• 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Laptop untuk Mahasiswa Sains - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, terlebih untuk mahasiswa sains. Nah, software untuk perkuliahan kadang membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus sehingga beberapa orang mungkin kesulitan menemukan laptop yang tepat. Jika Anda seorang mahasiswa sains, artikel ini ditujukan untuk Anda.

 

Kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek ternama, seperti ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Jadi, jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop untuk mahasiswa sains

Pada prinsipnya, Anda perlu memilih spesifikasi laptop berdasarkan kebutuhan Anda di kampus. Apa sajakah itu? Berikut cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar ataupun mahasiwa rumpun sains.

Pilih prosesor sesuai dengan kebutuhan

Mahasiswa sains biasanya menggunakan laptop untuk membuat laporan, melakukan penghitungan yang rumit, dan mengoperasikan software seperti CAD. Prosesor berfungsi layaknya otak. Makin banyak kepala yang mengerjakan tugas, maka makin ringan juga pengerjaan tugas tersebut. Agar tidak salah memilih laptop, Anda perlu memahami spek laptop untuk kuliah.

Intel Core i3 atau Ryzen 3, untuk membuat tugas laporan

Intel Core i3 atau Ryzen 3, untuk membuat tugas laporan

Walaupun hanya untuk membuat laporan, kami menyarankan Anda memilih laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau Ryzen 3. Software Office memang tidak memerlukan laptop berspesifikasi tinggi. Akan tetapi, membeli laptop murah dengan spesifikasi rendah bukanlah keputusan yang tepat.


Anda mungkin memerlukan Excel untuk mengolah data dan membuat grafik. Sementara itu, Anda memakai Word untuk menulis laporan dan menggunakan PowerPoint saat presentasi. Software-software yang disebutkan di atas memang tidak membuat laptop menjadi lambat. Namun, penggunaan secara simultan akan menyebabkan laptop dengan spesifikasi rendah mengalami kendala saat dioperasikan.


Pada intinya, Anda membutuhkan setidak-tidaknya Core i3 atau Ryzen 3 jika menginginkan tugas berjalan lancar. Bukan hanya itu, spesifikasi ini juga bisa diandalkan untuk menonton video dan browsing internet.

Intel Core i5 atau Ryzen 5, untuk pemrograman dan software analisis

Intel Core i5 atau Ryzen 5, untuk pemrograman dan software analisis

Software MATLAB sering dipakai untuk menganalisis data saintifik. Memiliki laptop dengan spesifikasi yang mendukung kerja software ini tentu membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah.


Spesifikasi yang direkomendasikan untuk penggunaan MATLAB adalah CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. Alternatif lainnya, gunakan laptop berprosesor AMDx86-64 dengan memori setidaknya 8 GB. Laptop dengan spesifikasi ini akan membuat pemrograman dan software analisis Anda berjalan tanpa kendala.

Intel Core i7 atau Ryzen 7, untuk mengoperasikan CAD

Intel Core i7 atau Ryzen 7, untuk mengoperasikan CAD

Mahasiswa dari jurusan teknik atau arsitektur memerlukan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi agar dapat mengoperasikan software CAD. Anda dapat menggunakan CPU Core i7 atau Ryzen 7 agar dapat menggambar model tiga dimensi. Meski harganya cukup tinggi, spesifikasi ini dibutuhkan agar software dapat berjalan dengan optimal. 


Prosesor Core i7 memiliki kemampuan yang berbeda pula menurut generasinya. Sebaiknya, Anda pilih laptop dengan prosesor di generasi ke-9 hingga ke-11. Prosesor dengan generasi terkini memiliki fitur dan performa yang lebih baik dari generasi yang sudah lalu.

Pertimbangkan juga besarnya memori RAM

Pertimbangkan juga besarnya memori RAM

Setelah mempertimbangkan prosesor, Anda juga perlu mempertimbangkan RAM. RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi yang sama seperti meja kerja. Makin luas meja kerja, maka makin besar pula kemampuan laptop untuk multi-tasking. Karena itu, pilihlah besarnya RAM sesuai kebutuhan Anda. Besaran RAM 4 GB sudah cukup untuk mengerjakan tasks dasar. Namun, jika kebutuhan pemakaiannya cukup berat, sebaiknya pilih RAM 16 GB.


Anda berencana untuk upgrade RAM di laptop atau PC? Simak dahulu rekomendasi kami untuk mendapatkan produk RAM yang paling tepat. Klik link-nya di bawah ini, ya!

Pilih baterai berdaya tahan tinggi jika mobilitas tinggi

Pilih baterai berdaya tahan tinggi jika mobilitas tinggi

Tentu Anda perlu memikirkan mengenai ketahanan baterai jika perlu membawa laptop ke kampus. Untuk hal ini, kami rekomendasikan laptop dengan daya tahan baterai 7 jam atau lebih. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir laptop kehabisan baterai saat dipakai di kampus.


Tiap jurusan memang memiliki jadwal kelasnya masing-masing. Namun, Anda bisa saja berada di kampus sejak pagi hingga sore untuk mengikuti perkuliahan seraya diwajibkan membawa laptop.


Sebagai tambahan informasi, Anda bisa memilih laptop berukuran 13 inci hingga 15 inci agar mudah membawanya. Laptop dengan ukuran ini kebanyakan tahan hingga 7 jam atau lebih. Beberapa laptop bahkan bisa digunakan hingga 14 jam. Silakan bandingkan laptop-laptop yang memiliki long battery life ini untuk lebih memastikan pilihan Anda.

Cek kelengkapan konektivitasnya

Cek kelengkapan konektivitasnya

Mahasiswa sains sering kali diminta untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Tentu akan memudahkan bila laptop dilengkapi dengan terminal HDMI. Dengan demikian, presentasi dapat dilakukan menggunakan monitor eksternal.


Beberapa laptop yang ada menggunakan miniDisplayPort, tetapi Anda jadi memerlukan conversion connector untuk menghubungkannya dengan alat lain. Sebaiknya, pilih laptop dengan terminal HDMI berukuran normal jika memungkinkan.


Selain itu, beberapa laptop modern sudah tidak dilengkapi dengan LAN connector. Walaupun mampu menggunakan WiFi, sebaiknya Anda mencari laptop dengan LAN connector. Bisa saja, jaringan WiFi tidak sekuat dibanding saat menggunakan kabel LAN. Karena itu, Anda perlu memeriksa lagi kelengkapan konektivitasnya.

Gunakan SSD untuk menghindari proses transfer data yang lamban

Gunakan SSD untuk menghindari proses transfer data yang lamban

Sebagai mahasiswa, tentu Anda sangat bergantung pada kecepatan transfer data laptop. Bayangkan apabila hendak presentasi, tetapi laptop Anda mengalami booting yang lamban. Tentu hal ini akan sangat mengganggu. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah laptop dengan SSD.


SSD memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Hal ini berpengaruh pada seberapa cepat laptop Anda booting, membuka aplikasi, dan memindahkan file. Namun, biasanya SSD memiliki harga yang mahal dibanding HDD. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan keduanya. Anda bisa mengombinasikan kecepatan SSD dan besarnya kapasitas HDD pada laptop yang sama. Untuk hal ini, pastikan laptop memiliki slot untuk HDD dan SSD.

Pilih ukuran sesuai dengan penggunaan

Bila Anda termasuk sering membawa laptop, model yang compact dan berukuran kecil adalah pilihan tepat. Meski begitu, laptop berukuran kecil kurang mendukung untuk pengoperasian software tertentu. Oleh karena itu, ukuran laptop yang Anda pilih akan bergantung pada tujuan dan kebutuhan Anda masing-masing.

Ukuran 13,3 inci: Ringan, cocok untuk menulis dan kalkulasi

Jika sebagian besar tugas Anda berkisar pada kegiatan mengetik dan menghitung, ukuran 13,3 inci sudah lebih dari cukup. Sebagai gambaran, ukuran layar 13,3 inci kurang lebih setara dengan ukuran kertas B5. Ukurannya yang kecil akan memudahkan Anda untuk menyimpan laptop ke dalam tas. Selain itu, laptop ini beratnya kurang dari 1 kg, lho. Jadi, jika Anda perlu membawa laptop setiap hari, pilihlah di antara produk-produk yang memiliki ukuran ini.

Ukuran 15,6 inci: Direkomendasikan untuk CAD dan pemrograman

Mahasiswa rumpun sains yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi bisa memilih laptop full HD berukuran 15,6 inci. Laptop ini umumnya berbobot sekitar 2 kg dan mumpuni untuk mengoperasikan software dengan load besar.


Sebagai contoh, spesifikasi yang disarankan untuk penggunaan aplikasi 3D CAD di antaranya adalah tampilan full HD. Tampilan full HD ini akan membuat penggunaan 3D CAD jadi lebih mudah. Tambahan lagi, Anda dapat bekerja lebih efisien saat mengoperasikan CAD dan pemrograman dengan laptop 15,6 inci full HD ini.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa sains

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
Apple MacBook Air 1

Apple

2
Lenovo IdeaPad  1

Lenovo

3
ACER Swift 3 SF314-511 1

ACER

4
Lenovo Thinkbook 1

Lenovo

5
ASUS VIVOBOOK ULTRA 15 OLED 1

ASUS

6
Lenovo Yoga Duet 1

Lenovo

7
Acer Aspire 5 Performance Notebook 1

Acer

8
ASUS Zenbook Duo 14  1

ASUS

9
HP Pavillion 1

HP

10
HP ENVY 1

HP

Nama produk

MacBook Air

IdeaPad

Swift 3 SF314-511

Thinkbook

VIVOBOOK ULTRA 15 OLED

Yoga Duet

Aspire 5 Performance Notebook

Zenbook Duo 14

Pavillion

ENVY

Keunggulan

Lengkapi koleksi brand Apple dengan laptop ini!

Body tipis yang ringan dibawa ke mana-mana!

Sudah tersertifikasi Intel Evo, kualitas jempolan di kelasnya

Jaga laptop dengan fitur keamanan modern

Dengan layar OLED, menggunakan CAD jauh lebih nyaman

Laptop detachable dengan pen yang sangat canggih!

Dapat menangkap sinyal dengan cepat!

Makin produktif dengan dua monitor dalam satu laptop!

Tetap dingin dan nyaman digunakan meskipun beban kerjanya tinggi

Laptop atau tablet? Nikmati keduanya!

Harga mulai dariRp 17.199.000,00Rp 5.199.000,00Rp 12.799.000,00Rp 9.700.000,00Rp 10.699.000,00Rp 20.199.000,00Rp 12.229.000,00Rp 25.599.000,00Rp 11.950.000,00Rp 12.899.000,00
ProsesorM1Ryzen 5 5500Intel® Core™ i5-1135G7 processorAMD Ryzen 3 4300UIntel® Core™ i5-1135G7Intel® Core™ i5-1135G7 processorIntel® Core™ i7-1165G7 Intel® Core™ i7-1165G7 (gen 11)Intel Core™ i5-1135G7AMD Ryzen 7 4700U octa-core (8 thread)
RAM8 GB/16 GB8 GB DDR416 GB DDR 44 GB Soldered DDR4-32008 GB DDR48 GB DDR48 GB DDR48 GB / 16 GB 4266 MHz LPDDR4x8 GB DDR416GB DDR4
Daya tahan baterai18 jam12 jam18 jam10 jam9 jam12 jam8 jam9 jam7 jam18 jam 30 menit
KonektivitasTidak disebutkanHDMIHDMIHDMI, kabel LANHDMIHDMILAN connector, HDMIHDMIHDMIHDMI
Ukuran monitor13,3 inci15,6 inci FHD14 inci14 inci FHD15,6 inci OLED FHD13 inci15,6 inci14 inci14 inci15,6 inci
Kapasitas SSD256 GB/512 GB256 GB512 GB512 GB256 GB512 GB512 GB 512 GB / 1 TB512 GB512 GB
Tautan produk
10
ProsesorAMD Ryzen 7 4700U octa-core (8 thread)
RAM16GB DDR4
Daya tahan baterai18 jam 30 menit
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor15,6 inci
Kapasitas SSD512 GB
9
ProsesorIntel Core™ i5-1135G7
RAM8 GB DDR4
Daya tahan baterai7 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor14 inci
Kapasitas SSD512 GB
8
Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 (gen 11)
RAM8 GB / 16 GB 4266 MHz LPDDR4x
Daya tahan baterai9 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor14 inci
Kapasitas SSD 512 GB / 1 TB
7

AcerAspire 5 Performance Notebook

A514-54G

Mulai dari Rp 12.229.000,00

ProsesorIntel® Core™ i7-1165G7
RAM8 GB DDR4
Daya tahan baterai8 jam
KonektivitasLAN connector, HDMI
Ukuran monitor15,6 inci
Kapasitas SSD512 GB
6
ProsesorIntel® Core™ i5-1135G7 processor
RAM8 GB DDR4
Daya tahan baterai12 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor13 inci
Kapasitas SSD512 GB
5

ASUSVIVOBOOK ULTRA 15 OLED

K513

Mulai dari Rp 10.699.000,00

ProsesorIntel® Core™ i5-1135G7
RAM8 GB DDR4
Daya tahan baterai9 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor15,6 inci OLED FHD
Kapasitas SSD256 GB
4
ProsesorAMD Ryzen 3 4300U
RAM4 GB Soldered DDR4-3200
Daya tahan baterai10 jam
KonektivitasHDMI, kabel LAN
Ukuran monitor14 inci FHD
Kapasitas SSD512 GB
3
ProsesorIntel® Core™ i5-1135G7 processor
RAM16 GB DDR 4
Daya tahan baterai18 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor14 inci
Kapasitas SSD512 GB
2
ProsesorRyzen 5 5500
RAM8 GB DDR4
Daya tahan baterai12 jam
KonektivitasHDMI
Ukuran monitor15,6 inci FHD
Kapasitas SSD256 GB
1
ProsesorM1
RAM8 GB/16 GB
Daya tahan baterai18 jam
KonektivitasTidak disebutkan
Ukuran monitor13,3 inci
Kapasitas SSD256 GB/512 GB

Baca juga rekomendasi aksesoris dan perlengkapan laptop lainnya di sini

Guna membantu mendinginkan laptop Anda, sebaiknya Anda menggunakan cooling pad. Tak hanya itu, Anda juga membutuhkan aksesoris lain untuk melengkapi kebutuhan laptop Anda. Berikut kami rekomendasikan beberapa aksesoris yang berguna untuk laptop Anda. Silakan dicek utas berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan poin-poin dalam memilih laptop untuk mahasiswa rumpun sains. Bagaimana menurut Anda? Laptop bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang mendasar bagi mahasiswa, khususnya rumpun sains. Laptop sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan kuliah, seperti membuat proyek, laporan, atau praktikum.

Agar tepat guna, sesuaikan laptop dengan kebutuhan perkuliahan Anda. Perhatikanlah juga ketahanan baterai, port HDMI dan LAN, ukuran layarnya, dan spesifikasinya. Silakan gunakan penjelasan dalam artikel ini sebagai panduan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Spesifikasi serta harganya sangat beragam. Agar aktivitas tidak terganggu, Anda tentu menginginkan laptop dengan spesifikasi terbaik. Tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga yang murah!Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih laptop murah spek tinggi. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop dari merek terkenal, seperti ASUS dan HP. Ada laptop harga 2 jutaan, 3 jutaan, 4 jutaan, sampai 5 jutaan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang.
    Laptop
  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru? Merek Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya.Tentunya tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, mulai dari prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan produk Apple ini sebagai salah satu merek laptop yang paling diminati. Bila Anda berniat untuk membeli MacBook, jangan ke mana-mana sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi MacBook yang bagus, misalnya MacBook Air 2017, MacBook Air 2020, dan MacBook Pro 2022. Dari yang menggunakan chipset M1 sampai M2, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya hingga akhir demi menemukan MacBook terbaik untuk Anda!
    Laptop
  • 10 Laptop HP Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop HP Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hewlett-Packard, yang juga biasa disebut HP merupakan produsen terkenal dalam pembuatan produk terkait komputer. Merek ini juga banyak mengeluarkan produk laptop. Beberapa seri yang dapat dijumpai ialah HP Essential, ENVY, Pavilion, Spectre, dan OMEN. Terdapat pula laptop yang bisa digunakan secara 2-in-1 dan ringkas dibawa ke mana saja.Kami akan merekomendasikan produk laptop HP terbaik yang dapat dibeli secara online. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Gunakanlah artikel ini untuk menemukan laptop HP yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Laptop
  • 10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sesuai dengan namanya, laptop 2-in-1 dapat diubah menjadi tablet dan sebaliknya. Laptop tablet terdiri dari dua tipe. Ada tipe flip yang layarnya bisa dilipat dan ada juga tipe detachable yang layarnya bisa dilepas. Beberapa produk pun menawarkan stylus pen.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih laptop yang bisa jadi tablet. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop 2-in-1 terbaik dari merek yang bagus, seperti Lenovo dan ASUS. Anda bisa menemukan produk dengan prosesor Intel Core i3, i5, hingga i7. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori