• 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Alas tidur bayi biasanya digunakan untuk melapisi spring bed atau kasur supaya tidak mudah kotor. Kehadiran benda ini juga dianggap penting agar bayi bisa tidur dengan lebih nyaman. Saat ini, ada berbagai jenis alas tidur bayi yang beredar di pasaran sehingga mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih alas tidur bayi kepada Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alas tidur terbaik untuk bayi, seperti produk dari Mothercare dan Baby Bee. Yuk, baca terus artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2022
Daftar isi

Pengaruh alas tidur terhadap kenyamanan bayi

Pengaruh alas tidur terhadap kenyamanan bayi
Alas tidur bayi merupakan benda yang dibentangkan di atas tempat tidur layaknya seprai dan bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Seperti halnya alas tidur untuk orang dewasa, alas tidur bayi juga memegang peranan penting untuk membuat tidur bayi lebih nyaman. Karena itu, Anda harus memilih alas tidur terbaik supaya tidur bayi nyaman dan tidak terganggu. Saat ini, ada banyak alas tidur bayi di pasaran yang ukurannya sesuai dengan boks maupun kasur bayi.

Berbeda dengan seprai pada umumnya, alas tidur bayi biasanya hanya diletakkan begitu saja di atas tempat tidur. Saat bayi berkeringat, mengompol, atau muntah, alas tidur ini akan mencegah agar kotoran tidak langsung mengenai seprai yang bersih. Selain itu, keunggulan alas tidur bayi adalah produk semacam ini mudah dilepas untuk dibersihkan dan dicuci.


Berhubung aktivitas utama bayi adalah tidur, tentu waktu yang dihabiskan di tempat tidur menjadi lebih lama. Mengingat bahwa alas tidur akan langsung menyentuh kulit bayi, kenyamanan merupakan poin utama yang perlu diperhatikan. Jika alas tidur bayi lembut dan nyaman, buah hati Anda pun bisa tidur lebih nyenyak. Karenanya, pilihlah alas tidur yang terasa lembut di kulit bayi serta praktis untuk dicuci.

Cara memilih alas tidur untuk bayi

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih alas tidur untuk bayi. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pilihlah alas tidur yang sesuai dengan ukuran tempat tidur

Pilihlah alas tidur yang sesuai dengan ukuran tempat tidur
Alas tidur yang digunakan untuk boks bayi ukurannya berbeda dengan alas yang digunakan di kasur. Ukuran boks bayi yang beredar di pasaran sangatlah beragam. Dari dari ukuran standar yang bisa digunakan sampai usia 2 tahunan, hingga berukuran compact untuk digunakan sampai usia 1 tahunan.

Karena itu, pilihlah alas tidur yang ukurannya sesuai dengan tempat tidur yang hendak dipakai. Jika ukurannya tidak sesuai dengan tempat tidur bayi yang Anda miliki, alas tidur bayi akan mudah bergeser dan lepas. Guna menjaga agar kasur dan seprai tetap bersih, gunakanlah alas tidur yang pas dan tidak mudah bergeser.

Carilah produk yang perawatannya mudah

Seprai dan tempat tidur bayi mudah kotor karena disebabkan oleh banyak hal. Berhubung tempat tidur bayi harus tetap terjaga kebersihannya, pilihlah alas tidur yang mudah dibersihkan dan perawatannya praktis.

Pilih yang tahan air atau waterproof

Pilih yang tahan air atau waterproof
Alas tidur yang tahan air disarankan untuk melapisi kasur bayi yang baru lahir atau anak yang dalam fase toilet training. Bayi biasanya cukup sering mengotori alas tidur dengan air liur, ompol, keringat, susu tumpah, dan lain-lain. Jika alas tidurnya tidak mampu menahan air, tempat tidur bayi bisa menjadi basah atau kotor.

Di sisi lain, anak yang sudah tidak lagi memakai diapers pun terkadang bisa mengompol di malam hari. Untuk menghindari kasur menjadi basah dan pesing akibat ompol, pilihlah alas tidur waterproof atau tidak mudah menyerap air. 

Pilih yang bisa dibersihkan dengan mesin cuci

Pilih yang bisa dibersihkan dengan mesin cuci

Berhubung alas tidur bayi mudah kotor, mungkin Anda ingin mencuci alas tidur setiap hari supaya selalu bersih. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci agar bisa langsung dicuci ketika sudah kotor. Produk yang bisa dimasukkan dalam mesin pengering juga akan sangat membantu, khususnya ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

Pertimbangkan bahan yang digunakan pada alas tidur bayi

Bahan alas tidur bayi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda memilih alas tidur yang lembut, halus, dan empuk, bayi pun akan merasa nyaman saat tidur. Saat bayi merasa nyaman, ia akan tidur lelap sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan hal lain.

Bahan 100% katun, memberikan sensasi sentuhan lembut

Bahan 100% katun, memberikan sensasi sentuhan lembut
Kulit bayi sangatlah sensitif dan mudah mengalami iritasi. Berhubung alas tidur bersentuhan langsung dengan kulit bayi, sebisa mungkin pilihlah produk yang terbuat dari kain yang halus dan lembut. Alas tidur yang terbuat dari 100% katun halus merupakan pilihan yang tepat. Selain bahannya lembut dan adem di kulit, kain ini mampu menyerap dengan baik meski bayi mengeluarkan banyak keringat.

Kain katun dalam bentuk quilt atau pile yang menyerupai handuk juga bisa menjadi pilihan. Sentuhan lembut yang dihasilkannya akan membuat bayi Anda tidur dengan nyenyak.

Bahan nilon dan poliester, lebih mudah kering saat dicuci

Bahan nilon dan poliester, lebih mudah kering saat dicuci

Selain kain katun, bahan lain yang bisa dipertimbangkan adalah nilon dan poliester. Kedua jenis kain ini mudah kering setelah dicuci. Berhubung sebagian besar aktivitas bayi dilakukan di tempat tidur, alas tidur pun akan mudah kotor. Untuk itu, sebaiknya Anda memiliki alas tidur yang ukurannya tidak terlalu tebal sehingga mudah dicuci dan dikeringkan. Pastikan untuk memiliki lebih dari satu alas tidur agar Anda bisa segera menggantinya dengan yang lain saat satunya sedang dicuci.


Selain bahan-bahan di atas, ada juga alas tidur bayi dengan bahan-bahan lain yang bisa Anda temui di pasaran. Di antaranya yaitu alas tidur berahan karet alami, microfiber, flanel, fleece, dan lain-lain. Pastikan Anda memilih bahan alas tidur bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil.

Periksalah tingkat ketebalan alas tidur

Periksalah tingkat ketebalan alas tidur
Alas tidur bayi biasanya tidak hanya berupa kain tipis, melainkan diberi isian di dalamnya. Alas tidur yang empuk dan lembut ini akan membuat bayi tidur dengan nyaman. Berhubung ukurannya cukup tebal, Anda bisa menggunakannya langsung meski tidak diletakkan di atas tempat tidur. Produk ini juga bisa dijadikan alas mengganti popok atau alas untuk tidur siang.

Namun, jika bayi Anda mudah berkeringat dan sering mengompol, kami merekomendasikan alas tidur yang tipis. Alas tidur jenis ini tidak bulky dan tidak memakan tempat. Saat dicuci ia juga mudah kering.

Gantilah alas tidur sesuai dengan musim

Gantilah alas tidur sesuai dengan musim
Indonesia memang hanya mengenal dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Meski begitu, Anda perlu mengganti alas tidur sesuai dengan musimnya, lho

Pada musim kemarau yang panas, pilihlah alas tidur berbahan adem yang mampu menyerap keringat dengan baik agar bayi tidak gerah. Sedangkan pada musim penghujan atau ketika udara dingin, pilihlah alas tidur yang bisa menghangatkan, misalnya kain dengan permukaan berbulu. 


Dengan alas tidur yang sesuai, waktu istirahat bayi Anda pun akan makin berkualitas. Anda bisa membeli dan mempersiapkan alas tidur yang sesuai sebelum datangnya musim tersebut untuk menghindari produk yang sulit ditemukan.

10 Rekomendasi alas tidur terbaik untuk bayi

Sekarang, tiba saatnya kami memperkenalkan sepuluh rekomendasi alas tidur terbaik untuk bayi pilihan kami. Silakan temukan alas tidur yang paling sesuai untuk bayi Anda!

10

Lusty BunnyPerlak Bayi Baby Plain Waterproof Mat

PK-1747

Mulai dari Rp 38.800,00

Ukuran55 cm x 80 cm
Waterproof
BahanTidak disebutkan
9

Sugar BabyOrganic Healthy Cot Sheet

Mulai dari Rp 65.000,00

Ukuran90 cm x 60 cm
Waterproof
Bahan100% karet alami
8

Elephant Alas Tidur Bayi Antiair

Mulai dari Rp 117.000,00

Ukuran65 cm x 50 cm x 4 cm
Waterproof
BahanBusa dilapisi kulit sintetis
7
Ukuran75 cm x 75 cm
Waterproof
BahanMicrofiber combi waterproof
6

Baby BeeReversible Waterproof Layers

Mulai dari Rp 110.000,00

Ukuran88 cm x 75 cm
Waterproof
Bahan100% katun
5
Ukuran120 cm x 70 cm
Waterproof
BahanKatun flanel
4

MothercareChanging Mat Waterproof

Mulai dari Rp 69.000,00

Ukuran90 cm x 60 cm
Waterproof
BahanKatun (atas), lapisan waterproof (bawah)
3
Ukuran100 cm x 70 cm
Waterproof
BahanMicro polar fleece, polyurethane, poly woven (semua difabrikasi rekat menjadi selapis kain)
2
Ukuran70 cm x 90 cm
Waterproof
BahanFleece with waterproof anti-slip backing
1
Ukuran90 cm x 140 cm
WaterproofTidak disebutkan
Bahan100% katun (depan), 100% poliester 3D air mesh (belakang)

Tabel perbandingan produk alas tidur terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Petitmon Cooling Mat 1

Petitmon

2
Palmerhaus Wonderpad 1

Palmerhaus

3
Cuddle Me DryPad 1

Cuddle Me

4
Mothercare Changing Mat Waterproof 1

Mothercare

5
Carter’s Keep Me Dry Quilted Pad 1

Carter’s

6
Baby Bee Reversible Waterproof Layers 1

Baby Bee

7
Happy Day Perlak Kain Waterproof 1

Happy Day

8
Elephant  Alas Tidur Bayi Antiair 1

Elephant

9
Sugar Baby Organic Healthy Cot Sheet 1

Sugar Baby

10
Lusty Bunny Perlak Bayi Baby Plain Waterproof Mat  1

Lusty Bunny

Nama produk

Cooling Mat

Wonderpad

DryPad

Changing Mat Waterproof

Keep Me Dry Quilted Pad

Reversible Waterproof Layers

Perlak Kain Waterproof

Alas Tidur Bayi Antiair

Organic Healthy Cot Sheet

Perlak Bayi Baby Plain Waterproof Mat

Keunggulan

Bye-bye ruam! Tidur tengkurap dalam waktu lama pun tetap nyaman

Tersedia dalam beragam motif cantik, cocok untuk kado kelahiran

Berencana traveling dengan bayi? Pastikan alas tidur yang ringan dan tipis ini selalu menemani!

Bahannya mudah dicuci, cepat kering, dan adem!

Lembutnya kain katun flanel, selembut belaian ibu yang bikin bayi nyaman

Terbuat dari bahan yang adem, ideal untuk daerah tropis

Dua lapisan dengan fungsi berbeda untuk kenyamanan bayi dan keamanan kasur

Bentangkan alas bayi ini di lantai agar ibu bisa leluasa beraktivitas

Perlak karet alami yang bebas BPA dan aman untuk kulit

Menjaga seprai tetap kering saat memakaikan baju bayi seusai mandi

Harga mulai dariRp 1.200.000,00Rp 75.000,00Rp 70.000,00Rp 69.000,00Rp 71.000,00Rp 110.000,00Rp 25.000,00Rp 117.000,00Rp 65.000,00Rp 38.800,00
Ukuran90 cm x 140 cm70 cm x 90 cm100 cm x 70 cm90 cm x 60 cm120 cm x 70 cm88 cm x 75 cm75 cm x 75 cm65 cm x 50 cm x 4 cm90 cm x 60 cm55 cm x 80 cm
WaterproofTidak disebutkan
Bahan100% katun (depan), 100% poliester 3D air mesh (belakang)Fleece with waterproof anti-slip backingMicro polar fleece, polyurethane, poly woven (semua difabrikasi rekat menjadi selapis kain)Katun (atas), lapisan waterproof (bawah)Katun flanel100% katunMicrofiber combi waterproofBusa dilapisi kulit sintetis100% karet alamiTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tidur bayi lainnya di sini!

Selain alas tidur, ada juga perlengkapan tidur lainnya yang dikhususkan untuk bayi. Anda dapat membaca artikel di bawah ini untuk medapatkan referensi berbagai produk. Dengan perlengkapan tidur yang nyaman, bayi Anda bisa tidur lebih nyenyak dalam jangka waktu lebih panjang.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan alas tidur yang diinginkan? Berhubung kulit bayi sangat sensitif, pastikan Anda tidak salah dalam memilih alas tidur agar bayi terhindar dari iritasi.

Selain itu, alas tidur yang tidak tepat juga bisa menyebabkan bayi rewel di malam hari. Demi kenyamanan Anda dan buah hati, pilihlah alas tidur yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2022)
    Baby bib, baby slabber, atau celemek bayi digunakan untuk melindungi baju bayi dari air liur dan remah makanan. Kini, celemek bayi hadir dengan berbagai pilihan menarik serta terbuat dari bahan yang nyaman. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Bagi Anda yang baru memiliki bayi, memilih celemek yang bagus untuk bayi bisa menjadi hal yang membingungkan. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih celemek berdasarkan usia bayi. Selain itu, rekomendasi produk dari merek BenBen, Pigeon, Imundex, dan lainnya juga akan kami bagikan. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori