1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Alas Tidur Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Alas tidur bayi biasanya digunakan untuk melapisi spring bed atau kasur supaya tidak mudah kotor. Kehadiran benda ini juga dianggap penting agar bayi bisa tidur dengan lebih nyaman. Saat ini, ada berbagai jenis alas tidur bayi yang beredar di pasaran sehingga mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips memilih alas tidur bayi yang bagus kepada Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemui produk dari merek LustyBunny, Little Palmerhaus, dan Baby Loop. Yuk, baca terus artikel ini!
Diperbaharui 10-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Pengaruh alas tidur terhadap kenyamanan bayi

Pengaruh alas tidur terhadap kenyamanan bayi
Alas tidur bayi merupakan benda yang dibentangkan di atas tempat tidur layaknya seprai dan bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Seperti halnya alas tidur untuk orang dewasa, alas tidur bayi juga memegang peranan penting untuk membuat tidur bayi lebih nyaman.

Saat ini, ada banyak jenis alas tidur bayi di pasaran, salah satunya adalah perlak bayi. Tak hanya untuk alas tidur, perlak bayi juga dapat dijadikan sebagai alas saat mengganti popok. Lalu, apa saja keunggulan dari alas tidur bayi? Simak poin berikut ini.


  • Saat bayi berkeringat, mengompol, atau muntah, alas tidur ini akan mencegah agar kotoran tidak langsung mengenai seprai yang bersih

  • Alas tidur bayi mudah dibersihkan dan dicuci saat terkena kotoran

  • Karena rata-rata dapat dilipat, alas tidur bayi mudah dibawa bepergian.

Cara memilih alas tidur untuk bayi

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memilih alas tidur untuk bayi. Mari simak dengan saksama penjelasan selengkapnya di bawah ini!

① Sesuaikan alas tidur dengan ukuran tempat tidur bayi

Sesuaikan alas tidur dengan ukuran tempat tidur bayi
Alas tidur yang digunakan untuk boks bayi ukurannya berbeda dengan alas yang digunakan di kasur. Ukuran boks bayi yang beredar di pasaran sangatlah beragam. Anda dapat menemui boks bayi berukuran standar yang bisa digunakan sampai usia 2 tahun. Ada juga boks bayi dengan ukuran compact untuk digunakan sampai usia 1 tahun.

Karena itu, pilihlah alas tidur yang ukurannya sesuai dengan tempat tidur yang hendak dipakai. Jika ukurannya tidak sesuai dengan tempat tidur bayi yang dimiliki, alas tidur bayi akan mudah bergeser dan lepas. Guna menjaga agar kasur dan seprai tetap bersih, gunakanlah alas tidur yang pas dan tidak mudah bergeser.


Berikut ini kami sudah menyiapkan artikel yang membahas mengenai matras untuk box bayi serta box tempat tidur bayi. Apabila Anda ingin mengetahui cara memilih sekaligus rekomendasi produk-produk terbaiknya, simak dengan baik, ya!

② Carilah produk yang perawatannya mudah

Seprai dan tempat tidur bayi mudah kotor karena disebabkan oleh banyak hal. Berhubung tempat tidur bayi harus tetap terjaga kebersihannya, pilihlah alas tidur yang mudah dibersihkan dan perawatannya praktis.

Waterproof: Alas tidak akan tembus air liur, ompol, atau keringat

Waterproof: Alas tidak akan tembus air liur, ompol, atau keringat
Alas tidur yang tahan air disarankan untuk melapisi kasur bayi yang baru lahir. Pasalnya, bayi cukup sering mengotori alas tidur dengan air liur, ompol, keringat, susu tumpah, dan lain-lain. Jika alas tidurnya tidak mampu menahan air, tempat tidur bayi bisa menjadi basah atau kotor.

Anak yang dalam fase toilet training juga pas memakai alas tidur waterproof. Hal ini karena anak yang sudah tidak lagi memakai diapers terkadang bisa mengompol pada malam hari. Untuk menghindari kasur menjadi basah dan pesing akibat ompol, pilihlah alas tidur waterproof atau tidak mudah menyerap air. 

Bisa dibersihkan dengan mesin cuci: Lebih higienis setiap harinya

Bisa dibersihkan dengan mesin cuci: Lebih higienis setiap harinya

Berhubung alas tidur bayi mudah kotor, mungkin Anda ingin mencuci alas tidur setiap hari supaya selalu bersih. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci.


Dengan demikian, Anda bisa langsung mencuci alas tidur bayi ketika tampak kotor. Produk yang bisa dimasukkan dalam mesin pengering juga akan sangat membantu, khususnya ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

③ Perhatikan bahan yang digunakan pada alas tidur bayi

Bahan alas tidur bayi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda memilih alas tidur yang lembut, halus, dan empuk, bayi pun akan merasa nyaman saat tidur. Saat bayi merasa nyaman, ia akan tidur lelap sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan hal lain.

Bahan 100% katun, memberikan sensasi kelembutan

Bahan 100% katun, memberikan sensasi kelembutan
Kulit bayi sangatlah sensitif dan mudah mengalami iritasi. Berhubung alas tidur bersentuhan langsung dengan kulit bayi, sebisa mungkin pilihlah produk yang terbuat dari kain yang halus dan lembut. Alas tidur yang terbuat dari 100% katun halus merupakan pilihan yang tepat. 

Selain lembut dan adem di kulit, katun memiliki daya serap yang baik terhadap keringat. Kain katun dalam bentuk quilt atau pile yang menyerupai handuk juga bisa menjadi pilihan. Sentuhan lembut yang dihasilkannya akan membuat bayi Anda tidur dengan nyenyak.

Bahan nilon dan poliester, lebih mudah kering saat dicuci

Bahan nilon dan poliester, lebih mudah kering saat dicuci

Selain kain katun, bahan lain yang bisa dipertimbangkan adalah nilon dan poliester. Kedua jenis kain ini mudah kering setelah dicuci dan tidak mudah berbau apak. Berhubung alas tidur bayi cenderung mudah kotor, bahan dengan karakteristik seperti ini sangat bermanfaat. Sayangnya, daya serap nilon dan poliester tidak sebaik katun. 


Selain bahan-bahan di atas, ada juga alas tidur bayi dengan bahan-bahan lain yang bisa Anda temui di pasaran. Ada alas tidur berbahan karet alami, microfiber, flanel, fleece, dan lain-lain. Pastikan Anda memilih bahan alas tidur bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil.

④ Periksalah tingkat ketebalan alas tidur

Periksalah tingkat ketebalan alas tidur
Alas tidur bayi biasanya tidak hanya berupa kain tipis, melainkan diberi isian di dalamnya. Alas tidur yang empuk dan lembut ini akan membuat bayi tidur dengan nyaman. Berhubung ukurannya cukup tebal, Anda bisa menggunakannya langsung meski tidak diletakkan di atas tempat tidur. Produk ini juga bisa dijadikan alas mengganti popok atau alas untuk tidur siang.

Namun, jika bayi Anda mudah berkeringat dan sering mengompol, kami merekomendasikan alas tidur yang tipis. Tergantung bahannya, alas tidur tipis biasanya lebih breathable dan mudah kering ketika dicuci.

10 Rekomendasi alas tidur terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alas tidur terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sugarbaby

Organic Healthy Cot Sheet

Sugarbaby Organic Healthy Cot Sheet 1枚目

Perlak karet alami yang bebas BPA dan aman untuk kulit

2

Elephant

Baby Mattress

Elephant Baby Mattress 1枚目

Bentangkan alas bayi ini di lantai agar ibu bisa leluasa beraktivitas

3

Baby Loop

Changing Pad – Alas Ganti Popok Bayi

Baby Loop Changing Pad – Alas Ganti Popok Bayi 1枚目

Pilihan motifnya banyak, harganya ekonomis pula

4

Little Palmerhaus

Wonderpad 11.0 (Perlak Bayi)

Little Palmerhaus Wonderpad 11.0 (Perlak Bayi) 1枚目

Lembutnya kain fleece, selembut belaian ibu

5

HAPPY DAY

Perlak Kain Waterproof

HAPPY DAY Perlak Kain Waterproof 1枚目

Tawarkan dua lapisan dengan fungsi berbeda

6

LustyBunny

Baby Sheet Perlak Bayi

LustyBunny Baby Sheet Perlak Bayi 1枚目

Menjaga seprai tetap kering saat memakaikan baju bayi seusai mandi

7

Baby Bello

Baby Mat

Baby Bello Baby Mat 1枚目

Dengan teknologi Quick Dry, bye-bye ruam!

8

Babybee

Reversible Waterproof Layers Printed

Babybee Reversible Waterproof Layers Printed 1枚目

Terbuat dari bahan yang adem, ideal untuk daerah tropis

9

Kiddy

Forest Deer Portable Pad

Kiddy Forest Deer Portable Pad 1枚目

Bisa dilipat menjadi bentuk tas yang mudah dibawa traveling

10

MAC BEAR

Little B Alas Tidur Bayi Waterproof

MAC BEAR Little B Alas Tidur Bayi Waterproof  1枚目

Alas tidur bayi lucu dan playful yang bisa dibolak-balik

Perincian produk
Close
No.1

SugarbabyOrganic Healthy Cot Sheet

Mulai dari Rp109.000,00

Perlak karet alami yang bebas BPA dan aman untuk kulit

Kelebihan:
  • Bahannya adem dan tidak lengket ketika digunakan
  • Didesain dengan gelembung udara sehingga lebih empuk

Kekurangan:

  • Terdapat ulasan yang mengatakan bahwa gelembung perlaknya banyak yang kempis

Anda ingin memakai perlak karet yang fleksibel, tetapi bimbang akan keamanannya? Kini, Anda tak perlu bingung lagi. Alas tidur bayi produksi Sugarbaby ini terbuat dari 100% karet alami yang tidak mengandung BPA atau bahan kimia lainnya. Karena itu, kulit bayi Anda pun tetap akan aman saat menggunakan alas ini. 


Alas tidur ini juga awet karena memiliki layer ganda yang menyebabkannya tidak mudah robek. Berhubung bahannya aman, alas tidur yang cukup empuk ini pun bisa digunakan oleh newborn baby. Keunggulan lainnya adalah produk ini sudah tersertifikasi standar Eropa EN-71-3.
No.2

ElephantBaby Mattress

Mulai dari Rp420.000,00

Bentangkan alas bayi ini di lantai agar ibu bisa leluasa beraktivitas

Kelebihan:

  • Memiliki densitas medium, mampu mencegah terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS) pada bayi
  • Bisa custom ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Cover-nya dilengkapi dengan zipper sehingga mudah dicuci

Kekurangan:

  • Jahitannya kurang rapi menurut beberapa pembeli

Meninggalkan bayi sendirian di tempat tidur tanpa pengawasan terkadang membuat ibu waswas. Salah satu kekhawatiran yang muncul adalah bayi menggelundung dari tempat tidur. Nah, dengan produk dari Elephant ini, Anda tidak perlu khawatir lagi.


Anda bisa membaringkan bayi di lantai sambil bekerja di dapur atau beres-beres rumah. Soal kenyamanan, alas tidur berupa matras ini berisi busa tebal yang empuk dan tidak mudah kempes. Alhasil, bayi Anda pun bisa berguling-guling dengan leluasa.

No.3

Baby LoopChanging Pad – Alas Ganti Popok Bayi

Mulai dari Rp39.000,00

Pilihan motifnya banyak, harganya ekonomis pula

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi pouch untuk menyimpan tissue atau popok
  • Diklaim mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Reviewer menyatakan bahannya kurang lembut

Jika Anda ingin memiliki alas tidur bayi tahan air yang harganya ramah di kantong, produk inilah jawabannya. Baby Loop menghadirkan alas tidur bayi berbahan waterproof dengan lima belas pilihan motif yang beragam. 


Selain itu, desainnya juga compact serta dapat dilipat sehingga Anda makin mudah membawanya. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, Anda tak perlu mengeluarkan dana ratusan ribu rupiah untuk memilikinya!

No.4

Little PalmerhausWonderpad 11.0 (Perlak Bayi)

Mulai dari Rp145.000,00

Lembutnya kain fleece, selembut belaian ibu

Kelebihan:

  • Bagian belakangnya waterproof dan antiselip

Kekurangan:

  • Makin sering dicuci, warnanya makin cepat memudar menurut beberapa ulasan

Berbeda dengan alas tidur karet yang memiliki sensasi dingin, alas tidur ini justru memberikan sentuhan lembut dan hangat bagi kulit. Bahannya yang lembut mampu membuat bayi merasa aman dan nyaman seperti dalam belaian ibu.


Meski agak tebal, kain fleece ini mampu memberikan kehangatan bagi sang buah hati tanpa membuatnya gerah. Karena itu, alas tidur dari Little Palmerhaus ini pantas dijadikan pilihan saat musim penghujan atau cuaca dingin.

No.5

HAPPY DAYPerlak Kain Waterproof

Mulai dari Rp48.000,00

Tawarkan dua lapisan dengan fungsi berbeda

Kelebihan:
  • Tawarkan lebih dari lima belas corak yang menarik
  • Bahannya halus dan tidak panas

Kekurangan:

  • Terdapat reviewer yang mengeluhkan bahwa produknya tidak sesuai dengan klaimnya yang mengatakan cepat menyerap cairan

Permukaan alas kain yang kasar bisa menjadi pemicu masalah pada bayi, seperti menjadi rewel hingga iritasi kulit. Untuk mengatasi hal itu, HAPPY DAY menghadirkan alas bayi yang lembut dengan dua lapisan berbeda yang bisa Anda pilih. 


Lapisan pertama di bagian atas terbuat dari microfiber yang lembut, halus, tidak panas, dan mampu menyerap keringat. Sementara itu, lapisan bawahnya merupakan bahan waterproof yang antibocor. Harganya yang ramah kantong juga membuat Anda bisa membeli beberapa produk ini sebagai persediaan.

No.6

LustyBunnyBaby Sheet Perlak Bayi PK 1745

Mulai dari Rp54.200,00

Menjaga seprai tetap kering saat memakaikan baju bayi seusai mandi

Kelebihan:

  • Diklaim mudah dibersihkan
  • Terdapat gambar penguin yang menggemaskan

Kekurangan:

  • Ada pembeli mendapatkan barang yang sobek atau terdapat bercak putih

Meski sudah memakai handuk, bayi yang baru selesai mandi bisa mencipratkan sisa air di tubuhnya ke atas seprai. Untuk menjaga agar seprai tetap kering, LustyBunny mengeluarkan perlak waterproof yang bisa digunakan sebagai alas bayi seusai mandi.


Selain sebagai alas bayi saat berganti baju usai mandi, produk ini tentu saja bisa menjadi alas mengganti popok. Saat bayi mengompol, alas tidur ini juga bisa menahan air supaya tidak meresap ke atas seprai.

No.7

Dengan teknologi Quick Dry, bye-bye ruam!

Kelebihan:

  • Memiliki OEKO-TEX Standard Certification, produk ini diklaim tidak panas di kulit bayi

Kekurangan:

  • Menurut beberapa ulasan, produknya sangat tipis

Inilah alas tidur dengan teknologi Quick Dry yang membuatnya dapat kering dalam waktu 5–10 menit. Produk dari Bello Baby ini juga diklaim dapat menyerap air delapan kali lebih cepat. Dengan demikian, kulit bayi akan lebih terlindungi dari ruam kulit akibat terkena ompol dalam jangka waktu lama. Anda yang memiliki bayi dengan kulit sensitif tentu cocok memilih produk ini.

No.8

BabybeeReversible Waterproof Layers Printed

Mulai dari Rp158.000,00

Terbuat dari bahan yang adem, ideal untuk daerah tropis

Kelebihan:

  • Diklaim hypoallergenic, antitungau, antibakteri, dan antijamur sehingga tidak membuat kulit bayi iritasi
  • Didesain bolak-balik
  • Mudah dilipat dan ringan, sangat ringkas dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Tidak boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering

Cuaca yang panas kerap membuat bayi gelisah sehingga tidak mau diletakkan di kasur. Namun, hal itu bisa diatasi dengan memilih alas tidur yang satu ini. Babybee Reversible Waterproof Layers Printed terbuat dari 100% katun.


Bahan ini memiliki karakteristik yang lembut, adem, dan mampu menyerap keringat. Bayi pun tidak akan merasa gerah saat dibaringkan di atasnya. Karena itu, produk ini sangat pas digunakan di daerah tropis, seperti Indonesia. 

No.9

KiddyForest Deer Portable PadKD 3916

Mulai dari Rp153.000,00

Bisa dilipat menjadi bentuk tas yang mudah dibawa traveling

Kelebihan:

  • Sarung bantalnya dapat dilepas dan dilengkapi karet sehingga bisa dikaitkan ke tangan saat akan menyusui
  • Cocok dijadikan kado karena dikemas dengan box yang menarik

Kekurangan:

  • Tidak diberi keterangan cara merawat dan mencucinya

Untuk Anda yang kerap mengajak bayi bepergian, sebaiknya milikilah produk dari Kiddy ini. Alas tidur bayi ini sudah dilengkapi dengan bantal sehingga saat bepergian si kecil makin nyaman tidurnya. Tak hanya itu, produk yang dilengkapi dengan strap ini juga bisa Anda lipat menyerupai tas, lho. Alhasil, Anda pun makin mudah membawanya ke mana-mana. Compact dan praktis!

No.10

MAC BEARLittle B Alas Tidur Bayi Waterproof

Mulai dari Rp157.900,00

Alas tidur bayi lucu dan playful yang bisa dibolak-balik

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan yang adem sekaligus lembut di kulit
  • Didesain empuk dan tidak lengket ketika digunakan

Kekurangan:

  • Tidak tercantum petunjuk untuk penyucian

Pilihlah alas tidur bayi keluaran MAC BEAR ini apabila Anda mencari produk waterproof bermotif playful. Mempunyai sepuluh pilihan motif bertema hewan, floral, dan buah, Anda bisa dengan leluasa memilih produk yang paling disukai. Menariknya lagi, kedua sisinya memiliki motif berbeda yang dapat Anda bolak-balik, lho. Tampilannya tak akan membosankan, deh!

Baca juga rekomendasi perlengkapan tidur bayi lainnya di sini

Selain alas tidur, ada juga perlengkapan tidur lainnya yang dikhususkan untuk bayi. Anda dapat membaca artikel di bawah ini untuk mendapatkan referensi berbagai produk. Dengan perlengkapan tidur yang nyaman, bayi Anda bisa tidur lebih nyenyak dalam jangka waktu lebih panjang, bukan?

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan alas tidur yang diinginkan? Berhubung kulit bayi sangat sensitif, pastikan Anda tidak salah dalam memilih alas tidur agar bayi terhindar dari iritasi.

Selain itu, alas tidur yang tidak tepat juga bisa menyebabkan bayi rewel pada malam hari. Demi kenyamanan Anda dan buah hati, pilihlah alas tidur yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer