mybest
Gitar

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 5

10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]

Gitar mini memiliki senar 6 dan ukuran lebih compact sehingga lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa. Sangat cocok digunakan oleh anak-anak atau wanita yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Ada berbagai gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, harga, dan desain berbeda.


Gitar mini merek Yamaha, Cowboy, Mandalika, hingga Cort tersedia di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca!

Diperbaharui 01/09/2023
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar mini

Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli gitar mini. Silakan jadikan panduan Anda dalam memilih, ya!

1

Pilih tipe gitar mini sesuai kebutuhan Anda

Hal yang paling penting dalam memilih gitar mini adalah memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gitar mini secara umum dapat dibagi dalam tiga tipe berdasarkan strukturnya.

Gitar mini akustik, cocok bagi pemula dan anak-anak

Gitar mini akustik, cocok bagi pemula dan anak-anak
Sumber: mandalikamusic.com

Gitar mini tipe akustik direkomendasikan bagi pemula yang baru belajar bermain gitar atau sebagai perkenalan untuk anak. Gitar ini dapat digunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk bernyanyi bersama teman atau sekadar menyalurkan hobi. Anda juga bisa menggunakannya untuk berlatih sebelum beralih ke gitar berukuran normal.


Gitar akustik memiliki dua jenis senar, yaitu baja dan nilon. Produk yang lebih banyak ditemukan di pasaran biasanya adalah gitar dengan senar baja. Namun, bila Anda adalah penikmat musik klasik, pilihlah gitar bersenar nilon.

Gitar mini elektrik, untuk dimainkan bersama band

Gitar mini elektrik, untuk dimainkan bersama band

Gitar elektrik merupakan gitar yang volume suaranya dapat diatur dengan menggunakan amplifier dan pickup. Sangat cocok digunakan untuk bermain musik dalam band yang Anda bentuk. Anda bisa mencoba memainkannya dengan kecepatan tinggi atau menguji kemampuan teman dengan bermain gitar solo. Bodi yang tipis membuat gitar ini mudah dibawa dan mudah dimainkan di depan banyak orang.


Kebanyakan orang menggunakan gitar mini elektrik yang dibuat menggunakan pelat tipis. Namun, gitar elektrik semi-akustik dengan rongga di bagian dalam juga populer karena mampu menghasilkan suara yang indah. Ada begitu banyak variasi model dan warna gitar elektrik, misalnya saja Les Paul, Stratocaster, V-shapes dan sebagainya. Jangan ragu untuk memilih model dan warna yang Anda sukai, ya.

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk live performance

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk live performance

Beberapa gitar mini akustik dilengkapi dengan mikrofon dan pickup bawaan. Anda dapat memperbesar suaranya dengan menghubungkan gitar pada amplifier layaknya gitar elektrik. Gitar akustik elektrik ini sangat pas untuk pemain musik profesional yang ingin tampil secara live.


Gitar akustik elektrik umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Kabar baiknya, hal tersebut tidak berlaku untuk gitar mini akustik elektrik. Anda dapat menemukan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

2

Cek panjang neck

Cek panjang neck

Pemilihan panjang neck pada gitar mini sangatlah penting karena akan memengaruhi suara yang dihasilkan. Gitar mini umumnya memiliki neck dengan panjang bervariasi mulai dari 54–58 cm. Gitar akan makin mudah disetel dan memiliki suara makin stabil dengan makin bertambahnya panjang neck. Namun, hal tersebut akan membuat gitar jadi lebih bulky dan sulit dibawa.


Di sisi lain, bila neck-nya pendek, suara yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan nadanya pun mudah berubah. Namun, neck yang pendek memungkinkan Anda memainkan gitar dengan suara yang lebih lembut. Anda bisa memilih gitar dengan panjang neck sesuai selera dan jenis lagu yang akan Anda mainkan.


Selain itu, ukuran bodi gitar akan memengaruhi panjang neck. Berbeda panjang neck, berbeda pula cara memegang neck dan cara penyetelannya. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek poin tersebut sebelum memutuskan membeli.

3

Pastikan lebar neck cocok dengan ukuran tangan Anda

Pastikan lebar neck cocok dengan ukuran tangan Anda

Cara menekan neck gitar akan memengaruhi suara yang dihasilkan sehingga lebar neck sangat penting untuk dicek. Meski lebar standar neck umumnya 4,3 cm, ada juga produk dengan neck lebih sempit yang disebut narrow neck. Sebaiknya pilih gitar mini dengan lebar neck sesuai ukuran dan kekuatan tangan Anda.


Untuk pemula, produk narrow neck lebih direkomendasikan karena lebih mudah digenggam. Namun, terbiasa menggunakan narrow neck cenderung membuat Anda kesulitan untuk beralih ke gitar dengan lebar neck standar.


Makin sering Anda memainkan gitar, Anda pun akan makin terbiasa dengan ukuran neck-nya. Karena itu, bila berencana memainkan gitar untuk jangka panjang, pilihlah produk dengan lebar neck mendekati ukuran standar.

4

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan

Harga gitar mini memiliki rentang yang cukup lebar, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski begitu, bukan hanya harga yang perlu dipertimbangkan, tetapi juga kualitas suara dan performa gitar tersebut.


Produk dengan harga murah sering kali lebih sulit dimainkan karena senar cepat kendur dan suaranya mudah melenceng. Produk semacam itu tidak dapat digunakan dan hanya membuang-buang uang saja.


Selain itu, produk yang terlalu murah terkadang memiliki fret lebih sedikit sehingga lagu yang dapat dimainkan juga terbatas. Karena itu, bila hendak membeli secara online, pastikan Anda mengetahui kualitas dan membaca review dari pembeli lainnya.

5

Pilih signature model kesukaan Anda

Pilih signature model kesukaan Anda

Di antara berbagai produk gitar mini, ada juga produk hasil kerja sama produsen gitar dengan musisi profesional. Memiliki gitar dengan model yang sama seperti musisi favorit tentu akan membuat Anda makin bersemangat memainkannya.


Selain desainnya yang bagus, banyak signature model yang performanya menyamai gitar yang digunakan oleh musisi tersebut. Jadi, bila musisi favorit Anda memiliki produk signature model, cek spesifikasinya dan segera miliki produk tersebut.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Gitar Mini Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Gitar Mini terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 01 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis gitar
Jumlah fret
Tipe fret
Scale length
Material body
Material fiingerboard
Material neck
Tipe bridge
Tipe neck
Panjang neck
Lebar neck
Pickup
Pilihan warna/motif
Jenis body
Senar
Seri
1

Yamaha

Guitalele GL1

Yamaha Guitalele  1

Rp1.124.000

Menengah

Produk berkualitas dengan harga bersahabat

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spruce (atas), tonewood (belakang dan samping)

Rosewood

Urea

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

48 mm

Tidak diketahui

Permison brown, natural, black

Tidak diketahui

Nylon

Guitalele

2

Cowboy

Gitar Akustik GW-120

Cowboy  Gitar Akustik  1

Rp695.000

Agak Murah

Gitar mini yang pas untuk anak usia 8 sampai 10 tahun

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Sapele wood

Mahogany

Sapele wood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Brown, natural

Tidak diketahui

Steel

GW-120

3

Yamaha

School Classical Guitar CGS102A

Yamaha School Classical Guitar  1

Rp1.125.000

Menengah

Kayu meranti bikin gitar ini makin awet

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Meranti

Rosewood

Nato

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Netral

Tidak diketahui

Nylon

CGS

4

Yamaha

Gitar MiniJR2

Yamaha Gitar Mini 1

Rp1.808.000

Agak Mahal

Kombinasi spruce plus mahoni hasilkan tone yang seimbang

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spruce

Rosewood

Urea

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

43 mm

Tidak diketahui

Tobacco brown burst, natural

Tidak diketahui

Steel

JR

5

Yamaha

Gitar Akustik ElektrikAPXT2

Yamaha Gitar Akustik Elektrik 1

Rp2.724.000

Lebih Mahal

Dilengkapi pickup aktif, setel gitar pun jadi cepat dan presisi!

Gitar akustik elektrik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spruce (atas), tonewood (bawah dan samping)

Rosewood

Urea

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

43 mm

Tidak diketahui

Dark red burst, natural, black, old violin sunburst

Tidak diketahui

Steel

APXT2

6

Cowboy

Gitar Klasik CG-100

Cowboy Gitar Klasik  1

Rp750.000

Agak Murah

Berlatih gitar makin asyik tanpa takut leher gitar bergeser

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Sapele wood

Mahogany

Sapele wood

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Natural, brown

Tidak diketahui

Nylon

CG-100

7

Mandalika

Gitarlele/ Gitar Travel 6S Mandalika PremiumGL-01

Mandalika Gitarlele/ Gitar Travel 6S Mandalika Premium 1

Rp700.000

Agak Murah

Volume makin besar dengan open-pore finishing

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mahogany

Rosewood

Mahogany

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Cokelat, natural

Tidak diketahui

Nylon

GL-1NS/NT

8

Mandalika

Gitar Akustik Parlor P1-NT

Mandalika  Gitar Akustik Parlor  1

Rp600.000

Agak Murah

Ketinggian neck bisa disetel sesuai dengan keinginan

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Meranti

Meranti

Mahogany

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Natural

Tidak diketahui

Steel

P1-NT

9

Cort

Accoustic Electric AD-Mini E-OP

Cort Accoustic Electric AD-Mini E-OP 1

Rp1.774.000

Agak Mahal

Siap hadirkan nada tinggi nan bright

Gitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spruce

Merbau

Mahogany

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

43 mm

Tidak diketahui

Open pore

Tidak diketahui

Steel

AD Mini

10

Acouway

Gitarlele 28 Inch

Acouway  Gitarlele 28 Inch  1

Rp1.790.000

Agak Mahal

Bisa pakai senar sesuai kebutuhan dengan output suara yang sama

Guitar akustik

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kayu sapeli

Kayu mawar

Kayu mahoni

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

11.5 cm

Tidak diketahui

Natural

Tidak diketahui

Steel, nylon

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

YamahaGuitalele GL1

Guitalele  1
Harga referensi
Rp1.124.000
Menengah
Harga referensi
Rp1.124.000
Menengah

Produk berkualitas dengan harga bersahabat

Dengan harga yang tidak membuat kantong bolong, Anda bisa memperoleh gitar mini dengan suara jernih dan bright. Gitar mini Yamaha yang juga cocok untuk anak-anak ini dibuat dengan perpaduan kayu spruce, rosewood, dan maple

Dengan panjang keseluruhan hanya sebesar 69,8 cm, produk ini memiliki ukuran sangat compact. Anda pun makin mudah untuk membawa atau menyimpannya saat tak digunakan. Perlu diingat juga bahwa Guitalele terbaik yang kami rekomendasikan ini bukanlah ukulele, ya!
Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySpruce (atas), tonewood (belakang dan samping)
Material fiingerboardRosewood
Material neckUrea
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neck48 mm
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifPermison brown, natural, black
Jenis bodyTidak diketahui
SenarNylon
SeriGuitalele
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Cowboy Gitar Akustik GW-120

Harga referensi
Rp695.000
Agak Murah

Gitar mini yang pas untuk anak usia 8 sampai 10 tahun

Sedang mencari gitar mungil untuk anak Anda yang berusia 8 sampai 10 tahun? Nah, kami rekomendasikan gitar satu ini. Didesain dengan ukuran body 3/4 menjadikannya fit di badan anak Asia yang berusia 8 sampai 10 tahun. 


Kualitas suara juga cukup baik karena material halus yang dipakai dari sapele wood. Anda juga mudah untuk menyetem senar karena tunning pegs-nya yang cukup besar. 

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySapele wood
Material fiingerboardMahogany
Material neckSapele wood
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neckTidak diketahui
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifBrown, natural
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel
SeriGW-120
View all
No.3

YamahaSchool Classical Guitar CGS102A

Harga referensi
Rp1.125.000
Menengah

Kayu meranti bikin gitar ini makin awet

Penggunaan kayu spruce membuat suara yang dihasilkan gitar mini ini menjadi makin jernih. Gitar ini juga menggunakan material kayu meranti sehingga tidak hanya berbobot ringan, tetapi juga sangat awet. Fretboard gitar mini ini dibuat menggunakan material kayu rosewood pilihan. Suara yang dihasilkan saat Anda mainkan pun menjadi makin warm dan soft


Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati jika hendak membeli gitar seri ini. Yamaha memiliki seri yang sangat mirip dengan produk ini, yaitu CG102. Perbedaannya terletak pada ukurannya. CGS102A (produk ini) memiliki ukuran setengah kali lebih kecil dari CG102.

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodyMeranti
Material fiingerboardRosewood
Material neckNato
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neckTidak diketahui
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifNetral
Jenis bodyTidak diketahui
SenarNylon
SeriCGS
View all
No.4

YamahaGitar MiniJR2

Harga referensi
Rp1.808.000
Agak Mahal

Kombinasi spruce plus mahoni hasilkan tone yang seimbang

Ketika membeli produk ini, Anda akan memperoleh gigbag sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membelinya. Dilapisi dengan mahogany UTF (ultra thin film), gitar mini keluaran Yamaha ini terlihat sleek dan memesona. Pastinya membuat Anda makin senang memainkannya.

Apalagi, kombinasi kayu spruce plus mahoni membuat gitar ini mampu menghasilkan tone suara yang seimbang. Jadi, suara yang dikeluarkan tidak terlalu cempreng atau terlalu rendah. Bila Anda mencari gitar mini tipe akustik dengan tone yang balance, produk ini wajib Anda pertimbangkan.
Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySpruce
Material fiingerboardRosewood
Material neckUrea
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neck43 mm
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifTobacco brown burst, natural
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel
SeriJR
View all
No.5

YamahaGitar Akustik ElektrikAPXT2

Harga referensi
Rp2.724.000
Lebih Mahal

Dilengkapi pickup aktif, setel gitar pun jadi cepat dan presisi!

Bila Anda tidak ingin membuang banyak waktu untuk menyetel gitar secara presisi, gitar ini adalah solusinya. Adanya pickup aktif yang berfungsi sebagai tuner memungkinkan Anda untuk menyetel setiap senar secara tepat dalam waktu singkat.

Produk ini sudah dilengkapi gigbag sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi secara terpisah. Gitar ini juga dilengkapi dengan preamp sehingga bisa dihubungkan ke amplifier. Yamaha APXT2 menggunakan senar baja dan memiliki body cutaway yang menghasilkan nada tinggi renyah.
Jenis gitarGitar akustik elektrik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySpruce (atas), tonewood (bawah dan samping)
Material fiingerboardRosewood
Material neckUrea
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neck43 mm
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifDark red burst, natural, black, old violin sunburst
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel
SeriAPXT2
View all
No.6

CowboyGitar Klasik CG-100

Harga referensi
Rp750.000
Agak Murah

Berlatih gitar makin asyik tanpa takut leher gitar bergeser

Dengan gitar seharga di bawah satu juta ini Anda dapat merasakan kestabilan suara yang cukup baik. Hal itu berkat leher gitar yang dilengkapi sanggahan besi yang dikaitkan dengan baut. Tekanan pada fret ketika memijit chord jadi lebih kuat tanpa takut bergeser. Dengan begitu, bermain dan berlatih gitar jadi makin asyik, bukan?

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySapele wood
Material fiingerboardMahogany
Material neckSapele wood
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neckTidak diketahui
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifNatural, brown
Jenis bodyTidak diketahui
SenarNylon
SeriCG-100
View all
No.7

MandalikaGitarlele/ Gitar Travel 6S Mandalika PremiumGL-01

Harga referensi
Rp700.000
Agak Murah

Volume makin besar dengan open-pore finishing

Finishing open-pore membuat gitar mini ini makin vintage. Tidak hanya itu, finishing tersebut juga membuat resonansi suaranya meningkat sehingga mampu menghasilkan suara lebih besar. Senarnya pun terasa empuk di jari karena berbahan nilon. Cocok nih untuk dimiliki oleh Anda yang senang memainkan gitar dengan suara nyaring, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga.

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodyMahogany
Material fiingerboardRosewood
Material neckMahogany
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neckTidak diketahui
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifCokelat, natural
Jenis bodyTidak diketahui
SenarNylon
SeriGL-1NS/NT
View all
No.8

Mandalika Gitar Akustik Parlor P1-NT

Harga referensi
Rp600.000
Agak Murah

Ketinggian neck bisa disetel sesuai dengan keinginan

Untuk Anda seorang musisi atau penulis lagu yang bekerja secara mobile dan membutuhkan gitar berukuran pas, pilihlah Mandalika P1-NT. Ukurannya yang tidak sebesar gitar biasa tidak membuat kualitasnya menurun, lho! Besi tanam pada leher gitar membuatnya lebih presisi.


Anda juga bisa mengatur ketinggian fret dan senar sesuai dengan permainan dan keinginan. Frekuensi tone yang dihasilkan walhasil lebih sesuai dengan yang Anda cari. Jadi, menulis lagu pun jadi makin mudah dan praktis di mana saja Anda mau.

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodyMeranti
Material fiingerboardMeranti
Material neckMahogany
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neckTidak diketahui
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifNatural
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel
SeriP1-NT
View all
No.9

CortAccoustic Electric AD-Mini E-OP

Harga referensi
Rp1.774.000
Agak Mahal

Siap hadirkan nada tinggi nan bright

Produk ini adalah partner terbaik jika Anda butuh gitar akustik elektrik untuk memainkan berbagai nada tinggi. Anda bisa dengan bebas memainkan variasi nada tinggi maupun rendah karena gitar mini ini memiliki 19 fret.

Selain itu, kayu spruce-nya juga mempertegas kesan bright dalam tiap lantunan nada yang Anda mainkan. Ditambah dengan adanya softcase, produk ini tentu makin mudah Anda bawa ke berbagai tempat.

Jenis gitarGitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodySpruce
Material fiingerboardMerbau
Material neckMahogany
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neck43 mm
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifOpen pore
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel
SeriAD Mini
View all
No.10

Acouway Gitarlele 28 Inch

Gitarlele 28 Inch  1
Sumber: shopee.co.id
Gitarlele 28 Inch  2
Sumber: shopee.co.id
Gitarlele 28 Inch  3
Sumber: shopee.co.id
Gitarlele 28 Inch  4
Sumber: shopee.co.id
Gitarlele 28 Inch  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.790.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp1.790.000
Agak Mahal

Bisa pakai senar sesuai kebutuhan dengan output suara yang sama

Anda ingin mengeksplorasi gaya bermain dengan dua senar yang berbeda? Kami rekomendasikan gitar mini yang satu ini. Didesain dengan apik dan optimal membuatnya bisa dipasangkan kedua jenis senar, nilon, atau string. Anda tidak perlu khawatir karena suara yang dihasilkan akan tetap sama.


Terlebih, ukiran pada body-nya menambah keren looks Gitarlele 28 Inch dari Acouway ini. Otomatis Anda makin keren ketika memainkannya di depan keluarga, teman, atau juga yang terkasih.

Jenis gitarGuitar akustik
Jumlah fretTidak diketahui
Tipe fretTidak diketahui
Scale lengthTidak diketahui
Material bodyKayu sapeli
Material fiingerboardKayu mawar
Material neckKayu mahoni
Tipe bridgeTidak diketahui
Tipe neckTidak diketahui
Panjang neckTidak diketahui
Lebar neck11.5 cm
PickupTidak diketahui
Pilihan warna/motifNatural
Jenis bodyTidak diketahui
SenarSteel, nylon
SeriTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar gitar mini

Pertanyaan umum seputar gitar mini

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar gitar mini. Jika Anda masih penasaran dengan gitar mini, simak jawabannya di bawah ini!

Lebih baik gitar dengan senar baja atau nilon?

Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu jenis lagu apa yang ingin Anda pelajari atau mainkan. Jika ingin belajar musik klasik, sebaiknya Anda memilih gitar senar nilon. Jika anda ingin belajar memainkan teknik strumming, sebaiknya Anda memilih gitar senar baja.


Akan tetapi, sebenarnya dengan jenis senar apa pun Anda tetap bisa memainkan semua jenis lagu. Perbedaannya ada pada rasa dan karakter suaranya.

Setel gitar mini Anda secara berkala

Setel gitar mini Anda secara berkala

Cara menyetel gitar mini sama dengan gitar ukuran normal. Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan, tetapi untuk hasil yang lebih akurat gunakanlah tuner. Mulailah dengan menyetel senar ke-6 (senar paling tebal) kemudian lanjutkan dengan senar ke-5, ke-4 hingga senar ke-1.


Ada juga metode penyetelan nada dasar menggunakan garputala yang hanya beresonansi pada frekuensi tertentu. Namun, menyetel menggunakan tuner lebih disukai karena dapat disesuaikan dengan nada dasar lagu yang ingin dimainkan.


Fret yang pendek menjadikan gitar mini menghasilkan nada-nada yang terdengar sedikit janggal di telinga. Bukan berarti kualitas produk ini buruk, hal tersebut memang merupakan ciri khas suara gitar mini. Karena itu, nikmatilah melodi yang dihasilkan gitar mini Anda sembari tetap menyetelnya secara berkala.

5 Rekomendasi Gitar Mini terbaik

No. 1: YamahaGuitalele GL1

No. 2: Cowboy Gitar Akustik GW-120

No. 3: YamahaSchool Classical Guitar CGS102A

No. 4: YamahaGitar MiniJR2

No. 5: YamahaGitar Akustik ElektrikAPXT2

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.