• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2021)

Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.


Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
Adhi Hermawan
Nunik Utami
  • Pembaharuan terakhir: 04 Maret 2021
  • 60.927 Views
Daftar isi

Cara memilih laptop untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains

Pada prinsipnya, Anda perlu memilih spesifikasi laptop berdasarkan kebutuhan Anda di kampus. Apa sajakah itu? Mari kupas satu per satu.

Pilih CPU dan memori sesuai software yang digunakan

Mahasiswa sains biasanya menggunakan laptop untuk membuat laporan, melakukan penghitungan yang rumit, dan mengoperasikan software seperti CAD. Agar tidak salah memilih laptop, Anda perlu memahami spesifikasi yang diperlukan untuk setiap hal tersebut.

Core i5 memori 8 GB, untuk pemrograman dan software analisis

Core i5 memori 8 GB, untuk pemrograman dan software analisis

Software MATLAB sering dipakai untuk menganalisis data saintifik. Memiliki laptop dengan spesifikasi yang mendukung kerja software ini tentu membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah.


Spesifikasi yang direkomendasikan untuk penggunaan MATLAB adalah CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. Alternatif lainnya, gunakan laptop berprosesor AMDx86-64 dengan memori setidaknya 8 GB. Laptop dengan spesifikasi ini akan membuat pemrograman dan software analisis Anda berjalan tanpa kendala.

Core i7 memori minimal 8 GB untuk mengoperasikan CAD

Core i7 memori minimal 8 GB untuk mengoperasikan CAD

Mahasiswa dari jurusan teknik atau arsitektur memerlukan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi agar dapat mengoperasikan software CAD. Penggunaan software 2D CAD untuk membuat planar figure paling tidak memerlukan CPU Core i5 dan memori 8 GB.


Kemudian, untuk 3D CAD, gunakan CPU Core i7 atau lebih dengan memori sekurang-kurangnya 8 GB agar dapat menggambar model tiga dimensi. Meski harganya cukup tinggi, spesifikasi ini dibutuhkan agar software dapat berjalan dengan optimal. Bila perlu, pilih laptop yang dilengkapi dengan graphic board untuk mendukung perkuliahan Anda.


Sebetulnya, Anda tidak perlu bingung jika jurusan mensyaratkan Anda memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi. Pihak kampus biasanya akan memberikan daftar spesifikasi laptop yang diperlukan oleh mahasiswanya. Anda tinggal menjadikan daftar tersebut sebagai panduan saat hendak memilih laptop.

Core i3 dengan memori 4 GB untuk membuat tugas laporan

Core i3 dengan memori 4 GB untuk membuat tugas laporan

Walaupun hanya untuk membuat laporan, kami menyarankan Anda memilih laptop dengan spesifikasi minimum CPU Core i3 dan memori 4 GB. Software Office memang tidak memerlukan laptop berspesifikasi tinggi. Akan tetapi, membeli laptop murah dengan spesifikasi rendah bukanlah keputusan yang tepat.


Anda mungkin memerlukan Excel untuk mengolah data dan membuat grafik. Sementara itu, Anda memakai Word untuk menulis laporan dan menggunakan PowerPoint saat presentasi. Software-software yang disebutkan di atas memang tidak membuat laptop menjadi lambat. Namun, penggunaan secara simultan akan menyebabkan laptop dengan spesifikasi rendah berkendala saat dioperasikan.


Pada intinya, Anda membutuhkan setidak-tidaknya Core i3 hingga i5 dengan memori 4 GB jika menginginkan tugas berjalan lancar. Bukan hanya itu, spesifikasi ini juga bisa diandalkan untuk menonton video, menjelajah internet, dan melihat-lihat gambar.

Pilih baterai berdaya tahan tinggi jika mobilitas tinggi

Pilih baterai berdaya tahan tinggi jika mobilitas tinggi

Tentu Anda perlu memikirkan mengenai ketahanan baterai jika perlu membawa laptop ke kampus. Untuk hal ini, kami rekomendasikan laptop dengan daya tahan baterai 7 jam atau lebih. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir laptop kehabisan baterai saat dipakai di kampus.


Tiap jurusan memang memiliki jadwal kelasnya masing-masing. Namun, Anda bisa saja berada di kampus sejak pagi hingga sore untuk mengikuti perkuliahan seraya diwajibkan membawa laptop.


Sebagai tambahan informasi, Anda bisa memilih laptop berukuran 13 inci hingga 15 inci agar mudah membawanya. Laptop dengan ukuran ini kebanyakan tahan hingga 7 jam atau lebih. Beberapa laptop bahkan bisa digunakan hingga 14 jam. Silakan bandingkan laptop-laptop yang memiliki long battery life ini untuk lebih memastikan pilihan Anda.

Pilih laptop ber-HDMI untuk keperluan presentasi

Pilih laptop ber-HDMI untuk keperluan presentasi

Mahasiswa sains sering kali diminta untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Tentu akan memudahkan bila laptop dilengkapi dengan terminal HDMI. Dengan demikian, presentasi dapat dilakukan menggunakan monitor eksternal.


Beberapa laptop yang ada menggunakan miniDisplayPort, tetapi Anda jadi memerlukan conversion connector untuk menghubungkannya dengan alat lain. Sebaiknya, pilih laptop dengan terminal HDMI berukuran normal jika memungkinkan.


Kemudian, mungkin Anda akan membutuhkan terminal VGA agar dapat menghubungkan laptop dengan peralatan yang lebih kuno. Namun, dengan HDMI, laptop Anda sudah cukup kompatibel dengan sebagian besar proyektor.

Pilih ukuran sesuai dengan penggunaan

Bila Anda termasuk sering membawa laptop, model yang compact dan berukuran kecil adalah pilihan tepat. Meski begitu, laptop berukuran kecil kurang mendukung untuk pengoperasian software tertentu. Oleh karena itu, ukuran laptop yang Anda pilih akan bergantung pada tujuan dan kebutuhan Anda masing-masing.

Ukuran 13,3 inci: Ringan, cocok untuk menulis dan kalkulasi

Ukuran 13,3 inci: Ringan, cocok untuk menulis dan kalkulasi

Jika sebagian besar tugas Anda berkisar pada kegiatan mengetik dan menghitung, ukuran 13,3 inci sudah lebih dari cukup. Sebagai gambaran, ukuran layar 13,3 inci kurang lebih setara dengan ukuran kertas B5. Ukurannya yang kecil akan memudahkan Anda untuk menyimpan laptop ke dalam tas. Selain itu, laptop ini beratnya kurang dari 1 kg, lho. Jadi, jika Anda perlu membawa laptop setiap hari, pilihlah di antara produk-produk yang memiliki ukuran ini.

Ukuran 15,6 inci: Direkomendasikan untuk CAD dan pemrograman

Ukuran 15,6 inci: Direkomendasikan untuk CAD dan pemrograman

Mahasiswa rumpun sains yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi bisa memilih laptop full HD berukuran 15,6 inci. Laptop ini umumnya berbobot sekitar 2 kg dan mumpuni untuk mengoperasikan software dengan load besar.


Sebagai contoh, spesifikasi yang disarankan untuk penggunaan aplikasi 3D CAD di antaranya adalah tampilan full HD. Tampilan full HD ini akan membuat penggunaan 3D CAD jadi lebih mudah. Tambahan lagi, Anda dapat bekerja lebih efisien saat mengoperasikan CAD dan pemrograman dengan laptop 15,6 inci full HD ini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

ASUS VivoBook 14 X412FA

Mulai dari Rp 8.395.000,00

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains

Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop yang telah kami susun untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains. Silakan pilih laptop yang sesuai dengan keperluan Anda.

10
CPUCore i5-8250U
Memori8 GB
Daya tahan baterai6 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor13,3 inci
9

AcerAspire 5 (A515-52G) | Intel Core I5-8265U | Black

Mulai dari Rp 8.099.000,00

CPUCore i5-8265U
Memori4 GB
Daya tahan baterai7 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor15,6 inci
8

DellInspiron 15 5593 Laptop with narrow border

Mulai dari Rp 13.750.000,00

CPUCore i7-1065G7
Memori8 GB
Daya tahan baterai2,5-3 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor15,6 inci
7
CPUCore i7-7500U
Memori8 GB
Daya tahan baterai5 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor14 inci
6
CPUCore i3-1005G1
Memori4 GB
Daya tahan bateraiTidak diketahui
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor14 inci
5
CPUCore i3-8145U
Memori4 GB
Daya tahan baterai24 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor14 inci
4
CPUCore i5-6200U
Memori8 GB
Daya tahan baterai8 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor13,3 inci
3
CPUCore i7-1065G7
Memori16 GB
Daya tahan baterai15 jam
Terminal HDMITidak tersedia
Ukuran monitor14 inci
2

MicrosoftSurface Pro (5th Gen) with LTE Advanced

Mulai dari Rp 12.750.000,00

CPUCore i5-7300U
Memori8 GB
Daya tahan baterai13,5 jam
Terminal HDMITidak tersedia
Ukuran monitor12,3 inci
1

Acer Swift 3 Acer Day Edition (SF314-54G) | Intel Core I5-8250U

Mulai dari Rp 8.450.000,00

CPUCore i5-8250U
Memori4 GB
Daya tahan baterai12 jam
Terminal HDMITersedia
Ukuran monitor14 inci

Tabel perbandingan produk laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains

Gambar produk
1
Acer  Swift 3 Acer Day Edition (SF314-54G) | Intel Core I5-8250U 1

Acer

2
Microsoft Surface Pro (5th Gen) with LTE Advanced 1

Microsoft

3
Lenovo Yoga S740 (14) 1

Lenovo

4
Xiaomi Mi Laptop Air 1

Xiaomi

5
ASUS VivoBook Ultra K403FA 1

ASUS

6
HP Joy XGen 14S-DQ1013TU 1

HP

7
ASUS  VivoBook 14 A442UQ 1

ASUS

8
Dell Inspiron 15 5593 Laptop with narrow border 1

Dell

9
Acer Aspire 5 (A515-52G) | Intel Core I5-8265U | Black 1

Acer

10
Lenovo Ideapad 320s (13") 1

Lenovo

Nama produk

Swift 3 Acer Day Edition (SF314-54G) | Intel Core I5-8250U

Surface Pro (5th Gen) with LTE Advanced

Yoga S740 (14)

Mi Laptop Air

VivoBook Ultra K403FA

Joy XGen 14S-DQ1013TU

VivoBook 14 A442UQ

Inspiron 15 5593 Laptop with narrow border

Aspire 5 (A515-52G) | Intel Core I5-8265U | Black

Ideapad 320s (13")

Keunggulan

Memori bisa di-upgrade, multitasking, siapa takut?

Fanless cooling system, belajar pun lebih fokus

Laptop canggih dengan prosesor generasi kesepuluh

Fast charging, cukup 30 menit untuk isi 50% baterai

Baterai tahan 24 jam, tidak perlu bawa charger, deh!

Kerja sistem makin efektif dengan adanya Intel Optane

Baterai litium-polimer, 3 kali lebih kuat dari litium biasa

Storage SSD! Waktu start-up jadi cepat!

Dapat diandalkan dalam komputasi grafis dan AutoCAD

Sudah dibekali OS Windows! Tidak repot install OS lagi!

Harga mulai dariRp 8.450.000,00Rp 12.750.000,00Rp 15.899.000,00Rp 11.555.000,00Rp 7.290.000,00Rp 6.853.000,00Rp 9.925.000,00Rp 13.750.000,00Rp 8.099.000,00Rp 10.615.000,00
CPUCore i5-8250UCore i5-7300UCore i7-1065G7Core i5-6200UCore i3-8145UCore i3-1005G1Core i7-7500UCore i7-1065G7Core i5-8265UCore i5-8250U
Memori4 GB8 GB16 GB8 GB4 GB4 GB8 GB8 GB4 GB8 GB
Daya tahan baterai12 jam 13,5 jam15 jam8 jam24 jamTidak diketahui5 jam2,5-3 jam7 jam6 jam
Terminal HDMITersediaTidak tersediaTidak tersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersediaTersedia
Ukuran monitor14 inci12,3 inci14 inci13,3 inci14 inci14 inci14 inci15,6 inci15,6 inci13,3 inci
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesoris dan perlengkapan laptop lainnya di sini

Pada umumnya, laptop ditemani dengan berbagai aksesoris dan perlengkapan untuk menunjang lancarnya pekerjaan Anda. Kami menyiapkan beberapa rekomendasi untuk Anda, seperti cooling pad, wireless mouse, flash disk, dan lainnya. Temukan rekomendasi terbaik kami melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan poin-poin dalam memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains. Bagaimana menurut Anda? Laptop bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang mendasar bagi mahasiswa, khususnya rumpun sains.


Agar tepat guna, sesuaikan pilihan laptop dengan kebutuhan perkuliahan Anda. Perhatikan juga ketahanan baterai, porta HDMI, dan ukuran layarnya. Silakan gunakan penjelasan dalam artikel ini sebagai panduan Anda dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    1.936 Views
  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    202.435 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru 2021? Merk Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya. Tentunya, tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, seperti prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
    180.252 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru 2021? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini Anda menemukan beragam merk laptop di bawah 5 juta terbaru yang bagus. Beberapa di antaranya seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fitur yang tersedia pada laptop ini pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Ayo temukan laptop terbaik tahun ini dengan harga terjangkau!
    Laptop
    257.955 Views
  • 10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Terdapat banyak laptop dengan spesifikasi serta harga yang beragam. Agar aktivitas Anda tidak terganggu pilihlah laptop terbaik dengan spek yang tinggi. Banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas laptop terbaru dengan harga 4 jutaan dengan spek terbaik. Berkolaborasi dengan pakar Yosua Surojo dari software engineer, kami akan merekomendasikan laptop terbaik untuk Anda. Beberapa produk merupakan merek terkenal, seperti Acer, ASUS, HP, dan merek bagus lainnya.
    Laptop
    332.456 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop ASUS sudah diandalkan oleh berbagai kalangan. Laptop merk ASUS serinya beragam mulai dari ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, dan yang terbaru seperti Intel Core i9.Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS yang bagus, serta merekomendasikan produk terbaik. Ada VivoBook X441MA, Zenbook, ROG, dan banyak lagi. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer kami, Yosua Surojo. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Simak sampai akhir, ya!
    Laptop
    180.561 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MacBook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan MacBook sebagai salah satu merk laptop yang bagus dan terbaik. Bila Anda berminat untuk membeli MacBook, baca artikel ini hingga tuntas sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk MacBook terbaik, misalnya MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1. Kami akan mengulas produk terbaru seperti MacBook Pro 2020 dan MacBook Air 2020. Namun, produk sebelumnya seperti MacBook Air 2017 pun tersedia untuk dijadikan pilihan. Segera simak selengkapnya, ya!
    Laptop
    7.109 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori