• 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gitar Mini Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Gitar mini memiliki ukuran lebih compact dan lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa. Sangat cocok digunakan oleh anak-anak atau wanita yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Ada berbagai gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, dan desain berbeda.


Gitar mini dengan merek berkualitas, seperti Yamaha, Fender, Cort, Ibanez tersedia di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Selamat membaca dan memilih gitar mini favorit Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar mini

Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli gitar mini. Silakan jadikan panduan Anda dalam memilih, ya!

Pilih tipe gitar mini sesuai kebutuhan Anda

Hal yang paling penting dalam memilih gitar mini adalah memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gitar mini secara umum dapat dibagi dalam tiga tipe berdasarkan strukturnya. Ketahui tipe gitar yang ingin Anda mainkan dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Gitar mini akustik, cocok bagi pemula dan anak-anak

Gitar mini akustik, cocok bagi pemula dan anak-anak

Gitar mini tipe akustik direkomendasikan bagi pemula yang baru belajar bermain gitar atau sebagai perkenalan untuk anak. Gitar ini dapat digunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk bernyanyi bersama teman atau sekadar menyalurkan hobi. Anda juga bisa menggunakannya untuk berlatih sebelum beralih ke gitar berukuran normal.


Gitar akustik memiliki dua jenis senar, yaitu baja dan nilon. Produk yang lebih banyak ditemukan di pasaran biasanya adalah gitar dengan senar baja. Akan tetapi, bila Anda adalah penikmat musik klasik, pilihlah gitar bersenar nilon.

Gitar mini elektrik, untuk dimainkan bersama band

Gitar mini elektrik, untuk dimainkan bersama band

Gitar elektrik merupakan gitar yang volume suaranya dapat diatur dengan menggunakan amplifier dan pickup. Sangat cocok digunakan untuk bermain musik dalam band yang Anda bentuk. Anda bisa mencoba memainkannya dengan kecepatan tinggi atau menguji kemampuan teman dengan bermain gitar solo. Bodi yang tipis membuat gitar ini mudah dibawa dan mudah dimainkan di depan banyak orang.


Kebanyakan orang menggunakan gitar mini elektrik yang dibuat menggunakan plat tipis. Namun, gitar elektrik semi-akustik dengan rongga di bagian dalam juga populer karena mampu menghasilkan suara yang indah. Ada begitu banyak variasi model dan warna gitar elektrik, misalnya saja Les Paul, Stratocaster, V-shapes dan sebagainya. Jangan ragu untuk memilih model dan warna yang Anda sukai, ya.

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk live performance

Gitar akustik elektrik, pilihan tepat untuk live performance

Beberapa gitar mini akustik dilengkapi dengan mikrofon dan pickup bawaan. Anda dapat memperbesar suaranya dengan menghubungkan gitar pada amplifier layaknya gitar elektrik. Gitar akustik elektrik ini sangat pas untuk pemain musik profesional yang ingin tampil secara live.


Gitar akustik elektrik umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Kabar baiknya, hal tersebut tidak berlaku untuk gitar mini akustik elektrik. Anda dapat menemukan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan

Pilih gitar dengan panjang neck sesuai suara yang diinginkan

Pemilihan panjang neck pada gitar mini sangatlah penting karena akan memengaruhi suara yang dihasilkan. Gitar mini umumnya memiliki neck dengan panjang bervariasi mulai dari 54-58 cm. Gitar akan makin mudah disetel dan memiliki suara makin stabil dengan makin bertambahnya panjang neck. Akan tetapi, hal tersebut akan membuat gitar jadi lebih bulky dan sulit dibawa.


Di sisi lain, bila neck-nya pendek, suara yang dihasilkan menjadi lebih kecil dan nadanya pun mudah berubah. Akan tetapi, neck yang pendek memungkinkan Anda memainkan gitar dengan suara yang lebih lembut. Anda bisa memilih gitar dengan panjang neck sesuai selera dan jenis lagu yang akan Anda mainkan.


Selain itu, ukuran bodi gitar akan memengaruhi panjang neck. Berbeda panjang neck, berbeda pula cara memegang neck dan cara penyetelannya. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek poin tersebut sebelum memutuskan membeli.

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda

Pilih gitar dengan lebar neck sesuai ukuran tangan Anda

Cara menekan neck gitar akan memengaruhi suara yang dihasilkan sehingga lebar neck sangat penting untuk dicek. Meski lebar standar neck umumnya 4,3 cm, ada juga produk dengan neck lebih sempit yang disebut narrow neck. Sebaiknya pilih gitar mini dengan lebar neck sesuai ukuran dan kekuatan tangan Anda.


Untuk pemula, produk narrow neck lebih direkomendasikan karena lebih mudah digenggam. Namun, terbiasa menggunakan narrow neck cenderung membuat Anda kesulitan untuk beralih ke gitar dengan lebar neck standar.


Makin sering Anda memainkan gitar, Anda pun akan makin terbiasa dengan ukuran neck-nya. Karena itu, bila berencana memainkan gitar untuk jangka panjang, pilihlah produk dengan lebar neck mendekati ukuran standar.

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga

Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan ketimbang harga

Harga gitar mini memiliki rentang yang cukup besar, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski begitu, bukan hanya harga yang perlu dipertimbangkan, tetapi juga kualitas suara dan performa gitar tersebut.


Produk dengan harga murah sering kali lebih sulit dimainkan karena senar cepat kendur dan suaranya mudah melenceng. Produk semacam itu tidak dapat digunakan dan hanya membuang-buang uang saja.


Selain itu, produk yang terlalu murah terkadang memiliki fret lebih sedikit sehingga lagu yang dapat dimainkan juga terbatas. Karena itu, bila hendak membeli secara online, pastikan Anda mengetahui kualitas dan membaca review dari pembeli lainnya.

Pilih signature model kesukaan Anda

Pilih signature model kesukaan Anda

Di antara berbagai produk gitar mini, ada juga produk hasil kerja sama produsen gitar dengan musisi profesional. Memiliki gitar dengan model yang sama seperti musisi favorit tentu akan membuat Anda makin bersemangat memainkannya.


Tidak hanya desainnya yang bagus, banyak signature model yang performanya menyamai gitar yang digunakan oleh musisi tersebut. Jadi, bila musisi favorit Anda memiliki produk signature model, cek spesifikasinya dan segera miliki produk tersebut.

10 Rekomendasi gitar mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
TipeAkustik
Panjang neck43,3 cm
Lebar neck± 4,8 cm
9
TipeAkustik
Panjang neck53,5 cm
Lebar neck4,8 cm
8
TipeAkustik
Panjang neck54 cm
Lebar neck± 4,3 cm
7
TipeAkustik
Panjang neck57,9 cm
Lebar neck± 4,3 cm
6

CordobaDisney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP

Mulai dari Rp 2.580.000,00

TipeAkustik
Panjang neck58 cm
Lebar neck± 4,8 cm
5
TipeAkustik elektrik
Panjang neck58 cm
Lebar neck± 4,3 cm
4
TipeElektrik
Panjang neck56,4 cm
Lebar neck4,1-5,6 cm
3

Taylor GuitarsTaylor Swift Baby Taylor (TSBT)

Mulai dari Rp 5.963.000,00

TipeAkustik
Panjang neck57,8 cm
Lebar neck± 4,3 cm
2

FenderSquier Electric Guitar Stratocaster Mini

Mulai dari Rp 2.738.000,00

TipeElektrik
Panjang neck57,8 cm
Lebar neck± 4,06 cm
1

Martin GuitarSteel String Backpacker Guitar

Mulai dari Rp 3.990.000,00

TipeAkustik
Panjang neck61 cm
Lebar neck± 4,3 cm

Tabel perbandingan produk gitar mini terbaik

Gambar produk
1
Martin Guitar Steel String Backpacker Guitar 1

Martin Guitar

2
Fender Squier Electric Guitar Stratocaster Mini  1

Fender

3
Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor (TSBT) 1

Taylor Guitars

4
Ibanez Electric Guitars PGMM31 1

Ibanez

5
Yamaha APXT2 1

Yamaha

6
Cordoba Disney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP 1

Cordoba

7
Cort Earth Mini 1

Cort

8
Yamaha JR2 1

Yamaha

9
Yamaha School Classical Guitar CGS102A 1

Yamaha

10
Yamaha Guitalele GL1 1

Yamaha

Nama produk

Steel String Backpacker Guitar

Squier Electric Guitar Stratocaster Mini

Taylor Swift Baby Taylor (TSBT)

Electric Guitars PGMM31

APXT2

Disney•Pixar Coco x Cordoba Mini SP

Earth Mini

JR2

School Classical Guitar CGS102A

Guitalele GL1

Keunggulan

Gitar mini super compact yang sangat mudah dimainkan

Single coil pickup bikin produk ini makin versatile

Signature model Taylor Swift dengan tampilan sangat artistik

Fretboard berbahan maple, hasilkan suara tajam dan jelas

Dilengkapi pickup aktif, setel gitar pun jadi cepat dan presisi!

Tampil unik dengan ornamen ala film Coco

Volume makin besar dengan open-pore finishing

Kombinasi spruce plus mahoni hasilkan tone yang seimbang

Kayu meranti bikin gitar ini makin awet

Produk berkualitas dengan harga bersahabat

Harga mulai dariRp 3.990.000,00Rp 2.738.000,00Rp 5.963.000,00Rp 1.249.000,00Rp 1.845.000,00Rp 2.580.000,00Rp 2.790.000,00Rp 1.199.000,00Rp 869.000,00Rp 2.718.100,00
TipeAkustikElektrikAkustikElektrikAkustik elektrikAkustikAkustikAkustikAkustikAkustik
Panjang neck61 cm57,8 cm57,8 cm56,4 cm58 cm58 cm57,9 cm54 cm53,5 cm43,3 cm
Lebar neck± 4,3 cm± 4,06 cm± 4,3 cm4,1-5,6 cm± 4,3 cm± 4,8 cm± 4,3 cm± 4,3 cm4,8 cm± 4,8 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar gitar mini

Pertanyaan umum seputar gitar mini

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar gitar mini. Jika Anda masih penasaran dengan gitar mini, simak jawabannya di bawah ini!

Lebih baik gitar dengan senar baja atau nilon?

Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu jenis lagu apa yang ingin Anda pelajari atau mainkan. Jika ingin belajar musik klasik, sebaiknya Anda memilih gitar senar nilon. Jika anda ingin belajar memainkan teknik strumming, sebaiknya Anda memilih gitar senar baja. Akan tetapi, sebenarnya dengan jenis senar apa pun Anda tetap bisa memainkan semua jenis lagu. Perbedaannya ada pada rasa dan karakter suaranya.

Setel gitar mini Anda secara berkala

Setel gitar mini Anda secara berkala

Cara menyetel gitar mini sama dengan gitar ukuran normal. Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan, tetapi untuk hasil yang lebih akurat gunakanlah tuner. Mulailah dengan menyetel senar ke-6 (senar paling tebal) kemudian lanjutkan dengan senar ke-5, ke-4 hingga senar ke-1.


Ada juga metode penyetelan nada dasar menggunakan garputala yang hanya beresonansi pada frekuensi tertentu. Namun, menyetel menggunakan tuner lebih disukai karena dapat disesuaikan dengan nada dasar lagu yang ingin dimainkan.


Fret yang pendek menjadikan gitar mini menghasilkan nada-nada yang terdengar sedikit janggal di telinga. Bukan berarti kualitas produk ini buruk, hal tersebut memang merupakan ciri khas suara gitar mini. Karena itu, nikmatilah melodi yang dihasilkan gitar mini Anda sembari tetap menyetelnya secara berkala.

Baca juga rekomendasi gitar akustik dan bass untuk pemula di sini

Setelah Anda terbiasa berlatih menggunakan gitar mini, kini saatnya Anda beranjak ke gitar berukuran standar. Pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai gitar akustik dan bass untuk pemula yang dapat Anda pilih. Anda dapat gunakan artikel di bawah ini untuk referensi sebagai transisi dari gitar mini akustik. Yuk, simak selengkapnya!

Kesimpulan

Sudah menemukan gitar mini yang paling Anda suka? Pilihlah tipe sesuai kebutuhan, baik elektrik, akustik, maupun akustik elektrik. Jangan lupa mengecek lebar dan panjang neck gitar tersebut, ya!


Utamakan kualitas dan kemudahan penggunaan dibandingkan harga agar puas memainkannya. Bila suka, Anda juga bisa memilih signature model, lho! Temukan produk favorit Anda sekarang juga dan nikmati lantunan nada-nadanya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 8 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Ukulele merupakan alat musik petik yang memerlukan senar yang baik dan sesuai. Namun, makin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.Kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori