• 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Gitar mini memiliki ukuran lebih compact dan lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa sehingga sangat cocok untuk anak-anak atau wanita yang rata-rata memiliki tangan berukuran kecil. Anda akan menemukan gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, dan desain berbeda.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan gitar mini berkualitas berbagai merek, seperti Yamaha, Fender, Cort, Ibanez, dan sebagainya sehingga Anda bisa saja kebingungan saat memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini terbaik. Selamat membaca dan memilih gitar mini favorit Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.610 Views
Daftar isi

Cara memilih gitar mini

Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli gitar mini. Silakan jadikan panduan Anda dalam memilih, ya!

Pilih tipe gitar mini sesuai kebutuhan Anda

Hal yang paling penting dalam memilih gitar mini adalah memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gitar mini secara umum dapat dibagi dalam 3 tipe berdasarkan strukturnya. Ketahui gitar yang ingin Anda mainkan dan pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Gitar mini akustik, cocok untuk pemula dan anak-anak

Gitar mini akustik, cocok untuk pemula dan anak-anak
Anda bisa memilih gitar mini tipe akustik bila Anda adalah pemula yang baru belajar bermain gitar atau untuk digunakan oleh anak Anda. Anda juga bisa menggunakannya untuk berlatih dan membiasakan diri sebagai transisi sebelum Anda menggunakan gitar berukuran normal. Gitar mini dapat Anda gunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk bernyanyi bersama teman Anda atau sekadar menyalurkan hobi.
Di antara gitar akustik, Anda akan menemukan gitar akustik bersenar baja dan bersenar nilon. Gitar akustik yang lebih banyak beredar biasanya adalah gitar bersenar baja. Akan tetapi, bila Anda ingin menikmati musik klasik, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba gitar mini akustik bersenar nilon saja.

Gitar mini elektrik, untuk Anda yang akan bermain band

Gitar mini elektrik, untuk Anda yang akan bermain band
Gitar elektrik merupakan gitar yang suaranya dapat diperbesar dengan menggunakan amplifier dan pickup, sangat cocok digunakan untuk bermain band dengan teman Anda. Anda juga bisa mencoba memainkannya dengan cepat dan bermain gitar solo. Body yang tipis membuatnya mudah dibawa dan berbobot ringan sehingga semakin mudah untuk Anda mainkan saat tampil di hadapan banyak orang.
Gitar mini elektrik yang padat karena dibuat menggunakan thin board banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, gitar elektrik semi-akustik yang berongga di bagian dalamnya juga populer karena mampu menghasilkan suara yang menawan. Terdapat begitu banyak variasi model dan warna gitar elektrik, misalnya model Les Paul, Stratocaster, dan sebagainya sehingga Anda juga perlu mempertimbangkan desainnya.

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk tampil live performance

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk tampil live performance
Di antara gitar mini tipe akustik, ada juga produk yang dilengkapi dengan mikrofon dan pickup bawaan. Gitar akustik elektrik seperti ini dapat diperbesar suaranya jika dihubungkan dengan amplifier layaknya gitar eletrik sehingga sangat cocok untuk Anda para profesional yang ingin memainkannya untuk tampil secara live.
Gitar akustik elektrik umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk gitar mini akustik elektrik karena ada banyak produk berkualitas tinggi dengan harga yang masih terjangkau.

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan
Memilih gitar mini dengan panjang neck yang tepat sangatlah penting karena panjang neck akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Gitar mini umumnya memiliki neck dengan panjang 540-580 mm tergantung pada masing-masing produsen. Semakin panjang neck-nya, suara yang dihasilkan pun semakin stabil. Akan tetapi, hal tersebut akan membuat gitarnya menjadi berukuran lebih besar dan sulit dibawa.
Di sisi lain, bila neck-nya pendek, suara yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan nadanya pun mudah berubah, tetapi secara keseluruhan suaranya menjadi lebih lembut. Anda bisa memilih gitar dengan panjang neck sesuai preferensi dan jenis lagu yang akan Anda mainkan. Selain itu, ukuran body gitar akan mempengaruhi panjang neck. Berbeda panjang neck, berbeda pula cara Anda memegang neck dan berpindah chord-nya. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek poin tersebut, ya!

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda
Cara menekan neck gitar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan sehingga lebar neck sangat penting untuk Anda cek. Meski lebar standar neck gitar umumnya adalah 43 mm, ada juga produk dengan neck lebih kecil yang disebut narrow neck. Anda bisa memilih gitar mini dengan lebar neck sesuai ukuran dan kekuatan tangan Anda.
Untuk pemula, produk narrow neck lebih direkomendasikan karena lebih mudah digenggam. Meski begitu, ketika sudah terbiasa ada kecenderungan pengguna narrow neck merasa kesulitan saat memainkan gitar mini dengan lebar neck standar. Semakin sering Anda memainkannya, Anda pun akan semakin terbiasa dengan ukuran neck gitarnya. Karena itu, bila Anda berencana memainkan gitar mini untuk jangka panjang, pilihlah produk dengan lebar neck mendekati ukuran standar.

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga
Harga gitar mini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski begitu, harga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Ketika memilih gitar mini, bukan hanya harga yang harus Anda perhatikan, tetapi juga kualitas suara dan performa gitar tersebut.
Produk dengan harga murah sering kali lebih sulit dimainkan karena senarnya mudah longgar dan suaranya pun mudah berubah. Hasilnya, uang Anda menjadi terbuang sia-sia. Selain itu, produk dengan harga murah biasanya memiliki jumlah fret yang lebih sedikit. Karena itu, bila Anda hendak memesannya melalui online shop, pastikan Anda sudah mengetahui kualitas dan membaca review dari penggunanya.

Pilih signature model bila Anda memang menyukainya

Pilih signature model bila Anda memang menyukainya
Di antara berbagai produk gitar mini, ada juga model yang dikembangkan produsen gitar dengan musisi profesional. Bila Anda memilih gitar mini dengan model yang sama seperti musisi favorit, tentu Anda pun akan semakin bersemangat memainkannya.
Tidak hanya desainnya yang sangat bagus, banyak signature model yang performanya menyamai gitar yang digunakan oleh musisi tersebut. Bila Anda menyukai signature model musisi favorit Anda, cek spesifikasinya secara menyeluruh dan segera miliki produk tersebut.

10 Rekomendasi gitar mini terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan 10 gitar mini terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan pilih yang paling Anda sukai dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda!

6. Cordoba Disney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP

Rp 2.580.000,00

3. Taylor Guitars Taylor Smith Baby Taylor

Rp 4.320.000,00

2. Squier Electric Guitar Mini Strat

Rp 2.890.000,00

1. Martin Guitar Steel String Backpacker Guitar

Rp 3.250.000,00

Setel gitar mini Anda secara berkala

Setel gitar mini Anda secara berkala
Cara menyetel gitar mini sama dengan gitar ukuran normal. Mari setel terlebih dahulu suara senar ke-5 dan atur suara setiap senar dengan mengacu pada suara senar kelima. Tergantung pada pabrikan, jika ada instruksi menyetel misalnya pada senar keempat, ikutilah cara tersebut dan setel hingga sesuai.
Gitar mini memiliki senar pendek sehingga agak sulit untuk mendapatkan suara yang tepat dan setelannya bisa berubah saat Anda mainkan. Bukan berarti kualitas produknya buruk, hal tersebut adalah karakteristiknya sebagai instrumen. Karena itu, nikmatilah saat-saat memainkan gitar mini dengan tetap menyetelnya secara berkala.

Baca juga rekomendasi gitar akustik untuk pemula di sini

Setelah Anda terbiasa berlatih menggunakan gitar mini, kini saatnya Anda beranjak ke gitar berukuran standar. Pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai gitar akustik untuk pemula yang dapat Anda pilih sebagai transisi dari gitar mini akustik. Mari simak selengkapnya dan temukan gitar akustik favorit Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan gitar mini yang paling Anda suka? Ketika memilih gitar mini, Anda perlu memilih tipe sesuai kebutuhan Anda, baik tipe elektrik, akustik, maupun akustik elektrik. Anda juga perlu mengecek lebar dan panjang neck gitar tersebut.
Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan dibandingkan harga agar Anda puas memainkannya. Bila Anda suka, Anda juga bisa memilih signature model, lho! Pilihlah produk favorit Anda dan nikmati lantunan nada-nada yang dihasilkannya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    22.981 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Musik
    9.648 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    5.250 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    5.474 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    3.703 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    5.419 Views
  • 10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Headphone Sony Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Headphone Sony memang kerap membuat penggemar musik tergila-gila. Sony selalu mengeluarkan berbagai headphone baru yang dibekali teknologi canggih hasil riset terkini. Namun, banyaknya pilihan seri dan model membuat sebagian orang merasa kesulitan dalam memilihnya.Selain model yang sudah cukup populer, seperti WH-1000XM3 dan MDR-XB950, ada banyak pilihan model lain yang dapat dipilih. Untuk itu, simaklah informasi mengenai tipe, spesifikasi, maupun cara memilih, serta rekomendasi headphone Sony di bawah ini!
    Musik
    772 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori