10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gitar mini memiliki ukuran lebih compact dan lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa sehingga sangat cocok untuk anak-anak atau wanita yang rata-rata memiliki tangan berukuran kecil. Anda akan menemukan gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, dan desain berbeda.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan gitar mini berkualitas berbagai merek, seperti Yamaha, Fender, Cort, Ibanez, dan sebagainya sehingga Anda bisa saja kebingungan saat memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini terbaik. Selamat membaca dan memilih gitar mini favorit Anda!

Daftar isi

Cara memilih gitar mini

Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli gitar mini. Silakan jadikan panduan Anda dalam memilih, ya!

Pilih tipe gitar mini sesuai kebutuhan Anda

Hal yang paling penting dalam memilih gitar mini adalah memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gitar mini secara umum dapat dibagi dalam 3 tipe berdasarkan strukturnya. Ketahui gitar yang ingin Anda mainkan dan pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Gitar mini akustik, cocok untuk pemula dan anak-anak

Gitar mini akustik, cocok untuk pemula dan anak-anak

Anda bisa memilih gitar mini tipe akustik bila Anda adalah pemula yang baru belajar bermain gitar atau untuk digunakan oleh anak Anda. Anda juga bisa menggunakannya untuk berlatih dan membiasakan diri sebagai transisi sebelum Anda menggunakan gitar berukuran normal. Gitar mini dapat Anda gunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk bernyanyi bersama teman Anda atau sekadar menyalurkan hobi.

Di antara gitar akustik, Anda akan menemukan gitar akustik bersenar baja dan bersenar nilon. Gitar akustik yang lebih banyak beredar biasanya adalah gitar bersenar baja. Akan tetapi, bila Anda ingin menikmati musik klasik, kami merekomendasikan Anda untuk mencoba gitar mini akustik bersenar nilon saja.

Gitar mini elektrik, untuk Anda yang akan bermain band

Gitar mini elektrik, untuk Anda yang akan bermain band

Gitar elektrik merupakan gitar yang suaranya dapat diperbesar dengan menggunakan amplifier dan pickup, sangat cocok digunakan untuk bermain band dengan teman Anda. Anda juga bisa mencoba memainkannya dengan cepat dan bermain gitar solo. Body yang tipis membuatnya mudah dibawa dan berbobot ringan sehingga semakin mudah untuk Anda mainkan saat tampil di hadapan banyak orang.

Gitar mini elektrik yang padat karena dibuat menggunakan thin board banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, gitar elektrik semi-akustik yang berongga di bagian dalamnya juga populer karena mampu menghasilkan suara yang menawan. Terdapat begitu banyak variasi model dan warna gitar elektrik, misalnya model Les Paul, Stratocaster, dan sebagainya sehingga Anda juga perlu mempertimbangkan desainnya.

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk tampil live performance

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk tampil live performance

Di antara gitar mini tipe akustik, ada juga produk yang dilengkapi dengan mikrofon dan pickup bawaan. Gitar akustik elektrik seperti ini dapat diperbesar suaranya jika dihubungkan dengan amplifier layaknya gitar eletrik sehingga sangat cocok untuk Anda para profesional yang ingin memainkannya untuk tampil secara live.

Gitar akustik elektrik umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk gitar mini akustik elektrik karena ada banyak produk berkualitas tinggi dengan harga yang masih terjangkau.

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan

Memilih gitar mini dengan panjang neck yang tepat sangatlah penting karena panjang neck akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Gitar mini umumnya memiliki neck dengan panjang 540-580 mm tergantung pada masing-masing produsen. Semakin panjang neck-nya, suara yang dihasilkan pun semakin stabil. Akan tetapi, hal tersebut akan membuat gitarnya menjadi berukuran lebih besar dan sulit dibawa.

Di sisi lain, bila neck-nya pendek, suara yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan nadanya pun mudah berubah, tetapi secara keseluruhan suaranya menjadi lebih lembut. Anda bisa memilih gitar dengan panjang neck sesuai preferensi dan jenis lagu yang akan Anda mainkan. Selain itu, ukuran body gitar akan mempengaruhi panjang neck. Berbeda panjang neck, berbeda pula cara Anda memegang neck dan berpindah chord-nya. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek poin tersebut, ya!

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda

Cara menekan neck gitar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan sehingga lebar neck sangat penting untuk Anda cek. Meski lebar standar neck gitar umumnya adalah 43 mm, ada juga produk dengan neck lebih kecil yang disebut narrow neck. Anda bisa memilih gitar mini dengan lebar neck sesuai ukuran dan kekuatan tangan Anda.

Untuk pemula, produk narrow neck lebih direkomendasikan karena lebih mudah digenggam. Meski begitu, ketika sudah terbiasa ada kecenderungan pengguna narrow neck merasa kesulitan saat memainkan gitar mini dengan lebar neck standar. Semakin sering Anda memainkannya, Anda pun akan semakin terbiasa dengan ukuran neck gitarnya. Karena itu, bila Anda berencana memainkan gitar mini untuk jangka panjang, pilihlah produk dengan lebar neck mendekati ukuran standar.

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga

Harga gitar mini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski begitu, harga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Ketika memilih gitar mini, bukan hanya harga yang harus Anda perhatikan, tetapi juga kualitas suara dan performa gitar tersebut.

Produk dengan harga murah sering kali lebih sulit dimainkan karena senarnya mudah longgar dan suaranya pun mudah berubah. Hasilnya, uang Anda menjadi terbuang sia-sia. Selain itu, produk dengan harga murah biasanya memiliki jumlah fret yang lebih sedikit. Karena itu, bila Anda hendak memesannya melalui online shop, pastikan Anda sudah mengetahui kualitas dan membaca review dari penggunanya.

Pilih signature model bila Anda memang menyukainya

Pilih signature model bila Anda memang menyukainya

Di antara berbagai produk gitar mini, ada juga model yang dikembangkan produsen gitar dengan musisi profesional. Bila Anda memilih gitar mini dengan model yang sama seperti musisi favorit, tentu Anda pun akan semakin bersemangat memainkannya.

Tidak hanya desainnya yang sangat bagus, banyak signature model yang performanya menyamai gitar yang digunakan oleh musisi tersebut. Bila Anda menyukai signature model musisi favorit Anda, cek spesifikasinya secara menyeluruh dan segera miliki produk tersebut.

10 Rekomendasi gitar mini terbaik

Sekarang, saatnya kami memperkenalkan 10 gitar mini terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan pilih yang paling Anda sukai dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Yamaha Guitalele GL1

10. Yamaha Guitalele GL1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 650.000

Produk berkualitas dengan harga bersahabat

Bila Anda mencari gitar mini berkualitas mumpuni dengan dana terbatas, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Dengan harga yang tidak bikin kantong bolong, Anda sudah memperoleh gitar mini dengan suara yang jernih dan bright hasil perpaduan kayu spruce, rosewood, dan maple.

Dengan panjang keseluruhan hanya sebesar 69,8 cm, produk ini memiliki ukuran sangat compact sehingga semakin mudah untuk Anda bawa atau simpan saat tak digunakan. Anda pun akan semakin mudah berpindah jari saat memainkan gitar ini karena neck-nya tergolong pendek, hanya sepanjang 37,9 cm saja.

9. Yamaha School Classical Guitar CGS102A

9. Yamaha School Classical Guitar CGS102A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 850.000

Kayu meranti bikin gitar ini makin awet

Penggunaan kayu spruce membuat suara yang dihasilkan gitar mini ini menjadi semakin jernih. Gitar ini juga menggunakan material kayu meranti sehingga tidak hanya berbobot ringan, tetapi juga sangat awet. Bila Anda mencari gitar mini dengan daya tahan mumpuni untuk digunakan jangka panjang, produk ini layak diperhitungkan.

Fretboard gitar mini ini dibuat menggunakan material kayu rosewood pilihan sehingga suara yang dihasilkan saat Anda mainkan menjadi semakin warm dan soft, cocok untuk memainkan musik ballad atau berbagai lagu mellow lainnya. Tampilan produk ini juga terlihat semakin menarik karena ditambahkan glossy finishing.

8. Yamaha JR2

8. Yamaha JR2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.230.000

Kombinasi spruce plus mahoni hasilkan tone yang seimbang

Ketika Anda membeli produk ini, Anda juga akan memperoleh gigbag sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan lagi untuk membelinya. Dilapisi dengan mahogany UTF (ultra thin film), gitar mini keluaran Yamaha ini terlihat sleek dan memesona, membuat Anda semakin senang memainkannya.

Apalagi, kombinasi kayu spruce plus mahoni membuat gitar ini mampu menghasilkan tone suara yang seimbang, tidak terlalu cempreng atau terlalu rendah. Bila Anda mencari gitar mini tipe akustik dengan tone yang sangat balance untuk memainkan berbagai genre musik dan lagu favorit, produk ini wajib Anda pertimbangkan.

7. Cort Earth Mini

7. Cort Earth Mini

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.150.000

Volume makin besar dengan open-pore finishing

Finishing open-pore membuat gitar mini ini semakin vintage. Tidak hanya itu, finishing tersebut juga membuat resonansi suaranya meningkat sehingga mampu menghasilkan suara lebih besar, cocok dimiliki oleh Anda yang senang memainkan gitar dengan suara nyaring, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga.

Finishing tersebut juga diklaim membuat bobot produk ini semakin ringan sehingga Anda tak mudah pegal sekali pun memainkannya sambil berdiri dengan menggunakan strap. Anda pun akan semakin bebas memainkan variasi nada tinggi maupun rendah karena gitar mini ini memiliki 20 fret.

6. Cordoba Disney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP

6. Cordoba Disney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.580.000

Tampil unik dengan ornamen ala film Coco

Bila Anda sangat menyukai film animasi Coco atau mencari gitar mini dengan hiasan yang unik, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Bagian head dan body gitar mini ini dihiasi dengan ornamen yang terinspirasi dari film Coco dan budaya Meksiko sehingga terlihat semakin menarik dan eye-catching.

Tenang saja, seluruh hiasannya tak mudah rusak atau terhapus karena sudah diberikan finishing satin. Tidak hanya tampilannya yang menarik, suara yang dihasilkan gitar mini ini pun tak kalah impresif. Penggunaan kayu mahoni memungkinkan produk ini untuk menghasilkan suara mid-range yang merdu dan jernih.

5. Yamaha APXT2

5. Yamaha APXT2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.880.000

Pickup-nya memudahkan Anda menyetel gitar dengan cepat dan presisi

Bila Anda tidak ingin kebingungan dan membuang banyak waktu untuk menyetel gitar secara presisi, gitar mini tipe akustik elektrik ini adalah solusinya. Adanya pickup aktif yang juga berfungsi sebagai tuner memungkinkan Anda untuk menyetel setiap senar secara tepat dalam kurun waktu singkat.

Tidak hanya itu, pickup tersebut juga membuat Anda bisa mengatur tone-nya sesuai kebutuhan. Produk ini sudah dilengkapi gigbag sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi secara terpisah. Tersedia dalam 4 varian warna menarik, Anda pun semakin bebas memilih warna yang paling Anda sukai.

4. Ibanez Electric Guitars miKro GRGM21

4. Ibanez Electric Guitars miKro GRGM21

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.502.000

Fretboard berbahan New Zealand pine bikin suaranya makin stabil

Dengan neck setebal 1,95 cm pada fret 1 dan 2,15 cm pada fret 12, Anda akan semakin mudah berpindah fret dengan cepat dan akurat, fingering atau tapping pun bukan lagi perkara sulit ketika menggunakan gitar mini ini. Lebar neck-nya pun tidak kekecilan atau kebesaran, sangat nyaman digenggam tangan Anda.

Dilengkapi dengan fretboard yang dibuat dari New Zealand pine, gitar ini mampu menghasilkan suara yang warm dan bulat. Tidak hanya itu, material tersebut juga membuat suara yang dihasilkan menjadi semakin stabil, sangat cocok untuk Anda yang senang melakukan sustain baik saat bermain solo atau bersama band.

3. Taylor Guitars Taylor Smith Baby Taylor

3. Taylor Guitars Taylor Smith Baby Taylor

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.320.000

Signature model Taylor Swift dengan tampilan sangat artistik

Bila Anda adalah penggemar Taylor Swift atau sekadar mencari gitar mini tipe akustik dengan tampilan yang manis sekaligus artistik, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Hiasan rosette pada bagian body-nya terlihat minimalis sekaligus cantik, membuat produk ini semakin indah dan artistik.

Tidak hanya itu, adanya tanda tangan Taylor Swift dibawah hiasan rosette tersebut membuat gitar mini ini semakin layak untuk Anda koleksi. Apalagi, kombinasi kayu sitka spruce plus sapele-nya membuat produk ini mampu menghasilkan nada rendah maupun tinggi yang lembut dan enak didengar telinga.

2. Squier Electric Guitar Mini Strat

2. Squier Electric Guitar Mini Strat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.890.000

Single coil pickup bikin produk ini makin versatile

Hadir dengan tampilan ikonik ala gitar Stratocaster, gitar mini ini terlihat sangat eksklusif dan berkelas saat Anda bawa atau gunakan di panggung. Desain hardtail plus warna chrome pada bridge-nya menambah aura klasik gitar ini. Dilengkapi dengan five-way switch, Anda pun semakin bebas mengatur tone sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, gitar mini ini juga dilengkapi dengan single-coil pickup sehingga mampu memberi Anda lantunan nada yang tegas dan renyah, cocok digunakan untuk musik rock atau bahkan blues. Bila Anda mencari gitar mini tipe elektrik yang mampu menghasilkan nada-nada dinamis pada berbagai genre musik, ini dia jawabannya!

1. Martin Guitar Steel String Backpacker Guitar

1. Martin Guitar Steel String Backpacker Guitar

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.250.000

Gitar mini super compact yang sangat mudah dimainkan

Bila Anda mencari gitar mini yang sangat mudah dimainkan bahkan oleh pemula sekali pun, produk ini adalah jawaban terbaik. Desainnya yang ramping dan super compact membuat bobotnya menjadi sangat ringan sehingga tangan Anda pun tidak cepat lelah dan bisa berpindah fret dengan lincah dan presisi.

Tidak hanya itu, desainnya yang ramping juga memudahkan Anda untuk memainkan nada-nada tinggi bahkan hingga di ujung fret-nya sekali pun, mantap! Produk super compact ini juga tidak membutuhkan banyak tempat penyimpanan sehingga Anda bisa dengan mudah membawanya ke mana pun Anda mau.

Setel gitar mini Anda secara berkala

Setel gitar mini Anda secara berkala

Cara menyetel gitar mini sama dengan gitar ukuran normal. Mari setel terlebih dahulu suara senar ke-5 dan atur suara setiap senar dengan mengacu pada suara senar kelima. Tergantung pada pabrikan, jika ada instruksi menyetel misalnya pada senar keempat, ikutilah cara tersebut dan setel hingga sesuai.

Gitar mini memiliki senar pendek sehingga agak sulit untuk mendapatkan suara yang tepat dan setelannya bisa berubah saat Anda mainkan. Bukan berarti kualitas produknya buruk, hal tersebut adalah karakteristiknya sebagai instrumen. Karena itu, nikmatilah saat-saat memainkan gitar mini dengan tetap menyetelnya secara berkala.

Baca juga rekomendasi gitar akustik untuk pemula di sini

Setelah Anda terbiasa berlatih menggunakan gitar mini, kini saatnya Anda beranjak ke gitar berukuran standar. Pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai gitar akustik untuk pemula yang dapat Anda pilih sebagai transisi dari gitar mini akustik. Mari simak selengkapnya dan temukan gitar akustik favorit Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan gitar mini yang paling Anda suka? Ketika memilih gitar mini, Anda perlu memilih tipe sesuai kebutuhan Anda, baik tipe elektrik, akustik, maupun akustik elektrik. Anda juga perlu mengecek lebar dan panjang neck gitar tersebut.

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan dibandingkan harga agar Anda puas memainkannya. Bila Anda suka, Anda juga bisa memilih signature model, lho! Pilihlah produk favorit Anda dan nikmati lantunan nada-nada yang dihasilkannya.