mybest
Laptop

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik  [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

Kebutuhan mahasiswa teknik perlu didukung oleh laptop yang tepat, terutama bila menjalankan program modeling, analisis data, ataupun software development. Berbagai merek berlomba menawarkan laptop terbaik untuk kebutuhan tersebut, seperti Lenovo, ASUS, dan MSI. Laptop yang bagus tidak hanya mempermudah kegiatan kuliah, tetapi juga menghemat dana.


Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan cara memilih laptop untuk mahasiswa teknik yang telah disusun bersama software engineer, Yosua Surojo. Kami akan membahas spesifikasi yang menentukan performa dan hardware yang memengaruhi kenyamanan laptop. Setelah memahami cara memilihnya, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi laptop dari kami.

Diperbaharui 28/09/2023
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Gigih Prayitno
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih Laptop untuk Mahasiswa Teknik

Pada prinsipnya, Anda perlu memilih laptop berdasarkan kebutuhan kuliah. Karena itu, Anda perlu mengetahui spesifikasi apa saja yang dapat menentukan performa laptop. Berikut cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa teknik.

1

Untuk 3D modeling atau analisis data saintifik, utamakan laptop dengan RAM 16 GB, prosesor i5, resolusi FHD, GPU Nvidia RTX 20 series, dan Storage dengan kapasitas 512 GB

Untuk menjalankan program 3D modeling atau analisis data saintifik, dibutuhkan laptop dengan spesifikasi tertentu. Setidaknya ada spesifikasi minimal yang perlu dipenuhi para mahasiswa teknik. Spesifikasi berikut akan memudahkan kegiatan kuliah Anda.

RAM 16 GB dan prosesor i5 lebih cepat memproses software berat

RAM 16 GB dan prosesor i5 lebih cepat memproses software berat

Mahasiswa teknik biasanya menggunakan software berat, seperti AutoCAD, Autodesk Inventor, SolidWorks, dan MATLAB. Agar lancar mengoperasikan software berat tersebut, dibutuhkan laptop dengan RAM besar. Selain itu, Google Chrome merupakan salah satu browser internet yang paling banyak menggunakan memori. Browser ini umum digunakan karena dapat diintegrasikan dengan Google Account.


Agar memungkinkan mengerjakan desain sambil browsing untuk mencari referensi, pilihlah laptop RAM 16 GB. Spesifikasi lain yang akan mendukung kelancaran saat menjalankan program modeling adalah CPU minimal Intel Core i5. Perlu dicatat bahwa kecepatan pemrosesan dari Intel Core i3 belum cukup optimal untuk software modeling.

Resolusi FHD dan GPU Nvidia RTX 20 series menampilkan desain dengan detail tinggi

Resolusi FHD dan GPU Nvidia RTX 20 series menampilkan desain dengan detail tinggi
Resolusi layar berpengaruh pada tampilan desain saat Anda melakukan zoom-in ataupun zoom-out. Oleh karena itu, recommended display resolution yang tertera di software menjadi hal yang penting. Anda sebaiknya memilih resolusi layar laptop yang disarankan oleh software-nya.

Resolusi layar FHD sudah tergolong aman untuk berbagai software. Meski begitu, laptop akan makin nyaman digunakan dengan resolusi layar yang lebih tinggi. Laptop dengan resolusi layar 4K bahkan tersedia di pasaran.


Selain resolusinya, Anda perlu mengecek GPU yang digunakan. Anda bisa mengutamakan GPU dari Nvidia karena support dengan mayoritas software desain. Untuk serinya sendiri, GPU minimal Nvidia RTX 20 series sudah cukup optimal. Sementara itu, untuk GPU dari AMD, Anda perlu mengecek kompatibilitasnya dengan software desain yang akan dipakai.

Storage 512 GB aman untuk menyimpan banyak desain dan software

Storage 512 GB aman untuk menyimpan banyak desain dan software
Kapasitas storage juga menjadi hal yang penting untuk Anda yang menjalankan software modeling. Kami menyarankan Anda memilih laptop dengan storage 512 GB. Meski begitu, laptop dengan storage 1 TB akan terasa lebih nyaman.


Perlu diketahui bahwa OS Windows 11 butuh memori hingga 70 GB. Untuk laptop dengan storage 256 GB, kapasitas yang tersisa tinggal sekitar 180 GB. Sementara itu, satu software desain bisa menghabiskan memori 40 GB sehingga memori yang kosong hanya 140 GB. Dengan demikian, space yang tersisa untuk menyimpan desain dan software lain masih terlalu sedikit untuk storage 256 GB.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo
Jika Anda memilih untuk memakai Macbook, Anda harus mengecek apakah software yang digunakan didukung atau tidak oleh macOS. Mayoritas software memang sudah mulai support, tetapi Anda juga harus mengecek minimum requirements dari software-nya. Hal ini agar software tersebut bisa dijalankan dengan lancar saat menggunakan Macbook. Meski Macbook sudah menggunakan prosesor sendiri yang canggih, ada kemungkinan spesfikasi GPU-nya masih belum mencukupi.
2

Jika Anda memakai cloud computing untuk AI atau software development, Anda bisa mempertimbangkan laptop dengan RAM 8 GB dan prosesor i3 yang lebih terjangkau

Jika Anda memakai cloud computing untuk AI atau software development, Anda bisa mempertimbangkan laptop dengan RAM 8 GB dan prosesor i3 yang lebih terjangkau

Untuk mahasiswa Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, proses pembuatan software membutuhkan laptop berspesifikasi tinggi. Hal ini karena ada proses yang panjang mulai dari coding mentah hingga build aplikasi. Karena itu, Anda membutuhkan laptop dengan RAM besar dan CPU berspesifikasi tinggi. Namun, Anda bisa menggunakan layanan cloud computing sehingga proses build bisa dilakukan di tempat lain.


Untuk kebutuhan coding saja, Anda bisa mempertimbangkan laptop yang lebih terjangkau. Kami sarankan Anda memilih laptop dengan minimal prosesor Intel i3, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB. Untuk GPU-nya sendiri, Anda bisa memakai onboard GPU. Meski demikian, akan lebih nyaman dan lancar dengan GPU minimal GTX 1650 atau GTX 1050.

3

Bagi mahasiswa yang banyak bekerja di luar meja, utamakan laptop dengan memori SSD yang aman dan numeric keypad yang nyaman

Jika Anda sering membawa laptop untuk mengerjakan tugas di berbagai tempat, perhatikanlah memori internal dan model keyboard-nya. Sebaiknya, Anda memilih laptop yang sudah menggunakan storage SSD serta memiliki numeric keypad.

Memori SSD lebih aman saat laptop dipindah-pindahkan

Memori SSD lebih aman saat laptop dipindah-pindahkan
Salah satu kebiasaan mahasiswa adalah berpindah-pindah tempat saat mengerjakan tugas. Anda mungkin saja terbiasa langsung menutup laptop tanpa mematikannya saat akan berpindah tempat. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih laptop dengan storage SSD. Berbeda dari HDD, SSD lebih aman karena tidak ada disk yang berputar saat laptop langsung ditutup.


Selain itu, SSD lebih disarankan karena dapat menghemat waktu. Menjalankan program-program berat, seperti software desain dengan HDD membutuhkan loading data yang lebih lama, terlebih saat proses rendering. Dibandingkan HDD, waktu loading dan rendering dari SSD lebih cepat. Hal ini karena SSD memiliki kecepatan read/write rate yang lebih tinggi.

Laptop dengan numeric keypad lebih nyaman untuk input angka

Laptop dengan numeric keypad lebih nyaman untuk input angka
Mahasiswa biasanya mengerjakan tugas di meja lipat yang kecil saat kuliah. Namun, mahasiswa umumnya mengerjakan tugas di kantin atau bahkan di lantai pada jam bebas. Anda disarankan menggunakan laptop dengan numeric keypad untuk situasi tersebut, terutama bagi mahasiswa yang harus menginput angka dalam softwareNumeric keypad biasanya terletak di sebelah kanan pada keyboard. Ada juga laptop dengan mousepad yang bisa menjadi numeric keypad.
4

Pertimbangkan laptop dengan bobot di bawah 2 kg bila Anda ingin mengurangi beban membawa laptop

Pertimbangkan laptop dengan bobot di bawah 2 kg bila Anda ingin mengurangi beban membawa laptop
Laptop berspesifikasi tinggi umumnya memiliki bobot cukup berat, sekitar 2 kg. Bobot ini belum termasuk adaptor charger-nya yang sekitar 400-500 gram. Kalau Anda masih nyaman dengan berat tersebut, hal ini tak jadi masalah. Namun, bila Anda kurang nyaman, siapkanlah budget lebih untuk memilih laptop yang lebih slim dan ringan. Tentunya laptop ini juga memiliki spesifikasi yang tinggi dan canggih.

Laptop yang slim untuk kebutuhan office biasanya lebih terjangkau, tetapi mengorbankan GPU atau fan. Jenis laptop tersebut akan cepat panas apabila menjalankan software berat seperti modeling. Sementara itu, laptop yang lebih besar biasanya memang akan lebih dingin karena dilengkapi dengan sejumlah kipas di dalamnya. Jika Anda ingin laptop yang nyaman dengan cooling system yang bagus, utamakanlah laptop slim untuk gaming.


Anda mengutamakan laptop yang tipis dan ringan untuk kebutuhan kuliah? Kalau begitu, kunjungilah link di bawah ini.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Macbook banyak disukai karena tipis. Meskipun berukuran 15 inci atau 18 inci, ukurannya akan lebih tipis dari laptop gaming milik produsen lain.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 14 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
OS
Processor
GPU
Jenis RAM
Kapasitas RAM
Jenis storage
Kapasitas storage
Ukuran layar
Resolusi layar
Refresh rate
Bobot laptop
1

ASUS

TUF F15FX506HC

ASUS  TUF F15 1

Rp11.870.000

Agak Mahal

Tidak hanya mengerjakan tugas, cocok untuk gaming juga

Windows

Intel Core i5-11400H

NVIDIA GeForce RTX 3050

DDR4-3200

8 GB, 16 GB, 32 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD

512 GB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

144 Hz

2,2 kg

2

Lenovo

IdeaPad Slim 3i14ITL6

Lenovo IdeaPad Slim 3i 1

Rp8.999.000

Menengah

Cocok digunakan untuk coding oleh para pemula

Windows

Intel Core i3-1115G4

Intel UHD Graphics

DDR4-3200

8 GB, 16 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

60 Hz

1,9 kg

3

ASUS

Vivobook 14A1400EA

ASUS Vivobook 14 1

Rp5.499.000

Agak Murah

Cocok untuk mengerjakan berbagai kerja komputasi

Windows

Intel Core i3-1115G4

Intel UHD Graphics

DDR4

4 GB, 8 GB, atau 16 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

60 Hz

1,4 kg

4

MSI

ThinGF63

MSI  Thin 1

Rp13.999.000

Agak Mahal

Tidak mengeluarkan suara bising sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama

Windows

Intel Core i5-11400H

NVIDIA GeForce RTX 3050

DDR4

8 GB, 16 GB

SSD

512 GB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

144 Hz

2,2 kg

5

Lenovo

IdeaPad Slim 3 82H701MXID

Lenovo  IdeaPad Slim 3  1

Rp9.499.000

Menengah

Laptop terjangkau untuk tugas coding sederhana

Windows

Intel Core i5-1155G7

Integrated Intel Iris Xe

DDR4-3200

8 GB, 16 GB

SSD

512 GB, 1 TB

14 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

60 Hz

1,41 kg

6

MSI

Modern 14C11M

MSI  Modern 14 1

Rp5.899.000

Agak Murah

Laptop yang cocok digunakan oleh mahasiswa multimedia

Windows

Intel Core i3-1115G4

V-RAM UHD

DDR4-3200

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

60 Hz

1,3 kg

7

Infinix

Inbook X2

Infinix  Inbook X2 1

Rp5.999.000

Agak Murah

Laptop tipis yang cocok untuk kerja multimedia dan pemograman

Windows

Intel Core i3-1115G4

Intel UHD Graphics

DDR4

8 GB

SSD

256 GB

14 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

60 Hz

1,24 kg

8

HP

Victus Gaming 15

HP Victus Gaming 15 1

Rp11.999.000

Agak Mahal

Dapatkan pengalaman gaming terbaik dengan performa unggul, layar tajam, dan desain menarik

Windows

Intel Core i5-12500H

NVIDIA GeForce GTX 1650

DDR4-3200

8 GB, 16 GB, 32 GB

SSD

512 GB, 1 TB

15,6 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

144 Hz

2,2 kg

9

Lenovo

V14 Gen 3

Lenovo V14 Gen 3 1

Rp7.199.000

Agak Murah

Laptop dengan daya tahan baterai yang lama

Windows

Intel Core i3-1215U

Integrated Intel UHD Graphics

DDR4-3200

4 GB, 8 GB, 12 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1920 X 1080 piksel)

60 Hz

1,43 kg

10

Acer

Nitro 5AN515-57-70NV

Acer Nitro 5 1

Rp17.399.000

Lebih Mahal

Laptop dengan performa mumpuni dan tampilan yang stylish

Windows

Intel Core i7-11800H

NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

DDR4

16 GB

SSD

512 GB

15,6 inci

FHD (1920 x 1080 piksel)

144 Hz

2,7 kg

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ASUS TUF F15FX506HC

TUF F15 1
Sumber: asus.com
TUF F15 2
Sumber: shopee.co.id
TUF F15 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp11.870.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp11.870.000
Agak Mahal

Tidak hanya mengerjakan tugas, cocok untuk gaming juga

Rasanya gaming tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan mahasiswa. Gaming menjadi aktivitas relaksasi bagi para mahasiswa di tengah padatnya kuliah. Apabila Anda sedang mencari laptop yang juga bisa digunakan untuk bermain game, produk dari ASUS ini bisa dipertimbangkan. 


Produk ini memiliki performa yang mumpuni dengan prosesor Intel Core i5. Dapur pacunya menggunakan GPU NVIDIA GeForce GTX sehingga laptop ini mampu menjalankan game atau aplikasi yang berat seperti AutoCad.

OSWindows
ProcessorIntel Core i5-11400H
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB, 32 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,2 kg
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LenovoIdeaPad Slim 3i14ITL6

Harga referensi
Rp8.999.000
Menengah

Cocok digunakan untuk coding oleh para pemula

IdeaPad Slim 3i adalah laptop yang cocok untuk mahasiswa teknik yang berkecimpung di dunia web development. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dan kartu grafis Intel yang mampu digunakan untuk coding oleh para pemula


Laptop ini juga memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD yang memberikan tampilan yang jernih dan detail. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti fingerprint reader dan webcam privacy shutter.

OSWindows
Processor Intel Core i3-1115G4
GPUIntel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,9 kg
View all
No.3

ASUSVivobook 14A1400EA

Vivobook 14 1
Sumber: asus.com
Vivobook 14 2
Sumber: asus.com
Vivobook 14 3
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 14 4
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 14 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp5.499.000
Agak Murah

Cocok untuk mengerjakan berbagai kerja komputasi

Bagi Anda yang membutuhkan laptop tipis dan ringan, ASUS Vivobook 14 bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, laptop ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 1,4 kg saja. Ketebalannya pun hanya 1,99 cm sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, laptop ini menggunakan dapur pacu Intel Core i3-1115G4 yang cocok digunakan untuk kerja komputasi para mahasiswa teknik. 

OSWindows
ProcessorIntel Core i3-1115G4
GPUIntel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM4 GB, 8 GB, atau 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,4 kg
View all
No.4

MSI ThinGF63

Harga referensi
Rp13.999.000
Agak Mahal

Tidak mengeluarkan suara bising sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama

Laptop gaming memang banyak yang memiliki spesifikasi tinggi. Oleh karena itu, laptop jenis ini mampu menjalankan berbagai aplikasi berat yang biasa digunakan oleh mahasiswa teknik. Salah satunya adalah laptop MSI Thin GF63 yang memiliki performa unggul. 


Selain bermain game, Anda juga bisa menjalankan berbagai aplikasi berat seperti SolidWorks. Daripada laptop gaming lain, produk ini memiliki suara mesin yang tenang. Dengan demikian, Anda tidak akan terganggu meski menggunakannya dalam waktu lama.

OSWindows
ProcessorIntel Core i5-11400H
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,2 kg
View all
No.5

Lenovo IdeaPad Slim 3 82H701MXID

Harga referensi
Rp9.499.000
Menengah

Laptop terjangkau untuk tugas coding sederhana

Lenovo IdeaPad Slim 3 merupakan laptop yang ringan, ringkas, dan portabel. Laptop ini cocok untuk Anda yang membutuhkan keseimbangan antara produktivitas dan mobilitas, termasuk mahasiswa teknik. Dengan layar yang jernih dan tajam, serta prosesor yang andal, laptop ini ideal untuk tugas coding sederhana. Desainnya yang tipis membuatnya mudah dibawa dalam perjalanan sehingga cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. 

OSWindows
ProcessorIntel Core i5-1155G7
GPUIntegrated Intel Iris Xe
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB, 1 TB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,41 kg
View all
No.6

MSI Modern 14C11M

Harga referensi
Rp5.899.000
Agak Murah

Laptop yang cocok digunakan oleh mahasiswa multimedia

MSI Modern 14 merupakan laptop yang didesain untuk content creator. Dengan demikian, laptop ini bisa digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia dasar. Anda bisa mengedit video atau desain grafis sehingga cocok untuk para mahasiswa multimedia. Dengan GPU Intel Iris Xe Graphics, laptop ini lebih efisien dalam menggunakan daya.

OSWindows
ProcessorIntel Core i3-1115G4
GPUV-RAM UHD
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,3 kg
View all
No.7

Infinix Inbook X2

Harga referensi
Rp5.999.000
Agak Murah

Laptop tipis yang cocok untuk kerja multimedia dan pemograman

Infinix Inbook X2 adalah laptop terbaru yang menawarkan kombinasi antara kinerja tinggi dan portabilitas. Ditenagai oleh prosesor canggih, laptop ini mampu menghadapi tugas-tugas berat, seperti pengeditan multimedia dan pemrograman. Oleh karena itu, laptop ini cocok untuk para mahasiswa TI. Dengan layar berkualitas tinggi dan desain yang tipis serta ringan, Infinix Inbook X2 cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

OSWindows
ProcessorIntel Core i3-1115G4
GPUIntel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,24 kg
View all
No.8

HPVictus Gaming 15

Victus Gaming 15 1
Sumber: hp.com
Victus Gaming 15 2
Sumber: hp.com
Victus Gaming 15 3
Sumber: hp.com
Victus Gaming 15 4
Sumber: shopee.co.id
Victus Gaming 15 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp11.999.000
Agak Mahal

Dapatkan pengalaman gaming terbaik dengan performa unggul, layar tajam, dan desain menarik

Laptop HP VICTUS GAMING 15 menyatukan performa gaming dan produktivitas untuk mahasiswa yang dinamis. Ditenagai prosesor kuat dan grafis canggih, laptop ini mampu jalankan game dan tugas akademis dengan lancar. Layar tajam dengan refresh rate yang lumayan tinggi akan memberikan pengalaman gaming yang lebih memukau. 

Desain kokoh dan backlit keyboard juga akan menambah nuansa gaming. Konektivitasnya juga kuat untuk bekerja, belajar, dan bersantai. Jika Anda mahasiswa yang gemar gaming dan butuh kinerja tinggi untuk kuliah, laptop ini mungkin bisa menjadi solusi serbaguna bagi Anda.

OSWindows
ProcessorIntel Core i5-12500H
GPUNVIDIA GeForce GTX 1650
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB, 32 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB, 1 TB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,2 kg
View all
No.9

LenovoV14 Gen 3

Harga referensi
Rp7.199.000
Agak Murah

Laptop dengan daya tahan baterai yang lama

Berbeda dengan laptop Lenovo lainnya, laptop Lenovo V14 Gen 3 ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Anda bisa mengerjakan berbagai tugas kuliah tanpa perlu diisi daya hingga 8 jam lamanya.


Tidak hanya itu, laptop ini memiliki layar yang tidak menggunakan PWM untuk tingkat kecerahannya. Hal ini akan membuat mata Anda lebih nyaman, terutama ketika sedang mengerjakan tugas dalam waktu yang lama.

OSWindows
Processor Intel Core i3-1215U
GPUIntegrated Intel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM4 GB, 8 GB, 12 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 X 1080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,43 kg
View all
No.10

AcerNitro 5AN515-57-70NV

Nitro 5 1
Sumber: acer.com
Nitro 5 2
Sumber: acer.com
Nitro 5 3
Sumber: acer.com
Nitro 5 5
Sumber: acer.com
Harga referensi
Rp17.399.000
Lebih Mahal

Laptop dengan performa mumpuni dan tampilan yang stylish

Untuk menghilangkan stres di sela-sela tumpukan tugas kuliah, banyak mahasiswa menghabiskan waktu bermain game online. Jika Anda senang bermain game, laptop dengan tampilan stylish ini bisa menjadi solusinya. Acer Nitro 5 dibekali prosesor Intel Core i5 dan kartu grafis NVIDIA membuat gaming terasa lancar.


Ditambah lagi, produk ini juga memiliki air flow yang baik berkat Acer CoolBoost yang disematkan di dalamnya. Anda tak perlu khawatir laptop menjadi overheating akibat terlalu lama dipakai mengerjakan tugas atau bermain game.

OSWindows
Processor Intel Core i7-11800H
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050Ti
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,7 kg
View all

5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik terbaik

No. 1: ASUS TUF F15FX506HC

No. 2: LenovoIdeaPad Slim 3i14ITL6

No. 3: ASUSVivobook 14A1400EA

No. 4: MSI ThinGF63

No. 5: Lenovo IdeaPad Slim 3 82H701MXID

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Teknik Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.