mybest
Bumbu bubuk

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)

Kayu manis bubuk atau cinnamon powder adalah satu rempah dengan aroma dan rasa yang khas. Itulah sebabnya banyak orang mencampurkan bubuk kayu manis untuk kue, minuman, dan aneka masakan. Di samping itu, bubuk cinnamon juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.


Jika Anda sedang mencari kayu manis bubuk sachet ataupun kemasan botol, inilah artikel yang tepat. Anda bisa menemukan berbagai merek bubuk kayu manis yang bagus dengan beragam harga, misalnya Koepoe Koepoe dan Beorganik. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca!


Diperbaharui 14/07/2023
Nurrahma Asri S.
Pakar
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah praktisi dan pemilik usaha herbal. Ia sudah menyelesaikan pendidikan sarjana di Bioprocess Chemical Engineering, University Technology of Malaysia. Setelah itu, ia mengikuti short course Mastering Herbal Formulation dari The Herbal Academy United States. Asri menggeluti dunia rempah dan tanaman herbal sejak tahun 2015 dengan membangun UMKM Agradaya. Agradaya memproduksi minuman rempah kering berstandar BPOM obat tradisional. Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X.

Profil Nurrahma Asri S.
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa manfaat bubuk kayu manis?

Apa manfaat bubuk kayu manis?

Cinnamon atau kayu manis adalah sejenis rempah-rempah yang sering dipakai untuk membumbui masakan. Selain terkenal memiliki aroma dan rasa yang sedap, kayu manis juga menyimpan banyak nutrisi. Di dalamnya terkandung kalori, kalsium, karbohidrat, zat besi, protein, vitamin K, serat, dan lemak. Kayu manis juga mengandung antioksidan serta memiliki sifat anti-inflamasi.


Tingginya kandungan gizi pada cinnamon membuat banyak produsen mengolah batang kayu manis menjadi bubuk yang bisa langsung ditaburkan. Dengan begitu, konsumen bisa lebih mudah menikmati berbagai manfaat cinnamon powder, seperti:

  • Sebagai campuran atau taburan pada masakan, minuman, serta kue
  • Dapat digunakan sebagai masker kecantikan
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Membantu melawan infeksi pada tubuh
  • Memperbaiki metabolisme tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Sebagai pengusir serangga

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis yang beredar di pasaran sangatlah beragam. Karena itu, pada bagian ini kami akan membagikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli bubuk kayu manis. Bacalah dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan bubuk kayu manis terbaik!

1

Cek daerah produksinya

Cek daerah produksinya

Ada beberapa negara produsen kayu manis terbaik di dunia, seperti Sri Lanka, Tiongkok, Vietnam, Indonesia, dan lain-lain. Kayu manis yang populer dari Sri Lanka sering disebut sebagai kayu manis ceylon. Ciri dari ceylon kayu manis yakni memiliki aroma mewah nan lembut. Sementara itu, kayu manis dari area produksi lainnya yang memiliki aroma lebih kuat biasanya disebut cassia.


Kayu manis ceylon lebih direkomendasikan karena memiliki aroma yang lebih manis sekaligus tekstur yang lebih halus. Nah, bila Anda tertarik mencoba kayu manis ceylon, silakan perhatikan area produksinya sebelum membeli. Perlu diketahui pula, bubuk kayu manis ceylon lebih sulit ditemui di pasaran serta memiliki harga yang lebih mahal.

2

Pilih berdasarkan kegunaannya

Seperti telah dibahas sebelumnya, ada banyak manfaat bubuk kayu manis. Pilihlah cinnamon bubuk berdasarkan kegunaannya.

Bubuk kayu manis untuk wajah, dapat menyehatkan kulit dan mengusir jerawat

Bubuk kayu manis untuk wajah, dapat menyehatkan kulit dan mengusir jerawat

Siapa sangka bahwa bubuk kayu manis bisa merawat kecantikan wajah? Ya, ada beberapa manfaat kecantikan yang bisa Anda peroleh dari serbuk kayu manis, antara lain:

  • Bisa dijadikan masker wajah karena dapat membuat kulit tampak bercahaya.
  • Mengandung bahan antibakteri yang bermanfaat untuk mengusir bakteri penyebab jerawat sekaligus menyembuhkan luka di kulit.
  • Kandungan antioksidan di dalam cinnamon powder dapat menghalau radikal bebas penyebab penuaan dini.

Anda bisa mencari kayu manis serbuk yang ditujukan khusus sebagai masker wajah. Namun, Anda juga bisa mengolah bubuk kayu manis murni dengan minyak nabati yang sesuai dengan kondisi kulit, misalnya zaitun.


Pemakaiannya pun mudah, cukup campurkan bubuk kayu manis dengan minyak nabati, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat, lalu rasakan kulit yang tampak lebih halus dan bersih.

Bubuk kayu manis untuk minuman, dapat membuat tubuh lebih sehat

Bubuk kayu manis untuk minuman, dapat membuat tubuh lebih sehat

Bila Anda ingin mengonsumsi bubuk kayu manis secara praktis, cobalah mengolahnya menjadi minuman hangat yang nikmat. Dengan mengonsumsi serbuk cinnamon sebagai minuman, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga sistem pencernaan.


Anda bisa mencari bubuk kayu manis murni untuk dicampurkan dengan madu, lemon, kunyit, jahe, atau cengkih. Seduhlah dengan air hangat, lalu nikmatilah supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

Bubuk kayu manis untuk masakan, dapat memperkaya cita rasa masakan

Bubuk kayu manis untuk masakan, dapat memperkaya cita rasa masakan

Penggunaan bubuk kayu manis untuk masakan sudah dilakukan sejak lama. Fungsi kayu manis dalam masakan adalah untuk memberi cita rasa khas yang manis, tetapi sedikit pedas. Selain untuk masakan, Anda juga bisa menaburkan cinnamon powder untuk kue atau cake. Tentunya bubuk kayu manis ini akan menambah kelezatan kue Anda.

3

Utamakan bubuk kayu manis yang beraroma segar

Utamakan bubuk kayu manis yang beraroma segar

Meskipun rasanya sedikit manis, aroma kayu manis ternyata tidak disukai semut. Berbeda dengan semut, aroma segar kayu manis ternyata memberi sensasi relaksasi tersendiri bagi manusia. 


Nah, bila kayu manis powder tidak beraroma segar, Anda patut waspada karena bisa jadi ada kandungan lain di dalamnya. Bubuk kayu manis kemasan yang apak adalah pertanda bahwa kayu manis tersebut sudah lama disimpan atau pemrosesannya kurang baik. Sebaiknya Anda membaca review pembeli sebelumnya untuk mencari tahu kesegaran aroma bubuk kayu manis tersebut. 

4

Perhatikan warna bubuk kayu manis

Perhatikan warna bubuk kayu manis

Meski kayu manis kebanyakan berwarna cokelat, pada dasarnya setiap daerah menghasilkan warna kayu manis yang berbeda-beda. Ada kayu manis yang berwarna cokelat kemerahan, cokelat gelap, cokelat muda, atau kuning kemerahan.


Untuk menghasilkan aroma yang nikmat, pilihlah bubuk kayu manis berwarna cokelat kemerahan. Bubuk kayu manis ini memiliki kandungan minyak lebih banyak sehingga bisa menghasilkan aroma yang lebih harum.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi bubuk kayu manis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bubuk kayu manis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Anggana Catur Prima

Koepoe Koepoe Kayumanis Bubuk

Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Kayumanis Bubuk 1

Mulai dari Rp5.500,00

Agak Murah

Bubuk kayu manis dengan masa simpan lebih lama

2

Wikarta Sari

Cap Pohon Mangga Bubuk Kayu Manis

Wikarta Sari Cap Pohon Mangga Bubuk Kayu Manis 1

Mulai dari Rp800,00

Lebih Murah

Isi paling sedikit, paling cocok untuk coba-coba

3

Hasil Tjandra Jaya

Yutakachi Kayu Manis Bubuk

Hasil Tjandra Jaya Yutakachi Kayu Manis Bubuk 1

Mulai dari Rp4.500,00

Agak Murah

Harga bubuk kayu manis paling hemat di kantong!

4

Jay's Kitchen

Cinnamon Ground (Kayu Manis Bubuk)

Jay's Kitchen Cinnamon Ground (Kayu Manis Bubuk) 1

Mulai dari Rp17.000,00

Menengah

Buat kue dan dessert makin menggugah selera

5

Beorganik

Cinnamon Powder / Kayu Manis Bubuk

Beorganik Cinnamon Powder / Kayu Manis Bubuk 1

Mulai dari Rp15.000,00

Menengah

Bikin pojok dapur menjadi lebih cantik dengan kemasannya

6

Herbilogy

Cinnamon (Kayu Manis) Extract Powder

Herbilogy Cinnamon (Kayu Manis) Extract Powder 1

Mulai dari Rp95.000,00

Agak Mahal

Mudah larut sempurna dalam air tanpa menyisakan ampas

7

Lemonilo

Rempah Bubuk Kayu Manis (Ground Cinnamon)

Lemonilo Rempah Bubuk Kayu Manis (Ground Cinnamon) 1

Mulai dari Rp17.000,00

Menengah

Usir bau amis pada masakan dengan rasa cinnamon powder yang kuat

8

Mata Gunung Alzator

East Java & Co Organic Ground Cinnamon

Mata Gunung Alzator  East Java & Co Organic Ground Cinnamon 1

Mulai dari Rp40.000,00

Agak Mahal

Nikmati rasa kayu manis bubuk organik dari petani lokal

9

Health Paradise

Organic Ceylon Cinnamon Powder

Health Paradise  Organic Ceylon Cinnamon Powder 1

Mulai dari Rp100.000,00

Lebih Mahal

Hasilkan kudapan lebih lezat dan sehat dengan bubuk kayu manis ceylon organik

10

La Fancy Foods

Kayu Manis Bubuk

La Fancy Foods Kayu Manis Bubuk 1

Mulai dari Rp9.000,00

Menengah

Memasak lebih rapi berkat keberadaan dua model lubang

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe Kayumanis Bubuk

Koepoe Koepoe Kayumanis Bubuk 1
Sumber: koepoekoepoe.com
Koepoe Koepoe Kayumanis Bubuk 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.500,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.500,00
Agak Murah

Bubuk kayu manis dengan masa simpan lebih lama

Keunikan dari bubuk kayu manis Koepoe Koepoe terletak pada masa simpannya yang tergolong lama. Dengan begitu, produk olahan kayu manis ini tidak akan mudah apak. 


Itu semua berkat pemakaian kayu manis asli yang telah dikeringkan sebelum memasuki proses produksi. Anda yang hanya sesekali menggunakan produk kayu manis sebagai tambahan makanan atau minuman bisa menstok cinnamon powder Koepoe Koepoe.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Wikarta SariCap Pohon Mangga Bubuk Kayu Manis

Cap Pohon Mangga Bubuk Kayu Manis 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp800,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp800,00
Lebih Murah

Isi paling sedikit, paling cocok untuk coba-coba

Kayu manis bubuk sachet ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan produk lainnya. Karena itu, merek kayu manis bubuk ini sangat pas untuk Anda yang baru pertama kali mencoba cinnamon powder. Anda pun tak perlu khawatir bakal membuang banyak isinya bila kurang menyukai aroma atau rasa kayu manis bubuk.

No.3

Hasil Tjandra JayaYutakachi Kayu Manis Bubuk

Yutakachi Kayu Manis Bubuk 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.500,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.500,00
Agak Murah

Harga bubuk kayu manis paling hemat di kantong!

Harga kayu manis bubuk merek Yutakachi ini adalah yang termurah di pasaran. Karena itu, produk ini layak dijadikan pilihan oleh Anda yang sedang menghemat pengeluaran. 


Selain itu, kayu manis bubuk ini juga menawarkan ukuran kemasan yang paling besar, hingga 1 kilogram. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi Anda yang jumlah konsumsi bubuk kayu manisnya tergolong tinggi.

No.4

Jay's KitchenCinnamon Ground (Kayu Manis Bubuk)

Harga referensi
Mulai dari Rp17.000,00
Menengah

Buat kue dan dessert makin menggugah selera

Jay's Kitchen Cinnamon Ground menawarkan aroma dan rasa manis yang tergolong kuat. Tak heran jika produk ini sangat cocok dijadikan campuran ataupun taburan pada kue dan dessert


Anda bisa menaburkannya pada klappertaart, cinnamon rolls, aneka bolu, hingga cookies. Anda yang gemar membuat olahan kue-kue manis wajib untuk selalu menyediakan bubuk kayu manis ini di dapur.

No.5

BeorganikCinnamon Powder / Kayu Manis Bubuk

Harga referensi
Mulai dari Rp15.000,00
Menengah

Bikin pojok dapur menjadi lebih cantik dengan kemasannya

Apabila Anda mengutamakan keindahan interior ruangan, pemilihan bubuk cinnamon dari Beorganik ini merupakan langkah yang tepat. Dengan desain kemasan yang cantik dan aesthetic, kayu manis bubuk ini akan tampak apik saat diletakkan di sudut dapur. Keberadaan bumbu dapur ini pun tak hanya berguna untuk memasak, tetapi juga bisa menunjang tampilan interior ruangan.

No.6

HerbilogyCinnamon (Kayu Manis) Extract Powder

Harga referensi
Mulai dari Rp95.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp95.000,00
Agak Mahal

Mudah larut sempurna dalam air tanpa menyisakan ampas

Jika Anda mencari kenyamanan saat minum segelas minuman sehat, cobalah bubuk kayu manis untuk minuman ini. Kayu manis bubuk merek Herbilogy ini mampu larut dengan sempurna dalam air tanpa menyisakan ampas. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keseluruhan seduhan minuman sehat tanpa sisa.


Produk ini juga memanfaatkan kayu manis asal Jawa Timur yang telah teruji tidak mengalami rekayasa genetika sebagai bahan baku. Tak heran bila kandungan nutrisinya masih utuh dan lengkap.

No.7

LemoniloRempah Bubuk Kayu Manis (Ground Cinnamon)

Harga referensi
Mulai dari Rp17.000,00
Menengah

Usir bau amis pada masakan dengan rasa cinnamon powder yang kuat

Lemonilo Rempah Bubuk Kayu Manis ditujukan untuk Anda yang senang berkreasi dengan berbagai jenis masakan. Aroma dan rasa cinnamon powder ini sangat kuat dan khas sehingga dapat menghilangkan bau amis yang menempel pada masakan. Itu semua karena penggunaan 100% kayu manis lokal tanpa tambahan pewarna ataupun perasa.

No.8

Mata Gunung Alzator East Java & Co Organic Ground Cinnamon

Harga referensi
Mulai dari Rp40.000,00
Agak Mahal

Nikmati rasa kayu manis bubuk organik dari petani lokal

Keunikan produk kayu manis ini terletak pada penggunaan jenis kayu manis organik yang dibudidayakan di Sumatra. Tak hanya sampai di situ, bubuk kayu manis ini bahkan telah mendapatkan tiga sertifikasi organik internasional.

Ditambah dengan kemasan botol kaca, pure cinnamon powder ini memang terlihat lebih premium. Karena itu, bila Anda ingin mencicipi kenikmatan olahan kayu manis lokal berstandar internasional, produk ini adalah jawabannya.

No.9

Health Paradise Organic Ceylon Cinnamon Powder

Harga referensi
Mulai dari Rp100.000,00
Lebih Mahal

Hasilkan kudapan lebih lezat dan sehat dengan bubuk kayu manis ceylon organik

Bagi Anda yang ingin menikmati aroma lembut dari kayu manis, jatuhkanlah pilihan pada produk Health Paradise ini. Produk ini memanfaatkan serbuk kayu manis ceylon asal Sri Lanka yang terkenal akan kelembutan aroma dan rasa kayu manisnya.

Tak hanya itu, ceylon kayu manis yang digunakan pun ditanam secara organik sehingga memiliki kandungan kumarin yang lebih rendah. Jadi, siapkah Anda menyajikan kudapan yang lezat dan sehat dengan bubuk kayu manis ceylon ini?

No.10

La Fancy FoodsKayu Manis Bubuk

Harga referensi
Mulai dari Rp9.000,00
Menengah

Memasak lebih rapi berkat keberadaan dua model lubang

La Fancy Foods Kayu Manis Bubuk memanfaatkan penutup flip-top yang dapat dibuka pada kedua sisinya. Model lubang pada kedua sisi tutupnya pun berbeda, yakni besar dan kecil. 


Dengan begitu, Anda bisa mengatur jumlah produk olahan kayu manis yang ingin dikeluarkan. Tak ada alasan serbuk kayu manis akan berserakan karena menuang terlalu banyak, deh! Fitur semacam ini tentu akan sangat membantu Anda yang sering dikejar waktu saat memasak.

Baca juga rekomendasi produk bumbu dapur lainnya di sini

Apabila bumbu dapur Anda lengkap, memasak pun menjadi lebih menyenangkan. Berikut ini kami mempunyai beberapa rekomendasi bumbu dapur lain dalam bentuk bubuk, seperti bubuk kari, cabe, dan lainnya. Silakan simak penjelasannya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kayu manis merupakan rempah-rempah tradisional yang memiliki banyak nutrisi dan khasiat. Rempah ini tidak hanya lezat saat dicampurkan pada makanan ataupun minuman, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.


Poin-poin dalam artikel ini akan membantu Anda mendapatkan bubuk kayu manis yang bagus. Jadi, silakan bookmark artikelnya supaya Anda bisa dengan mudah membaca ulang saat membutuhkan rekomendasi bubuk kayu manis. Selamat mencari kayu manis bubuk yang cocok dengan kebutuhan Anda!

5 Rekomendasi Bubuk Kayu Manis terbaik

No. 1: Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe Kayumanis Bubuk

No. 2: Wikarta SariCap Pohon Mangga Bubuk Kayu Manis

No. 3: Hasil Tjandra JayaYutakachi Kayu Manis Bubuk

No. 4: Jay's KitchenCinnamon Ground (Kayu Manis Bubuk)

No. 5: BeorganikCinnamon Powder / Kayu Manis Bubuk

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Bubuk Kayu Manis Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.