yang kontras. Laptop elegan ini juga memiliki ukuran 10,4 mm yang setara dengan ukuran baterai AAA. HP Spectre 13-af078tu tidak hanya tipis, tetapi juga ringan dengan berat hanya 1,1 kg saja.

Tampilan mewah produk ini dipadu dengan prosesor Core i7-8550U dan RAM onboard 16 GB. Sesudah itu, SSD 512 GB dipasang sebagai storage-nya. Kami merekomendasikan laptop ini apabila Anda mencari laptop mewah dengan performa tinggi. Dengan demikian, Anda bisa memakai produk ini baik saat berkuliah maupun saat menjadi profesional setelah lulus dari kampus.

2. Microsoft Surface Pro (5th Gen)

2. Microsoft Surface Pro (5th Gen)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.050.000

Fanless cooling system yang sunyi! Belajar jadi lebih fokus!

Produk ini sudah kompatibel dengan koneksi LTE. Artinya, laptop ini bisa dipilih oleh mahasiswa yang ingin mendapat kemudahan koneksi internet. Fitur ini membuat Anda tidak perlu repot memasang modem. Anda juga tidak akan kesulitan mencari sinyal WiFi ketika study tour di luar kampus. Di pihak lain, Windows 10 dan Office yang sudah terpasang menjadi nilai tambah produk ini.

Desain cooling system yang fanless membuat Anda bisa bekerja dengan hening. Oleh karena itu, milikilah laptop ini apabila Anda mahasiswa dengan tipe belajar yang butuh kesunyian. Sementara itu, produk ini memiliki ukuran layar 12,3 inci dengan baterai yang tahan hingga 13,5 jam. Jadi, Anda bisa membawa Microsoft Surface Pro (5th Gen) saat perlu membawa laptop ke kampus seharian.

1. Asus Zenbook 13 UX331UN

1. Asus Zenbook 13 UX331UN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.850.000

Performa tinggi dengan grafis diskret NVIDIA GeForce

Asus ZenBook 13 UX331UN memiliki ketebalan 13,9 mm dengan berat hanya 1,12 kg. Ukuran tipis tidak menghalangi laptop ini untuk memiliki grafis diskret berupa chip NVIDIA GeForce MX150. Dengan kata lain, Anda bisa melakukan pengoperasian software 3D seperti 3D CAD dengan maksimal. Hal ini jarang terjadi pada laptop ultra-thin yang umumnya tidak memiliki dedicated graphic card.

Teknologi WiFi Master memudahkan Anda mendapat koneksi internet tercepat dengan lancar selama sesi perkuliahan. Jangan khawatir! Baterai yang dapat bertahan sampai 14 jam akan memberikan ketenangan saat Anda memakai laptop ini di kampus. Jadikan laptop ini pilihan apabila Anda membutuhkan laptop yang andal dari segi CPU, GPU, dan ketahanan baterai.

Kesimpulan

Kami telah memberikan ulasan cara memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains. Bagaimana artikel ini menurut Anda? Apabila bujet Anda terbatas, Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang dapat di-upgrade.

Namun, Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi tinggi agar masih dapat dipakai setelah Anda lulus dari kampus. Beberapa merek seperti Acer, HP, atau Xiaomi membuat model dengan kode yang serupa walaupun spesifikasinya berbeda. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memilih laptop.